Tuesday, October 20, 2015

International Relations...



Hubungan internasional atau yang bahasa kerennya International Relations adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara berdiplomasi, bagaimana cara menjalin hubungan baik antar negara, dan bagaimana cara menciptakan juga menjaga perdamaian dunia. tapi, permasalahannya adalah:

  • "Menjalin hubungan baik dengan mantan aja nggak bisa, gimana mau menjalin hubungan baik antara negara?!"
  • "Menjaga kedamaian di hati sendiri aja susah, gimana mau menjaga perdamaian dunia?!" 
Ini kenapa jadi baper begini..


Entah apa yang membuat gue mencentang jurusan hubungan internasional di formulir pendaftaran universitas. saat ini, mungkin bisa dibilang gue adalah satu-satunya manusia di angkatan gue yang sudah terdaftar sebagai calon maba di jurusan hubungan internasional. anak HI itu ngapain sih?! belajar politik men.. POLITIKK.  mungkin gue terlalu rajin karena mau belajar politik, atau juga terlalu bodoh. ngapain lulus sekolah malah memperdalam ilmu pkn lagi?! bukannya, pkn itu adalah salah satu pelajaran yang paling dihindari semasa sekolah?! entah lah bung, mungkin kerajinan dan kebodohan itu beda tipis. mungkin untuk ukuran orang yang kemampuan bahasa inggrisnya pas-pasan, masuk ke dalam jurusan yang mengharuskan mahasiswanya menguasai bahasa asing adalah sebuah keputusan yang cukup berani. ya, berani. berani untuk bunuh diri. crott..

pidato dulu..

Gue juga bingung, gimana jadinya kalau anak HI sesama diplomat pacaran. misalnya, yang cowok kerja di kedubes china. terus, yang cewek kerja di kedubes inggris. maka disebut apakah hubungan mereka? mungkin, hubungan jarak jauh ala diplomat ini lebih cocok kalau dikasih nama... long distance international relationship (hubungan internasional jarak jauh).

Beberapa waktu yang lalu, gue mengikuti test di binus. seperti yang sudah menjadi perjanjian di dalam batin, gue akan masuk ke dalam jurusan HI kalau beasiswa yang gue dapat di test partial BINUS university diatas 50% untuk dp 3 (biaya sumbangannya). dan ternyata, beasiswa yang gue dapat.... ternyata! jeng-jeng...

****

Setelah mengikuti test di tanggal 11 yang lalu, praktis gue harus menunggu selama 4 hari untuk bisa mengetahui hasil test tersebut dari website binus. gue cuma berharap, potongan biaya DP 3 bisa diatas 50%. gue nggak peduli dengan masalah keterima atau nggak keterima menjadi binusian, karena.. universitas swasta mana sih, yang mau nolak biaya kuliah dari mahasiswa?! swasta dan negri berbeda, men. oleh karena itu, gue bertekad.. kalau beasiswa partial yang gue dapat dibawah 50% maka fix.. paten.. gue bakal ikut test ulang. tapi kalau gue dapat 50 atau di atas 50, let's be the binusian.

Hari kamis yang lalu, ketika jam sudah menunjukan pukul 5 sore, gue terduduk di depan komputer untuk mengecek hasil test. gue buka website binus, gue login email... dan ternyata! berapa kah beasiswa yang di dapat?!! ternyata! belum ada pemberitahuan apa-apa, kampret. ternyata, pemberitahuan hasil test bisa ngaret juga men. karena belum ada pemberitahuan apa-apa, gue pun menutup website tersebut dan terjun bebas ke atas kasur. tapi sialnya, setengah jam kemudian.. line gue diramaikan oleh teman-teman gue yang juga mengikuti test di binus. hampir semua dari mereka (atau memang semua dari mereka) bilang kalau mereka mendapatkan beasiswa sebesar 50%. oh, sit man! 

