Thursday, February 4, 2016

Well Done, Jakarta!



Januari 2016 sepertinya bukanlah awal tahun yang baik bagi kota Jakarta. terutama, perihal berita-berita kriminalitas yang senantiasa menghiasi layar kaca.  pergi ke kedai kopi, meninggal karena iced coffee yang dipesen dikasih sianida sama temen sendiri. pergi ke sarinah, meninggal karena aksi terror. pergi ke pondok indah, meninggal karena chiropractic illegal yang berujung malpraktek. jakarta memang keras, kawan. 


Ibu kota oh ibu kota...


Tapi dari hal-hal yang tidak mengenakkan di bulan januari kemarin, ada sebuah hal yang sepertinya cukup menggembirakan bagi kota jakarta. entahlah, entah hal ini merupakan hal yang menggembirakan atau malah sebaliknya. hal yang gue maksud itu adalah... absennya banjir di awal tahun








Bukan rahasia lagi kalau banjir itu sudah masuk kedalam agenda tahunan kota jakarta sebagai bencana yang selalu melanda. tapi khusus di awal tahun ini, banjir seakan-akan sungkan untuk mendatangi ibu kota. termasuk berita menggembirakan kah banjir yang absen itu? mungkin iya, mungkin juga tidak. hal yang positif dari absennya banjir adalah.. ya nggak ada banjir. no flood means no activities being delayed. tapi, hal negatif yang disebabkan oleh absennya banjir adalah.. tidak ada libur tambahan bagi pelajar ibukota seperti tahun-tahun kemarin.  TIDAAAAKKKKK...

Tapi nggak apa-apa, karena absennya banjir di awal tahun ini merupakan progress yang baik bagi ibu kota tercinta ini. kinerja ahok dalam memperangi banjir ternyata benar-benar terbukti di awal tahun 2016 ini. tapi sialnya, meskipun banjir sudah tidak terlihat tapi macet sepertinya makin parah. but it doesn't matter, you are the best lah.. mr governor.

Sejak beberapa minggu yang lalu, hujan lebat sudah turun membasahi jalanan ibu kota dengan volume yang cukup tinggi. ya, membasahi. bukan membanjiri. sebenarnya gue sedikit berharap agar banjir mulai menggenang di jalanan ibu kota sehingga libur dadakan bisa kembali di rasakan secara konkret. tapi, apa boleh buat. harapan tinggal lah harapan. banjir itu tidak pernah datang. jangankan banjir, got-got yang biasanya penuh di setiap kali hujan lebat aja sekarang jadi sungkan untuk penuh. ahok gokil.

Jangan pernah membandingkan banjir di jakarta dengan banjir di luar negri. kenapa? karena hanya akan membuat sakit hati, percayalah. gue pernah menonton sebuah video tentang banjir di jepang yang air banjirnya bening banget kayak air di kolam renang yang habis dikures. malah gue curiga kolam yang habis dikures kalah bening sama banjir di jepang. coba bandingin sama banjir di jakarta, warnanya butek. bau. banyak yang ngambang. bikin listrik di rumah mati karena gardu PLN kerendem. pokoknya, gagal anggun abis!

Setelah banjir melanda, tentunya ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk berbenah. bukan, bukan cuma menjadikan pemerintah daerah sebagai kambing hitam, tapi tentunya kita juga harus berbenah diri. Menurut pengamatan gue, ada 3 hal penting yang harus kita lakukan setelah musibah banjir ini terjadi: 


1. Bersih-bersih!

Ketika banjir melanda, tentunya ada beberapa hal tidak sedap yang kita rasakan. karena sejatinya, banjir di jakarta ini datang tidak hanya berupa air. tapi banjir di jakarta lebih dari itu. banjir di jakarta senantiasa membawa beberapa hal yang tidak mengennakan untuk hanyut bersamanya. mulai dari bau, kuman penyakit, sesuatu berwarna cokelat dan bertekstur lembek yang terlihat "tidak asing" yang mengambang-ngambang. semuanya...

