Saturday, February 21, 2015

Kasih Nyokap Sepanjang Angpau.


Imlek itu bukan melulu tentang angpau, tapi imlek adalah tentang bagaimana kegembiraan yang tercipta ketika kita berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakan sebuah tradisi. tapi... boong! imlek tanpa angpau itu bagaikan hujan tanpa pelangi, hampa. nggak dapet cokelat di hari valentine itu biasa, kalau nggak dapet angpau di hari imlek itu barulah hal menyedihkan yang sesungguhnya. dan setelah gue melakukan quick count terhadap angpau yang didapat tahun ini, maka didapat juga hasil yang cukup memuaskan. 

Kalau dilihat dari expertnya dalam mendapatkan jumlah nominal uang, maka terbagilah orang-orang yang mendapatkan angpau menjadi 5 golongan:
pertama, kalau dia mendapatkan Rp 3.000.000 keatas, berarti dia termasuk expert. 
kedua, kalau dia mendapatkan Rp 2.000.000 - Rp. 3.000.000, berarti dia semi expert. 
ketiga, kalau dia mendapatkan Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000, berarti dia quater expert.
keempat, kalau dia mendapatkan Rp. 400.000 - Rp. 1.000.000, berarti dia gagal expert 
dan kelima, kalau dia mendapatkan tiga ratus ribu kebawah, maka dia sudah expired..

Walaupun kali ini gue termasuk dalam semi expert, tapi hasil yang gue dapet itu masih teranggap cemen kalau dibandingkan temen-temen gue yang sudah expert dalam mendapatkan angpau yang gila-gilaan. 

Tapi, nggak selamanya isi angpau itu akan indah seperti yang kita inginkan. saat yang paling males adalah ketika kita tiba didepan gerbang rumah saudara yang pelitnya minta ampun. pernah dulu gue dikasih angpau sama saudara dari saudara gue. saat diraba isinya cukup tebel, dan saat gue buka, ternyata isinya sepuluh lembar uang seribuan. kampret! demi hukum grosen 1 dan 2, ini sungguh tidak cengli. sebagai seorang anak ips yang pernh belajar ekonomi, gue merasa gagal..

Dan kali ini, gue udah berkomitmen untuk menghindari orang-orang yang kayak gitu. dan patokan gue adalah isi angpau minimal bewarna biru. semua 
berjalan mulus pada awalnya, dengan ucapan manis gong xi fat cai, maka beberapa menit setelah itu saudara yang kita kunjungi rumahnya atau yang mengunjungi rumah kita akan tersenyum dan memberi sebuah angpau. gue cukup bersyukur karena dari enam angpau pertama, nggak ada yang dibawah cepe. ini masih cengli. Sampailah rencana nyokap untuk mengunjungi rumah saudara yang satu ini. manusia ini bisa digolongkan sebagai orang yang pelit. dari tahun ke tahun, angpau yang dia kasih nggak pernah ada perkembangan di isinya. maksimal selalu dua puluh ribu. karena gue punya firasat buruk, maka dari itu gue memutuskan untuk nggak ikut ke rumah orang ini. beberapa waktu kemudian setelah pulang dari rumah orang ini, kakak perempuan gue membawa sebuah angpau berwarna pink yang cerah. kalau dilihat dari covernya yang begitu mewah, kayaknya isinya sih diatas lima puluh ada lah. gue diluluhkan dengan warna covernya. ternyata, semua orang bisa berubah ya. yang dulu dari tahun ke tahun ngasih cuma 20 ribu dengan angpau kecil gambar minnion, sekarang bisa berubah. pasti gara-gara efek tahun kambing.. 

Ketika dibuka, ternyata isinya gocengan empat biji. kampret! ini orang nggak ada bedanya ternyata. pelit dari tahun ke tahun, isinya nggak pernah bagus. cuma covernya doang yang bagus kali ini. disaat itu, mental rasis gue mulai menguap. pingin rasanya gue bilang ke saudara gue kalau dia pelit banget, seraya berteriak.. "Cina Lo!"  tapi disatu sisi gue sadar, gue juga cina.

Selain bikin kaya mendadak, perayaan imlek juga bisa membuat seseorang terkena diabetes mendadak. ada banyak makanan manis dan minuman kaleng yang disajikan saat perayaan ini tiba. hampir setiap tahun, gue selalu menyantap minimal 3 minuman kaleng bersoda dalam sehari selama seminggu. ada rasa takut terkena diabetes sejujurnya, tapi bodo amat. kan ada.. tropicana slim (mendadak iklan). untungnya, chelsea islan nggak suka minum minuman kaleng. kan nggak kebayang, bakal semanis apa lagi chelsea islan kalau dia minum minuman kaleng sehari tiga kali.

