Saturday, February 7, 2015

Imigran Terang.


Hari senin yang lalu, dengan restu semesta, gue terdampar di kantor imigrasi jakarta pusat. sesampainya disitu, gue baru tau kalau ternyata baju petugas-petugas kantor imigrasi mirip sama baju kebanggaan sopir taksi blubert. cuma, bedanya dengan baju sopir taksi adalah di bagian lengan baju petugas imigrasi ini ada patch bertuliskan imigrasinya. gue mulai curiga, jangan-jangan mereka adalah sopir taksi yang menyamar jadi petugas imigrasi..

Kalau bukan karena paspor, gue pasti nggak akan berada di tempat ini. beberapa hari sebelumnya, mami (cailah, mami..) gue udah mempersilahkan gue untuk memilih hari yang pas untuk membuat paspor di kantor imigrasi. dengan sangat-sangat licik, gue memilih hari senin. kenapa hari senin? karena berdasarkan jadwal yang dirilis oleh sekolah (tempat dimana gue menganyam ilmu), hari senin adalah hari dimana pelajaran matematika dan bahasa indonesia bersatu. adalah hal yang nggak balance ketika logaritma harus disatukan dengan majas-majas kampret yang membuat kepala sakit. disetiap hari senin, gue selalu merasa kalau hidup ini nggak adil.. 

Sebenarnya, gue nggak membenci pelajaran bahasa indonesia. tapi yang sama-sama kita tau, ketika seorang siswa tidak menyukai pelajaran tertentu, maka pilihan yang ada cuma 2: pertama, dia nggak suka sama pelajarannya. atau yang kedua, dia nggak suka sama guru yang mengajar pelajaran tersebut. dalam kasus ini, plihan kedua adalah jawaban dari segala keresahan seluruh murid di kelas gue ketika melihat guru bahasa indonesia sedang berjalan memasuki kelas. dan ketika pelajaran itu sedang berlangsung, kami selalu berharap kalau pelajaran ini hanyalah sekedar mimpi dan  kami selalu berharap untuk bisa cepat-cepat terbangun dari mimpi tersebut. guru tersebut memang agak seram kayak singa. kayak singa yang ingin memangsa sugar glider lebih tepatnya. tapi, tunggu dulu. singa kan nggak makan sugar glider? ah, sudahlah...  

SENIN itu, gue terbebas dari majas-majas yang terkontaminasi dengan logaritma. kata nyokap, ketika foto di kantor imigrasi nanti gue harus pakai baju berkerah biar agak keren. oleh karena itu, gue memilih kemeja warna putih dengan sedikit ada corak hitam di lehernya yang biasanya gue pake untuk kondangan. gue terlihat seperti orang yang lagi pingin kondangan sekarang. lebih tepatnya, orang yang lagi pingin kondangan yang terdampar di kantor imigrasi. 

Di kantor ini, giliran foto diatur oleh nomor. waktu itu kebetulan gue mendapat nomor 3062. gue nggak nyangka ternyata kantor imigrasi ini cukup rame. gue harus menunggu sekitar 3 jam baru dipanggil foto, betapa kampretnya. tapi nggak apa-apa, menunggu 3 jam adalah pilihan yang cukup bijak daripada harus ngerjain soal-soal kuadrat matematika. gue punya skill yang cukup hebat dalam menunggu. dengan pengalaman menunggu balasan bbm mantan selama berhari-hari, 3 jam itu nggak ada apa-apanya. ternyata selama 2 jam gue menunggu, gue baru sadar kalau 3 jam itu ada apa-apanya.

Setelah giliran dipanggil, gue pun beranjak dari kursi tempat menunggu menuju ruangan untuk foto. tapi, banyak beredar rumor kalau orang-orang di kantor imigrasi ini galak-galak. karena nggak mau kelihatan cemen di depan petugas imigrasi, gue pun memasuki ruangan tersebut dengan sangar. dengan sedikit membusungkan dada, gue berjalan menuju counter tempat gue foto. sampai di foto, gue bertemu dengan orang yang berpakaian sopir blu birt. 

