Sunday, March 13, 2016

Tak Ada Gadget yang Tak Retak



Selamat pagi, budak-budak gadget.

Setelah kurang lebih 2 bulan tersiksa dengan body yang tak lagi mulus dan sukar untuk diraba juga dipencet-pencet, akhirnya beberapa waktu yang lalu beliau mendapatkan kembali bodynya yang cukup aduhai. siapakah beliau?! ya.. ya.. ya.. beliau adalah LGBT. maaf, maksud  saya LG G3. my fckin beloved smartphone.




Karena sudah beberapa kali terjatuh, terbanting, terbentur, terpental, tergesek, tergores, terketuk, tercebur, tertabrak, tertikam, tertusuk, tertembak, terpotong, dan terlempar, pada akhirnya layar dari ponsel pintar gue pun retak dan kehilangan kepekaannya. ternyata men, smartphone kalau udah nggak peka itu ngekiin abis. beberapa fitur jadi nggak bisa dioptimalkan pemakaiannya, termasuk keypad dari ponsel pintar itu sendiri. kondisi pun diperparah ketika jumlah retakkan smartphone gue bertambah menjadi satu bagian lagi berdampingan dengan retakkan di lokasi sebelumnya. retakkannya pun menjadi retakkan kuadrat, dan nggak pekanya pun menjadi dua kali lipat. dan maka dari itu didapat rumus R2 Gp2  Dimana R = retakkan, dan GP = gak peka. 



Retakannya mengambil tempat di bagian atas smartphone, dimana retakkan pertama membentuk garis retak dari kiri bawah ke kanan atas sedangkan retakkan kedua membentuk garis retak dari kanan bawah ke kiri atas sehingga terciptalah titik temu yang menciptakan sebuah titik potong kayak di grafik-grafik pertidaksamaan kuadrat matematika. dan retakkan itu berdampak pada beberapa fitur yang mengharuskan penggunaan penekanan pada bagian smartphone di daerah yang retak jadi nggak bisa digunain karena bagian yang retak menyebabkan ketidakpekaan secara total. my poor LG G3..

Bagian paling horror dari drama layar retak ini bukanlah fitur-fitur yang mulai nggak peka, tapi.. tapi... tapi bagian paling horror dari drama layar retak ini adalah ketika smartphone yang bersangkutan itu di reparasi. jadi, setelah dibawa ke service center, vonis mengatakan tidak ada obat lain buat layar yang retak selain menggantinya dengan layar yang baru. dan..  dan... dan memerlukan biaya lebih dari satu setengah juta untuk mengganti layar yang dimana berarti diperlukan hampir seperempat biaya dari harga asli smartphone itu untuk mengganti layarnya saja. holy sit. dan disinilah otak kita sebagai makhluk ekonomi diuji..  

Setelah bermeditasi, akhirnya sebuah ide yang cukup cermelang muncul begitu saja. entah ini sebuah keberuntungan yang sudah ditakdirkan, atau sebuah kebetulan semata karena pada kenyataannya.. gue dan kakak gue memiliki smartphone yang sama, yaitu LGBT. maaf, maksud saya LG G3. hell yeah. dan kabar baik buat gue, karena sudah sejak beberapa bulan yang lalu LG G3 kepunyaan beliau mesinnya rusak dan udah divonis nggak bisa nyala lagi. meskipun mesinnya rusak, tapi... kondisi layar masih sempurna. berbanding terbalik sama punya gue yang layarnya rusak tapi mesinnya masih sempurna. dan maka dari itu, daripada membeli layar baru, pertukaran layar dari LG G3 yang layarnya masih bagus tapi mesinny audah rusak dengan LG G3 yang layarnya udah rusak tapi mesinnya masih bagus  merupakan ide yang cukup jenius. semakin jenius karena harga dari pertukaran layar hanya perlu mengeluarkan IDR 50K saja pemirsa.. 

Dan maka dari itu, bersandinglah dua buah LG G3 berwarna hitam dan putih di meja operasi untuk melakukan donor layar. 







Dan setelah masuk meja operasi, pada akhirnya ponsel pintar gue pun berubah warna dari hitam menjadi putih. dari yang awalnya berlayar retak, jadi berlayar bening. kebijakan selanjutnya yang perlu diambil adalah membeli sebuah casing.  tapi ternyata men, mencari casing untuk LG G3 tidak semudah meretakkan layarnya. kebanyakan toko menjual casing untuk LG G3 stylus, malahan populasi casing LG G3 udah lumayan susah ditemukan. kan kampret..

