Saturday, March 21, 2015

Tujuh Belas.


Ada banyak hal di dunia ini yang dianggap manis oleh para wanita. mulai dari janji (janji manis), cokelat, kalimat-kalimat romantis, diskon akhir tahun, tas ber-merk, sampai dengan umur. ya, umur. sebuah angka yang menunjukan usia seseorang. dan angka itu tidak lain dan tidak bukan adalah tujuh belastujuh belas memang adalah sebuah angka yang dianggap manis oleh kaum hawa. oleh karena itu, maka nggak heran kalau ada istilah sweet seventeen. tujuh belas manis.

Beberapa hari yang lalu gue baru saja terdampar di acara sweet seventeen salah satu temen gue. acara itu sendiri bertempatan di sebuah hotel di kawasan mangga dua. sama seperti acara sweet seventen abg-abg gaul lainnya, acara ini sendiri memiliki aturan main tentang dress code. dress code yang diperbolehkan adalah dress code bewarna gelap. hal pertama yang terpikir oleh gue tentang dress code gelap adalah kemeja biru dongker dan celana emba warna hijau gelap gue yang tersimpan rapi di dalam lemari. disaat itu gue tau, kalau gue nggak perlu pusing-pusing lagi memikirkan dress code. yang perlu gue pusingkan adalah woman code. dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru dongker dan celana emba warna hijau gelap, gue terlihat seperti engko-engko mangga dua yang berpakaian gelap sekarang. atau lebih tepatnya, engko-engko berpakaian gelap yang terdampar di acara sweet seventeen seorang abg.    

Baru masuk ke ruang acara, gendang telinga gue langsung mendengar sebuah suara yang cukup familiar. suara itu terdengar seperti suara gagal gaul yang tidak jarang menghiasi di social media. kali ini, antara familiar dan gagal gaul terasa beda tipis. ternyata, setelah ditelaah lebih lanjut suara itu berasal dari pita suara kepunyaan edhozell. ternyata acara tujuh belas manis temen gue ini menggunakan jasa event organizer yang di host kan oleh edhozell. acara demi acara dibawakan host dengan cukup profesional sampai ke acara jedag-jedug terakhir. 
ijeverson
pelayan restoran, engko-engko mangga dua, host acara, penjual batu akik, sales parfum 

Gue sedikit terlelap ditengah kebisingan pesta. ketika yang lain lagi asik jedag-jedug, nggak sengaja gue melihat atribut angka 17 yang ada di dekat panggung. tiba-tiba gue teringat, kalau di tahun ini gue juga akan berumur tujuh belas juga. kalau dipikir-pikir, banyak yang bisa didapatkan oleh seseorang ketika berumur tujuh belas. ktp, sim, kartu kredit, istri, dan masih banyak lagi. sekarang, angka tujuh belas jadi terasa cukup spesial untuk gue. 

Masih di tengah kebisingan pesta, angka tujuh belas sepertinya semakin menghantui gue. gue tiba-tiba juga teringat ulangan geografi gue yang juga sweet seventeen. bukan, bukan umurnya yang 17. tapi, nilainya 17. lah, ini ulangan atau abg gaul? kok bisa-bisanya sweet seventeen. kampret, gue sadar kalau gue belum remedial. ini cukup mengenaskan. bukannya nggak mau remed, tapi remedial yang diberikan untuk ulangan geografi kal ini terasa cukup tidak berpri-kesiswaan. peraturan remed kali ini adalah kita, para siswa yang tidak tuntas nilainya harus mewawancarai bule sebanyak jumlah nilai kkm dikurang dengan jumlah nilai ulangan yang tak mencapai kkm. dan minimal, durasi wawancaranya adalah 10 menit. dan kkm geografi ini adalah 75. bayangin, gue harus mewawancarai bule sebanyak 75 - 17, dengan durasi minimal 1 bule 10 menit. gue pun langsung berpikir, selama 10 menit itu, akan ada berapa banyak memory yang terbuang kalau video berdurasi 2 menit via smartphone aja 100 mb. 2 menit 100 mb, berarti 10 menit 500 mb. dan itu pun baru satu bule. sementara gue harus mewawancarai 58 bule untuk bisa mentuntaskan nila kkm. dan 58 x 500 mb itu berarti sekita 24 Gb, itu pun bisa lebih. dan itu pun belum memasuki proses editing. remedial geografi ini sungguh superior. remedial yang bermemori melebihi memori iphone 16 GB.    
  
