Wednesday, July 22, 2015

Sisi Lain Lebaran.



Dan diakhir perbincangan, kalau anda punya kebranian yang lebih, ajak lah mantan anda balikan. biar kalau ditolak, anda bisa langsung bicara.. "mohon maaf lahir dan batin ya, aku cuma bercanda." jadi, emm..  kurang lebih begini dialog tanpa prolog dan epilognya:

"Eh... eh.. balikan yuk."


"Mohon Maaf lahir dan batin ya, tapi kamu terlalu baik buat aku.."


"Mohon maaf lahir dan batin juga ya, aku cuma bercanda ngajak kamu balikan.."


kalau anda ditolak, gunakanlah jurus dialog diatas untuk mengatasi segala kecanggungan. 


tapi kalau anda diterima, biarkan lah balikan dengan mantan menjadi rezeki di hari lebaran. 

****

Lebaran telah berlalu.. tapi liburnya masih tersisa, tersisa bersama dengan euforia penuh kemenangan. 

Lebaran kali ini terasa sama seperti lebaran-lebaran sebelumnya. terasa enak karena librnya lumayan panjang dan membuat kota jakarta menjadi kota yang cukup sepi di tinggal pergi penghuninya mudik ke village page (kampung halaman). ya, sepi. sesepi ruang di hati ini. ruang yang sudah bertahun-tahun ditinggal penghuninya.

Men, meskipun gue nggak ikut merayakan "lebaran yang sesungguhnya" karena beda keyakinan, tapi momen-momen lebaran kayak gini merupakan salah satu momen yang cukup gue tunggu setiap tahunnya. sebagai seorang pelajar, lebaran berhasil menimbulkan sebuah adventege tersendiri karena menghasilkan libur yang lumayan panjang. biasanya seminggu - dua minggu. dan biasanya libur lebaran ini kepotong-potong dengan libur sekolah. jadi ketika liburan sekolah selesai... masuk sekolah. seminggu kemudian lebaran, dan sekolah kembali libur padahal murid-muridnya baru seminggu masuk. tanggung kan.. 

Tapi.. tidak begitu dengan libur kali ini. kalau biasanya libur lebaran dan libur sekolah dipisah, kali ini kedua libur itu digabung men. digabungnya kedua libur itu pun dengan demikian menimbulkan sebuah keuntungan bagi para pelajar, yakni libur selama sebulan lebih. yak, untuk pertama kalinya liburan kenaikan kelas berlangsung selama sebulan 5 hari (kalau nggak salah). itu semua berkat dikoloborasikan dengan hadirnya libur lebaran. gaul, men. tapi, lebaran bukan melulu tentang libur. lebaran merupakan hari penuh kemenangan dan merupakan hari yang sangat bermakna bagi teman-teman umat muslim. kerukunan umat beragama di indonesia itu gaul men, meskipun ya.. ada beberapa kejadian kurang mengenakan akhir-akhir ini.       

Buat yang merayakan, biasanya lebaran ditandai dengan kebiasaan pulang kampung tahunan: mudik. dan yang lainnya silaturahmi ke sanak saudara, dapet thr, dapet nastar, daep opor ayam. dan... bagaimana dengan teman-teman yang memeluk keyakinan lain yang tidak merayakan, kayak gue? apa cuma diem-diem dirumah.. atau cuma bengong karena nggak ikut merayakan? tidak... men, ini lebaran. sayang kalau dilewatin cuma dengan melakukan hal yang monoton. bagi yang merayakan ataupun yang nggak merayakan, lebaran selalu memberi dampak-dampak positif. kenapa positif? karena protonnya lebih banyak daripada elektronnya. YOI.

Beda keyakinan bukan berarti nggak ikut merayakan kemenangan di hari yang penuh kemenangan ini. Ada beberapa hal yang gue suka dan selalu gue tunggu dari lebaran, kayak gini contohnya...


                                    Dapet Ketupat Lebaran. 

Men.. kerukunan umat beragama itu emang indah. seindah disapa "hai" sama cehlsea islan dan pevita pearce. 

Meskipun gue dan keluarga nggak ikut merayakan, orang warung di depan rumah gue nggak pernah absen buat ngasih ketupat bersama dengan sayur-sayur kuahnya setiap tahun. orang-orang yang ada di warung itu memang merayakan hari penuh kemenangan ini. meskipun merayakan, bukan berarti mereka melupakan saudara-saudara yang nggak merayakan. so, setiap tahun nyokap selalu dikasih ketupat bersama dengan opor ayamnya secara gratis... dan rasanya itu enak, men. perpaduan antara ketupat lebaran dengan kuah yang bewarna kuning yang cuma bisa dirasakan setahun sekali.

