Thursday, June 25, 2015

Dreamer, Blogger, Jombloer.

ijeverson

Di dunia ini, hal yang paling menyebalkan selain "menunggu" adalah "mencari". bener nggak? 

Ada banyak barang di dunia ini yang hobi buat ngilang dan lenyap begitu aja. contohnya: remote tv, kunci motor, dan... gebetan mungkin. dan ketika barang-barang itu hilang, maka tugas kita adalah mencari barang yang hilang tersebut. gue selalu migren kalau udah kehilangan kunci motor sama remote tv. menurut gue, 2 buah benda kampret itu adalah benda yang paling gampang hilang di dunia ini. gue jadi curiga, jangan-jangan mantan gue yang terakhir terbuat dari kunci motor.. 

Mencari barang hilang bukan lah pekerjaan yang mudah. nyari barang yang ilang aja nggak mudah, apa lagi... nyari barang yang nggak ilang. maksud gue, barang yang belum pernah menyentuh hidup kita, tapi barang tersebut memaksa kita untuk mencarinya. misalnya jodoh. jodoh itu kan nggak akan pernah datang menyapa hari-hari kita, kalau bukan kita yang mencarinya. menurut gue, selain jodoh, hal yang paling sulit dicari selanjutnya adalah identitis. mencari jati diri itu nggak mudah. karena ketika kita mencari jati diri, kita sedang meraba-raba siapa kah kita sebenarnya. namanya juga meraba-raba, masih di grepe-grepe, masih samar-samar. 

Urusan cari mencari identitas ini lah yang membuat gue migren untuk membuat bio di social media dulu. terlebih, saat twitter masih zaman dan booming di sekitar tahun 2011 dan 2012 lalu. banyak abg-abg gaul dan gagal gaul berlomba-lomba menuliskan quotes-quotes motivasi di bio twitter mereka untuk menggambarkan diri mereka. tapi tidak begitu dengan pemuda yang berasal dari jelambar ini, gue.  menurut gue, bio twitter yang anggun adalah bio yang menggambarkan diri sendiri dengan kata-kata yang efektif. setelah mencari untuk sekian lama, meditasi di dalam goa, dan mencari kitab suci sampai ke dunia kapur.. akhirnya gue berhasil menemukan 3 buah kata yang cukup efektif untuk menggambarkan diri gue: dreamer, blogger, jombloer. 

******

Dikala Twitter masih digandrungi kawula muda dulu...

Menurut gue, selain profile picture dan tweet kita, modal utama dari bertambahnya follower twitter adalah dari kerennya bio twitter. semakin gaul bio twitter mu, maka akan semakin gaul juga follower mu. 

Karena mayoritas twitter dulu dikuasai oleh kaum perempuan, maka nggak heran kalau para pria sering kali dijajah oleh kicauan-kicauan para wanita yang hobi ngejawabin pertanyaan dari akun-akun pertanyaan pick one di timeline. itu baru dijajah tweetnya, belum bio twitternya. kalau dicermati dengan seksama, ada beberapa tipe bio twitter cewek yang paling klise sejak dahulu kala. pertama, bio twitter tipe cewek sederhana. sebuah bio yang dimana berbunyi : just an ordinary girl, with ordinary life. followback? just mention. kedua, tipe bio cewek liar. sebuah bio twitter yang berbunyi: young, wild, and free. ketiga, tipe bio cewek jomblo yang ngaku seksi. yang dimana berbunyi: sexy, free and single. keempat, bio twitter tipe cewek kesepian. sebuah bio yang berisikan pin bb dari si cewek itu. entah lah, gue nggak tau lebih kriminal mana antara menebar paku dijalan atau menebar pin bb di bio twitter. dan kelima, bio twitter tipe mario teguh. bio yang satu ini adalah bio yang paling mainstream. bio ini berisikan tentang quotes-quotes bijak tentang kehidupan, cinta, dan bahkan agama.

