Friday, October 30, 2015

Hantu-Hantu Indonesia Yang Kalah Gaul

Selamat malam, para pemburu hantu. 
berhubung malam ini adalah halloween night, maka tak ada salahnya kalau kita bedah masalah per-hantuan di kancah nasional sampai dengan masalah perhantuan di kancah internasional.

emm..

Bukan rahasia lagi kalau hantu di indonesia itu beraneka ragam jenisnya. mulai dari yang masi bocah kayak tuyul, lanjut ke fase remaja dan dewasa kayak kuntilanak, sampai ke fase tua bangka kayak genderowo. hantu-hantu di indonesia memang terbilang cukup bervariasi, dan tanpa sadar mungkin telah menjadi kearifan lokal tersendiri. 

Tapi meskipun bervariasi, sayangnya hantu-hantu indonesia masih kalah populer di mata dunia kalau dibandingkan dengan setan-setan yang sudah pernah go internasional kayak sadako, dracula, vampire, frankenstein, bloody marry dan hantu-hantu internasional yang lain. dan tidak sedikit orang-orang di indonesia yang mempercayai akan keberadaan hantu-hantu yang go international itu.


kencing dulu bro..


Sebenarnya, kepercayaan orang-orang di indonesia tentang urban legend hantu luar negri membuat gue agak sedikit gagal paham. contohnya, orang-orang di indonesia yang percaya dengan bloody marry.  dikisahkan jika kita memanggil nama bloody marry 3 kali di depan cermin, sambil mematikan lampu dan menyalakan lilin, maka sang bloody marry akan datang untuk menakut-nakuti kita. and guess what?? yak.. banyak orang-orang di indonesia yang mempercayai akan hal itu. begini men... tanpa bermaksud merendahkan pihak manapun, bloody marry itu urban legend dari amerika. maka bisa dikatakan kalau bloody marry adalah setan amerika. apakah mungkin kalau kita (yang berada di indonesia) main bloody marry di depan kaca sambil memanggil bloody marry 3x, lalu si bloody mary itu akan datang jauh-jauh dari amerika ke indonesia cuma buat nakut-nakutin kita yang ada di indonesia?! kayaknya nggak mungkin men..

Pertanyaan adalah, hantu kurang kerjaan macam apa yang mau datang jauh-jauh dari amerika ke indonesia cuma buat nakutin orang di indonesia yang menyebut namanya di cermin sebanyak 3 kali? terus, amerika-indonesia itu jauh men. bagaimana caranya si bloody marry bisa datang ke indonesia?! naik pesawat? kan nggak mungkin. lagian kasian si bloody marry kalau memang dia harus naik pesawat untuk bisa sampai ke indonesia. capek-capek bikin paspor luar negri, naik pesawat belasan jam, sampai ke indoesia cuma buat nakutin orang, terus balik lagi ke amerika. terus besokannya dapet callingan lagi dari indonesia.  


bring back my ex...
#TheScreamEdisiBAPER


Maka dari itu, kalau mau percaya mitos tentang hantu, lebih baik mempercayai mitos hantu di dalam negri saja. tapi sayangnya, telah terjadi beberapa hal kurang gaul yang menimpah hantu-hantu dalam negri. seperti moral sang hantu yang rusak, pembunuhan karakter oleh pihak ke 3, sampai dengan hantu-hantu nasional yang kalah gaul dari hantu-hantu internasional.

