Tuesday, August 5, 2014

ini Dia Daftar Film Romance Jepang Tersedih! Bersiap Lah untuk Menangis

Kamu lagi nyari film romnce jepang tersedih? film romance jepang yang bisa bikin nangis? film romance jepang yang bisa bikin kamu mengharu biru? selamat, kamu masuk ke tempat yang benar.

Synopsis Not By Me!




1. Ima, Ai Ni Yukimasu / Be with you (2004)




Takumi Aio (Shidou Nakamura), seorang single father berusia 29 tahun, mempunyai anak laki-laki berusia 7 tahun, bernama Yuji (Akashi Takei). Istri Takumi, Mio Aio (Yuko Takeuchi), meninggal setahun yang lalu karena suatu penyakit. Sebelum meninggal, Mio berjanji, bahwa ia akan kembali ke tengah mereka pada musim hujan setahun kemudian. Ayah dan anak ini menantikan janji Mio tersebut, meski tidak terlalu yakin. Bagaimana mungkin yang meninggal akan datang kembali?


Secara aneh, di hari pertama musim hujan, saat Takumi menemani Yuji bermain di tengah hutan, seorang wanita yang sangat mirip dengan Mio muncul di hadapan mereka. Wanita itu mengalami amnesia (hilang ingatan). Dia tidak ingat namanya, bahkan tidak mengenal Takumi dan Yuji. Meski demikian, Takumi yakin wanita itu adalah Mio dan membawanya pulang.


Takumi dan Yuji teringat janji Mio dulu. Mio akan kembali pada musim hujan, setahun setelah kematiannya. Jadi, saat musim hujan berakhir, Mio akan kembali ke dunianya lagi... artinya, Mio akan berada di sisi mereka selama 6 minggu saja. Walaupun Mio tidak ingat apa-apa, ia mencoba menjalankan perannya
sebagai Mio yang seharusnya... tepatnya, sebagai seorang ibu dari Yuji ^^ Mio agak canggung berada dekat Takumi. Tapi lambat laun Mio mulai mencari tahu dan bertanya pada Takumi tentang mereka. Bagaimana mereka bertemu. Bagaimana kisah cinta mereka berawal. Takumi menceritakan segalanya, sampai Mio menemukan kembali cintanya.


Perlahan tapi pasti, 6 minggu berjalan sedemikian cepatnya. Mio yang kemudian menemukan diarynya, menyadari bahwa ia harus meninggalkan dua orang yang sangat dicintainya ini saat musim hujan berakhir. Mio berkejaran dengan waktu... mengajari Yuji memasak, merawat rumah, menggantikan perannya mengurus Takumi, yang fisiknya lemah dan punya kelainan tidak bisa berada di tengah orang banyak.


Ketika musim hujan hampir berakhir, Takumi dan Yuji berhadapan dengan pertanyaan yang sama setiap saatnya. Akankah Mio tetap berada bersama mereka? Atau ia akan menghilang sesuai kata-katanya dulu?


2. I Give My First Love To You (2009)






takuma adalah seorang pemuda yang sudah divonis akan mati sebelum usia 20, dan Mayu adalah gadis yang mencintainya. Cerita berawal pada saat mereka berdua masih kecil. Mayu yang ayahnya seorang dokter bertemu Takuma yang dirawat di tempat ayah Mayu bekerja. Mereka memiliki perasaan satu sama lain, namun Mayu belajar mengerti tentang penyakit Takuma dan vonis yang sudah diberikan dokter padanya. Kedua anak kecil yang bingung itu membuat satu janji tentang masa depan yang tak pasti. Waktu berlalu, mereka tumbuh dewasa. Mayu tetap mendukung dan mencintai Takuma. Tetapi, Takuma yang tahu kalau hidupnya hanya tinggal menunggu hari, berusaha menjauhkan diri dan menjaga jarak dari Mayu. Dia tak tahan untuk melihat Mayu menangis atau menyakiti Mayu lebih lagi.


