Thursday, April 23, 2015

Rambu-Rambu Lalu Mantan.




Beberapa hari yang lalu, gue putus dengan pacar gue. mungkin hampir 720 hari yang lalu kejadiannya. atau bisa dibilang hampir 2 tahun yang lalu ada lah. karena gue merasa kalau kita udah nggak cocok, gue mutusin dia. mungkin malam itu adalah malam yang berat untuk dia dan gue saat gue memutuskan untuk tak melanjutkan hubungan ini. tapi boong. sebenernya, gue yang diputusin.

Adalah hal yang sungguh pathetic ketika mantan kita sudah memiliki beberapa pacar baru sementara kita disini masih meratap sepi. ngambang di lautan masa lalu. gue mulai berangan-angan gimana jadinya kalau gue nggak sengaja ketemu mantan yang lagi jalan sama pacar barunya di tempat umum. mungkin seperti di mall, atau di toilet umum. ah, sudahlah. mungkin dulu gue cukup dikenal sebagai seorang sumo, alias susah move on. tapi itu dulu. mungkin sekitar empat ratus hari yang lalu. semua berubah setelah gue kenal sama dia, chelsea islan. gitu deh...


Akhir-akhir ini, gue sering melihat razia di jalanan. entah itu di jalan raya, atau di jalan menuju masa lalu. alasan para pengendara yang terjaring razia pun bermacam-macam: ada yang ngaku kehilangan helm, ada yang ngaku kehilangan sim, ada juga yang ngaku kehilangan kasih sayang. dan gue pun berpikir, apalah guna peraturan kalau masih sering dilanggar. peraturan itu kan seharusnya untuk mendisiplinkan, bukan untuk dilanggar. gue lalu berpikir, apa jadinya kalau peraturan-peraturan di jalan dan di tempat-tempat umum diahli fungsikan untuk menertibkan kaum-kaum susah move on. mungkin akan muncul beberapa peraturan khusus bagi para susah move on. dan mungkin, nama yang cocok untuk peraturan ini adalah: rambu-rambu lalu mantan.  kayak gini contohnya....

SATU. 



Peraturan pertama datang dari negri sakura, jepang. dan nama yang gue berikan untuk peraturan ini adalah peraturan ikeh-ikeh.

Gambar 1 : Kuburlah masa lalumu sedalam mungkin
Gambar 2 : gambar 2 itu merupakan sebuah jimat berbahasa jepang. jadi kalau kita ketemu mantan kita harus tempelin jimat itu ke jenong nya mantan biar dia terpaku.
Gambar 3   : garis yang diarsir hitam-putih itu mantan kita dan garis panah itu adalah kita. jadi kalo mantan kita ada di sisi kiri jalan , maka kita harus berjalan di sisi kanan jalan biar ga pas-pasan sama mantan..
Gambar 4   : dan gambar 4 itu kebalikan dari gambar 3. jadi kalau mantan kita ada di sisi kanan jalan , kita harus berjalan di sisi kiri jalan biar ga pasa-pasan sama mantan kita..
Gambar 5  : kalau mantan kita ada pas didepan kita , kita harus membelah diri menjadi 2 pake jurus seribu bayangan dan berjalan ke arah kiri dan kanan.
Gambar 6    : Gambar 6 itu lagi-lagi sebuah jimat. jadi kita itu harus nempelin jimat itu ke jidat pacar dari mantan kita. biar pacarnya mantan kita akan hangus terbakar.
Gambar 7    :  kalau mantan kita lagi naik mobil sama pacarnya , kita harus buat lobang di jalan biar mantan kita kecelakaan..
Gambar 8 :  Kalau kita uda pas-pasan sama mantan kita dan nggak ada jalan lain untuk belok kanan atau kiri , kita harus stop. dan pura-pura menyamar jadi anak panah..
Gambar 9 :  gambar 9 itu ada orang lagi naik piring terbang. jadi kalau kita ketemu mantan kita dan bener-bener ga ada jalan, kita harus terbang pakai piring terbang ngelewatin mantan kita. pakai jalur udara ceritanya, yang penting kita nggak pas-pasan sama mantan kita.
Gambar 10    : orang yang tititnya kesakitan habis disunat.

