Thursday, October 1, 2015

Daftar Film Horror Asia Terseram Dan Terbaik

Menurut gue, film horror itu masalah selera. ada yang suka, ada juga yang nggak suka. 



Kata salah seorang guru gue yang tak ingin disebutkan namanya, nonton film horror itu nggak ada guna. buang-buang waktu, nggak ada pesan morilnya. 
emm..  maaf pak, bapak salah jika memiliki paradigma seperti itu. itu artinya bapak hanya mencicipi sisi luar filmnya saja, tanpa mengupas esensi-esensi yang ada di dalamnya baik secara eksplisit ataupun implisit. asik.

Nyatanya, ada cukup banyak film horror yang memiliki pesan moril (walaupun nggak cukup nendang pesan morilnya). baik dari film horror yang hanya fiktif belaka, atau bahkan sampai yang non fiktif. contohnya film-film horror barat tentang pengusiran setan. dari exorcism (pengusiran setan), kita bisa tau kalau tuhan itu emang benar adanya. kalau film horror indonesia yang buka-bukaan, itu baru film yang nggak ada pesan morilnya..

Kalau disuruh membandingkan antara film horror asian dan barat, film horror asia tentunya masih menjadi primadona. selain karena unsur cerita, unsur setannya juga mempengaruhi. coba perhatiin setan-setan barat, kulitnya putih-putih, badannya tinggi, bajunya rapih (vampir). coba bandingin sama setan thailand di film-film horror thailand. matanya putih semua, terkadang mukanya datar tanpa wajah, terkadang juga wajahnya banyak akan darah.  

Dari sekian banyak film horror asia yang pernah gue tonton, maka film horror dari thailand, korea, dan jepang masih mendominasi di list film horror asia terbaik. menurut kacamata gue (kacamata kuda), film horror thailand itu unsur creepy dan unsur ceritanya ballance. kalau film horror korea, bisa dibilang lebih mengutamakan kekuatan ceritanya. kalau jepang, sama seperti film horror thailand, cuma terkadang suka hiperbola dan nonsense. dan dari sekian banyak horror asia yang pernah gue tonton, maka film-film berikut ini merupakan beberapa yang terbagus, dan terbaik...

(seperti biasa, sinopsis diambil dari blog tetangga..)

****

1. A Tale Of Two Sisters (2003) - south korea




Film ini dibuka dengan adegan dimana seorang remaja bernama Su-Mi dirawat di rumah sakit jiwa. Adegan berikutnya menampilan sosok ayah dan adik perempuannya yang bernama Su Yeon. Kemudian kedua bersaudara ini kembali ke rumah dan disambut dingin oleh ibu tiri mereka. Pada saat makan malam, sang ibu tiri mengumumkan bahwa dia telah mengundang paman dan bibi mereka untuk ikut serta pada makan malam berikutnya. Su-Mi mengatakan tidak akan ikut makan malam dan meninggalkan meja makan.

Pada malam itu Su Yeon tidur dan mendapatkan pengalaman yang menakutkan, yang membuatnya berlari menuju kamar Su Mi. Ketika Su-Mi melakukan penyelidikan, dia menemukan ayahnya tidur dan ibu tirinya menangkapnya dan menyuruh untuk tidak membangunkan ayahnya. Beberapa hari kemudian, Su-Mi mengalami mimpi burung dimana dia melihat hantu dengan rambut hitam panjang menyusuri lorong kamarnya. Ketika dia bangun, dia menyadari adiknya juga mengalami hal yang sama. Su-Mi menemukan beberapa foto keluarga yang menunjukkan ibu tirinya dulu merupakan suster yang kerja merawat ayah dan ibunya.

Pada malam dimana bibi dan pamannya datang berkunjung. Mereka makan malam bersama dimana tiba-tiba bibi mereka pingsan dan jatuh ke lantai. Ketika bibi itu siuman, dia bercerita kepada pamannya bahwa dia melihat seorang gadis di bawah meja dapur. Ibu tiri juga mengatakan bahwa terjadi hal buruk di rumah semenjak kedatangan kedua anak perempuan itu di rumah setelah pulang dari rumah sakit jiwa. Bagaimanakah kisah selanjutnya? Apakah ibu tiri mereka hanya bermaksud membuat suasana seakan-akan semuanya adalah tindakan kedua gadis kecil tersebut?


My Review: Sejatinya a tale of two sisters merupakan film horror paling make sense yang pernah gue tonton. pertama, seramnya dapet. kedua, tidak ada adegan setan yang membunuh. iya, nggak ada adegan setan yang membunuh seperti di film horror kebanyakan. keren kan. dengan genre horror-psychologist, unsur creepy nya tetap kental meskipun tanpa adegan setan yang membunuh. dengan dibumbui sedikit misteri yang jadi twist di ending, film ini benar-benar top markotop tanktop. buktinya, film horror korea selatan ini sampai di remake holloywood dengan judul the uninvited di tahun 2009. 

2. Shutter (2004) - thailand


  

setelah menabrak seorang wanita mudadengan mobilnya, Jane (Natthaweeranuch Thongmee) dan pacarnya yang seorang fotografer, Tun (Ananda Everingham), mulai melihat sesosok bayangan menghantui latar belakang foto-foto Tun.

Khawatir bahwa sosok itu adalah semangat dendam dari wanita muda dari kecelakaan, Jane melakukan beberapa penelitian dan segera menemukan bahwa gadis itu bernama Natre (Achita Sikamana) dan pernah menjadi teman sekelas Tun. Hantu Natre pun terus menghantui, Jane pun semakin penasaran dan ia pun tercengang dengan terungkapnya rahasia yang sangat 

mengejutkan.


