Tuesday, March 1, 2016

Sabtu Pagi di Jantung Ibu Kota



Semester 2 memang tidak pernah menjadi semester yang mudah bagi para senior di SMA: ujian nasional, uas, try out, test universitas, etcatera. ah, sudahlah. selain ujian nasional dan ujian-ujian lainnya, Yearbook pun nyatanya tak ingin ketinggalan untuk ikut serta masuk ke dalam agenda anak kelas 12 sebagai kegiatan yang wajib untuk dilakukan. 

Sebagai pakar yearbook gadungan, gue melihat ada yang aneh di dunia perbuku-tahunan ini men. setelah hampir 6 tahun sekolah di sekolah menengah (SMP-SMA), gue cuma pernah foto yearbook sebanyak 2 kali, yaitu saat kelas 9 dan saat kelas 12. apa artinya? artinya, ada sesuatu yang janggal. namanya yearbook, artinya buku tahunan. tapi, fotonya 3 tahun sekali. ini tentunya tidak ballance antara sebutan dengan realita yang ada.


****


Dengan restu semesta, hari sabtu 2 minggu yang lalu gue dan beberapa teman kelas 3 social 2 berhasil terdampar dengan selamat di kuburan.


taman prasati..
Ngapain di kuburan? foto yearbook, men.

Bukan, bukan di TPU, tapi di makam yang lebih elit tepatnya. atau lebih tepatnya lagi, di makam yang sudah tidak ada mayatnya dan sekarang dijadikan museum cagar budaya peninggalan kolonial belanda. dan nama tempat itu adalah museum taman prasasti. bisa dibilang museum prasati ini terletak di area-area jantung ibu kota, di bilangan jakarta pusat. patokannya kalau mau ke tempat ini adalah kantor walikota jakarta pusat. 

Alkisah pada awalnya warga kelas berjanji untuk berkumpul jam 9 pagi di sekolah untuk berangkat bersama-sama. pokoknya jam 9 harus sampai di sekolah, begitu peraturan yang diberikan panitia. tapi apa yang terjadi? ya! gue mendapat kabar duka cita men, ternyata sampai jam 9 kurang 10, baru ada 2 orang yang tiba di sekolah. asataga sugar glider. dan pada akhirnya sekitar jam 10 baru lah para peserta yearbook berangkat dari sekolah menuju taman prasasti. sedangkan gue, gue dan 6 teman yang lain sudah mencuri start terlebih dahulu dengan grab bike. kalau yang lain garis startnya di sekolah, maka kami garis startnya ada di rumah seorang teman yang tak ingin disebutkan namanya. dan kalau yang lain jam 10 baru jalan, maka kami jam 9 lewat udah jalan. tapi tenang saja, karena Tuhan selalu bersama orang-orang yang dikaretin. halleluya...



test gopro

Dan semua berjalan seperti dugaan. karena nyolong start lebih awal, maka menurut hukum relativitas dimana E=mc2 (halah taik kelinci lo kira anak IPA), kami tiba di tempat tujuan lebih awal. masuk lebih awal, foto-foto pakai kamera sendiri juga lebih awal. ini semua berkat kontribusi nyata driver grab bike. mungkin kalau tanpa beliau, kami tidak akan bisa berdiri disitu waktu itu. 

Tema kelas gue untuk yearbook ini sendiri adalah gothic. apa itu gothic? entahlah, yang gue tau pasti adalah dress codenya gelap-gelap. dikarenakan kemeja berwarna hitam gue hilang entah kemana, maka gue membawa kemeja lengan panjang berwarna biru donker yang digulung dengan setelan blazer. tak lupa, kacamata berwarna hitam terselip di dalam tas. ekspektasi awal gue adalah gabungan antara kemeja berwarna gelap dengan blazer berwarna hitam akan menciptakan esensi gothic yang elit kayak drakula gitu. dan ternyata pada pelaksanaannya, bukannya mirip drakula, tapi penampilan gothic gue malah lebih mirip semacam business man atau sales asuransi, atau engko-engko wedding singer yang biasanya suka nyanyi lagu mandarin di kondangan. ditambah dengan kacamata berwarna hitam, maka esensi drakula yang awalnya ingin diciptakan malah menjadi semakin hilang arah. jadinya malah kayak drakula hilang identitas. atau lebih tepatnya lagi, drakula hilang identitas yang akhirnya pensiun di dalam dunia per-drakulaan dan banting setir menjadi engko-engko wedding singer yang menyanyikan lagu mandarin.    


bukan engko-engko wedding singer..
nella fantasia~
italiano..


