Wednesday, May 6, 2015

Blue Is The Colour.


Sebagai salah seorang fans dari chelsea, gue pun merasakan euforia juara yang cukup berkepanjangan. siang dan malam gue selalu membayangkan chelsea. mau makan gue inget chelsea, mau mandi gue inget chelsea, mau tidur pun gue inget chelsea. tapi semua berubah setelah gue mendengar kabar kalau chelsea sebentar lagi mau nikah sama glen alinskie. ternyata, yang gue pikirin selama ini adalah chelsea olivia. aku kotor..


Hari minggu kemarin adalah hari yang cukup menyenangkan, terutama bagi seluruh fans dari salah satu klub bola asal inggris: chelsea fc. pasalnya, klub bola yang satu ini berhasil mengunci gelar liga inggris ke 5 mereka setelah berhasil mengalahkan crystal palace di kandang. dengan gol pinalti dari eden hazard, maka gelar BPL musim 2014-2015 pun dipastikan menjadi milik tim london biru. muahahahahahahaha!

Match melawan crystal palace kemarin terasa sangat menegangkan dan mendebarkan. kalau menang, maka gelar juara sudah dipastikan akan menjadi milik klub bola yang bermarkas di london ini. taoi kalau kalah, maka chelsea harus bersabar untuk match selanjutnya.  kalau mereka menang, poin maksimal si peringkat dua nggak akan mungkin mampu menyaingi perolehan point john terry cs, makanya mereka dipastikan juara.  dan hasilnya... chelsea menang malam itu. yosh! musim 2014-2015 dikunci. gue yang nggak mau kelewatan match itu, terpaksa menonton via streaming karena match tersebut tidak disiarkan di tv lokal. ternyata, nyari streaming bola itu sama kayak nyari cewek. harus ketemu yang pas, baru bisa nyaman. kebanyakan buffering karena keberatan di iklan menjadi salah satu problematika streaming bola sejak dari zaman paleolithikum dulu. setelah pagi sebelumnya ada tinju dunia abad ini antara manny pacquiao vs mayweather, maka malamnya juga ada pertarungan gulat abad ini. antara gue dan streaming bola...

******

Jauh sebelum hari minggu kemarin, gue memang sejatinya adalah seorang penggemar chelsea fc. mungkin sudah dari kelas 3 sd gue jatuh hati kepada klub asuhan jose mourinho ini, mungkin sejak tahun 2006 atau 2007. semenjak melihat cuplikan pertandingannya di salah satu acara olahraga, gue yang saat itu masih berumur 8 tahun langsung naksir dengan warna biru yang menjadi identitas klub bola ini. suka sama klub bola gara-gara baju, namanya juga anak-anak. sukanya masih samar-samar gitu..


kalau nggak 2007, berarti 2008~
   
Masih kelas 3 sd, bukan berarti belum cukup umur buat bisa nonton bola. saat itu, ketika teman-teman pria sebaya gue lagi asyik-asyiknya ke warnet main game online, gue di rumah nonton bola. ketika teman-teman gue kala itu menatap karakter game mereka masing-masing, gue menatap bursa transfer pemain. gaul kan. match pertama chelsea yang gue tonton saat itu adalah laga melawan manchester united di ajang fa cup. gue udah nggak ingat apa-apa lagi tentang match itu. yang gue inget cuma drogba nyetak gol dan petr cech di sekat sama rooney sampai masuk ke dalam gawang. 

Sebagai salah seorang penggemar bola, gue tentunya juga pernah mengalami masa-masa karbitan. tepat saat kelas 4 sd, gue pernah move on ke liverpool. anda tau apa penyebabnya? semua terjadi karena kala itu gue melihat di salah satu berita bola tentang liverpool yang menang 8-0 lawan besiktas. gue langsung kepincut saat itu, gue langsung mengambil kesimpulan kalau liverpool adalah tim terbaik di dunia setelah melihat 8 gol mereka ke gawang besiktas. tapi kerennya, itu semua itu nggak berlangsung lama. entah kenapa 2 minggu kemudian gue kembali lagi menyebut diri gue sebagai penggemar chelsea. mungkin, gue belum ditakdirkan untuk move on kala itu.

