Tuesday, September 1, 2015

Melancong Ke Thailand Chapter 4: It's Pattaya!


Kembali ke thailand..

Di hari keempat ini gue, kakak gue, nyokap dan SGF berkesempatan untuk mengunjungi pattaya. iya, pattaya. sebuah kota yang terletak di provinsi chonburi, nggak jauh dari bangkok. kalau di indonesiakan, maka jarak bangkok  - pattaya ini kurang lebih sama seperti jarak jakarta - bandung. 

Tempat tujuan kami di pattaya waktu itu adalah: Noong nooch, Buddha laser, Silverlake, Floating market, dan terakhir.. Pattaya beach. yeah...!

Untuk mencapai pattaya ini sendiri kami menggunakan jasa travel yang membuka lapak di khao san road. pemilik jasa travelnya merupakan orang melayu, jadi ya tak terlalu sulit untuk cakap-cakap lah. biayanya sendiri untuk menggunakan jasa travel ke pattaya selama 12 jam (7am to 7pm) waktu itu adalah 2500 bath. worth it kah? mari kita lihat...   

****

Noong Nooch


Ratusan kilometer dari Jakarta..

Sebenarnya agak sedikit nggak kerasa kalau sudah 4 hari kami ada di bangkok. rasanya kayak baru 3 3/4 hari... 

Di hari keempat ini kami sudah membuat deal dengan salah satu jasa travel untuk urusan pergi ke pattaya ini. jadi, kami akan di jemput jam 7 pagi di depan hotel dengan menggunakan mobil van. perjanjiannya adalah pergi selama 12 jam, 7 to 7 (seven to seven). tapi ternyata, si jasa travelnya ini agak sedikit ngaret. jam 7 lewat baru dia datang. ah, manusia di indonesia sama di thailand ternyata sama aja. hobi ngaret.


di dalam mobil van..
    


Setelah sang driver datang, kami pun langsung naik ke dalam mobil van berwarna hitam yang ternyata cukup besar tersebut. iya, cukup besar. cukup besar untuk 4 orang seperti kami. kalau masalah nyaman, ya.. bisa dibilang nyaman. pendingin udaranya juga mantap. awalnya gue kira ada turis lain yang akan dijemput selain kami, taapi ternyata di dalam mobil van yang cukup besar itu isinya cuma kami berempat plus sang driver doang. sang driver sendiri merupakan orang melayu juga, tapi anehnya... meskipun dia orang melayu tapi dia nggak terlalu fasih ngomong bahasa melayu dan bahasa inggris. malah lebih fasih bicara bahasa thailand. meskipun begitu, tapi si bro driver ini merupakan pria yang sangat baik dan sopan, worth it deh service nya..


Perjalanan dari bangkok ke pattaya ini tidak begitu jauh, kurang lebih 2 jam plus plus ditempuh dengan jalaur darat. dan tempat pertama yang kami munjungi di pattaya ini adalah nong nooch, salah satu village yang cukup terkenal di pattaya. rekreasi utamanya adalah pertunjukan budaya dan elephant show. biaya masuknya sendiri bisa dibilang cukup mahal (gue lupa berapa yang pasti mahal). tapi karcis buat nonton pertunjukannya itu bisa digunakan untuk makan di restoran all you can eat secara free. iya, free. alias gratis. 

Tempat pertama yang gue kunjungi di noong nooch adalah tempat pertunjukan budaya. sebenarnya sih pinginnya nonton elephant show, tapi ternyata elephant show ini mulainya masih sekitar 45 menit lagi. jadi ya alhasil gue dan ke-tiga perempuan itu menonton pertunjukan budaya thai terlebih dahulu. di tempat ini, beberapa budaya thai disuguhkan kepada para turis yang kembali didominsasi turis asal china dan korea selatan. ada tarian, ada nyanyian, sampai ada muay thai dan beberapa budaya lainnya yang dikemas secara inovatif. setelah dari tempat pertunjukan budaya, baru lah kami pergi ke tempat elephant show.. 

Noong Nooch Elephant show

Elephant show ini terbilang cukup rame, fellas. padahal waktu itu kami pergi ke sini di hari senin yang notabene nya bukan merupakan weekend, jadi kebayang kan betapa rame nya kalau weekend. kalau di indonesia ada monkey show (topeng monyet), maka di thailand ini ada elephant show. topeng gajah. 

