Thursday, August 20, 2015

Melancong Ke Thailand Chapter 2: The Holy Saturday



Sabtu pagi itu kami (gue, kakak gue, nyokap, dan SGF) melanjutkan perjalanan di negri gajah putih. ternyata, terbangun di negri orang lain itu rasanya aneh, fellas. praktis pagi itu pun menjadi pagi pertama kami di negri 1000 pagoda.

Tempat tujuan kami sabtu itu adalah: the grand palace, wat po, wat arun, dan asiatique. tempat pertama adalah grand palace, sebuah kompleks istana raja yang terletak di jantung kota bangkok. nyokap dan SGF sengaja memasukan tempat ini ke dalam list tempat yang harus dikunjungi. selain berniat untuk melihat-lihat pagoda dari emas, nyokap dan SGF pun juga berniat untuk sembahyang di kompleks istana raja itu. dan SGF... sama seperti singkatannya (SGF: si gila foto), ia beberapa kali melakukan aksi gila fotonya. foto 5 kali dengan pose yang sama, dan background yang sama. 

****
Grand Palace.

Okey, fellas.. keberadaan kami di bangkok ini tidak ditemani oleh tour guide ataupun jasa travel lainnya. jadi, cuma bermodal nanya lokasi tempat tujuan kepada masyarakat setempat dengan bahasa inggris yang seadanya. komunikasi langsung tanpa perantara. nekad? mungkin..

  
panas cuy

Jarak dari hotel kami yang ada di kawasan bunsiri ke grand palace ini nggak jauh-jauh amat ternyata, sekitar 15-20 menit jalan kaki. sesampainya di kawasan grand palace, nyokap langsung membeli tiket masuk untuk 4 orang. dimana 1 orang dikenakan biaya 500 bath. karena 1 bath = Rp. 400, maka 500 bathberarti sekitar 200 ribu-an. gile, mahal amat buat satu orang. peraturan pertama untuk ke tempat ini adalah.. nggak boleh pakai celana pendek. minimal celana yang lewat dengkul. dan kampretnya... si SGF make dress terusan yang panjangnya nggak sampai dengkul. untung masih bisa diakalin pakai syal..

Setelah melihat-lihat, turis yang ada di tempat ini dikuasai oleh mayoritas turis asal china. situasi waktu itu cukup ramai, karena weekend. bisa dibilang mungkin hampir 85% turis yang ada disini orang china asli. di peringkat kedua ada.. turis asal korea selatan. kemudian, bule. kemudian siasanya adalah turis yang tak dianggap. ternyata orang china dan korsel ini tempat nongkrongnya di thailand, toh. 


Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini. karena tempat ini chukup photoable, maka mengabadikan momen via foto adalah hal yang sepertinya wajib bagi kami. dan tentunya, bagi si SGF. di hari kedua ini si SGF sudah mulai menunjukan aksinya, sempat beberapa kali ketika gue, nyokap dan kakak perempuan gue lagi asyik jalan menyusuri grand palace, si SGF menghilang begitu saja.. entah kemana.. setelah diselidiki, ternyata dia lagi asyik foto-foto. di tempat yang sama. dengan pose yang sama. semua cewek sama aja.

Selain foto, masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan di tempat ini. seperti: sembahyang (gue sih enggak), ngeliatin cewek korea yang besar-besar.. kacamatanya, ngeliatin turis asal china yang mukanya hampir sama semua.. 
oh budha..
apakah aku akan menemukan jodoh turis asal korea di dalam sana..



  
 IYAK...
 disebelah kanan kalian, kalian bisa melihat turis asal korea selatan yang lagi pacaran sedang  berselfie mesra.
sementara di kiri, kalian bisa melihat turis asal indonesia berbaju biru tak punya pacar yang lagi difotoin sama mamanya.

Setelah kurang lebih 2 jam ada disini, kami pun memutuskan untuk keluar dari kompleks istana raja ini dan makan siang di sebuah restoran pinggir jalan. sejujurnya, nggak banyak makanan di thailand yang bisa klop sama lidah gue. yang klop paling-paling cuma.. roti isi tuna. itu juga belinya di sepen ilepen a.k.a 711. 

****
Wat Po

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan religius ini ke.. wat po dan wat arun. wat itu sendiri artinya adalah.. temple/kuil/candi.

