Saturday, November 7, 2015

Gagal Durhaka


Nggak kerasa ya, udah november. perasaan kemarin baru dengerin lagu wake me up when september ends dari green day di awal bulan september, eh sekarang udah november aja. holy sit. Setelah melewati 31 hari yang dipenuhi dengan orang-orang yang berulang tahun, akhirnya oktober resmi tutup buku beberapa hari yang lalu. itu artinya, sekarang tiba waktunya bagi november untuk memulai lembaran baru yang penuh harapan. 

Bulan november di dalam kalender gue selalu diawali dengan nyokap yang berulang tahun. yeah.. the november 1st is ma nyokap's bersdey. sebagai seorang anak yang lahir dengan cara merobek rahim ibunya, gue tentu nggak mau menjadi anak durhaka yang melupakan ulang tahun ibunya sendiri.. ya, minimal ngasih kue lah.

****

1 November 2015.

Pagi di hari minggu itu, hal pertama yang gue ingat ketika gue terbangun dari nyenyaknya tidur malam adalah nyokap. iya, gue ingat kalau nyokap lagi ulang tahun. sebagai anak yang baik, hal pertama yang ingin gue berikan adalah: kue. menurut gue, kue itu icon ulang tahun yang abadi. jadi, gue harus ngasih kue. tapi ternyata, membeli kue ulang tahun itu tak semudah yang dibayangkan.

Tahun lalu, ada sosok seorang kakak yang senantiasa menjadi koordinator setiap kali nyokap berulang tahun. entah itu untuk membeli kue, atau pun membeli kado. tapi sekarang... kakak gue sedang study exchange ke negri shilin untuk beberapa bulan kedepan. kalau bokap, beliau bukanlah tipe orang yang suka merayakan ulang tahun. maka sisa lah gue.. seorang anak yang senantiasa berjuang melawan kerasnya hidup untuk menjadi anak yang tidak durhaka dengan cara membelikan ibunya kue ulang tahun.

Awalnya gue berniat untuk membeli kue itu sendiri. tapi, setelah bermeditasi untuk waktu yang cukup lama, akhirnya gue sadar kalau pergi  membeli kue ulang tahun dan membawanya pulang dengan menggunakan sepeda motor sendirian bukan lah ide yang bagus. gue yang bawa motor, gue juga yang megang kue nya. bisa-bisa, kue nya jatuh terus kelindes kopaja ditengah jalan. untuk mensiasati itu semua, maka gue berpura-pura untuk membeli buku UN kelas 12 di gramedia salah satu mall. sebenarnya bukan berpura-pura sih, karena gue emang mau beli juga. dan seperti dugaan gue, nyokap mau nemenin. jadi niatnya adalah, gue beli kue itu di mall. dan gue berikan langsung ke nyokap gue. mission success. hahahahaha!


seperti di pantai ya.. ada pohon kelapa
maka dari itu, terdampar lah gue dan nyokap di salah satu mall yang terletak di kawasan jakarta barat dengan niatan awal mau ke gramedia. sebut saja, nama mall tersebut adalah mall ciputri. bukan nama sebenarnya. 

Gosip yang beredar, mall tersebut baru dilanda hal yang kurang mengenakkan beberapa hari yang lalu: mati lampu. bukan cuma mati lampu, tapi kabarnya... juga ada pengunjung yang (katanya) keserupan kala itu (katanya sih gitu, katanya loh). gue agak gagal paham sebenarnya, setan gaul macam apa yang mau merasuki pengunjung mall. ternyata, setan jaman sekarang mainannya di mall. gue curiga setan yang hobi main di mall macam itu adalah jenis setan baper. jadi dia merasuki orang sambil berteriak... 


"Kembalikan mantanku... KEMBALIKAN.."

kembali ke gue dan nyokap...

Gue langsung ke gramedia untuk membeli buku UN yang dirasa dapat membantu seorang siswa kelas 12 untuk lulus. maka di dapatlah buku ini:


crot... crot...
Sama seperti dugaan gue, hal selanjutnya yang dilakukan adalah nyokap mengajak makan malam. dan terdamparlah gue dan nyokap di platinum. dan disinilah semuanya dimulai. saat sedang memesan makanan, gue melakukan manufer. gue bilang ke nyokap kalau gue mau ke wc. padahal, gue berniat pergi ke lantai satu untuk membeli kue hotel ciputri bakrey. maka pergilah gue diutus, dari lantai empat ke lantai satu..  