My Review: Kalau di tanya horror thailand yang paling legend.. maka selain nang nak, shutter adalah jawabannya. merupakan film horror thailand pertama yang gue tonton (seinget gue), dan ceritanya memang creepy. meskipun ceritanya cukup klasik, tentang roh yang membalas dendam, tapi scene setan duduk di atas leher masih menjadi salah satu scene yang cukup legend di kancah industri film horror.

3. Coming Soon (2008) - thailand




Chain merupakan pemutar roll film di sebuah bioskop yang baru saja putus dari kekasihnya akibat kecanduan obat terlarang. Akibat kecanduan ini pulalah, Chain dan Yon, berniat bikin bootleg dari film terbaru yang akan segera tayang untuk bisa bayar utangnya ke bandar. Dipilihlah sebuah film berjudul Hantu Gentayangan. Eh.. di tengah-tengah film, Chain ketiduran. Ketika film berakhir, ternyata Yon ngilang gag jelas. Berdasarkan handycam yang dipake buat ngerekam film, Chain ngeliat kalo Yon di pertengahan film jerit-jerit ketakutan karena ada hantu cewek misterius.

My Review: Coming soon merupakan salah satu film horror yang ceritanya keren. meskipun rada nonsense, tapi cerita horrornya itu inovatif. setannya bisa bikin orang-orang masuk ke dalam film, gokil.  

4. The House (2007) - thailand




Film ini terinspirasi oleh kisah nyata dari tiga pembunuhan mengerikan yang terjadi pada tiga perempuan di masa lalu. Chalinee, seorang wartawan muda, ingin tahu kebenaran di balik tiga kasus misterius, jadi dia mulai mencari informasi lebih lanjut. Akhirnya, ia menemukan rumah tempat tiga wanita dibunuh oleh kekasih mereka. Tapi ketika ia mengambil langkah terakhirnya ke rumah terkutuk, dia menemukan sesuatu yang lebih menakutkan daripada yang pernah dibayangkan menunggunya.


My Review: Jangan pernah menilai buku dari covernya. begitu pula dengan film, jangan pernah menilai film dari rating imdb nya. meskipun film the house ini setelah gue selidiki dapet rating imdb dibawah 6, tapi percayalah film the house ini merupakan salah satu film horror terbaik. selling pointnya ada di based on true story nya.

5. 4bia (2008) - thailand





LAST FRIGHT
LAST FRIGHT karya sutradara Parkpoom Wongpoom berkisah tentang nasib seorang pramugari yang terpaksa harus menemani jenasah seorang Putri kembali ke kerajaannya. Perjalanan ini jadi luar biasa karena Pim ternyata harus berangkat dalam perjalanan ini seorang diri.

TIT FOR TAT
Paween Purijitpanya ingin berkisah tentang karma dalam filmnya yang berjudul TIT FOR TAT. Dalam film ini, dikisahkan sekelompok siswa terpaksa dikeluarkan dari sekolah karena tindakan mereka yang sudah melewati batas. Malangnya, bukan itu saja resiko tindakan mereka karena seorang korban perbuatan mereka ternyata ingin membalas dendam dan akhirnya mereka pun sadar bahwa karma memang ada.
IN THE MIDDLE
IN THE MIDDLE yang disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun berkisah tentang petualangan empat sahabat yang pergi berkemah di tengah hutan. Salah satu dari empat orang ini kemudian meninggal karena kecelakaan dan sebelumnya sempat meninggalkan pesan yang malah menggiring ketiga temannya pada kejadian-kejadian aneh.


HAPPINESS
Sutradara Yongyoot Thongkongtoon dalam filmnya mencoba mengingatkan penonton tentang bahaya berhubungan dengan orang yang tak dikenal lewat HAPPINESS. Dalam film ini dikisahkan seorang wanita yang merasa kesepian akhirnya terjebak pesan SMS yang datang dari orang yang tidak ia kenal. Sayangnya ia baru menyadari kesalahannya setelah semuanya terlambat.



My Review: Karena merupakan film horror omnibus, maka di dalam 1 film ini ada beberapa cerita yang tidak berkaitan. kayaknya, film horror omnibus thailand ini memang salah satu yang juara.

6. Phobia 2 (2009) - thailand






NOVICE
Memahami konsep karma memang kadang tidak semudah mengucapkannya. Paling tidak Pey merasa konsep ini sama sekali tidak masuk akal. Namun karena Pey hidup di lingkungan yang percaya pada karma maka mau tak mau ia harus menuruti kemauan orang-orang di sekitarnya. Setidaknya sampai ia menyadari bahwa kejahatan yang telah ia lakukan ternyata membawa dampak buruk yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

BACKPACKERS
Dua orang remaja Jepang memutuskan untuk berlibur di Thailand meskipun uang yang mereka miliki tak terlalu banyak. Demi menghemat uang mereka pun lantas memilih menggunakan jasa transportasi paling murah, menumpang mobil orang lain. Celakanya, ternyata metode transportasi ini punya resiko yang cukup tinggi.

IN THE END
Kalau film sudah memasuki saat-saat terakhir syuting maka tak ada ruang untuk berbuat kesalahan. Semua harus berjalan sesuai rencana karena nilai uang yang dipertaruhkan juga tak kecil. Tapi bagaimana kalau seandainya yang terjadi adalah kematian sang pemeran utama? Bisa jadi satu-satunya cara adalah menghidupkan lagi sang pemeran utama dengan segala cara.

SALVAGE
Mencari nafkah dengan membeli mobil-mobil yang sudah rusak, memperbaikinya kemudian menjualnya lagi mungkin cukup menguntungkan. Yang diperlukan adalah kejelian saat berburu mobil bekas yang mungkin mendatangkan keuntungan besar. Masalahnya adalah saat membeli mobil yang 'bermasalah' dan tak bisa mendatangkan keuntungan. Dalam kasus Nuch, masalahnya bukan cuma keuntungan saja tapi juga masalah keselamatan.

