Tuesday, December 29, 2015

Resolusi 2016: Let's Be The Fckin Writer.



Ketika akhir tahun menjelang, maka bunyi-bunyi familiar seperti trompet yang saling bersahutan dan ledakan-ledakan kembang api selalu terdengar memeriahkan malam pergantian. dari semua bunyi-bunyi itu, mungkin ada satu bunyi yang sukar untuk didengar suaranya. sebuah bunyi yang mungkin telah terucapkan, atau bahkan tidak sempat terucapkan karena tertahan di dalam dada dan menjadi beban yang memberatkan. bunyi apakah itu? sebut saja, nama bunyi itu adalah resolusi. bukan, bukan resepsi kampret.. 

Nggak kerasa (sebenarnya kerasa-kerasa aja sih) 2015 akan segera berakhir, yang dimana berarti 2016 sudah menanti di depan mata. kalau di rewind, ada banyak hal yang sudah terjadi di tahun 2015. entah itu hal yang menyedihkan, memuakkan, menyesakkan, memusingkan, atau yang membuat bawa perasaan (LAH, KENAPA JELEK SEMUA INI?!). dimulai dari januari 2015..

****

Januari 2015 diawali dengan wajah berduka. berita duka dari dunia penerbangan indonesia membuka awal tahun 2015. setelah sempat diberitakan hilang selama 3 hari (kalau nggak salah), akhirnya Air Asia QZ8501 dinyatakan jatuh dan tidak menyisakan satu pun korban selamat. yang tersisa hanya cerita-cerita sedih tentang korban dan kerabat korban. mungkin salah satu cerita sedihnya ada di pesan cinta dari 38.000 kaki. beruntung, black box pesawat berhasil ditemukan. belum sampai disitu, awal 2015 kembali memilukan wajah indonesia. setelah sebelumnya datang dari dunia penerbangan, kali ini datang dari ranah politik. guess what?! yak.. cicak vs buaya lagi. heran, cicak vs buaya ini sejenis telenovela atau apa ya..

Memasuki februari, situasi mulai terasa kondusif. situasi hati gue, maksudnya. setelah dibuat berduka oleh hari valentine, hari raya imlek datang membawa rasa suka dan menghibur dengan belaian-belaian angpao. selain itu, februari merupakan bulan dimana pertama kali gue menulis naskah buku. yeah! selanjutnya bulan maret. nggak banyak  yang gue ingat di bulan ini, kecuali.. gadget baru. setelah kurang lebih 2 tahun bertahan dengan galaxy ace 2, akhirnya gue mendapatkan pendamping baru berupa LG G3. voila! akhirnya, dapet gadget baru. setelah dihadapkan dengan pilihan anatra z3 compact atau LG G3, pada akhirnya ucapan-ucapan manis dari sales LG G3 terdengar lebih meyakinkan. dan ini dia bulan yang ditunggu-tunggu: april. april datang, behel pun terpasang. april datang dan menjadi bulan yang cukup menyenangkan.

Lanjut ke mei. di bulan ini, gue pernah menunggu 8 jam hanya untuk membuat SIM karena duduk di loket yang salah. IYA, DUDUK DI LOKET YANG SALAH. sehari sebelum kejadian salah tunggu SIM itu, gue juga hampir kemalingan di transjakarta. betapa sialnya. praktis hal yang menyenangkan di bulan ini adalah ketika acara sekolah berupa live in. live ini kala itu mengambil tempat di desa buntu. disini ada yang tau desa buntu? pasti nggak ada. yasudalah.   

JUNI. bulan juni adalah bulan terproduktif gue menulis di blog. bukan cuma di blog, naskah yang gue tulis sejak bulan februari pun kelar dengan 101 halaman. naskah tersebut pun gue kirim, dan jeger! luar biasa! sampai sekarang naskah tersebut tidak ada kabarnya. kampret. selanjutnya di bulan juli, bulan dimana sekolah kembali dimulai. begini lah nasib siswa SMA tingkat akhir, baru awal-awal masuk udah dibikin cidera otak oleh presentasi-presentasi universitas. alhasil, otak gue hamstring memilih jurusan.  dan selanjutnya ada bulan agustus, salah satu bulan yang gue favoritkan di 2015. karena di bulan ini gue dapat merasakan momen liburan ke thailand. akhirnya, setelah memiliki paspor.. untuk pertama kali gue pergi ke negri orang. ternyata, di thailand itu banyak banget turis asal korea nya. satu hal yang gue amati dari turis wanita asal korea: ternyata memang benar yang selama ini gue lihat di film-film, cewek korea itu besar-besar..... kacamata hitamnya. pulang dari thailand gue di skors 2 hari karena liburan tanpa izin. 



