Tuesday, March 8, 2016

Daftar Film Thriller Psychological yang Mind Blowing Abis



Kamu pecinta film thriller psychological? pingin nyari daftar film thriller psychological terbaik? pingin nyari film thriller psychological yang endingnya ngetwist alias mind blowing? selamat, kamu masuk ke tempat yang benar. 

Film dengan plot cerita yang mind blowing adalah tipe film yang dapat menciptakan perang batin tersendiri bagi penontonnya. agak hiperbola memang, tapi ya begitulah adanya men. kenapa begitu? karena sejatinya, banyak orang yang mendadak stress setelah menonton sebuah film dengan plot cerita yang mind blowing. mulai dari cerita yang memusingkan, ending yang ngetwist abis, pemunculan karakter baru secara tiba-tiba, etcatera. mungkin bisa dikatakan, sebuah film dapat kita kategorikan sebagai film yang mindblowing ketika imajinasi yang kita miliki tidak mampu memahami imajinasi yang dimiliki oleh sutradara dari film itu sendiri. 

Jadi, Pernah nonton film dengan plot cerita yang sulit dimengerti?


Dari sekian banyak film dengan plot cerita yang mind blowing alias mindfck, maka film dengan genre thriller-psychological masih menjadi genre yang difavoritkan. kenapa begitu? karena sejatinya ketika thriller bertemu dengan unsur psychological, maka akan lahir film dengan unsur suspense yang mindblowing. mindblowing disini dalam artian ceritanya tidak tertebak. dalam beberapa kasus, ngetwistnya parah! 



Film thriller psychological itu lucu men, banyak film thriller psychological dengan rating tinggi yang dinilai sebagai worst movies oleh penontonnya. padahal, bukan karena film itu emang worst ataupun karena rating yang tinggi itu sembarang diberikan, tapi karena... saking mindblowingnya, penonton sampai nggak paham dengan cerita dari film yang bersangkutan. Dan dari beberapa film thriller-psychological yang pernah gue tonton, maka film-film berikut ini adalah beberapa film thriller psychological yang menjadi favorit. film-film thriller psychological yang endingnya ngetwist abis, film-film thriller psychological terbaik, film-film thriller psychological terbagus, dan film-film thriller psychological yang mindfck, mindblowing, juga mindabused:



Dan seperti biasa, sypnosis not by me


****


1. memento (2000) 





Leonard Shelby yang diperankan oleh Guy Pearce memiliki cerita yang kompleks mengenai kehidupannya pasca-ingatan jangka pendeknya yang hilang ketika berkelahi dengan penyerang istrinya saat tengah malam. Hal terakhir yang tersimpan dalam memori jangka panjangnya adalah istrinya yang sedang sekarat di hadapannya. Semenjak itu, Leonard mengabdikan hidupnya untuk berusaha mencari penyerang istrinya. Ingatan jangka pendeknya yang rusak membuat Leonard menggunakan foto, catatan, dan tato di tubuhnya untuk mengingat petunjuk-petunjuk yang sudah dia dapatkan untuk mengungkap teka-teki pembunuh istrinya. Secara bergantian film ini memiliki latar hitam putih dan latar berwarna. Latar hitam putih menceritakan urutan kronologis pencarian Leonard dengan alur maju, sedangkan latar berwarna menandakan pencarian Leonard dengan alur mundur. Latar hitam putih dan berwarna ini akan saling bergantian muncul hingga bertemu di pertengahan kronologis dimana hal itu ada di akhir film.

My Review: Memento adalah salah satu film thriller psychological yang mindfck abis karya sutradara christoper nolan. mindfck nya film ini sudah diawali dengan alurnya yang menggunakan flashback dari satu scene ke scene yang lain secara perlahan. kalau film-film dengan alur flashback biasanya dieksekusi dengan cerita yang balik ke masa lalu dan secara perlahan kembali lagi ke masa depan, maka film ini dieksekusi dengan alur flashback yang kembali ke masa lalu secara bertahap. dari scene yang satu, dimundurin ke scene sebelumnya, lalu mundur lagi ke scene sebelumnya, lalu mundur lagi ke scene sebelumnya. mindfck abis. 