Dari sekian banyak tipe bio twitter, gue bingung. nggak ada bio yang cukup greget buat gue. sebelumnya, gue pernah mencoba beberapa bio twitter. entah itu copas dari akun tetangga ataupun bikin sendiri. tapi, kayaknya kebanyakan copasnya daripada bikin sendirinya. maklum, gue masih anak smp kelas 2 yang masih belum tau akan kejamnya hidup waktu itu. pernah sekali gue ketemu bio twitter bagus di akun tetangga, terus langsung gue masukin ke bio twitter gue. bio tersebut berbunyi sebuah gombalan: 

"Papa kamu, tukang betulin lubang pintu ya? pantesan anaknya suka ngintipin Tl orang."

Deg. kalau diingat-ingat lagi, betapa nistanya gue saat kelas 8 dulu. nggak sampe disitu aja, perjalanan gue mencari jati diri via bio twitter terus berlanjut. kali ini, gue berselancar diinternet untuk mencari bio twitter. gue nyari di kaskus dan di blog-blog tetangga, berharap ketemu bio yang keren dan gaul. sampai pada akhirnya, ketika gue nyari di kaskus.. ketemu sebuah bio yang menurut gue cukup keren dan gaul. bio tersebut berbunyi:

"sorry, 160 words can't describe my self.

Karena jumlah maksimal karakter bio twitter adalah 160 karakter, maka bio yang satu ini gue rasa merupakan bio yang sangat cerdas dan gaul. apa lagi pake bahasa inggris, jadi makin gaul. tapi, kegaulan itu tak bertahan lama. setelah gue perhatikan baik-baik, bio diatas udah dipakai oleh banyak pengguna twitter. atau dengan kata lain, bio diatas sudah masuk kedalam kategori mainstream yang cemen. saat itu, kegaulan pun berubah menjadi kegalauan. 

Setelah beberapa kali ganti bio dan masih juga merasa kurang greget, gue pun akhirnya berhenti dalam aksi mencari bio yang gaul ini. gue mulai masa bodo dengan bio twitter. sampai... di liburan kenaikan kelas saat kelas 8 menuju ke kelas 9, gue menemukan sebuah hal yang cukup gaul di salah satu web anak muda: nyunyu.com. kebetulan, waktu itu belum lama website nyunyu dirilis. waktu itu gue lagi iseng-iseng buka nyunyu, dan menemukan profile dari salah seorang ownernya, si arief poconggg. di profile bang arip, gue melihat sebuah bio yang cukup gaul. disitu, dia menuliskan kata mahasiswer. ketika membaca, gue langsung nangkep kalau mahasiswer yang dimaksud adalah mahasiswa. tapi diganti belakangnya, biar keren. setelah dipikir-pikir, ternyata keren juga ya kalau kata-kata biasa diganti belakangnya jadi "er". gue pun mulai berpikir untuk mengganti bio twitter gue dengan kata-kata yang belakangnya "er". setelah meditasi di gua dan mencari kitab suci sampai ke dunia kapur, maka gue memutuskan untuk emndeskripsikan diri di bio twitter dengan: dreamer, blogger, jombloer. 


just an ordinary boy, with an ordinary life. ffollowback? just mention qaqaq!!
xixixixixi

Dreamer. 
Semua orang pasti punya mimpi, kan. setelah membaca buku mimpi sejuta dolar nya merry riana saat awal-awal masuk kelas 8, kejamnya hidup berhasil menampar gue. gue sadar kalau kita harus punya mimpi yang mantap untuk bisa menjadi sukses. berawal dari mimpi dan tekad, sukses adalah hal yang menjadi patokan keberhasilan. tapi, disertai dengan kerja keras juga tentunya. karena nggak ada gunanya, kalau punya mimpi tapi nggak ada usaha. cuma diam, tidur, nggak gerak.. Maka dari itu, gue memutuskan untuk menjadi sang pemimpi. sang pemimpi yang nggak cuma statis tentunya, tapi dinamis. maka masuk lah dreamer ke dalam bio twitter. 

