Sunday, August 2, 2015

Balada Belanja Online.

Selamat pagi, budak-budak online shop.

Belanja online,

Karena merasa sedikit krisis sepatu futsal, maka gue memutuskan untuk membeli sepatu futsal yang baru. 2 bulan yang lalu sih, sebenarnya. awalnya udah coba nyari di toko-toko semacam sport station dan tempat sepatu olahraga lain, tapi barang yang dimau stocknya udah pada habis. giliran ada, warnanya yang nggak ada. kampret. jalur online pun akhirnya ditempuh untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Padahal sebelumnya, gue adalah orang yang anti membeli sepatu secara online. bukan, bukan karena takut ditipu. tapi karena takut ukurannya nggak pas. jaman sekarang nyari yang pas itu sulit, fellas. 

Pernah dulu waktu beli sepatu futsal adidas f5 yang keluaran 2012, gue merasa sangat despicable. ukuran kaki gue waktu itu adalah 41, tapi karena merasa kaki gue akan mengalami pertumbuhan kedepannya, maka secara tidak logis gue memesan adidas f5 ukuran 43 1/3. alhasil, sepatu tersebut berakhir dengan kebesaran. gimana enggak, kaki ukuran sekitar 26 disuruh masuk sepatu ukuran 27.5 cm. alhasil, gue memutuskan untuk menambal sepatu tersebut di sebuah toko yang bisa membuat ukurannya terasa lebih kecil. gue dan sepatu masa depan gue itu pun menjadi bahan pembully-an di sekolah. hidup ini pahit, fellas.

Pernah juga sekali gaya-gayaan beli sepatu lari via online. awalnya, gue berniat menggunakan sepatu itu untuk ekskul voli. karena pernah punya pengalaman beli sepatu secara online dan kegedean,  maka waktu itu gue memutuskan untuk membeli yang pas. giliran sampe dirumah, ternyata sepatunya kekecilan. jempol-jempol kaki ini jadi kerasa sesak, nggak bisa napas. padahal kan.. jempol kaki memang nggak bisa napas. alhasil kaki gue dipaksa sakit-sakitan setelah memakai sepatu itu. sejak saat itu, gue memutuskan untuk tidak membeli sepatu secara online lagi.



Tapi, semacam diberi sihir, libur sekolahan kemarin akhirnya gue kembali memutuskan untuk membeli sepatu secara online. kali ini gue cukup berhati-hati dengan ukuran, karena sekali lagi.. nyari yang pas itu susah, fellas. 

Pencarian pertama sepatu futsal ini berakhir dengan kampret. awalnya gue udah memastikan buat membeli sepatu di toko yang pertama ini, tinggal di transfer, transaksi beres. tapi.. karena telat transfer beberapa jam, si penjual malah menjual sepatu tersebut ke orang lain. sedangkan, uang sudah ditransfer kepada si penjual. kampret gan. walaupun uang akhirnya dikembalikan, tapi tetap aja hal tersebut sungguh kampret. gan.

Akhirnya gue mencari ol shop lain. setelah mendapatkan toko yang pas dengan harga yang pas, gue pun memutuskan untuk membeli di sebuah toko. walaupun harganya cukup pas, tapi tidak begitu dengan ukurannya. karena di toko online itu, cuma 3 ukuran yang tersisa. 41,42 dan 43. karena nggak mau ambil pusing, gue milih ukuran 42. men. transaksi selesai, barang tinggal tunggu dikirim. pengiriman itu sendiri via tiki regular, katanya si bakal sampai dalam 2-3 hari. 

5 hari 14 jam 28 menit kemudian..
  
Menunggu itu pahit, fellas. katanya cuma 2-3 hari, tapi setelah 5 hari, barang tak kunjung sampai. kham-pret. gue protes ke si agan penjual, tapi kata si agan tunggu saja. biar waktu yang menjawab. tapi, setelah 6 hari nggak dateng, gue pun kembali protes kepada si agan. si agan yang merasa tak berhasil memuaskan costumernya pun memutuskan untuk protes dan marah-marah ke tiki. 

