Tuesday, December 8, 2015

Film-Film Action-Thriller Yang Cocok Buat Anak Hubungan Internasional

Film tentang ilmu IT / teknologi? ah, biasa. film tentang ilmu ekonomi? ah, lebih biasa lagi. film tentang ilmu hubungan internasional? ini baru nggak biasa..


Film tentang hubungan internasional bukan melulu film tentang diplomasi politik yang berakhir sesuai ekspektasi. karena hubungan internasional juga tentang perdamaian dunia, politik, dan hubungan antar negara yang mencakup aspek yang lebih luas lagi. dan hal-hal tersebut selalu bergejolak setiap saatnya. genrenya? bukan melulu tentang drama. dan nggak selalu membosankan, karena justru film-film tentang ilmu HI berikut ini mostly dibumbui oleh genre thriller. 

Penasaran dengan film-film yang memiliki cerita tentang international relations? oke, beberapa film ini contohnya..

(Sama seperti daftar film-daftar film sebelumnya, sinopsis diambil dari blog tetangga.)



1. Argo (2012)


Ketika gerilyawan menguasai Kedutaan Amerika di Teheran selama revolusi di Iran, agen CIA Tony Mendez menciptakan produksi film Hollywood palsu dalam rangka menyelamatkan sekelompok diplomat Amerika yang mencari perlindungan di rumah Kedutaan Besar Kanada. Saat keenam anggota staf kedutaan tersebut hidup dalam persembunyian, para gerilyawan bersenjata melakukan pencarian menyeluruh di rumah-rumah warga lokal, dan membunuh siapa pun yang diduga menyembunyikan warna Amerika.

Sempitnya waktu membuat Mendez menawarkan solusi: menyamar sebagai produser film Kanada, ia akan masuk Teheran dengan misi mencari lokasi untuk sebuah film sains fiksi berjudul Opus, mengumpulkan para pengungsi, menyatakan mereka adalah kru film dan keluar dari Iran. Tidakk lama setelah mendarat di Iran, Mendez menemui beberapa hal tak terduga yang mengancam misinya dan meninggalkan mereka dalam keputusasaan.

****


My Review: Argo adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata. dan argo merupakan film tentang HI nyang paling keren menurut gue. hubungan antar negara mana kah yang ada di film ini? antara amerika-kanada-iran. bercerita tentang beberapa diplomat amerika yang berhasil meloloskan diri dari amukan masyarakat iran saat revolusi iran. situasi iran kala itu sedang kacau, semua warga negara amerika yang ada di iran diculik dan disiksa. termasuk para diplomat asal amerika yang kantornya diserbu masa. tapi untungnya, ada 6 diplomat amerika yang lolos dan bersembunyi di kedubes kanada. mengetahui akan adanya diplomat yang lolos, salah seorang agen CIA (si tony mendez) menyamar menjadi sutradara untuk membebaskan ke-enam warga negara amerika tersebut. iya, SUTRADARA. jadi si mendez ini berpura-pura menjadi warga negara kanada yang sedang melakukan syuting film di iran, dengan melakukan manipulasi terhadap identitas para diplomat yang lolos itu. para diplomat asal amerika itu diberi identitas palsu yang menyatakan kalau mereka adalah warga kanada, sehingga mereka bisa lolos saat pemeriksaan di bandara. pertanyaannya adalah... apakah aksi mendez ini merupakan aksi heroik? atau, merupakan aksi bunuh diri?

Bukan cuma genre drama yang ada di film ini, tapi genre thriller juga cukup kental. percayalah, meskipun genre utama dari film ini adalah drama, tapi unsur suspense yang dihadirkan benar-benar ngena banget cuy. dan yang paling keren dari film ini adalah.... BASED ON TRUE STORY. jadi, di tahun 1980, benar-benar ada seorang agen CIA yang menyamar menjadi sutradara untuk menyelamatkan 6 diplomat amerika. WOW! argo fck ur self.

2. The Interpreter (2005)




Silvia Broome, diperankan Nicole Kidman, adalah wanita kulit putih kelahiran Matobo, sebuah negara di Afrika yang menjadi penterjemah untuk PBB karena secara natural menguasai bahasa Ku yang merupakan bahasa ibu negara Afrika ini. Suatu ketika berada di salah satu ruang kerja PBB, secara tidak sengaja ia mencuri dengar sebuah percakapan yang intinya berencana untuk melakukan pembunuhan terhadap kepala negara Matobo, Edmund Zuwanie (Earl Cameron), yang konon merupakan seorang tirani dan telah dituduh melakukan genocide. Sialnya ia kepergok, jiwa Silvia mulai terancam hingga akhinya Secret Service turun tangan untuk melindungi jiwanya.




