Thursday, July 9, 2015

Memburu Zodiac.


Cast: 
Jake Gyllenhaal as Robert Graysmith, 
Mark Ruffalo as Inspector David Toschi, 
Robert Downey Jr. as Paul Avery

Robert Graysmith adalah seorang kartunis untuk surat kabar San Fransisco Chronicles yang juga menjadi salah satu sasaran Zodiac untuk kepentingan publikasi. Dia terpancing untuk mengetahui lebih lanjut tentang kasus ini dari rekan kerjanya, Paul Avery (diperankan oleh Robert Downey Jr.), yang merupakan redaktur utama untuk kasus ini. Yang membuat kasus ini menarik perhatian, selain karena teror yang begitu besar yang diciptakan, adalah karena kebuntuan yang dihadapi oleh kepolisian.

Dalam hal ini penyelidikan dipimpin oleh Inspektur David Toschi dalam menyelesaikan kasus ini. Zodiac digambarkan begitu lihai mengecoh kepolisian yang terus melakukan penyelidikan dan dengan memanfaatkan pers, Zodiac juga berhasil menciptakan perpecahan di antara pers dan kepolisian. Nah, di tengah keputusasaan yang dialami oleh kepolisian, Graysmith terpancing untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut demi menguak misteri tentang Zodiac.


(Sinopsis by: https://themoovie.wordpress.com/2011/08/21/zodiac-2007/)

******

Jake Gyllenhaal lagi.. Jake Gyllenhaal lagi. belakangan ini, entah kenapa aktor yang satu ini selalu gue jumpai di setiap film yang gue tonton. pertama di prisoners, lanjut ke zodiac, lanjut ke donnie darko dan yang terakhir.. nightcrawler.

Membunuh waktu kosong saat libur sekolah dengan melakukan movie marathon bukan lah hal baru bagi gue. sejak zaman paleolithikum dulu, gue sering menghabiskan libur sekolah dengan melakukan movie marathon. dan yak, genre favorit masih sama kayak dulu. nggak jauh-jauh dari genre thriller-mystery. bukan, bukan cuma thriller. harus ada mystery sebagai bumbunya, biar sadap gitu..

"I like killing people because it is so much fun. It is more fun than killing wild game in the forest, because man is the most dangerous animal of all." - Zodiac Killer

Film yang menarik perhatian gue di liburan kali ini adalah.. zodiac, sebuah film keluaran tahun 2007 yang based on true story. mungkin agak sedikit terlambat karena gue baru tau film ini. tapi nggak apa-apa, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan.. film ini menceritakan tentang seorang serial killer yang selalu mengirim surat berisi sandi zodiak ke media setiap kali dia melakukan pembunuhannya. di surat itu, si pembunuh menceritakan cerita-cerita pembunuhannya dengan menggunakan sandi-sandi zodiak yang sulit dipecahkan. 


  
Robert downey, Jake Gyllenhaal




Atas bagian kiri, itu contoh kode zodiaknya.

Tau apa yang menarik dari film ini? bukan cuma diangkat dari kisah nyata, tapi film ini diangkat dari kisah nyata yang... unsloved case. it's cool, man. yak, unsloved case!! kasus yang tak terpecahkan. jadi, bisa dibilang kalau si zodiac killer ini belum ketangkep sampai sekarang. kasus zodiak ini adalah kasus nyata yang pernah terjadi di amerika akhir 1960-an sampai awal 1970-an. di san fransisco, lebih tepatnya. kalau nggak percaya.. silahkan baca disini. buat yang hobi nonton film thriller korea, mungkin bisa dibilang inspirasi ceritanya mirip-mirip salah satu film thriller korea tahun 2003, memories of murder. film thriller based on true story yang unsloved case juga. malah gue curiga serial killer di memories of murder itu terinspirasi dari zodiac killer.  

Dari segala tersangka, maka semua usaha dan bukti-bukti yang dimiliki polisi mentok ke pria yang bernama.. arthur leigh allen. tapi sayang, bukti yang ada ternyata belum cukup kuat untuk menuduh leigh sebagai zodiac killer. kalau di search di google dengan kata kunci "arthur leigh allen", maka kita bisa liat ada penampakan foto asli dari si mr. leigh ini. bisa dicoba..