Angka tujuh belas semakin membuat gue terlelap di dalam gemerlapnya pesta. gue nggak tau apa yang akan terjadi pada nilai geografi gue kedepannya. akhir-akhir ini, gue memang sudah menjelma menjadi seorang pelajar yang sangat malas. terhitung dari semster 2 ini, gue nggak pernah belajar sama sekali setiap ada ulangan. kerjaan gue cuma nanya jawaban ketika ulangan berlangsung. ini benar-benar berbeda sin 60° dengan gue yang dulu. berbagai kasus pun tak sungkan untuk datang. terakhir, kasus yang menghampiri gue adalah kasus handphone disita oleh pahlawan tanpa tanda jasa. setelah sebelumnya juga gue diberi peringatan terakhir untuk tidak boleh datang terlambat lagi. kalau datang telat lagi, maka pemanggilan ortu adalah koneskuensinya. ah, guru bp sungguh tidak adil...

Selain ulangan geografi, di semester dua ini gue juga berhasil mengoleksi beberapa nilai ulangan jelek lainnya. matematika dapet 1, ekonomi dapet 4, dan terakhir sejarah dapet 5. sungguh menyedihkan. selain mengoleksi kepedihan kenangan masa lalu, gue ternyata juga mengoleksi nilai-nilai ulangan yang hancur. inilah gue, pengoleksi barang tak berharga. ah, tak terasa jedag-jedug di pesta ini sudah berakhir. pesta pun berakhir. mungkin tujuh belas di pesta kali ini menandakan sebuah kebahagiaan. tapi, tujuh belas yang menggores kolom nilai ulangan geografi gue tentunya merupakan sebuah kepedihan. dan angka tujuh belas ini mengharuskan gue untuk pensiun. pensiun dari segala kemalasan yang melanda. tiba-tiba realita datang dan menampar pipi ini, memberi tau kalau malas itu nggak ada gunanya. rasanya, sudah saatnya gue berhenti menjadi seorang pemalas.



62 comments:

  1. So sweet banget sama yang namanya angka tujuhbelas hehehe:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi tujuh belas agustus. bisa ikut panjat pinang, so sweet..

      Delete
  2. 17??? Emang pas geo bab apaan yg dibahas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue lupa. pokoknya itung-itungan...
      angka kelahiran, angka kematian, sex ratio, doubling time, dependacy ration dan lain-lain..

      Delete
  3. HAHAHAHAHAAA..KESIAN!!! MAAP CAPSLOCKNYA GAMAU MATI NIH..

    ReplyDelete
  4. itu yg "sales parfum" dresscodenya kok gak gelap ..??

    itu beneran yg remidial suruh wawancara bule sebanyaak itu ..?? tabah jef .. sekalian nglancarin bahasa inggris gitu .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gue dia pake gelap,
      mungkin karena efek kamera..

      Delete
  5. 17 dari 75. Tepuk tangan. *clap clap clap* tapi mantap, kalo remed bisa ketemu bule. gue waktu sekolah, kalo remed palingan disuruh bawa bunga. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebuah hal besar diawali dengan hal yang kecil haw,
      begitu juga dengan nilai..

      Delete
  6. semangat jev.... cuma 58 bule.... *apa!!! cuma??*

    ReplyDelete
  7. Yang sweet seventeennya siapa? Edho Zell??