Agen Secret Service Tobin Keller (Sean Penn), yang ditugaskan untuk melindungi Silvia dan menyelidiki laporan yang disampaikan tentang rencana pembunuhan Zuwanie, justru skeptis atas kejujuran Silvia. Sebab jika dilihat dari latar belakangnya, Silvia adalah musuh politik Zuwanie yang dianggap adalah penyebab kematian keluarga Silvia. Tidak hanya itu, Tobin pun menemukan bukti-bukti yang semakin memojokkan Silvia. Antara lain bukti hubungan Silvia dengan sebuah organisasi global yang terselubung sehingga bukan tidak mungkin wanita ini justru menjadi bagian dari rencana pembunuhan itu sendiri. Sulit bagi Silvia untuk mempercayakan keselamatan jiwanya kepada seorang agen Federal yang masih menyangsikan kebenaran dan tidak percaya akan dirinya. Sementara Tobin juga masih sukar untuk memastikan apakah Silvia seorang tersangka atau korban.

Mampukah Tobin melindungi Silvia ? Atau yang lebih penting apakah Silvia bisa membuktikan adanya rencana pembunuhan terhadap Presiden Zuwanie sekaligus menyelamatkan jiwanya sendiri ?


****

My Review: Yang namanya hubungan internasional, pasti nggak jauh-jauh sama yang namanya organisasi internasional. termasuk, Perserikatan Bangsa Bangsa (united nations). sama seperti yang ada di sinopsis, film the interpreter bercerita tentang seorang penerjemah yang secara tidak sengaja mendengar percakapan tentang rencana pembunuhan terhadap kepala negara matobo. tak mau tinggal diam, si penerjemah pun melakukan sebuah aksi nyata sebagai respon terhadap apa yang telah ia dengar. yak, genre thriller merupakan genre utama film ini. suspense? ya pasti. 

3. Eye In The Sky (2016)




menceritakan tentang seorang Kolonel Katherine Powell, dia merupakan seorang petinggi militer asal Inggris yang dari markasnya memberikan perintah sebuah kelompok atau grub top secret untuk menjalankan sebuah misi operasi penangkapan beberapa tersangka teroris di Kenya, Afrika.

Misi ini dengan cepat meningkat setelah tersebarnya sebuah berita tentang misi bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pilot tempur asal Amerika bernama Steve Watts (Aaron Paul) yang sedang berada dalam dilema terbesarnya yang saat itu akan melakukan serangan melihat seorang gadis kecil berusia sembilan tahun sedang berjalan di wilayah serangan.
****

My Review: Gimana jadinya kalau kita dihadapkan dengan sebuah pilihan dimana di satu sisi kita harus membunuh komplotan teroris tetapi di sisi lain akan ada anak kecil tak bersalah yang juga ikut terbunuh jika kita membunuh komplotan teroris itu? Praktis konflik yang ada di film Eye In The Sky bermain di seputar keputusan membunuh atau tidak. Film keren yang satu ini mengambil fokus utama latar tempat di Kenya, dimana pasukan militer Inggris menjadi mata-mata buronan teroris dari atas langit.  Film ini erat kaitannya dengan terorisme dan rasa kemanusiaan. 

4. American Sniper (2014)




"American Sniper" diadaptasi dari kisah nyata seorang penembak jitu kesatuan Navy SEAL, Chris Kyle (Bradley Cooper). Chris sangat melegenda dikalangan teman-teman dan musuhnya. Bahkan, kemampuan menembaknya yang sangat tinggi ini membuatnya mendapat julukan 'Al-Shaitan' atau 'The Devil' dari Irak. Suatu ketika dia berada di sebuah kota yang berperang dan mengintai seorang wanita beserta anak laki-laki. Ketika sang wanita memberi misil kepada sang bocah, Chris harus melakukan penembakan sebelum mereka menyerang seorang Marinir. Setelah penembakkan tersebut, Chris teringat pada masa anaknya yang lahir dan membuatnya mulai tidak fokus di pekerjaannya. Perdebatan batin yang terjadi padanya, membuat Chris merasa sebagai pembunuh dan pemikirannya yang sedang kacau juga akan berdampak pada keselamatan teman-temannya.

