Friday, March 25, 2016

Ciptaloka - Desain sendiri, Pake Sendiri!


Selamat pagi, budak-budak eksistensi.

Mengekspresikan sesuatu melalui produk custom mungkin merupakan sesuatu yang sedang digandrungi para kawula muda. ya namanya juga anak muda men, jadi wajar kalau hobi mengekspresikan sesuatu into a stuff. berkaca dari produk custom yang sedang digandrungi itu, maka tak heran kalau online shop berbasis design online sedang ramai-ramainya bermunculan. mulai custom photo gift online, custom case online, custom tshirt online, sampai-sampai ada satu brand yang menyediakan custom photo gift, case, dan tshirt sekaligus.

Beberapa hari yang lalu gue mendapat tawaran buat nyobain Ciptaloka.com, salah satu online shop yang menyediakan layanan print on demand untuk mencetak gambar secara custom. untuk first impression, sepertinya ciptaloka ini cukup meyakinkan. beberapa media untuk menuangkan ekspresi ditawarkan oleh brand yang satu ini, mulai dari yang biasa kayak kaos dan casing handphone, sampai yang nggak biasa kayak photo gift (nyetak gambar di batu men). semuanya di design secara online. gokil. 







Untuk menyikapi tawaran itu, maka gue memutuskan untuk mendesign sebuah custom tshirt di website ciptaloka.com ini. sejurunya ini bukan pertama kalinya gue mendesign tshirt secara online, karena sebelumnya gue juga pernah melakukan hal yang sama tapi di website yang berbeda. jadi, ya.. setidaknya aplikasi untuk mendesign yang ada kerasa nggak terlalu asing. dan maka dari itu, let's start the super honest review

****

Aplikasi user friendly,produk lebih bervariasi, harga nggak bikin keki.
SATU,

Sama seperti website desain online lainnya, Ciptaloka menawarkan platform dengan aplikasi untuk desain yang cukup user friendly. kenapa dikatakan user friendly? karena nggak ada kesulitan berarti yang dirasakan saat gue mencoba menuangkan beberapa ekspresi ke dalam kaos di website ciptaloka ini. sang designer akan dimudahkan dengan adanya 4 laman pilihan untuk mendesain kaos seperti ganti produk, upload gambar, tambah teks dan tambah clipart. untuk warna, terdapat beberapa pilihan warna untuk kaos, tergantung pada jenis kaos apa yang akan kita design. mulai dari kaos pria (soft cotton combed) yang bisa dituang dengan 19 warna, sampai kaos longsleeve pria (gildan 76400) yang hanya dapat dituangkan kedalam warna hitam atau putih saja. 


Bukan design Tshirt namanya kalau nggak ada gambar atau tulisan yang dituangkan. kita bisa mengimport gambar kita sendiri kedalam jenis tshirt yang telah kita pilih untuk didesain, atau.. kita bisa memanfaatkan aplikasi tambah teks dan tambah clipart yang sudah tersedia di aplikasi desain itu sendiri. atau, kita bisa memanfaatkan ketiganya secara bersamaan. dan berbeda dengan aplikasi desain di website-website tetangga, font teks untuk mendesain yang ditawarkan oleh ciptaloka terbilang lebih "anak muda" banget. bukan melulu tentang arial ataupun times new roman, tapi font teks yang ditawarkan terbilang lebih eye catching bagi para kawula muda untuk berkespresi. font-font kayak android, twitter, clash of clans, disney, dan sprite shadow adalah beberapa contoh font yang gaul abis.  jadi selain user friendly, aplikasi desain yang ada di ciptaloka ini juga teenage friendly. antimainstream lah, pokoknya.




DUA,
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ciptaloka kalau dibandingkan dengan website desain tshirt online yang lain adalah jenis produk tshirt yang ditawarkan lebih bervariasi, pun begitu dengan bahan dan warnanya. untuk wanita, terdapat  4 jenis kaos yang ditawarkan sementara untuk pria terdapat 5 jenis. diantaranya ada kaos pria soft cotton combat, kaos pria two tone cotton, kaos pria gildan softstyle, kaos pria Vneck 64V00, dan terakhir ada jenis kaos pria longsleeve.  warna yang ditawarkan pun bervariasi. untuk cotton combed, tersedia 19 varian warna. untuk two tone cotton, terdapat 8 pilihan warna. sedangkan tersedia hanya warna hitam dan putih saja untuk kaos vneck, gildan softstyle, dan lengan panjang.  

