Thursday, April 2, 2015

Now, I'm Going To Be With You.


Cast:
Yûko Takeuchi as mio
Shidô Nakamura as takumi

Takumi adalah seorang single father yang mempunyai seorang anak laki-laki bernama yuji. ia resmi menjabat gelar duda setelah ditinggal pergi selamanya oleh mio, sang istri yang meninggal karena sebuah penyakit. sebelum meninggal, mio pernah berjanji untuk kembali lagi ke dunia untuk menemui takumi dan yuji pada saat musim penghujan datang tepat satu tahun setelah kepergiannya.  

Sungguh mengejutkan. setahun setelah kepergiannya, pada saat musim hujan tiba, mio bena-benar kembali. ia benar-benar menepati janjinya sebelum meninggal: kembali untuk takumi dan yuji. kembalinya mio tidak diikuti dengan ingatannya, ia tidak ingat apa pun. dan disinilah kisah benar-benar dimulai. banyak flashback yang sangat mengharu biru. dan 6 minggu kemudian, musim penghujan pun berakhir. berakhirnya musim hujan ini menandakan kepergian mio, untuk selamanya. tenang, meskipun kedengarannya agak horror, tapi film ini sama sekali bukan film horror.

******
Karena nggak ada kerjaan, kemarin dengan isengnya gue mengobrak-abrik salah satu situs film yang ada di internet dengan tujuan mencari film terbaru untuk ditonton. bukan, bukan film bokep. kampret...

Lagi enak-enaknya nyari film untuk ditonton, tiba-tiba nongol sebuah film yang cukup familiar untuk gue. kalau dilihat dari covernya, terlihat seperti film romance jepang yang pernah gue tonton dulu. dan setelah melihat judulnya, nggak salah lagi. film tersebut adalah be with you (ima, ai ni yukimasu), film tahun 2004 yang pernah gue tonton saat gue masih duduk di bangku sekolah menengah pertama dulu. film ini memiliki kesan tersendiri bagi gue, karena film ini merupakan film pertama yang membuat gue sulit untuk move on dari jalan ceritanya. perlahan, gue memutuskan untuk menonton ulang film tersebut..

Meninjau bagus atau tidaknya sebuah film bisa dilihat dari berbagai aspek, seperti: dari plot ceritanya, dari cover film, dari rating film, atau dari artis-artis yang ikut ambil peran di film yang bersangkutan. menurut gue, film yang bagus adalah film yang bisa membuat orang-orang yang sudah menontonnya kesulitan untuk move on dari jalan ceritanya. maksud gue, film yang selalu membuat orang yang udah nonton kepikiran terus sama cerita dari film tersebut. dan be with you ini adalah salah satu film dari beberapa film yang bisa membuat gue sulit untuk move on dari jalan ceritanya, bahkan sampai berhari-hari. entah karena cerita dari film ini memang bagus, atau karena gue yang agak sedikit berlebihan dalam menghayati film saat smp dulu.

Cerita dari film ini sendiri cukup unik. meskipun kalau dilihat dari sinopsisnya agak sedikit horror, tapi percayalah, film ini nggak mengandung adegan horror sama sekali. ceritanya tentang seorang wanita bernama mio yang divonis terkena penyakit, dan akan segera meninggal. tapi sebelum meninggal, si wanita ini sempet berjanji akan kembali sekali lagi ke tengah suami dan anaknya selama musim penghujan datang tepat satu tahun setelah kepergiannya. meskipun dia benar-benar kembali, tapi ingatannya hilang. ya.. amnesia gitu. sutradara dari film be with you ini cukup hebat. dia memanfatkan amnesia si pemeran utama wanita ini untuk mem-flashback kembali kenangan-kenangan yang pernah dialami oleh si pemeran utama wanita ini (mio) dengan sang suami (takumi). kenangan dari waktu mereka masih sama-sama saling suka waktu sma, sampai kenangan waktu mereka menikah dan punya anak. dan sama seperti film romance jepang lainnya ( koizora, I give my first love to you, my rainy days,dan lain-lain), alur cerita film ini terasa cukup lambat.   

Flashback kenangan anatara mio dan takumi ini diperlihatkan lewat dua sisi. dari sisi si takumi (lewat ceritanya) dan dari sisi mio sendiri (lewat diarynya diakhir cerita). dan flashback dari dua sudut pandang inilah yang membuat film be with you ini cukup manis dan mengharukan. dan nyatanya, semua berakhir pada keputusan mio yang memilih untuk menikah dengan takumi. ending dari film ini pun juga terasa superior. dari diary mio yang diungkap di ending dari film ini, dengan sendirinya penonton akan tau alasan apa yang membuat mio kembali satu tahun setelah kepergiannya tepat disaat musim penghujan datang. 


