Saturday, May 23, 2015

Long Distance Relain Aja..


Menjalin sebuah hubungan asmara itu nggak semudah dan nggak seenak yang dibayangkan. pada pelaksanaannya, akan ada banyak perbedaan yang muncul mewarnai sebuah hubungan. beda agama, beda kelamin, beda usia, sampai.... beda kota, bahkan negara. kasihan, cinta tapi beda..

Dibedakan oleh jarak yang jauh, merupakan sebuah tantangan tersendiri dalam sebuah hubungan LDR atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan... long distance relationship. beda kota, beda negara, sampai beda benua. dipisahkan oleh puluhan.. ratusan.. ribuan.. sampai puluhan ribu bahkan ratusan ribu kilometer menjadi salah satu siksaan tersendiri bagi para penganut hubungan ini. kadang gue suka kasihan sama orang-orang yang lagi terjebak dalam hubungan jarak jauh ini. ketemuan jarang, malam minggu di depan komputer, rentan selingkuh, rindu pun sering datang membunuh. benar-benar kasihan mereka, mereka yang cintanya dipisahkan oleh jarak. tapi, seperti kata orang-orang bijak pada umumnya: cinta itu buta. tidak pernah memandang perbedaan, apalagi memandang jarak. jarak yang jauh sekalipun..

Sebagai salah seorang pelajar yang baik, gue pun pernah merasakan horrornya matematika dan fisika. dari kedua pelajaran horror itu, satu hal yang gue tau tentang jarak: rumusnya  adalah.. kecepatan x waktu. atau, kalau ditulis dengan tinta biru maka rumusnya akan menjadi..

S = V x t 

S = Jarak.
V = kecepatan.
t = Waktu. 

Mungkin dari rumus kecepatan dikali waktu ini, bisa diambil kesimpulan kalau... semakin cepat, maka akan semakin lama waktunya. dan sebaliknya. kalau semakin lama, maka akan semakin cepat waktunya. ambil contoh kecepatan membalas chat, semakin cepat si pasangan LDR membalas chat... maka akan semakin lama hubungan mereka bisa terjaga. dan sebaliknya. kalau semakin lama pasangan LDR membalas chat, maka akan semakin cepat  hubungan mereka akan berakhir. teori ini dikenal dengan teori hukum kekekalan LDR yang dicetuskan oleh salah seorang filsafat dan ahli botani yang bernama ijeverson. salah seorang filsafat tak ternama yang berasal dari daerah terpencil, jelambar.

Kalau rumus jarak adalah v (kecepatan) x t (waktu), maka kita bisa mendapatkan rumus waktu (t) = jarak : kecepatan. atau kalau ditulis dengan tinta biru akan menjadi..

t = S : V 

S = Jarak.
V = kecepatan.
t = Waktu. 

Kalau dengan rumus yang satu ini, maka bunyi dari hukum kekekalan LDR adalah.. semakin jauh jarak diantara ppasangan LDR, maka akan semakin lama hubungan mereka berlangsung. ambil contoh, pasangan LDR indonesia-singapore dan indonesia-australia. dengan rumus ini, bisa disimpulkan bahwa hubungan pasangan LDR indonesia-asutralia akan lebih lama berlangsung ketimbang indonesia-singapore. karena, jarak antara indonesia dengan australia lebih jauh ketimbang jarak antara indonesia dengan singapore.

Contoh soal: 
Jack adalah warga australia, ia resmi menjalin hubungan asmara dengan jubaedah sejak mereka berkenalan melalui facebook. kalau diketahu jarak indonesia-australia (misalkan) 100 km, dan kecepatan jack membalas pesan facebook jubaedah adalah 5 km/jam, maka hitung perkiraan waktu hubungan mereka aka berlangsung?

Jawab:
diketahui... s --> 100 km, v--> 5 km/jam. ditanya t?
rumus: t = S/V.
maka, 100km : 5km/jam = 20 jam. 
maka, jack dan jubaedah akan putus dalam perkiraan waktu 20 jam kedepan. 

demikianlah rumus ngaco ini ku persembahkan. damai ku, ku berikan padamu. damai mu kuberikan padamu.