TAPI.... tunggu sebentar. karena merasa kacamata hitam yang gue kenakan itu sangat jauh dari kata gaul dan terintimidasi oleh kacamata hitamnya turis-turis asal korea, maka gue memutuskan untuk membeli kacamata baru di pasar. harganya 99 bath. perjalanan pun dilanjutkan. ditengah perjalanan menuju wat po yang ternyata nggak jauh-jauh amat dari gand palace, gue menemukan abang-abang thailand di pinggir jalan yang menjual kacamata yang sama dengan harga 39 bath. oh mami, aku kotor..

Di wat po ini, nyokap dan SGF kembali melaksanakan kegiatan beribadahnya. orang-orang thailand ini memang pemeluk agama budah yang taat, terbukti dari banyaknya bangunan-bangunan becorak budha. thailand gokil fellas. 

Sama seperti di grand palace, turis di tempat ini didominasi oleh bule, turis asal china dan turis asal korea selatan. cewek korea itu memang besar-besar ya, kacamata hitamnya. dan di wat po ini.. yang terkenal adalah patung budha tidurnya yang terletak didalam temple. dan juga yang populer dari wat po adalah mainan koin-koin yang dimasukin kedalam guci. 

Bersama dengan patung budha tidur..
gimana, sudah gaul kacamata barunya?!



Sebenarnya, ada hal yang hampir menggembirakan disini. waktu lagi mau foto dan mengeluarkan smartphonenya, si SGF tiba-tiba panik mencari-cari hanphonenya... mungkin pertanda handphonenya ini hilang. GUE PUN MULAI GEMBIRA. tapi kegembiraan itu tak bertahan lama, karena... ternyata hanphone nya itu ada di tas yang satu lagi. nggak jadi ilang. yang dimana artinya.. SGF akan tetap menjadi SGF. 

Keberadaan kami di wat po ini nggak begitu lama. cuma sekitar 1 jam-an mungkin. dan setelah dari wat po, tempat tujuan selanjutnya adalah.. wat arun. salah satu candi peninggalan budah ala thailand. 

****
Wat Arun   

Wat po dan wat arun ini berjarak nggak begitu jauh, bisa dibilang dekat malah. tapi.. untuk bisa ke wat arun, kami harus menyebrangi sungai dengan menaiki kapal/perahu. biaya untuk dapat menaiki kapal ke wat arun ini bisa dibilang sangat bersahabat a.k.a ekonomis a.k.a murah. cuma 5 bath 1 orang.  
Setelah menaiki kapal dan mendarat di tempat wat arun, kami dipaksa gigit jari oleh keadaan. ternyata.. candi yang ada di wat arun lagi di renovasi. bulan 11 baru selesai. praktis tak banyak yang bisa kami lakukan. kurang lebih setengah jam-an disitu, kami duduk dan meminum thai tea.

Sekilas tentang thai tea.. Di bangkok, gue udah dua kali minum thai tea. rasanya? lebih enak thai tea yang dijual di indonesi ah. thai tea pertama yang gue minum di bangkok rasanya kayak lemon tea, thai tea kedua rasanya sedikit kayak jus. ini aneh, fellas. thai tea starbuck jauh lebih enak. di rumah, nyokap jug abiasanya buatin thai tea untuk gue dan ma sista. rasanya juga lebih enak.

Setelah meneguk thai tea yang rasanya sedikit kayak jus, kami pun langsung kembali ke tempat kami naik kapal. kami datang dengan kapal, kami juga akan pulang dengan kapal.


diatas kapal 5 bath, cuy..
Setelah berhasil kembali ke tempat pengantrian kapal, tujuan kami selanjutnya adalah: Asiatique The Riverfront.

****
Asiatique

Asiatique thye riverfront ini adalah sejenis open air mall di bangkok yang terbilang elit. dan sangat photoable.

Perjalanan kami ke asiatique ini tak semudah membakar dupa (padahal gue aja nggak bisa bakar dupa). jalu yang kami tempuh untuk sampai ke asiatique ini adalah jalur air, yang lagi-lagi harus menaiki kapal. disebelah tempat pengantrian kapa buat ke wat arun tadi, ada tempat pengantrian kapal lainnya. yang dimana 1 orang dikenakan biaya 40 bath. kami pun langsung memutuskan untuk menaiki kapal 40 bath itu... dengan ragu-ragu, kami mengantri.