Nggak kebayang gimana jadinya kalau imlek dirayakan sama seperti anniversary abg-abg gaul lainnya. kalau abg-abg gaul kan, ngerayain anniversary sebulan sekali. bedanya, kalau imlek dirayakan sebulan sekali maka namanya bukan anniversary. tapi angpauversarry. kalau imlek juga dirayain sebulan sekali, gue pasti sudah divonis dokter mengidap diabetes stadium dua akar tiga. dan kalau imlek dirayakan setiap bulan, maka di februari tahun depan gue bisa beli 2 iphone 6 plus disertai dengan biyaya penerbangan pulang-pergi ke bali. dengan catatan, maskapai yang gue naiki adalah air asia.. 

Dari 5 angpau pertama yang gue terima, total uang yang didapat sudah bisa membuat dompet cukup mual. dan kalau dompet gue bisa pake test pack, mungkin dia akan divonis positif hamil. ini cukup mengejutkan. gimana enggak, ada satu buah angpau yang cukup besar dan isi dari angpau itu bisa buat bayar uang sekolah selama dua bulan, dengan catatan kalau uang sekolah selama satu bulan harganya lima ratus ribu. dan setelah diselidiki, ternyata orang yang memberikan angpau itu adalah nyokap gue. ini cukup mengharukan dan sungguh cengli. inilah yang disebut kasih nyokap sepanjang angpau.   



Ngko-ngko gelodok bervarsiti yang habis nyolong angpau 


 

60 comments:

  1. Gocengan empat biji. Hahahhahahahahaa ngakaaaaak...gue bayangin ekspresi lo pas buka amplop isinya cuma segitu. epik bgt pasti hahaaaa

    ReplyDelete
  2. Gong xi fat cai Jef :D
    Kalo tahun baru imlek diadain sebulan sekali, lu nggak usah kerja aja, penghasilanya dari malakin angpau :'D

    ReplyDelete
  3. Gong xi fat cai jev... eh jev bagi minuman kalengan sini buat temen nonton bola ntar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gong xi fat cai,
      wo bu ming pai...
      heavy rotation...

      Delete
    2. Kampret gue ngakak baca komenan lo yang ini Jev.

      Delete
  4. lebaran juga sama, bikin diabetes mendadak. kolesterol juga :D
    kalo ga mau angpao yang dikitnya isiin pulsa aku aja lah jev. ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lebaran, gue cuma bisa menikmati liburnya doang.. :)

      Delete
  5. Gong xi Fat Cai bro Jev.. itu kategori yang expired kampret banget :D

    bagaimanapun juga nyokap paling tau kepada siapa dia hibahkan duit sebanyak itu.. iya, buat anaknya, biar bisa banyak gaya, kan jadi enteng jodoh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, kasih ibu sepanjang imlek :-)

      Delete
  6. Biar samaan kayak yang diatas, Gong xi fat cai, Jev. Bagi-bagilah hasilnya. 2,5% aja deh buat gua hahaha

    Coba aja imlek adanya sebulan sekali, entah lu udah kayak gimana tuh ketajirannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, temen-temen gue lebih parah lagi tajirnya kalau imlek sebulan sekali...

      Delete
  7. wahaha ngko ngko gelodok bervarsiti yang abis nyolong angpau :p :v
    btw, gong xi gong xi lah ~ *lirik angpau* *baru inget ga punya* #abaikan ~

    ReplyDelete
  8. Gong xi fat cai, bro jev. Kalo udah expert itu. Kira2 Pangeran kapan dibagi, ni. :D

    Nyokap lu emang tau, kapan dan siapa yang harus segera dikasi duit sebanyak itu.

    Gue jadi dikasi, gak, ni. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita bicarakan di belakang aja....

      Delete
  9. Gong Xi Fat Cai, Jev.

    Wahaha itu kategori terakhir, expired. Ngakak sumpah HAHAHA
    Imlek tiap bulan, bisa-bisa kaya mendadak lo Jev =))

    ReplyDelete
  10. Gaya foto lo kok gitu terus sih? Nyengir gitu. haha. personal branding lo emang disitu. wkwkwk. (Jangan dianggap becanda)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu deh, personal branding...
      tau aja lo.

      Delete
  11. Hahaha... Temen gue yang Tionghoa juga pernah cerita kalo punya keluarga pelit, sepanjang pembicaraan, dia ngomel-ngomel mulu. xD Gue sih adem ayem aja ngabisin jeruk ama marshmallow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup memang kadang nggak adil, balada saudara pelit.

      Delete
  12. Coba di cek amplop yg dari nyokap, ada pesannya kali itu duit emg buat bayaran sekolah Haha xD

    ReplyDelete
  13. Gue malah ga dapet sama sekali. Masuk kategori apa, tuh? Haha.
    Eh, foto lo kok kayak Kevin Anggara ya.
    Wahaha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo itu blogger kesekian kali nya yang bilang mirip kevin anggara.
      padahal, gue sama dia beda jauh.....