Kegemaran terhadap bola ini semakin menggila. tahun 2008, gue masih kelas 4sd kala itu. ketika semua temen-temen gue sudah tertidur pulas di malam hari, gue asyik nonton euro 2008. dengan bekal memasang alaram di handphone nyokap, gue berhasil bangun jam 3 pagi untuk menyaksikan timnas belanda bertanding di ajang euro. gue bahkan masih ingat waktu belanda kalah dari russia 3-1 di perempat final euro 2008. waktu itu gue bangun, skor udah 1-1 dan akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. dan waktu extra time, bukannya menang tapi belanda malah kalah karena arshavin sama pavlyuchenko berhasil menjebol gawang van der sar. piala dunia 2010 gue sempat move on ke timnas inggris. gue kelas 6sd kala itu. karena di inggris ada gerrard sama lampard, maka gue berkesimpulan kalau inggris adalah tim terbaik di dunia. tapi ternyata.... inggris kalah 4-1 dari jerman. kampret. meskipun move on ke timnas inggris, tapi entah gimana ceritanya tapi ending-endingnya gue balik lagi menjadi pendukung timnas belanda di euro 2012 dan piala dunia 2014. lagi-lagi, gue tidak ditakdirkan untuk move on.     

Semenjak menginjak bangku sekolah menengah pertama, gue masih tetep hobi nonton bola. dan.... tim yang gue suka juga masih sama: chelsea. tapi saat kelas 8, gue kembali move on ke tim lain. dan tim lain itu adalah.... lagi-lagi liverpool. gue gagal paham, daya tarik apa yang diberikan liverpool ini. move on itu terjadi karena chelsea yang waktu itu dilatih andre villas boas, menjadi tim yang selalu kalah di beberapa pertandingan terakhirnya. puncaknya adalah di partai UCL melawan napoli, dimana mereka kalah 3-1. AVB memang kampret. sejak kejadian itu, beberapa kali gue menulis tagar YNWA (you'll never walk alone) di twitter. ynwa sendiri adalah selogan para fans liverpool. 

Tapi! hebatnya! gue! kembali! menjadi pendukung chelsea. tepat ketika AVB dipecat, pelatih caretaker kala itu, roberto dimatteo berhasil membuat chelsea mengembalikan kedudukan di leg ke 2 UCL. yang awalnya kalah 3-1 di napoli, mereka berhasil menang 4-1 di stamford bridge. agregat pun 5-4 untuk kemenangan chelsea. chelsea lolols. dan saat itu, gue benar-benar sadar kalau gue nggak diizinkan untuk move on dari tim yang satu ini. sejauh apapun gue melangkah, sekeras apapun usahanya, ending-endingnya hati ini akan kembali lagi ke london barat. sejak saat itu, gue berjanji untuk setia. dalam segala hal...
  
Ternyata, sentuhan caretaker roberto downey jr dimatteo ini benar-benar magis. setelah menang melawan napoli, chelsea melesat di UCL dan menjadi juara UCL untuk pertama kalinya setelah mengalahkan bayern munchen di kandanganya pada tanggal... 19 mei 2015. gaul kan. kala itu, drogba menjadi penyelamat. mungkin dimatteo ini caretaker paling keren setelah sebelumnya ada guus hiddink di tahun 2009. setelah mengunci juara UCL untuk pertama kalinya, banyak fans chelsea di twitter yang berkicau kalau mereka nggak bisa tidur sangking senengnya melihat tim kesayangan mengangkat piala juara. termasuk gue, yang ngetweet mungkin hampir seratus kali lebih ketika match itu berlangsung. euforia juara benar-benar terasa kala itu. tim kesayangan menang, taruhan juga menang. ini benar-benar gaul.

Sebagai salah seorang fans dari chelsea, gue pun merasakan euforia juara yang cukup berkepanjangan. siang dan malam gue selalu membayangkan chelsea. mau makan gue inget chelsea, mau mandi gue inget chelsea, mau tidur pun gue inget chelsea. tapi semua berubah setelah gue mendengar kabar kalau chelsea sebentar lagi mau nikah sama glen alinskie. ternyata, yang gue pikirin selama ini adalah chelsea olivia. aku kotor..