Turis asal china kembali ada dimana-mana. dan.. gajah-gajah yang ada disini memang sudah terlatih dan gaul-gaul. aksi dari gajah-gajah yang ada sungguh menghibur: ada gajah yang naik sepeda, main bola, main basket dan masih banyak lagi. turis-turis pun juga bisa berfoto dengan gajah. selain bisa berfoto, turis-turis ini bisa ngasih pisang sama duit ke gajahnya. jadi, kalau dikasih pisang.. si gajah bakal langsung makan. dan kalau dikasih duit, si gajah bakal ngasih duit itu ke pawangnya via belalai. satu hal yang baru gue tau di tempat ini adalah: ternyata gajah hobi makan pisang.. 

Selanjutnya.. setelah selesai menonton aksi gaul dari gajah-gajah thailand, kami langsung pergi ke restoran all you can eat yang terletak nggak jauh dari tempat elephant show itu. dengam bermodalkan tiket nonton, restoran all you can eat bisa dinikmati secara free. hal pertama yang gue buru di restoran ini adalah sushi. ini baru gaul.



jefferson laay
All you can eat, they said..

Kurang lebih 2 jam kami berada di tempat ini, cukup lama fellas.. dan kembali, SGF meracuni virusnya kepada kakak gue. kerjaan gue dan nyokap setelah makan adalah menunggu mereka (SGF dan kakak gue) yang sedang asyik foto-foto. ah elah..

Setelah merasa puas di noong nooch, kami melanjutkan perjalanan ke buddha mountain atau yang lebih dikenal dengan sebutan buddha laser.

****

Buddha Laser

Jarak dari noong nooch ke buddha laser ini terbilang cukup jauh. mungkin sekitar setengah jam perjalanan, gue lupa. buddha lasser ini sendiri merupakan sebuah  gunung yang memiliki gambar warna emas dari buddha. dan turis yang menjadi mayoritas waktu itu adalah turis asal korea selatan. 




jefferson laay
asik..
A photo posted by Jefferson Laay (@ijeverson) on

Karena nggak mau kehabisan waktu, praktis siang itu kami kembali melanjutkan perjalanan. pattaya itu ternyata puanas, fellas. next stop: silver lake.

****

Silverlake

Silverlake merupakan sebuah kebun anggur yang terletak nggak jauh dari buddha laser. pemandangan yang ada di silverlake ini cukup asri dan cukup klasik, fellas. di silverlake ini juga ada sebuah outlet yang menjual berbagai pernak-pernik dari anggur. gue dan kakak gue sendiri membeli masing-masing sebuah minuman anggur yang dijual di dalam outlet nya itu. sementara nyokap dan SGF... membeli balsem dari anggur. iya, balsem...


Silverlake

Sama seperti tempat-tempat sebelumnya, silverlake ini puanas. ternyata pattaya itu cuacanya bisa dibilang lebih hot daripada jakarta. dan karena merasa sudah cukup puas di silverlake, kami lanjut pergi ke... floating market.

****

Floating Market

Floating market merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di pattaya. dari namanya sendiri, udah ketebak kalau floating market itu merupakan pasar mengapung. iya, pasar mengapung. jadi transaksi jual beli yang ada kebanyakan dilakukan di atas perahu gitu. walaupun.. nggak sedikit juga toko yangg berdiri bukan di atas perahu. 



at floating market.. 


Ada dua hal menarik yang terjadi di floating market waktu itu. pertama, waktu lagi asik-asik jalan.. tiba-tiba suasana jembatan yang ada di floating market di ramaikan dengan beberapa orang yang ngumpul-ngumpul minta foto sama seseorang pria berbadan atletis dan berwajah rupawan yang sedang menggunakan kacamata hitam gaul. tanpa merasa dosa, kakak gue dan si SGF juga ikut minta foto sama pria tak dikenal itu. usut punya usut, ternyata doi adalah seorang artis lokal. keren juga, bisa ketemu artis lokal di floating market ini. 