Oleh karena itu, untuk menghindari kuman penyakit, kita harus melakukan bersih-bersih di sekitar area rumah pasca banjir. kan nggak lucu, kalau tiba-tiba kita tergeletak tak berdaya di rumah sakit atau puskesmas cuma gara-gara kena penyakit bawaan banjir. 

2. Periksa Kendaraan!


Banjir itu identik dengan kendaraan yang terlelap. setelah banjir, ada baiknya bila kita langsung pergi ke bengkel untuk memperbaiki atau hanya untuk sekedar memeriksakan kendaraan kita. karena yang namanya hubungan antara kendaraan dan banjir itu identik dengan yang namanya aki soak. kan nggak lucu tuh, kalau lagi bawa motor atau mobil di jalan tiba-tiba kecelakaan karena aki soak. dan lebih nggak lucu lagi kalau kecelakaan di jalan cuma gara-gara ada kotoran yang dibawa oleh banjir masuk ke knalpot kendaraan kita. kan nggak lucu, kalau nanti di koran keluar sebuah berita dengan judul..

"Seorang pengendara motor tewas tertabrak oleh bus akibat knalpot motornya tersumbat oleh tai bawaan banjir.."


3. Belanja di Zalora!


Terkadang, yang namanya banjir itu kalau pergi suka ngajak-ngajak. bukannya langsung pergi, tapi dia malah membawa barang-branag kita hanyut bersamanya. dan ketika barang-barang kita hanyut terbawa banjir, apa kah yang harus kita lakukan? yak, kita harus membeli barang-barang baru untuk menggantikan barang yang telah hanyut. dan zalora merupakan salah satu refrensi terbaik untuk membeli barang-barang baru itu. 

Selain memiliki banjir dengan warna yang butek, nyatanya jakarta juga memiliki banjir dengan warna yang sangat bombastis aduhai crot-crot-crot. banjir apakah itu? yap! tepat sekali, banjir barang-barang bagus di Zalora! 

Sudah sejak zaman paleolotikum dulu, zalora terkenal sebagai e-commerce yang handal dalam menawarkan barang-barang berkualitas dengan pelayanan yang memuaskan. tunggu sebentar, zaman paleolitikum? lah manusia purba mana yang bisa belanja online.. 

Akhir-akhir ini gue lagi hobi memantau sepatu dan tas dari brand Eiger di halaman zalora. sebagai salah seorang fakir travelling, tentunya gue membutuhkan perlengkapan yang mantap saat melakukan perjalanan. ada beberapa pilihan tas gunung dan tas untuk berpetualang lain yang cukup menggoda iman para petualang sejati di laman eiger zalora ini. bukan cuma tas, tapi sepatu lari yang di produksi eiger pun tak kalah menawan.



Dengan perpaduan antara eiger sebagai brand ternama dan juga Zalora sebagai e-commerce yang aduhai bombastis crot-crot-crot, maka semakin lengkaplah banjir barang-barang bagus yang ada di zalora. jakarta memang keras, bung. bukan hanya banjir yang bersifat merugikan, tapi ada juga banjir yang bersifat meningkatkan eksistensi seseorang. 


Well done, Zalora.  

Well done, Jakarta.




PEACE.



103 comments:

  1. Anjir ujung ujungnya postingan buat Zalora hahahaha gak kepikiran padahal udah serius serius di awal hahahaha well done man!

    ReplyDelete
    Replies
    1. that's what paid post are for :")

      Delete
    2. harus gitu yah biar dapat komisi ? soale saya juga pasang tapi lom bikin postingan

      Delete
  2. oh mungkin banjirnya lagi liburan sob, makanya dia absen
    ya engga apa~apalah absen
    .
    oh kalo abis banjir itu harus bersih2 ya
    mau saya jadi relawan bersih2
    bersih rumah warga yg banjir terus pindain barangnya ke rumah saya
    itung2 dapet barang baru

    ReplyDelete
  3. Enak kali ya ngambang diatas ban disaat banjir :v

    Jepang mah, gak usah dibahas lagi bang jev, ajib itu negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngambang diatas banjir emang enak. apalagi... ngambang di atas banjir barang-barang bagusnya zalora. #masihpromosi #belummoveon