******

Gue sendiri bisa dibilang belum pernah merasakan yang namanya hubungan LDR. paling jauh jarak antara gue dan pacar cuma jakarta - tanggrang, itu pun nggak bisa dibilang LDR karena jarak antara jakarta tanggrang itu terbilang dekat. dan itu pun... wanita yang di tanggrang itu takkan pernah kembali karena sudah dibuat bahagia oleh pria lain. tapi, dari sekian kasus LDR yang pernah gue tau... kebanyakan dari hubungan LDR itu kandas pada akhirnya. jarang gue mendengar keberhasilan dalam hubungan LDR ini, meskipun ada yang berhasil... tapi tetep aja: yang gagal lebih banyak daripada yang berhasil. entah salah satu dari pasangan ad yang selingkuh, entah nggak kuat karena jarak yang terlalu jauh, atau... nggak kuat bayar pulsa buat nelpon.

Menurut kitab gaul, LDR adalah singkatan dari kata Long Distance Relationship atau yang bahasa indonesianya.. hubungan jarak jauh. tapi dari sekian banyak kasus kegagaglan, gue jadi mulai curiga apa bener kepanjangan LDR ini adalah long distance relationship, atau...

1. Lemas Disiksa Rindu 

Bagaikan psikopat, rindu selalu menjadi momok menakutkan yang sering kali menghantui pasangan LDR. gimana enggak, jarak jauh yang memisahkan keduanya menyebabkan keduanya nggak bisa ketemuan face to face secara langsung. ketika malam minggu yang pacaran biasanya nonton bioskop bareng, yang LDR cuma bisa nongkrong di depan komputer sambil skype-an. ketika mereka yang pacaran kalau kangen tinggal ngajak pacar ketemuan, yang LDR cuma bisa teleponan mengobati kangen dengan cara mendengar suara pacar. ketika yang pacaran bisa mengawasi gerak-gerik pacar mereka, yang LDR-an cuma bisa percaya sama pacar mereka masing-masing tanpa tau apa pacar mereka itu bener-bener setia, atau cuma manis di bibir saja.. 

Maka sama sekali bukan hal yang mengejutkan kalau para penganut ajaran LDR ini seringkali dihantui oleh rindu. rindu yang bagaikan psikopat, menusuk-nusuk para pasangan LDR dengan pisau yang penuh akan rasa kangen. dan membuat membuat para pasangan LDR lemas karena disiksa olehnya..

2. Lebih Dari Rumit 

Rumit. r-u-m-i-t, 
adalah sebuah kata yang pas untuk menggambarkan pasangan LDR beda negara atau benua. gimana enggak, mau teleponan harus beli kartu luar negri lagi.. skype-an pun agak ngada-ngadat karena jarak yang cukup jauh mempengaruhi koneksi. belum lagi, tarif teleponnya mahal. biasanya para kaum LDR beda benua ini adalah orang yang cukup cermat dalam mengamati promo nelpon gratis oprator. dan selain masalah pulsa, kerumitan para kaum LDR beda benua ini juga terbentur dengan masalah waktu. kalau di sini pagi, apa disana juga pagi?  kalau disini malam, apa disana juga malam? belum tentu. mungkin bisa dikatakan kalau masalah seperti ini sudah menjadi makanan sehari-hari pasangan LDR indonesia - Amerika. beda waktu antara dua negara yang cukup lama ini menyebabkan... di sini siang, disana malam. dan sebaliknya. kita disini masih siang, mau nelpon dia karena kangen.. eh ternyata dia udah tidur karena disana udah waktunya tidur malam. kasihan..

maka nggak salah kalau dikatakan LDR ini lebih dari rumit. 

3. Lelah Dan Rawan

Selain masalah rindu dan pulsa, masalah kepercayaan dan kesetiaan juga menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam hubungan jarak jauh ini. banyak hubungan jarak jauh yang gagal karena salah satu dari pasangan selingkuh. entah ceweknya atau cowoknya, yang jelas selingkuh. kenapa kasus selingkuh ini rawan sekali melanda pasangan LDR? mungkin mereka lelah. mereka lelah dengan jarak, lelah karena tidak bisa bertemu pacar. lelah karena cuma bisa teleponan. lelah karena pulsa abis melulu. dari dasar kelelahan mereka ini, LDR pun dijadikan sebagai sebuah ajang untuk mendua. cinta memang buta. dalam kasus ini, mereka yang selingkuh dibutakan oleh jarak dengan cara yang salah. mereka buta, mereka tidak bisa melihat kalau di puluhan ribu kilometer jauhnya ada orang yang menunggu.. menunggu waktu yang tepat untuk bisa bertemu kembali.