Kedua, waktu pingin keluar dari floating market ini, suasana tiba-tiba menjadi tegang. karena di sebrang tempat kami berdiri, ada 2 remaja turis asal china yang hampir tonjok-tonjokan. sebut saja namanya aliong dan cengli. gue melihat si aliong (sedang berdiri) yang sedang memarahi cengli (sedang duduk), si aliong menggunakan nada-nada tinggi dan meneriaki si cengli dengan bahasa mandarin. kurang lebih begini kata-kata aliong yang sedang marah waktu itu: cece-he-he! xiang cuang feng! wo de mama! wo de baba! ren shi ni wo hen gao xing! ni sen cing ping, wo ai ni ai ce ni ciu sang lao shu ai da mi! kalau gue nggak salah dengar, itu lah hal yang dikatakan aliong pada si cengli. tapi... sepertinya gue salah dengar. karena nggak menerima dimarah-marahi oleh aliong, cengli kembali membalas: ni wen wo ai ni you duo shen wo ai ni you ji fen! dan situasi kembali menegang. si aliong sudah semakin kesal nampaknya dan sudah bersiap-siap untuk melakukan tonjokan pada cengli, suasana floating market saat itu sungguh-sungguh tegang dan hening. tapi untungnya, ada turis asal china lain yang melerai si aliong agar tidak melakukan perkelahian dengan cengli. mereka pun tak jadi berantem. ini nggak keren. 

Sebenarnya agak aneh juga ngeliat aksi turis asal china yang hampir berantem di negara orang waktu itu. gue bingung aja gitu, ngeliat tingkahnya. aneh-aneh aja lu... dasar cing cong fan. kweitiau siram! 

Nggak kerasa waktu sudah menunjukan pukul 4 siang, kami pun kembali harus melanjutkan perjalanan karena nggak mau rugi. tempat pemberhentian selanjutnya adalah: the famous pattaya beach!     

****

Pattaya Beach

Makin siang, pattaya ini makin parah panasnya. serius..


pattaya beach..
Setelah sampai di pantai pattaya, ternyata tak banyak yang bisa kami lakukan. ekspektasinya benar-benar berbeda. gue kira pantai pattaya ini keren dan luas, gue sudah membayangkan suasana pantai yang gaul sebelum tiba di pantai ini. tapi ternyata... panta ini sempit. iya, sempit. pasrinya dikit... karena pasirnya ini dikasih jatah yang nggak banyak, setelah diapit oleh air pantai yang volumenya cukup besar dan jalan raya.  mungkin kalau diadu sama pantai-pantai di bali, pantai-pantai bali masih juara... 

alhasil, karena ucuaca yang makin panas dan ekspektasi yang tidak sesuai realita, kami hanya berada disini sekitar.. kurang dari 10 menit. begitulah, gue bukan anak pantai, fellas.

Setelah dari pattaya beach, kami diajak sang driver ke atas bukit untuk melihat pemandangan kota pattaya. view nya keren, fellas. serasa antara pantai dan kota yang dipenuhibangunan-bangunan itu ada garis pemisahnya.

jefferson laay
it's pattaya!

****

Dari hari pertama sampai hari keempat ini, bisa dibilang perjalanan di hari keempat ini merupakan perjalanan yang paling worth it. selain karena tempat-tempat di pattaya yang oke-oke, servis dari jasa travel yang buka lapak di khao san road itu ternyata juga oke. bisa keliling pattaya seharian dengan biaya 2500 bath (Rp.400 x 2500) yang bisa dibilang cukup adil untuk pelayanan yang se-oke ini. meskipun nggak bisa bahasa inggris, tapi drivernya ramah abis. sunggguh harga yang adil.




51 comments:

  1. Kirain cuma sampai part 3 ternyata masih ada lanjutannya

    penasaran sama patung budanya, itu di ukir atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai part 5 fellas...
      itu bukan patung.... sepertinya diukir. entah lah...

      Delete
  2. Bisa kali kalimat awalnya ada terjemahannya, kan situ juga dikira turis dari Cina *eh*. Btw itu driver kayaknya kena krisis jati diri deh.

    Kalo Pattaya di tempatku tempat untuk melakukan pijat ++ heran kenapa harus memakai kata Pattaya jadinya imej Pattaya yang asli rusak gara-gara itu tempat pijet. Eh terus foto sama artis Thailandnya mana?

    Balsem dari anggur menarik tuh, balsem yang aroma anggur atau emang bikinnya dari anggur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang dia krisis jati diri.. gue sempet bingung kenapa dia nggak bisa bahasa melayu.
      gue nggak foto sama artisnya, sgf sama kakak gue yang foto...

      entahlah. kayaknya sih balsem yang aromanya anggur, warnanya ungu kayak anggur. entah itu dibuat dari anggur atau cuma aromanya doang...