WARD
Banyak anak kecil yang takut tidur sendirian karena mereka mengira bahwa akan ada monster yang mendatangi mereka saat mereka tidur. Tapi kadang tidur sendiri jauh lebih aman daripada tidur bersama-sama orang lain yang ternyata tak seramah yang kita kira. Itulah yang dialami seorang anak yang memaksa untuk dipindahkan dari ruang UGD ke bangsal pasien hanya karena ia takut tidur sendiri.



My Review: sama seperti phobia (4bia), phobia 2 merupakan horror omnibus. bedanya, phobia 2 dikemas dengan 5 cerita atau 1 cerita lebih banyak. dan di cerita terakhir, yang berjudul "in the end", siap-siap untuk tertawa karena cerita horror ini benar-benar dikemas secara lucu dan mengocok perut. 

7. Muoi The Legend Of Portrait (2007) - south korea





Film ini bercerita Tentang YOON-HEE seorang novelis yang telah putus asa untuk membuat cerita baru. Hingga suatu saat ia mendengar dari SEO-YEON,seorang temannya di Vietnam , tentang sebuah cerita yang sangat unik tentang legenda Potret Muoi itu.Sebuah dendam lama membuat YOON-HEE ragu untuk pergi ke Vietnam untuk bertemuSEO-YEON.Namun, Ia terpesona oleh potret-potret SEO-YEON tentang MUOI yang selalu ia kirimkan. Akhirnya YOON-HEE pergi ke Vietnam untuk mengungkap sebuah legenda sebuah Potret yang telah terpendam selama berabad-abad itu. YOON-HEE sangat tertegun melihat penampilan SEO-YEON yang mempesona, walaupun belum pernah bertemu sebelumnya,ia sangat ramah menyambut YOON-HEE. Akhirnya SEO-YEON menceritakan tentang misteri MUOI. Berawal dari situlah konflik cerita ini dimulai, Vietnam tempat yang eksotis itu berubah menjadi sebuah mimpi buruk, dan rahasia muoi yang telah terkubur dalam itu seakan tidak pernah terungkap.



My Review: Merupakan film horror korea yang membahas tentang muoi. iya, muoi.. urban legend vietnam itu. ceritanya cukup keren, dengan alur maju-mundur, film ini dapat membawa penonton menikmati ceritanya dan unsur horrornya.

8. Ringu / The Ring 1 (1998) - japan


Film Ring ini diadaptasi dari novel ciptaan Kōji Suzuki. Film yang dirilis tahun 1998 ini menggemparkan perfilman horor dunia. Hantu Sadako yang diceritakan dalam film tersebut dibuat sangat menyeramkan. Rambut panjang dan jari-jemari yang sudah tidak berkuku menjadikan hantu ini sangat mengerikan. Dalam film tersebut dikisahkan setiap orang yang telah menyaksikan rekaman misterius, akan didatangi oleh hantu sadako tersebut dan dibunuhnya.


My Review: coba disini angkat tangan yang nggak tau sadako? nggak ada yang angkat? tau semua, nih?! oke, kalau ditanya scene film horror yang paling legend, maka selain scene setan naik ke atas lehernya shutter.. scene sadako keluar dari tv adalah scene yang paling legend. film ringu (the ring) ini sempat di remake sama holywood, tapi tetap. versi aslinya lebih gokil.

9. Ringu 2 / The Ring 2 (1999) - japan




Seminggu atau lebih telah berlalu sejak tubuh Sadako itu ditemukan dan polisi telah melakukan upaya untuk menemukan keluarga korban dan menemukan Reiko (Nanako Matsushima) dan anaknya, Yoichi (Rikiya otaka) yang telah menghilang. Mereka telah mempertanyakan Takano Mai (Nakatani Miki) atas kematian mengejutkan pacarnya, Ryuji (Sanada Hiroyuki) dan ayah Reiko itu. Mereka percaya bahwa Reiko ada hubungannya dengan kejadian dan segera Yoichi muncul, sekarang seorang anak bisu setelah menyaksikan rekaman itu.

Mai memutuskan untuk mengambil sebuah penyelidikan sendiri, yang mengarah ke kantor koran tua Reiko di mana dia bertemu seorang reporter yang juga tertarik pada cerita tentang rekaman itu. Mereka mengunjungi rumah sakit jiwa di mana Masami (Hitomi Sato) masih disimpan dan belajar bahwa ia telah mengembangkan beberapa kemampuan menarik dan sedang dipelajari oleh Dr Heihachiro Ikuma (Daisuke Ban) yang memiliki teori tentang kekuatan psikis bahwa ia ingin melaksanakan pada waktunya.




My Review: sama seperti ringu 1, cerita masih berfokus di sadako. 

10. Bunshinsaba (2004) - south korea
                                             

                                    

Bunshinsaba (분신 사바) adalah film horor Korea Selatan pada tahun 2004 disutradarai oleh Ahn Byeong-ki. Pada tahun 2004,film ini diputar di Puchon Festival ke 8th International Film Fantastic. Film ini telah premier di American tepatnya di New York Korean Film Festival pada tahun 2005, dan di akhir tahun itu di Screamfest Horror Film Festival ke 5.

Film ini bercerita tentang Yoo Jin, seorang murid pindahan dari Seoul yang, dengan dua temannya yang lain,Yoo Jin terus-menerus diganggu oleh teman-teman sekelasnya. Suatu malam, Yoo-Jin dan teman-temannya memutuskan untuk menempatkan kutukan pada musuh-musuh mereka dengan membuat sebuah papan Ouija dan mulai menulis nama-nama perempuan pengganggu.