      Delete
  4. Wkwkwkw duh, jangan disamain deh banjir di Indo sama di luar negeri wkwkw jauuuuh :D wkwkwkw diluar mah banjir masih keliatan enak diliat gitu wkwkwk kalau di indo, eng, ya gitu deh wkwkkw

    Oke okeee ini plot twist banget langsung paidpost Zalora :D

    ReplyDelete
  5. sapa suruh datang jakarta, jika sudah bertekad menaklukkan jakarta maka jangan banyak mengeluh, apalagi Januari ini banjir tidak sedahsyat tahun lalu bahkan nggak banjir, keren dong Ahok dan seluruh warganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahok memang keren masbro, doi harus jadi gubernur lagi!

      Delete
  6. Jakarta emang keras, Fellas~
    Itu ngapain juga banjir di Jepang dikau samakan dengan yang di Jakarta. Jauhnya ampe skala tak terhingga. Hahahaha.
    Hidup Papah Ahok!
    Anyway, bersih-bersih pas banjir kadang suka dijadiin mainan sama anak-anak. Orang dewasa juga kadang ngelakuin, sih. Kalau lagi gak ada yang liet. Contohnya, ngepel sambil main seluncuran. -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup ahok!
      tapi bersih-bersih pas banjir akan terasa lebih menyenangkan kalau bersih-bersihnya di banjir barang-barang bagus zalora :))

      #masihpromosi #sikap

      Delete
  7. ha, ha, ah nice artikle. dari banjir nyangkut di belanja ya

    ReplyDelete
  8. semoga banjir di ibukota segera ketemu solusinya deh bang...pengen eiger yang ijo itu. keren

    ReplyDelete
  9. Jakarta memang tak lepas dari banjir. Semoga gak ada bajir lagi di sana, Jev. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gedhe banget mah tulisan aamiinnya :D

      Delete
    2. kira-kira itu tulisan ukurannya 36 b akar 3.

      Delete
  10. Jangan sampai kamu di beritain dengan judul berita yang kurang lucu dan kurang pantas dibaca oleh semua orang -___-

    Jauh banget laaah banjir ibu kota sama banjir di jepang, jauuuuuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tidak ada berita seperti itu...

      amin.

      Delete
  11. Ini ceritanya softselling atau gimana, yak? Wkwkwk

    Tapi aku setuju dgn postingan ini. Suatu keadaan yg bnr2 hrs disyukuri. Jakarta gak banjir awal tahun ini. Tapi ya gitu, gak ada alasan buat gak ngantor krna keadaan baik-baik saja. :(
    Astaghfirullah.. wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. katakan saja job review. atau paid post. atau semacamnya :)
      hahaha! tidak apa-apa mbak, semua orang karata pasti punya perasaan pingin libur dadakan

      Delete
  12. ending-nya, ... belanja :D, semoga banjir menghanyutkan sekoper duit milik tetangga ---jauh entah siapa--- yang begini banjir berkah tentunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis dapet sekoper duit tetangga yang hanyut, langsung belanja di zalora~

      Delete
  13. Iya juga yah, biasanya tiap tahun Jakarta ga pernah absen untuk nilai plusnya yang satu ini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak ahok untuk 5 tahun kedepan!

      Delete
  14. Wuanjir .. UUJ (Ujung Ujungnya Job Review) :D

    Keren pak Ahok, banjir perlahan-lahan mulai berkurang, tinggal kesadaran warga Jakartanya aja ni yang perlu digelakkan,
    Dan tinggal ngatasi macet yang susah, mungkin bakal teratasi kalo ibu kota negara Indonesia pindah ke Makassar ..