      Delete
  3. itu turis Cina yang berantem jangan-jangan satu group perjalanan gitu kali ya, kacau amat kalau berantem, bisa2 perang sepanjang perjalanan :))

    * * *

    Jalan2Liburan → Stasiun Kereta Cantik Milik Antwerpen

    ReplyDelete
    Replies
    1. YEAH! gue sih menduganya juga mereka satu grup perjalanan. biasa, nak muda.

      Delete
  4. Wah ini ada lanjutannya, keren! Btw, mana foto sama keluarganyaaa??

    ReplyDelete
  5. masih lanjut ni, sayngnya si SGF gag nongol ni.
    ternyata pertunjukan hewan juga populer di Thailand, gue kira cuma populer di Indonesia aja.
    sampai-sampai banyak turis asing yg nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SGF sengaja tidak ditonjolkan... karena setelah diselidiki, yang baca malah lebih penasaran sama SGF daripada pengalaman gue di thailand -______-

      Delete
  6. di tunggu ajah lanjutan nya mas :D

    ReplyDelete
  7. Yang part orang cina berantem kok ada 2 ya, di awal dan akhir. Kayanya yang di awal salah ya, soalnya aneh aja pembukaannya ujug-ujug berantem aja.

    Aku juga pengen ih ke thailand, pengen operasi plastik di sana *ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya teknik menulis.... apalah itu namanya. itu sengaja dibikin ada 2, diawal nya"dikutip" karena menurut gue itu part yang paling menarik di floating market.

      oplas mah di korsel...

      Delete
  8. Gue rasa setelah ini lu akan jadi Travel Blogger. Cerita di Thailand aja sampe 4 part gini. Keren lah bagi gue.

    Masih ada lagi nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin-amin aja kalau jadi travel blogger, itu artinya gue bakal sering travelling.

      masih.. sisa 1.... hari terakhir :")

      Delete
  9. HaHa.. lo totalnya berapa hari di Thailand Jeff ?
    Masih adakah seri berikutnya ?

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. nggak... gue bukan anak pantai..
      pattaya itu panas banget... apalagi di pantainya. bisa over cook gue..

      Delete
  11. Hehe di sana ada elepant show di sini ada monkey show. Ahaha jauh bener perbandingan nya. Seperti nya gajah-gajah di lampung harus belajar ke thailand ni :D

    Oh floating market tu di pattaya toh, itu klo di film thailand kadang ada lokasi floating marketnya. Btw, klo denger floating market jd inget ibu-ibu yang di iklan RCTI, hehe

    Perjalananan nya asik bener, dalam sehari berkunjung ke bberapa tmpt di pattaya. Di thailand brp hari ni? Hehe asik nya bs lama lama di thailand

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang di RCTI itu gue rasa itu di kalimantan...
      5 hari broh.... masih 1 chapter lagi di madam tussaud.

      Delete
  12. Di Pattaya nonton Ladyboy show ga?
    Gua dulu pernah nonton waktu di Chiangmai, tapi kata cewe gua yg orang Thailand, yg paling bagus dan paling terkenal tuh ada di Pattaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya punya planning... tapi entah kenapa gak jadi nonton. malah nontonnya elephant show, padahal elephant show ini bukan pioritas utama..

      Delete
  13. keren pengalamannya, udah chapter 4, gua nggak ngikutin dari awal. Tempat wisatanya keren-keren, floating market, di Indonesia juga ada kayaknya. Turis China berantem, seru tuh, hehe.. Di Thailand, sama di Indonesia, apa bedanya? Makanannya enak g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedsanya apa ya... ya mungkin mayoritas turisnya beda. budayanya juga rada beda karena mayoritas kepercayaannya beda. makanan? YA ENAKAN MAKANAN PADANG KEMANA-MANA MEN!!!

      Delete
  14. ya ampun mas, kapan berakhir nih liburannya ? bener-bener mengasikkan yaa :)

    ReplyDelete
  15. Wah sgf dan kaka lo foto sm artis lokal? Jangan2 yg maen di pilm horor ..
    Jd nama lo jeverson apa jefferson ?
    #efek ngliat kaos

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga curiga jangan-jangan begitu.
      nama gue jefferson. cuma biar antimainstream, karena melihat populasi manusia yang namanya jefferson sudah semakin banyak, gue memberi nama jeverson di socmed. super sekali.