****
My Review: Ada yang belum nonton film american sniper? mending nonton deh, buruan.  awalnya gue kira american sniper sama seperti film-film action hollywood kebanyakan. tapi ternyata, american sniper lebih dari itu. film ini bercerita tentang chris kyle, penembak jitu dari amerika yang sudah terkenal sosoknya di wilayah konflik timur tengah. 4 kali tugas, 4 kali ia berhasil kembali dengan selamat ke pelukan anak dan istrinya. sudah lebih dari 150 bidikannya berhasil menghilangkan nyawa musuh. dan sama seperti film argo, film american sniper ini juga diadaptasi dari kisah nyata. asli, film ini gokil. berasa kayak main game sniper-sniperan.

5. The Interview (2014)




Mengisahkan Dave Skylark (James Franco) seorang presenter yang sangat ahli mewawancarai para artis dari acara talk show 'Skylark Tonight'. Dibalik keahliannya ada produser sekaligus sahabatnya, Aaron Rapoport (Seth Rogen). Suatu ketika mereka mendapat kesempatan untuk melakukan sebuah wawancara dengan Kim Jong-Un, yaitu seorang diktator kejam yang memiliki senjata nuklir dari Korea Utara. Dave dan Aaron yang mempersiapkan diri untuk berangkat menuju Korea Utara, secara tiba-tiba CIA meminta mereka untuk membunuh Kim. Kini mereka berdua harus menerima misi ini dan menjadi seorang pembunuh dan mewawancarai orang paling berbahaya di dunia.
****

My Review: Hubungan antara amerika dengan korea utara nampaknya memang bisa dibilang kurang harmoni. film yang dibalut komedi political ini bercerita tentang host terkenal dari acara talkshow amerika yang ditugaskan oleh CIA untuk mewawancarai presiden korea utara, kim jong un. ternyata, bukan hanya mewawancarai, CIA juga ingin mereka membunuh kepala negara yang cukup terkenal dengan kontroversinya ini.

Ada yang pernah nonton 21/22 jump street? mungkin bisa dibilang the interview ini adalah 21 jump street versi political. film drama comedy political yang keluar di penghujung tahun 2014 ini memang cukup kontroversial, sampai-sampai kabarnya ada beberapa ancaman dari para peretas alias hacker ketika film ini akan ditayangkan secara resmi oleh sony.  

6. Wishtleblower (2010)



Film ini diangkat dari cerita nyata yang mengungkapkan skandal besar yang terjadi dalam tubuh PBB di Bosnia. Pada awalnya, Film ini menceritakan tentang konflik yang dialami Bolkovac dalam keluarganya. Ia tidak mendapatkan ijin pindah agar lebih dekat dengan Anak perempuannya yang harus pindah bersama dengan mantan suaminya ke tempat yang jauh dari tempat dia bekerja. Kemudian dengan tawaran upah yang lebih besar, atasannya memerintahkan Bolkovac untuk menjadi bagian dari pasukan peace keeper di Bosnia dengan janji akan memenuhi permintaan pindahnya sepulang penugasan.


Awalnya Bolkovac mampu bekerja dengan baik, bahkan ia menjadi Ketua Kantor Bidang Permasalahan Gender di Bosnia, namun masalah mulai muncul ketika ia terlibat dalam kasus human trafficking alias ‘jual beli manusia’ dan kejahatan seksual luar biasa dengan korban yang kebanyakan berasal dari gadis-gadis muda Bosnia. Situasi kemudian menjadi sangat rumit dan berbahaya ketika lambat laun Bolkovac mulai menyadari bahwa apa yang dihadapainya itu bukan sekedar kasus kriminal biasa, bukan hanya melibatkan segelintir kelompok kriminal, tapi juga para tentara, petinggi-petinggi dan banyak orang penting.