2015's journey.: back to cha tu chak



September. di bulan ini, suasana rumah yang sudah cukup sepi menjadi terasa semakin sepi karena kakak gue student exchange ke taiwan. dan entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba gue jadi tertarik nonton serial nya song triplets. di saat itu juga otak gue semakin cidera memilih jurusan kuliah.  dan pada akhirnya memasuki oktober, gue membuat sebuah keputusan yang cukup ekstrim dengan mencentang jurusan hubungan internasional. walaupun beasiswa hasil test parsial cukup meyakinkan, tapi hati ini tetap kurang legowo dengan jurusan yang telah di pilih. lanjut ke november. memasuki bulan november, naskah gue masih juga nggak ada kabar. pada akhirnya, gue mengedit ulang naskah dan mengirimkannya ke penerbit yang berbeda. dan masih juga beluma da kabar. kampret. dan pada akhirnya semua kisah-kisah di tahun 2015 bermuara ke bulan desember sebagai bulan penutup tahun. desember, desahan mantan membuat baper.

****

Dari segala hal yang sudah terjadi di tahun  2015, sejenak gue teringat dengan resolusi 2015 yang pernah gue buat di akhir tahun 2014. udah sampe mana resolusinya? ya... lumayan lah. at least, resolusi 2015 yang dicanangkan nggak cuma jadi wishlist semata. yang menarik dari resolusi itu adalah tentang naskah. gue menargetkan dapat menyelesaikan naskah di tahun 2015 lalu dikirim ke penerbit, dan.. resolusi tersebut sudah tercapai. sampe 2 kali malah naskah yang ditulis. tapi sayangnya, belum ada respon dari pihak penerbit tentang kedua naskah tersebut. 


Ah.. rasanya sudah waktunya untuk serius. selain karena di tahun 2016 akan ada ujian nasional dan teman-temannya, kejamnya dunia perkuliahan juga sudah menanti di depan mata. tapi terlepas dari tantangan-tantangan yang sudah ada di depan mata itu, maka tak ada salahnya kalau gue menuntaskan dulu apa yang seharusnya diuntaskan: menjadi penulis. oleh karena itu, maka tak ada salahnya kalau di tahun ini kembali sebuah resolusi dicanangkan. bukan, bukan hanya sebagai wishlist semata. tetapi juga sebagai motivasti target dalam meraih cita-cita. kali ini bukan cuma sekedar mengirim naskah ke penerbit, tapi... mengirim naskah lalu diterbitkan oleh penerbit. Let's Be The Fckin Writer! 







Kalau situ.. resolusinya apa?




101 comments:

  1. Menunggu selama 8 jam di loket yang salah untuk bikin SIM Bahahahahaha sama kayak nunggu cinta dari seseorang tapi hatinya buat orang lain. Eh (?) *krik krik*

    Wah seru juga kayaknya liburan ke Thailand yak? Banyak cowok cantik-nya xD
    Hahahaha semoga di 2016 nanti ada kabar dari pihak penerbit dari naskah yang udah dikirim, dan sukses sama UN nya nanti.

    Resolusi gue di 2016 yaitu mau lebih konsisten nulis di blog, dsb wkwkw.

    Semangat menulis :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. emm, sebenarnya.. menunggu 5 jam di loket yang salah. total 8 jam habis cuma buat bikin sim.. begituh. yoi coy, thailand gokil..

      amin.. amin.. amin.

      Delete
  2. hahaaa.. bisa gitu ya nunggu di loket yang salah, untung gak di tempat yang salah.
    moga aja di tahun 2016 tulisanmu di terbtkan penerbit.
    sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan loket itu tempat.. apa bedanya nunggu di loket yang salah sama nunggu di tempat yang salah..

      Delete
  3. Semoga ada penerbit yang nglirik. :D
    Kamu keren ... aku aja ke luar kota jarang, apalagi luar negri, masih mimpi

    ReplyDelete
  4. Wah, seru juga suka duka 2015 lo, tapi kebanyakan sedihnya sih.

    AMIN lah, sama2 saling mendukung lah :) Biar kalo terbit, bukunya dampingan..