Besokannya, barang langsung nyampe rumah. rumah tetangga gue. nggak lah, nyampe rumah gue maksudnya. men, tiki regular waktu itu sungguh tidak profesional. katanya 2-3 hari, ternyata seminggu baru sampe. itu pun karena di protes. mungkin kalau nggak di protes, barang nggak akan pernah sampai. tiki sungguh mengecewakan. jujur, palayanan tiki kala itu sungguh-sungguh mengecewakan, tidak profesional, menipu pelanggan. hidup jne.. 

Setelah sampai, gue langsung merobek-robek bungkusnya dengan buas. seperti singa yang sedang memangsa sugar glider, gue koyak-koyak bungkus itu. tapi tunggu.. singa kan.. nggak makan sugar glider??! gue jadi bingung. yang jelas, bungkus tersebut gue koyak-koyak dan berhasil terbuka. muncul lah sepatu futsal yang diinginkan. tanpa pikir panjang langsung gue coba. gue buka sepatunya, gue masukin kaki gue. semakin dalam.. semakin dalam gue masukin.. gue paksa-paksa masukin.. tapi kok sakit ya setelah gue masukin. ternyata, SEPATUNYA KEKECILAN! FIX KEKECILAN! NGEHEK.

Dengan penuh kekecewaan, gue mengkontak si agan penjual. gue melakukan perjanjian linggarjati dengan si agan. perjanjian tersebut berbunyi: 

"Dikarenakan sepatu 42 yang sudah dibeli kebesaran, maka bagaimana jika kita menukar sepatu 42 ini, dengan sepatu ukuran 34 B 43 yang masih ada di tempat agan. sebagai balas jasa, saya akan menyisipkan 25k sebagai biyaya tambahan"  

Si agan penjual setuju, barter pun terjadi. gue harus rela merogoh kocek lagi karena masalah ukuran sepatu ini. kali ini, barang dikirim via jne. 2 hari kemudian, barang sampe. gue kembali mengoyak-ngoyak plastik seperti singa yang sedang memangsa sugar glider. dan setelah gue coba... pas. kegedean enggak, kekecial enggak, pas. tapi mungkin, mungkin itu akan menjadi kali terakhir gue membeli sepatu via online, atau mungkin juga tidak. entahlah.


Sorry neymar, I only love your shoes.
   

61 comments:

  1. njir sedih banget wkwkwk... gue baru pertama kali beli sepatu di online. Untungnya pas, soalnya gue ukur kaki gue berapa cm. Lalu nanya kaki yg sebesar 21 cm ukuran brp. Ya walaupun dijawabnya ukuran 34. Kaki gue berasa kaki kurcaci :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga wanita. biasa kalau kakinya kecil.

      Delete
  2. Ahaha... Pengalaman beli online-nya nyesek semua ya. Kalo gue alhamdulillah beli di toko online selama ini lancar. Pertama kali beli di toko online itu di lazada. Beli Hape.Prosesnya lama, dikirimnya juga lama. Satu bulan baru nyampe barangnya. Mungkin karena Lazada udah besar jadinya ada semacam skema proses gitu kali ya. Trus pas barang udah ditangan JNE, nyampenya juga lama. Mungkin Kurirnya nyasar, karena gue baru pertama kali gunain jasa JNE... wkwkw :D

    Nggak bosen deh, belanja online itu. Ada rasa tersendiri.... menurut gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belanja online emang lebih greget rasanya bro.
      tapi kalau buat belanja sepatu secara online, kapok..

      Delete
  3. Duh mau komen gagal mulu ni

    Belanja online jujur banyak risikonya. Selain barang ga sesuai gambar, juga kadang lama nyampe..
    mahalan lagi ketimbang yg toko biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri khas dagangan online: photogenic.

      Delete
  4. kalo saya sih belum pernah beli sepatu online. beli sepatu di toko biasa aja sering enggak pas, apalagi online, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti jangan pernah nyari jodoh online.
      cari jodoh di dunia nyata aja sering nggak pas, apalagi online..