Mindfck nya film ini semakin diperkuat dengan beberapa efek black and white dan juga pemunculan tokoh baru di setiap flashback yang dilakukan. setelah menonton 2 kali dan tetap gagal paham, maka cara terakhir yang dapat gue lakukan adalah searching dengan keyword: "penjelasan film mememnto". dan akhirnya.. akhirnya.. akhirnya.. agak sedikit ngerti. buat yang sedang stress dan sulit untuk mengerti sesuatu, sangat tidak disarankan untuk menonton film ini. 


2. Donnie Darko (2001) 






Donnie Darko (Jake Gyllenhaal) punya masalah dengan pikirannya dimana dia sering merasa berimajinasi mendengar suara dan suatu hari melihat sesosok pria mengenakan kostum kelinci yang menyeramkan. Sosok kelinci itu mengatakan bahwa ia adalah Frank dan dia berasal dari masa depan. Frank memberitahu Donnie bahwa 28 hari, 6 jam, 42 menit, dan 12 detik lagi dunia akan berakhir. Donnie yang awalnya kurang yakin akan keberadaan Frank mulai percaya setelah ia selamat dari kejatuhan mesin jet yang secara aneh jatuh dikamarnya. Mulai saat itu Donnie mulai sering melakukan perbuatan aneh yang diperintahkan oleh Frank. Siapa sebenarnya Frank? Apa dia benar dari masa depan? Dan apakah dunia akan segera berakhir sesuai perkataannya?


My Review: selain memento, maka donnie darko adalah film thriller psychological selanjutnya yang sulit untuk dimengerti. dibutuhkan iman yang kuat dan intelegensi yang tinggi untuk menyaksikan film ini. ceritanya rada absurd dan mindfck ditambah dengan ending yang ngetwist abis. ditambah dengan munculnya frank, sebuah pria dengan kostum kelinci yang semakin membuat absurd cerita dari film ini. sekali lagi, butuh intelegensi yang tinggi untuk dapat mengupas esensi yang ada di film ini. atau kalau tidak, film ini dapat membuat anda cidera otak.  waspadalah, waspadalah!

tips: kalau kalian tertarik utnuk menonton film yang satu ini, maka perhatikanlah scene penjelasan tentang mesin waktu baik-baik. 

3. Fight Club (1999)







Cerita berpusat pada seorang karyawan kantor yang mengidap insomnia akut. Dalam film ini tidak disebutkan namanya sehingga hanya disebut dengan Narrator (Edward Norton). Ia tidak bisa tidur di malam hari sehingga terkesan memiliki kehidupan ganda. Hidupnya lalu berubah saat bertemu dengan seorang sales sabun bernama Tyler Durden (Brad Pitt). Tyler Durden merupakan seorang yang agresif, kritis, bebas dan liar. 


Keduanya lalu memulai kehidupan gila mereka dengan membentuk sebuah klub bertarung underground 'Fight Club' hingga memulai aksi terorisme berlabel 'Project Mayheim'.



My Review: Sebenarnya, ada sedikit keraguan ketika gue memutuskan untuk menonton film yang satu ini. secara, tahun rilisnya yang terbilang cukup jadul. banyak yang bilang kalau film ini adalah salah satu film terunik yang pernah dibuat. kenapa? ya mungkin karena jalan ceritanya yang memang cukup berbeda dari film thriller lain. mungkin plot cerita tentang "karakter baru" yang diciptakanoleh satu tokoh ini mengilhami lahirnya beberapa film thriller psychological lainnya kayak secret window (2004) ataupun the machinist (2004). sama seperti donnie darko, butuh intelegensi yang cukup tinggi ketika menonton film ini. ending yang ngetwist, cerita yang mind blown, ditambah dengan durasi yang cukup lama akan membuat otak anda cukup cidera jika anda tidak berhati-hati. 