Sebenarnya gue agak sedikit terkejut. karena alkisah, teman-teman gue yang dapet beasiswa 50% itu rata-rata tidak memiliki persiapan sebelum test a.k.a nggak belajar sama sekali untuk test. terus, nggak belajar tapi bisa dapet beasiswa 50%?! ini nggak adil men. karena gue belajar dan mempersiapkan semuanya, maka gue bertekad harus mendapatkan beasiswa diatas 50 %. gue buka lagi web binus, gue login email, dan! gagal men. WEB NYA ERROR! khampret. beberapa menit kemudian, gue coba login lagi, dan tetep masih error web nya! holy fckin damn shit evil dirty buble mermaid man barnacle boy. 

Selang beberapa lama, gue kembali login. dan ternyata! ternyata! web nya masih error. ini benar-benar kampret, gue frustasi. berkali-kali mencoba login, berkali-kali juga gagal. TAPIIII... selang beberapa lama setelah kegagalan-kegagalan login itu, gue mendapat sms dari binus. dan ternyata.. gue mendapatkan beasiswa DP 3 sebesar.. 100%



Tunggu sebentar, 100 persen?! APAHHH.... ini pasti mimpi. gue pasti lagi mimpi men, gue harus nyubit pipi chelsea islan biar bisa terbangun dari mimpi ini men. gue pun langsung mencocokan nomor id yang ada di sms tersebut dengan nomor gue. setelah memastikan nomor id yang ada di sms dengan nomor id gue, ternyata match! 100%, gokil. gue langsung menghubungi cewek gue dan memberitahukan kabar gembira ini. tapi, semua berubah ketika gue sadar kalau gue udah nggak punya pacar. sedih men..

Tapi, gue nggak lantas senang begitu saja. siapa tau, ini operator binus orang iseng. gue curiga, setelah mengirim sms "selamat! anda diterima di hubungan internasional binus dengan beasiswa DP3 100%...", si operator BINUS ini bakal mengirim sms lagi di keesokan harinya yang berbunyi:

"sorry, dibajak.."
atau kalau enggak, gue curiga dia bakal ngirim sms yang berbunyi:
"maaf, kami typo. maksud kami, selamat! kamu mendapatkan beasiswa sebesar 10%, bukan 100%."
Kalau sampai hal itu benar-benar terjadi, maka hal pertama yang akan gue lakukan adalah: gantung diri dengan tali beha.

Untuk mensiasati itu semua, keesokan harinya gue menelpon admisi binus dan bertanya apakah benar calon maba yang bernomor id kan sekian-sekian-sekian mendapatkan beasiswa 100%, dan ternyata.. benar. gokil. gue juga bertanya kenapa gue nggak bisa login untuk memeriksa hasil tes gue, ternyatah.. usut punya usut, email yang terdaftar di formulir tidak sama dengan email yang gue gunakan untuk login. setau gue, gue menuliskan email flazh50@yahoo.com, tapi yang terdaftar malah flazh30. kan khampret..

Gue pun langsung mencoba login dengan email yang terdaftar, dan hasilnya adalah..


international relations!

****

Dan sekarang, sekarang masalahnya bukan beasiswa DP3 lagi. sekarang masalahnya adalah, apakah  masuk ke jurusan HI ini adalah pilihan yang tepat?! perang batin kembali terjadi.



76 comments:

  1. Didalami bro itu ilmya, siapa tau besok bisa tahu tips tentang memperbaiki hubungan dengan mantan dan teman yang punya hutang :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya si semangat buat mendalami, tapi setelah melihat hasil toefl.. :")

      Delete
  2. Hehe..serunya... selamat ya.. dapet 100 men!! 100% maksudnya..hhehe
    Jadi ingat HI ini jurusan yang saya incar waktu mau kuliah dulu, tapi gak jadi, bukan karna gak dapat beasiswa, tapi emang gak ada jurusan HI di universitas di kota saya. Anak emak gak dibolehin jauh-jauh..haha..