DUA.
Image


Peraturan kedua ini berisi larangan-larangan. dan peraturan kedua ini berasal dari negri tirai bambu , China. dan kali ini gue memberi nama peraturan ini dengan nama peraturan.. Ren Shi Ni Wo Hen Gao Xing.

Gambar 1  : Dilarang ngintip mantan
Gambar 2 : Dilarang berenang di kolam yang penuh akan masa lalu
Gambar 3  : Dilarang ngajak mantan bicara bahasa mandarin
Gambar 4  : Dilarang ngasih rokok ke mantan
Gambar 5  : Dilarang mancing sama papinya mantan
Gambar 6 : Dilarang main api sama mantan
Gambar 7 : Dilarang main trompet sama mantan
Gambar 8 : Dilarang stop kalau ketemu mantan.
Gambar 9  :  dilarang ngefoto mantan secara diam-diam.
Gambar 10 : Dilarang minum Wine Sama mantan
Gambar 11 Dilarang ngasih korek kuping ke mantan
Gambar 12 : Dilarang nyium mantan.

TIGA.
Image
Peraturan terakhir datang dari negri yang beribukotakan moscow, Rusia. iya, cuma ada 1 gambar di situ. terlihat di gambar ada seseorang yang sedang berjalan mendekati laut. dan arti dari gambar itu adalah: kalau peraturan-peraturan diatas gagal kalian lakukan, maka kalian diperbolehkan jalan ke laut dan biarkan air laut menghapus jejak kalian. biarkanlah air laut membuat kalian mengambang, dan membawa kalian tenggelam dalam kepedihan masa lalu.

83 comments:

  1. Njirrr....
    Itu rambu dari negara negara lain lu ubah juga. Hahaha. Gue kira yang mancing malah 'dilarang mancing jeributan dengan mantan dengan meminta barang barang yg belum dikembalikan'

    Haks

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mancing keributan sudah terlalu mainstream.

      Delete
  2. Anjir. Absurdly banget lo, jef

    ReplyDelete
  3. Wkwkwkwk lawak banget ini sumpah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah lo...? demi apa lo.......

      Delete
  4. Gambar 10 : Orang yang tititnya kesakitan habis disunat.

    BEBAS, JEV! BEBAAAAS~

    ReplyDelete
  5. Koplak abis. hahahah.... mantep.

    itu yang terakhir, jalan di Pantai? kirain naik tangga. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena gue nggak tau bahasa russia, naik tangga pun gue anggap jalan di pantai,

      Delete
  6. Ada paketan untuk melupakan mantan yang lebih edan lagi gak? Haaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada... paket super supreme.
      daripada nginget mantan, mending makan pizza aja..

      Delete
  7. Replies
    1. gue sabar kok..
      bahkan dari beratus-ratus hari yang lalu.

      Delete
  8. Kampret kau, Jef.

    Itu ada peraturan yang nyuruh nempelin jimat ke jidat mantan yang jenong. Dikira mantan kita vampire apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mantan nggak menghisap darah.
      tapi dia menghisap perhatian kita...

      Delete
  9. jangan sampek nenggak baygon ya jef...chelsea islan mauk merried...#eh itu chelsea olivia..hhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak lah. baygo nggak enak...
      enakan rinso. apalagi kalau dikasih bon cabe...

      Delete
  10. Aih, ngeri quote bagian akhir.....ujung-ujungnya ke laut deh...wkwkwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngambang di lautan yang penuh dengan kepedihan kenangan masa lalu..