      Delete
  5. Nyari yang pas itu emang susah, fellas.
    Itu juga ngapain ada "Hidup jne hidup jne"nyaaa :')) ngakak!
    Yah, semoga nanti gak ke php lagi sama olshop ya gan. Pertamina!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih perhatiannya, fellas.

      Delete
  6. saya nggak pernah beli online

    emang dasanya saya bukan orang yang percayaan jadinya suka parno sendiri sama yg gitu-gitu



    itu saya penasaran dengan jasa ngecilin sepatu.
    sepatunya dipotong ya atau gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada di mall.
      jadi, alas sepaunya disumbat pakai sol yang bisa bikin sepatu jadi kerasa lebih kecil.

      Delete
    2. ohw, di sumpel

      kirain dipotong

      Delete
    3. dipotong terus sepatunya jadi bolong begitu... :")

      Delete
  7. Katanya anti belanja online tapi sebelum2nya belanja dua kali ya Jev... :D

    Segitunya ny i yg pas.. mesti ngabisin waktu buat nunggu sampe seminggu, begitu yg ditunggu dateng eh gak pas.. nambah duit lagi, nunggu lagi.

    Ya kalo gue sih beli sepatu online jelas nggak berani, kendalanya pasti bakalan ribet nentuin nomer sepatunya. Kadang walopun ukurannya pas tapi seringnya nggak pas 😁

    Hikmahnya, lo ketemu toko online bener bukan abal2.. mungkin minusnya lo beli sepatu dapetnya sepatu, padahal sapa tau aja bisa dapet iphone 6

    ReplyDelete
    Replies
    1. buakn anti belanja online, tapi anti belanja sepatu online. gara-gara sebelumnya ukurannya kedean atau kekecilan mulu makanya gue agak kapok. sepertinya adalah sedikit mustahil kalau penjualnya ketuker antara sepatu futsal dengan iphone 6. masalahnya, penjualnya aja cuma pake bb -__-

      Delete
  8. Ini sih singkatnya tingkat TRUST dalam hal marketing. (maklum S1 Manajemen Pemasaran). Jual beli baik offline atau online kalau tingkat Trust/kepercayaan sudah rusak bisa dijamin konsumen bakal kapok. Kaya lo gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah deh kalau udah dijadiin bahasan kuliah -___-
      sebenarnya bukan trust. gue percaya sama penjualnya. yang jadi masalah adalah... ukuran sepatunya susah ditebak.

      Delete
  9. Haaaa, kalo sepau aku baru sekali beli onlen. Dulu beli Adidas Predator, sekarang seringnya kalo onlen beli buku :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah predator.. kalau adidas gue lebih suka F10. ini aja gue cuma iseng-iseng pingin pake nike. setelah diperhatiin, hypervenom oke juga.

      Delete
  10. Hahahaha
    kalau gue sering belanja online tapi ga mau yang susah di ukur kaya celana, sepatu dll
    w lebih sering beli baju di online shop,,
    cz kalau seperti itu resikonya cuma 2 kalau ga kegedaan ya kekecilan
    terkdang juga gambar di online shop lebih bagus dari kenyataannya
    itu juga si yang buat kecewa

    ReplyDelete
  11. heu pastikan proile penjualnya jelas
    mudah"n tidak ada lagi kasus" seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue bukan ditipu men...
      gue cuma buta ukuran..

      Delete
  12. Kayaknya toko online udah jadi kayak gaya hidup nih buat masyarakat kita....mulai dari buku, sepetu, sampai sandal pun online...ini bener fenomena yang efeknya...efeknya??? Efeknya apa ya? Efeknya tanda tanya.

    Tapi ada postifnya juga, nggak perlu buang bnyak untuk masuk ke toko toko dan nyari barang yamg pas. Kalau nggak pas, cari toko yg lain. Kalau nggak pas lagi, cari yang lain lagi. Itu buang waktu dan melelahkan perasaan.