Blogger
selanjutnya, gue mencari sesuatu yang belakangnya "Er" yang nggak kalah gaul dari pemimpi. emm... gue mulai berpikir kaskuser. dulu gue memang cukup sering buka kaskus, buat mosting postingan ngga penting kayak.. gombalan-gombalan terjitu atau semacamnya. setelah dipikir-pikir lagi, gue memang sangat nista saat kelas 8. tapi karena gue nggak hobi jualan dan belum dapet cendol di kaskus, maka gue urungkan niat untuk memasukan kaskuser itu. sejenak gue berpikir tentang blog. gue sempat punya blog saat kelas 8 dulu, walaupun nggak aktif, tapi.. beberapa kali nulis sih. dan kayaknya blogger terdengar keren untuk dimasukin ke bio twitter. maka masuk lah blogger ke dalam bio twitter gue.  

"Ada banyak hal menarik dalam hidup ini yang sayang kalau dilewatin dan dilupain begitu aja. kalau hal menarik itu bisa diingat dalam bentuk tulisan di blog, kenapa enggak? ngeblog lah dari sekarang.." - Jefferson Laay, ahli botani dari jelambar.

Jombloer.
Selanjutnya berhubungan dengan status. beberapa orang bilang kalau jomblo itu nasib dan single itu prinsip. mungkin dalam kasus ini, para jomblo yang menyebut statusnya sebagai single nggak mau mengakui nasib mereka. padahal, single sama jomblo sama aja. cuma beda bahasa. mau nasib, atau pun prinsip, sama aja kan, nggak punya pacar. karena gue berusaha untuk apa adanya, maka gue menyebut diri sebagai jomblo. tapi, rasanya terlalu mainstream dan klise kalau cuma menyebut diri sebagai jomblo. harus ada yang ditambahin lagi. mungkin bakal keren kalau... jombloer. maka masuklah jombloer ke dalam bio twitter.

******

Sejak saat itu, kolom bio di akun-akun social media yang lain gue isi dengan bio yang sama: dreamer, blogger, jombloer. walaupun sebenernya nggak semua akun gue isi dengan kolom bio seperti itu. 

Beberapa hari yang lalu iseng-iseng gue mesen topi trucker. gue bingung mau bordir tulisan apa. tadinya gue pingin nulis I Love Mom. tapi, niat itu gue urungkan dengan memesan tulisan: dreamer,blogger, jombloer. itung-itung.. bisa jadi bio berjalan. 



ijeverson
Kolam renang tersepi di dunia..
  

81 comments:

  1. Hahaha... itu gak niat bunuh diri kolam renang kan gegara jadi jomloer.

    ReplyDelete
  2. yaaelah masih ada kata-kata jombloer yaa :D kapan ada si doi nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jombloer a.k.a jomblo user,
      salah satu cara terbaik untuk menikmati masa muda..

      Delete
  3. Niat banget mau bikin bio twitter aja mesti pakai filosofi segala, nggak sekalian ditambahin "wotagonis" sama nama oshinya juga nih?

    Jadi inget awal-awal buka twitter mau ngefollow member jkt doang, penasaran nggak sama bio twitterku? folbek ya @RizkiRamdhani17 *tambah promo, maklum fakir folowers :(

    Topi trucker kata-katanya bisa dipesen sendiri emagnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Headernya juga ganti ya..

      Delete
    2. filosofi itu penting... hmm..
      saya sudah tidak terlalu wota vroh..

      pesen aja sama penjual topinya. biasanya kalau pesen topi langsung sekalian di bordir sama kata-katanya tuh..

      Delete
    3. Filosofi bio, bagus kalu dibikin film..
      Kan kan udah pada meninggalkan semangat ngidol,

      Delete
  4. jombloernya kenapa digedein bro? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur, gue nggak nyuruh si tukang topinya buat gedein jombloernya.

      Delete
    2. Intinya tukang topinya udah tau kalo lo JOMBLO nya ngenes
      hahaaa
      ampuuun

      Delete
  5. Caileh, ngomongin bio.

    Huwahaha, dulu waktu kelas 11 SMK, gue sempet nyantumin nama pacar di bio Twitter. Eh, pas kelas 12 mendadak males. Agak norak gimana gitu. XD
    Entah kapan, setelah beberapa kali ganti bio, kayaknya pas gue mulai rajin nge-blog, bio itu bertahan sampai sekarang. Coba aja cek (at)yoggaas, Jev. Huwahaha.