Film ini merupakan film romance yang memainkan imajinasi dan fantasi penonton. jadi, logis atau nggak logisnya film ini jangan terlalu dipikirkan. gue sendiri sangat merekomendasikan film ini bagi para penyuka film romance jepang. tapi perlu diingat, be with you (ima, ai ni yukimasu) ini memiliki 2 versi. ada versi film dan versi doramanya (movie series). tapi karena gue tidak terlalu suka menonton sesuatu yang berkepanjangan seperti movie series, maka be with you versi film adalah versi yang gue rekomendasikan. kalau disuruh memberi nilai dari satu sampai sepuluh, gue memberi delapan koma lima untuk film ini..   


Ima, Ai Ni Yukimasu.
Now, I'm Going To Be With You.


59 comments:

  1. Kayanya sosweet nih film, penasaran......
    Nonton dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu pertama nonton sih gue cukup stress ngubek-ngubek web.
      tapi kemarin gue liat ada di nontonmovie..

      Delete
  2. Gak terlalu paham sama film Jepang.... paling saya nonton kartun Jepangnya aja, yaitu doraemon. Tapi emang tadi disebutkan, orang Jepang emang imajinasinya tinggi banget, jangan dipikirkan, setuju lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah. maka dari itu, makanlah ikan mentah-mentah..

      Delete
  3. Kadang aku lebih suka dorama jepang daripada korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi be wtih you yang gue maksud ini adalah versi filmnya, bukan doramanya.
      kalau dorama gue rasa one litre of tears sama sekai no chuusin de ai wo sakebu lebih bagus..

      Delete
  4. Recommended nih . . apalagi gue seneng produk negara kimocih . . :D
    Tapi takut galau habis nonton tu film . . :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya biasa aja. perkaranya cuma.. ceritanya bikin susah move on.

      Delete
  5. ini film bikin meleleh gak bro?

    ReplyDelete
  6. Ini film bisa bikin horny nggak bro? Ini pertanyaan yang sebenernya mau ditanyain bang erdi diatas... Hahaha :v

    Keren ya. Gue nggak tau artis jepan yang terkenal siapa aja. Kecuali akb48, dan sisanya ah sudahlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampret -__-
      ah, lo juga akb48 juga cuma mau liat paha kan ji. ngaku!!! hahaha

      Delete
    2. KOMEN MACAM APA INI -_____-

      Delete
  7. Jepang, ya jev. Romance lagi. Sepertinya seru ini.

    Terus soal pembawaan yang harus jadi pegangan buat penonton. Gak harus kita anggap logis. Karena ada sifat fantasinya.

    Gue mah, mending nonton ginian, daripada korea.

    Coba cari ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu lah bro.
      tapi kadang2 gue suka gedeg sendiri sama film nggak logis yang nonsense..

      Delete
  8. cuma pernah nonton film jepang sekali, yang great teacher oninzuka, eh itu juga drama sih bukan film :D
    selebihnya buta sama film jepang XD

    ini bukan film horor?ini jenis horor romantis kali ya kaya drakor yang 49 days XD soalnya itu si mio kan udah meninggal tapi balik lagi, apa si mio balik ke dunia lagi itu dalam wujud arwah atau masuk ke tubuh orang lain? gue penasaran sama ini nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, ini beda sama 49 days.
      ini sama sekali nggak horor..

      Delete
  9. Eh film jepang ya, film jepang yang aku tau cuma jav. eh becanda ding.,

    Belum pernah nih liat film jepang asli, pernahnya nonton animasinya doang. Waktu itu nonton doraemon stand by me, juga pernah sih liat rouronin kenshin tapi cuma sekilas doang. Perkara film bagus apa nggak sih kembali ke pribadinya masing-masing, setiap orang kan punya presepsi yang beda-beda

    ReplyDelete
  10. oh wow udah jarang nonton dorama lagi, ada referensi situsnya ngga, kangen abnget nonton2 dorama Jepang, bagus2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan dorama. meskipun ada versi doramanya kayak koizora dan one litre of tears, tapi be with you yang gue maksud ini adalah yang film tok..

      Delete
  11. Waiiih, sepertinya seru. Mau nonton, tapi gue gak ngerti bahasa Jepang. Semoga ada subtitlenya.

    Gue catet Jev judul filmnya :D

    ReplyDelete
  12. di lihat dari cerita loe.. ni filem pasti bagus.... hidup lagi karna sebuah janji gtu kan... keren..

    ReplyDelete
  13. Gue nggak terlalu suka sama film romance apalagi jepang jadi yah nggak apa-apa ya gue gak nonton :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, dev.
      kebanyakan nonton film india kan lo..

      Delete
  14. Gue kalo mau nonton atau beli film pasti liat judulnya dulu, kalo judulnya kayaknya bagus gue tonton. Tapi ini judulnya with you, kayaknya lumayan.

    Soal film jepang, karena gue jago bahasa jepang makanya gue jarang pake subtitle. waktu itu aja nonton filmnya Mario ozawa gue ga pake subtitle. Hebat kan. Tepuk tangaan.