Masalah tidak selesai sampai disitu saja, Bolkovac terus berusaha mencari kebenaran dan keadilan atas kejadian yang dilihatnya. Ia berusaha keras untuk melindungi dan menyelamatkan gadis-gadis Bosnia dengan melaporkan segenap orang yang terlibat kepada Komisi Tinggi Bosnia. Namun tindakan ini dinilai berbahaya oleh PBB karena takut akan mencemarkan nama baik PBB. Bolkovac kemudian diberhentikan dari pekerjaannya, satu-satunya yang ia sesali adalah dia belum bisa mengungkap keburukan yang ia temui di Bosnia. Namun dengan bantuan dari rekannya, Peter, ia berhasil mengambil semua berkas pelanggaran yang dialkukan oknum PBB. Bolkovac kemudian melaporkan kejadian ini ke BBC agar seluruh dunia tahu mengenai apa yang terjadi.



****

My Review: Lagi-lagi kisah nyata. based on true story nampaknya benar-benar bisa menjadi selling point tersendiri bagi sebuah film. sama seperti the interpreter, film whistle blower ini bercerita tentang PBB. atau lebih tepatnya lagi, tentang kebusukan anggota PBB yang menetap di bosnia. seperti apa kebusukannya? nonton aja deh..


7. Ghost Writer (2010)



Seorang Perdana Menteri Inggris (bernama Adam Lang) membutuhkan seorang penulis untuk melanjutkan penulisan biografinya yang belum terselesaikan karena penulis sebelumnya (Mc Ara) tiba-tiba ditemukan meninggal dunia secara tidak wajar dengan dugaan sementara akibat tenggelam di laut. Seorang penulis (yang selanjutnya disebut dengan the ghost writer) terpilih untuk melanjutkan proyek penulisan tersebut meski dirinya tidak banyak mengetahui pembahasan mengenai dunia politik, namun prinsip menulisnya yang “menggunakan hati – heart”, cepat dan serba bisa menjadikannya berbeda dan akhirnya terpilih.


Jangka waktu yang diberikan untuk menyelesaikan proyek tersebut adalah satu bulan, sehingga kesempatan untuk dapat “hadir” dalam kehidupan keseharian Adam Lang akan sangat membantu the ghost writer dalam memperoleh kesan kehidupan Adam Lang selama menjabat sebagai Perdana Menteri. Pengamanan serta kesempatan akses yang terbatas terhadap teks biografi yang sebelumnya telah ditulis oleh Mc Ara sangat privat dan ketat sehingga mengharuskan the ghost writer untuk tinggal dalam rumah kliennya.


Permasalahan politik internasional terkait pengadilan terorisme yang berlangsung illegal menyebutkan nama Perdana Menteri Adam Lang terlibat dalam melegalkan keputusan tersebut bersama CIA sehingga menimbulkan isu yang bertentangan antara pembelaan Hak Asasi Manusia dengan dendam yang bersifat pribadi. Bebagai tekanan masyarakat, kecemasan Perdana Menteri Adam Lang, serta kejanggalan bukti yang ditemukannya melahirkan inisiatif the ghost writer untuk menyelidiki lebih jauh sosok Perdana Menteri Adam Lang dengan diam-diam mengumpulkan fakta-fakta yang diduga juga masih berkaitan dengan kasus kematian Mc Ara. Berbagai pihak ditemui berdasarkan informasi yang tercantum pada dokumen Mc Ara yang tidak sengaja ditemukan oleh the ghost writer dalam almari Mc Ara. Kejanggalan semakin nampak dalam kematian Mc Ara, hingga tiba gilirannya the ghost writer menemui Paul Emmet, yang diduga adalah rekan Perdana Menteri Adam Lang sekaligus menjalin kerjasama khusus yang tersembunyi sejak keduanya menyelesaikan pendidikan universitas yang pada akhirnya turut membawa ketertarikan Adam Lang untuk masuk dalam ranah politik yang sebenarnya masih menjadi sebuah
kejanggalan.

****

My Review: Ghost writer adalah salah satu film political thriller yang menjadi favorit gue. korelasi antara cerita dengan bumbu mystery yang ada di dalamnya benar-benar gaul. meskipun lebih ke politik dan minim hubungan antar negaranya, tapi bukan berarti nggak ada unusr hubungan internasionalnya kan? film fiction ini bercerita tentang karir politik mantan perdana mentri inggris (adam lang)  yang diduga kuat melakukan pelanggaran ham. dan nyatanya, adam lang terjun ke politik berkat campur tangan CIA. suspense? yak... 


