Kind of Writer's Personality..


"Travelling" for Happiness
"Mahasiswing" for A Better Education

"Web Developing" For Digital Intellectual

"Searching" For His Missing Rib

Daftar Film Thriller Mystery Jepang Terbaik dan Terbagus


Film Thriller-Mystery memang telah mengunci tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Selain Korea ataupun Amerika, Jepang mungkin dapat menjadi salah satu negara yang menawarkan film thriller-mystery yang cukup apik dan suspense. Alurnya sendiri memang cukup lambat kalau dibandingkan film thriller dari  negar lain, karena itu memang ciri khas dari film Jepang sendiri. Wajar, sih.

Dari cukup banyak film thriller dengan bumbu misteri Jepang yang udah gue tonton, berikut Daftar Film Thriller Mystery Jepang Terbaik dan Terbagus:

1. Suspect X (2008)




Sesosok mayat telanjang ditemukan di lapangan kosong dekat pantai. Identifikasi sulit dilakukan karena keadaan mayat yang sengaja dirusak. Berkat sidik jari di sepeda curian yang ditemukan di dekat korban. Akhirnya diperoleh identitas sebenarnya. Penyelidikan polisi mengarah pada mantan istri korban. Namun ternyata dia memiliki alibi yang sempurna. Hampir semua bukti menunjukkan bahwa dia tidak bersalah.

Tetangga tersangka adalah Ishigami Tatsuya (Shinichi Tsutsumi), jenius matematika yang kini menjadi seorang guru SMA. Ishigami terpaksa putus kuliah karena harus merawat ayahnya yang sakit. Dia hidup kesepian. Satu-satunya yang memberinya semangat kembali untuk terus hidup adalah nyonya Hanaoka (Yasuko Matsuyuki), pemilik toko bento sekaligus tersangka pembunuhan tersebut dan anaknya Misato (Miho Kanazawa).

Quick Review 


Suspect X merupakan salah satu film yang pemain-pemainnya sendiri terlibat dengan dorama thriller-mystery Jepang yang berjudul Galileo. Yang menarik dari film ini adalah pengungkapan misteri yang tersembunyi dilakukan dengan kecerdasan, dan usaha memanipulasi pengungkapan tersebut juga menggunakan kecerdasan. Jadi, duel antara kecerdasan adalah apa yang terjadi di film ini. Korea sendiri sempat me-remake film ini dengan judul yang sama.

2. Midsummer's Equation (2013)



Film Midsummer's Equation AKA Manatsu no hôteishiki Bercerita tentang Manabu Yukawa (Fukuyama Masaharu) diundang untuk mempresentasikan Kapal Selam Sumber Daya Mineral Pembangunan di Harigaura. Dia tinggal di sebuah penginapan. Manabu bertemu Kyohei yang datang ke penginapan, yang dijalankan oleh keluarga bibinya, untuk liburan musim panas.

Quick Review 


Masih dengan para pemain Galileo, film ini juga melibatkan kecerdasan profesor dalam pengungkapan kasus. Tapi beda sama suspect X, duel yang terjadi bukan kecerdasan dan kecerdasa, namun kecerdasan dan misteri kelam. 

3. Creepy (2016)



Menceritakan kisah tentang seorang mantan detektif yang bernama Takakura yang diperankan oleh Hidetoshi Nishijima yang beralih profesi menjadi Professor Psikologi Kriminal disebuah Universitas ternama. Mantan rekan kerjanya dulu yang bernama Nogami diperankan oleh Masahiro Higashide, meminta bantuan Takakura tentang sebuah kasus yang tidak bisa terpecahkan menyangkut satu keluarga yang telah hilang enam tahun yang lalu.

Quick Review 


Creepy menawarkan sebuah kisah yang cukup unik dan psycho kalau bisa dibilang. 

4. Galileo XX: Utsumi Kaoru no Saigo no jiken Moteasobu movie (2013)




Masih memiliki kaitan dengan Masaharu Fukuyama dan Ko Shibasaki sebagai aktor pemecah misteri, Galileo xx ini bercerita tentang detektif utsumi yang dihadapkan dengan kasus yang cukup memusingkan. Diawali dengan ditangkapnya seorang pria sebagai tersangka pembunuhan, sebuah fakta kotor tentang kepolisian Jepang perlahan mulai terungkap. 

Quick Review 


Lagi-lagi masih terlibat dengan Galileo, kali ini Utsumi harus memecahkan sebuah misteri yang cukup kompleks. Tapi nggak kayak biasanya, profesor Yukawa yang biasa menjadi penolong tidak begitu terlihat perannya. Sisi Utsumi lebih ditonjolkan di film ini.

5. Solomon's Perjury - Part 1 & 2 (2016)



Cerita berputar pada misteri kematian seorang siswa di sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kisah bermula ketika seorang siswa SMP ditemukan tewas di halaman sekolah. Pihak berwajib mengumumkan bahwa anak itu tewas karena bunuh diri. Namun sebuah surat yang berisikan catatan dari seorang saksi mata yang anonim mengklaim bahwa dirinya mengetahui tentang kejadian yang sebenarnya. Dalam surat itu, saksi mengatakan bahwa anak tersebut tewas bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh oleh tiga siswa bermasalah di sekolah.

Quick Review 


Solomon's Perjury adalah film yang cukup menarik. Misteri yang diciptakan dan perjuangan bocah SMP yang ada membuat film ini enak untuk diikuti meski terbagi kedalam 2 part dan keduanya memiliki durasi yang sangt panjang. Sama seperti Suspect x, Korea memiliki remake dari film ini tapi dengan label drama.