4. Lama Di Read

Dari sekian banyak LDR yang ada, alasan paling umum terjadinya hubungan ini sendiri adalah.. study abroad, ataupun urusan kerja. kuliah ke luar negri, ataupun kuliah ke luar kota menjadi faktor terbanyak yang menyebabkan terciptanya LDR. kuliah di luar, ini menandakan kalau beberapa orang sangat mementingkan study mereka, sampai-sampai mereka mau terjebak dalam hubungan jarak jauh. dalam kasus ini, kalau diperhatikan baik-baik, pelajaran terlihat lebih penting ketimbang pacar. maka nggak heran kalau udah beda kota ataupun negara, pacar tidak dijadikan pioritas lagi. tapi, pelajaran lah yang dijadikan pioritas utama. dan nggak heran kalau kesibukan dalam pelajaran ini menyebabkan chat dari pacar ini lama di read. bahkan, pada level ekstrem, chat dari pacar baru di read 1 minggu setelah dikirm sangking sibuknya sama pelajaran. selain karena sibuk pelajaran, kasus lama di read ini juga bisa terjadi karena jangkauan signal yang buruk saat mengirim pesan dari suatu negara ke negara lain.  

5. Love Different Range

Perbedaan jarak menjadi suatu hal yang pasti dalam hubungan LDR ini. kasihan, kilometer menjadi satuan yang menjadi pembeda dalam cinta. yang namany LDR itu, hubungannya jarak jauh. antara kota yang cukup jauh, antara pulau, antara negara bahkan benua. gue sering heran sama anak jaman sekarang. pcaran jakarta-depok aja dibilang LDR. yang satu kuliah di UI depok, yang satu kuliah di UNTAR grogol. eh buset, itu apa LDR nya kampret... jakarta depok bahkan nggak nyampe 1 jam kalau jalannya lancar. jakarta - bandung pun menurut gue belum bisa dibilang LDR. ya.. minimal Jakarta - Semarang lah, jaraknya lumayan buat masuk kategori LDR. 

Gue suka gagal mengerti aja sama manusia-manusia yang suka mendramatisir jarak. jakarta - tanggrang, karena beda kota.. langsung dibilang LDR. padahal, jaraknya nggak jauh-jauh amat. cuma butuh lewat jalan daan mogot nyampe. mungkin pengetahuan tentang LDR ini harus dikembangkan lagi biar tidak terjadi kesalahan dalam pengertiannya.. karena yang namanya LDR itu.. hubungan jarak jauh. iya, jauh..

6. Long Distance Relain Aja..    

Dari sekian banyak kasus gagal LDR, gue jadi berpikir.. lebih mending mana, punya pacar tapi LDR atau jomblo tapi bahagia dan nggak tersiksa dengan jarak? 

Entahlah, gue cuma berpikir.. apa gunanya berusaha untuk setia mati-matian di awal, isi ulang pulsa berkali-kali, rela untuk disiksa rindu setiap malam, rela skype-an tiap malam minggu,  tapi di akhir... hubungannya kandas juga. mungkin LDR adalah sebuah perjuangan cinta sesungguhnya, tapi gue belum bisa melihat perjuangan itu karena gue belum pernah terjebak di dalamnya. 

Entahlah, mungkin kita harus cukup  "rela" untuk bisa bertahan di dalam hubungan jarak jauh ini. rela isi ulang pulsa tiap hari buat nelpon pacar, rela buat disiksa rindu setiap malam, rela dibohongin, rela diselingkuhin...... dan rela menyelingkuhi. entahlah, lagi-lagi entahlah. mungkin Long Distance Relain aja lebih tepat dan pas untuk menjadi kepanjangan dari LDR, ketimbang long distance relationship.      

******

Semoga dengan teks ini, pemerintahan bisa tertampar dan republik LDR bisa digulingkan. revolusi LDR... 
  
undang-undang sadar
Undang-Undang Sadar, biar semua sadar...