Petugas yang mengurus gue ini adalah cowok yang bertubuh gempal, gue perkirakan beratnya diatas 100 kg. dia kelihatan seperti pegulat sekarang. kalau dia adalah seorang pegulat, berarti dia adalah pegulat yang sudah pensiun dan sekarang bekerja di kantor imigrasi.gue curiga ada nenek-nenek yang dia lahap hidup-hidup. dengan baju warna biru terang dengan patch imigrasi di lengan, sekarang dia juga terlihat seperti sopir taksi blue birt. sopir taksi blue birt yang bekerja di kantor imigrasi lebih tepatnya. sepintas, ada nama yang diawali dengan huruf 'h' dan diakhiri dengan huruf 'y' yang gue baca di name tag petugas tersebut. gue curiga dia ini adalah sopir taksi blubirt yang kabur ke kantor imigrasi. 

Gue pun mulai berandai-andai atas kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. jangan-jangan, dia adalah siluman hamster? atau jangan-jangan, si he... ini adalah seorang kanibal yang berniat menculik remaja seperti gue untuk di lahap hidup-hidup di kantor imigrasi? dan sampai kemungkinan yang terburuk: jangan jangan, dia adalah guru bahasa indonesia gue yang menyamar jadi petugas imigras?!. jadi ceritanya  wajah si petugas imigrasi ini ternyata adalah topeng, dan waktu dia buka nanti terlihatlah wajah guru bahasa indonesia gue, seraya berkata.. 
"Jefferson, kenapa kamu bolos pelajaran saya nakk. kenapa kamu tidak datang nak, aku telah lama menunggu mu hahahahaha" lalu diikuti dengan backsound lingsir wengi.

DAN setelah menyerahkan beberapa surat dan mengikuti instruksi sang sopir taksi yang bekerja di kantor imigrasi, wajah gue pun kelar untuk dijepret menjadi sebuah foto. dan ketika ditanya kenapa gue membuat paspor, gue menjawab dengan senyuman kecil 'cuma buat jaga-jaga, pak. kalau nanti mau keluar negri. hehehe' sebenarnya, gue mau bilang 'mau ke hati mama lu pak'. tapi, gue takut dilahap hidup-hidup waktu itu. dan gue juga belum siap untuk menjadi bapak dari petugas imigrasi ini. 

Beberapa hari setelah kejadian itu, akhirnya gue resmi mempunyai paspor. jadi kalau gue nggak sengaja terdampar di negri orang nanti, gue nggak akan dianggap sebagai seorang imigran gelap. melainkan, gue akan dianggap sebagai imigran terang karena udah punya paspor dan surat kelengkapan. jadi gue aman-aman aja main di ancol selama gue membawa paspor. jadi kalau nanti kalau di ancol gue hanyut terbawa arus dan mengambang sampai ke malaysia, gue bisa nunjukin paspor gue dan gue akan dibebaskan begitu saja karena gue punya paspor. rencana yang cukup jenius.

Mungkin kalau nggak ada paspor dan surat-surat kelengkapan lainnya di dunia ini, maka imigran gelap dengan tujuan australia udah bebas berkeliaran di laut indonesia. dan satu hal yang jelas, pasangan LDR antar negara nggak akan bisa main-main ke negri dimana pacarnya tinggal kalau nggak punya paspor. kasihan mereka. bentuknya yang seperti surat nikah, membuat paspor gampang dibawa kemana-mana. dan sebagai orang yang udah memiliki paspor, berarti gue sudah resmi menjadi seorang imigran terang. 




75 comments:

  1. cieee yang udah punya pasport . . gue sim aja baru punya kemaren jef . .

    Tumben2an nih ada guru B.Ind yang killer, biasanya pan sosoknya keibuan gitu . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, guru b.indo nya itu cowok.
      cowok yang keseringan pms lebih tepatnya..

      Delete
  2. behhhh .... brp biaya bkin paspor gan ? hehe
    sy blm punya paspor nih ,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata nyokap sih dia nyuruh orang buat ngurusin semua surat-suratnya,
      kalau di total kurang lebih sejuta..

      Delete
  3. Hahaha. Ada-ada aja, imigran terang. Supir blubert yang mirip imigran kayaknya. Btw, congrats atas paspornya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, ucapan congrats nya berlebih deh yog. temen-temen gue udah lama punya paspor, gue gagal gaul makanya baru punya sekarang -__-
      silahkan ucapin congrats, setelah gue punya surat nikah! :))

      Delete
  4. bahaha ada2 aja...
    tapi iya juga sih, dulu aku juga suka kayak gitu. seneng banget kalo pas pelajaran atau guru yang ga disuka dapet tugas ekskul, bebaaas deh keliaran. hihii

    ReplyDelete
  5. coba deh lo foto di tempat gelap dengan passport, mungkin akan jadi imigran gelap.