Setelah beberapa saat, akhirnya gue tiba di tempat tujuan. kebetulan, kue yang ada cuma tersisa 3 buah. 2 buah tiramissu, 1 buah kue strawberry. karena rumor yang beredar mengatakan (katanya sih) kalau nyokap suka dengan tiramissu, maka gue memutuskan untuk membeli kue tiramissu. lalu gue liat harganya, lalu gue terkejut! 250k. tapi untungnya, di dompet gue waktu itu ada 300k lebih. dan ternyata! setelah itu! ternyata! kue nya diskon 50%! menjadi 125k saja pemirsa-pemirsa! how lucky.. tapi sayangnya, kue tersebut tidak bisa digoreskan dengan cream bertuliskan happy birthday mom. jadi, cuma bisa dicolok pakai batangan yang bertuliskan happy birthday. tapi, tak apa-apa lah. setidaknya gue gagal menjadi anak yang durhaka.. 

Maka dari itu! kue! membeli gue tiramissu. eh salah. maksudnya! gue! membeli kue tiramisu. jeng-jeng..

Setelah membeli kue tersebut, gue kembali berjalan menaiki eskalator demi eskalator menuju platinum untuk menemui nyokap dan mewartakan kabar gembira. gue berjalan menuju ke platinum, lalu gue tendang pintu platinum dengan sekuat tenaga (padahal platinum di mall itu nggak ada pintunya). dan sehabis itu, gue masuk ke platinum dan berteriak...


"SEMUANYA.. THIS IS MY MOM'S FCKIN BIRTHDAY.. MANA UCAPAN SELAMATNYAA?!! YANG DI POJOK SANA MANA SUARANYAAAAA....."   
Nggak men, itu cuma fantasi liar gue semata. nggak mungkin juga gue teriak kayak gitu. nyali gue belum cukup. yang ada cuma.. gue nyamperin nyokap gue. dan gue kasih kue yang telah terbungkus di plastik cukup besar itu, seraya berkata...


"ma, ini kue ulang tahun."


****

Setidaknya, perkataan terakhir gue tersebut secara sepihak berhasil menandakan kalau gue resmi menjadi anak yang gagal durhaka di hari ulang tahun ibunya kala itu. tapi alangkah kampretnya, setelah melakukan percobaan terhadap cita rasa kue yang telah dibeli.. ternyata kue tersebut tak seenak kelihatannya. mungkin, ini lah yang disebut dengan "diskon yang nggak ikhlas..".


kue "diskon yang nggak ikhlas" tiramissu..



72 comments:

  1. Sudah kuduga, pasti gak bakalan berani teriak gaje pas ngasih kadonya. selain malu ntar disangkain orang gila, takutnya ntar dijewer sama mamanya. dibilang anak malu-maluin terus dikutuk jadi batu di mall. wkwk
    eh iya, gue gak pernah ngasih kue ataupun kado ulang tahun sama emak gue. jadi gue termasuk yang berhasil jadi anak durhaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha kampret, bahaya juga kalau gue sampe dikutuk jadi batu cuma gara-gara merantau buat beli kue.
      termasuk nggak ya.... nggak juga sih, sebenarnya gue agak hiperbola.

      Delete
  2. Selamat ulang tahun buat nyokapmu Jeff, panjang umur yaaaaa amin

    Keren lho kamu, meski laki-laki tapi gak sungkan ucapin ultah ke mama apalagi sampe dibela-belain kue segala.
    Lucky bgt sih diskon 50%, jangan2 sebenarnya tu kue harganya cyma 50k hahaha (kidding)

    Congrast bisa jadi anak gagal durhaka, moga km selalu manis terus sama mama yaaa

    ReplyDelete
  3. Eh, dirumah malah nggak ada yang tahu ultahnya ibu dan bapak jadi nggak pernah ngerayain. malu juga mungkin kalau pake dirayain segala.


    kuenya sengja kali ya makanya diskom

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius? coba curi akte lahir mereka..

      Delete
    2. tahu kok sebernya tapi nggak pernah dirayain aja

      Delete
  4. Wah hari pertama November :D. Selamat ulang tahun untuk nyokapnya bang jeff, semoga panjang umur dan sehat selalu :D


    Btw, lo jurusan IPS ye bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin sob..
      yoi, i'm fckin social.

      Delete
  5. Iya jef selamat ulang tahun buat nyokap jef, semoga bahagia selalu, amin... sekarang november, bukan kembalikan mantan, tapi kembalikan hujan, wkwkwkwkwkw,,, sekarang tiba saatnya nyanyi november rain jef..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah.. hujan mulai datang. datang membawa kenangan-kenangan masa lalu bersamanya.