4. Predestination (2014)






menceritakan tentang seorang yang bernama John (Ethan Hawke). Dia adalah agen pemerintah yang mencari teroris yang dijuluki Fizzle Bomber yang akan melakukan kejahatan besar di masa depan. Untuk itu, John memakai mesin waktu untuk mencegah kejadian tersebut. Saat dia menyamar menjadi bartender di sebuah bar, dia bertemu dengan Jane (Sarah Snook). Dia adalah seorang pria transgender yang mengubah jenis kelaminnya ketika melakukan operasi cesar saat melahirkan. Setelah berbicara dengan John tentang masa lalunya yang begitu buruk, John memutuskan membawa Jane melintasi ruang dan waktu untuk memperbaiki hidupnya. Disinilah awal film ini membuat kita berpikir. 


My Review: Berbeda dengan film-film sebelumnya, bisa dibilang film predestination ini dapat gue mengerti dengan sekali tonton. bukan berarti film ini kurang mind blowing, tapi karena film keluaran tahun 2014 ini nggak seberat memento ataupun donnie darko. film ini menceritakan korelasi antara waktu dengan sebuah takdir yang memang tidak bisa diubah. 

5. Shutter Island (2010)




Bercerita tentang seorang agen polisi yg mendapat tugas menyelidiki kasus larinya seorang pasien dari rumah sakit jiwa yang khusus menangani pasien-pasien sakit jiwa yang tergolong berat [dan dianggap monster mengerikan jika berada ditengah-tengah masyarakat]. Rumah sakit jiwa tersebut berada di sebuah pulau bernama Shutter Island yang cuma bisa diakses dengan sebuah kapal fery. Dalam proses penyelidikannya sang agen polisi tahu bahwa rumah sakit jiwa tersebut hanyalah kedok dari sebuah operasi penciptaan hantu-hantu pembunuh melalui pencucian dan pengontrolan pikiran. Penyelidikan terus berlanjut dan akhirnya sang agen polisi menyadari bahwa ternyata penyelidikan yang dia lakukan ternyata tidak lebih dari bagian dari jebakan dan proses perekrutan dirinya. 



Sang agen akhirnya terjebak dan tak mampu lagi keluar dari shutter island dan proses perekrutan yang memanfaatkan trauma yg dialaminya. Sebagaimana halnya orang yang telah di vonis gila, semakin dia mencoba menjelaskan secara rasional apa yang terjadi semakin dia akan dianggap gila dan semua yang dia lakukan dianggap sebagai bagian dari pertahanan diri.

My ReviewKayaknya udah banyak yang tau tentang film yang satu ini, ya. setiap membuat list tentang film thriller, shutter island ini memang cukup menjadi jagoan gue. berlatar belakang di sebuah rumah sakit jiwa yang terisolir di sebuah pulau, seorang u.s marshall berusaha untuk memecahkan sebuah misteri yang terjadi di tempat tersebut. tapi, selain menjalankan misinya itu, ternyata sang us marshal ini juga memiliki misi rahasia untuk menemukan pembunuh istrinya. dan setelah melakukan beberapa petualangan, us marhsall yang diperankan oleh leonardo de caprio ini merasa ada sesuatu yang sangat sangat janggal di tempat itu. 


Latar tempat dan latar waktu yang menjanjikan, ditambah dengan trauma masa lalu yang dialami oleh sang US Marshall, dan ending yang cukup mindfck menjadikan film thriller psychological yang satu ini sebagai salah satu film thriller psychological terbaik.


6. A Tale Of Two Sisters (2003)






Film ini dibuka dengan adegan dimana seorang remaja bernama Su-Mi dirawat di rumah sakit jiwa. Adegan berikutnya menampilan sosok ayah dan adik perempuannya yang bernama Su Yeon. Kemudian kedua bersaudara ini kembali ke rumah dan disambut dingin oleh ibu tiri mereka. Pada saat makan malam, sang ibu tiri mengumumkan bahwa dia telah mengundang paman dan bibi mereka untuk ikut serta pada makan malam berikutnya. Su-Mi mengatakan tidak akan ikut makan malam dan meninggalkan meja makan.