      Delete
  11. Nemu aja yang beginian-____----

    ReplyDelete
    Replies
    1. nemu beginian mah biasa.
      nemu jalan yang bisa membuat dia kembali padaku yang nggak biasa~

      Delete
  12. peraturan dibuat memang untuk dilanggar, wkwkw

    Membelah pake jurus seribu bayang, gokil, wkwkw yang ke sepuluh bagian satu kocak. Kata-kata terakhirnya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk kategori uncensored tuh yak...

      Delete
  13. hahahahahaaa.....
    kreatif bro...
    daripada galau mikirin mantan, mending nerapin rambu2 lalu mantan ini sambil cekikikan guling2.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya rambu2 ini cukup sulit untuk diterapkan.
      nerapin rambu-rambu lalu lintas aja belum tentu bisa, apa lagi rambu-rambu lalu mantan.
      jalur busway aja masih sering di terobos, apa lagi jalur masa lalu..

      Delete
  14. Bangkai banget, nomer 9 naik piring terbang. APANYA YANG PIRING TERBANG WOOI

    Gue kira yang gambar terakhir itu lagi naik tangga, ternyata itu laut. Orang rusia gak bisa gambar apa gimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gue nggak tau itu tangga atau laut. tapi karena laut lebih keren, yauda deh laut aja.
      sebenernya bukan salah orang rusianya, tapi salah gue. salah temen-temen gue.

      Delete
  15. Pathetic tu apaan ya bang jeff?

    Btw yang rambu jepang nggak bisa diganti apa namanya, masa iya namanya ikeh ikeh kimochi. Kok nggak sekalian rambu-rambu gravure atau apa gitu *eh

    Laut di Rusia garis-garis gitu ya kayak tangga. Filosofinya dapet banget deh, ini kurang rambu-rambu dari indonesia aja kan lengkap tuh ada yang dari jepang (akb) dari china (snh) Biar lengkap gitu hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di search di google translate bahasa inggris-indonesia, maka pathetic itu adalah... menyedihkan.

      Delete
    2. menyedihkan ya, paling menye dihkan itu beberapa harinya bang jeff itu sama dengan ratusan hari

      Delete
  16. Jiahahaha, bisa aja nih bikin rambu-rambu nya.. tapi harus dari luar negeri semua ya, yg dari Indonesia gak ada??

    Eh, ngomong-ngomong yg terakhir kok jalan di laut. Bukannya itu gambar orang lagi naik tangga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok yang dari indonesia. raisa dari indonesia tuh...

      gue nggak peduli itu tangga ataupun laut. yang penting, laut lebih keren. udah, ngikut lau aja ngapa sih..

      Delete
  17. Semprul abis nih rambu-rambu lalu mantannya. rambu no 10 dari peraturan ikeh-ikeh (ini nama peraurannya aneh banget ya,kaya pernah denger). gue kurang paham tuh,hubungan kita sunat sama mantan apa ya, apa iya dokter sunatnya adalah mantanya kita semdiri,makanya kita bisa kesakita. :D

    oh iya kalau gue ngelanggar semua rambu-rambu ini apakah gue kena tilang ? terus sanksi apa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah. mungkin sanksinya implisit, atau juga eksplisit.
      dan yang pasti sanksinya... nggak bisa keluar dari jeratan masa lalu dari seorang mantan yang dulu pernah mengisi hari-hari kita dengan canda dan tawa tapi kini dia sudah dibuat bahagia oleh orang lain sehingga kita hanya bisa merenung dan meratapi kepedihan kenangan masa lalu setiap saat.

      Delete
    2. oke deh yang penting sanksinya jangan sampe dipenjara oleh ke kanangan masa lalu :D

      Delete
  18. kreatip banget nih :D... Cara cepet ngeluapain mantan bgt sih kalo kubilang ;p.. Asal dilakuin secara teratur sesuai rambu2 yg berlaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, terimakasih dokter. saya akan mengkonsumsi secara teratur..