Lalu Mayu bertemu dengan seorang pemuda yang menyukainya, Takuma pun bertemu dengan seorang gadis yang memiliki penyakit yang sama dengannya, perasaan yang dimiliki Mayu dan Takuma pun perlahan mulai goyah. Kesalahpahaman, perasaan yang tak sempat terucapkan, rasa frustasi dan penyesalan. Bagaimana akhir cinta mereka saat jam kehidupan Takuma sudah mendekati akhir?



3. Crying out love in the center of the world (2005)







Pada tahun 1980 di Kyushu, dua remaja jatuh cinta, dan bertukar rahasia dan pikiran mereka dengan cara mengirimkan rekaman tape satu sama lain. Lebih dari satu dekade kemudian, Remaja tersebut bertumbuh dewasa dan menemukan kembali rekaman terakhir suara kekasihnya yang telah lama mati. Kata-katanya memicu serangkaian kilas balik dan menggambarkan awal yang menyenangkan dan akhir yang tragis dari hubungan mereka


4. Koizora / Sky Of Love (2007)






Mika Tahara (Aragaki Yui) suatu hari berkenalan dengan Sakurai “Hiro” Hiroki (Miura Haruma) dengan cara yang unik melalui telepon. Hiro selalu mendampingi Mika sehingga cinta mereka semakin dalam dan jauh yang akhirnya mengakibatkan Mika hamil. Hiroki sebetulnya sangat senang dan bergegas melamar Mika. Namun, keluarga Mika belum merestui mereka karena mereka masih sekolah menengah. Saat malam Natal, Mika mengalami keguguran. Mika dan Hiroki lalu membuat marshmallow kecil yang melambangkan anak mereka, mereka pun berjanji bahwa setiap tahun mereka akan datang ketempat itu untuk menjenguk anak mereka. Akan tetapi lambat laun, Hiro menjadi berubah dan memutuskan hubungan dengan Mika. Mika pun menemukan pria lain, yaitu Yuu (Koide Keisuke) yang lambat laun dicintainya hingga masuk perguruan tinggi. Pada malam natal, Mika mendapati kenyataan bahwa alasan Hiro berubah dan memutuskan hubungan dengan Mika karena Hiro sakit kanker.



5. Heavenly Forest (2006)






“Ne, Makoto… ano kisu no toki, sukoshi wa, ai wa atta ka na?…” (Makoto, apakah terdapat sedikit saja cinta, pada ciuman waktu itu??)

Kalimat itu tertulis dalam surat Satonaka Shizuru (Miyazaki Aoi) kepada sahabatnya Makoto Segawa (Tamaki Hiroshi). Cerita ini diawali dari perjalanan Makoto untuk menemui Shizuru, sahabatnya, bermodalkan surat yang dikirimkan oleh Shizuru setelah beberapa tahun Shizuru menghilang dari kehidupan Makoto. Setelahnya, cerita menjadi flashback, dimana Makoto mengenang awal pertemuannya dengan Shizuru yang tergolong sebagai pertemuan yang aneh…



6. My Rainny Days (2009)





Adalah Rio, cewek SMA yang cantik, populer dan hidup berfoya-foya dari hasil hubungannya dengan para lelaki hidung belang bersama teman-temannya. Sampai titik ini, saya sempat nggak simpatik sama sosok Rio dan berpikir bahwa, jangan-jangan ini adalah film dengan cerita yang agak absurd mengenai moralisme bla-bla (Jepang kan sering begitu)

Tapi kemudian muncul sosok Kouki, lelaki 35 tahun, single, pendiam, nyaris depresif yang sehari-hari bekerja sebagai dosen dan seolah hanya menunggu kematian. Mereka dipertemukan oleh sebuah kebetulan (sebenarnya mereka ketemu waktu di adegan awal itu) dan Rio langsung merasa jatuh cinta, hal yang belum pernah dialaminya dan membuatnya tak lagi berminat bersama para lelaki hidung belang (untunglah dugaan saya diawal nggak terjadi dan saya lebih senang begini). Digambarkan juga kemudian bahwa Rio ternyata mengalami semacam trauma di masa ia sangat muda sehingga membuatnya jadi seperti itu.


