Thursday, March 17, 2016

Dankhoo Productions...


Akhir-akhir ini gue lagi hobi menyimak bahasa inggris melayu dengan aksen cantonese. entah kenapa tapi rasanya aksen english-cantonese itu cukup lucu buat di dengar men. ngomongnya agak cepat, logatnya khas, dan sering terdengar kata "la" diakhiri kalimatnya. it sounds like: you shut up la..  

Bahasa cantonese itu sendiri adalah bahasanya orang-orang hongkong. kalau penasaran, ya.. kurang lebih logatnya itu kayak dialog-dialog yang muncul di film kungfu hustle. dan setelah dicermati dengan seksama, orang-orang yang berbicara dengan aksen english-cantonese ini sendiri kebanyakan berasal dari singapope atau malaysia. 





****

Beberapa hari yang lalu, iseng-iseng gue nonton video youtube fathia izzati yang katanya bisa berbicara menggunakan puluhan aksen. dan ternyata! setelah video itu habis terputar! keluar video-video rekomendasi dari channel bernama Dankhoo productions. karena penasaran, gue tonton videonya. dan setelah ditonton, gue jadi ketagihan buat nonton video-video dankhoo yang lainnya. dan setelah menonton video yang lain, gue jadi pingin nonton video yang lainnya lagi.


Dankhoo productions adalah sebuah grup youtuber yang berasal dari Malaysia. just like nigahiga, wong fu productions, the dominic show, Etc, they also made a lot of funny videos using english.  tapi bedanya,  bahasa inggris yang mereka gunakan di setiap video memiliki aksen-aksen cantonese yang cukup kental. atau lebih tepatnya lagi, mereka menggunakan bahasa inggris dengan aksen cantonese dicampur sedikit bahasa melayu dengan sedikit bahasa mandarin juga di dalamnya. 


                           

                           


Ternyata setelah ditonton, beberapa scene di video-video Dankhoo productions ini cukup berhasil membuat tersenyum. beberapa adegan kampret dicampur dengan bahasa inggris dengan aksen yang sedikit terdengar lucu membuat beberapa scene menjadi cukup menggelitik. point plus nya lagi adalah... adalah... adalah... banyak dari video dankhoo ini collab sama cewek-cewek chinese-malaysia yang bening-bening.  tau kan maksudnya bening-bening? ya seperti itulah.. masa nggak ngerti.  oriental, putih, rambut panjang, tanktop. oopss... my favourite is the girl named michelle leong. #Teammichelleleong

Kalau ditelaah lebih lanjut, dari beberapa channel comedy yang ada, bisa dibilang channel comedy yang paling terkenal di malaysia itu jimmyboytv. ternyata channel comedy youtube malaysia nggak beda jauh sama channel comedy yang ada di indonesia men. karena muka-mukanya masih satu rumpun, praktis kesannya cuma bahasa dan logat yang membedakan. dan untuk masalah popularitas, dankhoo production memiliki elaktabilitas yang cukup tinggi di negri jiran. kebukti cuy, nggak sedikit dari video-videonya yang diselipkan "iklan terselubung." mulai dari promo film, iklan bensin, iklan susu, sampai iklan kondom pun ada. 

Walaupun banyak video yang didominasi oleh aksen-aksen cantonese yang cukup dominan, tapi bukan berarti semua video dari dankhoo ini aksen cantonesenya dominan. ada juga yang takaran englishnya biasa-biasa aja. dan selain video comedy, Dankhoo productions juga membuat beberapa short movie yang dieksekusi secara serius. contohnya short movie valentine yang berjudul "hello, forever", yang dieksekusi secara ngetwist. dan tebak, siapa pemeran wanitanya? ya, michelle leong. #Masihteammichelleleong


                          



Aksen yang lucu, aktris yang bening-bening, dan dibalut dengan adegan-adegan kampret. maka tak berlebihan jika dicakap channel dankhoo productions ini dapat menjadi rujukan tersendiri bagi awak-awak ni yang ingin menonton channel comedy di youtube. hitung-hitung, belajar bahasa inggris ala negri tetangga.


****


Jadi... awak tau dankhoo productions sebelumnya?



43 comments:

  1. Cantonese kedenger kayak singlish ga sih jef?
    Gue blum pernah ngepoin yutuber malasyia ni
    Seringnya sih thailand ngliatin cara ngegambar komik dengan intuos wacom
    Klo yang commedy, kayaknya blom deh
    Tapi klo bening bening pnasaran juga, palagi yg adegan kampret,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, terdengar macam itu la we.. :)

      Delete
  2. Michhelle leong siapa jef? Sodara lu ya?
    Sodara darimana jeff? Dari pihak ibu apa bapak jeff?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan teman. bukan saudara. kami hanya laki2 dan wanita tanpa status yang jelas.

      Delete
  3. Saya enggak tau kalo nonton youtube bisa nemu hal begituan. Soalnya selama ini saya kalo mantengin youtube buat liat iklan film terbaru aja. Atau kalo nggak, buat liat video klip lagu indo yang lagi hits.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jarang sih ada orang indonesia yang nyari youtuber malaysia.. hohoho

      Delete
  4. Cantonese? Hmmm.. penjelasannya sih cukup buat gue penasaran apalagi sama dankhoo productions. Michelle Leong??!! WOWW!! siapa ini, gak kenal gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga nggak kenal men..
      yang jelas, foto-fotonya mengandung zat aditif..