Di tempat pengantrian, kami dibuat migren dengan situasi. tanpa bermaksud rasis, yang ngantri ini mayoritasnya adalah turis yang bisa dibilang bule 95%. yang asia bisa dihitung dengan jari. kami pun merasa salah ngantri. jangan-jangan.. ini kapal buat keluar negri lagi... atau jangan-jangan, ini kapal buat imigran gelap, atau jangan-jangan... sebenarnya ini kapal hantu??! 

Sejenak kami tertegun, dan bertanya kepada orang-orang sekitar. tapi jawabannya kurang begitu memuaskan. kakak gue pun membuka google maps. dan dengan modal nekad, masuk lah kami ke dalam kapal 40 bath yang penuh akan bule..

kopaja jalur air 40 bath, cuy.
Ini masih ada tiket kapalnya.
beginilah penampakan tiket chao praya tourist boat

Kapal 40 bath ini cukup unik. karena terlihat seperti transjakarta, tapi versi alam. dan jalurnya juga bukan jalur busway.. tapi jalur sungai. dan usut punya usut.. sungai yang dilintasi oleh kami siang menjelang sore itu adalah.. the famous chao praya!  

Di dalam kapal, ada keneknya. keneknya cewek, karena penasaran kami pun bertanya mengenai asiatique kepadanya. dan ternyata... kami berada di kapal yang tepat. asiatique ada di tujuan paling terakhir dari kapal. ya, kurang lebih 15 menit kami akan berada di dalam kapal. kapal ini sendiri berhenti di beberapa tempat terlebih dahulu, sama seperti busway.. ada haltenya gitu. 

Jadi ini, sungai chao praya. kecepatan kapal yang cukup cepat membuat udara terasa sejuk, fellas. setelah beberapa pemberhentian... tibalah kami, di asiatique. the riverfront! 

 
Sudah ganti celana..
Asiatique ini emang elit, fellas. kalau dibilang untuk ukuran mall, sebenarnya cukup sederhana sih.. tapi elit. sederhana yang elit. pasar yang elit mungkin... nah lo, bingung kan..


Tempatnya photoable sekali, keren dah. mall terbuka, mungkin bisa dibilang begitu. ada bianglala juga di belakangnya, dan di sebelah gedung.. ada seperti pasar malamnya lagi. di asiatique ini, SGF dan kakak perempuan gue berfoto-foto ria layaknya kaum hawa pada umumnya. sementara gue.. gue dan nyokap masuk ke dalam untuk melihat beberapa baju. ternyata cukup mahal harganyal, fellas. tapi walaupun begitu, nyokap membungkus beberapa baju untuk oleh-oleh buat saudara.    
      
Sore itu kami habiskan di asiatique. setelah menghabiskan waktu dengan melihat-lihat... sampai malam sekitar jam 8 pm, baru kami pulang ke hotel dengan taxi. iya, asiatique ini bisa ditempuh dengan jalur darat ternyata. hari itu, gue mulai curiga... gue curiga kalau kakak perempuan gue ini sudah mulai tertular oleh virus SGF.. ternyata virus SGF ini menular. Tidakkkk....





****

Pelajaran hidup kali ini: cewek korea itu besar-besar... kacamata hitamnya.
    

68 comments:

  1. Seru lagi kalo ke Khao San Road, brohhh. Banyak ketemu sesama backpacker di sana. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah beberapa kali gue ke situ fellas.. cuma 10 menit jalan kaki dari hotel. nightlife nya sungguh terasa disitu..

      Delete
    2. Kalo mau seru lagi ke Pattani haaa, kayak di Indonesia ntar rasanya :-D

      Delete
    3. hmm....... mending ke pattaya tuh

      Delete
  2. Bhahhaa...si SGF ini porsinya agak banyakan ya di part 2... sayang lagi lagi ga ada fotonya...

    waduhh gitu ya, liat doi panik, lu malah gembira, hahahh

    thai tea rasa jus..
    kok gw jd merinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu part 3, fellas. porsinya lebih banyak lagi dia.

      Delete
  3. Hahah pasti bang jev iri ya liat orang korea lagi travelling bareng ama pacarnya, haha sabar bang :v, ane doain cepet punya deh :3 XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, nggak iri. gue teguh... bagai karang di laut biru.

