Sunday, April 10, 2016

The Departed, Sebuah Paradoks yang Anggun



Frank Costello (Jack Nicholson) adalah seorang mafia kelas kakap di Boston. Dia menjalankan banyak bisnis kotor disana. Dia sendiri sangat sulit dilacak keberadaannya. Hal itu dikarenakan dia telah menyelundupkan seorang mata-mata ke dalam tubuh FBi. Mata-mata itu bernama Collin Sullivan (Matt Damon). Sullivan sendiri udah dapet kepercayaan dari atasannya, walopun dia sendiri kurang akrab dengan rekannya di kepolisisan, Sean Dignam (Mark Wahlberg). Pihak kepolisian yang merasa kesulitan melacak Costello akhirnya memilih mengirim mata-mata untuk menyamar kedalam gembong Costello. Yang dipilih menjalankan tugas itu adalah Billy Costigan (DiCaprio). 

Costigan sendiri berhasil mendapat kepercayaan dari Costello. Ketegangan dimulai saat masing-masing pihak mulai menyadari bahwa di kubunya terdapat mata-mata. Costigan dan Sullivan mulai mencari tahu satu sama lain. Konflik juga ditambah dengan hubungan gelap Costigan dengan pacar Sullivan yang bernama Madolyn Madden (Vera Farmiga) yang juga adalah psikiater Costigan.

Sinosis diambil dari: http://movfreak.blogspot.co.id/2010/07/departed.html


Cast: 
Leonardo DiCaprio as Billy
Matt Damon as Colin Sullivan
Jack Nicholson as Frank Costello



****


Kalau bicara soal film dan paradoks, pikiran para pecinta film thriller mungkin nggak akan jauh-jauh dari film yang berjudul inception garapannya christoper nolan. tapi bukan men, bukan film itu yang akan dibahas di lapak ini. karena ini adalah lapak untuk film thriller keluaran tahun 2006 yang berjudul the departed, salah satu film remake holywood yang terbilang cukup berhasil untuk menyaingi versi originalnya. Ada yang tau film hongkong tahun 2002 yang berjudul internal affairs? nah, itu dia versi original dari cerita yang ada di film the departed ini. dan banyak pecinta thriller yang mengatakan kalau the departed ini adalah salah satu film remake yang eksekusinya better than original. gokil.

Film tentang polisi yang jadi jagoan karena berhasil menangkap penjahat yang menjadi buronnan? ah, mainstream. atau, film tentang penjahat yang cukup licin sehingga menjadi buronan paling dicari? ah, mainstream juga. terus, gimana kalau film tentang polisi yang menyamar menjadi penjahat dan penjahat yang menyamar jadi polisi karena seorang mafia kelas kakap?  nah! katakan saja cerita tentang double undercover itu adalah cerita yang cukup antimainstream. ya kurang lebih begitulah gambaran cerita dari film the departed ini. gokil.

Film ini diawali dengan adegan frank costello yang sedang merekrut seorang anak kecil bernama colin yang nantinya akan dididik di akademi kepolisian untuk dijadikan mata-mata mafia di  departemen kepolisian. semacam bagian dari mafia yang bekerja di kepolisian, gitu. dan ternyata, si colin ini lulus dari akademi kepolisian dengan nilai yang sangat memuaskan dan menjadi polisi yang berprestasi. costello pun selalu lepas ketika akan diciduk setiap kali melakukan aksi kejahatannya karena selalu diberi informasi dari dalam kepolisian oleh mata-matanya ini.

Di sisi lain, muncul seorang billy costingan, seorang pria yang diutus oleh petinggi kepolisian (salah satu sersan) untuk menjadi bagian dari anggota frank costello. jadi, di pihak kepolisian ada mafia yang menyamar menjadi polisi sekaligus mata-mata mafia, dan di pihak mafia ada polisi yang menyamar sebagai mafia sekaligus mata-mata polisi. nah lo, pusing kan lo. 