Dan untuk bahan, kualitas bahan sebagai media print kaos terbilang cukup apik. setiap bahan dari setiap jenis produk kaos dideskripsikan di kanan bawah aplikasi desain. ambil contoh kaos pria two tone cotton, salah satu jenis kaos yang ditawarkan ciptaloka melalui proses produksi dengan standar dan quality control sangat ketat yang setara dengan produk-produk terkenal di distro-distro yang ada di bandung. two tone cotton, memiliki bahan 90% cotton, 10% polyster yang menggunakan ketebalan sedang dan merupakan kaos o neck dengan jahitan samping yang rapi dan kuat. itu baru kaos two tone cotton, belum kaus-kaus jenis lainnya yang memiliki kualitas nggak kalah keren.

Untuk maslah ketebalan, jenis kaos yang ditawarkan oleh ciptaloka ini bermain disekitar 24s dan 30s dimana 24s memiliki ketebalan sedang dan 30s memiliki ketebalan yang cukup tipis.  jadi, dengan aplikasi desain yang user friendly dan jenis kaos yang bervariasi, nunggu apa lagi men? let's become a designer.


ma first design, two tone cotton

ma second design, soft cotton combed
ma political design using long sleeve



Di desain pertama dan ketiga, gue menggunakan beberapa font teks dan mengimport gambar yang disisipkan diantara teks. sedangkan di desain yang kedua, gue bereksperimen dengan hanya menggunakan clipart yang sudah disediakan. ya selain bisa berekspresi tentang kehidupan sosial, design tshirt ini juga bisa dijadikan sebagai alat berekspresi di bidang politik. asik. dan pada akhirnya, gue memilih desain yang pertama untuk dibawa pulang. peace men.  


TIGA, 


Teknik print atau teknik cetak kaos ciptaloka menggunakan DTG (direct to grament) digital printing terkini dengan kualitas terbaik yang menggunakan tinta impor dari amerika. jadi, ya hampir bisa dikatakan kualitas dari hasil cetak kaos tidak perlu terlalu diragukan. terus, harganya gimana cuy? harganya.. bisa dibilang make sense banget men. mulai dari Rp. 75.000, 85.000, 95.000 sampai yang paling mahal long sleeve hanya 115.000 saja. selain variasi jenis produk tshirt, variasi harga yang terjangkau juga menjadi kelebihan tersendiri dari brand ciptaloka ini. 

Ada yang lucu dari pemberian harga di design tshirt ini men. dengan jenis produk apapun, setiap tshirt berwarna putih selalu memiliki harga lebih murah 10 sampai 20 ribu. contohnya kaos pria soft cotton combed, dengan warna putih harga yang ditawarkan adalah 75.000 saja, sedangkan untuk warna lainnya harga yang idtawarkan adalah 95.000, dan itu juga terjadi pada kaos jenis gildan softstyle. sedangkan untuk kaos vneck, kaos berwarna putih dapat dibanderol 85.000 dimana kaos yang berwarna hitam memiliki harga 104.000. dan untuk longsleeve, 100.000 untuk warna putih, dan 115.000 untuk warna hitam. jadi, praktis cuma kaos two toon cotton aja yang harganya stabil karena nggak punya warna putih. dan kalau udah di desain, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menambahkan design tshirt yangudah dibuat ke kranjang belanja, terus transaksi pembayaran, dan langkah terakhir transkasi pemabayaran.

Kurang lebih setelah 3 hari setelah pemesanan,akhirnya kaos dari ciptaloka ini berhasil terdampar dengan selamat di rumah gue. estimasi waktu yang tepat tentunya untuk hitungan JNE regular.


mendarat cuy   
dapet dokumen negara cuy
Setelah dicoba, ternyata kaos custom yang telah didesain sendiri di ciptaloka ini nggak photogenic sama sekali. baju yang ada benar-benar persis dengan desain yang di foto. dan untuk bahan, two tone cotton terasa cukup nyaman dan sejuk ketika dipakai. gokil.