      Delete
  4. Chao praya itu sungai? Ouuhh.. Baru tau.. Ngmong2 itu kapalnya emg mirip busway yak? Gue kira itu bus lohh.. Pas liat luarnya trnyata ada aernya, kirain banjir #abaikan

    Yahh.. Kasian amat itu ke wat arun kaga jadi... Untung harganya 5 bath.. Kalo udah 40bath trs tutup, kan nyesek jugaa..
    Mestinya lu minta poto bareng tu orang korea.. Lu di tengah2nya gtu, ngerecokin mereka pacaran. Haha.
    Itu di belakang asiatique katanya ada bianglalanya, gue kira lu bakal moto diatas bianglala gituu...
    Eh, btw, msh ada part 3 nya gak nih, fellas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada filmnya tuh kalau gue nggak salah, sunset at chao praya.
      nggak, kayaknya agak backlight foto di bianglalanya. masih ada, fellas. sampai part 5!

      Delete
  5. waw...asik banget bisa berkesempatan piknik ke Thailand begeri seribu gajah nan indah mempesona, oleh-olehnya mana atuh kang?

    ReplyDelete
  6. hahaha....cewek korea gede kacamatanya :v
    eh, liat naik kapal kayak busway itu jadi kepikiran potensi sungai ciliwung kayaknya bisa dijadikan seperti sungai chao yang terkenal itu ...
    keren kan ide gw :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi... ciliwung kayaknya udah parah deh.

      Delete
  7. Kira kira bisa dipegang pegang gak ya itu kaca mata cewek korenya

    Wah gue mah nungguin cerita lu ke museum lilin di Thailand, eh lu kesitu juga gak sih?

    Btw si SGF kok gak ada fotonya sih? kan gila foto doi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pergi ke musem lilin, yang lu maksud itu.. madam tussaude kan? yang ada patung lilin tokoh2 dunia.. tunggu di chapter 5. fuul of photos.

      gue sengaja nggak memajang wajah SGF, biar aman dan tentram..

      Delete
  8. Hm..., emang ya, cewek Korea gede-gede gitu kacamatanya, jadi pengen juga ih, kacamatanya.

    Oh iya, gue masih penasaran, mana nih Foto SGF, pengen liat Mukanya. Atau mungkin Foto Selfienya bisa lu pajang :p

    Liat Kapal yang kek Busway itu gue jadi keingetan Kapal di daerah gue, kan di Kalsel banyak sungai tuh, Kapal ferry juga berhamburan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan men... jangan. gue main aman.
      kalau kalsel emang kayaknya bisa di mirip-miripin, karena aernya belum tercemar kan... kalau jakarta, mana bisa..

      Delete
  9. Kok tiba2 gue pengen tau sebesar apa kaca mata cewek koreanya?

    Kann.... Gue jadi penasaran gak jelas gini... Hahahaha

    Gue juga penasaran sama SGF, kenapa harus tidak dipost, apa mungkin dia semacam pemalu atau gak sanggup masuk kamera. Hahahaha.

    Seru juga ya, di thailand, ngeliat jalan2 elu, gue jadii pengen ke sana ni. Tanggung jawab ya jev... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue main ama fellas... kalau sampai tiba-tiba dia tau gue nulis ini, mungkin gue bisa dihukum selfie sambil gantung diri.

      Delete
  10. Bener-bener seru nih kelanjutan yang kemarin.


    Kalau ada lanjutan lagi sih saya pesen mas foto bareng artis disana.

    Gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya... di hari keempat waktu ke floating market gue ketemu artis sana. tapi cowok.

      Delete
  11. saya juga penasaran sama SGF dripada perjalanannya.

    kok gk muncul-muncul fotonya.

    banyak tempat beribadahnya dong, sangat cocok sekali berarti julukn kota seribu pagoda
    Btw, kejdian bom di bangkok kemarin ente dah pulang ya ke Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan deh... gue main aman...
      iya, gue udah pulan! lo tau apa?? tempat di bomnya itu gue kinjungi di hari terakhir. dan 6 hari setelah gue kunjungi, tempat itu di bom!

      Delete
    2. bersyukur kalau dah pulang

      kalau aja telat pulang bisa-bisa tuh gawat

      Delete
    3. bisa-bisa gue masuk koran tuh yak...
      koran lampu merah.

