Tuesday, November 3, 2015

The Machinist, Underrated Thriller Movie?



Seorang mekanik bernama Trevor Reznik mengalami penyakit yang cukup aneh, sudah sejak setahun terakhir ia terserang penyakit insomnia sehingga tidak bisa tidur. Fenomena ini membuat kondisi fisik dan mentalnya merosot drastis, namun semua itu hanya permulaan dari mimpi buruk di kehidupan nyatanya. Rekan-rekan kerjanya mulai menjauhi pria itu, dan belakangan ramai-ramai memojokkannya setelah Trevor terlibat dengan sebuah kecelakaan di tempat kerja yang membuat seorang pekerja kehilangan tangannya. Trevor dianggap sebagai beban bagi semua orang, dan ia diminta untuk berhenti dari pekerjaannya.

Trevor yang awalnya merasa bersalah mulai curiga bahwa kecelakaan tersebut adalah rencana busuk rekan-rekan yang menginginkannya keluar. Ia menemukan sebuah tulisan aneh di apartemennya, dan belakangan diberitahu bahwa rekan kerjanya yang dikabarkan celaka sebenarnya tidak ada. Apakah semua ini adalah rencana seseorang, ataukah hanya halusinasi Trevor yang mengalami kelelahan luar biasa karena tidak pernah tidur?

Synopsis by indosiar.

Cast:
Christian Bale as Trevor Reznik
Jennifer Jason Leigh as stevie
Aitana Sánchez-Gijón as marie


****

How Do you wake up from a nightmare, if you're not asleep?

Bagaimana caranya anda bangun dari mimpi buruk, ketika anda tidak tertidur? pertanyaan macam itu lah yang menggambarkan film thriller keluaran tahun 2004 yang satu ini, the machinist.


Film ini menceritakan tentang trevor reznik, seorang mekanik yang mengalami insomnia ekstrim selama satu tahun. bukan cuma sekedar insomnia, tapi insomnia yang dialaminya ini masuk ke dalam kategori ekstrim. insomnia ekstrim yang dimaksud itu adalah: nggak tidur. iya, nggak tidur selama 1 tahun men! SATU TAHUN. what a  fckin nightmare. holy sit.

Insomnia yang dialaminya pun membuat trevor mengalami beberapa halusinasi. puncaknya, adalah ketika dia menciptakan sebuah karakter sendiri (kayak di film fight club / secret window). mimpi buruknya terus berlanjut ketika ia membuat tangan seorang mekanik lainnya hilang karena terpotong mesin. mulai dari kejadian itu, dunia halusinasi dan dunia nyata lama kelamaan saling menyatu dan membuat hari-hari trevor semakin kacau. sebuah misteri pun akhirnya terkuak perlahan-lahan. sebenarnya, apa sih yang dilakukan oleh tervor sampai-sampai dia nggak bisa tidur selama setahun?!

 jeng-jeng..



it's trevor



christian bale kekurangan gizi (?)
Bisa diliat dari gambar diatas, kalau trevor ini kelihatan banget kurang gizinya. mungkin dampak dari nggak tidur selama satu tahun, sosok "trevor" yang diperankan christian bale ini terlihat sangat kurang gizi. atau lebih tepatnya, sangat-sangat kurang gizi. tapi nggak apa-apa, itu lah yang namanya totalitas.



left: christian bale di film the machinist
right: christian bale normal

Transformasi yang sungguh jauh berbeda jelas terlihat dari penampilan fisik bale. satu hal yang perlu di apresiasi adalah profesionalitas dan totalitas dari seorang christian bale. demi perannya di film the machinist, pemeran batman di film the dark knihgt rises ini harus diet ekstrim sampai kehilangan berat badannya sebanyak 28 kg. dari yang awalnya 82 kg, berubah menjadi 54 kg. kabarnya, bale hanya mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula plus satu apel/tuna setiap harinya saat melakukan diet ini. holy sit. 

Unsur thriller psychological cukup tersaji di film ini. selain itu, poin plus juga datang dari karakter trevor yang ambigu. ambigu yang dimaksud adalah ketika trevor menciptakan karakter baru, yakni ivan.  (nah lo pusing kan lo). seperti di film thriller psychological macam fight club ataupun secret window, ivan adalah sebuah sosok yang digambarkan berdasarkan halusinasi dan imajinasi trevor. 

Unsur misteri yang menjadi bumbu di film ini juga terbilang cukup oke. diakhir cerita, barulah penonton akan dibuat tau apa yang menjadi penyebab insomnia trevor selama setahun ini. apakah unsur misterinya mudah ditebak? nggak juga men. keterkaitan antara satu karakter dengan misteri yang ada membuat film thriller psychological ini semakin gokil. meskipun film ini keluaran tahun 2004, tapi film berdurasi 102 menit ini masih terasa sangat relevan dengan genre thriller jaman sekarang. 