Konflik cerita semakin diperdalam dengan adanya sedikit intrik romansa tentang perselingkuhan kekasih dari si colin (mafia  yang menyamar menjadi polisi) dengan pasiennya yang ternyata adalah si billy costingan (polisi yang menyamar menjadi mafia). cukup kampret memang. bukan cuman itu, yang membuat cerita menjadi semakin suspense adalah ketika colin dan billy berusaha untuk saling mencari satu sama lain. si mafia yang menyamar menjadi polisi berusaha mencari tahu siapa polisi yang menyamar di kubu mafia, dan si polisi yang menyamar menjadi mafia mencari tau siapa mafia yang menyamar di kubu kepolisian. 

ehem.

Unsur pengkhianatan, dendam, dan kewaspadaan cukup terlihat mendominasi cerita dari film ini. cerita yang cukup berkonflik ini juga dibalut dengan ending yang cukup twist. asli, endingnya bisa dikatakan cukup menipu. karena yang membunuh, belum tentu bisa hidup.  






Selain karena cerita yang cukup antimainstream dan ending yang cukup ngetwist, yang membuat film remake ini nggak kalah dari versi originalnya adalah karena peran dari leonardo dicaprio dan mat damon yang sangat prima di jalannya film yang berdurasi 151 menit ini. tapi sayang, akting yang cukup prima leonadro dicaprio di film ini belum cukup untuk mengantarkannya sebagai pemenang oscar.  


****


Kalau bicara soal film dan paradoks, pikiran para pecinta film thriller mungkin nggak akan jauh-jauh dari film yang berjudul inception garapannya christoper nolan. ada yang tau, apa kesamaan dari film the departed dengan inception ini? selain sama-sama diperankan oleh leonardo dicaprio dan sama-sama berdurasi lebih dari 2 jam dan sama-sama tidak membuat leonardo dicaprio mendapatkan piala oscar, film ini juga membahas sisi paradoks didalamnya. polisi jadi penjahat, penjahat jadi polisi. sunggu paradoks yang anggun.

41 comments:

  1. Ini film baru bukan Jef? jarang update aku
    Kalau menurut ceritamu sih kayaknya seru, cuma aku lebih suka yg romantis2 hahhaa
    tapi di cerita tsb ada drama perselingkuhan juga addduh jadi bumbu manis film deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan, film tahun 2006 mbak. tapi tetep gokil sampe sekarang.

      Delete
  2. Kurang ngerti sama film thriller, soalnya kadang suka muter-muter jalan ceritanya. *males mikir*

    Film ini jalan ceritanya anti mainstream, tuker-tukeran gitu. Polisi jadi mafia, mafia jadi polisi, ribet yah tapi kayanya sih seru deh. Ntarlah kalau temen ku ada yang punya mau nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. percayalah, film thriller adalah teman yang bersahabat.

      Delete
  3. ciee leo abis dapet oscar sekarang main lagi, keren deh bang leo ini. bener banget kata mbak nadiah, film thriller itu bikin mikir kadang gak sampai juga dikepala gue, ini antara film yang terlalu rumit atau kepala gue yaa yang susah buat nangkepnya.

    tapi dari reviewnya keliatan keren, selain ada konflik-konfliknya ada romantisnya juga tapi kampret banget, sama-sama nyamar tapi saling suka. membuat film ini semakin ditebak. boleh dicoba deh, buat suka sama genre film beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset dah bro, ini film tahun 2006.

      Delete
  4. Bertukar peran, saling mencari, udah cukup buat penasaran. Di imdb juga ratingnya 8.5, nice.

    Gue sih penasaran peran matt damon disini. Nanti lah gue tonton.

    Tapi btw, udah nonton only god forgives belum Jev? Tentang mafia juga. Dibintangi Ryan Gosling. Bikin mual nih film. Tontonin aja. Cuman gue gak nyaranin buat nonton nih film. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah, ratingnya emang tinggi. bahkan lebih tinggi daripada versi originalnya. maka nggak berlebihan kalau film ini disebut sebagai salah satu film remake yang cukup berhasil.

      Delete
  5. Itu mau mauan aja lagi aktornya disuruh jadi polisi trus nyamar jadi penjahat
    Trus sama lagi aktornya disuruh jadi penjahat trus nyamar jadi polisi
    Trus mau mauan j lagi disuruh maen film

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAKSUDNYA APAAN INI ASLI GUE NGGAK NGARTI.