115 comments:

  1. Ya tentu dong bang LDR beda kelamin, kalo kelaminnya sama kan brabe...
    LDR itu yang penting komunikasi jalan terus, kesimpulannya; perlu pulsa dan kuota yang banyak

    Setelah melihat tulisan ini dibumbui dengan rumus fisika, gue berpikir untuk cepat-cepat ngoment

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.
      kayaknya lama kelamaan tersiksa juga kalau cuma bisa melepas rindu dengan cara komunikasi :")

      Delete
  2. Belum pernah LDR sih, diputusin pas lagi sayang2nya sih udah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pun begitu dengan saya,
      diputusin pas lagi sayang-sayangnya.
      kenapa.... KENAPAAA?!

      Delete
  3. belum pernah ngerasain LDR dan kemungkinan yg menjalin hub ldr biasanya gak bertahan lama "katanya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sekian banyak kasus, "katanya" itu sih emang bener..

      Delete
  4. Alhamdulillah masih bertahan sampai sekarang alias udah 6 tahun ngejalanin LDR. Malah saya fine-fine aja sampai sekarang. Masalah sih tetap ada, tapi yang namanya hidup gak mungkin kan bakalan mendapat jalan yang lurus terus, pasti ada juga tanjakannya meskipun sedikit.

    Bagi saya, masalah merupakan bumbu dalam kehidupan dan kalau dihadapi dengan sabar pasti akan ada jalan keluarnya. Tapi itu semua balik lagi kepada masing-masing individu, karena setiap orang berbeda cara berpikir dan cara pandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salute.
      hebat juga bisa tahan untuk waktu yang selama itu...
      kadang saya malah bingung, mending jomblo tapi bahagia atau punya pacar tapi LDR,
      sepertinya LDR ini cukup horror untuk beberapa orang. termasuk saya.

      Delete
  5. Salam kenal ^_^ LDR juga bisa lancar kok, saya salah satu 'korban' LDR soalnya he he...
    Kalau orangnya ribet, jauh dekatpun bakal berasa ribet (misal nih kalau si cewek/cowok yang tipe tiap 1 jam sekali harus ngabsen dan diabsen plus cemburuan hi hi).
    Sama juga soal mendua, kalau orangnya hobi main mata jauh dekatpun main mata :P
    Begitu sih prinsip saya dan suami (dulu masih calon).
    Jadi jangan cari yang ribet & suka main mata he he.
    Btw, kepanjangan dari LDRnya lucu-lucu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mantap.
      jadi... ini semua kembali ke individu masing-masing? kalau emang ribet, bakal jadi ribet. dan kalau hobi main mata, bakal main mata. tapi... gimana jadinya kalau LDR lah yang justru menciptakan individu yang main mata dan ribet itu? yang awalnya nggak ribet dan nggak main mata, jadi pribadi yang ribet dan hobi main mata setelah LDR...
      ah, pusing pala pacar barunya mantan barbie.

      Delete
  6. berat di pulsa gan
    berat dihati juga karena belum tentu bisa saling percaya.
    berat dirindu karena pasti pingin ketemu terus.

    repot dah kalau LDR-an tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sundul gan....
      mending jomblo daripada LDR, mau COD-an sama pacar aja susah...
      apalagi CFD bareng pacar.

      Delete
    2. iya tuh....kan nggak enak galau karena kangen pacar

      Delete
  7. LDR, ya? Hmm… alasan ke 276.816 kenapa gue gak pacaran nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu alasan atau pageview blog?

      Delete
  8. sebenernya mau ralat logika rmus t=s/v, tapi gak jadi, dibenerin pun gue tetep gak bisa LDR-an... yang mau aja kagak ada :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. yauda ralat aja....
      hahaha, gue jadi iba... :")

      Delete
  9. syerem juga klo yg psyco LDR ada beneran...hihi├Čiiiiii
    #tar ujung2nya dibikin pilm ama Warner Bross

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai, cuma rindu yang menjadi pembunuh. dan pemutilasi perasaan..

      Delete
  10. Buahahaha. Bagus gue udahan LDR-nya. XD

    Bener semua. Pas lagi kangen, ya cuma bisa liat-liat foto. Teleponan lama bikin pulsa habis. Kelar teleponan juga kagak ampuh ngilangin kangennya. :(
    Sebenernya LDR seru, karena banyak tantangannya. Tapi LDR juga rawan selingkuh, kan? Yang deket aja selingkuh, gimana yang jauh? Namun, semua balik lagi ke individunya.