      Delete
  6. sweet juga nih si Jeff sama nyokapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tak se-sweet yang dibayangkan..

      Delete
    2. kaga ngebayangin juga sih Jef :p

      Delete
    3. maka janganlah dibayangkan..

      Delete
  7. HBD buat nyokap lu jeff :D
    seru banget kayaknya seharian ama nyokap

    ReplyDelete
  8. habede buat mamanya ya. moga tambah ples ples. duh kenapa ini postingan isinya baper mulu.. gapapalah yang penting asik. yowmaaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sis, bulan november. hujan mulai rutin membasahi nusantara. hujan datang bersama dengan kenangan-kenangan, yang membuat kita menjadi bawa perasaan.. huh.

      Delete
  9. Mantap, merayakan ulang tahun orang tersayang memang bikin senang sendiri. Semoga selalu jadi anak yang gagal durhaka, ya.

    ReplyDelete
  10. hebat lo jev masih ada niatan buat ngasih nyopak kue, jadi iri gw. tante klo kuenya ga doyan, bisa kali di sumbangin
    *perut anak kos

    ReplyDelete
    Replies
    1. percuma kalau di sumbangin, gue makan 3 biji langsung mulai agak enek. udah lah, anak kos mah indomie aja..

      Delete
  11. Cieee yang romantis sama mamanya. Selamat ulang tahun jev buat mamanya!

    Bahahaha.. Diskonnya bikin girang tapi rasanya ga bikin girang, :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak seromantis yang dibayangkan, malah agak kaku bisa dibilang.

      Delete
  12. Oalah, kasih surprise-nya di CL. :p
    Selamat ultah buat nyokap lu, Jev. :D
    Hahaha. Kue diskonan ternyata rasanya juga diskon. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, salah satu mall paling legenda di grogol. iku jadi saksi kerusuhan 98 juga. keren kan.

      Delete
  13. selamat ulang tahun buat nyokapnya. have fun always and stay young :)

    ReplyDelete
  14. Happy birthday for ur mom ! :)

    ReplyDelete
  15. Bhahahahah koplak nendang pintu platinum yang nyata ghaib =))
    Anyway selamat ulang tahun mamanya Jepss. Selamat ulang tahun semoga panjang kuat dan tahan lama yeaaayyyy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena gue berhalusinasi..
      thankyou sis... tahan lama? ente kira apaan..
      hubungan dengan mantan aja nggak bisa tahan lama :")

      Delete
  16. Gak salah tuh diskonnya gak ikhlas.

    ReplyDelete
  17. Benaar-benar berbahaya, hampir dikutuk jadi kutu kamu, broh hahahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kutu? nggak bisa kerenan dikit apa...

      sugar glider gitu.

      Delete
  18. meskipun rasanya tidak iklas tapi sudah membuat kejutan . mudahan mom nya senang hatinya. heheheh

    ReplyDelete
  19. Selamat ulang tahun Tante..

    Ehh, emang yah yang diskon kadang ga enak, banget malah. Mending beli yang pasti-pasti aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sebenernya bukan nggak enak, tapi... dipotongan ke 3 bikin enek.

      Delete
  20. Gw membayangkan fantasi liar lo pas minta pengunjung ngucapin selamatbultah ke nyokap ngakak sumfah..
    Hmmm gw tahu loh itu mol apaan, yg deketan ma halte buswe grogol kaaannn hahahaaa

    Wah kok yg stroberi jev,,,kan gw sukanya yg stroberi hahahaa
    *siapa jg yg mo kasih gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yg bukan stroberi..
      E itu leh uga singkatan novembernya

      Delete
    2. yeah... itulah dia mall nya.
      tiramisu lebih menjanjikan daripada stroberi..

      Delete
  21. Happy happy basudey lilin yang diatas kuenya, lebih tepat kue tiramisunya. Selamat ulang tahun buat mamanya, ibuku kalo ultah cuma kasih selamat doang. Tapi seenggaknya gagal durhaka lah ya.

    Ciputra world ada cabangnya di Jakarta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cabang pertamanya di jakarta. udah lama bro, sempat menjadi saksi bisu kerusuhan mei 1998 malah. karena lokasinya deket trisakti. setau gue, yang terkenal itu yang di jakarta sama di semarang..

      Delete
  22. Happy birthday buat mama lu, Jev!! Trnyata nyokap lu dan nyokap gue bersaudara. Sama2 ultah bulan nopembah. Haha.
    Yah, ngmongin soal beliin kue pas mama gue ultah, kyaknya gue blm prnah deh:( huhu.