Menggunakan kutukan Bunshinsaba, Yoo-Jin memperingatkan temannya yang lain untuk tidak membuka mata mereka hingga mantra selesai. Panggilan ini mulai berlaku, dan Yoo-jin, agak penasaran, membuka matanya. Dia terkejut dan ketakutan, saat melihat sosok gadis pucat seperti orang mati dengan rambut panjang menyamping.

Namun, tidak hanya sampai situ saja. Keesokan paginya ketika Yoo-jin datang ke kelas, dia menemukan bahwa salah satu mayat teman sekelas yang sering mengganggunya berada di meja dengan wajah terbakar. Sementara itu, pihak sekolah mempekerjakan guru sukarelawan bernama Eun Ju Lee, dia dikenal dengan sebutan Ms Lee, sebagai guru seni.



My Review: Meskipun bunshinsaba ini digadang-gadang sebagai salah satu horror korea terseram, tapi nyatanya... bunshinsaba 2 dan bunshinsaba 3 ini malah dijadiin film china. ini agak aneh sebenarnya -__-

11. Wishpering corridors 3 (2003) - south korea


Sebuah legenda tentang tangga yang dapat mengabulkan permintaan, ketika menginjak anak tangga ke 29, roh akan mengabulkan permintaannya. Cerita ini berfokus antara 2 sahabat, Kime So-hee (Han-byeol Park) dan Yoon Jin-sung (Ji hyo Song) yang sama-sama siswa sekolah ballet. Ketika sebuah kompetisi dimana pemenang kompetisi tersebut akan berangkat ke sekolah ballet terkenal di Rusia mulai memecah persahabatan mereka. Jin-sung sangat berharap bisa menang dari So-hee yang paling mempunyai peluang memenangkan kompetisi ini. Kim So-heen pun mendatangi tangga yang dapat mengabulkan permintaan itu. Awalnya Jin-sung tidak percaya akan legenda itu, tapi setelah melihat Eon Hae-Ju (An Jo) seorang siswi gendut dan jelek yang tiba-tiba berubah kurus karena berdoa di tangga tersebut, Kim So Heen pun percaya. Kim Sho-heen meminta dapat mengalahkan So Hee. Tapi harga yang harus dibayar Jin-sung dari doanya tersebut ternyata membuat So Hee meninggal. Jin Sung pun memenangkan kompetisi itu. Beralih ke Eon Hae Ju, dia ternyata sangat menyukai So-hee, karena kematian So-hee, Hae-ju menjadi kesepian. Hae-ju pun meminta ke Wishing Stairs supaya So-hee kembali. Arwah So-hee pun bangkit dan mulai menghantui Jin-sung.



My Review: Merupakan salah satu dari 5 film seri wishpering corridors. wishpering corridors sendiri adalah film seri horror korea, yang dimana dari wishpering corridors 1 - 5 selalu mengambil tempat di sekolah. dan yang ke 3 ini, merupakan salah satu yang gue suka. sama seperti film-film horror kroea lainnya, ceritanya cukup kuat. 

12. The Red Shoes (2005) - south korea



Sun Jae yang akhirnya mengetahui alasan kenapa suaminya berubah kelakuannya terhadap dia dan keluarganya akhirnya memutuskan untuk pindah bersama anak perempuannya Tae-Su ke sebuah apartemen tua. Suau hari, ketika Sun-Jae kembali ke rumah, si karakter utama ini nemuin sebuah sepatu berwarna pink (ingat Pink bukan Merah..catat) di stasiun kereta api. Si Tae-Su yang emang suka ngoleksi sepatu tentu saja nggak nyia-nyiain sepatu cantik seperti itu tergeletak begitu saja. Nah, saat si Sun-jae memakai sepatu pink itu, dia merasa dirinya adalah orang paling cantik dan berpikir siapapun nggak boleh nyentuh nih sepatu bahkan anaknya sendiri pun nggak boleh nyentuh sepatu pink ini (ingat pink bukan merah).

Cerita pun berjalan dan Sun Jae mengetahui ada yang aneh dengan sepatu Pink ini. Ternyata orang yang merebut sepatu ini dari orang yang sudah memakainya akan mendapatkan sebuah kejadian mengerikan yaitu kematian tragis dengan kaki yang terpotong. Hal ini diketahui setelah sahabatnya Kim-Mii He ditemukan tewas sesaat setelah merebut sepatu Pink ini dari Tae-Su. Sun-Jae juga mendapatkan sebuah mimpi kalau anaknya juga akan mendapatkan kejadian yang sama dengan Kim-Mii Hee. Bersama In-Cheol, seorang designer interior, Sun Jae pun mencari ada apa dengan Sepatu Pink terkutuk ini sebelum dirinya dan anaknya bernasib sama dengan Kim-Mii He, terbunuh dengan kaki terpenggal.


My Review: sama seperti film horror korea lainnya, film the red shoes ini dikemas benar-benar ala horror korea. 