    Tas gunuuuungggg .. dari dulu pengen itu tapi selalu nggak kesampaian, biasa harus ngalah sama kebutuhan lainnya juga .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, uuj :))
      yap, jakarta memang sudah benar-benar berbenah. pemimpinnya udah benar-benar bagus, tinggal rakyatnya saja~

      Delete
  15. Wah, aku malah gak pernah tau banjir di luar negeri itu kek gimana. Ciyusss sebening Aqua? XD

    Nah ya itu kalo di Indo, banjir dikit udah bikin parno. Walao cuma air menggenang semata kaki gara-gara got tersumbat, aku jijik setengah mati! Bayangin ada apa aja tuh yang ngambang keluar dari got. Huekkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue pernah liat video tentang banjir di jepang. banjirnya di stasiun-stasiun gitu, airnya bening...

      Delete
  16. Sialan... ujung2 nya zalora.
    Tapi keren tuh bang, gak kebaca klo ini postingan untuk zalora.

    ReplyDelete
  17. BAHAHAHAHAHHAKKKK

    Cerdas banget emang bisa mengaitkan banjir sama zalora :)))))

    Besok coba juga ah, bikin postingan soal kebakaran lalu di endingnya ngajakin para korban beli baju di zalora aja buat ganti baju baju yang terbakar :))))))

    #Brilliant

    #we are

    ReplyDelete
  18. Bhahaa banjir termasuk agenda tahunan di ibu kota. Syukurlah di awal tahun ini Jakarta nggak banjir.
    Wkwkw jauh bangetlah bedanya banjir di Jepang dan di Indo. :'D

    Yoih, pastinya Zalora tempat barang-barang berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, syukur jakarta nggak banjir. ahok emang hebat!
      yoih..

      Delete
  19. banjir jepang gitu ya, jauh sama banjir di in... hahaha :(
    tapi kalau misalkan jakarta banjir lagi terus lu punya sepatu sama tas dari Zalora kan gpp jev, keren :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih, kalau punya sepatu sama tas dari zalora mah aman :)

      Delete
  20. Kepikiran banget dah ini banjir sama Zalora. Bisa banget. Baguus dah. Kreatip.

    Good job, pak Ahok. Tinggal ngatasi macet nih. Entah sampai kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah! kit aharap macet juga bisa diberikan solusinya.

      Delete
  21. Kuampreeet, banyak banget yang bikin post UUZ (Ujung-ujungnya Zalora). Keren lah nyambunginnya.

    Bener banget ya, gue ngerasa Januari ini ada yang hilang. Tapi, syukurlah gak banjir tahun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, kinerja bapak gubernur memang sudah terlihat :)

      Delete
  22. Duh banjir emang menjadi salah satu permasalahan yang cukup komplikasi deh ya di Jekardah.
    Untung ada ZALORA juga yang banjir barang barang. Sumpah, ini pengalihan isu yang top markotop.

    Sedari dulu gue mau punya tas gunung euy. itu yang disitu mauuu!

    ReplyDelete
  23. hahaha ternyata ujung2nya belanja juga. mau dong kalo dibeliin satu.

    banjirnya keren, bisa bikin kopi susu tiap hari, tinggal ambil terus masak. apalagi kalo mau buat es tinggal dimasukin es ajah itu. syukur deh kalo awal tahun ini ngak banjir tuh jakarte. mungkin si banjir udah bosen mangkanya ngak dateng.

    jadikan banjir itu penyapu kesialan, jadi ketika banjir datang, sial ilang rejeki datang. kalo rejeki datang, zalora pun senang :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang keren, bisa bikin kopi susu. lebih keren lagi kalau kopi susunya dikasih sianida.

      Delete
  24. Paling demen sama banjir barang! Apalagi barang yang dibawa bersama banjir adalah barang berkualitas seperti Eiger :(

    ReplyDelete
  25. Jakarta Banjir??? Duh... kenapa airnya keruhnya udah mirip Kopi Latte gitu??? -__- Beda banget sama di Jepang bro. Airnya di jepang, ikan lewat aja nampak. Lah di Jakart?? AMpun...

    Entah kenapa banyak blogger make cara ini buat nyelipin materi lomba. Lagi enak-enak baca, eh endingnya bahas lomba. -_-

    Sukses deh, buat lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, jakarta nggak banjir. tahun ini nggak banjir, tahun lalu yang banjir.
      kedua, ini bukan lomba blog. ini job review atau semacam paid post..