Empat, 

Angka empat dalam mitologi china identik dengan angka sial. maka dari itu, di point ke empat ini ada baiknya kalau kita bongkar kekurangan dari ciptaloka.com ini. ya namanya juga super honset review, jadi harus objektif men. jadi sejauh ini, kekurangan online t-shirt editor ini adalah.. adalah.. hmm. sejauh ini, dengan pengamatan yang cukup prima gue melihat  kelemahan dari ciptaloka.com ada pada aplikasi desain bagian import gambar. meskipun user friendly, tapi nggak jarang beberapa gambar yang udah di import ke dalam baju nggak bisa di zoom karena gambar tersebut bisa pecah dan  menurunkan kualitasnya. bukan cuma sekali atau dua kali, tapi 3 kali. 3 kali gue nyoba mengimport gambar dan tiga-tiganya nggak bisa di zoom men. dan kalau ada 2 hal yang menjadi kekurangan ciptaloka, maka hal kedua adalah perihal warna. praktis selain two tone cotton sama soft cotton combed, warna yang tersedia untuk sisa 3 jenis kaos pria lainnya cuma hitam dan putih. padahal, long sleeve di ciptaloka akan bertambah elektabilitasnya kalau ada warna biru gelap. muahahahaha.

Aplikasi user friendly,produk lebih bervariasi, harga nggak bikin keki.oh ya, jangan lupa kumpulin KTP buat dukung Ahok maju independen #promositerselubung 






****   

PEACE!



76 comments:

  1. Kaos custom makin marak ya, kemaren Utees sekarang Ciptaloka. Budak-budak fashion terus berburu kaos kesukaannya. Gue sih udah ngedesign, tapi belum order :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, selera orang tentang produk custom semakin lama semakin meningkat. karena produk custom itu membuat seseorang bebas untuk berekspresi.

      Delete
  2. Nggak suka koleksi kaos banyak banyak. Hahha

    ReplyDelete
  3. widiihh... keceeee! Dunia desain makin merajalela dan mudah untuk digunain sendiri, salah satunya dibuat desain kaos!

    ReplyDelete
  4. desain sendiri pake sendiri kasian juga yaaa, gua tau kenapa kalau yang berwarna lebih mahal, karena butuh tinta yang banyak. Ngeprint aja yang berwarna lebih mahal dari yang item putih. *bodo amat nad*

    Semangaaaaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah nak. namnya juga kaum single. makan sendiri, masak sendiri, beli sabun sendiri, desain baju sendiri, pake sendirit.

      Delete
  5. wow nama nya ciptaloka ya jev? gue udah sering liat2 desain2 kaos gini , tapi ciptaloka kayaknya punya kelebihan yg bikin gue tertarik kayak print kaos nyg bagus. ciee baju baru haha

    ReplyDelete
  6. Gokil makin percaya kalo ada ulasan begini. Kemaren sempet rencana bikin desain costum di sini, tapi yaa pas ngecek dompet ternyata... (pasti ngerti lah ya :D)

    ReplyDelete
  7. Widih makin keren aja euy, wah buat cewek juga ada yah di ciptaloka. Ngumpulin kata-katanya yang pas dulu biar nanti kalau sudah fix gampang tinggal klik-klik-klik dan tunggu hasilnya. keren bingit jev <3<3

    ReplyDelete
  8. Desain kaos kekgini yang anyak dicari orang. Desain sendiri sesuai keinginan konsumen, asal harganya terjangkau, pasti banyak yang order deh.

    ReplyDelete
  9. Kaos custome lagi naik daun emang, baru tau ada namanya ciptaloka. Yang penting harga murah pasti banyak order.

    Eh iya. Gue juga belum pernah order si. Cupu abis ya....hehe
    Next time gue mau order lah and desain sendiri tentunya... ^_^

    ReplyDelete
  10. Baru dengar nih ada desain baju online yang namanya Ciptaloka. Gue mah jujur orangnya gak pernah yang namanya mau coba untuk mendesain baju online. Sekalinya gue coba hasilnya bikin gue gak mau coba lagi. Semoga aja deh suatu saat nanti gue mau coba lagi, dan mencoba menggunakan Ciptaloka. Makasih informasinya yah.