Buat yang suka film thriller-mystery atau ditektif-ditektifan, maka film zodiac ini bisa jadi sangat direkomendasikan. pertengahan filmnya emang agak memusingkan karena banyaknya tokoh yang muncul seiring berjalannya ceirta. walaupun durasinya 2 jam lebih, tapi ceritnya cukup menjanikan dan endingnya.. juga cukup apik. apa lagi, director dari film zodiac ini adalah.. david fincher, sutradara yang juga ambil andil di film-film yang cukup legend kayak se7en, panic room, gone girl dan.. fight club. 

Kalau gue disuruh ngasih rating dari 1- 10 dimana 10 adalah nilai yang paling positif, maka rating untuk film ini adalah: 8.1/10



               



63 comments:

  1. Asyik nih film buat di tonton, sepertinya seru. Apalagi harus mengungkap sang pembunuh yang berhasil memecah belah kepolisian dan pers serta susah di temukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. plus... based on true story.
      plus.. unsloved case.

      Delete
  2. seperti seru nih untuk di tonton, ekstrim gaa nih film nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekstrimnya gimana dulu nih..
      nggak ekstrim kayak film2 psikopat macam saw dan teman-temannya, gitu.
      yang jelas ceritanya nggak mainstream :)

      Delete
  3. film action bukan ?? atau film yang ekstrim ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. film thriller-mystery yang based on true story, lebih tepatnya.

      Delete
  4. emang sih movie marathon ini solusi yang paling pas buat ngisi liburan tapi ga kemana-mana wkwkwk. abis itu bikin reviewnya deh, itung-itung nambah postingan.
    btw keren juga filmnya, nanti coba gue tonton ah. sekarang gue lagi suka sm Percy Jackson nih ahahaha siapa nanya. makasih bro rekomendasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara terbaik untuk membunuh waktu luang di rumah, itung-itung nambah ilmu.
      percy jackson? entah kenapa dari dulu gue nggak pernah tertarik sama percy jackson. gue lebih tertarik sama pevita pearce.

      Delete
    2. bener. sekalian lo pamerin di path deh. haha.
      kampret hahaha mentang-mentang namanya mirip.

      Delete
  5. Bro coba nonton fil Boyhood atau Wiplash keren haaaa. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. film macam apa itu bro? gue cari sih ratingnya menjanjikan banget di imdb...
      kayaknya mantep.

      Delete
  6. Nyari-nyari dan nambah pengetahuan soal film, emang kegiata yang menurut gue seru. Selain kita mengerti tentang film itu, kita jadi tambah ilmukan.

    Bisalah jadi rekomendasi tontonan gue selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. true story banget kalau nonton film itu nambah ilmu. terutama, pengetahuan umum.

      Delete
  7. Ugh, gue gak ngerti apa-apa setelah baca post lu ini, Jev. Selera gue rendah banget.

    Hobi lu keren banget, Jev. Selalu tau film-film luar negeri. Bagus buat orang yang berburu info tentang film. Bagi gue yang gak ngerti film, cuma manggut aja bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue cuma.. berniat membunuh waktu kosong dengan menjadi jadi movie freak.

      Delete
  8. Gue taunya zodiac itu ramalan bintang yang tiap minggu itu.. cupu banget gue ya Jev :(

    Tapi keren, Ntar gue minta downloadin sama pacar gue hahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa harus bawa-bawa pacar si.....
      gue kan jadi inget statuss :(

      Delete
  9. woh, film mistery ya.

    mungkin saya tertarik nih
    tapi kayaknya nggak ada waktu buat nonton.

    sandi dengan gambar zodiac ya
    rasanya saya pernah lihat gitu.... em tapi kayaknya bukan.
    kalau disamain lagi mungkin kah sama seperti episode di detective conan dimana memakai sandi dari bulan, bintng dan matahari.

    tapi baca ini, saya jadi teringat penulis agatha christie

    ReplyDelete
    Replies
    1. misteri itu bagaikan bumbu yang menyedapkan film thriller. apalagi misteri di film thriller yang tentang kasus pembunuhan gitu. asli seru.. bikin penonton mikir juga.

      agatha christie, hmm. kayaknya pernah denger.