      Delete
  26. Baru tau kalo di Jakarta juga ada banjir sepatu, mau dong sepatunya, Kakak...

    ReplyDelete
  27. Hal yang bisa kita lihat dari tidak adanya banjir di Jakarta pada awal tahun ini adalah, Ahok bekerja. Dia memang benar-benar menjalankan apa yang sudah di rencanakan. Gue juga salut sama beliau, Jev. Semoga kedepannya bisa kayak gini terus. Dan, yang pastinya, tidak ada lagi libur karena banjir. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi! kinerja ahok tidak perlu diragukan lagi, bung.
      sudah seharusnya beliau masih memimpin jakarta di periode selanjutnya..

      Delete
  28. Wew, ujung ujungnya banjir produj Zalora. Wkwkwk ... mantap. Etapi kayake kamu perlu lebih merhatiin EYD-mu deh. Salah satunya "memperangi" sama "mengennakan". Lah ... harusnya memerangi sama mengenakkan,Bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, itu eyd emang harus lebih diperhatikan..
      maklum mbak, udah cukup gantuk.. habis pulang les nulisnya :")

      Delete
  29. Wew, ujung ujungnya banjir produj Zalora. Wkwkwk ... mantap. Etapi kayake kamu perlu lebih merhatiin EYD-mu deh. Salah satunya "memperangi" sama "mengennakan". Lah ... harusnya memerangi sama mengenakkan,Bro.

    ReplyDelete
  30. Gue udah serius banget dong bacanya dan seru banget itu plot twistnya! hahaha...
    Banjir Jakarta bisa nyangkut ke banjir di Zalora juga.. :D

    ReplyDelete
  31. Bhahak, gue ngak ngeritik job review lo kok jev.
    Ya gue tau sendirilah gimana job review biar orang tertarik baca :))

    wkwkw...
    kayaknya ahok bakalan menang lagi nih di 2017. Ya semoga aja, dibawah pimpinan dia (semoga lagi), jakarta akan terus berbenah. kalau macet sih kayaknya bakalan sulit untuk diurai. Lha manusia-manusia disana itu kayaknya individualis deh. Pergi sendiri naik mobil. Kalau sekeluarga sih nggak papa/min 3 orang. Yaa tergantung kesadaraan diri manusianya sih kalau mau nggak macet.

    Wuhuuuu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga job review, bloggerwi lah :))
      semoga aja menang, tapi susah men. lawan-lawannya ganas.

      Delete
    2. Bhahahak...
      denger-denger sih si yusril ikut-ikutan tuh..

      tapikan kayaknya ahok bakal menang deh walaupun tanpa dukungan partai, tapi nggak tahu juga ding kalau nanti calon lawannya si ridwan kamil. Wkwkwkw.... bingung-bingung tuh

      Delete
  32. betul. bersyukur banget ibukota gak kena banjir di awal tahun. gak lucu kan? udh mau UN tapi malah gak bisa ke sekolah gara2 banjir.

    selamat nih dapat job review hhe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, nggak lucu kalau kita un sambil ngambang :")

      Delete
  33. Jangan banjir atuh. Udah joget-joget ini sampe sekarang jalanan masih bersih dari genangan. :))

    ReplyDelete
  34. Haha ada2 aja dr banjir jkt jd banjir barang2 zalora.
    Tapi benenr mmg produk eiger di zalora mmg kren2. Buat yg suka naik gunung dan adventure pst ngiler

    ReplyDelete
  35. Wah artikelnya menarik Jev, kampreeet ini ujungnya zalora.

    ReplyDelete
  36. Oiya yak? Gue baru ngeh, awal thn ini jakarta gak hboh banjir. Etapi kyaknya sih emg ujannya jg msh seemprit2 Jev bln januari mah. Kalo februari tau deh nih. Yaa smga aja ga banjir. Klo banjir emg enak sih, sklah, krja, jd pda libur. Wakakakk.