    Ecie yang udah punya passport wkwk

    ReplyDelete
  6. Wah kok postingannya sama ya.. sy jg baru minggu lalu bikin paspor. Hehe.. btw biayanya kok mahal Jef, bukannya 300ribuan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, masa sih? kebetulan berarti..
      hmm, kantor imigrasi mana tuh 300 ribu?
      kata nyokap, satu orang 600-an. dan hari senin yang lalu saya ber-3 sama kakak saya juga.
      jadi 1,8 kurang lebih..

      Delete
  7. Wah kok postingannya sama ya.. sy jg baru minggu lalu bikin paspor. Hehe.. btw biayanya kok mahal Jef, bukannya 300ribuan ya?

    ReplyDelete
  8. Hanyut di Ancol, muncul di Malaysia. Berarti kalo mental naik kora-kora Dufan munculnya di Vietnam. Boleh dicoba~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanyut di istana boneka, ngambang di brunei kalik..

      Delete
  9. Asik nihhh jadi mau follow blognya, tapi gimana ya? Biar setiap kali 'koko'? 'Kaka'? Anda? Situ? Ngepost di email saya akan ada notifnya gituuu, tapi gatau nih tombolnya disebelah mana._. Agak konyol dan lebih tepatnya norak sih pertanyaanya tapikan niatnya baikk (•̅_•̅ )

    Btw selamat selamat cieeeee udah punya paspor...........cieeein aja cieein ^^ haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. thanks ya!
      hmm, nanti pasang widget deh :)

      Delete
  10. Sebeum baca tadi kirain surat nikah, haha.
    Guru bhs Indonesia gue dulu juga cowok, tapi lemah lembut. Pelajaran bhs Indonesia itu gimana ya, jawabannya mirip-mirip. Jadi bingung jawabnya apa. Ajaibnya, UN bhs Indonesia dapet nilai paling bagus, haha.

    Btw, selamat buat passportnya.

    ReplyDelete
  11. Cie dah punya pasport bisa ke luar negri ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. pingin terbang ke masa lalu sih ceritanya..

      Delete
  12. Udah gede ternyata. Udah punya paspor. Emangnya mau ke mana pake paspor.

    Jangan bilang belakang rumah lu Amerika. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, tau aja.
      belakang rumah gue kan washington dc..

      Delete
  13. wiih hebat bener udah punya paspor,,hehehe
    pintar sekali ya milih waktu buat bikin paspornya,hai senin dan sengaja gak mau ketemu mapel matematika :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi siswa harus cukup licik :)

      Delete
  14. Ciee udah punya paspor.. pacar punya gak?

    Lah ._.

    ReplyDelete
  15. Wah, dia udah duluan punya pasport.

    Sadis bener yaak ini orang memperkirakan berat badan petugasnya sampe 100kg. Wkwkwkw. Tapi bener. Kalo hari senen itu pelajarannya ngeri-ngeri. Pelajaran yang gak kita suka. Gila emang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bro, lu harus liat dulu tuh orang.
      pasti perkiraan lo sama :)

      Delete
  16. cieee udah bisa keluar negeri cieeee
    selamat yee udah jadi imigran terang,, seterang fotonya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, itu ada unsur kamera yang bersahabat kayaknya..

      Delete
  17. Pegawai samsat kadang juga mirip sopir taxi..

    ReplyDelete
  18. Sama banget jaman gue sekolah hari senin selalu jadi hari paling berat untuk dilalui -_-

    Selamat untuk paspor dan terbebas oleh hari senin. Btw ntar kalo blog lo dibaca sama guru bindo lo gimana :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. TIDAAAAAAAAK! semoga dia nggak punya blog, amin.

      Delete
  19. Paspor punya lu, pacar punya nggak? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya lah nyol............tapidulu

      Delete
  20. Selama 3 jam nunggu dipanggil lo bisa bebas guling-guling sambil push up dong. Oh ya jangan ampe ninggalin gue sendirian disini, janji ya jangan pergi keluar negri. Gue gak sanggup lo tinggalin. *Halah..