    Ah, jangan jmgan nanti kesihir lagi dan beli online lagi.....kayaknya mesti beli tameng anti sihir...semoga aja ada yang jual online..*upsssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. jodoh pun bisa online, fellas.

      Delete
  13. kalao belanja di online shop emang gitu maslahpengiriman, gue je en e aja pernah sampai dua minggu baru sampai, bayangin dua minggu bro, sampai jenggotangue nunggunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu satu kota atau beda kota? ini gue tiki sih satu kota. dari jkt-jkt. dijanjiin 2-3 hari.. tapi seminggu baru dateng. itu juga gara-gara diomelin dulu ke tempat tikinya. mungkin kalau nggak diomelin, satu abad baru nyampe.

      Delete
  14. yaa itulah resiko membeli di online shop :)

    ReplyDelete
  15. Mending beli yang kegedean gitu ya, gampang bisa dikecilin. lah kalo kekecilan, kan engga bisa di gedein

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu emang problem. awal-awal gue pesen ini sepatu dateng kekecilan. karena nggak mau kaki gue tewas kehabisa oksigen, maka gue memutuskan untuk menukar dengan uk 43.

      Delete
  16. aku belum pernah belanja online mas hehehe mending beli langsung ajah ke tokonya biar bisa di cobain dulu kan gak bakalan kecewa hehehe

    ReplyDelete
  17. belum pernah belanja online.. hehe.. Kalo Neymar ke Chelsea gimana ?? kalimatnya gak akan kayak gini kan: i only love your shoes.. Pasti ditambahin and you.. hehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. andai saja itu terjadi pada neymar, sudah pasti..

      Delete
  18. Ini yang aku takutin kalo beli barang yang ada ukuran-ukurannya, takutnya enggak pas, karena nyari yang pas itu susah, fellas.

    Mending jev, kalo mau beli sepatu ukurannya dilebihin satu dari ukuran yang pernah dipunya. Jadinya enggak kekecilan, walaupun kebesaran kan enggak papa, dari pada kekecilan, bikin jempol nggak bisa bernafas, walaupun aslinya juga nggak bisa bernafas sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dunia nyata aja nyari yang pas susah fellas. apalagi kalau cuma di dunia maya, dunia elektronik yang menjadian kita sebagai budak-budak jaringan internet. fellas.

      Delete
  19. ya namanya juga belanja di online shop, pasti ada sesuatu yang engga kita harapkan :) :D kalau mau beli sepatu mending beli langsung aja ke toko dari pada gitu lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang membuat gue cukup kapok, fellas.

      Delete
  20. Ternyata beli sepatu di olshop sama kayak beli kucing dalam karung. Untung-untungan, fellas.

    Buat kedepannya, mending beli yang kegedean sekalian aja, kali, Jev. Biar nggak merasa rugi gitu. Selain itu, beli sepatu lebih baik beli di toko langsung, daripada beli di karung *apasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagai air susu dibalas air cucian, fellas.
      gue udah pernah beli kegedean, masalahnya adalah.. ngecilinnya susah. dan sepatunya masih kegedean sampai sekarang.

      Delete
  21. Itulah resiko beli sepatu atau pakaian via Online
    kalo kebesaran sih mending kalo kekecilan malah ga ke pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kekecilan cuma bikin sakit. kalau kebesaran cuma bikin nggak nyaman.
      makanya.. mesti pas, fellas.

      Delete
  22. Dilema belanja online ya gitu bro. Kalau gak kena tipu---barang yang kita beli tidak sesuai dengan yang kita pesan.

    Ngomong2 soal sepatu kekecilan Gw juga pernah ngalamin. Waktu itu sepatu lari, karena kecil gw paksain juga buat lari, larinya juga cukup lama +- 1 jam. 2 hari setelah itu jempol kaki sebelah kanan gw menghitam, sebulan kemudian copot. Butuh waktu satu tahun untuk menumbuhkan kembali itu kuku, dan kembali seperti kuku normal...