Bukan cuma casing, tapi benda selanjutnya yang perlu dicari adalah tempered glass. karena pada akhirnya, mau casing sebagus apapun, nggak ada jaminan kalau smartphone itu akan terbebas dari ancaman kerusakan layar. and that's why, tempered glass is needed. anti gores saja tidak lah cukup bung. yeah, we need tempered glass in our life dude. seenggaknya untuk meminimalisir dampak kerusakan kalau smartphone itu jatuh. karena sejatinya, mau smartphone sebagus apapun, nggak ada jaminan kalau layarnya  nggak bakal cracked. karena sejatinya, tak ada gadget yang tak retak. semua tergantung pemakaian. kecuali, kalau gadget lo nokia 5210.



  


Jadi berasa Iphone..

PEACE...

56 comments:

  1. Jev, lo beruntung banget ya kakak lo punya hape setipe dengan punya lo. Trus gimana casing sama tempered glassnya udah berhasil lo dapetin belom?

    ReplyDelete
  2. Wuusssss serasa dibangkitkan kembali dari kubur ya jev itu layar gadgetnya, dari sesuatu yang sudah mati kemudian menjadi seperti hidup kembali dengan sempurna. Seperti burung phoenix yang bangkit dari abunya.
    haha hapenya keliatan kayak hape baru :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semacam orochimaru yang ganti kulit bro..

      Delete
  3. Asliii bener-bener beruntung ketemu pasangan yang tepat itu LG G3. Udah kaya tukar hati aja mereka berdua. Mempertemukan yang masih bagus ketemu masih bagus dan yang rusak ketemu dengan yang rusak akhirnya mereka dua kawin. Yeeeeeeeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro, nggak nyampe kawin juga bro. kalau kawin sih itu namanya udah masuk kedalam kategori... incest.

      Delete
  4. Itu artinya dy masih ditakdirkan untuk hidup, beruntung ada donor layar
    Ketika operasi donor berlangsung, apakah ada perasaan cemas di hati anda?

    ReplyDelete
  5. Kecermerlangan otak lo sebagai anak IPS, khususnya ekonomi udah teruji bang jev. Untung saja lo gak terburu-buru untuk membeli layar yang baru, which is super mahal. Beruntung lah kakak lo samaan juga sama lo hapenya bang...

    Anjay gue gak fokus ke LG G3 nya, tuh ada gopro yang mengalihkan pandangan gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, itu semua adalah ide dari my motha.

      Delete
  6. pas dan sip banget berarti Nokia 5210 ku nggak bakalan ngalamin retak seperti yang telah terjadi pada gadgetnya...semoga gadget barunya retak lagi, supaya dagangan gadget saya ikut jadi laku...beli ke toko gadget saya ajah atuh mang, anti gores dan anti retak loch

    ReplyDelete
    Replies
    1. klasik tapi tahan banting. #N5210

      Delete
  7. Jev, donor lcd itu keren~
    Tempered glass udah dapet? Udah nyari online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang difoto apa sis kalau bukan tempered glass~

      Delete
  8. Haha, keren juga tuh idenya. Ngedonorin layar hape. Daripada beli baru yang harga ngga enak di dengar, mending di akalin~

    ReplyDelete
  9. udah tau berapa jev titik temu nya? atau berapa titik potong pada bagian LGBT eh mksdnya LG G3 nya?

    emang mahal jev buat service layar smartphone. menurut gue itu adalah bagian paling mahal kalau di service dan bagian paling mudah rusak_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. dang it. emang kampret banget itu men.. udah paling mahal, paling gampang rusak lagi. siake..

      Delete
  10. Wkwkw... kadang diwaktu kita terpepet otak kita terasa encer.
    eiya, itu yang pecah LCD apa Touchscreen doang sih? ko bisa sampe segitu, kalo LCD mah pantes kalo touchscreen yang rusak perlu dipertanyakan wkwkw...

    Satu lagi, kalo mau nyari barang yang buat gadget mending online aja, cepet ketemu dan kita tinggal nunggu... wnakan.. wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Poor LGBT, eh maksudnya LG G3. Ini sama kayak temen gue, layarnya pecah, di perbaiki eh pecah lagi. Di baikin lagi, pecah lagi. Poor. Mungkin biaya service nya sekarang udah hampir sama kayak harga hapenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika harga service melebih harga dari gadget itu sendiri, maka kepuasan menurun. ini semua dapat dikuru melalui pendekatan ordinal via kurva indiferen.