    ReplyDelete
  21. Mantep Udah Punya Passpor..
    Saya Baru Punya Kartu Pelajar :3

    ReplyDelete
  22. hahaha, gokil yeh petugas imigrasi di sangka sopir burung biru, mungkin dia lelah menjadi supir burung biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga curiganya dia itu kabur dari pangkalan taksi..

      Delete
  23. o jadi kalo bikin paspor itu di kantor imigrasi, gue kira dulu di calo

    ReplyDelete
  24. wkwk baru tahu kalau ada imigran terang, keren artikelnya gan...

    ReplyDelete
  25. Hahahahahah.. cara cerdas meloloskan diri dari pelajaran nih :))

    ReplyDelete
  26. Hey vroh, buat paspor terus aja tiap senin sampai gurunya pensiun ...haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, hari senin ini gue nggak masuk sekolah lagi kok. alasannya gara-gara banjir :)
      gue berharap senin depan ada sesuatu yang terjadi lagi..
      mungkin, sekolah gue ditelen godzila kek di senin depan

      Delete
  27. Cie... punya paspor ya, gimana rasanya? Oh iya, baunya sama kayak buku nikah kagak tuh :3

    Oh iya, lu itu mah biar gimana juga kagak bakal jadi imigran gelap, badan lu aja terang begitu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bah, itu gara-gara kamera nexus 5 nya bagus aja kalik..

      Delete
  28. Awalnya gue kira itu surat nikah... *(ketahuan belom punya paspor* *lalu menghindari pantai biar gak anyut ke negeri seberang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kebelet nikah kalik lu bro

      Delete
  29. Jangan lupa tuh paspor disimpan, ntar malah kamu gadaikan bro :-D

    ReplyDelete
  30. gw sampe sekarang belom pernah ke kantor imigrasi, pengen sih kapan2 main ke sana. tapi ngapain ya, bikin paspor? bukan, gw mo ngajak jalan si supir blue birt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. ngajak mancing bro :)

      Delete
  31. buku paspor kaya buku nikah ya bentuknya?
    hmm jadi kamu lebih milih punya buku paspor drpd buku nikah gitu?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..........nggak gitu juga......

      Delete
  32. Selamat buat paspornya! :D Btw, hari senin emang semua instansi-instansi pemerintah emang pake kemeja kaya blue bird itu, hahhaa, dikasih gratis sih, kebetulan abang gw jg pake itu tiap senin, plis jangan bilang supir blue bird lagi, itu emg seragam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, maaf ya -___-
      nggak bermaksud loh, cuma buat bercandaan aja niatnya tadi.
      sekali lagi maaf ya...

      Delete
    2. Gak apa-apa, gw aja suka bilang kaya Blue Bird juga! Hahaha

      Delete
  33. wahahah..gak berhenti ngakak waktu baca si petugas berubah jadi guru b.indo trus ada iringan becksound lingsir wengi.
    wahahaha...

    ReplyDelete
  34. Gue juga udah punya paspor. Tos dulu dong, jev

    ReplyDelete
  35. Cieee yang udah punya paspor. :D Ke luar negerinya kapan? :D

    ReplyDelete
  36. Trus mau ke mana dulu nih, Jev? Paris atau London? :P

    ReplyDelete
  37. Duh paspor gue matek sejak januari lalu :(
    harus segera perpanjang biar klo terdampar gak jadi gelap tapi jadi terang :D

    ReplyDelete
  38. Ciee punya paspor ciee. Jadi bisa log-in akun akun sosmed. (Oke itu password).
    Hahaha gue laporin bu gurunya ah biar dia tahu ada imigran terang yang sengaja nggak mau ikut pelajaran dia. :((

    ReplyDelete
  39. Hasek dah punya paspor, habis ini mau kemana ???? ajak2 dong dong dong

    ReplyDelete
  40. wkwkwkwkw...... mirip sopir blubie??? ini kalo sampe ada petugas imigrasi yg baca, bisa2 namamu diblacklist kalo mw renew pasport ;p

    baca postingan ini br inget kalo pasporku expired juli agghhh...ga bisa dipake lg dunk -__-..

    ReplyDelete
  41. selamaat yaaa jev.. dah punya paspor.. perjalanan pertama kemana nih?

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>