    Resolusi ? Bisa buat buku yang enak dibaca, bukan eneg. Bisa buat orang tua bangga, dan yang penting apa yang gue kerjakan bermanfaat bagi orang lain~

    ReplyDelete
  5. Semoga terwujud ya keinginannya :D

    ReplyDelete
  6. semoga terujud cita-citanya yaaa aamiin, ayo nabung naskah dari sekaraang...aku pengen belajar nulis skenario dan semoga Semarangcoret.com makin eksis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, naskah gue kayaknya nggak butuh ditabung..
      lagi di edit2, nunggu saat yang tepat untuk disetor

      Delete
  7. APAAN? NUNGGU 8 JAM, DAN SALAH TEMPAT NUNGGU.oke oke.. turut berduka cita ya. puk puk..
    masalah naskah sih, jangan terlalu dipikirin, tunggu aja sambil banyakin nulis, karna penulis itu.. ya kudu nulis. ini apaan sih

    ReplyDelete
  8. Resolusi.. resolusi.. resolusi.. walah dalah, apa ya buat 2016...?

    ReplyDelete
  9. Semoga lolos naskahnya ya. Cobain kirim ke banyak penerbit dengan naskah berbeda. Dengan kata lain, nulis banyak naskah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. nggak usah nulis banyak naskah..
      mau mantepin di satu naskah dulu. nah, kalau udah mantep.. baru kirim ke banyak penerbit

      Delete
  10. Hahahaa.. cewe Korea besar-besar. Wow.
    8 jam bikin SIM dan duduk di loket yang salah. Kenapa bisa selama itu baru sadar kalau itu loketnya salah, Jev?

    Iya bener. Canangkan kembali resolusi di tahun 2016. Menjadi penulis.
    Yoih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacamata hitamnya yang besar sis..

      yoih..

      Delete
  11. Yeah! Let's roll and be a fuckin writer like a hell! Resolusi juara bro. Moga" kesampaian di 2016. Good luck!

    Btw itu cedera hamstring beneran mo daftar? Buset deh. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo men.. wazzup dude.. it's been a long time without you ma friend
      let's be the fckin writer..

      Delete
  12. Yeaaaah semoga aja di tahun 2016 semua yang sedih-sedih di tahun 2015 diganti menjadi bahagia di tahun 2016 dan semuanya dalam urusan karir, ngeblog de el el moga makin konsisten ye jev :D

    ReplyDelete
  13. Gue baca ini kayak lagi nonton trailer kisah kehidupan lo di 2015 yang bakal segera difilmkan. Hahahaha. Ntaps!
    Gilak. Banyak juga yang udah terlewatkan momen-momen kerennya yah. Jalan-jalan ke Thailand juga kayaknya seru tuh meskipun kudu di skors dua hari. Badung sih :p
    Yosh! Semoga mengawali tahun 2016 bisa dapet kabar baik mengenai naskah lo ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik.. trailer kehidupan..
      amen!

      Delete
  14. Waaaah cara nulisnya bagus, alurnya bagus aja sampai kebawa alurnya dan ternyata udah selesa ai aja bacanya dari awal sampao akhir.
    good job jeffersooooon.

    semoga 2016 naskahnyabbisa diterbitkan penerbit yaa dan sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah! fitnah atau apa ini..? makasih yak, sis..

      amin!

      Delete
  15. Enak banget ya? Cerita ABCD, eh, tau-tau liburan ke thailand. Gue boro-boro.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak.. abcdefg.. langsung ke t. thailand..

      Delete
  16. hem... gue juga pengen nerbitin buku sih, hahah, ikut2an lo ah

    ReplyDelete
  17. Whislistnya cuma nulis buku nih jev? Lolos snmptn kagak? Wkwkwk....

    Oh iya udah hampir setahun air asia yaa :'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. SNMPTN? HMM.. kayaknya gue swasta..

      Delete
  18. good luck broh, siapa tau 2016 dapet kabar baik dari naskah lu :D

    ReplyDelete
  19. Bonusnya akhir tahun menang lomba mataharimol ajahazeggg

    ReplyDelete
  20. kalo naskah ditolak kirim lagi k penerbit lain
    ditolak lagi? edit lagi kirim lagi

    ReplyDelete
  21. Suka duka thn 2015. Hehhehe...
    Mulai dr slh nunggu loket, naskah yg tak ada kbar. Hehhe..
    Tp ttp smngat aja cuyy...jd pngen bikin naskah jg ni...

    ReplyDelete
  22. Duh denger tulisan lo jd pengen nulis buku. Tapi ya gitu selama ini cuma sebatas niat. Btw salkem brooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. akh.. semoga tulisan ini bisa bersifat persuasif :")

      Delete
  23. duh semoga impianmu nulis buku dan diterbitkan semoga terkabul.
    kalau resolusi gue sih, bisa menulis yg lebih-lebih bagus dirpd tahun yg laku dan semoga tahn depan banyak cewek cantik yg daftar jd mahasiswa teknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. yasudah lah.. semoga banyak bidadari yang masuk jurusan teknik.