    I love mom sebenernya bagus juga, sih. :)
    Lu enak, bionya hanya 3 kata. Lah gue, nggak akan muat di topi. :(

    Ciyeee ganti header.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kelas 9 gue juga sempet nyantumin nama pacar di bio.
      terus waktu kelas 11, cowok lain yang nyantumin nama dia di bio..

      Delete
  6. Ah... sampe sekarang aja aku belom bisa nemu bio andalan Jev :(

    ReplyDelete
  7. yang jomblo coba merapat .. hihihi :D :D *maaf :)
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. kenapa tuuh modelnya ngadep belakang hhehehe betewei suka banget tuh ama header blognya, Jadi pengin dibikinin order header blog kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kalau hadep belakang lebih gaul.
      serius?

      Delete
  9. Haha, kalo gue sih bio twitter gak gue pusinginn amat sih. Yang penting bermakna buat gue kwkwkw...Btw, keren juga bionya bang, kata "jombloer" membuat bio itu jadi lebihh unik. :3

    Snapbacknya keren, pesen dimana atuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue liat di iklannya instagram dagelan... ada yang jual topi trucker dengan harga bersahabat. langsung gue sikat..

      Delete
  10. Bener-bener niat nih bikin Bio
    sampe" topi'a udah bikin. kalo baju'a udah bikin juga belum Jev??

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak, nggak seniat itu juga sampe bikin baju..
      itu trucker juga cuma iseng-iseng doang bikinnya.

      Delete
    2. padahal keren loh Jev itu dibikin baju (y)

      Delete
  11. saya malah belum ketemu bio yg pas

    twitter ajasejak pertama buat sampe sekarang cuma ganti foto doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyari yang cocok memang butuh waktu.

      Delete
    2. ya bener sih

      kalau sembarangan juga nggak enak
      bio yang asal-asalan malah bikin nggak keren
      ckckc

      Delete
  12. kenapa ngga mantaner aja Jev?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mantan adalah mhakluk dari masa lalu.
      masa muda seharusnya dihabiskan dengan memikirkan masa depan. bukan masa lalu.

      Delete
  13. pamer jomblo nih ye.. hhaa

    eh follback blog dong!

    ReplyDelete
    Replies
    1. promosi terselubung gitu.
      hmm...
      sudah kuduga.

      Delete
  14. Hahhaa, bagus juga itu Dreamer, Blogger, Jombloer. Berkarakter. :D
    Ah, sosmed. Lama-lama aku lelah juga banyak sosmed. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkarakter, barter, bertender.
      #inijayus

      Delete
    2. Salamander, imajiner, gamer, camer, programer, desainer, puyer, dan lain-lainer.... >.<

      Delete
  15. Yap gue juga sering kehilangan kunci motor, apali pas mau make motornya.
    pas dicar-cari, eh ternyata ada di saku celana gue, kan an....... -_-.

    Dreamer, Blogger, Jombloew. Hmm sudah kuduga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunci motor memang adalah salah satu benda paling kampret yang keberadaannya suka menghilang entah kemana.

      Delete
  16. Beuh, dari nyari barang nyampe nyari jodoh! Beda jauh, tapi da... nyambung. :(
    Btw, itu fakta banget yang bio twitter. Aku juga pernah masuk dalam bagian itu. Dan aku bingung. Itu foto terakhirnya mau ngapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah, mungkin nama fasenya... fase mencari bio twitter.
      mau berenang... di lautan yang penuh akan kenangan masa lalu.

      Delete
  17. Gue tergolong anak baru di twitter, jadi belum ngeh kalo bio ini begitu penting di kelanjutan hidup twitter . . jadi bio gue juga seadanya . .
    Wihhh perjalanan mencari bionya gitu banget yes . .?? Sampe bisa dijadiin postingan . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya nggak penting2 amat sih, cuma beberapa orang yang menganggapnya penting.
      gue.. gue termasuk kedalam beberapa orang itu.

      Delete
  18. Jombloer.. terus kapan punya pasangannya? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya pasangan, mungkin bio gue akan menjadi.. dreamer, blogger, salamander.