    ReplyDelete
  8. Jeff..... nilai geografi lo minta diajak sweet seventeenan juga? ...............
    Enggak apa-apa jeff mungkin nilai lo lagi fase labil, labilnya jangan lama-lama tapi xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tergantung gurunya juga..

      Delete
  9. Nilai lo keren juga, susah gue dapetin yang kayak gitu :D

    ReplyDelete
  10. Hahah.. Anak-anak zaman sekarang keren yak. Tujuh belas taun aja ngadain perayaan di hotel. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah perkembangan zaman :-)

      Delete
  11. Parah, dapet nilai 17, aku nggak pernah dapet nilai separah ini. Nilai terendahku itu palingan cuma 0, atau nilainya cuma segaris coretan merah karena ketahuan nyontek.

    Gila di suruh wawancara 75-17 bule, dan itu pasti remed tersulit di dunia ini. Semangat buat remednya Jev, dan semangat buat keluar dari zona kemalasan.

    ReplyDelete
  12. Gurumu harusnya dimasukkin guiness book of record jeff. Sebagai guru tersadis tanpa menyakiti badan siswanya..... tapi menyakiti hati dan pikiran...

    Memori hp gue pun kalah dengan kumpulan 58 video bule lo. Udah masukin video bokep barat saja. Huahaha *tawa jahat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga, kita tidaklah boleh nonton-nonton film yang seperti itu,
      karena film seperti itu bisa merusak mental, dan meracuni pikiran generasi muda bangsa ini.

      kita sebagai generasi muda seharusnya malu kalau kita menonton film seperti itu. "kebanyakan sepik"

      Delete
  13. Gaul bener ya ngerayain acara ultah ada aturan dress code-nya segala :D
    gak nyangka juga penjual batu akik sama sales parfum juga diundang, dan ternyata temen lo.

    Gue baru tau ada metode remedial semacam itu. Wawancara bule sebanyak nilai KKM dikurangin nilai ulangan. Udah gitu direkam, itu kalo sekelas banyak remedi gue cuma mikir, gurunya bakalan betah gak nontonin sekian banyak wawancara berpuluh-puluh, jelas boring. mending nonton video 'lainnya' ajalah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. video broken leg aja gitu ya :-)
      makanya bro, lu kan pernah jadi guru.
      nanti kalau ngasih remed jangan parah-parah ya...

      Delete
  14. Woah.. mana bisa konsen pesta kalau remednya mesti gituan? soal nilai sih, 17, ya? hmm manis, kok. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ulangan gue adalah makanan, maka dia sudah bentol digigitin semut..

      Delete
  15. Itu guru lo keren bgt, ciyus. ngasih tugas yang nggak pelajarsiawi, hahaha
    udah, jangan males lagi, Jeff! kerjain aja tuh tugas wawancara 58 bule (duh, nyebut angkanya jd ikutan pening XD), anggap aja itu tantangan di usia menjelang 17 th lo.
    semangat yak! dijamin suatu hari lo bakal bersyukur dapat tuh tugas :DD

    ReplyDelete
  16. Engko-engko mangga dua-nya ternyata masih muda dan belum keriput! wkwkwk

    ReplyDelete
  17. wkwk gue suka cara loe mendeskripsikan temen temen loe yang ada di foto, segala disama samain ama tukang batu lah. BANGKAI haha

    Kok lu miris amat sih nilainya, jangan kebanyakan jual emas dimangga dua lah Jef, waktunya di pake belajar gitu.

    Tapi asik ya foto bareng youtubers terkenal, ciee

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue nggak jual emas, jual jersey.

      Delete
  18. Ciyeee pelayan. Ciyee... :D

    Ultah ke tujuh belas, emang menjadi sesuatu yang frett banget. Banyak hal yang mengira, angka ini sakral. Tapi entahlah. -_-

    Terus, kenapa lu sampe disuruh wawancara sama bule gitu. Yakin, deh. Bakalan remedial berapa ratus kali jep?