13. Alone (2006) - thailand


                              



diawali dengan adegan seorang wanita yang bernama Pim yang diberikan surprise oleh suami nya yang bernama vee. lalu tidak berselang lama, pim mendapati telepon dari thailand yang mengabarkan bahwa ibunya menderita stroke dan dirawat di rumah sakit. dengan terpaksa pim dan vee akhirnya pulang kethailand. Sesampainya di Thailand mereka langsung menuju kerumah sakit dimana ibunya pim berada. ada yang aneh pada ibunya itu, kata pembantu dirumah ibunya, ibunya tersebut selalu merasa ketakutan.
disamping itu, dimulailah adegan-adegan dimana pim selalu dihantui oleh sosok seorang wanita yang mirip dengannya yang selalu menunjukkan bukti keberadaan dan kenangan mereka berdua. vee merasa heran bahkan merasa kalau pim mengalami stres dan mengajukannya kepada seorang teman yang tidak lain seorang psikolog. 

lalu diceritakanlah sebuah kenangan pim ketika dimasa kecil sampai remaja. disanalah dapat kita ketahui bahwa pim memiliki kembaran siam yang bernama ploy. mereka sama seperti anak kembar lainnya cuma perbedaanya terletak pada perut mereka yang saling menempel dan ploy menggunakan kacamata. disana jg diceritakan mengenai bagaimana pim bertemu dengan vee. vee menyukai pim begitupula dengan pim. namun disisi lain ploy merasa iri karna ia pun sangat mencintai vee hanya saja cintanya tak berbalas. pada akhirnya pim dan ploy melakukan operasi pemisahan yang menyebabkan ploy meninggal.


My Review: men, gue mulai cape nulis review men.. film ini merupakan salah satu film horror dengan cerita yang keren dan cukup inovatif. yakni terfokus di saudara kembar yang kembar siam..


14.  
Who R U (2010) - thailand



who are you thailand movie

menceritakan sebuah kisah yang begitu pahit. seorang ibu yang tidak mampu mengikhlaskan anak semata wayangnya yang terbunuh akibat terjadinya pertengkaran hebat antara ibu tersebut dengan suaminya.
kemudian sang ibu mengikuti suatu program pelatihan emosionaan agar menenangkan diri dan mendapatkan kebahagiaan, yang dapat membantu ibu tersebut menciptakan halusinasi ttg anaknya sampai sampai menimbulkan kematian bagi kerabat dan keluarganya.



My Review: apa jadinya kalau seorang anak nggak pernah keluar dari kamar selama berthaun-tahun? apakah anak tersebut mengurung diri karena sesuatu.. atau, karena anak itu sebenarnya sudah mati? tonton sendiri men

15. Dark Water (2002) - japan



                             

Yoshimi Matsubara (Hitomi Kuroki) sedang dalam proses perceraian dan berusaha mendapatkan hak asuh terhadap anaknya yang baru berusia 6 tahun, Ikuko (Rio Kanno). Mereka berdua pindah ke sebuah apartemen yang tidak terlalu besar. Awalnya kehidupan mereka tenang-tenang saja meski ada satu hal yang mengganggu yaitu air yang menetes dari atap apartemen mereka. Tapi tentunya tidak ada yang mencurigakan dari langit yang bocor saat musim hujan bukan? Tapi lama kelamaan beberapa hal aneh mulai terjadi. Yoshimi sempat melihat sosok gadis kecil yang misterius. Selain itu Ikuko juga menemukan sebuah tas berwarna merah yang anehnya meski sudah dibuang selalu muncul kembali. Dan yang tidak kalah meresahkan adalah air yang menetes dari atap rumah makin lama makin banyak dan tempat yang bocor makin luas saja. Tanpa mereka ketahui sebenarnya apartemen tersebut pernah menyimpan misteri dan tragedi.



My Review: kalau ditanya film horror dengan cerita yang paling bikin baper, maka tak perlu lagi kalau dark water adalah jawabannya. iya, serius. meskipun cenderung monoton ditengah, tapi film ini bikin benar-benar bawa perasaan di endingnya.

16. Body #19 (2006) - thailand


                                          


Chon mengalami kesusahan setiap kali dia tidur. Dia berusaha untuk tidak tidur, karena dia takut dengan wanita yang berada dalam mimpi buruknya. Dalam mimpinya, wanita itu berteriak meminta tolong, karena dia telah dibunuh secara sadis. Ae, saudari Chon khawatir dengan ilusi Chon yang dilihatnya di dalam mimpi, sehingga dia mengenalkan Chon pada seoarang psikiatris. Chon berusaha membuktikan bahwa yang dilihat bukanlah sekedar ilusi. Akhirnya, Chon benar ketika setiap petunjuk yang dia dapat dari mimpi buruknya membawa dia ke sebuah lemari penyimpanan mayat nomor 19. Dan sekarang, cerita tentang mayat yang berada di lemari penyimpanan mayat mulai tersingkap.


My Review: merupakan horror thailand yang twist ending. dengan durasi yang agak panjang, film ini memang sedikit bikin ngantuk. tapi nikmatin aja, men.

17. Kuntilanak 1 (2006) - indonesia
       

                                  

Film horror terlaris tahun 2006 ini berkisah tentang Samantha (Julie Estelle) yang terpaksa pindah ke rumah kost yang menyeramkan milik keluarga Mangkudjiwo karena tidak kuat tinggal bersama ayah tirinya yang mesum. Sam tidak menaruh curiga pada tempat kost-nya walaupun orang – orang sekitar percaya bahwa ada Kuntilanak yang bersarang di sebuah pohon besar di depan gedung kost milik keluarga Mangkudjiwo tersebut. Saat berbincang – bincang soal Kuntilanak bersama penjaga Kost, Bu Yanti, Sam malah dinyanyikan tembang Durmo yang konon bisa memanggil Kuntilanak. Setelah peristiwa itu banyak hal aneh yang terjadi pada Sam dan disekitar lingkungan kost Mangkudjiwo. Ternyata Sam memiliki wangsit untuk memanggil Kuntilanak dan takdir itulah yang membawa Sam ke tempat tersebut.

My Review: Akhirnya! ada juga film horror indonesia di list ini. disamping film-film horror indonesia sekarang yang setan-setannya pada pake bikini, dahulu kalau sejatinya ada banyak film horror indonesia yang keren-keren dan pastinya seram. salah satunya kuntilanak, film ini sendiri merupakan film trilogi.