    Kalo awalnya pacaran biasa, terus karena suatu hal harus pindah kota dan LDR kayaknya itu wajar, sih. Kalo kenal dari pesbuk, terus jadian aneh banget. Belum pernah ketemu langsung pula, diajak teleponan juga nggak pernah mau. Ceweknya minta pulsa mulu. Eh, taunya ketauan LDR-an sesama jenis. Ngeri yang ini.

    Pesan aja : JANGAN LDR KALO LEMAH!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, testimoni keganasan LDR....
      emang terbilang gagal gaul itu yang LDR-an karena kenal dari pisbuk. hahaha, itu lebih dari sekedar ngeri :")

      Delete
  11. pernah sih LDRan. Tapi palingan cuma bertahan 3 minggu aja, ngak lebih dari itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tabah..
      testimoni gan :))

      Delete
    2. pengalaman kayanya nih

      Delete
  12. Hahahaa , , baru tau gue kalo rumua putus juga diselidiki lewat rumus . , itu berlaku buat LDR doang ya jev . .??
    buat yang jomblo gak ada ya , .??

    hmmm . . Love different Religionship ngggak ada ya jev . .??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, rumus itu harus diperbaharui lagi sesuai dengan perkembangan zaman. gue takutnya rumus itu nggak bisa bersaing seiring berkembangnya zaman... hmm, mungkin cuma buat LDR....

      wahahaha, cinta beda agama. lain cerita tuh..

      Delete
  13. Haha tulisannya gaul.. walopun kampret tapi asiklah bisa dihubungin sama rumus jarak sama kecepatan :D

    Emang LDR lebih banyak gagalnya dibanding suksesnya.. tapi ada juga sih mereka yg udh nikah tetep aja LDRan.. yg ceweknya di desa cowoknya ke jakarta atau yg nikahnya sama cowok pelayaran.. udah nikah LDRan itu nyesek abis.

    Dan gue paling ngakak di bagian LDR Lama Di Read, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajaran yang diajarkan oleh guru fisika itu.. sudah seharusnya di amalkan.
      iyak, bisa diabayangin kalau nikah tapi sering ditinggalin suami/istri..

      Delete
  14. Hahaha...kreatif. Ini genre tulisannya galau ilmiah. Kepikiran aja idenya.

    Yang paling susah dari LDR itu ketika kita butuh pasangan tapi dia nggak ada. Sementara ada orang yang selalu ada untuk kita di sini. Eaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, galau ilmiah.

      asik.... dalem banget tuh kalimat terakhir. ini lah yang menjadi pemicu perselingkuhan LDR. arus pendek perhatian, perhatian dari orang lain yang ada di dekat para pelaku LDR sering kali membuat para pelaku LDR takluk..

      Delete
  15. Hahaha...kreatif. Ini genre tulisannya galau ilmiah. Kepikiran aja idenya.

    Yang paling susah dari LDR itu ketika kita butuh pasangan tapi dia nggak ada. Sementara ada orang yang selalu ada untuk kita di sini. Eaaaaa...

    ReplyDelete
  16. Jef ! aku suka tulisanmu, hahaha
    asli asik bgt pake dihubungin dengan rumus fisika, salah satu pelajaran yang paling sering ku tinggal tidur saat di kelas dulu << sungguh tak patut ditiru :p

    versi kepanjangan LDR juga asik bgt tuh, paling suka dg istilah Lemas Disiksa Rindu, alamaaakk.. nyesek bgt dah itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini fitnahnya juga asik :")

      Delete
  17. Btw, niat amet ngehubungin sama rumus jarak... x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena... proton yang ada di niat saya lebih banyak daripada elektronnya,
      jadi niat saya bermuatan positif.

      Delete
    2. Dibalesnya begitu jugaa. \(w)/

      Delete
  18. wahahah gila keren bro.... gue suka gaya penulisan lu...
    gue pernah ngerasain LDR dan benar rasanya itu gak enak bener bro... tiap hari rindu (halah)
    dan hubungan kami cuman bertahan selama 1 bulan...
    ya lumayan lah udah sampe 1 bulan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. testimoni (lagi.)
      sebuah testimoni yang membuktikan bahwa... rindu adalah pembunuh berantai yang hebat.