      Delete
  19. baru nih, biarkan air laut membuat kalian mengambang, karena di sungai udah banyak yang mengambang~

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengambang, lalu dimakan hiu...
      dan ternyata hiu itu adalah mantan kita.
      hiu yang sudah bahagia bersama orang lain~

      Delete
  20. hahaha.. masih sehat bro ? lo belum nyampe ke rambu - rambu yang ke tiga kan yang dari moscow ? itu keterangan yang gambar 10 pertama sensorrrr xD... harusnya itu lagi sujud medoakan mantan biar balik.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, vulgar sedikit nggak apa-apa lah :")

      Delete
  21. Gimana mau ngajakin mantan ngomong bahasa Mandarin? Lancar aja kagak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, mantan itu nggak butuh bahasa mandarin.
      tapi dia butuh bahasa kalbu.

      Delete
  22. gila postingan kocak nih..
    awal postingan gue rada kasian soal lo yang putus sama papinya mantan. eh diputusin maksudnya. cepet move on ya. pacaran sama cowo juga boleh

    itu rambu2 kocak banget. ada yg tititnya sakit abis ikeh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAPAN GUE BILANG GUE PUTUS SAMA PAPINYA MANTAN -______-

      maaf. ditengah era globalisasi yang dimana banyak ditemui pasangan sejenis, saya memilih untuk normal. demi raisa.. demi chelsea islan..

      Delete
  23. Wait , itu nama peraturan jepang nya gitubanget haha. Yg nomor tujuh itu jahat looohh bikin mantan kecelakaan-_-
    Terus yg peraturan china itu dilarang $emua ya. Dilarang berhenti ketemu mantan? Berarti harus ketemu terus yaaak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarlah. biar kita bisa tahu, siapa yang lebih jahat. kita, atau mantan kita... huahahahahahaha.
      maksudnya, dilarang stop kalau pas-pasan sama mantan jalan terus, gituh...

      Delete
  24. Aduh, gue jadi ngaca sama diri gue sendiri. Emang ngenes sih, saat kita masih meratap sendiri, ssedangkan mantan kita udah punya pacar baru. Mulut ini bawaannya pengen nyumpahin mulu. Nyumpahin mereka cepet putus. Tapi semakin sering gue nyumpahin, semakin gue sadar, ternyata mereka malah tambah lengket. Kampreet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue nggak pernah nyumpahin mantan.
      karena gue selalu berharap agar dia bahagia bersama orang lain....

      tapi orang lain tersebut nggak bahagia bersama dia.

      Delete
  25. Untuk peraturan kimochi eh maksudnya ikeh-ikeh eh salah, dari Jepang itu, kayaknya buat mereka yang masih mencoba cara-cara move on, terlihat dari peraturan yang beragam, artinya ini dibuat agar proses move on terkesan menyenangkan. Untuk rambu Cina, sepertinya semuanya larangan, artinya ini bagi mereka yang move on sudah lama dan mesti dipercepat dengan larangan-larangan. Dan yang ketiga, dari Rusia, itu untuk orang yang sudah menyerah dengan move onnya

    Gagal move on, ke laut aja deh! Mungkin itu yang mau disampaikan pemerintah Rusia kepada rakyatnya melalui rambu tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, salute.
      melihat dari sisi yang gaul...

      Delete
  26. wkwkwkkm .. itu kenapa penjelasannya absurd semua jev .. segitu dendam kah lu sama mantan sampe2 harus membuat rambu2 kek gitu .. dan itu sangat kejam .. apalagi yg rambu2 negara ikeh2 nohhh .. wkwkwkampret lah ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dendam enggak..
      cuma sayang. sama chelsea islan.

      Delete
  27. Kampret, gue kira beneran ada rambu - rambu lalu mantan. Ternyata lo cuma kebawa perasaan aja karena baru diputusin 720 hari yang lalu. Kenapa gue gak pernah kepikiran mengkaitkan ini dengan mantan ya :D, tingkat kreatifan lo lebih tinggi daripada gue nih.