    ReplyDelete
  11. keren banget..
    zaman sekarang udah bisa desain kaos sendiri.. sesuai dengan keinginan hati.. ciptaan sendiri..
    akh.. dunia ini udah tambah maju aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajaran hidup: kesendirian itu tidak selamanya buruk.

      Delete
  12. Baaah ini murah banget. Ini kereeen. Dari webnya sih friendly banget. Tapi gue masih trauma pake yang desain sendiri gini. Gue pernah beli topi desain sendiri, pas gue pake malah gak pede.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau di ciptaloka sih baju yang sampe oke-oke aja. nggak photogenic, persis kayak digambar dan bahannya adem.

      Delete
  13. boleh dicoba nih. Apalagi dengan harga yang ekonomis hehehe

    ReplyDelete
  14. Ini gue yg kurang gaul apa gimana yak? Masa gue baru tau kalo ada aplikasi buat ngedesain kaos sendiri. -_-
    gue pikir yg org sebut custom2 itu cuma kita kirim desain ke seller, trus dia akan buatin.
    gak kepikiran ada aplikasinya gini men -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhir-akhir ini website penyedia jasa design online emang mulai sering bermunculan men..

      Delete
  15. Baru tau ada yang gini, biasanya bukan desain sendiri. Kapan-kapan coba order ah

    ReplyDelete
  16. Hoooo
    Ternyata udah ada yang online yaa

    Selama ini bikin di clothing line lokal aja sihhh
    Coba ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. design online itu inovasi yang cukup menjanjikan bro.

      Delete
  17. Yah, mirip sama kayak uteesme gitu ya :D

    belum pernah nyoba, sejauh ini kalau bikin kaos numpang temen :D lebih murah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, katakan saja begitu. tapi bedanya ciptaloka nggak cuma tshirt. kalau utees kan lebih fokus ke tshirt.

      Delete
  18. Harganya kalo nggak sampe 100 itu termasuk murah. Apalagi warna putih harganya lebih murah. Mantap. :D

    Gue agak takut, sih, kalo desain kaos sendiri. Soalnya merasa desain gue biasa aja. Huhu.
    Yah, serius itu nggak bisa di-zoom? Terus kalo habis di-import gambarnya kecil banget sekecil plankton gimana? (nggak mungkin woy!). :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis kaos sih kalau harga bruh..

      Delete
  19. Salam blogger, postingan yg bermanfaat. blogwalking sekalian silaturahmi :)

    ReplyDelete
  20. Di ciptaloka jadinya bisa mengekspresikan diri nih ya Jef, melalui kaos... Manteppp nih jefff... harganya juga di bawah 100 ribu kecuali lengan panjang... :)

    ReplyDelete
  21. Kalau ini tinggal kita aja yang pinter-pinter desain, ya? Anyway, packaging Ciptaloka keren, euy!

    ReplyDelete
  22. Kok gak ada foto lo pake kaosnya, sih, Jef? Hahaha ya, teknologi zaman sekarang memang tampak sangat memudahkan, ya. Dulu mah apa-apa mesti temu muka dulu, deal-dealan dulu. Sekarang tinggal buka komputer, konek ke Internet, buka situs terkait, klik-klik dikit, jadi deh. Boleh juga, nih, inovasinya. Btw, selain soal font yang lebih variatif, ada gak sih hal lain yang bikin Ciptaloka ini lebih unggul dari jenis usaha serupa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, baru di upload kemarin itu fotonya. emang kurang lengkap rasanya review tanpa testimoni :)

      Delete
  23. kemarin utees, sekarang ciptaloka, makin lama bakal makin banyak nih penyedia jasa kayak gini. tinggal persaingan harga dan kualitas barang aja biar para pelanggan bisa milih dan berbelanja sesuai budget.
    buat budak2 eksistensi jaman doeloe mah kudu ngedesain sendiri, terus tukan sablon atau konveksi, terus kalau g beli borongan mahal, sekarang udah enak ye, madep komputer tinggal ceklik2, jadi transfer, tungguin ddeh nyampenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin ini semua karena custom tshirt lagi digandrungi anak muda banget. dan adanya website buat design online akan sangat "mempermudah" anak muda untuk berekspresi.

