Tuesday, October 28, 2014

Belajar Bahasa Prancis.

belajar prancis - ijeverson

Bonjour! Toss less jours! ratatouille! Karim Benzema! 
Kalimat barusan tadi adalah bahasa prancis, yang artinya: "hai! apa kabar! apakah mantanmu sudah putus dengan pacar barunya yang mukanya mirip karim benzema?" 

beberapa waktu lalu gue memutuskan untuk mempelajari sesuatu yang baru. yaitu sebuah bahasa yang lebih rumit daripada bahasa kalbu. yaitu: bahasa prancis. yes, I'm learning French!

Motivasi gue belajar bahasa prancis adalah karena beredar kabar bahwa jika kita berdoa rosario pake bahasa prancis di bawah menara eiffel, maka mantan kita yang sudah dibuat bahagia oleh orang lain akan kembali ke pelukan kita. tapi boong.

jadi alasan sebenarnya gue belajar bahasa prancis adalah karena beredar kabar jika di prancis banyak wanita single yang masih mencari jodoh. jadi gue belajar bahasa prancis mulai dari sekarang biar bisa belajar ngerayu cabe-cabean di prancis. biar bisa boncengan ber 3 dibawah menara effeil sambil baca doa rosario. tapi boong lagi.



oke, kali ini serius. alasan sebenarnya gue belajar bahasa prancis ini karena gue berniat masuk jurusan kuliah HI. Sekali Lagi, HI. Bundaran HI, jadi gue berniat kuliah di air mancur..
just kidding.  Jurusan HI sendiri adalah singkatan dari Hubungan Internasional. bukan, bukan hubungan intim. tapi ada masalah yang gue alami ketika gue memutuskan untuk memiliki niat di HI ini..

NGEJALIN HUBUNGAN BAIK SAMA MANTAN AJA NGGAK BISA. GIMANA MAU NGEJALIN HUBUNGAN INTERNASIONAL?! 

ah sudahlahh.
hubungan internasional sendiri dari judulnya adalah sebuah jurusan yang mempelajari hubungan antara suatu negara dengan negara lain. otomatis kemampuan  berbahasa asing diperlukan. dan kita diwajibkan untuk memilih bahasa pbb. bahasa pbb sendiri itu kalo gue nggak salah ada Inggris, Spanyol, Prancis, Mandarin, Jepang. Gue sendiri memilih bahasa Inggris, Mandarin, sama prancis untuk didalami. 

walaupun gue sekarang masih duduk di bangku kelas 2 SMA yang bangkunya agak miring karena di makan rayap, tapi nggak ada kata terlalu cepat ataupun terlalu telat untuk belajar. super.

jadi metode belajar gue adalah dengan cara ngedengerin lagu prancis, nonton film prancis yang ada subbtitle nya, dan juga via buku dan via internet buat dengerin percakapannya. tapi ekspektasi tak seindah realita.
cara ngomong nya susah!
khusus untuk huruf  "R"  dalam bahasa prancis, ini huruf yang paling ngekiin menurut gue. karena kita harus ngebacanya dengan penekanan di tenggorokan. "erghhh".  kita harus ngebacanya kayak orang cadel.yang abis keselek tikus yang lagi masak ratatouille. sebagai pemula, gue merasa gagal.

dan kalau di bahasa prancis, rata-rata huruf terakhir di suatu sebuah kata itu nggak di baca. jadi misalhnya kalau tata cara pengucapan bahasa prancis dijadiin tata cara pengucapan bahasa indonesia bakalan begini..  
- contoh kalimat : Mantan saya tidak akan pernah kembali karena dia sudah bahagia bersama dengan pacar barunya yang hobi makan komodo 
- Yang dibaca: Manta say tida aka perna kembal karen di suda bahagi bersam denga paca baruny yan hob maka komod  
Mfa
asli bikin frustasi. tapi gue percaya , kalau kita serius kita pasti bisa. kalau ada kemauan, pasti ada jalan. jalan yang akan membawa kita ke rumah mantan kita yang lagi masak dinner komodo buat pacar barunya. hahahaha!

belajar prancis - ijeverson
Nggak, Nggak dibeli bukunya. cuma dimasukin ke tas diem-diem

 



1 comment:

  1. Ke gramed, ambil banyak buku. Baca satu-satu, setelah selesai. Balikin ke tempat semula..
    Minggu depan balik lagi :v

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>