6. The Snow White Murder Case (2014)



Bercerita tentang seorang wanita yang selama ini bekerja di sebuah perusahaan kosmetik bernama Noriko Miki. Tidak pernah ada yang berarti dari Noriko Miki untuk bisa diberitakan. Namun segalanya berubah ketika Noriko Miki dikabarkan menghilang begitu saja. Setelah melakukan pencarian selama beberapa hari, Noriko Miki berhasil ditemukan namun dalam kondisi tidak bernyawa. Tidak hanya itu saja, Noriko Miki ditemukan dalam kondisi penuh luka tusuk dan dibakar oleh pelakunya. Tentu saja hal tersebut lantas menjadi berita besar dan membuat banyak orang bertanya-tanya tentang siapa pelaku kejam dari pembunuhan sadis tersebut. Pihak kepolisian pun kemudian mulai bergerak untuk mencari tahu siapa pelakunya. Namun ternyata memang bukan perkara yang mudah untuk bisa mengungkap kasus tersebut.

Quick Review 

The Snow White Murder Case menyajikan kasus pembunuhan dan misteri yang sebenarnya kurang lebih sama, namun menjadi menarik karena pembunuhan dan misteri yang ada melibatkan karyawan yang berada di satu perusahaan yang sama sebagai tersangkanya.

7. Kisaragi (2007)



udah setahun berlalu sejak kematian Kisaragi Miki, seorang idol yang diduga meninggal akibat bunuh diri dengan membakar apartemennya sendiri. Bertepatan dengan satu tahun setelah hari kematiannya itu, 5 orang fans beratnya yang sebelumnya hanya saling berhubungan melalui internet mengadakan pertemuan (atau istilah gaulnya kopi darat) dalam rangka mengenang idolanya tersebut. Awalnya, pertemuan mereka hanya diwarnai dengan acara saling berbagi dan melihat-lihat koleksi Kisaragi Miki yang mereka punya. Lalu, salah satu di antara mereka berkata bahwa ada yang aneh pada kematian Kisaragi Miki setahun yang lalu. Orang tersebut yakin bahwa Kisaragi Miki meninggal bukan karena bunuh diri, melainkan karena dibunuh orang.

Quick Review 


Ada yang wota? wahaha, film ini film yang sangat unik dan menarik. Karena film ini sendiri memiliki cerita tentang fans yang berkumpul dan melakukan pengungkapan misteri meningglnya idola mereka. Perlahan, rahasia dari para fans mulai terungkap. 

8. Confession (2010)


Bercerita tentang seorang wanita yang juga berprofesi sebagai seorang guru bernama Yuko Mariguchi. Sebagai seorang guru, Yuko Mariguchi dikenal sebagai seorang guru yang santun dan juga berdedikasi baik dengan profesinya tersebut. Meskipun bisa dibilang, Yuko Mariguchi memiliki sebuah masa lalu yang tidak terlalu baik. Hal tersebut disebabkan karena Yuko Mariguchi pernah berhubungan dengan seorang pria hingga menghasilkan seorang anak. Yang menjadi masalahnya adalah ternyata pria tersebut mengidap penyakit AIDS.

Quick Review 


Confession adalah film thriller yang berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Memang bagus, tapi film ini bukanlah tipe film yang bisa dinikmati semua orang. Kalau memang kalian sudah terbiasa dengan film Jepang yang ciri khasnya ber-alur lamban, makan kalian akan cocok dengan film ini. Tapi kalau kalian tipe yang gampang bosenan, kalian akan menganggap film ini biasa. Percaya lah..


9. Erased (2016)




Seorang penulis komik manga yang sedang kesulitan dengan karirnya, Satoru Fujinuma kini dilanda rasa takut untuk mengekspresikan dirinya. Namun, ia masih memiliki kemampuan supranatural yang memaksanya untuk mencegah kematian dan bencana dengan mengirimkannya kembali tepat pada waktunya sebelum kecelakaan terjadi, lalu mengulangi waktu hingga kecelakaan itu dapat dihindari.

Suatu hari, ia terlibat dalam kecelakaan yang menyebabkan dirinya dituduh sebagai pembunuh. Berjuang putus asa menyelamatkan korban, ia mengirimkan dirinya kembali lagi ke waktu kejadian untuk menemukan dirinya sebagai seorang pelajar, satu bulan sebelum rekan sekelasnya, Kayo Hinazuki menghilang. Satoru kini dalam situasi yang baru: menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri dibalik menghilangnya wanita itu.

Quick Review 


Erased merupakan live action dari anime yang judulnya The Town Where Only I am Missing. Sebenarnya gue nggak nonton animenya karena nggak doyan anime, tapi erased ini cukup suspense dan menarik karena ceritanya memang bagus. 

10. Brain Man (2013)



Di sebuah kota di Jepang, terjadi teror bom yang mengerikan. Det. Chaya yang bertugas melakukan penyelidikan, kemudian menemukan seorang anak muda di tempat kejadian. Namun si anak muda ini berlaku seperti robot. Nyaris tak bereaksi terhadap apapun. Pihak kepolisian pun dibuat kewalahan dan kemudian menyerahkan pada seorang psikiater, Mariko. Diketahui kemudian kalau anak muda itu bernama Ichiro Suzuki (Toma Ikuta). Dia bukanlah otak dari segala aksi anarkis itu, tapi sebaliknya, dia ingin membunuh si pelaku yang ternyata didalangi sepasang perempuan lesbi, Midorikawa dan Yuria.

Quick Review 


Brain man adalah film yang menawarkan banyak aksi. Misterinya mungkin nggak terlalu kelihatan, tapi film ini memiliki cerita yang apik tentang karakter dari si Brain man ini sendiri dan worth to watch.


No comments:

Post a Comment

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id