Sesi foto pada akhirnya dibagi ke dalam beberapa bagian. kelompok, perorangan. buat siswa kelas 12, yearbook mungkin memang merupakan sesuatu yang penting. kelas 12 semester 2 itu krusial men. saat-saat terakhir di di SMA, saat-saat terakhir ngerasain jadi murid di sekolah, sebelum pada akhirnya terjun ke.. colleauge lifes. holy sit.

Sesinya berlangsung dengan cukup cepat. jeprat jepret sana sini, selesai. dan selanjutnya? selanjutnya adalah sesi jeprat jepret sendiri, pakai kamera sendiri, sok candid sendiri.




Setelah sesi sok candid, ada sebuah wacana yang cukup jenius melintas di dalam pikiran: why don't we go to the sianida's cafe?! 

Jadi begini, diawal 2016 yang lalu berita elektronik ataupun non elektronik diramaikan dengan kasus sianida di dalam kopi yang menghilangkan sebuah nyawa. kuat dugaan korban dibunuh oleh temannya sendiri dengan cara kopi yang diminum sang korban dimasukkan racun sianida. dan cafe tempat kejadian itu... terletak tidak jauh dari tempat kami foto yearbook. sama-sama di jakarta pusat, sama-sama di jantung ibu kota. voila! 





Sebut saja nama cafe tempat kejadian tersebut adalah cafe oBaper, dan mall tempat kejadian itu bernama green indonesia. dengan memesan grab bike, maka terdmparlah kami di mall green indonesia. rencana awal yang telah kami susun adalah: jalan-jalan sebentar di mall, lalu sebelum pulang menyempatkan diri untuk singgah di cafe oBaper lalu memesan iced coffee vietnam. tanpa sianida, tentunya. siapa tau, gue bisa menemukan barang bukti yang tidak ditemukan oleh polisi. lalu gue akan menjadi detektif handal kayak di serial CSI ataupun homicide hunter yang biasa gue tonton. hahahaha!

Tapi ternyata, sebuah kenyataan pahit harus kami terima ketika kami ingin memasuki cafe oBaper. sebuah kenyataan pahit, yang lebih pahit daripada racun sianida. ternyata, ada kebijakan di cafe itu yang melarang pelanggan untuk memeakai sandal. meskipun gue pake sepatu, tapi ada beberapa teman gue yang menggunakan sandal sebagai alas kaki. meskipun sandal yang digunakan termasuk sandal yang cukup mahal dan bukan sandal biasa, tapi tetap men, policy still policy. baru juga masuk, udah diteriakkin satpam..

"No sandal.. no sandal...

Baru masuk, udah diusir satpam. kampret. come on man, wearing sandals doesn't make you a murderer. buat apa masuk ke cafe elit pake sepatu, kalau ending-endingnya membunuh teman sendiri. sebenarnya, pingin gue balas satpam itu dengan perkataan:

"No sianida.. no sianida.."

Tapi karena tidak ingin pulang dengan wajah lebam dan menghabiskan zambuk di rumah, maka gue nggak jadi mengucapkan kalimat itu. dan sebagai pelipur lara, kami memutuskan untuk berlabuh di magnum cafe mall grand indonesia. dan bisa kami pastikan, meskipun harus mengantri untuk bisa masuk, tapi tidak ada kebijakan dilarang pake sandal di tempat itu. dan magnum cafe menjadi destinasi terakhir kami di sabtu itu...

   


****


PEACE!


66 comments:

  1. Kok tahu kalau sianida rasanya pait?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena hidup ini dipenuhi dengan kepahitan..

      Delete
  2. hahaha :D
    bilang aja temanya GGS. pake gothic-gothican segala. sok keren!!

    cakep tuh kalo balesin "No Sianida..No Sianida.."