    Sejak itu kapok deh Gw make sepatu kekecilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamak.. demi kerang ajaib, setahun baru sembuh..
      gue pernah sekali mesen sepatu lari kekecilan juga. tapi, buat main voli. untung nggak senaas nasib lu fellas...

      Delete
  23. Kebetulan gue lg pengen nyoba olshop, beli sepatu. Tapi agak ragu juga. Takutnya gak sesuai dgn ukuran kaki, soalnya kaki gue agak labil gimana gitu Jev, kadang pendek, kadang panjang -___-

    Dan setelah membaca postingan ini, keraguan gue terjawab. Dan gue memutuskan untuk tidak melakukan olshop.
    Terimakasih klinik Tong-Fang !
    Hidup JNE !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, saudari elektronik.
      froza JNE! tapi, kadang jne juga ngekiin. tap.. lebih sering memuaskan.

      Delete
  24. Kadang hal kayak gitu emang kampret. Keduluan sama pelanggan yang lain. Terus sama yang sistem PO gitu dah. Kalo yang mesen udah banyak baru barangnya ada. Parah. Capek nunggu. -__-

    Gue pernah beli ukuran 40 masa gede banget. Entah, itu ukuran apaan. Ukuran 40 berasa 42. Karena males ngurus-ngurusnya. Ya udah, gue ikhlasin aja. Gambar sama aslinya jauh banget, euy. Sejak itu, gue males beli barang online. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya itu. gue udah kedahuluan, sekali barangnya ada harus nunggu seminggu... giliran nyampe kekecialn, harus nuker lagi.. nambah duit lagi.. baru bisa nemu yang pas. barang-barang online emang kebanyakan photogenic.

      Delete
  25. Nah itu dia yg bkin gue males beli sepatu ato apapun yg dipake di kaki via online. Soalnya ukuran dri tiap toko bisa jadi bedaaaaa, jdi hrus hati hati. Kalo ga ya malah jdi nuker nuker gitu deh, bikin males dn mkin boros. Masih jga kdang apa yg kita liat itu ga sama dgan apa yg kita dapat alias tipu2 gitu. Khan sedih, fellas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. barang online itu kebanyakan photogenic, fellas.

      Delete
  26. Wah gue juga menghindari beli sepatu online sih, waktu itu pernah beli tapi gue dapet sepatu zonk banget. makanya mulai sekarang gue gak beli sepatu online. Kecuali ke online shop brand yang udah gue percaya, baru gue berani beli di situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah ilah.. belanja online dapet barang zonk..
      itu belanja online atau super deal 2 milyar..

      Delete
  27. itu sih emang kekuarang online shop. barangnya nggak bisa kita cobain apalagi kayak sepatu yang ukurannya harus pas. lagian sepatu nggak bisa dikecilin di tukang jait seandainya kegedean, dan kalau kekecilan ya terpaksa harus jadi kasus kayak lo ini di tuker.. haha

    semoga online shop bisa punya solusi atas kekurangannya..

    ReplyDelete
  28. wih jadi pengalaman dung beli belanja online hhe . Seperti kata orang tua , sabar itu baik hhe

    Gila keren banget pilihan sepatu lu

    ReplyDelete
  29. Itu sepatu kenapa bisa ukuran 34B?? Harap jelaskan...

    saya juga nggak begitu suka belanja online, terutama pakaian atau sepatu, karena takut nggak pas ukurannnya...

    ReplyDelete
  30. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | www.Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://www.informasiberita.info | http://goo.gl/RkuB4G | http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/8rM20b | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/5dAkJO

    Kumpulan Berita Menarik
    Berita Menarik
    Artikel Aneh Unik
    Berita Lucu
    Artikel Misteri Dunia
    Blog Dofollow
    Tips Menarik

    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Terkini
    BlogWalking
    Info Travel
    Jadwal Bola
    Berita Unik
    Kuliner
    Tukar Link

    Kumpulan Agen Casino Online
    Situs Bola
    Agen Tangkas
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Poker
    Agen Togel
    Bandar Bola

    ReplyDelete
  31. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    Berita Menarik
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Kumpulan Berita Campuran
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal :)

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>