Thursday, April 21, 2016

NYARI KERJA


Selamat malam, manusia-manusia tercampakkan yang tak pernah diucapkan selamat malam.

Ah....

EMM...

FUUU....

Liburan itu memang terkadang membosankan, apalagi kalau takarannya berlebihan. membosankan ganda. sudah menjadi problematika anak kelas 12 kebanyakan memang, menganggur setelah ujian nasional. gatau mau ngapain. bukannya nggak tau mau ngapain, tapi.. bimbang mau ngapain. diam di rumah, bisa gila. nongkrong sama temen, bosen. jalan-jalan ke tempat yang jauh? it's okay kalau beberapa hari, tapi nggak mungkin juga kan jalan-jalan setiap hari selama masa libur. bisa-bisa duit abis, nggak bisa bayar kuliah, ngerampok bank, ditembak polisi, mati. 


source: jakartastreetphotography

Setelah memikirkan hal-hal terburuk yang bisa terjadi jika selama berbulan-bulan merasa hampa tanpa aktifitas yang jelas, maka mencari pekerjaan adalah hal yang cukup waras untuk dilakukan. daripada ngetem di rumah, cuman bisa diam. nonton tv, nonton film, nonton bo... bola.  bukannya nggak dapet duit, I still got money from this blog actually. walaupun pendapatannya nggak pasti. untuk pekerjaan yang cuma menulis doang, rata-rata pendapat per bulan dari blog itu lumayan, sih. tapi tetap nggak bisa dijadiin main job, karena ya begitu.. pendapatannya nggak pasti. dan... BOSAN.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, mau jadi apa? jadi joki 3 in 1? bisa-bisa ditangkep satpol pp. jadi agen mlm asuransi? bisa-bisa dikucilkan oleh seluruh teman. jadi gubernur? boleh, kalau bisa. tapi nggak mungkin. jadi, jadi apa? entah lah. yang penting stay positive. pekerjaannya make sense, bayarannya juga make sense.

Oleh karena itu, beberapa hari yang lalu terdamparlah gue bersama dengan beberapa teman satu persilatan di utara jakarta. kami terdampar di sebuah kawasan yang berinisialkan pik, untuk mencari pekerjaan. sebelumnya gue dan beberapa teman satu persilatan sudah pernah mencoba melamar di event pekan raya jakarta. tapi belum ada kabar. pernah juga nyari informasi lowongan kerja di internet, tapi ternyata penipuan. asli, nyari lowongan di internet itu agak horror. bukannya dapet kerja, yang ada malah dapet ajal. ekspektasi awalnya dapet kerja gajinya oke sesuai yang tertera di internet, realitanya... mata kita dicungkil, lambung diambil, ginjal dijual, ternyata si HRD adalah salah satu agen penjual organ tubuh yang sedang menyamar. kan nggak lucu kalau gitu.. 

Oleh karena itu, suatu malam di utara ibukota kami terdampar... dengan cv di dalam tas masing-masing, satu per satu restoran yang mencantumkan kertas lowongan kerja di kacanya kami singgahi. target awal kami adalah menjadi.. entahlah. jadi bos nya juga nggak apa-apa, kalau boleh. yang penting make sense, dan sang HRD bukan agen penjual organ tubuh. malam itu, dari beberapa restoran yang mencantumkan kertas lowongan kerja, 5 restoran kami singgahi untuk menitipkan cv. lucky us, di restoran terakhir yang kami singgahi ternyata baru membuka cabang di sebuah mall ellite yang terletak di jakarta pusat. secara implisit, sepertinya restoran terakhir ini memberikan secerca harapan. 



bukan joki 3 in 1
Ah....

EMM...

FUUU....

Semoga nantinya akan ada panggilan telepon yang berisi kabar baik dari HRD di restoran terakhir itu. dan semoga, HRD dari restoran terakhir itu bukanlah seorang agen penjual organ tubuh yang sedang menyamar. amin. halleluya. thy word.


53 comments:

  1. Gilaa ya seru.
    dulu gue juga sempet cari kerjaan buat ngisi-ngisi waktu liburan, taunya malah sibuk belajar sendiri buat SBMPTN.

    Sukses deh jev, semoga dapet kegiatan positif buat ngisi liburan.

    ReplyDelete
  2. itu pas singgh direstoran dapat makan juga engga?