    ReplyDelete
    Replies
    1. gothic gothic serigala? hmm..
      jadi pingin nyari sianida suci..

      Delete
  3. Jadi masuk ke cafe obaper ga boleh pake sendal kalo nyeker boleh dong?
    Oh iya nanya dong? Itu taman prasati dibangun tahun berapa
    Atas idenya siapa tw engga? Kalo engga tau ya engga apa2

    ReplyDelete
  4. Mau bikin album bro? kan udah kayak boyband :-D

    ReplyDelete
  5. kacamatanya keren..#eh

    ReplyDelete
  6. Yaelah ada larangan gitu ye ga boleh pake sandal huh -___-

    Eh jev foto yang gaya2 nunjuk keatas itu lebih pas kalau bersanding dengan cewek kalau sama cowok kurang pas pose kek gitu mah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gue juga berasa ada sesuatu yang ganjil setelah memperhatikan foto nunjuk ke atas itu baik-baik. jadi malah terkesan kayak foto pre wedding..

      Delete
  7. ternyata foto yang itu jev yang dipake postingan buat toner kemaren ya ? manteplah editannya \m/
    serius gue baru tau ada tempat gituan selain di film barat -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, nyadar aja lo brooow...

      Delete
  8. cieeeee.. photonya pake go pro yang kemaren ya, Jev?

    Njiiiirrr. Ketat juga peraturan di Cafe sianida itu, ya. Pake sendal nggak boleh masuk. Tapi orang yang bawa sianida, boleh. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini.. pake sianida boleh, pake sendal nggak boleh.

      Delete
  9. yah selama sekolah saya nga pernah foto yerbuk :'( kasian amat yak... sob itu foto yang nunjuk-nunjuk itu lagi nunjuk apaan sob ? Kuntilanak ? ihhh serem yah sob..

    hmm di cafenya nga boleh pake sendal, jadi pake apaan dong sob baru bisa masuk ? kenapa takut di gebukin satpamnya kalian kan banyak sob gebukin balik aja kalau macam-macam nah pas di gebukin bilangin ke satpamnya "No sianida.. no sianida.."

    Oh iya kong, besok datang yah nyanyi lagu mandarin ke pernikahan tetangga saya \/

    ReplyDelete
    Replies
    1. pose nunjuk itu mungkin bisa dikatakan biar dapet esensi meteor garden..
      bukannya takut di gebukin sih, tapi lebih ke.. cinta damai :)

      Delete
  10. gaya di setiap fotonya keren-keren Mas, sepertinya ada bakat menjadi fotomodel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nyindir, atau mencibir.. atau, nyindir sambil mencibir? hmm

      Delete
  11. Ya ampun, masa pakai sandal gak boleh masuk cafe ya? baru tau aku Jeff
    oh ya, yearbook temanya keren gothic, di kuburan pula.. syereeeeem hahahhaa
    itu go pro hadiah menang lomba blog ya ciee

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah musyawarah dan mufakat, kepentingan kelompok harus lebih diutamakan ketimbang kepentingan pribadi mbak. dan kepentingan kelompok berlabuh di gothic dan kuburan :")

      Delete
  12. Tema yearbooknya keren. Gothic.

    Hahaaaa iya iya, harusnya lu bilang no sianida.. no sianida gitu, Jev ke satpamnya. Bener banget, percuma masuk pake sepatu keren-keren kalo akhirnya malah ngebunuh orang.

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah sama sekali ngerasain foto untuk buku tahunan sekolah. Maklum, hanya sekolah swasta biasa :(

    Baru tau kalo ada cafe yang ngga ngebolehin pengunjungnya pake sandal. Mungkin yang punya masih trauma kali ya gara2 kejadian sianida itu~

    Ujian nasional kapan nih? Semoga kamu dan temen-temenmu lulus dengan nilai yang memuaskan dan bisa lanjut ke univ yang diinginkan. Btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  14. semester 2 emang bikin siswa pusing hhe. btw udah foto yearbook aja yak. dikelas gue mah belum hhe

    waktu dengar tema gothic, gue malah kepikiran goyang itik jev. eh itu sama kan?