Pada malam itu Su Yeon tidur dan mendapatkan pengalaman yang menakutkan, yang membuatnya berlari menuju kamar Su Mi. Ketika Su-Mi melakukan penyelidikan, dia menemukan ayahnya tidur dan ibu tirinya menangkapnya dan menyuruh untuk tidak membangunkan ayahnya. Beberapa hari kemudian, Su-Mi mengalami mimpi burung dimana dia melihat hantu dengan rambut hitam panjang menyusuri lorong kamarnya. Ketika dia bangun, dia menyadari adiknya juga mengalami hal yang sama. Su-Mi menemukan beberapa foto keluarga yang menunjukkan ibu tirinya dulu merupakan suster yang kerja merawat ayah dan ibunya.



Pada malam dimana bibi dan pamannya datang berkunjung. Mereka makan malam bersama dimana tiba-tiba bibi mereka pingsan dan jatuh ke lantai. Ketika bibi itu siuman, dia bercerita kepada pamannya bahwa dia melihat seorang gadis di bawah meja dapur. Ibu tiri juga mengatakan bahwa terjadi hal buruk di rumah semenjak kedatangan kedua anak perempuan itu di rumah setelah pulang dari rumah sakit jiwa. Bagaimanakah kisah selanjutnya? Apakah ibu tiri mereka hanya bermaksud membuat suasana seakan-akan semuanya adalah tindakan kedua gadis kecil tersebut?

My Review: A Tale Of Two Sisters sejatinya adalah film horror korea selatan, film ini sekaligus merupakan film horror yang paling make sense menurut gue. kenapa begitu? karena, unsur seramnya dapet dikala tidak ada adegan setan yang membunuh. beda dengan film horror lainnya yang agak nonsense dengan cerita setan yang membunuh, maka film ini menawarkan cerita yang lebih unik.

Selain dikategorikan sebagai film horror, film ini juga bisa dikategorikan sebagai film thriller psychological. atau lebih lengkapnya lagi, genre film ini bisa dikatakan sebagai horror-thriller-psychological. dan film ini.. film ini adalah film dengan ending ngetwist yang pertama kali gue tonton.

7. Black Swan (2010)






berawal dari seorang balerina bernama Nina (Natalie Portman) yang mendedikasikan hidupnya menjadi seorang balerina. Ketika seorang sutradara balet Thomay Leroy (vincent cassel) sedang mencari bakat baru untukcerita terbarunya yang berjudul 'swan lake' ia memilih nina untuk menjadi pemeran utamanya. Konflik terjadi ketika nina harus memerankan kedua sisi yang berbeda dari swan like. ia harus menjadi seorang white swan dan black swan. Untuk menjadi white swan tidak lah terlalu sulit untuk nina di karenakan ia memang seorang wanita baik yang cenderung lemah. Tetapi kesulitan muncul ketika ia harus berperan menjadi black swan.



Nina pun menjadi terobsesi menjadi black swan apalagi ketika muncul pesaing yang mengancam perannya. Lily (Mila Kunis) seorang penari yang juga berbakat dan merupakan salah satu pesaing nina. Nina merasa terancam dengan keberadaan lily sehingga nina benar-benar terobsesi menjadi black swan sehingga sisi gelap seorang nina muncul dan ia merasakan menjadi seorang black swan.

My ReviewSama seperti shutter island, mungkin sudah banyak yang tau tentang film blackswan ini. konflik yang ada berputar didalam diri seorang balerina yang berusaha untuk menaklukkan dari sisi gelap yang ada didalam dirinya. sama seperti ending a tale of two sisters, ada sebuah karakter baru yang diciptakan pemeran utama yang mengisyaratkan seolah-olah si pemeran utama ini adalah karakter baru yang dia ciptakan sendiri. dan karakter baru itu adalah sosok yang dia kenal dan dia anggap memiliki sikap antagonis yang berlebihan.

8. Identity (2003)






Bercerita tentang ketika badai ganas pecah di gurun Nevada,10 orang mencari perlindungan di sebuah motel terpencil. Pada saat yang sama,seorang pembunuh berantai (Pruitt Taylor Vince) di bawah asuhan psikiater DokterMallick (Alfred Molina) baru saja menemukan jurnal mengungkapkan si pembunuh. 