Puncak rasa fanatisme gue memang terjadi saat duduk di bangku SMP. nggak jarang gue nonton match chelsea sampai pagi dan langsung berangkat ke sekolah.... tanpa tidur. siangnya, sepulang sekolah barulag gue sempet tidur. gue masih inget beberapa match chelsea yang bikin gue nggak tidur karena harus bentrokan sama sekolah. waktu itu chelsea kalah 4-1 dari liverpool di anfield, ini semua gara-gara chelsea main pake tim lapis 2. match itu dimulai sekitar jam 2 pagi dan selesai sekitar jam 4 pagi. dari awal, gue emang sengaja nggak tidur buat nungguin match itu. ketika wasit selesai meniup pluit panjang, belum sempet gue konsentrasi untuk tidur, bis jemputan udah datang menjemput. ya, waktu smp, bis jemputan adalah media gue untuk pulang-pergi. pulangnya, sekitar jam setengah 5 siang gue baru bisa tidur. selain laga melawan liverpool tadi, masih ada beberapa laga lainnya yang membuat gue gagal untuk menikmati nyenyaknya tidur malam saat smp. waktu itu, chelsea-fulham berakhir dengan skor 1-1. gue nggak terlalu ingat apa-apa dari match itu, yang gue ingat cuma david luiz nyetak gol.   

Gagal menikmati tidur malam saat smp gara-gara nonton bola terekstrim yang pernah gue alami adalah saat laga capital one cup antara chelsea melawan manchester united pada awal maret 2013. match dimulai larut malam. waktu itu, dengan santainya gue meneguk kopi dengan harapan agar bisa terjaga selama pertandingan berlangsung. ternyata, kopi tersebut berhasil membuat gue nggak bisa tidur sama sekali. laga itu sendiri berakhir dengan skor seri 2-2. gue yang masih belum bisa tidur waktu itu, udah ditunggu bis jemputan di depan rumah. dan mau nggak mau, gue harus berangkat sekolah tanpa menikmati tidur malam. sebenarnya  nggak menikmati tidur malam saat itu bukan masalah yang berarti. masalah sesungguhnya adalah.... ketika gue sadar kalau hari itu adalah hari dimana dilaksanakannya ulangan Mid smester tingkat SMP. sungguh kampret. hari itu adalah hari dimana Mid smester diadakan dan gue belum tidur sama sekali. alhasil, gue mengerjakan soal ulangan dengan penuh rasa kantuk. membulatkan LJK nya aja gue gemeteran. 

Percaya atau nggak percaya, setelah diputusin oleh pacar, kesukaan gue terhadap bola perlahan berukang. gue menjadi orang yang murung kala itu. setelah diputusin, gue menjadi patah semangat, demam tinggi, gigi berlubang, mencret-mencret. hahahahahaha. tapi rasa fanatisme itu seakan bangkit kembali setelah gelar juara berhasil direbut kembali kemarin. gelar juara berhasil direbut, berikut juga dengan mantan gue yang berhasil direbut. direbut oleh pria lain. 

Kalau digambarkan metamerfosisnya, maka seperti ini lah penampakan metamerfosis tak sempurna yang terjadi:
                     

Something just...... never change.



                                                                                       

65 comments:

  1. sama gue juga pendukung Chelsea, pas waktu SMA berubah jadi pendukung Real Madrid, tapi emang gue juga nggak bisa move on dari Chelsea. Caretaker paling keren Roberto Dimateo, gue jadi suka lagi sama Chelsea, kalo sekarang gue jadi suka lagi, soalnya ada Diego Costa sama Cesc Fabregas, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. sungguh hubungan yang kompleks...

      Delete
  2. Wah selamat yaaa menang bpl 2014/2015
    Bus parking league...

    Eh maap bercanda...
    Tunggu taun depan. MU akan menang bpl mengganti chealsea. Kalaupun enggak tahun depannya lagi. Sampe giggs jadi pelatih :v

    Dan jujur gue lebih seneng kalau si chealsea yng juara daripada city. Kasihan pulang cepat di ucl sik... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bercandanya...
      iya. chelsea pulang cepet nih di ucl, kalau mu lolos ucl nggak tahun ini? :))
      sorry... gue bercanda juga :")

      Delete
  3. Maap gue salah fokus sama fotonya yang tahun 2010 lucu bet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu... terambil secara candid oleh kamera nyokap saat di kawah putih.