      Delete
  12. Karena sudah beberapa kali terjatuh, terbanting, terbentur, terpental, tergesek, tergores, terketuk, tercebur, tertabrak, tertikam, tertusuk, tertembak, terpotong, dan terlempar <-- Btw, Jev, ini apa dosa-dosa handphonemu sampe nasibnya setragis itu ya? Pemakaian berapa tahun ini sampe kondisinya udah sekronis itu he?

    Smartphone kita tak semerk sih, tapi aku makenya udah hampir 4 tahun. Kecelakaan yang ia alami hanyalah terjun bebas puluhan kali, ngga separah nasib smartphonemu, Jev.

    Itu waktu baca "ide cemerlang" kukira mau jual sesuatu demi satusetengahjuta. Ternyata malah dapet donor yang mesinnya udah tewas tapi bodynya masih bagus. Punya kakakmu pula. Beruntungnya dirimu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gue harus menjual handphone gue, terus wsaktu udah kejual, gue beli layarnya. dan waktu udah ada layarnya, handphonenya yang udah nggak ada karena udah dijual.

      Delete
  13. hahahah hape gua juga pecah layar, gua males perbaikinya, gua kasih ke bapak gua, pas udah di benerinya gua pinjem untuk manjat bukit, pas turun eh pecah lagi -_- di situ gua merasa menjadi anak yang durhaka

    ReplyDelete
  14. Wuah beruntung banget itu kakak lo pas bisa punya samaan smartphone yang setipe sama lo, jadi ga usah keluar biaya banyak kan kalo gitu, apalagi kata lo layarnya skrng udah susah di dapetin di toko-toko. Sayangnya di keluarga gue ga ada satupun yang merk HP nya sama, jadi ga bisa ngelakuin donor kek begituan deh, padahal pengen nyoba haha. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulunya gue hampir beli z3 compact men. untung gak jadi, kalau jadi terus retak gadgetnya... rumit lah sudah.

      Delete
  15. Hahahaha, gokil...
    Si LGBT, eh maksudnya LG G3 pake acara donor LCD segala. Beruntung banget lo ga jadi ngeluarin duit 1,5 jeti buat ganti LCD hahaha...

    Mungkin ini salah satu hal yang membuat gue masih setia sama BB, selain keypadnya banyak. Mayan tahan banting juga hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, bb apa tahan bantingnya men. dulu gue punya 2 buah onyx 2 dan dua dua nya rusak dengan cara yang sungguh tidak anggun.

      Delete
  16. biasanyaaa... biasaya sih... bakal ada eror lagi karena layarnya diganti...

    ReplyDelete
  17. ada2 saja donor layar. tapi untungnya ada hape yang sama untuk donor jadi tinggal cari casingnya. semoga hp nya sehat selalu dan gak retak2 lagi..

    ReplyDelete
  18. Horor banget tuh kalo layar smartphone sampek retak gitu, apalagi kalo layarnya sampe eror, terus fitur-fiturnya nggak berfungsi normal. Duhh bikin gemes banget.

    Haha, untung ada hp yang sama milik kakakmu yaa, jadi kebetulan banget bisa tukar layar dan nggak perlu ngeluarin uang banyak-banyak lagi.

    Yaa, namanya juga hp. Pasti suatu saat pernah jatuh juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini namanya co incident yang menguntungkan, men.

      Delete
  19. bagus jev idolanya buat dikanibal
    btw 3315 juga kuat kok hahaha

    ReplyDelete
  20. wah kasian banget yah sob, itu hp atau sendal jepit nasibnya gitu amat. Jangan-jangan hpnya juga udah tergauli. Hmmm ini masih menjadi sebuah misteri...

    Wah sob itu mesinnya rusak kenapa sob ? olinya udah di ganti belum ? atau bensinnya habis kali. Donor LCD, kenapa HPnya ngga di suruh kawin aja, trus elu yang jadi penghulunya Jeff, Nah nanti hpnya bikin anak, kan bisa jadi yang baru. Hmmm keknya gw musti beralih ke nokia 5210, biar lebih ketjeh dan tahan. Thanks Jef udah di rekomendasiin gadget keren (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya tergauli? iyak kalik berbuat asusila kepada gadget.
      terserah bro, terserah.