      Delete
  19. Gue pernah LDR, bertahan cukup lama sekitar 2 tahun 8 bulan. Padahal gue kira bakal ke pelaminan sama dia tapi ujung2nya putus juga.. Long Distance Relain aja emang benerrrrrrrrr... hhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, hebat. lama juga....
      tapi endingnya putus. sudah, relakan saja..

      Delete
  20. Kreatif banget ya, sampai" LDR bisa nyambung dengan rumus matematika dan fisika.hah
    Saya adalah salah satu kaum LDR :
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam damai, wahai korban dari pembunuh berantai yang bernama rindu.

      Delete
  21. Jev, itu kenapa rumus jaraknya logika banget sama kenyataan pacaran LDR. -_-

    LDR itu, emang gak ada yang enak, jev.

    1. Lemas disiksa rindu : Ini pasti bakalan sering banget terjadi. LDR yang hebat itu, harus kuat cuma kangen via komunikasi. :D

    2. Lebih dari rumit : Rumit pastilah. Tapi, tetep harus kuat dalam kondisi sesulit apapun. Di Wortel Bilang Cinta kemaren, emang ada yg beneran LDR beda negara. Sadiskan?

    3. Lelah dan rawan : Ya... harus gimana lagi, terlalu santai juga gak boleh. Gak santai juga gak boleh. Sering terjadi pertengkaran. Udah jauh, gimana mujukinnya. Hadehh... fase ini semakin berat.

    4. Lama diread : Namanya juga LDR, bro. Ini emang harus saling memahami dan memaklumi. Entah apapun yg terjadi, positiflah. :)

    5. Love Different Range : Ini mungkin yg disebut lebay. :D

    6. Long Distance Relain Aja : Ya udah, gue rela aja, harus rindu, sendiri, dan lebih sering ngerasa jomblo. :D

    Semoga kuat, jev.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, mantap. dicermati dengan seksama..'
      dari semua itu, ending-endingnya harus rela. namanya juga relationship...

      Delete
    2. Ya bener. Relain aja.... :D

      Delete
  22. sekarang lagi trend ya make rumus buat relationship ama pacar.. wkwkwk dari kemaren gue BW banyak yang make rumus2.. apalah gue yang anak STM, jadi gak ngerti kek rumus2.. wkwkwk

    LDR ya ? kalo masih gebetan termasuk LDR bukan yak ? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, rumus relationship terbaik untuk anak stm...
      puter-puter gir motor, lalu tancapkan ke tubuh pacar dari mantan kita. asik kan tuh..

      Delete
  23. Dan aku ngga kebayang orang-orang yang harus ngejalanin LDM alias Long Distance Marriage.. Pasti lebih banyak lagi tantangannya.. :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu susah dah..
      ldr versi hardcore.

      Delete
  24. Di sini nggak ada yang beda dunia ya? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ldr beda dunia.....
      sama genderuwo tuh.

      Delete
  25. LDR emang banyak tantangan tapi banyak juga yg berhasil. Semua bergantung pada masing2 orang yang ngejalaninnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kembali... kepada para umatnya.

      Delete
  26. LDR memang banyak tantanganya dan kita harus kuat dalam menghadapinya :)
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-stroke/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih untuk kotbahnya..

      Delete
  27. Rumusnya agak maksa gitu sih..................... -_-
    Btw kayaknya LDR nomor 4 bentar lagi bakal aku alamin nih xD adohhh :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, itu kan udah dibilangin rumus ngaco X")
      mungkin yang keempat itu.. LDR sejuta umat..

      Delete
  28. kayaknya yang nomor 4 sedang saya alami nih, hmm .. lumayan juga yaa hubungan LDR itu memang banyak tantangannya :(

    ReplyDelete
  29. Jef, mendingan rumus ini segera diajukan ke dinas per-LDR-an. Biar bisa diresmiin dan jadi patokan buat para pejuang LDR untuk menghitung seberama lama cinta mereka akan bertahan. Dan semoga rumus ini jadi patokan internasional juga jef, biar semua orang didunia enggak tertekan batin gara-gara pasangan yang jauh disana.