      Delete
    2. agatha cristie penulis novel misteri yang terkenal. kebanyakan novelnya itu berisi cerita tentang pembunuhan.

      dia bahkan menciptakan trik pembunuhan ABC murder dan beberapa trik pembunuhan lainnya

      Delete
  10. Aku sempat mau download ini jugak karena yang main robert downey junior, aku suka kalau dia yang main.
    tapi karena film JUDGE! yang diadaptasi dari manga, aku lebih tertarik itu deh bahahah
    kayaknya mesti buruan download ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue sebenernya agak sedikit kurang merasakan greget waktu nonton judge. gue kira bakal seru, ternyata bikin ngantuk. gue kira yang jadi fokus thriller nya, eh.. drama nya yang lebih fokus.

      Delete
  11. Mantev, bisa jadi referensi buat nunggu buka piasa ini mahhhh. Asal adegan ++ nya minim ajaaa gpp kali yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngabuburitnya marathon movie, biar gaul.

      Delete
  12. gokil banget diangkat dari kisah nyata yang belum dipecahkan kasusnya. Kalau Jack the Ripper juga ampe sekarang belum ketauan kan siapa dalangnya?

    Btw selara film lu sama nih ama selera gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. gue belum nonton jack the ripper yang from hell itu. kayaknya itu film lebih ekstrim level psikopatnya.
      iya, based on true story yang unsloved. pria punya selera.. :)

      Delete
  13. gileeee genre penulis sama kayak saya aaa.. serasa menemukan jati diri yang sama di dalam orang lain hahaha. walaupun genre yang saya maksud lebih saya refleksikan ke bentuk tulisan atau bisa disebut bacaan. saya lebih suka membaca daripada menonton bro :D. but i think ngga masalah nyoba nonton ini film. thanks :D
    btw saya juga baru tahu ada film dengan judul ini, genre ini. kudet banget ya haha
    ohya typo tuh, unsolved yang bener :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gimana? emm.. berkaca di orang lain, oke juga. semoga kesamaan kutub ini tidak membuat kita tarik menarik seperti magnet.

      Delete
  14. aku bahkan baru tau ada itu film. Ah aku kan gak maniak ya. Gak salah donk kalau gak athu siapa iti pemainnya? muahaha.

    aku lebih tertarik ke jalan cerita. misteri kasus yang tak terpecahkan. kodenya menggunakan simbol zodiak ya. hubungan dari para korbannya apa jeff? biasanya bisa ditarik dari sana.

    sepertinya film-film thriler memang menantang untuk dilihat, daripada menye-menye yak. hanya saja aku gak mau over Jeff. takut. serius. kalau-kalau apa yang masuk ke dalam otak itu keluarnya juga begitu. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. genre2 kayak gini fokusnya emang ini jalan cerita kok. malah cerita sama konflikny yang menjual. sebenernya korbannya itu nggak ada hubungan sama pembunuhnya. ditembak asal gitu, ceritanya. ah... kayaknya udah banyak banget film horror asia yang gue liat tapi nggak pernah lebay sampe kepikiran terus. kalau film thriller yang sampe kepikiran itu biasanya bukan karena serem, tapi karena ceritanya bagus atau nggak ceritanya musingin. jadi susah move on deh dari ceritanya.

      Delete
  15. Wih mengisi liburan dengan nonton film sudah dilakukan sejak jaman paleolithikum? Umur situ berapa bang? :p
    Lumayan sih mengisi dgn hal yg berfaedah

    Gimana ya, bingung mau komen apaan. Aku kurang suka sih film yg genrenya misteri (bilang aja takut) tapi kalo ada teka-tekinya kayaknya menarik. Kayaknya sih..

    Berarti pembunuh yang asli sampai sekarang belum ditemukan ya? Jangan-jangan dia lagi ada disini baca review film zodiac

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya... umur gue 5 juta tahun cahaya mungkin.
      film misteri selalu menyimpan teka-teki, bung. iya, belum. wahahaha, gaul amat sampe zodiac killer baca postingan ini.

      Delete
    2. 5 juta tahun cahaya yang panjang doanya yang abadi berjuta tahun cahya kan tetap terus teringat...

      Padahal ada sketsa wajah pelakunya lho kok belum ditemukan ya, mungkin habis ngebunuh dia langsung operasi plastik kali ya?