    ReplyDelete
  19. jago nulis lu bro.. kelihatan banget dari cara lo nyusun kata perparagrafnya rapih.
    tapi yang gue paling demen itu caption buat fotonya itu loh hahaha kocak abis!

    ReplyDelete
  20. Semoga tulisan ini jadi motivasi buat kamu supaya fokus belajar dan ngejar cita-citamu broo... dan semoga nilaimu bisa lebih dari angka 17 nantinya hehehe

    ReplyDelete
  21. Duh keren gitu nilai-nilainya koh.

    Gimana kalo julan aja di Mangga Dua, koh?
    Nggausa ujian. Ujiannya kejam gitu :(
    Pasti gurunya sentimen sm kamu. Terus remednya juga kejam gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, pingin dijual rasanya ulangan gue.
      20 ribu aja lah, penglaris..

      Delete
  22. Cie tujuh belas manisss...
    Itu nilai 17 juga manis banget, yak? Manis buat dibully. Hahha...

    ABG gaul ba'et datang ke acara sweet seventeen-an. Gimana rasanya? Pasti udah ngerasa jadi anak muda bangett :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak muda dengan wajah yang nggak muda-muda amat..

      Delete
  23. Hei Jeff, aku mau berbagi award yang udah cukup dikenal sama para blogger nih, "Liebster Award".
    lebih lanjut kamu cek di sini ya :) >> http://www.creazi.me/2015/03/award-for-you.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. gile, untuk kesekian kalinya dapet beginian..

      Delete
  24. itu nilai knp gitu amat ya? hehe mau nginjak umur 17 dapet nilai juga 17 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. menunjukan kalau gue bakal dapet ktp..

      Delete
  25. Gurunya bisa aja.. Keren tuh, mayan 58 bule. Hahaha:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. luamayan apaan. wawancara satu aja udah pusing mikirin bahasa sama memori nya...

      Delete
  26. hahah lo masih mending bro, gue pernah dapat 0 gara-gara di isengin teman, gue suruh teman gue ngerjain pr gue, eh malah di isi sembarangan salah semua... itu tragis

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetaplah menjadi bintang di langit..

      Delete
  27. Aaaawww. Nilai ulangan sampai 17 doang, belum lagi nilai ulangan lainnya. Duh, parah. Lo kenapa bisa kek gini bro? Ada masalah sama sekolah atau sama pacar. SUmpah itu parah banget nilai-nilai lo. Hampir sama kek nilai gue waktu masih SMA dulu, sih. Hahahahahahaha.
    Sebaiknya tamparan itu mesti lo gunakan sebagai titik balik kemalasan lo bro, biar makin rajin dan nggak acak-acakan lagi sekolah lo. Ayo, semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks, fud. ini ngena sekali :")
      nggak, gue nggak ada masalah apa-apa..

      Delete
  28. sering ngeblog jangan lupa belajar bro. tapi 17 keren. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berusaha disiplin bro..

      Delete
  29. wooooh ketemu sama youtubers itu yah, keren banget.
    ndak papa dapet 17 kalau misalnya 5 kali dapet itu kan mayan udah sekitar 80 an ya, hehehe *dilepar sandal*

    ReplyDelete
  30. keren ya anak anak zaman sekarang, saya mah 17 tahun masiha aja berenang di sungai

    ReplyDelete
  31. Cieee, umur sama nilai lo emang jodoh kali Jef. Hahaha

    ReplyDelete
  32. Ketahuilah jef, Tak ada pelajar yang tak remedi. Gue tahun depan Juga Sweet seventeen. Kok kita nggak jodoh ginj ya jef?(loh?)

    ReplyDelete
  33. JEV, ELU EMANG LUAR BIASA JEV! SAMPAI SAMPAI GURUMU PUN MENILAI BAHWA NILAI 10 ITU TERLALU SEDERHANA UNTUK MELIHAT KEPINTARANMU, MAKA NILAI 17 DIPAKAI UNTUK MENGHORMATIMU. d*dengan catatan kurs nilai nya antara 1-10"

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>