    Kayaknya bulan ini bulannya LDR. Soalnya ada beberapa temen aku yang jadi pejuang LDR gara-gara beda kuliahan. Adalagi yang nggak kuat LDR an gara-gara beda kelamin. Kasihan memang. Tapi sepertinya para pejuang LDR ini perlu dikasih tau singkatan sebenarnya LDR itu apa. Long Distance Relain aja,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, dinas macam apa itu :")

      Delete
  30. jev kau sedang galau ldr an atau hafalan rumus yaaa?
    sampai ada contoh soalnya gitu.

    emang LDR itu sulit rumit tapi siapapun yg bisa melewatinya cinta mereka akan terus langgeng.
    singkatannya boleh juga tuuh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ldr itu rumit, makin diperumit dengan rumus-rumus ngaco diatas.
      bahahaha...

      Delete
  31. Ahaha, singkatan LDR nya gaul gaul.

    LDR kao dinikmatin bisa asik kok. Tapi, ya memang rentang banget.

    Kalo keduanya memang punya kesibukan masing masing mungkin masih bisa bertahan,, tapi yang jadi masalah kalo LDR yang sibuk cuma salah satu pihak, sedangkan yang lainnya pengangguran. Kan repot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sibuk, jadi lupa kalau punya pacar.
      tapi sama-sama sibuk memang lebih mending daripada cuma satu orang doang yang sibuk~

      Delete
    2. Nah, itu bener. kalo yang sibuk cuma satu, nanti terlalu banyak nuntut. minta ditemenin terus misal. minta di sms in terus terusan misal.

      Delete
  32. Huahahaha teori yang menarik banget ^^b

    ReplyDelete
  33. Anjir, gue jadi inget lagi rumus fisika, tapi penjelasannya dikaitkan dengan LDR. Menurut gue ini tulisan kreatif sekali, sampai dibuat contoh soal segala, gila!

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum greget kalau fisika nggak pakai soal....

      Delete
  34. Ini ngebahas tentang LDR apa rumus fisika? Hehe.

    Tapi gue justru lebih suka pacaran LDR lho, ga ribet dan ga harus ketemu tiap minggu. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya....... ga harus ketemu tiap minggu, tapi tiap hari ketemu sama rindu yang menyerang. lebih nyesek mana tuh...

      Delete
  35. Bener juga ya, kebanyakan LDR itu susah. Dan banyak yang gak sanggup. Raditya Dika aja pernah kan LDR. Pacarnya di Indo, dia di Australia.

    Sumpah, itu singkatan-singkatan LDR-nya pada kampret banget. Tapi keren, kreatif. Lanjutkan broo. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu si raditya dika kasian tapi. ldr gagal, ceweknya selingkuh. terus nikah..... dan si dadith nggak diundang.
      kurang pedih apa lagi ldr ala raditya dika..

      Delete
  36. Sebagai anak exact, aku merasa salut membaca rumus jarak yang kau buat jef.
    Perhitungannya matang, dan kayaknya akurat.
    Buat yang lagi LDR, kayaknya bener-bener bisa dicoba.

    Aku sarani buat ngajukan itu rumus ke badan pendidikan nasional, mana tau tahun depan bisa jadi materi UN, kan lumayan jef?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu rumus padahal ngaco tingkat dewa...
      bahahaha, nggak kebayang nanti kalau di UN ada soal fisika tentang penghituangan waktu plus jarak pasangan yang lagi ldr-an..

      Delete
  37. bener sih yang di riview barusan hahaa, kerasa banget yang namanya LDR itu kadang bikin nyiksa, aku aja LDR sama si dia udah 3 taunan, tapi akhirnya indah pada waktunya ko wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sukses yak ldr nya?
      salut...

      Delete
  38. LDR terlama hanya 4.5 bulan. HAHA
    Itu bener-bener Lelah Disiksa Rindu lah pokoknya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. testimoni lagi,
      korban kesekian yang dibunuh oleh rindu.