    ReplyDelete
  3. Semoga ya Jev, gimana rasanya cari kerja? gampang-gampang susah nggak? :)

    ReplyDelete
  4. Jamanku kerjas ampingan jaga warnet :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, kurang asik jaga warnet...

      Delete
  5. emang betul tuh, kalau derita anak yg UN kayak gini jev hhmm. gue coba cari kerja sekarang soalnya duit sdh mau hbs-_ . keren banget dah cari kerja sama teman satu persilatan wkk.

    horror banget ya cari kerja di internet hbs baca cerita elu jev. hhhmmm good luck deh cari kerja nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah bruh, balada setelah UN..

      Delete
  6. Yeay! Semoga beruntung ya. Seru juga ya cari lowongan dari jendela2. Gak buka koran/website Pencaker/loker?
    Semoga jodoh sama tempat-tempat yang disinggahi tadi. Ah.. Emm... Fuu.. hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. koran sih belum, kalau loker internet... bah, itu agak horror sis.

      Delete
  7. Yeah, liburan lama emang bikin bosen. Gila juga ya kalo duit abis karena liburan. Btw, persiapan buat SBMPTN, nih. Kalo mau ngejar PTN oke juga. Tapi kerja juga penting, sih. Yosh! Semoga ada kegiatan positif selama liburan biar nggak mati gaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhubung gue nggak berniat di PTN, maka nggak akan ada persiapan apapun yang bisa gue lakukan. hensim!

      Delete
  8. Wah kamu kelas 12 ? Dulu aku galau abis juga pas masa masa setelah ujian itu.. Mau kerja.. belum tau dimana.
    Mau kuliah, kayaknya nggak mungkin karna ayaah sudah pensiun.

    Tapi usaha tak akan mengkhianati hasil *cieelaah
    Semangat ya nyari kerjaannya.

    basicmu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. basic saya.. melihat dia bahagia bersama orang lain mbak :")

      Delete
  9. Good luck!

    Siap-sipa juga mau nguliiii
    HAzzek mahasiswa coming soon

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, mahasiswa coming soon. masalahnya, coming soon nya kelamaan brotha, masih sekitar 5 bulan lagi. nganggur..

      Delete
  10. Semoga cepet ditelpon sama pemilik restoran, interview, dan kerja langsung, finally dapet income, good luck jev.

    ReplyDelete
  11. Wah kita seangkatan nih, perasaan banyak banget teman blogger yg seangkatan sma sy. Sy jg bingung sih, mau les SB nggak ada uang, jdinya belajar dirumah, tapi bosan juga. Sy pengennya urus blog, sayng nggak ada wifi/modem. Untungnya, sy dapat kegiatan persiapan penamatan sekolah sy selama 2 pekan. Untungnya jg sy punya organisasi di luar sekolah jdinya bsa menyibukkan diri disitu.

    ReplyDelete
  12. Kok ngelamarnya cuma di Restoran aja Jev?? Nggak nyoba di industri-industri, Bank, dll gitu ??
    Kan biasanya dari BK Sekolah / Guru ada yang ngrekomend tempat kerja buat anak-anak kelas 12 yang emang pengen berniat buat kerja ??
    Kalo di sekolah gue sih gitu, dulu. hehehe

    Tapi, semoga aja nyantol deh kerja di restoran itu. Dan semoga organ tubuh kamu masih utuh !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum melihat sebuah lowongan bro d industri2 kayak gitu.
      sayangnya, sekolah dan oihak BK gue nggak seperti itu...

      Delete
  13. hebattt, jarang2 anak seusia kamu udh mikirin kerja pas liburan :).. kebanyakan cuma bisa ngabisin duit.. moga2 dapet Jev ^o^

    ReplyDelete
  14. ini nih bener-bener manfaatin liburan. Salut aku sama kamu. Ternyata kamu udah mikirin itu. Keren lah. Semoga dapet kerja jev. Udah mau nyari kerja aja udah ship. Semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah ship. gue udah kapal, ya.

      Delete
  15. Cari kerja di internet bukannya dapat kerja malah dapat ajal. Huahahaha. Ngakak. Iya bener juga sih. Nggak bisa dipercaya sepenuhnya. Serem.

    Seruuu liburan bukan makan-tidur-galau makan-tidur-galau tapi cari kerja. Rame-rame juga. Semoga atasannya bukan agen penjual organ tubuh, atau agen jual diri. Atau jual aneh-aneh apapun. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya liburan gue juga makan tidur galau. karena itu, gue nyari kerja. setelah nyari kerja pun agenda gue tetep galau. galau nggak dapet kerja..