      Delete
  6. Cari ah filmnya asik nih, jalan ceritanya keren gimana penjahat nyamar jadi polisi, dan polisi nyamar jadi penjahat. Penasaran sama konfliknya juga.

    Kasian Leo, padahal di semua film yang dibintangi pasti perannya all out, tapi baru menang oscar saat lawan seekor beruang. duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga bingung, padahal semua film doi udah pasti bagus ya. tapi menangnya cuma sekali, itu pun lawan beruang. ahahaha

      Delete
  7. Jadi movie list lagi nih, Jev. Dari posternya kayaknya keren banget nih~

    ReplyDelete
  8. Dari judulnya kayak pernah nonton, tapi pas baca sinopsisnya kayaknya belum. Menarik juga konfliknya, pengen download filmnya tapi ilegal, mau nonton di FOX Movies kayaknya udah lama tayang mengingat ini film lama. Nonton di yutup sajalah...

    ReplyDelete
  9. Bukan genre yg aku suka sih, tapi kalau Leonardo dicaprio sih... percaya kalo ceritanya keren. :3

    ReplyDelete
  10. cakeep. boleh nih jadiin list. :D

    ReplyDelete
  11. Seru juga liat film ini. Cerita tentang mafia hahahha

    ReplyDelete
  12. Leo di film ini beda banget yah mungkin karena dari rambutnya berbeda jadi berasa pangling gitu jadi tambah cakep haha. Oh ya ini film tahun berapa Jef, 2016 kah?

    ReplyDelete
  13. polisi jadi penjahat penjahat jadi polisi. keren bangeett.. hahaha
    bukan cuma inception aja sih, ada banyak film bule yang bernada cerita begitu, yg polisinya nanti disuap sama penjahatnya jadi bagian dari penjahat. heuh

    film fast and furius kan juga gitu... si polisi ganteng malah kerja sama ama perampok. hahaha

    ReplyDelete
  14. Pasti seru banget liat Leonardo Di Caprio sama Matt Dammon main di film ini. Soalnya sih gue ngefans aja gitu liat Matt Dammon lewat film filmnya seperti Bourne Series. Jadi penasaran nih gue jeff

    ReplyDelete
  15. Wihh seru banget deh kayaknya, jadi penasaran. Gue ngebayanginkedua belah pihak mata mata. Si polisi jadi mafia, si mafia jadi polisi, tegangnya dapet banget pasti lah.

    Anyway pernah kepikiran gak sih kenapa disebut mafia kelas kakap? Kenapa pake kakap? Bukannya banyak ya ikan ikan gede yang melebihi kakap. Macam paus. Hiu paus, pari, dugong. Itu kan gede gede.
    Ya kali yah mafia kelas dugong muahahahahaha

    Gue suka nih film film gini, yg endingnya ngetwist dan gak ketebak. Tapi lebih seeng lagi drama korea yang mengharu biru sih wkwkwkwkws

    ReplyDelete
  16. masih euforia kang leo ya hahaha. Sebenarnya genre seperti ini saya tidak terlalu suka. Lebih suka komedi gitu haha. Tapi berhubung ini filmnya leo, dan sepertinya jalan ceritanya begitu amat sangat keren, patut kok jadi list. Apalagi sekarang saya lagi menjadi seorang pengangguran yang butuh hiburan :p.
    ohya,terkadang film remake itu mengecewakan, serius. apalagi bagi yang sudah pernah menonton film yang aslinya. tapi kalo melihat testimoni yang tersaji di tulisan ini, sepertinya kenyataan berkata lain. (saya tidak terlalu berharap, karena mengingat tema film yang dalam, entah itu remake ataupun tidak pasti layak untuk ditonton) karena bukankah sesuatu yang diulang kembali itu adalah sesuatu yang benar - benar menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya, betewe saya sudah sering mampir di sini, sering juga menjadi silent reader. saya ijin untuk memfollow ya jev, biar jadi pengingat kalau ada tulisan baru lagi yang bagus. ditunggu tulisan berikutnya :)

      Delete
  17. Ups, saya kira ini film yang nganterin Leonardo di Caprio menang OSCAR. Ternyata bukan ya?
    Hahaha.