Ia menanti eksekusi untuk membunuh sekelompok tamu motel tersebut. Ketikaterjadi badai para pengunjung motel menyadari jika mereka dibunuh satu per satu,sopir limo yang bernama Ed Dakota (John Cusack) berhasil tetap hidup danmengungkapkan identitas si pembunuh.

My ReviewIdentify adalah salah satu film thriller psychological klasik yang cukup "suspense" menurut gue. latar tempat di sebuah motel ketika malam hari dimana beberapa orang terjebak didalamnya, dan plot cerita yang ngetwist di jalan cerita  yang menuju akhir membuat film thriller-psychological klasik ini cukup suspense dan menarik untuk diikuti sampai dengan akhir cerita. 

9. Secret Window (2004)





bercerita tentang johnny deep yang menjadi seorang penulis yang bercerai dengan istrinya setelah 10 tahun pernikahan mereka. Suatu hari datanglah seorang pria bernama John Shooter yang mengaku bahwa ceritanya telah di curi oleh Mort Rainey ( Johny Depp). Dia mengaku telah menulis cerita yang sama pada tahun 1997 yang juga di tulis oleh Mort berjudul Secret Window. Mort berusaha menyakinkan dirinya bahwa cerita itu murni dari dirinya sendiri. John Shooter memberi waktu 3 hari untuk menemukan majalah yang terbit tahun 1995. Majalah itu berisi cerita misteri Secret Window. Mort ingat bahwa majalah itu ada di rumah lamanya saat bersama Amy, istrinya. Shooter melakukan tindakan-tindakan gila untuk membuat Mort tiak bisa menemukan bukti atas ceritanya tersebut. Pertama, dia membunuh anjing Mort, kemudian membakar rumah Amy, membunuh dua saksi Mort, dan yang terakhir menyobek halaman di majalah langka yang berisi Secret Window. Kemudian sadarlah si Mort bahwa Shooter adalah sosok yang sebenarnya dekat dengan dirinya.

My Review: Sama seperti film-film macam fight club dan kawan-kawannya, maka konflik dari the secret window ini adalah kemunculan karakter baru yang diciptakan sendiri oleh sang tokoh utama. tokoh utama yang ada di film ini diperankan oleh jhonny deep, seorang penulis yang tak lagi terkenal dan dituduh melakukan tindakan plagiat terhada karakter seseorang. tapi, percayalah, meskipun konfliknya rada mirip tapi film ini nggak senendang fight club.





****





Emm.. ada yang mau nambahin?

67 comments:

  1. Waaaaaaaaks. Memento, Donnie Darko, Fight Club, Shutter Island, sama Black Swan itu kereeeen. Kalau Identity, itu katanya dari kisah nyata. Tentang tersangka pembunuhan kontroversial yang punya banyak alter ego. Aku belum nonton sih. Soalnya pas baca review-nya rada aneh, pembunuhnya anak kecil. Eh iya nggak sih?

    Kalau boleh nambahin, ada lagi, Jev. Gone Girl juga bisa masuk daftar deh kayaknya. Trus ada Oldboy sama Pieta. Eh tapi itu bukan thriller tentang gangguan psikologi sih. Cuma kayak trauma masa lalu sama pembalasan denda. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gue baru tau identity based on true story (?)
      gone girl sama oldboy gue udah pernah nonton. tapi, mindblowingnya kurang ah.. cuma ngetwist doang.

      Delete
  2. Samaaaaa jef, gue juga ga suka adegan setan yg ngebunuh, sukanya yg ada unsur psyco nya, lebih greget dan ada efek kejutnya
    Sayangnya donni darko film lama ya, gue selalu suka unsur thriller yg ngejadiin benda sebagai media 'serem' nya kek musalnya si kostum kelinci
    Trus klo di film laen yg pelaku pake topeng, bersembunyi di kostum badut dsb
    Tale of two sister teteup jusra meski pemainnya sekarang udah ga seimut pas maen di tu film, gue lebih suka tokoh adiknya loh

    Black swan, ini yg paling populer sih di masanya..,ga ada yg ngeraguin acting natalie portman yg gue pikir tadinya doi kok punya muka mirip keira knightley


    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak Nit. Aku juga sempat ngirain kalau Natalie Portman itu Keira Knightley. Mukanya mirip ya :D

      Delete
    2. hahahaha, asik abis. hidup pecinta thriller..