Moral yang rusak.
hantu-hantu di indonesia itu kebanyakan moralnya rusak. kalau kta lihat tuyul, itu miris men. kecil-kecil udah diajarin buat nyolong, rusak moralnya dia itu. dan kalau kita liat genderowo, dikisahkan kalau genderowo adalah hantu yang suka godain cewek-cewek lajang. semacam penjahat kelamin? mungkin. moralnya rusak. selain itu, ada juga kolor ijo. meskipun belum ada kejelasan dia hantu atau bukan, tapi yang jelas dia melakukan terror dengan hanya menggunakan kolor berwarna ijo. belum mati aja moralnya udah rusak. gue curiga setelah kolor ijo, nanti bakal ada setan-setan yang melakukan terror dengan menggunakan nama celana dalam. misalnya: boxer hello kitty kuning, calvin & klein abu-abu, crocodile biru, victoria secret hijau. 
Pembunuhan karakter.
Selain moral yang rusak, telah terjadi pembunuhan karakter yang dilakukan oleh sutradara film horror kepada hantu-hantu di indonesia. yang paling fenomenal adalah.. the shampoo nurse alias suster yang sedang keramas. ini jelas pembunuhan karakter di dalam dunia persetanan para suster dan perawat. jadi suster itu nggak gampang loh, mesti masuk jurusan IPA dulu.. mesti kuliah dulu.. dan sekalinya di bikinin film horror, malah diceritain film horror tentang 18+. judulnya sih suster yang sedang keramas, isi filmnya.. suster lagi keramas --> adegan bh -->  adegan paha --> bh lagi --> paha lagi. padahal, sebelum adanya film suster yang lagi keramas,  diceritakan juga tentang suster yang mati pengkor (suster ngesot), dimana sang suster diceritakan mati dengan keadaan nggak bisa jalan. mau nakut-nakutin orang, tapi pengkor. nggak bisa jalan. ini jelas pembunuhan karakter. 

Selain suster yang sedang keramas, ada juga yang namanya nenek gayung, yang senantiasa menteror warga dengan gayungnya. ada juga yang namanya kakek cangkul, yang senantiasa meneror dengan cangkulnya. ini bukan apa-apa ya, kalau kakeknya kakek cangkul dan neneknya nenek gayung... gue cuma kasihan sama cucunya. mau jadi apa cucunya nantiii???! ini jelas pembunuhan karakter.

Selain itu, gue juga kasihan sama pocong. pocong itu kalau di film digambarkan jalannya loncat, karena nggak bisa jalan secara normal. kenapa nggak bisa jalan normal? karena dibalut dan dibungkus kain, jalannya susah. padahal, kalau kita terbang sebentar ke negri mesir.. disana ada yang namanya mummy. meskipun dibalut kain sampai kayak kweitiau sirem begitu, mummy tetep bisa berjalan secara normal. ini benar-benar pembunuhan karakter. 

Kalah gaul dari hantu mancanegara.
Hal yang paling mendasar dari perbedaan hantu nasional dengan hantu internasional adalah tingkat kegaulan. mulai dari pakaian, sampai dengan tempat tinggal. coba kita perhatikan pakaian-pakaian hantu di indonesia, pakian siapa kah yang paling mewah? kuntilanak kah? sundel bolong kah? atau siapa? kayaknya hantu di indonesia rata-rata hampir sama semua gaya berpakaiannya. pakaiannya kain panjang polos, warna putih atau kalo enggak warna hitam. dan mari kita lihat hantu barat, sebut saja frankenstein. coba search di google dan lihat pakaiannnya gimana. frankenstein itu pake blazer men, iya blazer! semi formal! one dapper street! holy sit. ketika hantu-hantu nasional hanya berselimutkan kain panjang bewarna polos, hantu mancanegara macam frankenstein sudah berselimutkan kemeja dan juga blazer. holy sit. 

Selain itu, masalah tempat tinggal juga bisa menjadi pembeda. coba liat hantu-hantu di indonesia, kayak kuntilanak cs. rata-rata pasti tinggalnya di pohon, maka nggak heran kalau pohon itu banyak penunggunya. tapi coba liat hantu luar negri. coba liat hotel transylvania.. frankenstein, dracula, werewolf boy, semuanya tinggal di kastil dan hidup berdampingan. kastil men... holy sit. bisa dibayangin kan, bedanya pohon sama kastil. mungkin, cara makan hantu dalam negri dengan mancanegara juga berbeda. kalau di dalam negri, hantu itu kalau makan dengan cara dikasih sesajen dan tumbal. kalau dibarat, mungkin hantunya kalau makan udah table manner.         

Kembalikan mantan ku...
#HantuJerukBaper
#HantuJerukMandarin

****

Ditinjau dari berbagai macam aspek diatas, maka tak perlu heran kalau hantu dalam negri masih terbilang kalah populer dari hantu luar negri. tanpa bermaksud merendahkan pihak hantu dalam negri ataupun luar negri, itu lah kenyataannya. sebagai calon mahasiswa HI, gue menyarankan kalau kita tidak perlu minder dengan kekurangan hantu di indonesia. karena, hantu-hantu nasional ataupun internasional seharusnya dapat menjalin hubungan yang baik dan berdiplomasi agar mendapatkan nilai-nilai yang positif dari relasi.


sekian dari saya, terimakasih.

salam baper.