      Delete
  16. nah, pattaya aku justru belum prnh kesana ;D.. soalnya sama jef, ga suka pantai ;p.. makanya kalo ke thailand, aku lbh milih kota2nya yg sejuk, kyk chiang rai... pantai2 ga deh..di indo banyak..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pattaya itu asik-asik aja wisatanya, bukan melulu tentang pantai. kalau ke thailand seharusnya sih belum lengkap kalau belum ke pattaya :")

      Delete
  17. Ih serunyaaaa :D pasti senang banget ya bisa liburan bareng keluarga ke sana. aku sekalipun belum pernah ke luar negeri, someday semoga keturutan. Pengen banget bisa solo travel ke luar negeri, skalian study juga tapi. Nice post, Jeff. Suka aja baca cerita perjalanan orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga baru pertama kali ke luar... makanya, karena nggak mau lupa sama pengalaman pertama ke luar negri, gue jadiin tulisan blog dah. hmm... study abroad itu emang kayaknya seru

      Delete
  18. Wiiih thailand, gue gak perlu jauh2 kesana nih, baca blogmu ajah udah serasa pergi ke thailand.. petunjukan hewan di sana ada juga yaa, namanya ajah negara gajah jd pertunjukannya ya gajah tpi di indonesia hewan yang terkenal buat pertunjukan itu kan..... upp ngak tak terusin deh.. kalo liburan ajak lah saudara2mu ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gajah itu ternyata gaul juga fellas..

      Delete
  19. I want to go to Pattayaaa...kayaknya tempatnya eksotis bingit yahh..bernuansa Budha kental sampe ada bukit karang ato batu bergambarkan Sang Budha. Bisa liat gajah2 juga. Tapi, kok fotonya cuman lo doang sejua sihhh..mana foto yang bareng lo ke sana?

    Kapan kapan gue juga mau backpackeran ke Thai ahh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu.. yang via IG foto gue bareng nyokap sama kakak. si SGF sengaja gak gue masukin fotonya..

      Delete
  20. Balsem anggur?? Aneh2 aja dah.. Itu balsemnya bau anggur dong?
    Bhakakak, di Indonesia adanya monkey show:') gue jd ngebayangin klo msalnya di Indonesia ada Elephant show atau topeng gajah... Trs gajahnya keliling2 kampung, naek speda,pake topeng.. Yg nnton jg bocah2 balita... Absurd abis.

    Floating marketnya mirip di Bandung yak? Eh tp itu belanjanya naek perahu jg gak? Klo di bandung mah tkang dagangnya doang yg naek perahu, huh! curang-_-
    Itu artis lokalnya ganteng gak? Gue jg kalo ktmu sih mau aja mnta foto bareng. Haha.

    Turis China nya gak malu apa, berantem di negara org lain gtu yak?._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah.. apa balsemnya dari anggur atau cuma aroma sama warnanya doang yang kayak anggur. monyet vs gajah sih... perbedaannya cukup signifikan. gue bahkan nggak tau di bandung ada yang semacam floating market...

      iya begitulah, gue juga mikir seperti itu. kenapa harus berantem di negri orang..

      Delete
  21. Aku tanya dong..., kenapa kamu poto selalu "iiiiiiii...."? Hehehe
    Mungkin kamu ke sisi yang kurang luas di pantai Pattaya. Masa sih sempit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebut saja gaya foto "iii" itu sebagai personal branding :")

      Delete
  22. itu gajah show sebanyak itu ngapain aja. Lihatnya aja kayaknya tempatnya udah sempit, ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya nggak sempit-sempit amat tempatnya.... orangnya aja yang kayak semut :)

      Delete
  23. udah berapa hari mas liburannya ? asik banget dah yaaa keliatannya :)

    ReplyDelete
  24. entah kenapa pas diawal saya banyak baca kata wo ai ni
    em... yg saya tahu itu kayak ungkapan cintakan. pfftt


    pasar apung itu mirip kayak yang di kalimantan gk ya.
    itu pantainya keren kayaknya ya

    ReplyDelete
  25. penasaran balsem anggur kayak gimana. Baru denger.
    Yah, pattaya beach pasirnya sedikit ya?
    Pantai Bali tetep nomer satu ya :D haha

    Hahahaa, gue baca percakapan Aliong dan Cengli, jadi ngakak sendiri. Bahasa apa itu :D hahaa

    ReplyDelete
  26. penasaran sama pasar apungnya. kaya pasar apung Samarinda atau pasar apung Lembang kah

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>