    ReplyDelete
  15. Tiga tahunan aja namanya year book, mungkin kalau 5 tahunan namanya pemilubook kali ya (?)

    Lihat gambar awalnya aja surem gitu, masa mau foto-foto di kuburan eh makam. Ya walau bukan makam lagi sih, tapi kesan seremnya masih kerasa gitu. Mana dresscodenya pake gothic lagi, kalau pake gaya gotik mungkin dresscodenya ngejreng blink-blink gitu.

    Btw kelasku belum ada rencana buat bikin yearbook, au ah masih mikirin yearbook. UN kurang sebulan lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai hitam-hita ke makam elit, biar eseni ngelayat secara elegannya kelihatan bro~

      Delete
  16. Mantap, kakak. Konsep buku tahunan dengan latar kuburan. Mengingtakan kita semua bahwa suatu saat nanti akan ke kuburan dan dimakamkan. Ide cemerlang!
    Total banget dah tampilannya. Secara ini juga buat kenang-kenangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gile gile gile, ini kenapa jadi punya filosofi kuburan dan kehidupan begini?!

      Delete
  17. Jangan2.. Kamu edward culun yg sedang mencari darah kotor?

    Asoy fotonye di kuburan elits, berasa kayak pidio klipnye the virgin :V *eeaaaa
    Kalau pas gue SMA foto beginian, kelas gue milih tema camping, mumpung daerah gue ada hutan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencari sianida suci, lebih tepatnya.
      the perjaka, lebih tepatnya.

      Delete
  18. Waaaahhhh mau lulus dan bikin yearbook yaaa.... ini salah satu hal yang pasti dilakuin anak-anak yang mau lulus. Padahal juga ada hal yang lebih krusial = belajar buat UN. Eh tapi UN sekarang gak seserem UN jaman dulu kan yak? karena UN sekarang gak menentukan kamu bakal lulus atau enggak di sekolah. Ada poin-poin lain yang jadi faktor buat lulusin siswa. *laah kok jadi kemana-mana komenku*

    Balik lagi ke yearbooknya!
    Temanya gothic? Keren euy! Item-item keren! Didukung sama lokasi yang main bikin gothic parah. Hehee...
    Yearbook SMAku dulu temanya futsal. Jadinya fotonya pake jersey sepak bola dan lokasinya di lapangan futsal. *gak nanya yaa? ya udah gak apa-apa, cerita aja. hahaha*

    Eeehh... ituu seriusan masuk cafe gak boleh pake sendal? Nyeker aja sekalian.. #eh.
    Harusnya tetep aja bilang, "no sianida.. no sianida" :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mah ujian sekolah lebih horror mbak.. UN mah ngerjain sambil tutup mata juga nggak apa-apa..

      Delete
  19. hemm asyik ya bisa foto gitu, aku mah gak ada foto yerbuk.
    gak boleh pake sendal kayak mau masuk ruang rektorat aja.
    kalo kamu bilang sianida sianida keren itu jef.
    bilang aja itu ngikut gaya yang sinetron drakula itu, heheee..
    itu tempatnya kayak di film film barat. ternyata ada juga ya disitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya, di ruang retorat nggak ada office boy yang berani masukin sianida ke kopi sang rektor..

      Delete
  20. Baru tau cafe tempat sianida meroket namanya gak boleh pake sendal. Kapan2 gue pake sepatu lah.. Oh mungkin nyeker gpp kali ya bang.. haha

    Bang,, lo pas pake kacamata keliatan kayak tukang pijet lho.. wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. tukang pijit ya? makasih lho..

      Delete
  21. gua kira kalo tema yearbooknya gothic semacam foto dengan gaya kedangdut-dangdutan gitu, sambil joget goyang itik..

    Masuk cafenya mah nggk boleh bawa sendal, tp boleh bawa sianida -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masih punya misi untuk kembali ke tempat yang bersangkutan lagi..

      Delete
  22. foto2 buku akhir tahun sekolah itu moment penting sabelum foto katepe :p

    baru tau kalo tu cafe sianida gak ngebolehin pake sendal, jd inget jaman sekolah dulu juga dilarang masuk ke salah satu instansi pemerintah gara2 pake sendal, salah apa si sendal ...ckckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalik cuy, foto katepe dulu baru yerbuk.