      Delete
  4. Haduh, ini postingannya ngebahas Chelsea, baru aja tadi temenku tadi di kelas nyombongin diri habis Chelsea dapat gelar BPL tahun ini. Ah, selamat ye :P

    Wih, lama juga ya sejak kelas 3 SD udah suka bola. Gue aja mulai... gue kagak ingat waktunya, yang pasti gue sama kayak Wahyu, suka Manchester United! \m/

    Laga pertama yang gue tonton itu waktu Final Liga Champion pas ngelawan Barcelona, yang sekaligus jadi pertandingan terakhirnya Van der Sar. Gue ingat banget waktu itu MU kalah 3-1, padahal itu pertandingan terakhir Van der Sar, sedih sih. Tapi entah kenapa gue tetap kepincut sama MU. Dan sampai sekarang, walaupun setelah kepergian Opa SAF, MU masih terombang-ambing, gue tetap United Lovers!

    Sekali lagi, selamat Chelsea! #RESPECT

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, itu.... gue juga nonton itu match. waktu gue kenaikan kelas 7 tuh..
      tahun 2009 mu juga kalah sama barca di final. tapi kampretnya, seharusnya chelsea yang lolos ke final waktu tahun 2009 itu :")

      Delete
  5. Jadi lu pernah dua kali mengalami masa menjadi fans karbitan jev? :D

    kalo gue sih semenjak suka bola, gue langsung suka sama Barcelona. Gue nggak pernah sekali pun move on ke team lain. Mau menang, mau kalah, gue tetep support Barca. Kalo Barca itu ibarat pacar, berarti gue hebat. Udah bertahun-tahun setia.. *Prok prok prok

    Selamat deh buat fans chelsea yang lagi ber-euforia. Temen-temen gue juga sama kayak lu jev. Pada ber-euforia. Ada yang update status di BBM, nge tweet, nge re tweet, pokoknya macem-macem lah.

    Selamat buat chelsea! #Respect

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.... dan dari masa itu gue sadar kalau ending-endingnya gue bakal balik lagi mendukung tim yang pertama gue dukung.

      salute~

      Delete
  6. wih fans Chelsea, waktu ke chelsea ke Indonesia nonton gak Jef?
    Ini sih kalo Abramoivic gak beli chelsea, ga bakal ada deh fans chelsea sebanyak sekarang wkwk

    Gue fans Liverpool. Waktu jago jagonya, paling seneng kalo nonton Liverpool vs Chelsea di UCL. Apalagi waktu moment Ghost goalnya Luis Garcia ke gawang Peter Cech tahun 2005 muhehe Mourinho ampe uring-uringan gitu. Ujungnya Liverpool juara UCL tahun itu. tapi sekarang, dah kaya apa tau Liverpool mainnya. Huuft

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak. gue nggak nonton waktu itu, dan sekarang cukup menyesal.
      begitulah kenyataannya. kenyataannya kasus chelsea ini sama kayak kasus man city. kalau nggak dibeli pengusaha kaya, mungkin fans nya masih dikit :")

      kalau gue paling suka chelsea-liverpool di ucl 2008. yang chelsea menang 1-3 di anfield, terus seri 4-4 di sb. itu second leg yang di sb seru banget gile..

      Delete
    2. Anjir. Bener! Kalo nggak ada Abramoivic pasti beda. :p

      Delete
    3. untung dia beli ya :")

      Delete
  7. Bayangin chelsea olivia apa chelsea islan ? Tapi keduanya sama2 cantik

    Aku nggak tau dan nggak suka main bola, jadi cuma mau bilang selanat ya chelsea bisa menangin BPL tahun ini. Dah gitu aja

    ReplyDelete
  8. Itu yang pas 2008 lu yang bawa tongkat gedhe putih2 yak?
    Btw, dari fase fotonya cepet banget gedhenya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue yang bawa tongkat. puas kan....