      Delete
  24. Nah iya nih kayaknya bisnis desain kaos online makin banyak aja ya, semoga yang bikin desain kaos konvensional gak demo gara-gara adanya bisnis desain online gini. Dah kayak taksi aja mesti demo.

    Sekali-kali nyoba gitu bisa kali ya, penasaran sama yang desain casing handphone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA, AMIN BRO!
      gue nggak kepikiran gimana jadinya kalau bisnis2 design online macam ini di demo oleh abang2 konveksi sambil bakar-bakar ban.

      Delete
  25. WIH JEV!
    CAKEP BANGET NIH! kebetulan akhir bulan temen gue ultah, bisa sekalian ngadoin ginian. inspirasi banget nih! thanks jev!

    ReplyDelete
  26. keren ya bisa mendesign sendiri kaos kita..pingin banget nyobain ciptaloka ini *Semoga dpt tawaran juga*.. biar bisa aku pamerin ke temen2 juga XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, semoga dapet juga deh..

      Delete
  27. Waaah kalau ciptaloka emg keren ni
    ga cuma bisa desain kaos aja
    dan saya sering gunaiin website desain satu ini

    ReplyDelete
  28. Kereeeen banget. Kalo gitu mah bisa custom kaos sesuai dengan yang kita inginkan dong ya :D

    ReplyDelete
  29. Cukup jadi pencerahan karena lagi nyari case hape. Nice post!

    ReplyDelete
  30. Lah gue malah baru tau ada website buat ngedesain kaos sendiri._. Sumpah gue kurang gaul amat yak?:(

    Boleh jg nih Jev review-annya. Seru ih bsa bkin desain sndiri. Gue pgn nyoba ah, lumayan hrganya dri 75rb :D klo desain gue jelek ya ga jd. Wkwk

    Iya jev foto lu lg make kaosnya manaaah??!
    Eh btw, itu tulisan gerak2 gmn bkinnya? Hahaha #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu foto kaosnya baru gue upload kemaren. hphphp.
      itu bikinny aliat di google, pake kode HTML nya main di div. masukin kodenya waktu lagi nulis postingan :)

      Delete
  31. Super honest review. Ini jadi review yang lengkap dan menarik para pelanggan, Jev. Keren keren.

    Bisa pake clipart juga ya. Trus pilihan font-nya juga banyak. Beragam. Makin bingung deh. Trus imajinasiku jadi mendadak liar, ngebayangin kalau kaos V-neck ada tulisannya. Biasanya kan kebanyakan polos gitu. Keren keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, makasih. disuruh dari pihak ciptalokanya objektif sih, katany akalau mau kritik kekurangannya juga langsung hantam saja.

      Delete
  32. wah jadi ini nih alat yang buat custom kaos sendiri...

    dari kemaren aku cari-cari buat bikin kustom kaus..

    makasih jev! X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. custom man... not kustom :")

      Delete
  33. aku suka design mu yang pertamaa ^o^.. jarang sih aku nedesign dari aplikasi bgini... ga pinter ngedesign soalnya ;D.. makanya lebih seneng beli jadi ato minta bantuan org ngegambarin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu peace is my religion mah, quotes legend yang cukup pasaran :)

      Delete
  34. Makin seru kalo gini,jadi bisa nulis sesuka kita :-D

    ReplyDelete
  35. Widiihh keren banget. Teknologi makin canggih aja nih. Bisa desain sendiri, milih font sendiri. aaaaakkk naksir.
    Kapan-kapan pengen nyobain ah :D

    ReplyDelete
  36. Mantaaaab dah, dari sisi ketebalannya aja dah banyak pilihan, jadi ga usa kuatir ketipisan ato ketebelan.btw lomba custom t sirt tetangga sebela gimana kabarnya jev? Yang macbook ituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, nice thought.
      oh itu, udah berakhir lama mbak. uda dapet hadiahnya :)

      Delete
  37. waah keren dan mantabz itu bro :)
    kayaknya bakul kaos kayak saya kudu nyoba ini...
    hehehe...

    ReplyDelete
  38. Wiih keren tuh yang nyetak gambar di batu. Kayaknya asyik kalo nyetak foto mantan-mantan di batu, terus dibikin buat bangun rumah batunya. haha

    ReplyDelete
  39. Makin banyak aje baju custom, kapan2 mau nyoba aah

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>