      Delete
  12. apa cuma gw ya yang ga nemuin foto SGF dari postingan2 thai lo?
    eh lama2 gw kasian ngeliat foto lo yang kadang sendiri, kadang sama motha, kadang bertiga sama sista. GF mu mana? knapa gak tikung aja tuh orang korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak, gue emang sengaja nggak mau memosting mukanya! bahaya.
      gf gue? sudah bahagia bersama pria lain yang lebih tampan, mapan, dan rupawan..

      Delete
  13. penasaran sama SGF.. jangan-jangan cuma tokoh khayalan mu aja jeff.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. mungkin dia cuma toko khayalan gue...
      mungkin gue sedang stress... mungkin jalan-jalan gue ke thailand juga cuma halusinasi...
      jangan-jangan gue itu SGF..

      Delete
  14. Wah ini kelanjutan yang kemaren udah buat gue iri -_- hmm SGF itu teh saha ? tak nampak sosoknya difoto -_- hmm btw lo pake kaca mata juga biar dikira lo cowo korea ya ? siapa tau gitu gadis korea yang BESAR kacamatanya itu melirik, terus dibawa pulang haha...

    ReplyDelete
  15. waaw, perjalanan yang sangat menyenangkan yaaa ?

    ReplyDelete
  16. ga ada foto makanannya ya. penasaran saya dengan wujud makanan di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan disana nggak terlalu cocok sama lidah gue fellas. apalagi makanan kuahnya itu loh..

      Delete
  17. sgf itu sebenarnya yang mana, saya sakin sebenarnya andalah sgf itu, karena sepertinya yang palinng bangyak adalah foto anda, atau mungkin anda adalah pelaku pemboman thailand?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau foto gue banyak, maka SGF jauh lebih banyal lagi.....

      Delete
  18. Wah parah liat orang kehilangan barang malah seneng lo Jev

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak seneng... gue sedih malah.
      sedih nggak jadi ilang..

      Delete
  19. lo gak kena bom thailand kan jev? apa jangan2 lo pelakunya

    SGF sapa sih.. posting potonya kek. penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak.. gue nggak kena. kasus bom itu 6 hari setelah gue pulang..

      Delete
  20. Lagi2 SGF yg bikin masalah hahaha tapi lucu jg lho karena SGF asik sendiri, untung hp nya dia ga jadi ilang

    Duh km kena tipu ya Jev, harga kacamatanya di abang2 Thailand lbh murah hahahaha

    Tapi tetep keren dan berkesanlah.. Kapan lg coba bisa melancong ke Wat Po dkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. hohohoh. di part 3 si sgf ini berubah menjadi sosok yang lebih ngekiin, percayalah :")

      Delete
  21. Sudah gue cek disini dan semua komen selalu mencantumkan kata SGF dalam komennya, alias lo kalah populer dibandingkan SGF. Haha..

    Eh iya, emang kacamata cewek.korea sebesar apaan sih? Terus mereka jangan-jangan liburan ke Thailand sambil oplas gara-gara biaya oplas di Korea mahal.

    Ditunggu yang part ke 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue jadi nyesel membawa sgf ke dalam sini. hmm..
      kagak keleus.. justru oplas di korea murah-murah (?)

      Delete
  22. Mantap! Cuman... oleh-olehnya mana, Jev? x))
    Gue nggak terlalu up to date sama nilai tukar mata uang. Dan... oh... Rp. 400...
    Duh, w belum tengok versi pertamanya. Ntar dah, aku tengok kalo banyak waktu. He.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ya.... di... emm... di...
      di bom..

      Delete
  23. Kapan ya gue bisa kesana kaya lo juga. Mungkin nanti.. Btw foto pemandangannya di tambahin dong, kan keren tuh diluar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti.. kalau pemandangan mah part 4 tuh waktu di pattaya.

      Delete
  24. Sumpah ane ngiler liat agan jalan-jalan ke tahiland. Tapi tunggu dulu gan, ane bingung kalau agan ngomong sama orang disana gimana tuh? apa pake google Translate di smartphone atau pake kalkulator. Pengalaman kakak ane pergi kesana beli baju ngomongnya pake kalkulator doang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai bahasa inggris seadanya... kalau mau belanja sama penjual yang nggak ngerti bahasa inggris, si penjual bakal masukin angka ke kalkulator.