      Delete
  16. Ohh itu typo ya mstinya unsolved, pantes gue bingung sndri kirain unloved=gak ada cerita cinta nya #ngarangsendiri

    Gue jg slalu ngisi liburan dgn movie marathon, biasanya sih streaming, klo dvd om gue yg sering beli.. Tapi gue blm nonton2 nih, lg sibuk ngeblog, Huehee..

    Soal film yg lu omongin barusan.. Gue gak ngerti, gue gak suka film2 yg trlalu memusingkan bkin capek mikir. Gue sukanya genre horror, romance, comedy, action lumayan sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. unloved dibagian yang mana sih? perasaan gue ngecek nggak ada yang typo unloved..
      film yang bikin penonnton capek mikir itu keren lagi. apa lagi film memento, atau donie darko. bisa bikin stress mendadak. gue suka semua genre kok..

      Delete
    2. bkan unloved deng, lu nulisnya unsloved, tp gue bacanya unloved. bhakakak..

      Delete
  17. Gue suka robert downey jr... hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue suka chelsea islan.. hehehehe :)

      Delete
  18. Ko gue baru denger ya..haha kudet
    okee sikat tonton

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada film ini... Dari postingan di atas kayaknya menarik, cuma gue gak mau terlalu baca lebih detail ttg sinopsis sih takut kena spoiler jadi baca dikit aja langsung turun ke kotak komentar haha...

    *brb nongkrong di torrent*

    ReplyDelete
  20. kaya'a seru nih filmnya, mistery mistery gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. misteri itu adalah bumbu penyedap..

      Delete
  21. harus nonton nih film ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ngestalk pevita pearce nih.

      Delete
  22. Pas baca judulnya, gue kira ini tentang ramalan-ramalan gitu. Pemeran utamanya suka ngeramal-ramalin nasib orang berdasarkan zodiac orang itu. Eh, nggak taunya film thriller mysteri. Beda jauh sama yang gue bayangin :D
    Gue mana tau film-film kayak gini. Gue jarang nonton film sih. Jadi, film yang gue tonton rata-rata ya film-film yang booming doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya bukanlah pe-repost ramalan-ramalan bintang di line.

      Delete
  23. Ih judulnya bagus eh. Tapi kenapa itu foto om om sebelah kiri mirip Tony Stark iron man ya jev? hahahah

    Aku suka banget film thriller. dari rating sama ceritamu sih keren kayaknya.. Tapi tahun rilisnya sudah lama ya. Kalau gitu cari bajakannya aja ah.

    Astagfirullah puasa puasa jadi pembajak -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang itu tony stark, emang itu tony..
      justru film thriller-mystery diatas tahun 2002 kebanyakan oke-oke dan nggak terlalu berat ceritanya.

      Delete
  24. boleh nih d tonton. masuk ke list gue juga brti. kmren ini malah lg seru nnton sherlock holmes yg serial bbc. auk dah, itu serial apa. intinya seru aja sih, pas liat holmesnya berargumen. kebetulan yg jdi holmes bukan robert dawny. yah, belom pernah nnton juga sih tentang detektif, tapi kasusnya blom solve gtu.
    tpi dua jam ya? lama juga, hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sherlock holmes nya bukan yang robert downey ya? gue nonton sherlocknya yang robert downey. sherlock holmes 1 sama 2, durasinya juga 2 jam lebih. 128 menit dua-duanya. gue curiga bakal ada yang ketiga, trilogi gitu.

      Delete
    2. Sherlock yang versi BBC lebih bagus menurut gue...

      Delete
  25. ini filmnya baca darah gitu gag :v
    gia lgi suja film yg bnyak darahnya soalnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini typonya keren...
      hmm.. kalau mau banyak darah itu nonton saw. kalau enggak, thriller korea tuh. i saw he devil, the chaser, the man from nowhere....

      Delete
  26. Bujug dah nih film. Gue suka karena ada Jake Gyllenhaalnya. Uwuwu :3
    Tapi nggak terlalu demen thriller, Mz. Ngeri hayati. :')

    ReplyDelete
  27. keren nih, jadi penasaran ane ama zodiac :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. noh di line banyak tuh ramalan zodiac sama golongan darah..

      Delete
  28. wih kalau dari trailernya kayaknya seru nih, ini dari cerita nyata ya?

    ReplyDelete
  29. Jev, ini filmnya bagus gak ? bukan horror kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gue, thriller sama horror itu beda, bung..

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>