      Delete
  16. sebenarnya dia bukan menyamar sebagai penjual organ tubuh, tapi prostitusi online, nanti lu dipake rame2. hiiii ngeri guaaa jajajjajahhaa kidding jev.

    semoga kepanggil kerja ya :D

    ReplyDelete
  17. Yaah susahnya nyari kerja ya :') aku pernah ngerasain juga kok gimana susahnya. Beberapa mentok di test wawancara aja :' yaaah, beginilah hidup..


    Semoga segera dipanggil buat kerja ya :) semangaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masih mending mentok di wawancara, daripada mentok di naro cv doang..

      Delete
  18. yah sama nasib -_- saya kuliah tangung nambah lagi cari kerja nanggung

    ReplyDelete
  19. Gud luck ya kak, semoga mendapatkan pekerjaab yang diinginkan. enaknya sih ngerjain orang daripada kita kerja di tempat orang

    ReplyDelete
  20. Bener jev, daripada ngetem dirumah yang penghasilannya gak tetap, mending cari kerja. Gue malalah di php kalau ngelamar kerja lewat internet, gak dapet balesan-balesan sampe sakhirnya gue ngetem di rumah orang lain.
    good luck lah, semoga dapet \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa di rumah orang lain, selama bukan di rumah pak RT. dan main dengan istrinya.

      Delete
  21. Memang awal-awal libur panjang pasca-UN amat membosankan, cuma bisa nulis, nonton bo...la tiap malam minggu. Tapi menjelang hari H ujian, entah kenapa pengen balik lagi keliburan pasca UN supaya bisa belajar lagii. Soalnya prioritas sih SBM dulu, kalau ga lulus, baru cari kerja. Sama seperti yang sekarang lo cari, jev. Dan semoga yang nawarin gue kerjaan, bukan seorang penjual organ tubuh yang sedang menyamar. Amen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, giliran nggak ada kerjaan pinginnuya sekolah lagi emang. amen!

      Delete
  22. Dulu, kalau gue SD, libur panjang gini biasanya gue kerja jualan koran ketiap-tiap kompleks perumahan. Seru. Tapi nggak lucu juga kalau gue lakuin sekarang karena tampang gue nggak seimut yang dulu :')
    Bukannya tertarik buat membeli, yang ada malah pada takut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, rajin amat jualan koran. mantapp

      Delete
  23. jangan patah semangat yh cari kerja nyah dan semoga sukses . amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai, saya tak pernah patah semangat. hanya patah hati beberapa kali.

      Delete
  24. Pertanyaannya, bagaimana lo bias tau kalo HRDnya itu adalah penjual organ tubuh? :')
    Emang, nyari krjaan dri internet ga ada yg bener, udah tahunnya tahun jebot, pokoknya ngeselin.

    Smga dpt panggilan dri restoran yg terakhir deh Jev! Maka, beberapa bulan sblm kuliahmu ini tidak sia2. Haha :p
    Dan.... Semoga saja pemilik restorannya bukan seorang psikopat. Semoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja beliau memang bukan psikopat pemangsa daging acalon maba yang bingung liburan mau ngapain. amin.

      Delete
  25. Bener banget bro jeverson.. Jadi joki juga udah ngga bisa kan udah mau diganti...
    Tetap semangat ya : gbu

    ReplyDelete
  26. nyari kerja hampir mirip nyari jodoh loh, katanyaa..
    ehhm, dulu aku juga gitu - nyari kerja susah. bahkan milih-milih :D
    wajar sih, aku milih kerjaannya yg sesuai kemampuan juga dan waktu. kdang ada kerjaan pake shift malam, oh NO :(

    ReplyDelete
  27. Acieeee, Jef cari kerja.
    Sebenernya aku juga pengen gitu, cari kerja. Tapi takutnya nyaman, jadi canggung mau resign.
    So, gimana hasilnya? Dapet? :)

    ReplyDelete
  28. kalo gue dulu kerja di warnet sambil menunggu hasil keputusan dan nungguin ijasah :D

    ReplyDelete
  29. Persis kayak aku dulu nih. HAhah
    Semoga dari menitipkan CV, akan membuahkan hasil.
    Ohiya... Saran nih, kalau mau ngelamar ke carefour gitu aja. Biasanya bnyk nerima anak2 baru selsai ujian. hihhi

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>