      Delete
  9. Hahaha, selamat Chelsea. :)
    MU lagi terpuruk. :(

    Gue justru nggak ngerti, kenapa dari umur 4 tahun suka banget sama MU. Dan, udah males aja gitu pindah-pindah atau ganti jagoan.
    Kayak lu yang awalnya sempet suka Liverpool. Eak.

    Fans Chelsea masih inget pas Terry kepleset waktu nendang pinalti? Dan akhirnya kalah? :p

    *kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi van gaal bagus tuh. waktu dia ngelatih belanda di pd 2014 gaul banget. apalagi waktu adu pinalti vs costa rica, dia ngambil keputusan masukin tim krul~

      HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. itu semua gara-gara hujan....
      tapi, apakah fans mu ingat waktu insiden howard web atau mark clattenburg itu~

      Delete
  10. Bahas fans club bola. Hahahaha. Aku sih karbitan. Karbitannya sesuai cowok yang ditaksirnya suka club bola apa. Hehe. Hehehehehe. Hina banget emang. Maafkan aku. XD

    Suka deh sama foto yang tahun 2010. Itu senyum paling tulus dari beberapa foto di atas. Yang lainnya senyum songong. Huahaha~ *sungkem*

    ReplyDelete
  11. Selamat ya haaaa. Kalo aku dari kecil jadi Kopite :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya kecil jadi kopi tiam..
      kopite itu liverpool yak?

      Delete
  12. Sama gue juga suka benget sama chelsea, bahkan sampe tidur gue masih kebayang-bayang sama wajah chelsea yang cantik, ya yang gue makud bukanlah chelsea FC atau chelsea olivia, tapi chelsea yang gue suka adalah chelsea islan. hehehe.

    sebagai bukan fansnya chelsea (fansnya barca), gue juga turun senang chelsea akhirnya bisa mengunci juara EPL dengan cepat, Selamat ya buat fansnya dan the blues (chelsea fc) atas trofi yang di dapatnya.

    ReplyDelete
  13. lo sendiri bisa bingungkan jef kenapa bisa suka sama liverpool?
    gitu juga aku. walau bukan tim yang selalu menang dan tampil impressif, ntah kenapa aura permainan gerard cs bisa bikin hatiku tersulap untuk jadi fansnya sampai saat ini.
    Jadi jef, kalau lo bilang Blue is the Colour, aku juga bisa bilang RED is THE COLOUR. YNWA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, dulu mah wajar karbit. kan masih bocah.. itu pun juga cuma 2 minggu.
      liverpool emang dulu punya daya tarik tersendiri~

      Delete
  14. Apa cuma ane di sini, pas liat foto Jeverson tahun 2014, mengira itu Kevin Anggara? Btw, selamat ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente bukanlah orang pertama, kedua ataupun ketiga yang ngomong seperti itu.
      padahal aslinya, gue nggak ada mirip-miripnya....

      Delete
  15. Waktu kecil lo kok putih amat yakk jef . . besar gitu lagi sambil maenan gada . . sungguh masa kecil yang indah . .

    Hmm . . suka club bola gara2 jerseinya . . sama deh . . gue pertama kali naksir Napoli juga gara2 suka jerseynya yg biru2 . . trus karna ada legenda Maradona yg pernah main disitu sih . .

    btw Congrats deh buat juara EPL-nya . . tahun depan giliran Burnley yang juara EPL . . camkan itu !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue yang patung itu. itu yang anak kecil pakai baju biru cuma hiasan. iya........

      Delete
    2. hahaha...

      mungkin lu gak boleh pacaran, jev. mending tetep setia ama bola aja. pengalaman lu sebagai fans lebih berkesan dibanding kisah percintaan lu. eh iya gak sih?

      Delete
  16. Dan aku roaming bacanya, ga ngerti T.T tapi tuluisanmu asik ya. Eh tapi sepakat, tadi kukira itu KEvin muahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak suka bola itu manusiawi~
      kevin siapa...