    Kalau sudah punya dasar bahasa yang lain bisa dipelajari lagi, semangat Jeff

    ReplyDelete
    Replies
    1. dasarnya bahasanya setengah-setengah men :")

      Delete
  3. bener dugaan gua, udah nggak usah mikir yang macem-macem, siapa tahu jurusan HI bagus dan cocok buat lu, mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata "mungkin" di kalimat terakhir lu membuat gue kembali berpikir yang macam-macam...

      Delete
  4. baru baca awalnya udah baperan.. calon mahasiswa LDR ini sih. hahaha.

    tp selamat ya bro, semoga jadi mahasiswa binus sakinah mawada warohmah :3
    keren gilak dpt beasiswa 100%

    Salam kenal ya, ijin pollow juga :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya.. gue masih curiga kalau beasiswa 100% ini gara-gara admisi nya dibajak.

      Delete
  5. Jadi tes itu buat nentuin berapa besar beasiswa yang didapat? Kalo misal kita dapet beasiswa terus gak kita masukin soalnya keterima di universitas negeri gitu gimana? Beasiswa 100% berarti tanpa biaya dong? Kok jadi kepo gini sih.

    Ya udah deh selamat akhirnya sudah bisa fix untuk kuliah, aku aja masih bingung kira-kira nanti bisa kuliah apa nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beasiswa 100% itu biaya sumbangannya (DP3) doang. itu.. kayak uang pangkal begitu, biaya yang paling mahal dari biaya lain. semua fakultas sih DP3 nya 20 juta keatas. kalau uang kuliah semesteran sih masih bayar, nggak ada gratisannya soalnya. kalau keterima di negri, ya..... duit yang udah dibayar dibalikkin... tapi 4 juta doang, men.

      Delete
  6. Selamat selamat selamat ternyata lulus dan dapat beasiswa 100% pula... keren men...
    Dan sekarang elu bingung apakah ini jurusan cocok apa nggak buat lu? Yah gue bisa gak bisa bilang apa-apa dah. Tapi kalo bisa lu lanjutin aja pilihan lu, kan keren kuliah hubungan internasioal aja lu bisa apalagi hubungan sama mantan... eh kok mantan sih.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, haru mikir positif sama jurusan yang satu ini. karena.... biaya sudah dibayar dan tidak dapat mengganti jurusan lagi.. holy sit

      Delete
  7. katanya pengen keliling dunia kan? nah tuh cocok deh, the road is open for you :)

    congrats ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih... pingin keliling dunia..
      tapi.. tapi... tapi...

      Delete
  8. Yang penting udah dapet satu simpenan lah jev. Masalah perang batin itu bisa dipikirin lai. Apalagi ini dapet beasiswa 100%, mantep banget. HI bukan piliha yang buruk kok. Kalo masalah masa depan, lapangan pekerjaan HI juga banyak. Semangat aja jeff.

    ReplyDelete
  9. Dulu saya sempat pengen masuk HI tapi jadinya malah adm bisnis karena negeri lebih murah. lebih baik karena kita cina dan senang dengan jurusan yg dipilih tapi ada juga ko yang senengnya menyusul setelah masuk ke jruusan tsb. semoga diberikan jalan keluar terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, fatal typo ini sis. tapi gue ngarti kok maksudnya :)
      masalahnya adalah, gue nggak yakin gue cinta dengan jurusan ini :")

      Delete
  10. entah knapa gw ikutan bahagia men...*jabat tangan dan selamat menjadi MABA...
    Yang pasti gantung diri pakai tali beha kandas sudah...

    pertanyaannya..Ujian Nasionalnya kapan jev?

    Itu yang harus lo kuatkan belajarnya sekarang ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujuan nasionalnya sepertinya sih bulan februari tahun depan...

      Delete
  11. Waaawwww..... dapat beasiswa 100% dari Binus? Udah hajar ajaaaa.... hihiii....