    Film yang recommended nih :)

    Mari kita memata-matai dan dimata-matai :D

    ReplyDelete
  18. Ups, saya kira ini film yang nganterin Leonardo di Caprio menaang OSCAR. Ternyata bukan ya?
    Hahaha.

    Saya termasuk orang yang suka dengan film tema intelijen.

    Selalu menegangkan :)

    Dan sepertinya, film ini masuk ke daftar playlist saya :)

    ReplyDelete
  19. waduhh, kayaknya keren nih film dan paradoks. Apalagi kata kamu ini remake tapi bisa menyaingi yang aslinya yaa. Wahh pasti keren dah.

    Plisi menyamar menjadi penjahat, penjahat menyamar jadi polisi. Anti mainstream banget nih. Apalagi yang berperan ada si Leonardo Di Caprio disana, pasti makin keren filmnya.

    Btw, ini film lama yaa, kalau ntar tertarik, aku coba download deh.

    ReplyDelete
  20. Seru nih nyari downloadannya ah... #loh

    ReplyDelete
  21. Baru tau kalo ini film remake. Ada Leonardo Di Caprio sama Matt Damon (Jason Bourne) di dalam satu film. Keren banget nih kayaknya. Apalagi temanya mata-mata. Favorit gue banget. Eh, bentar, padahal film tahun 2006 tapi kok gue gak pernah lihat di tv ya? Apa film ini gak lulus sensor?

    ReplyDelete
  22. Polisi nyamar jadi mafia, mafia nyamar jadi polisi. Kalau versi Indonesia mungkin polisi nyamar jadi kang begal, kang begal nyamar jadi polisi. Kearifan lokal.

    Jadi polisinya udah senagaja direkrut dari kecil buat jadi mata-mata, gak bisa bayangin dah tuh anak kecil kehidupannya kayak gimana. Bukannya belajar membaca tapi udah belajar pegang pistol.

    Tapi keren lah, minta temenku buat donlod ini film ah.

    ReplyDelete
  23. Weleh-weleh. Ada abang Leonardo Di Caprio. PAsti ini filmnya keren banget. Tapi, ya gitu. Dari reviewmu aja, gue udah dibuat bingung dengan satu yg nyari siapa yg nyamar jadi polisi, satunya siapa yg polisi nyamar jadi mafia. Lah, cerita makin bakal banyak konflik ini.

    Serius aja, ini bisa saling bunuh, kalo gak nemu siapa yang dicari... Keren jalan ceritanya.. Keknya, gue bakal buat yg kek gini nih... untuk calon FF nanti.

    Makasih reviewnya jef. Kalo ada kesempetan, gue cari deh, filmnya.

    ReplyDelete
  24. Link downloadnya mana Jev? *eh

    ReplyDelete
  25. Bukan tipe film yang aku suka sih
    Tapi dari segi cerita sama plot ini menarik banget ya

    Bisa di download dimana ini bro?

    ReplyDelete
  26. Ya allah nemu lagi nih filmnya babang Leo awwwwξ\(ˇ▽ˇ)/ξ
    gue baru tahu malah, hhehe
    ini film lama atau baru??
    kalo udah lama gue mau donlod aja gitu mkasdnya jep heheh

    ReplyDelete
  27. Jadi judulnya The Departed, film yang dibintangi Matt Damob, Leonardo Dicaprio, Mark Wahlberg. Anjiirr kayaknya keren nih, penasaran. Yg lalu cuma nonton sekilas dong

    ReplyDelete
  28. Asyik tuh pas sama-sama nyari. Polisi nyaria mafia yang nyamar jadi polisi. Mafia nyari polisi yang nyamar jadi mafia. Ini mah greget filmnya. Kayaknya pengin nonton nih jev aku.

    ReplyDelete
  29. Wawawawaw seperti bakalaan seru nih.

    ReplyDelete
  30. wewww kayaknya seru buat ngisi waktu kosong, langsung donlot hehehe

    ReplyDelete
  31. kurang suka film thriller, tapi kalo gue sih, kalo Leonardo di Caprio udah main, pasti filmnya bakalan bagus. Ya kebanyakan sih gitu

    ReplyDelete
  32. ini film lama yak, udah ketahuan sih dari screenshot yang ada di atas, mukanya om leo kayak masih dendam gitu, karena belum dapet oscar.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>