Friday, January 16, 2015

I Love You, From 38.000 ft.


Selalu ada sebuah kisah cinta yang menarik di balik sebuah tragedi. entah itu cuma karena kebetulan, atau mungkin karena cinta memang sebuah tragedi. entahlah, tapi satu hal yang gue tau: selalu ada duka yang menyelimuti sebuah tragedi. dan beberapa waktu lalu, tragic love story itu terjadi lagi.. 

Bukan tentang kisah jack & rose di kapal titanic yang ketahuan nyolong ikan di perairan indonesia lalu di tenggelamkan menteri keikanan, atau tentang tragedi pasangan LDR yang salah satu pasangannya kena alzhaimer sampai lupa makan lalu akhirnya kena gizi buruk, tapi tragedi kali ini menimpa penerbangan indonesia.        

Sebuah tragedi yang mengajarkan gue, kalau cinta itu seperti pesawat yang sedang terbang di atas ketinggian 38.000 kaki. nggak peduli dari bandara mana dia lepas landas, dia akan tetap terbang menuju tempat tujuan selama dia masih punya sayap. dan masalah jatuh atau tidaknya pesawat itu, semua kehendak yang diatas.

Beberapa waktu lalu, hastag pray for QZ8501 bertebaran di sosial media. bertebarannya hastag ini dikarenakan terjadinya tragedi yang menimpa maskapai penerbangan airasia dengan nomor penerbangan QZ8501 surabaya-singapore. maskapai tersebut hilang kontak tanggal 28 desember pagi. dan setelah pencarian dilakukan, 3 hari kemudian ditemukan jasad penumpang QZ8501 yang mengapung di perairan pangkalan bun. hal ini jadi titik terang untuk penemuan jasad dan serpihan pesawat lainnya, sampai akhirnya bisa dikonfirmasi kalau pesawat ini jatuh. semua berduka. hastag duka bertebaran. tapi satu hal yang bikin risih tentang masalah hastag ini, banyak yang nulis hastag pray for blablablabla. tapi padahal sebenarnya mereka nggak benar-benar berdoa. ah, sudahlah... 

Ada banyak kisah tragis dibalik jatuhnya QZ8501 ini. tentang pramugari yang memposting foto pesan cinta dari 38.000 kaki tepat dua minggu sebelum pesawat jatuh, tentang pertemuan terakhir pilot dengan sang anak, tentang kehilangan tunangan dan sampai tentang menjadi sebatang kara karena ditinggal pergi seluruh anggota keluarga untuk selamanya. entah kenapa, yang terakhir ini berasa ngena banget. cerita tentang seorang cewek umur 15 tahun yang kehilangan semua anggota keluarganya karena pesawat jatuh. ahh..

Salah satu kisah yang menarik perhatian gue adalah tentang pria bernama firman. seorang pria yang tetap berusaha tegar setelah kehilangan tunangannya. 


  
cerita ini bertebaran di sosial media beberapa hari setelah jatuhnya pesawat. tapi ada yang janggal dan gue kira mengada-ngada, GIMANA CARANYA SI CEWEK NGIRIM SMS SAMPAI JUMPA KE TUNANGANNYA DI SAAT PESAWAT AKAN JATUH? EMANG ADA SIGNAL?. 

Ada lagi kisah dari Ciara yang gue tonton di berita, remaja 15 tahun yang study abroad ke singapore. entah apa yang direncanakan Tuhan, pesawat yang ditumpangi keluarganya jatuh dan seluruh anggota keluarganya tewas. padahal, niat dari keluarganya adalah merayakan liburan tahun baru bersama dan menjenguk keadaan ciara di singapore. tapi, awan cumolonimbus menjatuhkan semua niat itu. 

SATU yang bakal jadi kambing hitam, pemerintah. yang gue tau, permasalahan pemerintah dari dulu adalah mengobati, bukan mencegah. padahal yang sama-sama kita tau, mencegah lebih baik daripada mengobati. waktu kejadian jatuhnya QZ8501 ini, barulah ketahuan banyak maskapai yang melanggar izin penerbangan. barulah dicabut izin terbangnya. selama ini, kemana aja? dan satu hal lagi yang miris, jumlah ATC (air traffic controller) di bandara indonesia masih jauh dari cukup. yang gue tonton di beberapa berita, indonesia baru punya 220 ATC. sedangkan, jumlah idealnya harus ada 800 ATC. jadi 1 ATC di indonesia ini harus melayani 15 penerbangan, padahal yang idealnya adalah 1 ATC melayani 5 penerbangan. begitu yang gue denger di berita. 