      Delete
  39. hahaa.. gue ngakak pas di penjelasan rumus jack sama jubaedah. :D

    bener banget tuh point2 nya. Kalo gue yg jadi masalah ya jaringan, mirip sama yg point lama di read. Rasanya mau banting hp aja, tapi sayang hp nya. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. jack dan jubaedah, meskipun namanya jauh berbeda.... tapi hati mereka akan selalu dekat :" )

      Delete
  40. LDR lebih banyak dibutuhkan pengorbanan, selain waktu juga terkait materi.
    Kalau kurang bisa menjaganya susah berlanjut seperti yg pernah dulu sy alami hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tabah bro.
      gagal LDR itu asmarasiawi kok...

      Delete
  41. Gokil lo walo rumusnya ngaco maksimal. Untung gue belum lernah ldr jadi gue ga tau gimana rasanya disiksa rindu yg bertalu talu...tapi gue rasa ldr klo emng cmn pcaran ala anak muda mah mnding ga usah lah ya...nikah belum tentu pulsa bikin bangkrut, kan kasihan...jdi klo mau Pacaran ya at least nanya, dia mau pindsh ga dlm waktu depan..itu khan penting...iya kaaaaan??? Lagian mana enak sih pacaran cmn sama hp doaaaaang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya doooong, emmang nggak enak khaaaaaan

      Delete
  42. etdah hahaha singkatannya pada canda amat dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. et dah, lo beli gue jual.
      karena gue... pedagang dari negri tirai bambu.

      Delete
  43. Saya belum pernah ngerasain LDR. DITAMBAH rumus ala Jeverson, semakin merumitkan para pelakon LDR Mas, kasian atuh, makin pusing mereka baca rumusnya, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkanlah, kita harus melakukan revolusi LDR.
      merdekah!

      Delete
  44. Nomor 4 itu "penyakit" aku banget. Kalau dikirimi pesan biasanya bacanya paling cepat 40 menit kemudian, hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gile, 40 menit......

      entah berapa banyak indomie yang bisa dimasak dalam waktu 40 menit.

      Delete
  45. hahaha.. ada-ada saja anak jaman sekarang, ternyata LDR udah pake rumus segala

    ReplyDelete
  46. LDR? ahhh... biasa aja :)))

    ReplyDelete
  47. Jev bagi gambar yang Undang-Undang Sadar buat DP BM :D, ga bisa klik kanan ga bisa di save

    ReplyDelete
    Replies
    1. mention ke twitter aja bro..
      itu sengaja nggak bisa klik kanan buat menghindari plagiat.

      Delete
  48. dari sekian banyak singkatan LDR, gak pernah ngalamin dong... orang gak punya :[

    ReplyDelete
  49. ldr gue sama gebetan, ah shit kan?

    ReplyDelete
  50. banyak juga kepanjangan LDR nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak juga yang tersiksa rindu.

      Delete
    2. brarti harus bilang wawww. :d

      Delete
  51. Kalau akhirnya putus gara-gara LDR, bukan salahnya LDR-nya atau jaraknya, mungkin bukan jodoh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bukan jodoh, atau mungkin terlalu bodoh.
      beda tipis.

      Delete
  52. Kampret, ah. Ada pelajaran fisikanya, gue gak ngerti :(

    Gue juga pernah LDR, tapi Jakarta - Tangerang (Namanya juga beda kota). Dari pengalaman gue, gak enak punya pacar tapi LDR. Ada, tapi gak keliatan dan gak nyata. Mirip teror sms mama minta pulsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru jakarta - tanggerang aja udah kerasa banget yak.
      gimana kalau beda negara..... beda alam... beda dimensi.... beda planet...

      Delete
  53. eh, ini buat yang pacaran berjarak ya, jev ? *close tab

    ReplyDelete
  54. Tangerang jakarta tetanggaan cuma macet aja di ciputat *lah* *ini bener nggak nih* *lupa*
    LDR ya ambil hikmahnya ajah, bisa produktif dan suap-suapan sama....
    diri sendiri.

    ReplyDelete
  55. Terserah sih. Orang kan beda-beda. Pilihan dia juga mau ngejalanin hubungan yag kek gimana. Yang jelas, kalau jodoh mah nggak kemana..

    ReplyDelete
  56. Ngomongin LDR yaa, selama menjalin hubungan (pacaran) aku juga selalu LDR meskipun jaraknya ga jauh-jauh banget dan ngga di pisahkan oleh benua maupun negara. Tapi LDR aku hanya di pisahkan oleh beberapa tikungan rumah :D itu juga LDR kan?

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>