63 comments:

  1. Jujur gue malah belum pernah tahu tentang bloody marie, itu yg ada lagunya bukan yach

    Hoahahaaa kacaw sekali men !
    Tapi kalau dipikir pikir bener juga sih
    Yang suster musti masuk IPA dulu...kuliah keperawatan, kerja praktek eee pd akhirnya disuruh ngesot.
    Frankenstein pake blazer...juga tabble manner, keren juga lawakannya bisa nyampe situ..gerr nya berantskan.
    Moga moga yang suka nangkring di pohon pisang ga baca tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bloody mary ada lagunya? kagak tau saya..

      Delete
  2. Mungkin kalo bloody marie beneran datang, dia datang ke rumah dengan modal google maps. Nyari alamat kita dulu, nyari sinyal yg paling kuat biar bisa pesen gojek. Kan jauh coy, dari amrik ke indo, kalo naik pesawat oke. Lha kalo dari bandara ke rumah kita kan jauh? masa iya jalan kaki? yg ada kena razia satpol pp, dikira wanita malam. Kan kasian -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lagi nanti perjalanan dari bandara ke rumah kita ketemu genderowo. bisa-bisa diogain dulu dia.. terus diajak ke tempat karoke..

      Delete
  3. Waduh!! Aku mampir ke mari malah keliatan banget kurang gaul. Aku malah gak kenal hantu hantu fenomenal di luar negeri.. Hahaha

    Tapi bener juga sih, hantu di indonesia hidupnya sederhana. Cuma pake baju polosan apalagi tuyul cuma pake celana. Yaudalah namanya juga masih kecil.
    Iya, kenapa tinggal di pohon yaa.. Ya mungkin di Indonesia bingung cari kastil.hehehe
    Kenapa makannya gak table manner mungkin bingung caranya make sendok garpu apalagi piso.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hantu di indonesia itu memang sederhana dari gaya berpakaiannya. saking sederhananya, di film-film horror indonesia kebanyakan setannya cuma pakai bh..

      Delete
    2. Aaw.. itu jadi mesum, bukan horror ya... eeh

      Delete
    3. genrenya: horror mesum, mungkin..

      Delete
  4. gue pernah nih bikin tulisan, hantu luar negeri vs hantu dalam negeri. Tapi yang menang hantu Indonesia haha http://dijehtheory.blogspot.co.id/2014/10/setan-indonesia-vs-setan-luar-negeri.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari serem mah.. indonesia menang memang. tapi kalau dari tingkat kegaulan...

      Delete
  5. Masih kerenan hantu lokal bro, dimana lagi ada film horor yang ceritain hantu yang harusnya di tontonn biar takut malah bikin ketawa gak jelas, belum lagi adegan yang ahh sudahlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal creepy hantu lokal masih juara sih... tapi kalau keren, kerenan frankenstein cs.

      Delete
  6. ya begitulah, hantu luar populer karena dari luar aja, samakayak bule populer karena di bule, kalau hantu china sih gak tahu, kayaknya sudah tenggelam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di film, hantu china itu jago kungfu..

      Delete
  7. Hahahaa bener-bener jauh kalo bloody marry sampe dateng ke Indo untuk memenuhi panggilan. Bolak-balik lagi.
    Wew hantu luar negeri elit. Tinggal di kastil, makannya juga table manner.

    Kenapa makin ke bawah makin baper jev? Captionnya?
    Salam baper kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu kan, terjadi pembunuhan karakter lagi. bloody mary yang kesannya setan serem, malah jadi kayak cewek panggilan.

      Delete
    2. Ahahaaa iya juga yak, cewek panggilan.
      Saingan gue ntar. -__-

      Delete
    3. buset -_____________________-

      Delete
  8. kembalikan ikatan ku
    *pocong baper
    mungkin hantu Indonesia buakn kalah populer jev cuma kita lebih familiar aja sama hantu lokal, btw lo poake kostum apaan?