    Penjelasan yang super kampret Jev :D

    ReplyDelete
  28. harusnya namanya rambu - rambu lali mantan, biar tambah greget. hehe
    same segitunya ya nyebayangin ada rambu - rambu buat ngelupain mantan karena susah lupain mantannya.
    buru gih nembak celsea islan biar bener - bener lupa sama mantannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, gue sudah lupa sama mantan gue.
      gue bahkan lupa sama diri gue sendiri...

      Delete
  29. anjriiit, ada-ada aja yang lo bahas haha.

    untuk rambu-rambu yang pertama itu yang paling absurd nomor 5 sama 8. mana bisa gue membelah diri jadi dua kalo misalnya gue keteu sama mantan. apalagi menyamar jadi anak panah. tubuh gue nggak ada lancip-lancipnya sama sekali. ada juga paling yang lonjong hahaha.

    kalo rambu yang kedua sih menurut gue biasa-biasa aja, soalnya nggak ada yang seabsurd yang rambu pertama tadi. kalo yang ketiga kayaknya alternatif terakhir deh yaa kalo misalnya seluruh rambu udah nggak mempan buat kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar greget, membelah diri kayak bakteri...
      jadi kalau ketemu mantan, kita harus pura2 jadi bakteri.

      Delete
  30. Berenang di masa lalu bersama mantan.. Hahah.. :D

    Emang ya kalok belom bisa move on, kek mana pun ya ngga bakalan bisa. Biar semua orang nasehatin jugak ngga mempan. Sampek akhirnya kamu jatuh cinta sama cewek lain. Syukur-syukur jomblo. Kalok ternyata punya pacal, galau lagi deh.. Bahahah! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tuh. mau dinasihatin gimana pun nggak bakal mempan.

      Delete
  31. ternyata lo orang yang multi bahasa, bisa bahasa apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenenya, gue orang yang multi talent.
      atau, bisa juga disebut multi fungsi.
      atau, multi chat.

      Delete
  32. kasihan banget sih kak
    turut berbela sungkawa ya. hahaha

    tuh kan ngomongin saya nggak bilang-bilang (chelsea islan) :p

    ReplyDelete
  33. hahaha kalau beneran ada rambu-rambu lalu mantan kayak gitu lucu juga ya,,itu rambu-rambu lalu mantan yang dari rusia sesat banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mantan memang sering mensesatkan.

      Delete
  34. haha menarik mas, sampe kepikiran buat ngerubah istilah rambu-rambu itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ngerubah keputusan dia untuk pergi bersama orang lain tak bisa,
      maka mengubah rambu adalah alternatif.

      Delete
  35. anjrit...

    yang satu, gambar 3,4,5 itu saya setuju
    rasanya gimana gitu paspasan dengan mantan :(

    eh artikel ini niat banget?
    keren sumpah.

    ReplyDelete
  36. Bagus banget nihh, rencannya rambu rambu itu bakalan gue pajang dan gue aplikasikan kalo kalo sewaktu waktu dbtuhkan, tpi sejauh ini sih gue aman krena gue ud melarikan diri sejauh 500 km, jdi ga bklan ktmu di mall atau toilet umuM. Yah, palingan ketmu di ujung malam di dinginnya mimpi dalam lautan rindu menggebu yg tak berkesudahan. Ya gitu deh...gue jga bru putus bbrpa hati yg lalu, ehm..kira kira ya... 1024 hari yg lalu lah..

    ReplyDelete
  37. Biasaan aja nerjemahin gambarnya 😂 salutlah

    ReplyDelete
  38. Biasaan aja nerjemahin gambarnya 😂 salutlah

    ReplyDelete
  39. keren Jeverson, kalau aku pilih rambu2 1 nomor sepuluh hehehe

    ReplyDelete
  40. wah wah banyak banget rambunya :D

    ReplyDelete
  41. Rambu-rambunya -________-
    Mengenang mantan tak masalah asal blm punya pacar. Yang dilarang masih mengenang mantan sedang sudah punya pacar. This, lasut move on :p

    ReplyDelete
  42. Wkwkwkwk penting bangeeet! Sebarkan! Sebarkan! :D

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>