8. The International (2009)



Kematian rekan kerjanya ketika menjalankan tugas membuat Louis Salinger (Clive Owen), seorang petugas interpol, menjadi terobsesi menuntaskan sebuah kasus besar yang melibatkan sebuah institusi keuangan terbesar di dunia. Louis bahkan tak sadar bahwa apa yang ia lakukan tak akan banyak berarti karena institusi besar itu sudah punya jaringan yang kokoh di seluruh dunia.

Louis yakin bahwa International Bank of Business and Credit (IBBC) memiliki kaitan dengan serangkaian kejahatan yang terjadi di seluruh dunia. Ia menduga bank yang berbasis di Luxembourg ini terlibat perdagangan senjata, money laundering, dan berkuasa menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin di sebuah negara. Dengan bantuan seorang jaksa New York bernama Eleanor Whitman (Naomi Watts), Louis mulai menelusuri jejak kejahatan IBBC ini.

Petualangan ini membawa Louis berkeliling dunia mulai dari New York, Jerman, Perancis hingga Italia hanya untuk memburu Wilhelm Wexler (Armin Mueller-Stahl), CEO IBBC, yang bertanggung jawab atas seluruh operasi ilegal bank ini sekaligus yang menjadi penyebab kematian rekan kerja Louis. Mampukah, dua orang petugas hukum ini merobohkan sebuah organisasi yang sudah berakar kuat di seluruh dunia?

****

My Review: Mungkin bisa dibilang film ini bercerita tentang keamanan internasional. bercerita tentang seorang agen interpol yang berusaha mengungkap konspirasi operasi illegal. dalam usahanya itu, ia berkeliling ke beberapa negara untuk menemukan beberapa orang dan memecahkan kasus kejahatan itu sendiri. 



59 comments:

  1. Saya baru nonton the interview.

    Btw, poster film pertama mirip a serbian film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film Argo dan The Interview udah nonton. Nonton Argo karena original soundtracknya pake lagu Dream On-nya Aerosmth, yang mirip kayak Sing For The Moment-nya Eminem. Entah mirip atau di-mix atau apalah. Nonton The Interview karena ada Eminemnya yang jadi cameo trus ngaku jadi gay disitu. Intinya, nonton itu karena ada Eminemnya. Hehe.

      Oh iya, film A Most Wanted Man bisa masuk nggak, Jev? Trus kalau The Dictator? My Name Is Khan? Di film-film itu ada menjalin hubungan sama negara lain juga tuh sepertinya. Hehe.

      Delete
    2. serbian film itu lebih thriller plus lebih horror, semacam rumah dara versi serbia kalik sadisnya. kalau poster serbian film setau gue ada unsur merah-merahnya deh...

      Delete
    3. eminem di the interview emang cukup gokil.. walaupun cuma sepintas.
      my name is khan? i'm not sure sis.... mungkin emang ada unsur hubungan antar negaranya, tapi.. unsur agamanya lebih dominan ketimbang politik dan sosial.

      Delete
    4. Serbian Film itu film tentang pornstar pensiun, Jef. Ngeri.

      Delete
  2. Jujur, belom pernah nonton salah satu film-film tersebut ahhhh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu daftar film ini ada, untuk merekomendasikan film-film yang belum pernah ditonton sebelumnya. jos..

      Delete
  3. Film nomor 5 belum aku tonton, yang lainnya udah. :-D

    ReplyDelete
  4. american sniper keren itu.
    the interview udah.
    the wistleblower.
    hmm keren keren emang filmnya.

    ReplyDelete
  5. beratt euy bahasanyah....HI based on movie interpretation...halah...salah ga nih inggris gue.
    hmm....biasanya kalo film jenre gini, enakan nontonnya pas malem malem nih, seru penuh petualang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. thriller political itu kalau diikutin dengan baik-baik ceritanya bakal seru...

      Delete
  6. Wa..

    Itu semuanya belum pernah saya tonton..
    Ada link donlot??

    ReplyDelete
  7. Semuanya belum aku tonton...
    Recomended bget nih buat perluasan wawasan internasional

    ReplyDelete
  8. Walah, gue galau kalo nonton film bertema politik. Tapi sepertinya kalo pengen ngerti dunia film harus gue coba. Btw makasih referensinya ya Jev.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thriller political itu kebanyakan seru lagi sis.. menyangkut tentang negara soalnya..