    ReplyDelete
  9. ahahah, tapi ada yang cukup gaul tuh, rada kekinian. sundel bolong, bukannya ngobatin lukanya eh malah nunjukkin ke orang-orang mirip banget stats fb anak alay yg suka nunjukkin luka.

    kuntilanak juga kekinian, dari dulu malah. karena suka ikutan selfie di foto orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha, bener juga. namanya juga cewek, selalu aja nunjukin lukanya... seakan-akan dia adalah pihak yang paling disakiti.

      Delete
  10. Gebleekk lu Jev!! Gue ngakak mulu dri awal baca ampe akhir, kamvret! Ini mah namanya menjatuhkan image hantu Indonesia yg tdnya trkesan mnyeramkan jd kocak bet. XD hati2 aja ntr salah satu dri mreka ada yg protes loh, Jev! Wakakak.
    Biasanya gue klo baca yg ada hubgnnya sm hantu2 mah tkut, lah ini malah ketawa ketiwi. Gambarnya jg kamvret sekaleehh! Scream versi baper, njiirr...

    Gue malah lebih takut nntn/baca/dgrin crta tntng setan di Indonesia dripada setan luar negri. Kalo film/novel yg ada zombie,vampire, werewolf, sadako, hanako gtumah gue kaga takut. Ya krna gue jg mikirnya kyak lu, itukan adanya cm di luar negeri. Ngapain jg mrka dtg jauh2 dri luar negri ngrus visa capek2 buat nakutin org indonesia doang?? Digaji juga kagak mereka. Wkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. film horror barat memang nggak seseram horror dalam negri sebenarnya. dan juga... nggak semesuk horror dalam negri. setan2 barat itu pakaiannya rapih, kulitnya putih.. makanya nggak ada seram-seramnya. paling, cuma sound effect dibikin ngagetin biar unsur seramnya lebih oke.

      Delete
    2. tapi kalau mau bner nakutin, film horor thailand itu cukup banget deh. karena setannya juga rada mirip di Indonesia terutama setan cewek yng kayak mbak kunti

      Delete
    3. setan thailand itu ciri khasnya ada di mata. putih semua...

      Delete
  11. Iiihhh serem foto terakhir jeff..hehehe.. Kalo mengenai moral yang rusak dan pembunuhan karakter, setuju bingit tuh ya, nah kalo mengenai yang kalah gaul, kurang setuju di masalah kenapa kuntilanak di pohon, justru bagus itu jev, ada makna yang bisa dipetik dari situ, seperti jangan nebang pohon sebab tempat tinggalnya kuntilanak, gitu aja jed,,, ELO BUKAN MIRIP DENI SUMARGO JEF, TAPI MIRIP SAMUEL RIZAL, baru inget sekarang.. hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, gue nggak botak. kedua, samuel rizal nggak pakai behel. ketiga, mungkin anda harus mencek mata anda ke okter mata terdekat kalau bilang dia mirip gue... kasihan dia, poor samy :")

      Delete
    2. Wkwkwkwkwkwkwkw :) kalo gitu gua pikir ulang lagi ya Jeff,,, hehehehehehehehehe :) iya bener ya poor samy kalo dipikir-pikir, wkwkwkw :)

      Delete
  12. ih ceriatnya menarik . hantu kita kurang gaul???? lucu dan mungkin juga bener ya tapi kayaknya lebih serem hantu kita deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. seram, tapi nggak gaul. nilai estetikanya berkurang..

      Delete
  13. hantu kita kurang gaul krena cuman modal kain putih 3 meter doank sih jep.. tpi biar gitu gw tetep takut klo ketemu ama pocong, amit2 dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di dalam pocong yang dibungkus di pevita pearce, nggak bakal lari gue..

      Delete
  14. Hahaha,, semoga hantu kita bisa go international,, kali aja agnesmo bisa ngajak para setan untuk duet bareng,, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bisa go international, mungkin mereka harus kuliah dijurusan yang ada label internationalnya.
      international marketing, atau.. international relation kayak saya..