      Delete
  5. Ngangguk aja, Jef. Abis aku nggak tau apa-apa. Cantonese aja aku tak tahu... :(
    Mm... bisa nih jadi liast buat ditonton.

    Udah tau lah mata cowo mah seleranya gimana, Jef. -.-

    ReplyDelete
  6. Ahhhh bagusan english logat sunda. Hahahaha

    ReplyDelete
  7. Ahahah
    iya lucu ih dengernya.

    Dankhoo ini juga lumayan bikin nyengir si. :)

    ReplyDelete
  8. Untuk acara comedy di youtube lebih sering di channelnya Lastday Production mereka juga nggak kalah lucu dan seru adegannya, Jev. Untuk dankhoo productions belum sama sekali klik salah satu acaranya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, bisa dibilang ini semacam LDP dari malaysia gitu.. tapi, mereka ada lebih duluan daripada LDP.

      Delete
  9. belum pernah nonton ini, mau coba ah

    ReplyDelete
  10. biasanya aku nontonnya channer LDP di youtube. kalo dankhoo aku baru tau si. nice info mas bisa buat referensi channel komedi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya... dankhoo sama LDP beda tipis lah :)

      Delete
  11. Bener-bener hal baru buat gue. Ahaha. Udah jarang nonton Youtube, sih. Irit kuota. :(

    Tapi lucu juga, ya. Kalo Inggris yang dicampurin sama logat kayak gitu. Istilahnya kalo di Indonesia itu Inggris-Jawa kali, ya? Apa pula itu Inggris-Jawa, ngaco gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ini inggrisnya lucu-lucu gitu bray

      Delete
  12. Baru dengar ada bahasa english - cantonese. Dan juga baru ada channel youtube yang ngomongnya inggris, mandarin, dan malaysia. Selama ini pantengan youtube cuma bahasa indonesia dan bahasa inggris yang sering gue tonton.

    Tentang videonya. Ehmmmm udah cukup bisa membuat gue untuk tertawa kecil. Gak sampai ngakak sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga tertawa kecil bro, tapi geli-gelinya lumayan ngena. hahah :")

      Delete
  13. Postingan kali ini banyak videonya, gue adi kasian sama yang kuota minim, hhhaaa... :D
    Gue sekarang lagi jarang nonton Youtube, bukan karena nggak ada kuota, tapi karena lagi sibuk ujian. Paling buka youtube kalo lagi butuh doang. mungkin lain kali bisa lah gue buka...

    Kalo dilihat dari video diatas sih, kalo di Indo kayanya mirip-mirip sama LDP ya, atau cameoproject... ya kan, ya dong.. :D

    ReplyDelete
  14. Coba liat, masih gak paham
    pake subtittle Indonesi'a juga masih bikin pusing -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. itu subtitle melayu sih bro sebenarnya

      Delete
  15. Dari dulu kepo sama gimana-bahasa-singapore-hongkong, tapi males googling. Dan baru tau mereka pake cantonese cantonese ini.Lucu ye bahasanya:))Nanti ah mau nontonin, sapa tau bisa nambah-nambah list subscriptions ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang khas sih singlish itu, grammarnya tidak dipedulikan~

      Delete
  16. Aksen malaysia sama singapura emang agak unik broo. Kalo malaysia mereka ketika ngomgong bahasa inggris, pasti aksen melayu nya juga kebawa, jadi agak-agak unik menggelitik gitu hehe.

    Youtuber yang aku kenal cuman dari Indonesia aja sih. Tapi kayaknya para youtuber yang kamu bahas diatas boleh juga tuh. Videonya kayaknya lucu-lucu. DItambah juga cewek-ceweknya yang enak dilihat. Nanti lah aku coba buat lihat video mereka.

    ReplyDelete
  17. Bentar-bentar, kalau youtuber yang pakai Cantonese juga, dan bikin video lucu-lucuan juga, tapi dari Singapur, itu apa yak, Jev?
    Soalnya, di kampus, kalau ada jam kosong, sering nontonin itu di kelas. Diputer pakai lcd proyektor sama anak-anak huehehe.

    Aku juga suka dengerin aksen yang rada Singlish gini.
    One dollar laaa
    One dollar...
    *Jadi keinget pas belanja di sg*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin itu... apa ya, gue nggak tau.
      iya, aksen2 nya singlish2 gitu..

      Delete
  18. orang kita juga kalau ngomong bahasa inggris pakai logat daerah tampak lucu

    ReplyDelete
  19. Kalau fokusku tetep ke cewek-cewek beningnya Jev :p wkwk

    ReplyDelete
  20. Gw juga seneng dnegwrin orang malay ngomong inggris. Lucu dan seru

    ReplyDelete
  21. Kalo untuk bahasa melayu-english gue udah sering dengar di Pekanbaru. Tapi gak begitu kental banget, udah tersamarkan logatnya.

    Gue masih senang nonton youtuber Indonesia, karena kadang gue gak ngerti jalan cerita youtuber luar negeri, tapi awak cube tengok dulu lah Dankhoo Productions ni.

    ReplyDelete
  22. wkwkwkwkwk bukan bikin senyum lagi Jev.. ngakak aku nontonnya,... :D.. ihh jd kangen pas kuliah dulu di penang.. temen2ku ya bgini ini.. chinese malaysia, dan aksennya pake la la gitu.. hadeuuh rusak inggrisku jadinya kalo lg kumpul ama mereka ;D..

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>