Gue jadi curiga, kalau ada pilot-pilot yang lagi ngontak ATC lalu dicuekin karena ATC lagi sibuk buat ngurusin pilot yang lain, maka pilot-pilot yang dicuekin tadi akan membuat sebuah paguyuban dan berkata... "SEMUA ATC SAMA AJA. MEREKA NGGAK PERNAH NGERTIIN KITA." Mungkin kita nggak bisa menyalahkan pemerintah sepenuhnya. tapi, akan banyak lagi hal yang harus mereka pelajari dari peristiwa ini.  

SUPAYA dibilang berkharisma, gue berusaha mengakhiri postingan ini dengan pesan moril yang berusaha gue cerna sendiri.

Banyak hal yang gue pelajari dari peristiwa ini. terlepas cerita itu cuma hoax atau bukan, gue belajar dari firman kalau kita harus ikhlas merelakan sesuatu karena penyesalan bukanlah solusi. dan seperti cerita dia di atas: akan ada seseorang yang kita relakan untuk sesuatu, atau sesuatu yang kita relakan untuk seseorang.  

Dari Ciara, gue belajar untuk tetap tegar menjalani hidup. meski di tinggal seluruh anggota keluarga, yang gue lihat di berita dia nggak mau memperlihatkan wajah sedihnya. gue nggak tau gimana jadinya kalau gue ada di posisi dia, seorang anak 15 tahun yang ditinggal seluruh anggota keluarga selamanya karena kecelakaan pesawat. mungkin kalau gue jadi dia, gue akan memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan cara meminum parfumnya andika kangen band. Ciara, you are awesome. melihat ciara, gue merasa seperti orang yang sangat cemen. ditinggal mantan aja gue uda luluh lantah..  

Dari Pemerintah, gue belajar: jangan selalu mengobati, belum tentu juga obat itu manjur. karena sampai kapan pun, lebih baik mencegah daripada mengobati. 

Dari para keluarga korban, gue belajar kalau kita seharusnya bersyukur karena masih memiliki anggota keluarga yang selalu memberikan support. masih seperti yang gue pelajari dulu, kita nggak akan tau seberapa penting seseorang sebelum kita kehilangan orang tersebut. 

Dan dari alm.khairunnisa (pramugari), gue belajar kalau cinta itu seperti pesawat yang sedang terbang di atas ketinggian 38.000 kaki. nggak peduli dari bandara mana dia lepas landas, dia akan tetap terbang menuju tempat tujuan selama dia masih punya sayap. dan masalah jatuh atau tidaknya pesawat itu, semua kehendak yang diatas. dan bersyukurlah wahai kalian yang masih punya pacar atau gebetan sampai saat ini. karena kalian masih bisa mengekspresikan rasa cinta kepada orang yang dicinta. dan hargailah waktu mu bersamanya. 

karena apa yang ada hari ini, belum tentu ada juga di hari esok. semoga seluruh korban penumpang QZ8501 diterima di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.  


Now, Everyone Can Pray.




67 comments:

  1. Sedih banget gue baca postingannya Jev. Aamiin. Semoga ya. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, nggak tau kenapa tapi gue lagi pingin nulis tentang QZ8501 ini, amiiin.

      Delete
  2. duh. sedih banget ya baca kisah korban-korbannya. semoga ke depan gak ada lagi kecelakaan pesawat

    ReplyDelete
  3. Duh, nyimak banget kamu bang beritanya :D

    Kunjungan balik dan pertama (tandapetik.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih. hampir tiap hari kalau buka tv gue langung ngacir ke channel berita buat ngikutin terus beritanya.
      tapi waktu black box uda ketemu, intensitas berita tentang tragedi ini jadi berkurang..

      Delete
  4. sangat terpukul memang rekan, keluarga,bahkan tunangannya dengan tragedi itu, sy tidak bgtu tw certa2 itu bner atau gak, saya hanya percaya ini adalah jalan yng sudah ditentukan Tuhan, karena manusia sudah ditentukan kapan maut menjemputnya, dan percaya dibalik tragedi ini pasti akan ada rencana Tuhan yang lebih indah lagi.

    Salam Sukses Mulia ,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhan memang punya banyak cara yang tak bisa ditebak :)

      Delete
  5. tidak ada yang kebetulan di dunia ini, karena satu daun yang jatuh dari tangkainya saja sudah tertulis disuratan takdir-Nya, apalagi perjalanan hidup manusia :))


    keren masbro pesan morilnya. ngena.