      Delete
  15. Wkwkwk... emang beda kelas kayaknya hantu dalam negeri, sama hantu luar negeri... tapi jelas, kalo lebih serem... mah lebih serem hantu dalam negeri. Buktinya...? kayak tuyul yang lu sebutin tadi... mana ada anak kecil udah nyolong bro? gila ga tuh... serem bet, apalagi si kunti... soalnya gue juga dulu sering ketemu... dan cukup buat gue gemeteran kek anak kecil... lagian kalo gue nonton film hantu barat... ga ada seremnya sama sekali... soalnya ya itu, hantunya hidup mewah dan pakaiannya bagus2 jd ga terkesan seram... kek di indonesia... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, film horror indonesia jaman sekarang terbilang lebih nggak serem daripada film horror barat. karena sejatinya, "lebih mesum" adalah kata yang tepat untuk menggambarkan film horror lokal kebanyakan.

      Delete
  16. Kalo masalah si Bloody Marry pernah kepikiran juga sih. Dia itu hantu luar negri, ngapain capek-capek dateng ke negara yang jauh hanya dengan di panggil begitu. Sepertinya dia juga punya harga diri lah, dia sok jual mahal, makanya si Bloody Marry kalo dipanggil dari Indonesia nggak muncul.

    Tapi di grup-grup para pecinta hal mistis, kadang ada cerita kalau mereka sedang main permainan hantu dari Jepang. Kasusnya sama kayak BM kan? Tapi anehnya hantu Jepangnya katanya muncul, dan permainannya berhasil. Di sekolahku juga ada yang mainan gitu, dan itu nyeremin.

    Mungkin hantu Indonesia bisa dipoles sedikit, mereka itu terlalu serem, tapi kurang unik. Coba si kuntilanak itu pakaiannya janga putih terus, pakai batik coba. Dan ketawanya jangan gitu terus, sekali-sekali nyecream atau ngerap. Pasti hantu Indonesia lebih terkenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja itu mah kayak main charlie-charlie. fckin nonsense.

      Delete
  17. Biasanya hantu di Indoensia malah seksi-seksi loh hahhahahah, bukannya horror lagi ahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lah pembunuhan karakter yang dilakukan oleh sutradara film horror lokal. hantuk bukan lagi tentang darah, tapi juga tentang paha. an juga beha.

      Delete
  18. Hantu indonesia tempat tinggal nya ngak elite yaaa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lebih ellite kalau ada setan yang tinggal di condominium.

      Delete
  19. Bloody mary ya. Coba ah ntar aku berdiri di depan kaca sambil manggil namanya tiga kal siapa tau dia lagoli tour keliling asia jadi bisa mampir. Sekalian foto-foto juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seseram-seramnya bloody mary, lebih sereman mantan. huh..

      Delete
  20. hhehehe.. Iya hantunya indonesia terlalu merendah ...
    beda sama hantu LN .. dari pakaiannya aja elegant...
    mungkin ini gambaran dari kondisi di negeri kita... ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gue lagi prihatin sama hantu di sumatera. pembakaran hutan dimana-mana, rumah si tante kunti dibakar... ini nggak adil men

      Delete
  21. Berhubung masih suasana halloween, marilah kita joget halloween night versi dangdut. Music ong..

    Hantu luar keren-keren ya, pake jubah, bertudung, tampilannya necis gak kayak hantu sini tampilannya dekil gitu (maafkan aku wahai hantu) Kalo manggil hantu luar buat nakut-nakutin kesini ya kayak dijelaskan diatas, masa si hantu harus bikin paspor dulu terus nunggu visa (visanya pake visa wisata atau bisnis nih?) terus beli tiket pesawat dan itu prosesnya lama banget. Bisa-bisa si hantu baru dateng sebulan kemudian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ong..
      iya, itu yang selalu terbayang di otak gue. kalau bloody marry bikin paspor, fotonya gimana. terus, nanti di bandara lewat nggak tuh pemeriksaannya. sit man..

      Delete
  22. Hahaha, kocak artikelnya.

    Promosiin hantu dalam negeri kita di forum internasional, dong? :)

    Biar mereka tahu, hantu-hantu kita nggak kalah serem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ya, tunggug ue jadi duta besar. gue akan membuat hantu lokal go internasional..