                                     Modus Menyapa Mantan

Men, lebaran adalah hari yang penuh dengan maaf-maafan. minta maaf ke sanak keluarga.. minta maaf ke temen-temen.. dan jangan lupa, gunakan lah momen spesial ini untuk minta maaf ke pacarmu. maksudnya, orang yang dulu pernah menjadi pacarmu. tapi sekarang sudah bahagia menjadi pacar orang lain. 

Seperti yang kita tahu, beberapa "kontak" dengan mantan kebanyakan selalu berakhir dengan canggung. buat ngontak aja canggung, apalagi buat minta maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu. hidup ini kejam, men. dan kali ini, di lebaran ini, nggak ada kata canggung untuk minta maaf.  kalau biasanya kita takut menyapa mantan karena takut digebukin pacarnya atau karena nggak kuat, maka di hari yang penuh maaf ini.. kita harus mencoba untuk mengambil advantage dengan pura-pura minta maaf ke mantan. tips dari gue, kontak lah mantan anda di malam hari. biar ketika percakapan maaf-maafan sudah mengharu biru, anda bisa mengakhiri percakapan dengan mengucapkan "goodnight". lumayan kan, bisa ngucapin selamat malam ke mantan. kapa lagi gitu, men.. 

Dan diakhir perbincangan, kalau anda punya kebranian yang lebih, ajak lah mantan anda balikan. biar kalau ditolak, anda bisa langsung bicara.. "mohon maaf lahir dan batin ya, aku cuma bercanda." jadi, emm.. kurang lebih begini dialog tanpa prolog dan epilognya:

"Eh... eh.. balikan yuk."

"Mohon Maaf lahir dan batin ya, tapi kamu terlalu baik buat aku.."

"Mohon maaf lahir dan batin juga ya, aku cuma bercanda ngajak kamu balikan.."

kalau anda ditolak, gunakanlah jurus dialog diatas untuk mengatasi segala kecanggungan. tapi kalau anda diterima, biarkan lah balikan dengan mantan menjadi rezeki di hari lebaran. 


                                    Jakarta, The Lost City.  



Sudah sejak zaman dulu mudik menjadi tradisi di hari lebaran. ada yang udah mudik beberapa hari sebelum lebaran, ada yang mudik di hari H saat lebaran, ada juga yang mudik saat lebaran sudah selesai (LAH?!). tak terkecuali dengan penduduk ibu kota kita tercinta, jakarta. setiap kali lebaran, kota yang terkenal dengan macet dan kepadatan penduduknya ini mendadak sepi. sepi bagaikan kota yang hilang dan ditinggalkan penduduknya. 

Men, gue benar-benar jatuh hati ke kota ini kalau saja kepadatan penduduknya setiap hari sama seperti saat lebaran. kalau sampai jakarta sesepi ini setiap hari, nggak akan ada macet lagi... kalau mau naik busway nggak perlu ngantri dan nggak perlu berdiri di dalam busway nya.. kalau mau naik kereta api juga nggak perlu desak-desakan.   

Gue curiga kalau kondisi ibu kota sesepi ini setiap hari, gue bisa kayang dan guling lenting di lampu merah tanpa takut bakal ketabrak. TAPII.. sayangnya, semua penduduk jakarta bukan lah bang toyib. yang 3 kali puasa, 3 kali lebaran, nggak balik-balik. coba aja kalau semua penduduk ibu kota ini kayak bang toyib, sejahtera dan damai lah kota ini dari segala kemacetan dan bunyi bising klakson kendaraan. dan juga.. polusi udara.

                                   Diskon Hari Raya 

Selain akhir tahun, lebaran merupakan hari yang cukup ditunggu bagi pemburu diskon. diskon lebaran dan diskon akhir tahun, 2 hal yang sangat disukai oleh mhakluk-mhakluk ekonomi, ekonomis maksudnya.  

men.. beberapa lebaran terakhir gue habiskan dengan membeli barang-barang diskonan. kebanyakan sih sepatu futsal. tapi kampretnya, meskipun udah diskon tapi tetep aja mahal. meskipun tetep mahal, tapi labelnya terasa berbeda karena ada diskon. tahun lalu yang gue bawa pulang adalah sepatu futsal adidas f10. meskipun udah diskon 20%, tapi harganya masih diatas 500k waktu itu. kan kampret. tapi kok... dompet gue nggak berkurang ya isinya? ternyata... yang beliin sepatu itu adalah nyokap gue. ternyata memang benar, kasih nyokap sepanjang masa. dan juga sepanjang sepatu futsal diskonan. 