    Masalah ragu apakah jurusan HI cocok buat kamu apa enggak, coba merenung dulu... apa sih yang jadi cita-cita kamu ke depannya? apakah jurusan ini bakal bisa bawa kamu ke cita-cita kamu? Kalau jawabannya bisa, hajaarr... kalau enggak, pertimbangkan dengan perjuangan tes yang udah kamu lalui trus juga beasiswa yang udah kamu dapetin.
    Kalau kamu masih bingung juga, coba ajak orang tua buat diskusi. Gimana pendapat mereka.
    Selain itu, mungkin kamu bisa tanya2 ke kakak kelas yang juga masuk HI gimana gambaran kuliah di HI dan gimana prospek buat kedepannya.
    Kalau setauku Hubungan Internasional bukan jurusan yang buruk, HI jurusan yang punya prospek bagus buat kedepannya... :)

    Tapi, apapun pilhan kamu ntar, semoga itu emang keputusan yang paling baik buat kamu.
    Semangat...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sarannya, sesepuh!
      gue mah nggak usah nanya kakak kelas tentang jurusan HI. karena.. kakak gue sendiri HI.
      gue udah nggak bisa mempertimbangkan lagi... karena biaya sudah dibayar :")

      Delete
  12. Wah.... kalo sampe long distance international relationship susah tuh....
    keren!! elo bisa dapet beasiswa 100%....
    tenang aja, cuma HI kok...
    coba HI + akutansi...
    kan mabok jadinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi piutang dagang, gue muak dengan akuntansi

      Delete
  13. saya selalu kagum pada anak muda yang cerdas dan pandai yang bahkan berkat itu mendapatkan beasiswa 100%...kamu anak harapan bangsa....bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini terlalu hiperbola, asil... -____-

      Delete
  14. heh, beasiswa 100 persen. pinter banget mas. kalau nggak diambil rasanya sayang itu..
    masih galau sama jurusannya, nggak bisa ngasih saran sih..

    yag hubungan jarak jauh itu, ntah kenapa kok menderita banget ya kalau jauhnya sampe beda negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sepinter yang lo bayangkan men, ini pasti ada konspirasi..

      Delete
  15. ciee baru kmrn2 liat postingan yang lagi tes ke binus eeeh udah masuk aja .. 100% lagi :D ..hahahaha selamaaaat

    ReplyDelete
  16. wah mantap banget 100% , hebat banget, selamat yaaa,, duh jadi ikut seneng deh :D

    ReplyDelete
  17. 100% itu berarti sebesar sekitar 22 juta gitu ya? enak banget dah

    ReplyDelete
  18. Diterima dijurusan HI dan elunya masih perang batin. Hati-hati bro, jangan tiba-tiba membuat pilihan yg bakal buat dirimu kuwalahan sendiri.

    Jurusan itu sama kek passion, kalo lu udah pernah ngejalanin dan lu suka, keknya itu keren. Tapi kalo senabalikny, sebaiknya pikirkan matang² bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue sih berharapnya ini jurusan masih masuk ke dalam passion. semoga..

      Delete
  19. Loh udah diterima masih perang batin?. ngapain kamu daftar disitu kalo gak yakin. Bener tu kata Heru arya. Jurusan itu kayak passion. Pilihlah jurusan yang bener-bener sesuai hati. Kamu akan nyaman disitu.

    ReplyDelete
  20. Dapet Beasiswa kok di suruh bayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beasiswanya uang pangkal doang, namanya jug abeasiswa partial. nggak ada yang bisa beasiswa full :")

      Delete
  21. buset udah jadi mahasiswa aja lu jef, padah UN aja belum

    Iya gue gak paham ama beasiswa 100% apaan ahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. beasiswa 100% itu cuma di uang pangka doang bro, kalau biaya kuliah tetep bayar. soalnya.. binus nggak ada beasiswa test yang bisa dibayarin total sampai lulu gituh..

      Delete
  22. Kalo china ama london mahal banget yaaa ongkos nya SLI

    ReplyDelete
  23. Hahaha, gue sudah memprediksi sebelumnya kalo lo bakalan keterima di BINUS bang jev :3

    Wah udah setengah kaki jadi anak HI :matabelo:

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga sudah memprediksikan sebelumnya.. yang gue nggak prediksi adalah total beasiswanya..