Buat orang-orang yang suka sama film thriller psychological kayak black swan, fight club, secret window, predestination, ataupun film thriller psychological lainnya, maka dapat dikatakan kalau film the machinist ini "mungkin" akan menjadi cemilan yang bersahabat bagi kalian. meskipun, gue yakin banyak disini yang nggak tau film the machinist ini. karena mungkin bisa dibilang kalau film ini agak sedikit underrated. 

emm... 
7.5/10


                  




44 comments:

  1. Aku belum nonton kalo film ini, eh kalo film barat yang drama dan asyik apaan ya? hahahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau drama apa dulu ini masbro. kalau drama thriller.. shutter island, inception, fight club dan kawan-kawannya bagus. kalau drama romance, ya paling.. about time, the notebook, a walk to remember, dan teman-temannya. kalau drama politik, paling.. argo sama the ghost writer oke. tapi, sebenarnya semua film itu rata2 ada unsur dramanya.

      Delete
  2. jevvvv 2 kali aku ngelihat postingan kamu tentang riviw film horror n kali ini trhriller akhirnya bikin aku tergerak buat bikin postingan *semedi dulu


    eniwei ini ga satu spesies ama nighmare on elm street kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menakutkan masa 28 kilo....waduh dah kayak jerangkong yak

      Delete
    2. nggak, beda sama nightmare on elm street. nggak ada fredy krugernya kok sis..

      Delete
  3. Sempat mau nonton ini gara-gara baca ulasannya di Kaskus. Tapi gak kedownload-download. Rada mirip sama Fight Club soalnya. Kayaknya sih. Tapi untuk totalitas, kayaknya The Machinist juara deh ya.

    Kalau boleh bilang, aku salah satu penggemar film thriller psikologi. Yang Black Swan juga gak kalah kece. Ada juga tuh, film Requim For a Dream. Film drama psikologi paling kece sih menurutku. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. miripnya nggak total sih. konfliknya mungkin sama-sama nggak bisa tidur, tapi the machinist lebih ekstrim sis.. 1 tahun insomnianya. dan yang bikin mirip itu ketika karakter utamanya.. menciptakan karater baru berdasarkan halusinasinya sendiri.

      Delete
  4. wew, badan bagus demi totalitas film jadi gitu . saya sendiri ngeri liat badannya yang keliatan tinggal tulang doang.

    Jadi penasaran sama apa yang terjadi. ngggak tidur setahun itu menyakitkan.. sehari nggak tidur aja pusing mulu bawaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, kalau nggak salah manusia akan divonis meninggal kalau udah nggak tidur selama 11 hari. katanya sih..

      Delete
    2. nah tuh. dalam fakta aja cerita ini sudah sedikit di luar nalar ya. hehe

      Delete
    3. tapi... masih termaafkan sih nonsense di filmnya :")

      Delete
  5. Anjir itu Chritian Bale ampe segitunya buat pemeran jadi orang gak bisa tidur

    Wah gue emang suka sih genre film gini, udah nonton juga film Fight Club ama The Redemption. Jaminan mutu twistnya nendang

    ReplyDelete
    Replies
    1. the redemption katanya rada mirip the raid yak..

      Delete
  6. Aku belum tau film ini. Eh... jadi penasaran dengan gambaran akibat imsomnia selama setahun penuh di film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akibatnya.... dia berhalusinasi sehingga membuat karakter baru berdasarkan halusinasinya sendiri. yeah..

      Delete
  7. liat badannya yang begitu jadi bikin gue nyeri sendiri..
    Tapi keknya ceritanya oke nih..

    ReplyDelete
  8. Waww.. total banget ya.. semoga gak kekurangan gizi beneran seperti kelihatannya.

    Apapun soal thriller saya suka, masuk daftar antrian dulu deh.^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thriller emang keren. tapi tetep, thriller-mystery lebih keren.

      Delete
    2. emang bags yg thriller gini palagi kalau ada psikology gitu. banyak mainin mental dan pikiran

      Delete
  9. perama baca sinopsisnya yang paling atas gue tertarik bangettt pengen nonton....

    pas scroll kebawah reaksi gue,,lo mau tau? kurang lebih giini "oalaahh jadi ini film judulnya the machinist toh" gue memang belum tau film ini sebelumnya, tapi gue tau christian bale karna di kaskus gue sering baca dan liat foto foto transformasi fisiknya dari satu film ke film lain. lain ini yang kata orang2 yang transformasinya yang paling gokil

    teru gue scroll kebawa lagi dan nonton trailernya dan gue kayanay memutuskan untuk nonton film ini nanti aja ketika ditempat ramai, soalnya gue jadi rada takut gitu liat trailernya whahah pdahal cuma trailer doang. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, banyak yang tau film ini cuma sekedar tau doang.. itu pun karena ada christian balenya doang..
      makanya, mungkin bisa dibilang film ini sedikit underrated.