      Delete
  3. Cuma Predestination yang pernah saya tonton dan absurd banget filmnya. Saya tidak bisa menikmatinya karena jalan cerita yang menurut saya membingungkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru predestination salah satu thriller mindblowing yang gue bisa langsung ngarti.
      jadi, dia itu sebenarnya cewek dulunya.. terus sering dikhianati, terus blablablabla dia transgender jadi cowok. nah, si cowok ini nggak mau takdir berubah, jadi dia kembali ke masa lalu untuk membuat si wanita kembali merasa dikhianati.

      Delete
  4. Banyak film yang lawas ya ternyata. Ah, gua nggak terlalu suka film beginian Jev. Sukanya yang film begituan hahaha. Daftar film-filmnya gua amanin dulu deh, siapa tau kepengin nonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kalau yang begituan, pecinta j-movie ini mah..

      Delete
  5. aku sukanya yang detektif baru yang thriller, kalau nonton gak bikin ngantuk, he,he

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sih kalau thriller mystey, gue pernah buat daftarnya. thriller-mystery barat sama thriller-mystery korea gue pisah. coba cek aja sis, dijamin mantap-mantap..

      Delete
  6. Donnie darko masih ada hubungannya ga sama donnie yen ? Atau denny darko?
    Dari daftar film di atas belum satu pun yg saya tonton
    Kasian ya saya
    Tapi g apa2 deh

    ReplyDelete
  7. Mau nyoba nonton satu persatu karna belom liat semuanya nih wkwk

    ReplyDelete
  8. Penasaran banget sama filmnya yang ini A Tale Of Two Sisters tapi kayaknya mau beli dvdnya bakalan agak susah soalnya film lama hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di internet banyak sis... gue aja dulu nonton di yutub kalau nggak salah. a tale of two sisters itu pernah di remake sama hollywood di tahun 2009 dengan judul the uninvited

      Delete
  9. Dari 9 film diatas, gak ada satupun yg pernah gue tonton. *hiksss

    Film mind blowing itu si intinya susah di tebak. Klo menurut gue lebih ke arah kualitas sebuah film. Bagaimana kekuatan film itu agar penonton benar2 mampu mengikuti imajinasi penonton. Intinya si sulit di tebak dan berkualitas namun tetep bisa diikuti para penonton.

    Jangan kayak film ftv. Gue liat judulnya terus liat adegan pertama orang kaya numbur wanita tukang sayur yg lewat. Gue sudah bisa pastikan mereka bakal jadian. Gue gak perlu nonton lagi malahan klo ftv.
    Tapi gue tetep suka ftv. Suka sama pemainnya doang.. haha

    ReplyDelete
  10. Coba Who Am I, mas.. film Jerman yang bertema hacker. Juga karya Nolan yang lain, Inception, yang diskusi soal endingnya masih berlangsung hingga sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tahu itu mas. cuma, banyak yang bilang the hacke gampang ditebak endingnya.
      kalau ionception mah... tak usah ditanya lagi, itu emang jagoan. saya udah nonton 2 kali, dan yang menjadi perdebata memang endingnya. apakah dia masi mimpi, atau udah bangun.

      Delete
  11. Wah, deretan film-film yang lo suguhin keren-keren Jev. "Memento" itu udah paling mindfck. Christopher Nolan emang juara banget ngehasilin film-film macem begini. Ngikutin "Memento" butuh kejelian dan otak yang bener-bener fresh, kalo ngga malah bukannya terhibur sama alurnya yang mindfck, tapi malah stres hehe :p

    Tapi gua suka film-film thriller yang alurnya bisa bikin penonton nerka-nerka sendiri apa maksudnya, dan yang ending-nya twist, bisa bikin merinding takjub dapet ending macem begitu. "Identity" itu juga gokil, deretan konflik alter ego yang dipertontonkan dengan alur cerdas. "Black Swan" juga keren tuh, karya sutradara Darren Aronofsky yang ngegambarin perjuangan seorang balerina ngedalamin peran, dimana sisi gelap menjajah hidupnya. Hebatnya lagi, saking totalitasnya dalam berakting di "Black Swan", si Natalie Portman diganjar piala Oscar untuk kategori Best Performance by an Actress in a Leading Role.