      Delete
  24. mantep banget yaa. bisa dapet beasiswa 100%..
    kapan gue dapet beasiswa kayak gitu.
    selamat ya..

    ReplyDelete
  25. Good luck :)

    Masa depan cerah menantimu :)

    ReplyDelete
  26. Hajar jev... kuliah gratisan tuh... good luck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak gratisan juga.... cuma uang pangkal doang yang free..

      Delete
  27. HI mah jurusan yang paling sering demo hehhe

    Dulu juga gue sempet pengen masuk binus, tapi mahal amirlah. Udah pake test-test juga tetep aja mahal, kecuali kalau beasiswanya 70% + 30% hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius? paling sering demo? masa sih..

      Delete
  28. Widiiih keren lu men. Dapat beasiswa 100% dr DP3.
    iya bener. Gue berharap nggak ada sms masuk lagi yang isinya, '' sorry dibajak''

    Hanjiiir, Long Distance International Relationship. Hahaa eh tapi bener sih kalo sesama diplomat pacaran :D
    Ngakak gue.
    Gluck anak HI. :))
    Congratulations

    ReplyDelete
  29. Jeffffffffff, keren banget anjir hahahaha udahlah, kan belum dicoba. Jalanin aja dulu, siapa tau emang passion lo ada di situ. Keren banget gilak, binusian men.

    Btw, long distance international relationship itu boleh juga bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja passionnya mulai dapet waktu dicoba ya, semogahhhh

      Delete
  30. Wahh 100% melampaui dugaan. Kereeeeennnnnn \o/ Padahal semesteran aja belum xD Iri parahhh.
    Aku malah belum punya bayangan apa-apa lulus ini nanti mau kemana :( huh baper :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu kelas 11 kan? mumpung masih kelas 11, mending gunain waktu buat mikir sebaik mungkin deh..

      Delete
  31. Ambil, Jev, ambil! Kalau kamu nggak bisa, kamu nggak akan dapet sebesar itu. Pasti bisa, Jev!!

    ReplyDelete
  32. Asek, jadi juga nih binusian? HI lg! Asoy sekali broohh.. Gue tdnya pgn ngmbil HI krna bnyak yg minat ke jurusan itu, tp trnyata pas tau HI itu hrs mendalami politik..... Hmm.. Ogah deh, gue gak demen politik. Apalagi kalo bljr politiknya make bhs inggris... Mati aje gue!!
    Yaudah smga aja jurusan ini cocok buat lu deh :) Smangaaatt!!

    Btw, ini msh bulan oktober tp lu udh daftar kuliah, udh fix jg lg, pdhal UN msh lama. Wkwk. Gapapa sih, jd ntr tinggal nyantai abis UN :D Tinggal belajar buat UN dri skrg aja:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah.. i'm the fckin binusian. gue bahkan udah merasa salah jurusan sebelum kuliah dimulai... :")

      Delete
  33. Njiir... gak kira2 beasiswanya Jev, nyampe 100% haha
    Sakti amat jadi cowok.. :D


    Dimantepin ajalah, perjalanan masih panjang,, sekalian nyari skill yang gak didapet pas waktu kuliah juga nanti biar lebih kuat tahan banting~

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100% itu cuma uang pangkalnya doang, uang kuliah masih bayar.. :")

      Delete
  34. Selamat yaaaa ... kuliah yg pinter biar menjalin hubungan nya bisa awet ngak jadi mantan mulu hahahah

    ReplyDelete

  35. ♠ To get a success, your courage must be greater than your fear. judi poker
    ♠ Success is not measured by wealth, success is an achievement that we want bandar poker
    ♠ Think big, and act now.agen poker
    ♠ The formulas of a success are a hard work and never give up.Agen poker online
    ♠ We can succeed if we learn from mistakes.poker online
    ♠ Tomorrow is a mystery and today is a gift. domino online
    ♠ An action is the foundation of a success.Agen Poker terpecaya

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>