****


I love you, lebaran.


TIIDAAAAAAKKKKKKKK!!!!!


                                                                       "tulisan ini diikutsertakan dalam best article blogger energy."

61 comments:

  1. Lebaran dan hari besar keagamaan lainnya kalo bikin rukun ya sejuk.

    "Harmony in diversity"

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah seharusnya, bung :)

      Delete
  2. gambar terakhir kampret amat haha

    wah asik nih certa lebaran dari sudut pandang orang yang engga merayakan lebaran. tp modus menyapa mantan emang terbukti jitu banget nih dipake pas lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet dari dagel itu gambar.
      yeah... makanya judulnya sisi lain lebaran..

      Delete
  3. dapet angpao juga nggak, Jev?
    Sinihh, kakak bagiii. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. angpao mah udah banyak februari lalu. bosan kakak...

      Delete
  4. Hahaha kami siap kembali ke Jakartanya emang bikin Ngakak banget, gile ya Motor2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya itu peringatan yang sangat membuat sedih bro :(

      Delete
  5. Haha padahal kalo lebaran gini pasti tulisan minal aidzin jadi salam pembuka yang default tapi berhubung yang punya blog beda keyakinan jadi nanti aja ngucapinnya kalo tiba saatnya *ceilehh

    Jadi udah habis berapa rupiah nih belanja diskonannya? Jangan lupa nyisihin sebagian uang yang engkau punya untuk mereka *nunjuk member jkt kan sebentar lagi hari raya wota. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya... kenapa gue lupa nulis minal aidzin yak... tak apa-apa lah, itung2 anti mainstream.
      ada beberapa lah.. :")

      Delete
  6. Men, tumben nyapa pake 'men'. True banget postingannya. Tetanggamu toleransinya besar ya. Bersyukur banget dapet kupat sama opor gratis. He.

    Tapi men, aku nggak terlalu setuju Jakarta jadi sepi. Buktinya, pas aku mampir ke Jakarta lewat mana gitu, lupa... macetnya naudzubillah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi men.. entah kenapa gue lagi pengen berinteraksi dengan menggunakan "men."
      yeah, tetangga ku ketupat ku.

      masa sih men? lo ke jakartanya waktu lagi arus balik kalik men.. jakarta sepi kok asli. nyaman banget..

      Delete
  7. Hahaha... banyak juga ya modus yang bisa dilakukan selama lebaran. Selamat lebaran mas bro, mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
  8. iya men... perbedaan itu indah. Gue juga suka berbagi dan dibagi sama tetangga yg non muslim.


    Love you too.. kata lebaran.

    ReplyDelete
  9. boleh juga tuh kata-katanya untuk ngajak balikan mantan :D
    curhat ya mas :-D *eh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma izeng.

      enggak curhat, enggak..

      Delete
  10. kalau lebaran di jakarta rasanya enak bgt menurut saya karena
    jakarta ga macet untuk sementara.. hahaha
    cie yang mau balikan sama mantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAPA YANG BILANG MAU BALIKAN BROH. ITU CUMA SARAN.

      Delete
    2. Caplocknya rusak ya jerson
      haha

      Delete
  11. kalau lebaran di jakarta rasanya enak bgt menurut saya karena
    jakarta ga macet untuk sementara.. hahaha
    cie yang mau balikan sama mantan

    ReplyDelete
  12. Hehe...samaan dengan di rumah tante, kalau Lebaran pasti nganterin makanan ke tetangga-tetangga yang non muslim. Gitu juga kalau Natal saya dengan senang hati ikut nyicipin kue khas toraja yang dianterin tetangga di rumah tante :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap tante...
      kerukunan umat beragama itu apik rek..

      Delete
  13. Aku berani jamin pasti kota jakarta jadi lengang dan sepi sehabis ditinggal mudik sama yang lain.
    Lebaran ini emmang menjadi berkah bagi setiap orang men. Bukan cuman untuk islam, yang keyakinan lain juga kecipratan. gitu juga di peryaan keyakinan yang lain. Ini yang aku salut sm Indonesia, toleransinya tinggi walau belakangan ini lagi ada konflik pembakaran mesjid di Papua sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus di papua itu seharusnya dijadikan pembelajaran saja..