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebetulan itu cuma sejenis co-incident.
      thanks ya :)

      Delete
  6. Ah. Ngga nyangka kamu bisa bikin postingan menyentuh kek gini, Jev. :D

    Tapi iya bener banget, kita ngga akan pernah tau rasanya. Seberapa besar simpati kita buat korban, tetep aja ngga tau pedihnya, menderitanya, gimana bisa kuat dan tegar, dll..

    Cumak berharap mereka bisa kuat.. Aamiiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, entah kenapa lagi pingin banget nulis tentang tragedi ini setelah ngeliat instagram nya alm. khairunnisa.
      abis itu tiba2 kepikiran buat menghubungkan antara cinta & pesawat di ketinggian 38.000 kaki.
      mereka pasti bisa, pastii

      Delete
  7. kalo ngomongin soal cinta,mungkin dunia ini akan penuh dengan kata-kata...sedih senang haru marah tragis semua komplit

    ReplyDelete
  8. Huhuhu, aku mesti sedih dan terharu kalo udah disinggung warna-warni kisah di balik tragedi Air Asia ini :'(

    ReplyDelete
  9. banyak banget kisahnya memang, jujur gue juga sempet nyess gitu... hmm buat pemerintah memang seperti kasus yang sudah-sudah setelah kejadian baru deh bertindak, apa sebelumnya memang engga tau ? apa pura-pura engga tau karna permainan dibelakang itu ? setelah berita kejadian tersebar baru deh bergerak, kemana aja pak ? bu? Telat :')

    ReplyDelete
  10. kita sebagai manusia tidak bakalan pernah bisa tau musibah yang akan menerjang kita dimana, kapan waktunya itu terjadi, cuma hanya tuhan yang tau, hmmm, terharu baca artikel ini mas :)

    ReplyDelete
  11. Gue Berduka banget sama kejadian ini, Semua bakalan baik pada waktunya... Dan semenjak Black boxnya ketemu, berita tentang Jatuhnya pesawat ini mulai berkurang ya? Padahal masih ratusan korban belum ditemukan. Semoga mereka damai disisi Tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh. mungkin media takut penonton bosan.
      amiin.

      Delete
  12. Biasa kalo blogwalking nemu tulisan yang bikin ngakak. Sekarang gue bersedih. :')
    Gue hanya bisa meng-amin-i doa lu di akhir postingan. Aaamiiinnn.

    ReplyDelete
  13. Baca judul postingan udah ketebak ngebahas AirAsia. Gue setuju banget sama paragraf akhir. Btw, makin seger nih, header sama warna judul baru, yep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lagi pingin nyari sesuatu yang fresh. bosen sama yang lama..
      btw, afal aja lu bro :))

      Delete
  14. Baru tau isi surat Firman. #Sedih
    Kalo cerita ciara, foto pramugari Khairunnisa, kasus ATC sudah tau sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, dan gue rasa surat dari firman itu cuma hoax.
      mungkin..

      Delete
  15. Saya juga ikut berduka atas kejadian ini. Dan proses-demi-proses terus saya ikuti dari berita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amiin.

    ReplyDelete
  16. Gue juga bisa ngerasain dukanya kehilangan orang yang kita sayang, tapi mereka tetep ada di hati kok :)

    ReplyDelete
  17. semoga banyak kisah dan pelajaran dari epristiwa ini hikmah besar yg diambil bahwa mati itu pasti...dan kian dekat gak bakal menjauh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semua pasti bakal berpulang :)

      Delete
  18. Ada yang ngejleb banget (((ditinggal mantan aja gue uda luluh lantah))) :')

    kakak kece, selamat kamu jadi nominasinya aku dalam liebster award... *apaan coba aku* hehe..
    http://nilnilam.blogspot.com/2015/01/liebster-award-kali-pertama.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. walahh, makasih ya.
      tapi gue udah pernah dapet liebster award :)
      nanti gue jawab pertanyaan di komen iyak..

      Delete
  19. bener sekali mas, saat ini pemerintahan kita lebih memilih diam menunggu hal buruk terjadi, barulah mereka bergerak untuk segera memberikan pengobatan..
    tetapi apapun kisah ini hanyalah murni sebuah kekuasaan Allah (musibah), karena semua datang dariNYA tanpa tidak ada stu orangpun yang mampu untuk mencegahnya.
    semoga apupun trgadi yang kita alami, baik dan buruk tetaplah seperti FIRMAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. puji tuhan :)
      tapi kita nggak bisa mensalahkan semuanya ke pemerintah juga sih..