      Delete
  9. Ciyee yang niat banget mau masuk HI, film-filmnya aja sampai tau. Gak sekalian jadi sutradara terus bikin film kisah kehidupan anak HI?

    Kebanyakan film diatas diadaptasi dari kisah nyata ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa jadi sutradara sih ayo2 aja dah.. :")

      Delete
  10. mau ngambil HI dk? waah, semangat yaa! :)) belum nonton smua filmnya, bisa nih dimasuin list. kali kali aja bakal nambah wawasan.
    thanks y:)

    ReplyDelete
  11. Menonton film bertema suspense/thriller politik dengan bumbu spionase di sana sini itu seru banget! Wah, Argo udah jadi rajanya deh kalo ngomongin drama yang dibumbuin thriller. Ngga terlalu berat pula ngulas politik, karena lebih nonjolin aksi heroik si agen CIA nyelamatin para diplomat yang kejebak di Iran. Kerennya lagi, ini film kan pemenang Best Picture Oscar, udah jaminan mutu deh kualitasnya. Adegan kejebak di bandara selagi diinterogasi tentara Iran itu seru banget :D scoring-nya pun mantap.

    Kalo film lain paling yang udah ditonton baru "Whistleblower" sama "The Ghost Writer", sisanya belom nonton hehe. The Ghost Writer itu BAGUS, diangkat dari novel berjudul sama, dan cerita di novelnya pun ngga kalah seru sama filmnya. Beda media, beda sisi menegangkannya. Yang pasti filmnya keren kok, apalagi sinematografinya mantap.

    Kalo untuk bahan bacaan (nambahin boleh ya :p), novel-novelnya Sidney Sheldon keren tuh. Meskipun unsur dramanya yang ditonjolkan, ada beberapa novelnya yang juga ngegambarin hubungan internasional, plus konflik spionase lintas negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASIK... this comment.. made my day..

      Delete
  12. Pernah nonton nomor satu doang. Lainnya belum pernah.

    ReplyDelete
  13. Dari beberapa film di atas yang udah pernah aku tonton cuma Ghost writer. huahaha :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ghost writer seru tuh, masih menjadi thriller political favorit..

      Delete
  14. Wah, keren nih, gue mao nonton yang American Sniper dulu, soalnya dari dulu denger, tapi ngga pernah nonton~

    ReplyDelete
  15. Keknya beneran bakalan masuk HI lo ya, jef. Semoga berhasil, deh. Ghost Writer emang selalu jadi andalan lo, ya. Soalnya, film itu keren banget, sih menurut gue.

    Belum lagi yang Snipper itu, ah... gue selalu suka sama film ditembat tapi gak tau siapa yang nembak gitu. Pengennya ke cewek juga gitu,tapi apalah daya sudah ketahuan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. kalau masalah thriller-mystery atau thriller-political, ghost writer memang masih menjadi andalan banget.

      Delete
  16. Masuk HI lo jeff?
    Wah... keren lah kalau besok masuk HI...
    Tiati, jurusan HI saingannya banyak...
    wkwkwkw

    American sniper udah pernah...
    Lainnya? zonk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, manajemen dan jurusan di FE lainnya lebih banyak saingan cuy.

      Delete
  17. ciie calon anak HI (harapan indah) wkwk. sukses deh jef buat lu. Lu udah nentuin jurusannya,lah gua?? masih bingung mau ngambil jurusan apa.
    Btw,gua ga tertarik sama film-film yang lu sebut di atas,tapi gua tertarik sama lu, eh engga deh bohong gua tertarik sama tulisan di blog lu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah, cepat tentukan jurusan. menyesal urusan belakangan, yang penting tanggung jawab sama pilihan sendiri :-)

      Delete
  18. gue baru nonton American Sniper ajah jef. gue rasa film itu certianya emang tentang sniper yang kemampuan tembaknya diakui dunia, tapi setelah gue tonton dua kali film tersebut memojokan Islam.. hehe..

    gue nggak nyangka lo doyan banget nonton film jef. semoga lo bukan sekedar jadi mahasiswa HI tapi jadi produser film juga.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, mungkin esensi awalnya cuma buat menghargai si sniper legendaris chris kyle kalik... nggak bermaksud memojokan secara sara..