      Delete
  24. Resolusi gue : menghilangkan kenangan kenangan tengang mantan, naskah buku gue kelar, mulai serius menjalani hubungan gue sama Raisa.

    Jangan sampai salah jurusan, Jev. Pikirkan dengan baik. Pilih yang sesuai dengan minat lo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali saudara ku..

      seberapa keras pun usaha anda melupakan kenangan mantan, kenangan-kenangan itu tak mungkin dapat dilupakan seutuhnya. kuncinya cuma satu: mengikhlaskan. itu. salam baper..

      Delete
  25. Cuma bisa bantu doa, semoga naskahnya bisa diterbitkan. Dan bisa menjadi penulis varokah bro.

    ReplyDelete
  26. Pas udah selesai baca, aku baru ngeh kalo yang diwarnai itu ternyata sebuah postingan. Duh, Jef, ntap, blogmu penuh sejarah pribadi. Sejati lah maksudnya. Kayaknya harus gali-gali bacaan yang di-tag di sini deh...
    ADUH 8 JAM?! SEPERTIGANYA HARI?! GILA. BOSEN NGGAK LAU NUNGGUNYA?? :(
    Edun. Desahan mantan membuat baper. -.-
    Iya bener aih, 2016 UN ya? Aduh, untung disadarin. Makasih, Jef. :') semangat!!

    ReplyDelete
  27. Wuiih keren lah resepsinya *salah fokus
    Liburan ke Thailand, banyak cowo setengah mateng ( Katanya )
    Tapi emang bener sih, kalo orang Korea besar-besar. Topinya
    Ya intinya dari komen ini sih gak ada intinya, yang jelas moga apa yg lo perjuangin bisa terwujud di tahun 2016.
    Keep writing bro !!!

    ReplyDelete
  28. LG G3 gadget oke tuh, phone of the year versi Trusted Review Awards. Beruntung lo bisa punya di 2015 ini. Wah, bisa liburan ke Thailand, seru banget, bisa menjejakkan kaki di negeri orang :D

    Sip, resolusi 2015 yang dicanangkan ngga cuma jadi wishlist semata, at least lo udah berhasil nulis naskah dan berani ngirimin ke penerbit. Itu udah satu pencapaian tersendiri, dan belom tentu semua bisa begitu. Yeah, let's be the fckin writer! Didukung 100%
    Semoga di tahun 2016 beneran naskah lo bisa diterbitkan ya, soalnya bisa jadi penambah semangat nulis kalo bukunya udah nangkring di toko buku. Semangat memulai tahun 2016! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah.. sebenarnya pada awalnya gue milih z3 compact. tapi entah kenapa berakhir di g3.
      OKEH. LET'S BE THE FCKIN WRITER!

      Delete
  29. Masih pengen lanjut s2 nih gue heheh (^﹏^)" mumpung masih muda

    Saran aja nih, Kalo nerbitin buku masih terasa agak berat, coba ikutan antology dulu kaya gue muihhihi sekalian belajar gimana selera penerbit (≧▽≦)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka.. lanjutkan lah perjuangan mu!
      oke sis.. oke..

      Delete
  30. Resolusiku singkat, Dek : menyelesaikan yang nggak selesai-selesai di tahun-tahun sebelumnya *trus daftarnya panjang bangeeeet* :))

    You're nice, aku follow blognya ya ^^

    ReplyDelete
  31. resolusiku ? mendapatkan cintamu... Eaa.. lah gue kok datang - datang gombal yah ?
    Nuhun ijeverson. Btw nama lu kayak Wadek kampus gue. Hihihi..

    Salam kenal yee, first silahturahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. .....
      wadek itu.. wakil deakn (?)
      atau.. wakil adek-adekan #brotherzone

      Delete
  32. wh cerita suka dan dukanya asyik juga ya, bisa jadi bahan evaluasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik...
      iya evaluasi.. dan ejaku...

      Delete
  33. kalau gw resolusi 2016 pingin punya kamera yang bagus sob, biar kekinian, akakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu berusahalah..
      karena kamera yang bagus, tidak datang dengan sendirinya.



      salam baper.

      Delete
  34. Tahun ini lumayan mengikuti banyak ceritamu jeff. Dan yang paling asoy adalah pengalaman di desa buntu. Yang jadi ngebuat aku pengen juga nginep-nginep di desa-desa gitu, biar tau gimana rasanya hidup di desa. Tapi setelah sadar kalo aku juga orang desa, aku sudah tau gimana rasanya hidup di desa.