      Delete
  14. bisa dipraktekan ya itu modusnya kayaknya waaahh entarlah lebaran depan mudah-mudahan.. setuju kerukunan umat beragama itu emang indah seindah dapet hai dari Dian Sastro atau Paramitha Rusady.. hehehehe :) saya suka kalimat terakhirnya tuh: i love you, lebaran.. kayak John Terry bilang happy eid mubarrak Indonesia.. hehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...

      hai dari fury citra juga lumayan indah.

      Delete
  15. Kesimpulanya Baper kan ,, wkwk

    ReplyDelete
  16. Kenapa positif? karena termasuk golongan kation, bukan anion... (he..he.., basa basi "-_-")

    Wah tetangganya baik yah, selalu kasih jatah ketupat. Kalau lebaran begini yang paling menguntungkan bagi para pelajar memang liburannya.
    Walau beda keyakinan tapi tetap mendapat berkah idul fitri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik, anak kimia. halah..... gue elektrovalnsi juga lu men.

      hidup kesejahteraan pelajar.. merekdekah.

      Delete
  17. Buat orang yang enggak merayakan dengan artian sesungguhnya, lebaran punya sisi lain ya jef. Tapi tetep sisi lainnya itu positif dan menguntungkan. Yang paling menguntungkan sih Jakarta sepi. Impian orang yang asli tinggal di Jakarta tuh pasti. Bisa melihat jakarta sepi dan tidak bising.

    Sepertinya tahun ini aku enggak maaf-maafan sama mantan pacar ataupun mantan gebetan. Padahal aku punya banyak salah sama mantan pacar dan mantan gebetan. Tapi aku takutnya kalo minta maaf ke mereka dibilang modus. Dan takutnya keterusan sampe ngajak pacaran lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jakarta kayak begitu setiap hari, sejahtera lah ibu kota ini. bebas dari bunyi bising klakson.. polusi udara.. dan mungkin, banjir juga bakal berkurang volumenya.

      Delete
  18. Waktu lebaran bagusnya bawa teman cewek kalo main, jadi kalo pas ditanyain nikah suruh jawab teman aja haaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenag. nggak akan ada yang nanya gue kapan nikah..
      selama itu bukan hari raya imlek.

      Delete
  19. Pantang untuk minta balikan sama mantan gue mah :)) *songong*

    Jakarta keren kalau di hari raya idul fitri jalanan jadi sepi nggak macet lagi, lahh kebanyak pendatang sih jadi pada mudik semua :D

    ReplyDelete
  20. hari raya idul fitri dimanfaatin buat maaf-maafan sama mantan :D boleh juga tuh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ditanya kapan nikah sudah terlalu mainstream...
      lebih baik di tanya kapan balikan..

      Delete
  21. Hahaa itu apaan. Awalnya mau mohon maaf lahir batin, kok malah ngajak balikan. Jangan baper Jev, jangaaann :D

    kalimat ''perpaduan antara ketupat lebaran blablablaa '' itu sumpah, bikin gue ngiler ngebayanginnya -___- tanggungjawab lo !

    menghargai antar umat beragama itu memang penting men,
    yaudah kalo gitu, MANA THR BUAT GUE JEV ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita buat perjanjian dulu..
      gue kasih lo thr, lo kasih gue angpao dengan isi yang sama.
      deal or no deal?

      Delete
  22. Emang gitu kalo tiap lebaran pasti di Jakarta jadi sepi bak padang pasir yang tandus.

    Bener tuh, pasti momen lebaran dijadikan momen menghubungi kembali mantan. Maaf-maafan, nostalgia, lebih beruntung lagi bisa balikan. Berkah banget deh

    ReplyDelete
  23. udah putus juga masih cari kesempatan aja ya. hahahah. cari cari kali aja masih beruntung hihihih.


    ReplyDelete
  24. emang enak banget sih kalau mau lebaran diskonya gede, tapi itu hanya ilusi, kadang harganya di mahalin, diskonya di gedein , jadinya kan sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih. tapi beda sama cewek..
      kebanyakan cewek lebih memilih barang seharga 950 k dengan tulisan diskon coret 50%,
      ketimbang membeli barang seharga 900 k dengan kualitas yang sama tapi tanpa coretan diskon.

      Delete
  25. Hahaha iya modus nyapa mantan gebetan mantan pacar mantan sleingkuhan, banyak diskon dimana-mana dan lagi ibukota jadi sepi, di Banjarmasin juga jalanan jadi lengang gitu ga kaya hari biasa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti nggak berubah namanya.....