      Delete
  19. rencana tahun ini mau ambil HI, cocok nih postingannya ;;)

    ReplyDelete
  20. dari semua film tadi, yang udah gue tonton baru The Interview, Argo, sama American Sniper.
    ngomong2, elu niat banget ya jef masuk HI? :D
    moga2 deh... :))

    ReplyDelete
  21. Aku belum nonton semua... hahaha
    Aku paling tertarik sama yang American Sniper. Kayaknya keren tuh. Nembak-nembak gitu.
    Kamu jadi ambil kuliah jurusan HI jef?. Semangat. Semoga sukses.

    ReplyDelete
  22. uhhh dari pamflet filemnya aja udah keren" sangat nih film" mas bro mantap euyy.... josh....

    ReplyDelete
  23. gue dari dlu emg ga update banget tentang dunia film
    dari indonesia bahkan dari luara
    cuma pas baca baca review dari blog u osn
    gue tertarik american sniper :D

    ReplyDelete
  24. film2nya sih banyak aku tau, tp ga pernah nonton :D.. seara ya, aku tipe yg lgs ketiduran kalo nontonnya di rumah... tp nonton di bioskop udh telat banget ;p.. kamu masuk HI ya jef?? pilihan udh bener itu.. aku nyesel kenapalah dulu malah masuk business admin yg membosankan itu ...padahal cita2ku pgn keliling dunia -__-.. Masuk HI kan kemungkinan gedenya diplomat :D.. mertuaku diplomat soalnya.. dan krn itu suamiku udh kemana2 sejak umurnya 3 bulan.. iri to the max bgt lah kalo udh dgr cerita traveling dia -__-

    ReplyDelete
  25. Udah pernah di tonton semua. Film lama2 tp masih enak di liat

    ReplyDelete
  26. Anak HI banget lu jeff. Sampe belum resmi masuk kuliah udah bikin post tentang HI gini. Pasti udah yakin banget jatuhin pilihan jurusan HI jeff. Semoga pas udah masuk kuliah dan menjalani masa kuliahan jangan pesimis dan langsung pengen kawin.

    Btw, udah pernah diajak kakakku buat nonton beberapa film-film di atas sih. Tapi belum ada yang tertarik. Mungkin udah saatnya aku nyoba nonton salah satunya. Pengen nyoba nonton Ghost Writer, gara-gara dosenku kemaren bilang dia pernah jadi Ghost Writer.

    ReplyDelete
  27. gost writer ada di laptop tapi belum d tonton.

    interview kayaknya gw udh pwenah nonton jg deh. lupa.hihi

    btw anak Hi ngapain sih sibuk ngurusin konflik dunia..
    ngurusin konflik hati bisa gak? #eakk.

    ReplyDelete
  28. Keren - keren ya filmnya... tapi dari semua judul itu...
    gue belom pernah nonton satupun, hehe...
    berhubung karena gue ga terlalu suka film barat...
    karena film barat itu selalu menampilkan adegan yang, hmm... begitulah (hehe)

    ReplyDelete
  29. hmm, jadi pengen nonton Ghost Writer, ada mc.gregor

    ReplyDelete
  30. Gue paling suka tuh yang Argo, keseruannya berasa banget. Gue suka film yang diangkat dari kisah nyata, ya walaupun gak persis tapi keserua di film dibikin lebih dramatis. hahaha..
    Ada satu lagi film tentang hubungan Internasional yang keren, soal Julian Assange.. mantan agen Amerika yang membuka dokumen-dokumen rahasia Amerika. sampai sekarang dia masih nyari perlidungan di negara lain yang gak punya perjanjian ekstradisi dengan amerika.. karena kalo ke amerika pasti langsung di tangkap.

    ReplyDelete
  31. duuuh aku cupu banget ya, baru nonton the interview. itu pun gara-gara denger berita heboh sony mau dihack. emang film-film amerika tuh banyak banget ya yang angkat soal hubungan international dan badan inteligent gitu seolah mereka mau pamer kecanggihan mereka gitu, tapi keren sih.

    ReplyDelete
  32. Wah baru nonton 2 dan 4 nih^^ tapi emg keren, sipp d rekomendasinya,nanti masuk list

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah udah berkesempatan nonton semuanya... genrenya rata2 thriller politik, kecuali The Interview. Rate-nya juga bagus2 kalo film2 kayak gini.
    Thanks sudah bikin list-nya mas.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>