Tapi kemudian muncul sosok Kouki, lelaki 35 tahun, single, pendiam, nyaris depresif yang sehari-hari bekerja sebagai dosen dan seolah hanya menunggu kematian. Mereka dipertemukan oleh sebuah kebetulan (sebenarnya mereka ketemu waktu di adegan awal itu) dan Rio langsung merasa jatuh cinta, hal yang belum pernah dialaminya dan membuatnya tak lagi berminat bersama para lelaki hidung belang (untunglah dugaan saya diawal nggak terjadi dan saya lebih senang begini). Digambarkan juga kemudian bahwa Rio ternyata mengalami semacam trauma di masa ia sangat muda sehingga

membuatnya jadi seperti itu.


7. piecing me back together (2010)







film Jepang yang terbit pada tahun 2010 ini termasuk dalam daftar film romance Jepang yang aku suka. Judul versi bahasa inggrisnya adalah Piecing Me Back Together. Film ini m enceritakan tentang Izumi ( Keiko Kitagawa ) yang kehilangan kekasihnya bernama Junchi (Masaki Okada). Kecelakaan motor yang dialami keduanya membuat Junchi meninggal dan Izumi amnesia. Inilah awal Izumi ingin sekali mengetahui kejadian kecelakaan yang mengenaskan tersebut.

Sepanjang hari Izumi melewati hari-hari dengan dukanya. Sepanjang malam mimpi buruk selalu menghampirinya. Berbagai cara telah Izumi lakukan untuk mengingat kejadian tersebut. Hingga akhirnya Izumi ditolong oleh seorang pengacara wanita bernama Makiko-san untuk meruntut kejadian demi kejadian. Inin adalah awal permulaan diketahuinya kecelakaan tersebut. Disatu sisi ternyata sang pengacara memiliki kisah pilu tentang kehidupannya dengan sang adik yang sangat membencinya. Hngga akhirnya Izumi meyakinkan dan membantu memperbaiki hubungan kakak adik tersebut.



8. taiyou no uta (2006)



Tiap pagi, Kaoru selalu memperhatikan Fujishiro Kouji dari jendela kamarnya. Si Kouji ini selalu duduk di halte sambil minum Ponari Sweat.
Sampe suatu malam , saat Kaoru lagi gitaran enggak jelas di taman, dia melihat Kouji jalan di depannya. Beberapa waktu, Kouru diam dan sadar. Kaoru langsung berlari mengejar Kouji. Pokoknya udah kayak pilem India di Indosia gitu deh. Sampe di depan perlintasan kereta, Si Kaoru menabrak Kouji sampe dia terjatuh. Tanpa basa basi, Kaoru memperkenalkan diri.

9. tokyo shojo / tokyo girl (2008)




Kaho memainkan Miho, seorang calon penulis fiksi ilmiah dan siswa SMA yang pada telepon selulernya menjadi sementara "waktu slip" disebabkan oleh gempa bumi. Ketika ia mencoba untuk memanggil nomor dia mendengar suara laki-laki dia tidak kenali. Laki-laki bernama Tokijiro (Kazuma Sano) hidup di zaman Meiji. Kedua terus berbicara dan asmara mulai mekar walaupun mereka dipisahkan oleh satu abad, tetapi mereka hubungan adalah hits yang tersangkut dalam hubungan jarak jauh ketika berhadapan dengan kematian yang tak terelakkan dari sebuah baterai lithium.


10. Cyborg She (2010)




Film ini berawal dari seorang pria yg bernama “Jiro”. Jiro adalah seorang Pria yg lemah dan hidup sendiri di Jepang. Dia merayakan ulangtahunnya setiap tahun hanya seorang diri tanpa ditemani oleh siapapun.Suatu ketika saat dia berjalan ke mall. Dia bertemu dengan seorang wanita yg begitu membuatnya jatuh cinta. Dia tidak menyadari kalau wanita yang dia suka itu adalah seorang robot.


Waktu terus berjalan dan mereka terus bersama. Hingga akhirnya sang wanita itu mengatakan kalau dirinya adalah seorang robot yang ditugaskan oleh Jiro yg berumur 61 tahun dari masa depan untuk menolongnya dari bencana besar yang membuatnya lumpuh.