      Delete
  23. Ciye yg buat yearbook. Klw sy nggak ambil yearbook, walau sbenarnya kepengen. Sayang dikantong tak mendukung

    ReplyDelete
  24. seriuss itu cafe ga ngasih pake sendal????? Iiihhh, malesin bgt...jd ogah kesana aku -__-..

    btw, kalian emg unik ;p... baru kali ini foto tahunan tempatnya di bekas kuburan gitu ;p.. moga2 ga ada penampakan apa2 pas fotonya jadi ;p. mntang2 foto di sana, tema hrs gothik yee :D

    ReplyDelete
  25. lu masih mending yearbook di situ. gue sama temen temen gue minjem halaman rumah orang doang, biar keliatan kaay ditaman, terus nungpang foto depan mobilnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya paket hemat sejati yearbook.

      Delete
  26. Jef, foto buku tahunan jangan alay kenapaaaaaaa wkwkwk emaap :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa yang alay dari foto di makam :")

      Delete
  27. Udah terlalu sering anak anak bikin bts di kuburan belanda ini nih.. Ck.. Bosan, agak kurang kreatif.. Yang di dalam mall sambil shopping jarang tuh.. Atau bisa juga di dalam pesawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya, foto di mall sambil shopping adalah hal yang sudah sangat amat terlalu banget sering dilakukan abg gaul jaman sekarang. lebih nggak kreatip lagi itu...

      Delete
  28. keren lu jef, jadi foto model di kuburan :D
    btw, welcome to jungle (ibu kota)

    ReplyDelete
    Replies
    1. welcome to the jungle? come on dude, I was born this way.

      Delete
  29. Janjiannya jam 9 pagi tapi datengnya jam 10, emang udah jadi kebiasaan orang Indo sih, suka ngaret. wkwkw. Wih keren foto yearbooknya bertema gothic gitu tapi jadinya malah keliatan kayak drakula kehilangan identitas, bhaks. Itu vagal nyari barang bukti hanya karna sendal, padahal mendingan masuk ke cafe pake sendal daripada bawa sianida kan ya?! ck~

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang saja mbak, Tuhan selalu bersama orang-orang yang dikaretin..

      Delete
  30. Berarti zambuk di rumah lo aman kan jef ngaggagagakkk

    Yaampun engko engko wedding singer juga kece kook jef, aniway guwe baru tau museum kayak gitu di jakpus, gue likir beneran kuburan orang walalandi alias blandahhhh
    Harusnya tu buku dilabeli buku 3 tahunan

    ReplyDelete
  31. Itu foto-foto elo yang bareng temen-temen elu. Lebih mirip mau senam pagi sih, timbang photo yaerbookk. :))

    Udah kelas tiga ye? Bentar lagi lulus kan. Cemungudhz!

    ReplyDelete
  32. kalau saya kesana, temenin ya mas, traktir juga ya

    ReplyDelete
  33. Kok kedengerannya gimana gitu, lokasi foto di taman prasasti. Sekalian belajar sejarah ya? Eum.
    HAHAHA AIH GOOD BANGET ANALISISNYA. Terus apa atuh namanya kalo bukan yearbook?
    Nah lho, kok gitu ya cafe teh? Sekalian weh buka alas kaki. Asa tidak adil kitu.

    ReplyDelete
  34. Wah, bentar lagi mau lulus SMA ya?

    Selamat berjuang ya?

    Eh, jangan bilang masa-masa kuliah itu holy shit lo.

    Justru masa kuliah itu lebih seru.

    Coba rasain aja ntar :D

    Hhahaha. Bener juga.

    Baru kali ini saya tahu ada cafe yang punya kebijakan aneh gitu.

    Bener juga ya, buat apa jauh-jauh pergi ke cafe bawa sepatu, tapi ujung-ujungnya bunuh orang.

    Hahahaha

    ReplyDelete
  35. Ngapain gan pagi-pagi di jantung ibu kota?? ASIK bener kayanya tuh

    ReplyDelete
  36. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    Berita Menarik
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Kumpulan Berita Campuran
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal ^_^

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>