    Udah nonton "Triangle" belom, Jev? Itu film thriller psychological rilisan tahun 2009 yang menurut gua mindfck juga. Itu film favorit gua & sodara-sodara gua, ngga bosen diulang-ulang, selalu merinding dibuatnya, dan selalu bikin debat kecil tersendiri tentang gimana sebenernya maksud film itu. Totally awesome :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, totally agree. christoper nolan itu jenius.. inception itu mahakarya. kalau memento itu... aduh, sudahlah. mindfck abis. yoi, film-film yang bikin penonton nerka-nerka sendiri biasanya sih film genre thriller-mystery. kenapa seru? karena penonton seaka-akan diajak untuk ikut kedalam film itu sendiri. ikut menebak apa yang sebenarnya terjadi

      Delete
  12. gue baru nonton predestination ,,
    sisanya siap-siap masuk list downloadan ,,
    nice inpoh gan

    ReplyDelete
  13. semuanya belum pernah saya tonton..
    soalnya saya ngak suka film thriller gitu.. wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Predestination -> Saat kamu bisa menghamili dirimu sendiri.

    Blog Teknologi dan Games @ http://Sirgizmos.com

    ReplyDelete
  15. wadoohhh
    blm pernah nonton semua dan sepertinya gk pgn nonton deh, takut terbayang2

    ReplyDelete
  16. Kok gua belum nonton semuanya yaa? gua cupu ya ampuuuun.

    Bukan cupu deng, kayanya otak gua ga mampu nerima cerita kaya gitu. Sinopsisnya keren-keren :)

    ReplyDelete
  17. Kalau baca sinopsisnya meyakinkan banget kalau film2 ini bagus. Tapi pas baca genrenya... Aku mulai mundur cepat2. G brani nonton film ginian. G cukup keberanianku, hiks.. Padahal jalan cerita sinopsisnya bikin aku g bisa berpaling. Sayang, aku cuman penakut :(

    ReplyDelete
  18. yap jenis film seperti itu memang bikin gemes banget. udah ditengah-tengah filmnya bikin emosi naik turun, endingnya pun juga nggak bisa ketebak. dan rata-rata memang film luar negeri yang bisa bikin film seperti itu. semiga kedepannya Indonesia bisa bikin film yang setara.

    untuk film yang kamu sebutin diatas, aku cuman pernah nonton yang predestination. dan film tersebut bener-bener keren banget.

    btw, kamu pernah nonton film-film yang dibintangi jhony deep nggak? biasanya yang film yang diperanin beliau pasti endingnya cakep dan nggak bisa ditebak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jhony deep yang mindblowing paling secret window sih.. berniat nonton salah satu filmnya yang the tourist, tapi masih sibuk ujian men.

      Delete
  19. Beberapa sudah saya tonton, sisanya masih ada yang belum. Dari sekian itu favorit saya di Identity... sampe akhirnya ngoleksi filmnya.. hehehe.
    Good review :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. identity memang luar biasa! :)

      Delete
  20. Mind blowing itu seru bang jev, membuat kita lebih berpikir keras untuk memahaminya. ya anti mainstrim gitu filmnya.

    Tapi film diatas belum satupun yang gue tonton~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, antimainstream. ceritanya berat~

      Delete
  21. Blackswan oke banget memang, mungkin karena kak nataly
    sependapat kita jev, lebih oke kalau film horror nggak ada adegan hantu membunuh :D tapi tetep kalau hantu thailand emang seremnya dapet haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah! kalau horror thailand itu cerita sama hantunya ballance. ceritanya nggak maksa, hantunya juga oke.