    Nama bener mall nya apaan sih Jev? Kebaca Cipu nya doang. Cipu? Ciputat mall? Haha. Emg di ciputat ada mall? Wkwk.

    Gue curiga tuh kue udah dri sminggu yg lalu kali jev, makanya dikasih diskon 50% wakakak. Bener2 diskon gak ikhlas itumah-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. adalah, sebuah mall yang terletak di bilangan jakarta barat.
      enggak sis, itu tempat jual kue emang suka mendiskonkan harga setelah jam 6 keatas gitu..

      Delete
  23. anak yang berbakti pada orang tua nih. tp ya kuenya gak enak ya, gara gara harga yg murah wkwk

    Btw happy birthday mamanya Jef, sukses segala-galanya

    ReplyDelete
  24. jiahaha... gue ngebayangin ending yang di imajinasi lo...
    met ultah ya buat mama-nya..

    Coooll!!!

    ReplyDelete
  25. Wih, selamat ulangtaun buat enyak lu jev!

    Emang ye, anak diskonan dan gamau rugi tetep melekat pada tubuh orang termasuk elu. Muehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue bukan anak diskonan men... kebetulan aja itu kue lagi diskon.

      Delete
  26. selamat ulang tahun buat mamanya jev, haha
    btw ini ulangtahun yg keberapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke..... gue lupa... *tiba-tiba jadi durhaka*

      Delete
  27. Emak gue gak begitu suka kue. Kalo doi ulang tahun pasti minta diajak ketempat makan enak. Katanya sih, beli kue juga gak akan habis, mendingan makan enak biar sama-sama kenyang.

    Gue lagi mikir ini seandainya lo udah merantau, gimana cara lo untuk merayakan ulang tahun emak? Sebenarnya, orang tua gak butuh kita merayakan apa-apa, mereka cuma butuh kita ada untuk mereka saat menua nanti.

    Selamat ulang tahun buat emak lo ya, semoga sehat selalu dan lo bisa membahagiakan dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, ini komen cukup menampar. tapi... selagi bisa memberi, gue pasti bakal ngasih kue broh sebagai bentuk memperingati. walaupun... ya emang bener kata lo.

      thanks, broh..

      Delete
  28. selamat ulang tahun buat emak nya yaa .. ga romantis banget cuma bilang "ma ini kue ulang tahun" nyanyi kek padahal.. keliatanya sih digambar keknya enak tuh tapi ternyata kurang enak ya :D pantes aja diskonnya 50 persen ..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. don't judge a cake by the cover. asik.

      Delete
  29. Wah gue nggak pernah ngrayain ultah nyokap
    Gue malu sama lo Jev. Lo udah berbakti sama orang tua lo walaupyn kuenya gak enak haha

    Yah smoga mamah lo slalu sehat dan doyan makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...
      makaseh broh.. makaseh!

      Delete
  30. hbd buat nyokapmu

    salam kenal, kunjung balik mas :)

    ReplyDelete
  31. Nyokap gw juga ultah nya november, salam yaa buat nyokap nya

    ReplyDelete
  32. Duh telat banget ngucapin selamat ultah ke mamamu. Selamat ulang tahun buat mamamu. Duh, telat 2 minggu… ah bae nya? Yang penting masih bulan November wkwk.
    Aku masih nggak kepikiran hantu di dalam Mall. Pikiranmu lebay, Jef. :p
    Duh pasti mamamu speechless banget lah dikasih kejutan dari kamu. Rela-relain beli kue di lantai satu. Rela buang duit sendiri… tapi sedih banget rasa kuenya… 

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah majas hiperbola ah..
      makasih sis,,

      Delete
  33. Woho, kamu polos banget itu ngasih kuenya ._. dulu ngasih kue ke mantan gitu juga? wkwkw gimana ekspresi ibumu jev ? :D yah, anak yang berbakti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue nggak pernah ngasih kue ke mantan..
      karena mantan gue keburu dikasih kue sama cowok lain..

      begitulah.

      Delete
  34. Hahaha kirain beneran ngajak pengunjung ngucapin ulang tahun juga ke nyokap. Itu polos banget kalimat penutupnya "Ma, ini kue ulang tahun.' walaupun rasa kuenya gak ikhlas .. Tapi nyokap happy kan dapet kejutan dari anaknya yang gagal durhaka :D

    ReplyDelete
  35. Thank God, ada satu anak lagi yang gagal durhaka! :))
    Lain kali jangan beli kue diskonan yaa De.. ^^

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>