      Delete
  21. ngenest banget itu hape ampe begitu, make nya digimanain sih emang?

    ReplyDelete
  22. Harusnya ada syukuran hapenya kembali bugar...

    ReplyDelete
  23. Belum pernah sih ngalamin selama punya hape layarnya retak, palingan juga pada kesingnya doang yang agak-agak nggak rapi dan nggak semulus pertama beli haha.

    Tapi untung ya masih bisa di perbaiki jev itu hape kamu jadi nggak perlu beli yang baru lagi lah haha

    ReplyDelete
  24. ternya smartphone juga bisa gak peka, kirain cuma cowo aja yang gak peka-peka pas di kasih kode sama cewe :v

    Gue juga pernah ngalain layar hp retak, bukan retak sih tapi LCD'a pecah.

    ReplyDelete
  25. Hahahhaha, itu gandget kayak pacar; abis putus ganti pacar hahahahhaha

    ReplyDelete
  26. hoki sih. punya abang yg hapenya udah matot (maati total) gitu. trus yg lainnya dijadiin kanibalan. hahaha
    tapi emang bener sih, kalo ganti lcd gitu dan harganya sampe satu juta lebih, jdi bakalan mikir berkali'' sih utk ngebenerinnya. btw, emang yg rusak lcd plus touch screennya ya? temen gue malah ada yg luarnya ga retak, tapi dalemnya retak. ganti baru deh. nah, hape gue sendiri udah retak di luar, tpi mash bisa digunain. tapi ya gara'' itu, sering kepencet'' sndiri. pgen nge ganti tapi kok ya mahal banget gtu sih.

    btw, ga mau up ke lg g4 atau g5 gtu? lg, kameranya mayan juga nih. hahaha

    ReplyDelete
  27. Harusnya ngadain give away atas HP yang telah sehat kembali ..

    ReplyDelete
  28. wih itu kaya donor sharingan yak. haha.. kepepet itu faktor utama kreatifitas.

    ReplyDelete
  29. Maklum kalo mahal Jev. Karena untuk menghitung berapa koordinat titik temu garis retakan tersebut sangatlah sulit. Membutuhkan seseorang yang sangat ahli dibidangnya. Beruntung dengan prinsip ekonomimu yang jelas, dan bantuan ahli, akhirnya bisa menghitung koordinat titik temunya, dan akhirnya barulah dapat dilakukan operasi donor layar. R.I.P LGBT..

    ReplyDelete
  30. Layar kalo retak emang bikin pedih mandang hape, saran gue sih kalo nggak nemu tempered glass/casing, sekalian donor layar nokia 5210 aja, dijamin mantabs!

    ReplyDelete
  31. Setelah retak SMARTPHONEnya berubah menjadi gak smart lagi alias Bodoh, lalu kemudian terjadilah perkawinan silang antar LGBT. Semoga tak punya anak entarannya. Hahahahaa

    ReplyDelete
  32. Jadi inget LG gw kmrn terlempar hancur dan retak tapi masih bisa di pake ihik ihik

    ReplyDelete
  33. wkakaka judulnya itu pas banget :') jadi inget sama hape LG gue, entah itu hape LG tipe apaaan. itu udah jatoh retek ama belah dua gitu. akhirnya jadi bagelan buat nempong anjing hahaha :'D

    ReplyDelete
  34. suamiku nih yg hp nya seriiiiiing bgt masalah... layar retak mah udh langganan.. ga ngerti itu hp seringkih apa, masa ga sengaja ketiduran ama suami ku, layarnya lgs retak aja -__-.. tanda2 itu body harus diet sepertinya... tp aku sndiri lgs ngomel2 pas dia bilang biaya benerin layarnya bisa sejutaan..mending beli barulah kalo gnti layar segitu :D..

    benr tuh, kalo layar bermasalah, hp jd kyk korslet gitu... kita lagi buka aplikasi apaaa, tiba2 menutup sendiri dan berganti aplikasi lain... -__-

    ReplyDelete
  35. waah beruntung hapenya bisa dapet donor layar. jadi hidup kembali dengan muka yang baru :D

    ReplyDelete
  36. Jev, keren lu ah. maen rumus matematika :D haha
    selamat ya, gadget nya udh sembuh. skin nya udh normal lagi :D

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>