18. Kuntilanak 2 (2007) - indonesia


                                         


Merupakan sekuel dari KUNTILANAK yang bercerita tentang Samantha (Julie Estelle) yang menyadari adanya sebuah panggilan dari alam gaib kepada dirinya. KUNTILANAK 2 pun melanjutkan kisah perjalanan hidup Sam.

Sam berada dalam dilema, apa akan memenuhi panggilan gelap tersebut atau mempertahankan jati dirinya. Karena wangsit pemanggil Kuntilanak semakin menguasai Sam, dan membuat sisi gelap jiwanya semakin kuat. Sam harus berjuang melawan musuh yang ada di dalam dirinya sendiri.

Selain itu, sisa-sisa pengikut Sekte Mangkoedjiwo yang kejam juga menggunakan berbagai cara dan ritual sesat untuk memaksa Sam masuk ke dalam lingkaran mereka, dan menjadi pemimpin mereka, supaya mereka tetap bisa menggunakan Kuntilanak untuk menimba kekayaan.

19. Kuntilanak 3 (2008) - indonesia


                                           


Tanpa berpaling dari cerita yang sudah dibangun di film KUNTILANAKdan KUNTILANAK 2, film K3 ini mengisahkan usaha empat orang sahabat yang mencari dua orang teman mereka yang menghilang secara misterius di sebuah hutan. Lokasi-lokasi yang menantang – seperti hutan, gua, pedesaan, bahkan air terjun – menjadi latar tempat terjadinya berbagai adegan horor, petualangan, dan kengerian.

20. Rumah Dara (2009) - indonesia



Adjie (Ario Bayu) dan Astrid (Sigi Wimala) yang sedang menanti kehadiran anak pertama, pergi bersama tiga temannya ke Bandung. Perjalanan ini merupakan usaha terakhir Adjie untuk berpamitan dengan adiknya, Ladya (Julie Estelle). Kedua kakak-beradik ini sudah tak akur lagi, dan besok Adjie harus berangkat ke Australia untuk memulai hidup baru. Pertemuan mereka tidak berjalan mulus pada mulanya. Ladya yang seorang pemberontak menyalahkan Adjie atas tragedi di masa lalu. Atas bujukan Astrid, Ladya mengalah dan dengan sungkan ikut mengantar ke bandara. Perjalanan terhenti ketika seorang perempuan cantik, Maya (Imelda Therinne), menghampiri dan mengaku baru saja dirampok. Berniat menolong, mereka mengantar perempuan ini pulang. Sesampai di rumah Maya, mereka diperkenalkan kepada seorang perempuan anggun dan misterius bernama Dara (Shareefa Daanish). Disinilah niat tulus dan maksud baik menjadi awal bencana.



My Review: Rumah dara merupakan salah satu film horror jagal indonesia yang cukup terkenal di dunia internasional. unsur kekerasannya cukup gokil. dan kabarnya, film ini kena banned di malaysia karena kesadisannya. rumah dara gokil.



   

49 comments:

  1. Film horor indonesia ada di jajaran terakhir nih, duh sedih amat jev :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ada kan sis :")
      sebnarnya masih banyak si kalau indonesia. wewe, rumah gurita, danau hitam, bangku kosong dsb...
      tapi ini kan judulnya film horror asia terbaik, bukan film horror indonesia terbaik.. jadi ya nggak bisa dimasukin semua

      Delete
  2. Aku nggak pecinta film horror, tapi ada dua film di sana yang pernah aku tonton heeee

    ReplyDelete
  3. Baru nonton sutter versi thailand, coming soon itu yang paling ngagetin banget dan keren kisahnya, sama 4bia jujur aja gue nggak ngerti sama jalan ceritanya. ada lagi film judulnya Mama, the conjuring. Gue gak begitu suka film horor sebenernya apalagi nontonnya sendiri. Tapi tentang sadako itu kayaknya seru... Dan satu lagi gue anti banget sama film horor indonesia, bukan berarti gak cinta indonesia cuma ya kok kebanyakan film indonesia berbau porno.

    Oh iya coba deh nonton pee mak, ini film horor thailand tapi bikin ngakak.. nah bingung kan film horor yang bikin ngakak,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4bia itu omnibus, jadi.. ya cerita yang satu ke yang sat lagi nggak berkaitan. ah, biasa aja. dulu gue nonton counjuring sendirian di bioskop tuh.. pee mak gue udah nonton.... itu versi komedia dari nang nak. tapi lebih menjual karena ada maurer dkk. ada lagi yang ceritanya mirip2 pee mak, yakni.. make me shudder 3.

      Delete
  4. mau nyobain nonton film horor korea ah... bosen indonesia mulu :D

    ReplyDelete
  5. Nyerahhh aku nyerahhhh, cemen anaknya mah ama yg beginian :))

    ReplyDelete
  6. Belom berani nonton film ginian kalo belom sama temen2 nih xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar... itu semua karena hormon cortisol yang mengalir dalam darah yang menyebabkan rasa takut pada manusia. asik.

      Delete
  7. film horror thailand bener-bener horror. serius. sungguh seram -_-

    ReplyDelete
  8. ya nih, horor asia emang banyak yang serem tapi yg barat juga nggak kalah kok. ada beberapa yang bagus dan mengerikan juga.


    soal thailand jangan di tanya lagi deh kualitas filmnya. seakan-akan di thailand itu isinya emang kebanyakan hantu daripada orang. makanya bisa serem gitu.