      Delete
  10. storynya seru juga nih, cocok buat gue yang emang susah tidur. moga cocok dah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah tidur kalau nonton film ini pasti jadi ngerasa iba.

      Delete
  11. omg..... totalitas sih boleh, tapi kalo makannnya gitu doang, dia beruntung msh ttp HIDUP sampe ni film selesai -__-...

    ReplyDelete
  12. Sangar bener insomnia sampe setahun... setau gue sih kalo gak salah manusia bakalan mati kalo gak tidur selama sebelas hari.. gak tau juga sih bener apa nggak. :D

    Itu aktornya niat banget demi main film ini rela diet ekstrim.. kalo gue jelas nyerah.. makanya perut makin kesini makin lebar..

    Menurut gue idenya unik sih.. kayaknya jarang yg ngangkat tema insomnia beginian.. pengen nonton tapi males download..
    Persoalan banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, sebelas hari. gue juga pernah baca.. di twitter kalau nggak salah.
      ya... paling yang temanya insomnia begitu film kayak fight club. tapi, fight club masih sedikit make sense insomnianya. ada juga film christoper nolan judulnya insomnia, film thriller alpacino. penonton agak dibikin ngantuk nonton film itu..

      Delete
  13. Anjir! Ngelihat dan ngebaca review ini gue jadi ngiler seember. Sumpah. Nggak bisa bayangin insomnia setahun itu kek apa. Gue yang seharian nggak tidur aja, rasanya udah kek orang gagal move on.

    Keknye perlu ke rental film nih biar bisa nonton. Itung-itung buat temen pas sabtu malam. Iya, pas sabtu malam. Krik krik krik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabtu malam nonton film thriller.. pasti nggak punya pacar...
      kasihan.

      Delete
  14. jadi penasaran nih sama film ini abis baca sinopsis nya
    ga kebayang ya selama insomnia selama setaun, badan nya aja sampe kurang gizi gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau insomnia 69 tahun..

      Delete
  15. Keren ya filmnyaaa :)
    Jadi pengen nonton.. Dulu pernah nonton di tv cuma separo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang pernah nongol di tv? serius? pasti banyak yang di scene tuh..

      Delete
  16. emang dah cristian bale bener2 klo meranin tokoh, sampe badannya kayak zombi gitu.
    nyari ah filmnya di icinema

    ReplyDelete
  17. Saya kurang suka nonton film. Tapi ngeliat foto dan videonya ngeri juga ya.
    Cocoknya ditonton rame-rame biar gak pada ga takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak pada ga takut? apa itu maksudnya...

      Delete
  18. Iya film ini belum tau sebelumnya jeff.. kudu nonton juga tuh ya, pasti rada serem juga ya soalnya tentang insomnia akibat mimpi2 buruk,,, hehehehehehe :)

    ReplyDelete
  19. Penasaran juga dengan dengan film nya nih Jev. O ya, ngomongin Insomnia selama satu tahun itu, dikehidupan nyata memang ada loh, saya pernah bertemu langsung dengan orang yang mengalaminya. Awalnya sih menyiksa banget katanya, tapi setelah terbiasa jadi seperti bukan masalah aja lagi.

    ReplyDelete
  20. Udah pernah juga dengar berita tentang totalitas aktor satu ini. Demi peran itu dietnya gila-gilaan. Sampe dapat dan pas banget aktingnya. Gue belum nonton, karena gak suka juga film genre ini.

    Gue beratnya 55KG loh, tapi gak sekurus itu :D

    ReplyDelete
  21. Kurang begitu suka sih sama yg thrille thriller begini krena tll beraaat gitu harus mikir dlu. Nonton aja masa masih mikir kan capek..tapi klo buat cowo mah pasti cool banget.

    ReplyDelete
  22. Jev, sebenarnya ada apa sampe pemerannya gitu banget ngebuat badannya jadi kerempeng. Padahal, awalnya badannya udh bagus. Sumpah deh gue males bgt harus kerempeng gitu, demi duit doang. Sehat itu mahal banget bro. Itu udh kelihatan tulang lagi... Hi.... Seremlah jev.

    Semoga gue bisa nonton.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>