      Delete
  19. remote tv emg ngeselin tuh sering banget ilang-__- Kadang kalo gue males nyari ya nyalain aja lgsg dri tv nya gapake remot2an-__-

    Keren banget lo bisa nemu bio bgtu! hanya 3 kata tp penuh makna... #Hazeek..
    Gue sendiri bio twitter kdang quote2 keren doang, itu jg copasan, klo bkinan sndri mah cuma nyantumin kesukaan doang kdang.. Tp klo nyantumin nama pacar di bio sih gak pernah.__.

    Ohya ngmongin header.. Keren tuh! Kreatif bgt! Ajarin bkinnya dongg.. Hahaa.. Fotonya jg menggambarkan anak SMA banget, tp sayang bajunya gak rapih, gak pake topi dasi sama gesper juga lagi (Woyy! Emang dikata mau upacara!!-__-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara remote tv sama harapan dari gebetan beda tipis. sering ngilang entah kemana.
      bikin headernya.. cuma nyatuin gambar pake photoshop. yang susah itu sesi foto diri sendirinya..

      Delete
  20. Awas lho, jev. Jombloernya jadi kutukan yang real. Kadang ngomongin soal gaul, gue kurang gaul soalnya. Tipikan cowok yang santai dalam berfikir, tegas dalam mengambil keputusan, gaul bukan tipe gue.

    Tapi, itu salah satu hal yang keren. Gue juga awalnya gonta-ganti bio, pernah malah mau ganti pacar. Tapi, karena takut karma, gue pun mengurungkan niat itu.

    Soal apapun itu, kalo udah urusan status. Mending lu nikmati aja. Tapi, kalo tujuannya untuk komitmen. Gue setuju banget. Komitmen buat jomblo sampe tua. Itu bagus lho, jev. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amit-amit jabang jomblo..
      yak, gue setuju tentang status yang harus dinikmatin.

      Delete
  21. Kalo gebetan lu ilang, lu mau cari dimana? Di rumah mertua mungkin :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, bukan di rumah mertua.
      tapi di rumah sahabat. karena gebetan hilang, pasti ditikung sahabat sendiri. waspadalah.. waspadalah.

      Delete
  22. eeh loe jombloer juga jev, sama donk.. ToooS..

    ReplyDelete
  23. ternyata perjuanganmu cukup panjang untuk mendapatkan bio twitter, jev. O_O gue mah ngasal aja. pernah dikatain norak juga bodo amat. xD

    eh, itu yang jombloer bisa jadi doa loh, Jev~ ati-ati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amit-amit jabang pacarnya mantan..

      Delete
  24. topinya cocok ada tulisan jombloernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA.. JADI MAKSUDNYA GUE COCOK JADI JOMBLO GITU YA. MAKASIH.

      Delete
  25. keren lo Jev. Walau cuma 3 kata, tapi tiap kata punya arti tersendiri yg semua makna nya hebat. Apalagi jombloer.
    Hahhaa.. ada2 aja ide lu yak.

    Topi sama kolam renangnya keren yaa.. Banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dreamer, blogger, jombloer. ketiganya adalah karakter. bukan bartender. apa lagi salamander.

      iya, makasih. gue nya enggak kan. makasih..

      Delete
  26. Masalah nulis bio twitter yang gaul dan biar mendeskripsikan diri kita itu emang bener. Kalo aku jenis orang yang suka ganti-ganti bio, soalnya aku orangnya bosenan. Kadang saking bosenannya aku suka pengen ganti orang tua... oke ini mulai durhaka.

    Awal punya twitter aku lupa nyantumin bio apa. Yang pasti enggak alay, kayaknya sih. Tapi pencarian jati dirimu lewat bio twitter itu gaul ya jef. Sempat copas-copas bio gaul akun tetangga. Sampe nyari-nyari bio di blog orang-orang. Dan akhirnya lu nemuin sesuatu yang ngedeskripsiin lu banget. Gaul.

    Tapi kenapa ya font jomblonya gede banget. Apa itu artinya lu lebih condong ke jomblo daripada blogger ataupun dreamer. Entahlah, tapi yang aku tangkap adalah.... lu jomblo sejati jef.

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga, durhaka mu nak...
      gue nggak tau kenapa font nya digedein. tapi gue berani bersumpah, gue nggak nyuruh orangnya buat gedein jomblo nya. serius..