    Weetts, endingnya unpredictable banget, Jev! Beneran, gue gak nyangka klo akhirannya malah banjir di zalora. Bhahaha. Tp gue akuin, lu kreatif skali broh bkin postingannya! Bsa aja gtu nymbung2innya XD Eh, btw, ini smcam job review gtu bkan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. unpredictable itu lebih menantang! :-)
      ya.. katakan saja semacam itu..

      Delete
  37. Intermezzonya bagus, ujung-ujungnya ZALORAAAAAA :D

    ReplyDelete
  38. Yeeee gue kirain emang beneran mau bahas banjir. Eh tiba-tiba promo huahahah :D

    ReplyDelete
  39. Hahhaha asem
    Bisaan aja bikin pengantar bencana banjir, yang diakhiri dengan banjir belanja. Halah
    Tapi seriusan beneran absen ya? Kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. katakan saja sejenis pengalihan isu.. :")
      iya, beneran absen itu banjir men! semua berkat ahok..

      Delete
  40. Iya. Bersyukur nih nggak ada banjir. Huehehe. Meskipun banjir juga daerah rumah gue aman. :p

    Waduh, iya tuh bener banget. Barang-barang mulai pada hanyut dibawa banjir. Kudu belanja, ya. Dan di Zalora emang bagus-bagus barangnya. :D

    ReplyDelete
  41. Katanya banjir di Jakarta itu ada siklusnya, kek 10 tahun sekali terus jadi 5 tahun sekali lalu jadi 2 tahun sekali. Untunglah tahun ini gak ada banjir besar di Jakarta, gak ada banjir aja Jakarta tetep nyeremin kok.

    Ok, apa cuma gue aja yang tiap ngebaca tulisan orang pasti ujung-ujungya ada Zaloranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak bro, zalora emang lagi gencar-gencarnya nih. selain sebagai e-commerce yang mantap, zalora juga merangkap sebagai sahabat blogger :)

      Delete
  42. Ahaha,
    bener bgt sakit hati klo bandingin banjir di jakarta dengan di Jepang :3

    wah zalora mantap dah produknya, haha lagi banjir produk ternyata di zalora. kalo hatiku juga sedang banjir, banjir cinta haha.. krna daya tampungnya dan serapnya kecil jd banjir deh #baper

    yang pasti harga di zalora pasti bersahabat donk :D

    ReplyDelete
  43. iya ih baru sadar kalo thn ini ga ada berita banjir ^o^.. eh, daerah jelambar yg biasanya kalo banjir bisa ampe 2 meter ga juga jev??? dulu aku tinggal di sana soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, mantan jelambar nih? enggak.. nggak banjir, aman. got udah tinggi, kali udah aman, mantep deh pokoknya ahok! harus dipilih lagi... :)

      Delete
  44. lagi musim ya jev banjir .. kalau udh banjir ya mau digimanain lagi , terimain aja . nah setelah banjir jangan membuat sesuatu yang dapat menyebabkan banjir lagi :D haahahaha akhir2nya belanja ke zalora :D .. dari banjir jadi belanja ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho.. korelasi antara banjir dan belanja online :)

      Delete
  45. Semacam gud news for Jekardah ya Mas hihihi!
    Tiap Jakarta banjir sy kepikiran sahabat yg rumahnya juga langganan banjir. Alhamdulillah tahun ini bisa lebih santai di awal tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini semua karena bapak gubernur. pilih dia lagiiiii

      Delete
  46. hujan sehari-harinya udah bukan di januari mas..tapi pindah ke februari, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yasudah, kita lihat di februari ini, apa kah jakarta akan tergenang banjir~

      Delete
  47. well done dong sama gubernurnya :) udah setor fotocopy ktp ke Teman AHok belum? Lah, kok saya jadi promosi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, belum sempat mbak. tapi saya selalu mendukung beliau...
      dulu mau nyetor di mall ciputra lupa bawa ktp melulu

      Delete
  48. betul, aku juga senang tahun ini nggak banjir. Jadi, nggak ngerepotin dan mendelay jadwal-jadwal lainnya juga hihi paling repot kalau harus ada kelas pengganti :") nice post kak

    ReplyDelete
  49. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>