      Delete
  25. Cobain main ke Chiang Mai, kotanya jauh lebih sepi dan lebih tradisional dibanding Bangkok tapi kuil-kuilnya ga kalah bagus wkwkwk. Dulu waktu main ke Bangkok, gua sih ngerasanya kayak Singapore versi macet...kota modern gitu kayak Jakarta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. chiang mai? itu yang deket pattaya bukan? kayaknya di hari ke 4 gue mau ke situ cuman nggak jadi...
      wah singapore ya? belum pernah ke situ sih..

      Delete
  26. itu asiatque kalo di Indo mungkin pantai Losari kali ya malah lebih bagus pantai losari haha

    gue dari kamrin mikirin lo mulu Jev, soalnya kemarin kan ada kasus BOM di thailand gitu,. ati2 lah semoga lo selamat dalam perjalanan broh hehe

    gue kira lo beli apaan kek ke Thailand malah beli kacamata. nggak gaul lu ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue nggak bisa ngasih spesifikasi sih... soalnya belum pernah ke makasar gue. tapi kalau urusan ellite, asiatique ini terbilang cukup ellite..

      bah, jadi terharu gue... selaw broh. gue udah balik 6 hari sebelum kasus bom terjadi. hohohoho :")

      Delete
  27. Sawatdee khab, phum chob !!

    wah untung lu selamet dari BOM son ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kenapa pada nyelamatin gue karena selamat dari bom ya -___-

      Delete
  28. Suasana Asiatique asik banget yaa :D

    Jev kamu kalo fotonya ngadep belakang kok keren ya. Sering sering foto ngadep belakang aja coba ._.
    Identitas SGF masih disembunyikan, ayolah diekspos salah satu fotonya xD
    Btw emang nyesek banget sih ya kalo nemu barang harganya ini terus pas udah dibeli ternyata ada barang yang sama dengan harga lebih murah wkwkkw

    Gak niat foto sama mbak mbak korea yang gede gede.... kacamatanya itu? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asiatique itu emang keren..

      jadi, kalau gue ngadep depan nggak keren? sudah ku duga.

      Delete
  29. Mencoba keberuntungan masukin koin di big budha ngak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyoba kok.... dan koin gue sisa cukup banyak -__-

      Delete
  30. Bener-bener ngiri sama kamu, Jev. Aku pengin banget ke Thailand, ya meskipun nggak banyak tau tentang tempat wisatanya, tapi seenggaknya besar kemungkinan untuk bisa ketemu cowok-cowok ganteng. Yes, pemain film Thailand itu ganteng-ganteng. Banyak yang ganteng dan berharap someday, aku bisa liburan ditunjukin sama aktor-aktor ganteng itu haha..

    Eh btw SGF itu siapa geh? Jalan-jalannya hari itu doang nggak? Apa ada jalan-jalan lainnya? Thailand emang dikenal sama agamanya yang kuat. Salut~

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue nggak ketemu mario maurer, jirayu ataupun peach pachara kok disitu...
      gue disana 5 hari. jadi ada 5 chapter.

      Delete
  31. waah kalian ke wat arun ga diwaktu malam ya ? SGF pasti histeris kalo ngliat lampu2 wat arun diidupin... berganti warna tiap bbrp detik.. bisa2 dia ga mw pulang ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak... tapi waktu itu juga percuma kalau ke wat arun malam,
      wong wat arun nya lagi di renov...

      Delete
  32. Gue bener-bener penasaran dengan SGF.
    Wah, perlu diacungin jempol nih. Ke negeri orang, jalan-jalan tanpa tour guide. Lebih seru gitu ya Jev.

    Oke, dari postingan ini, gue menyimpulkan kalo cewek Korea besar-besar











    kacamatanya.

    ReplyDelete
  33. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO

    Kumpulan Berita Menarik
    Berita Menarik
    Artikel Aneh Unik
    Berita Lucu
    Artikel Misteri Dunia
    Blog Dofollow
    Tips Menarik

    www.Babapoker.com

    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen DominoQQ
    Agen Capsa

    www.Master138.net

    Bandar Bola
    Situs Bola
    Agen Tangkas
    Agen Bola
    Agen Casino Online
    Bandar Casino Online Terpercaya

    www.BapakPoker.com

    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya

    www.Axioobet.com

    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Terkini
    BlogWalking
    Bandar Bola
    Jadwal Bola
    Berita Unik

    www.Ingatpoker.com

    Agen Poker
    Agen Poker Terpercaya
    Agen Poker Online

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>