      Delete
  14. Gong xi fat cai...
    semoga angpaunya berkah yaa...

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. sejujurnya, nama gue jefferson..

      Delete
  16. Hahahaha sabar ya goceng empat biji :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, nggak apa-apa.
      yang penting endingnya memuaskan..

      Delete
  17. Lumayan toh masih duit bro, sempat besok uang mainan monopoli kayak mana ekspresimu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya si, mungkin saking pelitnya saudara gue dia tahun depan bakal nyelundupin duit monopoli..

      Delete
  18. Selamat tahun baru, Jeeeeeev! :D

    Yang sabar ya. Kalok dapet gocengan empat bijik sepuluh kali jugak uda lumayan. Wkwkwk..

    ReplyDelete
  19. Boleh dong bagi-bagi angpaunya juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih alamat lengkap, kelurahan, kode pos.
      cepet...

      Delete
  20. angpaunya lumayan tuh buat jajan beli pulsa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset, angpau yg gue dapet lumayan banyak masa cuma buat beli angpau -___-

      Delete
  21. Anjirrr apa-apaan itu pas bagian 'tapi gue sadar gue juga cina.' XD
    Ngahahaha. Emang ya kasih nyokap sepanjang angpau. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pasti ketularan ernest..
      begitulah, kasih nyokap, tapi gue curiga jangan2 itu duit buat bayar listrik yg nyasar masuk ke angpao...

      Delete
  22. Tebel tapi dalemnya seribuan, disitu kadang lo harus merasa sedih Jev hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu gue pernah ngalamin tuh waktu sd.
      kampret banget....

      Delete
  23. wkwk oh ada golongannya juga ya ternyata.. haha baru tau gue... wkwk itu orang yang berubah covernya doang... isinya mah masih sama 20 rb wkwk... anjass ngakak gue ketika lo mau rasis ngatain dia "cina" dan lo menyadari kalo lo "cina" juga wkwk.. gokil!

    ReplyDelete
  24. Nyokap lo baik banget, untung nggak ada tambahan tulisan kertas 'uang ini jatah kamu 2 bulan yaa'. Hahaha.... Btw, pacaran dirayain tiap bulan? Itu pacaran apa datang bulan? :))

    ReplyDelete
  25. Menjelang imlek, biasanya nasabah2 Chinese di bankku mulai deh berburu uang baru :D.. Dan krn aku kerjanya mobile, dari 1 cabang ke cabang lain, keliatan tuh tipe2 nasabah di beda2 branch. Rata2 sih semuanya harus uang baru, tapiiiii beda denominasi aja :D

    Kalo yg selatan (Pd Indah, Kemang), kebanyakan mintanya 100rb an baru, kalo bisa malah uang NKRI yg ada kuning2nya itu ..Rada susah didapet krn stok kita ga banyak

    Selatan mengarah ke Pusat (Gajahmada), paling sering minta 50rb an :D .

    Barat (Pluit, Tomang, PIK): Ini hampir sama kyk yg Selatan, tapi biasanya ga masalah antara 50rb an ato 100rb an.. Dan suka mintain yg 20rb juga..

    Utara (Klp Gading dan Mangga Dua): baru deh penyuka yg lebih kecilan.. 20 rb an, 10 rb an.. sesekali utk nasabah kakapnya minta yg gede juga, tp ttep lbh bnyk denom kecilnya ;p

    Timur (Rawamangun) : Nah ini yg paling suka minta denom 5rb an ke bawah :D Ga ngerti juga apa untuk sanak sodara ato utk byr parkir sebenrnya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, pusing juga ya jadi pegawai bank.
      hmm, curcolan pegawai bank :)

      Delete
  26. Hai Jev kamu tambah ganteng aja.. Bisa ngga kamu transfer ke aku angpaonya sebagian? ._.

    ReplyDelete
  27. Anjirr Apaan tuh angpauversarry? :)) Ngakak gilak gue!!
    Kalo gue beda jef, keluarga gue nggak bolehin buka angpau sebelum hari ke-3. Jangan-tanyakan-kenapa dan gue pisahin angpau hari pertama dan ke-2 alhasil, gue masuk dalam Semi Expert buahahhaa... Gong Xi fat cai!

    ReplyDelete
  28. Bazenggg hahaha. Cuma dapet gocengan 4 biji. Yang sabar ya, Jev. Tuhan tau kok, mana yang terbaik

    ReplyDelete
  29. Cailah kasih nyokap sepanjang angpao. Coba aja kalo minta angpao ke orang lain pake bahasa andarin, kali aja dapetnya lebih banyak. :D

    ReplyDelete
  30. Nah, gimana kalau sekarang loe yang bagi-bagi angpau ke kita, Jev. Masih suasana imlek kan inih. Angpau.. angpau... angpau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu anak-anak kalau lagi ada maunya. dikasih sedikit kurang, di kasih banyak kurang juga. he....he...betul khan?

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>