Waktu dan selalu bersama berdua selalu dengan robot wanita itu justru membuat “Jiro” merasakan jatuh cinta. Jiro merasakan aman di sisi sang robot wanita itu. Namun, Jiro sangat Kesal dengannya, karena sang wanita itu sama sekali tidak merasakan apa yang dirasakan oleh “Jiro”.
Jiro merasakan ingin muntah karena jatuh cinta dengan seorang wanita robot. Akhirnya iapun memutuskan untuk membuat robot wanita tersebut cemburu. Berkali kali ia berusaha membuat robot wanita itu cemburu, namun justru Jiro sendiri yg cemburu.

Berkali-kali juga Jiro membentak bentak dan memarah marahi sang robot. Namun sang robot tidak pernah membalas dengan berkata kasar. justru malah tetap selalu disisi jiro.


11. Say Hello For Me (2007)






Karin dan Yuuji sama2 anak panti asuhan, sedangkan Satoshi dari keluarga dokter, bahagia, tp memang Satoshi anak yg pendiam dan serba kikuk. Krn mereka tinggal di pinggiran kota, mereka punya tempat bermain di pinggir hutan/kebun dimana ada bis rusak yg dijadiin rumah2an mereka. Karin & Yuuji punya anjing yg namanya Trash. Ortu Satoshi senang anaknya punya teman spt Karin & Yuuji.


Mereka punya cita2 sejak kecil. Satoshi ingin punya toko yg jual Aquatic Plants (tanaman air) yg akan dikasih nama “Trash”, Karin ingin jadi foto model dan jadi mascot di tokonya Satoshi, sedangkan Yuuji ingin jadi kartunis. Tidak lama kemudian, ortu Satoshi pindah ke kota lain, mereka jadi berpisah dan kehilangan kontak. Karin dan Yuuji pun berpisah, mungkin diadopsi orang.


Tiga belas tahun kemudian mereka bertemu kembali, cita2 mereka semua tercapai. Apa yg mempertemukan mereka? “Trash” – Aquatic Plant Shop dan Profile Satoshi masuk di sebuah majalah dan dibaca oleh Karin dan Yuuji. Karin mendatangi tokonya Satoshi untuk melamar pekerjaan jadi penjaga toko, tp Satoshi tdk mengenali, iya lah soalnya Karin cantik dan modis banget. Begitu Satoshi ngeh bahwa cewe cantik ini adalah Karin, mereka berdua mencari keberadaan Yuuji. Tapi kebahagiaan tidak berlangsung lama krn Karin mengidap penyakit langka dan Yuuji kecelakaan dan sedang koma.


12. Time Traveller (2010)



bercerita tentang seorang wanita bernama Akari yang melakukan perjalanan menembus waktu demi menyampaikan pesan ibunya ke seseorang di tahun 1972. Akari melakukan time leap menggunakan obat yang telah diracik oleh ibunya sendiri. Namun karena suatu kesalahan, ia yang seharusnya pergi ke tahun 1972 malah pergi ke tahun 1974. Di tahun 1974, ia bertemu dengan Ryouta dan jatuh cinta kepadanya.

8 comments:

  1. Semua udah gue tonton hahahahha kecuali yang no 10. Penasaran juga sama ceritanyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cyborg she, itu film nya bagus banget. Recommended pokonya. One of my best japan movie :)
      udah nonton berkali kali juga, btw.

      Delete
  2. Baru nonton yang Heavenly Forest doang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, nggak seru. tonton semuanya dong :D

      Delete
  3. heavenly forest, koizora, sama cyborg she udah nonton... dan emang sedih banget :" ah jadi keinget sedihnya

    ReplyDelete
  4. Udh nonton Koizora,Taiyou no uta,I give first love to you,and Heavenly forest,Dan semuanya sukses buat gue nangis!,Eh,A litre of tears sedih juga lho

    ReplyDelete
  5. cyborg she,ama filmnya yui yg baru aane tonton:v
    oh ia proposal daisakasuken keren juga loh:3

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>