      Delete
  22. Ngeri-ngeri filmnya bro hahahhahah

    ReplyDelete
  23. Identity, Memento, Black Swan, aaaaaaa gue penasaran. Parah.
    Aku baru tau ada istilah mind blowing dalam plot film. Hahaa. Kudet amat gue yak.

    Donnie Darko gue udah pernah nonton. Ya gitu, harus diulang-ulang nontonnya biar paham. Hahaaa. Bener apa yg lu bilang, men. Butuh iman yang kuat untuk nonton film Donnie Darko :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, donnie darko itu "sesuatu". mindblowingnya parah. kunci dari film itu ada di buku the philosophy of time travel atau apalah itu namanya.

      Delete
  24. Gue pernah nonton momento, shutter island, identity.
    Dari ke-3 pelem itu yang masih bikin gue merinding sampe sekarang identity.
    Dikira udah selese, eh gak taunya di bagian akhir pelem nyisain bocah laki-laki itu...
    Huh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, bukan cuma mind blowing, tapi double twist.

      Delete
  25. ah aku belum nonton semua jep.. yaudah tak donlot dulu sebagian :D

    ReplyDelete
  26. Dari deretan film itu gak ada satupun yang pernah gue tonton. Soalnya gak terlalu suka sama film Thriller, gue orangnya penakut. Gue nonton Detektif Conan aja teriak. Gue lebih suka film Agen Rahasia, Detektif, sama Sci-Fi. Jadi dari deretan film itu gue lebih tertarik sama Predestination. Ada satu film lagi yang dari reviewnya gue jadi penasaran sama ending yaitu A Tale of Two Sisters. Penasaran banget gue, walaupun agak mengerikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, kalau suka sama agen rahasi, berarti cocoknya sam ayang undecover tuh kayak 21 jump street atau rush hour gitu.

      Delete
  27. Sejujurnya gue paling males sama genre film yang beginian. Entah karena otak nggak nyampe apa emang dasarnya males mikir. Hahaha.
    Dari semua judul yang lo jejelin kayaknya gue tertarik sama yang Secret Window, deh. Abis ini download ahh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan ini sis, melatih kepekaan otak :)

      Delete
  28. Cuma Fight Club doang yang pernah. Yang lainnya masuk list XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. fight club used to be a legend of mindblown movie. tapi semenjak ada memento sama donnie darko..

      Delete
  29. Belum pernah liat satupun
    tapi penasaran sama A Tale Of Two Sisters

    ReplyDelete
    Replies
    1. a tale of two sisters banyak bro streamingnya di internet~

      Delete
  30. Fight Club tuh bagus jev, aku udah baca bukunya dan nonton filmnya. Dan ternyata antara buku dan filmnya endingnya sedikit berbeda, kalo di buku tak dijelaskan endingnya seperti apa tapi di film endingnya dia menembak sendiri lehernya untuk membunuh bayangan sisi gelapnya, film baguss X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, kalau filmnya aja udah begitu, gimana bukunya yak..
      kalau di buku, kita eksekusi pakai imajinasi kita sendiri berarti. makin cidera deu itu otak.

      Delete
  31. Nggak berani nonton film yang genrenya horror gini. Takut kebayang-bayang jadi nggak bisa tidur :) Hehehe

    ReplyDelete
  32. Banyak yang gue belum tahu nih. Rada kurang suka thriller, sih.

    Nonton Memento itu kudu fokus banget, sih. Gokil abis. Bisa-bisanya, ya, dia bikin film kayak gitu. Gue kudu nonton dua kali baru paham. Ahaha. :))

    Terus soal Shutter Island itu yang bener gimana, sih? Leonardo yang bener, atau pihak rumah sakitnya? Gue nonton film itu pake dua sudut pandang. Huhu. Tapi di ending, Leo bilang kalimat yang keren. Kayaknya emang dia deh yang bener, ya. :(

    ReplyDelete
  33. dari 9 hanya 2 yg dah gw tonton, salah satu nya blackswan

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya "mau buat list film mindblowing lagi ngga"

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>