      Delete
  27. Ada juga cewek yang bio twitternya "Bathroom singer" tapi pas gue suruh nyanyi di kamar mandi gue malah gak mau. apa apaan.

    Kesannya keren aja gitu ya apa apa di pake ner dibelakangnya haha

    Btw itu punggungnya minta dikerokin atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah hidup, bung.
      sepertinya gue memang butuh dikerokin..

      Delete
  28. Kunci motor ama remote emang dua benda kampret yang sering ilang. Gue juga sering tuh dibikin pusing gara-gara suruh nyari dua benda kampret itu..

    Ternyata untuk menemukan sebuah bio twitter yang pas, diperlukan perjalanan yang panjang ya. Gue jadi terharu. Apa lagi pas ngebaca ke-gentle-an lo, yaitu ngakuin diri sebagai jomblo bukan single. Gue juga heran, kenapa masih banyak aja jomblo-jomblo yang gengsi. Udah jomblo, gengsian lagi. Lengkap sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue semakin curiga kalau gebetan2 yang suka ngilang entah kemana itu terbuat dari kunci motor dan remote tv.
      laki mengakui status.

      Delete
  29. 'maksud gue, barang yang belum pernah menyentuh hidup kita, tapi barang tersebut memaksa kita untuk mencarinya. misalnya jodoh.'
    ini sekalian curcol kayaknya ya hehehe

    ReplyDelete
  30. Kehilangan kunci motor dan remote tv adalah yang paling sering. Padahal cuma ketindihan bantal atau barang lainnya, tapi nyarinya sampe kemana-mana ya??? Nyari ke tetangga juga nggak ada ya, apalagi nyari di google... Jombloer, ada-ada aje

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kunci motor dan remote tv bisa ditelepon. pasti nggak akan serumit ini jadinya. ini semua salah pemerintah..

      Delete
  31. Maksudnya jomblower itu sekalian promo ya bang? *eh
    Itu doa lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. promo terselubung, lebih tepatnya.

      Delete
  32. haha panjang 'n kocak cerita perjalanan nemuin bionya, ditambahin actioner lebih bagus kyanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditambahin puser lebih bagus lagi..

      Delete
  33. lu nyari jati diri dengan grepe''? kok serem ya gue bacanya.
    bagus dah klo udah nemuin hal kyak gni. sbnernya gue nggak mikirin juga sih kyak gni. ngalir aja. yah, itung'' buat have fun aja sih pnya sosmed itu.

    tpi gue bngungnya, lo smpet''nya baca bio pra cwe''. sampe nemu berjenis'' gtu. bahahah. tapi yah, bnyak juga sih, yg profilenya cakep, tapi yah aslinya jele. bahkan ada juga yg cowo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau ngerti cewek, maka kita harus mengerti bagaimana cara mereka mendeskripsikan diri mereka sendiri. super sekali.

      Delete
  34. Wihh hebat bisa tau tipe tipe bionya cewek wkwkkw
    Aku dulu juga bingung pas mau ngasih bio di twitter. Alhasil malah googling dengan keyword 'bio twitter keren'. Gak ada kerjaan banget sih emang, dan aku malah gak dapet ide apa apa dari situ -_- dan sekarang bio ku isinya cuma tahun lahir sama alamat blog -_-

    Btw itu Jombloernya kenapa gede sendiri tulisannya? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda tidak sendirian. percayalah, dulu gue juga sempet nyari di google dengan keyword yang sama kok :D
      gue nggak nyuruh abang2 nya buat gedein tulisan jombloernya, serius..

      Delete
  35. gan blognya gak responsive di hp :| padahal artikelnya bagus, jdi susah baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gue sengaja bikin nggak responsive.

      Delete
  36. duh mantep banget tuh jev, kolam renangnya sendirian.... X)

    ReplyDelete
  37. Filosofi hidup lo keren juga Jev, terinspirasi dari Merry Riana. Tapi menurut saya, Jombloernya gak usah dimasukkin, nanti juga bakal kawin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia memang cukup membuat gue terinspirasi. terutama sejak gue baca bukunya waktu kelas 8 dulu.
      kalau gue kawin, bionya gue ganti jadi dreamer, blogger, salamander.

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>