      Delete
  26. Kalau misal ketika kita ngajak balikan dan dianya mau, terus kita kegirangan, kemudian dia bilang

    "Kita putus lagi ya, mohon maaf lahir batin"

    Kita harus bagaimana, suhu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut suhu, berarti kamu dan dia bukan jodoh. karena kalau jodoh, dia tidak akan memutuskanmu secara sepihak dengan begitu cepat. ini semua tergantung shio.. kalau dia shio naga, nggak bolhe pacaran sama shio ular. karena ular dan naga tak akan pernah bersatu... yan satu di tanah, yang satu di langit. gimana mau ciuman?

      Delete
    2. Baik suhu, penjelasannya bisa diterima dengan baik. namun, jika bicara jodoh, apa bisa saya dipaksa untuk berjodoh dengan dia? tolong lah suhu. Masalah shio, saya bisa bayar berapapun deh asal bisa diganti kek itu shio saya. biar bisa ciuman. Yah? tolong lah suhu

      Delete
    3. jodoh itu tidak bisa dipaksakan, nak.

      Delete
    4. begini perumpamaannya anak muda:
      kalau kaki anda ukurannya 44, lalu dipaksa masuk sepatu ukuran 40.. apa nggak sakit tuh kaki? atau kaki ukuran 40 disuruh pakai sepatu ukuran 44. apa nggak kegedean tuh? makanya.. cari yang pas.

      sama kayak jodoh men. kalau nggak pas, ya cuma bakal bikin sakit. seperti kaki yang dipaksa masuk sepatu yang bukan ukurannya.

      Delete
  27. Sebelumnya gue mohon maaf lahir dan batin. Semoga kerukunan Indonesia tetap nomor satu. Amiin

    Bener banget brai. Di kampung gue juga gitu, entah itu muslim atau kagak tetep aja tuh dikirimin yang penting biar saling merasakan kemenangan di hari raya. Dulu keluarga gue pas natalan dan imlek juga dikirimin makanan soalnya brai. sama cainis toko depan gang gue

    Gue juga hubungin mantan meski pun tinggal 3 bulan lagi mau nikah sama tunangan. meski gue enggak se ektrim saran elo lah brai. dia mau merit soalnya

    Diskon di mall kota gue juga gede2 an. tapi tahun ini sepi brai. soalnya banyak warga di kota gue mulai suka toko ONGLEN kasian mall2 kecil di kota gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi brai.
      seenggaknya anda pria yang super brai... mau mennghubungi mantan walau dia sudah bertunangan. salute brai.

      Delete
  28. Kerukunan antar umat beragama memang indah men..

    Wahh.. Lu klo makan ktupat kuahnya dicampur antara opor sm sayur tupat? Gue malah dipisah, tkut pda berantem._.wkwk. Paginya sayur sm ketupat, siangnya opor sm ktupat.. Klo nyampur gtu malah ga seru rasanya..

    Ah, katasiapa jkrta sepi dan damai? Gue pas hari H lebaran ttep kejebak macet men!!-___-Jangan lupakan penduduk jkarta yg gak punya kampung~
    Hmm.. Kalo maap2an sm mantan pas lebaran.. Kyaknya engga deh, lgian dia udh pnya pcr, kan gaenak #halahcurhat

    Diskonan lebaraannn... buy 1 get 1... Jangan sampe ktinggalan deh pokoknyaaa! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. enakan di campur ah... mana enak dipisah.
      masa sih? hari h lebaran gue di rumah doang sih.. tapi besok sama besok dan seterusnya lagi keluar... jalanan udah sepi banget. sesepi ruang di hati ini.

      iya, dia juga udah ada yang punya. #lahnapajadicurhatjuga

      Delete
  29. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | www.Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://www.informasiberita.info | http://goo.gl/RkuB4G | http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/8rM20b | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/5dAkJO

    Kumpulan Berita Menarik
    Berita Menarik
    Artikel Aneh Unik
    Berita Lucu
    Artikel Misteri Dunia
    Blog Dofollow
    Tips Menarik

    Bandar Bola
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen DominoQQ
    Agen Capsa
    Agen Casino
    Agen Bola

    Prediksi Bola Jitu
    Kumpulan Berita Terkini
    BlogWalking
    Info Travel
    Bandar Bola
    Jadwal Bola
    Berita Unik
    Kuliner

    Kumpulan Agen Casino Online
    Situs Bola
    Agen Tangkas
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Poker
    Agen Togel
    Bandar Bola

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>