      Delete
  23. emng hantu kita kalah jauh kerennya sama hantu luar negeri sono, pakaiannya juga kusut kusut yaa hehehe....
    bisa aja ya mungkia ada pertukaran hantu antara hantu sini dengan hantu luar negeri, kali aja hantu kita bisa nambah keren gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beneran ada, maka nama yang pas untuk pertukaran itu adalah.. ghost exchange. atau, program beasiswa khusus hantu.

      Delete
  24. aku tuh suka bingung jef... ntah harus percaya ato ga ama penampakan hantu2 ini... ada bbrp orang yang ngakunya BISA MELIHAT MAKHLUK HALUS, itu kenapa ya semuanya ngomong penampakan yg sama... kunti ya rambutnya pjg, baju putih, gendruwo tinggi gede, pocong ya bgitu itu... ada 1 artis yg aku follow di twitter srg cerita ttg hantu yg tinggal di rumahnya dan udh jadi sahabat :D.. kebayang ga loe... ;p katanya sih berbentuk kunti gitu...

    trs nih, org2 yg bisa ngeliat 'ini' kdg2 cerita kalo di rumah tua gitu srg ada penampakan hantu yg mirip none2 Belande :D.. tapiii kenapaaaa di LN, ga ada bule2 sono yg melihat penampakan hantu Indonesia sperti pocong tuyul dan kunti???? Emangnya g ada ya org indo yg mati di sana?? ato semuanya mati happy ending??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. indonesia memang dijajah belanda sis, itu di kota tua khususnya museumnya itu kan katanya pernah juga penampakan none belanda. karena, meninggalnya memang di indonesia. beda sama sadako cs, meningglanya di luar negri.. masa nakutin orangnya di indonesia? kan nggak mungkin..

      Delete
  25. Gak krbayang repitnya hantu luar negwri yang mau gangguin orang Indonesia.. Bisa sekalian liburs ke Bali mereka buat bejemur. Ke bali. Tapi lebih repot lagi hantu Indonesia gangguin bule... Bakal bingung sendiri karena gak bisa bahasa inggris. Hahaha .

    Tapimenurut gue lebih sereman hantu Indonesia sih daripada hantu luar negeri... Soalnya hantu luar negeri pubya versi kartunnya, jadinya malah lucu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung men. kalau hantu indonesia matinya emang nggak bisa bahasa inggris, ya susah. harus belajar toefl dulu. tapi, kalau matinya emang udah jago, ya nggak usah belajar toefl lagi buat gangguin bule.

      Delete
  26. Anjir yang bloody marry itu bangke, yak. Jauh-jauh dari Amrik ke Indonesia cuma buat nakutin. Udah gitu mending ngomong di depan kacanya, kaca yang gede. Ini kaca yang ada di rautan. :(
    Kasihan.

    Kalo setau gue, kolor ijo bukan setan, Jev. Dia manusia yang ikut pesugihan, terus cari tumbal (perawan) gitu dulunya biar jadi kaya. CMIIW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang green underwear itu bukan setan... tapi, ya mirip-mirip gitu lah. sosoknya thriller-thriller kayak scream gitu.

      Delete
  27. kalau hantu Indonesia dikumpulkan saat hallowen bisa kebayang banyaknya kaya apa, ngga muat kali lapangan sepakbola hahaha

    ReplyDelete
  28. ADUH W BACANYA UDAH NGGAK KUAT. KETAWA WAE!
    Aku tau hantu luar negeri tuh Sadako, Dracula sama Vampire. Itu doang.  bukan temennya mereka sih aku mah. Cuma tau doang. Heu.
    Iya, ya? Bener… kenapa tuyul ceritanya suka nyuri duit? Kenapa? Itu siapa sih yang bikin ceirtanya? Tapi aku nggak percaya asal-usul hantu itu, dan siapa hantu itu. Bisi suudzon. Fitnah… x))
    Whats? Hantu-hantu nasional dan internasional menjalin hubungan baik dan berdiplomasi? Logat HI-nya keluar euy. Ah, suka-suka u!!

    ReplyDelete
  29. Hantu Indonesia enggak boleh minder karena pakeannya yang sederhana, karena itu ciri khas. Iya gak :D

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>