      Delete
  17. Musim ini Chelsea, musim depan giliran Arsenal, whooooo! #GoonersIn

    Lu kayaknya fanatik banget ama Chelsea, sampe-sampe pas dia nikah sama Glenn, lo sam..., eh, ntar, kok gue kepikiran Chelsea Olivia juga, ya? Ahh, pikiran gue juga kotor!

    ReplyDelete
  18. Chelsea emang top musim ini. Salam kenal, Jeff. Kalo aku pendukung MU dari taun 2003. :)

    ReplyDelete
  19. Ngomong masalah bola, gue sihh nggak begitu suka, pernah jadi sporter tim indonesia juga cuma karbitan, sama hahaha.

    ReplyDelete
  20. Nice story, selamat buat london biru! Hehe, musim depan ada MU yg menghadang! Hahaha! Salam dari MU fans :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, di komen postingan ini banyak banget yak fans mu nya :")

      Delete
    2. ini yang fans MU kaya mau demo aja ngomen kemari hahahak /;v

      Delete
  21. Selamat bro, You'll Never Walk Alone. Yang match terakhir lawan Arsenal itu benar-benar hot banget dah. Psikologikal War-nya sadis Mourinho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang seri 0-0?
      maka wajar kalau mou selalu di agungkan para fans..

      Delete
  22. Engggg..

    Pas taun 2009, kamu masih SD sedangkan aku baru masuk kuliah, Jeff.. Ya Tuhan, betapa tuanya aku sekarang! T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2009... gue kelas 5 sd tuh.
      hahaha, tua itu dewasa...

      Delete
  23. Selamat kembali juara!

    Saya sempat menyukai Chelsea waktu dilatih Mourinho pertama (2004-07)
    saat itu kalo maen ps, selalu nempatin robben-duff di sayap
    depannya? drogba sama kezman...

    semoga mereka lebih baik lagi di liga champions musim ini
    salam dari #Juventini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di fifa 06, gue mainin robben di depan duet sama sevchenko. duff gue mainin di kiri, kalau ditengah... dute ballack-lampard. hahahaha, jadi rindu gameboy..

      Delete
  24. gue adalah penggemar setia fans chelsea. cerita awalnya simpel, waktu kelas 1 SD baju bola pertama gue adalah baju timnas jerman no 13 milik michel ballack. jadi, pemain bola pertama yang gue tau cuma ballack. awalnya main di liga jerman, terus pindah ke chelsea.suatu mlm ikut nonton mu vs chelsea sm bokap (bokap gue fans munyuk), dan ternyata ada ballack, gue mikir, ini pemain sama kyk di baju gue. mulai dari situ gue nonton chelsea cuma mau lihat ballack, biasalah anak kecil.. akhirnya keterusan dukung chelsea sampe sekarang. hahahah
    Keep The Blue Flag Fying High!!

    ReplyDelete
  25. Wah keren banget lo jeff..sama club bola aja setia begitu apalagi sama pacar. Iya nggak sih??hehehe....tapi klo diliat dri foto foto lo, lo emng pecinta bola bahget ya..yg lain sibuk me warnet lo di rumah aja...temen temen sibuk ngomongin tawuran di dota, lo nonton bola..bagus itu. Antimainstream namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kenyataannya, saya tak sesetia yang anda pikir~

      Delete
  26. Salam #KTBFFH mas Jeverson :v

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. sudah cukup umur untuk menikah....

      Delete
  28. Chelsea ya, klo aku mah asal ada tim borowski dari jerman klub manapun oke

    ReplyDelete
  29. Coba deh, bahasanya diperbaiki lagi. Penggunaan huruf kapitalnya itu loh. Nama hari, nama orang, nama tempat. Kritik doang sih hehehe (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kritik diterima.
      tapi... kebanyakan blogger jarang memperhatikan huruf kapital atau apapun itu buat diterapi ke postingan. alasannya: karena mereka tau postingan mereka bukanlah karya ilmiah yang akan dinilai oleh guru bahasa indonesia. makanya, huruf kapital cuma gue gunain buat buka paragraf baru aja. soalnya guru b.indo gue nggak punya blog :)

      tapi makasih bro, kritik diterima. kita udah damai kan dari kejadian tak menyenangkan yang sempet terjadi :)

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>