    ReplyDelete
  15. film jepang romance,dari sifnopsi yang lo sampaiin kayang ini film bener-bener sedih deh,bisa buat orang nangis kebanjiran ketika nontontanya (hahaha itu lebay kali ya).

    drama film jepang gue gak terlau suka gitu,kalau film jepang yang seriesnya banyak tuh yang gue suka kaya film naruto,doraemon,ninja hatori,crayon shinchan. hehehe gue suka anime kartunnya :D

    ReplyDelete
  16. Wah film jepang mengingatkan gue dengan film ahsudahlah

    Gue suka film romance berarti film ini perlu gue tonton nih kayaknya seru si cewek amnesia ya terus kaya ngulang cerita dari awal gitu?

    ReplyDelete
  17. karena gue gak tau ini film kek gimana. jadi komentarnya cukup "Entar aku coba nyari dan nonton filmnya deh" aja. ._.

    ReplyDelete
  18. Sudah lama aku gak nonton drama Jepang baru. Jadi ingin nonton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ini film mbak. bukan dorama..

      Delete
  19. wah ada dua versi ya, ceritanya sama?

    ReplyDelete
  20. Wogh! Keren kayaknya ini. Nyari ah, sapa tau ada :v

    ReplyDelete
  21. Kalo aku sih suka film Jepang itu JAV, eh enggak deng. Aku juga suka film romance Jepang, tapi kadang males nonton gara-gara ceweknya cantik tapi cowoknya jelek *alasan macam apa ini

    Aku lebih suka romance Thailand, karena kebanyakan film romance Thai itu endingnya bikin mewek. Aku juga suka film romance Korea, karena cowoknya ganteng-ganteng *alasan apa lagi ini

    Kayaknya bisa jadi film yang bakal aku tonton nih Jev. Nanti cari deh.

    ReplyDelete
  22. kalau dari sinopsisnya sih kayaknya film ini seru dan romantis ya?

    ReplyDelete
  23. Sepertinya film ini bakal bikin penontonnya hanyut dalam perasaan. Kan mio balik ke dunia namun dalam keadaan nesia.

    Nah saat tinggal dengan suami dan anaknya, lama-lama mungkin dia akan ingat dengan kejadian di masa lalu (flashback), apalagi ada tu buku diary nya mio.

    Hehe, kan sedih tuh misal mio sudah ingat, namun dia harus pergi lagi dari dunia ini.. Huhu nyesek ky nya

    ReplyDelete
  24. Oke juga sinopsisnya. Kayaknya bagus. Suka sama film Jepang. Tapi sayang, cowoknya nggak cakep. :(

    ReplyDelete
  25. penasaran ama ini film, nyari ah... msh ada gak ya?

    ReplyDelete
  26. nah ini aku masukin ke daftar film yang harus ditonton :D

    ReplyDelete
  27. Wah ini sih filmnya emang oke banget :) mirisnya sama kayak film Heavenly Forest ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes! akhirnya ada juga yang tau film ini..

      iya, kayak heavenly forest gitu. flashbacknya juga diliat dari 2 sudut pandang, tapi entah kenapa tapi menurut gue film ini lebih ngena daripada heavenly forest..

      Delete
  28. Yukimasu-nya ngga ada kanjinya, Jeff? Aku ngga tau artinya apaan.. Jadi kepo. Di kamus pun ngga ada.. Hahah :D

    Aaaaaa.. Kalok filmnya rada sedih gitu, aku malah ngga bisa move on. Bisa-bisa nangis terus seharian. Ngga mau nonton ah, tapi pengen.. :(

    Tapi film ini mirip sama film dari Taiwan deh. Aku nontonnya pas SD. Di tv lagi. Bedanya, yang amnesia tuh cowok.

    ReplyDelete
  29. Film kayak gini bakalan sedih banget aplagi ada tragedi amnesianya segala. pasti bakal sangat menyedihkan dan mengharukan dimana proses untuk mengembalikan ingatannya.

    ReplyDelete
  30. Kayaknya filmnya seru nih,,, bagus juga untuk ditonton.

    ReplyDelete
  31. wah, jarang lo ada cowok yang suka film romance begini..mana kayaknya ceritanya mendayu dayu pake amnesia segala..kayak film barat judulnya VOW dong ya kalo begitu..jadi pingin liat..coba ah cari di gooddrama.net hehehe...

    ReplyDelete
  32. Kayaknya nich kmrn sempet nenggok di nontonmovie.com tapi ngak gw klik hehehe. Sip abis ini di tonton ampe abisss

    ReplyDelete
  33. kayaknya bagus nih... aku blm nonton :3

    ReplyDelete
  34. Sebenarnya udah lama banget nyari ni film tpi bru skrg bisa nonton, filmnya benar2 bagus, sangat direkomendasikan untuk di nonton sekali seumur hidup, benar kata lu jev, susah move on dari ni film, overall dari musik nya suguru matsutani bikin nih film lebih hidup ditambah lagu hana yg dibawain orange range. Klu menurut aku sih ni film udah perfect banget, dari pemain, ceritanya ttg kehidupan keluarga yg sederhana dan harmonis*bikin iri*. Poko'e TOP Markotlah

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>