    Yg Indonesia juga masuk ya. saya setuju yang kuntilanak itu sama rumah darah.
    Kalau ngelirik jaman dulu sih ada film-film Suzana. mungkin alurnya sekarang udah nggak serem tapi tetap aja ngelihat dia yang berubah jadi hantu itu tetap serem apalagi dengan tatapan matanya yg khas tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin film suzana itu.. sudah tidak relevan, men. dari sisi kualitas videonya udah keliatan

      Delete
  9. dari semua daftar cuman film nya mbak kunti aja yang pernah ane nonton, itupun nontonnya jerit-jeritan kayak manusia harimau, maklum saat itu masih dalam masa bocah :D

    Tapi dari semua itu gak ada yang kalahin filmnya mbak suzana, sumpah itu horornya sampe buat trauma berkepanjangan. The best lah kalau mbak suzana yang main film horor

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu nonton kunti gue juga masih sd... emang sensasinya lebih beda kalau nonton film horror waktu masih bocah.. entah kenapa gue nggak begitu suka ama filmnya suzana

      Delete
  10. Untung baca postingan ini gak pas tadi malam. Daftar filmnya banyak banget. Serem serem.

    The Red Shoes, Dark Water, Bunshinsaba, Mui The Legend, Whispering Corridors, itu belum aku tonton. Oh, iya A Tale of Two Sisters juga belum. Pernahnya nonton The Uninvited gara-gara pengen liat Emily Browning, kayaknya sih memang lebih seru versi asli daripada remake.

    Yang Phobia, entah kenapa aku ngerasa lebih bagus Phobia 1 daripada yang 2. Terutama yang cerita tentang pramugari itu. Habis nonton itu kalau mau pipis minta ditemani adek. Di phobi 2 aku suka tentang si anak kecil biksu, itu juga karena gara-gara yang main ganteng. :D

    Rumah Daraaaaaa, itu keren banget! Suka ngeliat muka mesumnya Mike Lucock disitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue malah nggak nonton the uninvited, karena sudah puas dengan a tale of two sisters..
      gue lebih suka phobia 2, gara-gara cerita terakhirnya komedia abis. twist endingnya gokil...
      oh itu, si biksu.. itu gue baru nyadar beberapa waktu yang lalu kalau si biksu itu kao jirayu. mukanya jadi agak beda gara-gara berambut sama nggak berambut

      Delete
  11. Dari semua list yg ada di atas, semuanya gak perna ane tonton. Kalau gue lebih suka film horor barat. Gak semuanya juga film horo barat pakaiannya rapi kaya vampir. Coba lihat film mama, atau invicious. Menegangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih.. se berantakan-berantakannya baju setan di horror barat, pasti lebih berantakan, kumel, bolong dan lebih gagal gaul baju setan2 di indonesia/asia. gue nggak terlalu suka horror barat, dulu nonton horror barat bikin pala pusing. gara-gara cuma mengutramakan efek suaranya doang. kalau ceritanya? nggak jauh-jauh dari exorcism. selalu exorcism.. selalu itu, bosen men.. yang gue suka ya paling insidious 1-2, sama counjuring.. sama the sixth sense plus the others yang twistnya keren.

      Delete
  12. Dari semua list yg ada di atas, semuanya gak perna ane tonton. Kalau gue lebih suka film horor barat. Gak semuanya juga film horo barat pakaiannya rapi kaya vampir. Coba lihat film mama, atau invicious. Menegangkan..

    ReplyDelete
  13. Intronya, bit Indra Frimawan banget nih?
    Wah banyak yang belum gue tonton tuh, gak gitu suka genre horor sih hehe *cupu*
    Btw Film Jelangkung engga masuk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah... ada yang nyadar juga ya itu bit indra waktu ngeroasting indro. kala itu gue berada di balai kartini menyaksikan indro di roasting secara gaul :") pasti anak standup deh tuh nyadar beginian..

      gue lebih suka kunti daripada jelangkung. mungkin masalah kualitas gambar.. kamera tahun 2000 awal tidak terlalu relevan dengan kamera tahun 2005 keatas

      Delete
  14. woo...beberapa baru aja nonton....dan emang keren...
    oiya, ada juga Voice, Korsel, bagus.....hampir sama seramnya sama wishing stair..
    ada juga si Phone, Cinderella, Dont Click, The Doll master, The cat, (Korsel)
    ladda land, the swimmer, sick nurse, bupah rathree 2 (thailand)
    kalo indo yg baru Danau hitam sama WEWE, setau gw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha, udah pernah gue tonton semua. voice... doll master.. phone.. semuanya pernah dah tuh. kalau judulnya film horror korea terseram, pasti film-film itu masuk list. tapi... ini kan film horror asia, jadi harus berbagi dengan negara lain :") kalau the cat gue nggak terlalu suka. ceritanya rada aneh. kalau cinderella tuh bagus ceritanya, ngetwist juga.the swimmer tadinya mau gue masukin... tapi nggak jadi. ladda land bikin pala pusing men.... nggak ngerti gue. kalau sick nurses mah..... nggak ada bedanya sama horror 18+, kalau bupah rathre itu.. yang mario maurer bukan? yang ceritanya ceweknya buta?

      belum nonton danau hitam sama wewe. baru berniat

      Delete
  15. gue dulu lumayan suka nonton film horror, tapi gue cuam nontno film horror di bioskop, kalo dirumah gue gak berani, kalo dibioskop kan rame tuh hehe

    sejak ngekost gue gak berani lagi nonton film horror, takut kebawa bawa nuansa horrornya, ini aja gue baca postignan lo terus liat gambarnya udah berasa gimnaaaa gitu wkwkw

    ReplyDelete
  16. Udah pernah nonton Rumah Dara.

    ehh, jev, download film the house dimana yah ? Penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. the house sih gue nonton di yutub... kalau download mungkin coba liat di gugel..