      Delete
  20. Semoga para korban tenang disisiNya...

    ReplyDelete
  21. Sampe terharu baca suratnya -___-
    Semoga pemerintah bisa menanggulangi dan meminimalisir masalah penyebab kecelakaan pesawat, biar gak ada kata lagi "Pesawat belum punya izin terbang"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. mungkin pak jonan jago di darat tapi belum terlalu pengalaman di udara nih..

      Delete
  22. Yap, bener banget yang hashtah #PrayforBlalala itu yang masang tweetnya palingan cuma sok perhatian, (ada yg gitu), saya harap sih bukan cuma pencitraan sosmed doang, tapi mereka bener-bener berdo'a apalagi ngebantuin proses evakuasi kayak Basarnas. kan keren... hehe

    Tenang aja, mereka yang meninggal karena tenggelam dijamin mati syahid dan langsung masuk surga........... Fyi aja, kemarin saya dapet ilmu dari pelajaran agama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau begitu syukur deh.

      Delete
  23. Ya gitulah warga kita bang . . bisanya cuma bicara tanpa bertindak . . cuma update status pray for, biar terkesan dia keilangan banget , dan dipikir positive ama orang lain padahal tanpa diselipin rasa simpati/empati. . ya kayak yang ngomong ini . . :D

    "akan ada seseorang yang kita relakan untuk sesuatu, atau sesuatu yang kita relakan untuk seseorang." . . nice quotes bang . ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, gitu deh. kalau quotes yang itu bukan quotes gue..
      quotes nya vemale kalau yang itu. sisanya baru gue :)

      Delete
  24. Banya cerita dibalik itu semua ya. Kita cuma bisa berdoa. :)

    ReplyDelete
  25. #PrayForAirAsiaQZ8051 betewe lu typo deh kayaknya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak nyol, emang qz 8501 tauk.
      lu yang typo ah -___-

      Delete
  26. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan ya...
    Sedih baca tulisanmu jev.. :(

    ReplyDelete
  27. maut itu emang gak ada yang pernah tau kapan dimana dan bagaimananya :(

    ReplyDelete
  28. Kasian banget Ciara-nya jev, ditinggal seluruh keluarganya gara-gara pesawat jatuh. Semoga ciara tetap menjadi pribadi yang tabah, dan kuat menghadapi cobaan ini. Amiin.

    ReplyDelete
  29. Turut berduka cita atas jatuhnya pesawat air asia, terharu banget :')

    ReplyDelete
  30. :( deuh mewek galau baca begini sambil denger ujan diluar ..

    ReplyDelete
  31. Semoga duka ini segera berakhir

    ReplyDelete
  32. nyimak kak, semoga ada hikmah dibalik semua musibah di negeri ini.

    ReplyDelete
  33. Semoga para korban dan keluarganya diberikan ramat oleh Allah SWT. Amiin

    ReplyDelete
  34. Selamat. Anda mendapatkan piala. Cek dimari bang : http://www.tandapetik.com/2015/01/bintang-satu.html

    ReplyDelete
  35. Merinding banget baca ini. Yang paling sedih yang mau ketemuah sama tunangannya. :'(

    ReplyDelete
  36. Waduh,, sedih bacanya. Semoga Indonesia tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini.

    ReplyDelete
  37. artikelmu sangat mnginspirasiku mas Jeff, tengkyu telah menebar empati positif bagi sesama manusia :)

    ReplyDelete
  38. Dari sekian penumpang, ternyata ada yg salah jadwal, jadinya ga ikut naik. Selamat deh akhirnya.
    Semoga keluarga korban diberi ketabahan.

    ReplyDelete
  39. sedih campur haru juga sih ya,, semoga kejadian tersebut ga terjadi lagi,

    ReplyDelete
  40. terharu sama kisah yangdi tinggal tunangannya karena tragedi airasia .semoga kejadian seperti ini tak terjadi lagi amin

    ReplyDelete
  41. slh 1 yg jd korban AA ini temen kantor di cab Surabaya. Dia, calon tunangan ama keluarga tunangannya jd korban .. sesek ya ngebayngin kejadian2 bgini...ga kebayang gmn saat2 kejadian itu :'(

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>