Tuesday, November 25, 2014

Takhayul Absurd Di Indonesia

takhayul ijeverson

Gue nggak pernah ngerti sama orang asia (termasuk Indonesia) yang hobi nyalain lilin di depan kaca sambil baca mantra "Bloody mary.. Bloody mary.. Bloody mary.." berharap si bloody mary bakal dateng. LAHH?! Bloody Mary kan setan eropa. ngapain mau dia jauh-jauh dateng ke asia cuma buat nakut-nakutin orang?

Yang ada kalau orang indonesia nyalain lilin di depan kaca sambil manggil bloody mary 3x, bukan bloody mary yang dateng. tapi yang dateng malah babi ngepet, gara-gara pake lilin! ini absurd.
belum lagi kasihan kan bloody mary ini. kalau dia mau dateng ke indonesia buat nakut-nakutin orang, nanti dia harus ribet lagi mesen tiket pesawat. belum lagi harus ngurus paspor. dan ketika sampe di indonesia, kerjaannya cuma buat nakutin orang doang.

Bloody mary itu merupakan salah satu contoh urban legend dari barat yang dipercaya "nggak sedikit" orang di indonesia. alias banyak. kalau ngomongin urband legend, pasti nggak bisa lepas dari yang namanya takhayul. terus berarti, takhayul sama urband legend itu sama dong? gue juga nggak tau. keburu pusing mikirnya...

Takhayul yang dipercaya di indonesia sendiri ada banyak banget. dan beberapa diantara "banyak banget" menurut gue itu absurd.

contohnya aja:  kalau kita lagi nge-gosipin orang bareng temen-temen kita, dan tiba-tiba orang yang diogosipin dateng, berarti orang yang digosipin itu bakal panjang umur. 
lah ini atas dasar apa bisa bikin orang panjang umur cuma dengan di gosipin? gue sendiri menganggap hal tersebut merupakan co-incident atau kebetulan. dan kalau emang bisa orang panjang umur dengan cara datang saat digosipin, gue bakal datengin makam nya sasuke. terus gue gosipin si sasuke , kalau ternyata dia udah menghamili bapak nya naruto. biar dia(si sasuke) bisa kembali hidup dan menjadi hokage mengalahkan naruto.


Masa kecil tak bahagia karena ditipu nenek 
Waktu gue masih kecil nenek gue sering bilang: kalau gigi bagian atas copot, buang kebawah. dan kalau gigi bagian bawah copot , lempar ke atas. biar hoki. takhayul ini sendiri datengnya dari etnis tionghua, gue sendiri dulu setiap copot gigi sering melakukan hal tersebut. tapi setelah gue beranjak dewasa dan masuk SMA, gue baru menyadari kalau hal tersebut absurd. kalau gigi bagian bawah copot terus di lempar ke atas, endingnya bukannya bakal jatuh kebawah juga??!! gue merasa ditipu oleh nenek gue sewaktu kecil.

Dan ada juga yang absurd banget menurut gue. "kalau gunting kuku malem-malem, berarti ngebunuh orang tua." LAHHH, ini dasarnya apa sih?! apa pula hubungannya gunting kuku dengan hidup seeorang? sumpah, ini absurd.

Dan masih banyak lagi takhayul absurd yang beredar. entah datengnya dari mana dan siapa yang memulainya, beberapa orang di indonesia percaya sama takhayul absurd yang udah beredar luas itu. gue pribadi nggak percaya sama beberapa takhayul tersebut. karena nggak ada dasarnya... nggak ada dasar yang kuat sama sekali.

gue sendiri lebih memilih untuk percaya kepada fakta yang malah banyak dianggap sebagai takhayul biologi semata oleh beberapa orang. contohnya: Kalau kebanyakan makan junk food, nanti IQ kita bisa menurun. mungkin bagi para pecinta junk food ini takhayul. tapi buat para manusia yang menghargai yang namanya "kesehatan" (kayak gue, cuih) hal tersebut merupakan fakta dan bukan takhayul.

Pada akhirnya juga, takhayul sendiri cuma masalah percaya atau nggak percaya. dan gue memilih untuk nggak terlalu percaya. terutama kepada takhayul yang udah berbau absurd dan dilebih-lebihkan..

4 comments:

  1. jangan duduk di depan pintu, nanti sulit dapat jodoh... hihihihi..
    banyak banget takhsyul di Indonesia :))

    ReplyDelete
  2. Hahaha.. Ada lagi, jangan makan didepan pintu. Alasannya nanti diminta sama yang jga pintu. Padahal alasan sebenernya biar nggak ngehalangin orang doang-___-

    ReplyDelete
  3. sebenarnya ada nasehat dari takhayul itu, setahu ane sih gan, misalnya jangan duduk di depan pintu kayak yang dibilang mbak sari diatas, logikanya masak cewek duduk di pintu... cewe itu di dalam rumah, menjaga malunya, membantu ibunya, bla-bla... gitu kira2...

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>