      Delete
  17. maksud si bapaknya mungkin, kalo nontonnya kebanyakan, kalo sekali-kali yang gpp. Ada pesan moralnya itu yang penting. Tapi biasanya kalo nonton film horor, gua kadang suka kebawa mimpi, makanya gua nggak suka nonton film horor, meski jujur gua akui, film horor itu seru

    ReplyDelete
  18. Niat banget Jev lo nulisnya. :D
    Kayaknya lo emang demen banget nonton film ya.. banyak waktu luang nih lo brarti ya..

    Dari sekian banyak yg lo tulis banyak yg gue belum tau... pas nih, bisa jadi rekomendasi kao gue nyewa film..

    Kuntlanak sama rumah dara gue udah nonton semua... tapi emang rumah dara itu juara banget seremnya.. gue sampe nonton film ini 3 kali masih nggak bosen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu gue lebih addict lagi nonton film. lumayan, buat nambah pengetahuan.. itung2 hiburan.
      rumah dara mah, sadis~

      Delete
  19. satu satunya yang aku tahu hanyalah rumh dara, ya mungkin karena aku tidak terlalu suka nonton film horor, atau lebih tepatnya takut

    ReplyDelete
  20. banyak juga tong koleksi film horor lu. kayakny yang thailand seru nih. ane belum pernah nonton soalnya. boleh nih tong buast rekomendasi :D

    ReplyDelete
  21. Asik, recommen film horror cakep nih, asia pula!! Asoy! Nonton ah ntar.. (kalo ada tmennya. wkwk)

    Coming Soon, emg agak nonsense yak, tp.. Itu gokil, ngagetin abis. Setannya serem! Gue nntn film itu krna pgn liat si ganteng Chantavit aja.

    The uninvited malah gue blg gak serem. Aneh gtu._. ydh gue nntn versi aslinya ajadeh ntar.
    Eh kuntilanak msk dlm list nih? Gue sih nntn yg prtma doang, gak tau malah ada yg 2-3 nya. Gue kira mslahnya udh kelar. Trnyata msh ada trusannya toh.. Gue inget bgt nntn kuntilanak ini sampe gue gak bisa tdr, trs pgn ngeliat kaca aja takut, rasanya pgn gue pecahin aja tuh kaca yg ada drmh gue biar gak jd sarang kunti. Tp untungnga sih enggak ksampean gue pecahin sih... Yakeles, ntar emak gue ngomel2, trs gue gak boleh nntn film horror lg, kan bahaya-_-

    Itu rumah dara, di malaysia di banned? Lah gimana di indonesia?? Jgn2 tayang bentaran doang. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua film yang ada chantavit itu emang bagus.
      gue sih nonton rumah dara di yutub..

      Delete
  22. Aaaaaaaaaaa aku no ton a tale two sister mrinding gilakkk ternyata kakaknya yg justru error n biangbdari semuanya, kirain ibuk tirinya..pengambilan gambarnya juga indah bgt,,.tapi ga meninggalkan kesan sadis n mencekamm

    Klo yg coming soon aku ngeri ngliat pas adegan gantung diri n semua yg nonton matanya akhirnya dimasuiin ke tivi

    Klo phobia 1 yg paling swrem yg cerita pramuggari

    Who are u juga nih, settingnya biiin bulu kuduk diri, ngeriiiii, ku suka film horor thai, soalnya pengambilan gmbarnya nyeritain kisah sehari2 gituu, tp tetep kena horornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. a tale of two sisters emang masih juara. tapi, buat orang2 yang jarang nonton sih kebanyakan bakal bingung dan nganggap "aneh" endingnya. padahal, twist endingnya itu sebuah seni banget :")

      Delete
  23. Wah luar binasa lojeff bisa sempet nonton dan review satu satu sampebanyak begini..dan kayaknya yang paling top markotop tanktop yang berasal dari korea ya..sayangnya selama ini gue liat drama atofilm Korea yang genrenya cinta cintaan aja..wkwkwkw ternyata horror leh uga nih.jadi pingin liat yang uninvited..

    thanks infornya,bro! Pas banget gue suka nonton. hahah

    ReplyDelete
  24. Buset, tontonanmu banyak banget jeff. Aku mah apa atuh, nonton cover film horor aja udah merinding. Jadi aku nggak suka sama film horor. Jadi nggak ngerti semua film di atas. Ada yang tau judulnya sih, tapi cuma tau aja, nggak pernah nonton filmnya.

    Oh iya, mulai minggu kemaren temen-temenku pada nginep di kosku kalo setiap malem jum'at. Dan agenda wajibnya adalah nonton film horor jam 12 malam. Dan tentu saja, aku tidur.

    ReplyDelete
  25. Body #19 gue mah agak jijik liat setannya -___- Begitu amat~

    Rumah Dara okelah... Kayaknya lebih ke thriller kali yak... *soktahu*

    Jadi penasaran sama film horror Korea~ Selama ini nontonnya drama Korea mulu sih. *abaikan curhat ini*

    ReplyDelete
  26. Film horror Thailand emang serem-serem dan ceritanya keren. Selain merinding juga bikin terbayang-bayang. TOP reviewnya lengkap. Yang alone itu ternyata si pim yang mati. Dan si ploy ngaku-ngaku kalau dia pim *egois

    ReplyDelete
  27. klo asia soal film horor 3 negara juaranya(jepang, korea dan thailand) serta negara tetangga malaysia, singapura dll. tapi horor barat juga banyak yg seram dan membuat jantungan dengn efek suaranya. klo indonesia meskipun horornya banyak yg hancur karena ulah produser 2 lulusan sd n berotak kotor(nayato n kerabat2nya) tp ada juga kok yg seram melebihi kuntilanak 12 3, seperti rumah kentang n satu lagi gue lupa judulnya...sorry. tapi kesimpulannya horor asia (yg 3 negara diatas)memang lebih menakutkan daripada horor barat. sekian.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>