    Perjalanan ke Thailandmu emang sukses bikin aku ngiri. Soalnya impianku banget tuh bisa pergi ke Thailand. Lihat cewek-cewek cantik Thailand, dan.... cowok-cowok cantiknya juga.

    Mungkin yang paling ngenes di tahun ini menurutku adalah proses naskah dan pemilihan jurusanmu jeff. Tentang naskah, semoga tahun depan terbit. Dan tentang galau jurusan... semoga pilihanmu di HI emang murni dari hatimu. #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASIK.. true sekaleh!

      #PONCOADIPALINGMENGERTI

      Delete
  35. Semoga resolusinya tercapai ya, Jef :)

    ReplyDelete
  36. aku juga berhgarap ada penerbit yang mau menerbitkan cerita fantasiku , kalau tidak ada mungkin aku akan melemparnya keluar, karena pasar luar sepertinya lebih suka

    ReplyDelete
  37. Wah 2015 yang sangat dan penuh perjuangan untuk nulis. semoga di 2016 bisa lebih semangat lagi. oh iya coba ikutin saran Ka Vira dulu deh. heee

    ReplyDelete
  38. Ini sebuah prestasi yang membanggakan apa gimana nih, aku sudah pernah baca semua tulisan disana. Perlu dikasih hadiah nih.

    Idenya keren bikin tulisan akhir tahun dengan tulisan blog yang digabung-gabungin. Semoga resolusi 2016 tercapai, dan be fckin writer tapi jangan writer-nya yang di fck..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik..
      anda mendapatkan bra sport gratis dari victoria kampret

      Delete
  39. ayo jev...semangat terus... semoga naskahnya tembus...... eee diterbitin maksudnya.

    ReplyDelete
  40. Ternyata resolusinya singkat banget, gue kira bakalan panjang lebar itu, isinya resolusi. RUpanya Kaleidoskop. Tapi serius, kaca mata orang china itu, bikin gue penasaran. hahaha

    Ya, semoga ada penerbit yang tertarik sama naskah lo ya, jef. Biar bisa resolusinya cepet terkabul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacamata orang korea men, korea..

      Delete
  41. Semoga naskahnya segera mendapat kepastian, ya.... Di PHP lama-lama nggak asik, ah. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. digantungin itu emang... biasa aja sih.

      Delete
  42. Eh itu serius kalo liburan nggak izin bakal di-skors? Kok temen gue dulu ada yang begitu enggak, ya. Hm.... Kan bisa aja emang liburannya dadakan, terus lupa ngabarin pihak sekolah. Hhh~

    Untuk seorang pemula, nerbitin buku di penerbit mayor susah, ya? Sekalinya tembus, biasanya harus sesuaikan pasar itu pun. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi di skorsnya lebih berpelajarsiawi. tetep dateng ke sekolah tapi nggak boleh masuk kelas..

      Delete
  43. waduh nggak kebayang pegelnya nunggu 8jam dan salah loket pula hehe,semangaaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan biar aman kalau ditilang polisi iu emang berat :")

      Delete
  44. Masih inget aja apa yang ada di januari dan bulan bulan selanjutnya. sepertinya aku gak seinget itu deh, wkkwkw
    wah, udah nulis naskah juga ya, hebat.
    gapapa belum ada kabar, itu pertanda ada penerbit lain yang menunggu naskahmu.

    btw liburan di thailand kayanya asyik tuuh,
    mau liburaaan jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget dong..
      tinggal tengok postingan dari bulan ke bulan :")

      Delete
  45. resolusi tahun baruku, dari dulu itu selalu mau traveling kemana tahun ini... dan 2015 plus 2016 nantipun, akan jd tahun2 yg miskin jalan2 -__-. bikin resolusi yg ga ada hubungannya ama traveling, nth kenapa ga prnh tertarik jev :D.. seperti ga semangat untuk achieve nya. tp 2017, bakal balas dendam jalan2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, traveller garis keras detected!

      Delete
  46. kayanya 2016 ngedit lagi naskah nya terus ngirim ulah ke penerbit yang berbeda lagi . kali aja ada hasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang begitu niatnya. namaun sayangnya ekspektasi sering kali tak sesuai dengan realita.

      Delete
  47. "desember, desahan mantan membuat baper" akronim macam apa itu (_ _!)
    Semoga di tahun 2016 naskahnya bisa terbit dan menjadi buku yang terpajang di rak di toko buku

    ReplyDelete
  48. Sama nih kayak gua yang ngirim naskah juga, tapi gua baru ngirim bulan Desember kemarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nasib naskah anda lebih beruntung..

      Delete
  49. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>