Friday, May 27, 2016

Inilah 7 Action Figures Keren yang Bisa Kamu Jadikan Model Toy Photography!


Ada banyak banget hal di sekeliling kita yang bisa dijadikan sebagai objek jepretan yang menarik di dalam dunia fotografi. Mulai dari orang, makanan, hewan, sampai benda mati seperti mainan pun dapat dikonversikan menjadi objek yang apik dimata sang fotografer. Kalau jenis fotografi yang menjadikan makanan sebagai objeknya dikenal dengan sebutan food photography, dan jenis fotografi yang menjadikan alam liar sebagai objeknya dikenal dengan sebutan wildlife photography, maka cukup adil jika kita menyebut jenis fotografi yang menjadikan mainan sebagai objeknya dengan sebutan toy photography. Ada yang pernah nyoba toy photography? 

Toy Photography memang merupakan istilah untuk seni fotografi yang menjadikan mainan sebagai objek bidikannya. Semakin berkembangnya zaman, minat masyarakat dalam toy photography pun semakin meningkat. Semua terbukti dari banyaknya foto-foto berkategorikan toy photography yang beredar di social media seperti instagram.  Dengan mengatur lighting yang apik, dan background yang unik, para fotografer di bidang toy photography ini tentunya berharap untuk selalu dapat menghasilkan jepretan yang menarik. Tapi sadar kah kalian, selain lighting dan background, keapikan foto yang dihasilkan dalam toy photography ini juga tergantung pada mainan itu sendiri? Yap, karena bertindak sebagai model, maka otomatis mainan yang akan dijadikan objek foto memiliki andil yang sangat penting dalam hasil jepretan yang akan diperoleh. 

Mainan berjenis action figure pun merupakan primadona yang paling sering dijadikan model dalam toy photography ini. Alasannya simple, karena action figure merupakan mainan berkarakter yang photogenic dan mudah untuk diatur pose-posenya. Untuk masalah pose, sebenarnya semua tergantung kepada artikulasi alias daya gerak dari acition figure itu sendiri. Jadi, semakin berartikulasi suatu action figure, maka akan semakin mudah untuk diatur posenya. Perlu diketahui, tidak semua action figure dapat dijadikan model foto yang menarik. Action figure Andhika kangeen band, contohnya. Keren atau tidaknya sebuah action figure untuk dijadikan model sebenarnya tergantung pada selera masing-masing.


Bicara soal selera dan action figure, berikut adalah 7 aciton figures yang gue anggap keren dan apik untuk dijadikan model dalam toy photography:


1. Woody




Woody adalah salah satu karakter utama yang memiliki peran cukup signifikan dalam salah satu trilogi kartun disney: Toy Story. Dengan kuatnya karakter woody di film toy story sebagai mainan cowboy yang dapat bergerak dan berbicara, maka tak heran kalau banyak orang yang menjadikan action figurenya sebagai model dalam toy photography ini. Baik di instagram atau di sosial media lainnya, cukup sering gue melihat action figure woody ini dijadikan sebagai model dalam toy photography. Kayak cowboy-cowboy kebanyakan, woody digambarkan sebagai sosok yang gagah dan berani. Tapi sayangnya, dia nggak punya pacar. Jadi buat yang lagi nyari action figure yang melambangkan pria single yang mandiri dan bahagia, action figure woody ini merupaka action figure yang cukup tepat. 


2. Buzz light year



Sama seperti woody, buzz lightyear juga merupakan karakter penting dari trilogi toy story. Sama kayak woody juga, Buzz light year pun cukup sering dijadikan model dalam toy photography. Perannya di dalam trilogi kartun toy story cukup kuat untuk membentuk karakternya sebagai sosok yang selalu ingin menjadi pahlawan dan menolong orang lain. 



3. Joker


Joker adalah musuh batman. Peran antagonis dari Joker jika digabungkan dengan make up nya yang belepotan tentunya secara nggak langsung membangun karakter pembunuh berdarah dingin alias psikopat. Jadi buat yang lagi nyari karakter psikopat buat disandingkan sama action figure lain dalam toy photography, maka action figure Joker merupakan action figure yang cukup tepat.

4. Mr fredricksen




Mr Fredicksen atau tuan fredicksen adalah salah satu karakter utama dari film kartun Up. Kesetiaannya dan pengorbanannya dalam cerita cukup membangun karakter Mr Fredicksen sebagai pak tua yang setia dan baik hati. Jadi, buat yang nyari karakter action figure pak tua sedih atau pak tua galau atau pak tua yang baik hati, maka action figure Mr fredicksen adalah karakter yang tepat. 

5. Iron Man




Action figure memang nggak bisa lepas dari karakter super hero. Banyak kolektor action figure yang sejatinya merupakan fans dari karakter super hero. Untuk masalah action figure super hero, Iron Man masih menjadi favorit gue. Alasannya sederhana. Pertama, I'm a fan of tony stark. Kedua, karena Iron Man itu diciptakan oleh kecerdasan dan seluruh kekuatannya adalah hasil dari Iptek. Ketiga, Iron Man nggak pake kolor diluar. Jadi, buat yang lagi nyari karakter action figure super hero yang memiliki intelegensi yang tinggia, maka Iron Man adalah jawaban yang tepat. 


6. Bane



Selain Joker, Maka Bane adalah karakter yang tepat untuk dijadikan penjahat. Selain karena Bane juga merupakan musuh dari batman, penampilan Bane yang garang dan aksesoris pada bagian wajahnya cukup pas untuk dijadikan karakter antagonis dalam sebuah foto toy pthotography. Buat yang nyari karakter action figure penjahat macho atau buat yang nyari action figure karakter berotot kayak agung hercules, mungkin Bane adalah pilihan yang tepat. 


7. Captain America





Selain Iron Man, maka Captain America merupakan karakter super hero yang gue anggap keren. Come on man, buat beberapa kolektor action figure, Action figure super hero seperti super man atau Batman masih menjadi action figure favorit. Tapi buat beberapa orang lainnya, karakter batman superman itu so last year. Buat yang menggemari marvel ataupun menggemari negri paman sam, maka Captain America merupakan karakter action figure yang tepat. Selain karena Film civil war nya baru keluar tahun ini, karakter dari Captain America dapat menjadi icon dari negri paman sam itu sendiri.  gokil.

****


Jadi, ada yang suka main action figure juga disini?


Ada kabar baik buat kalian pecinta action figure yang berdomisili di Jakarta. Pada bulan Desember 2016 nanti, salah satu komunitas kolektor berbasis teknologi terbesar di Indonesia, Colony akan mengadakan toys and games fair yang mengambil tempat di Jakarta Convention Center. Untuk kalian pecinta action figure atau mainan yang bisa dikoleksi lainnya, toys fair yang akan dihelat colony akhir tahun ini tentunya merupakan sebuah panggung yang menarik. Dan mungkin kalau kalian penasaran dan ingin mencari 7 action figures di atas, kalian bisa datang langsung ke toys fair colony di JCC Desember nanti. 





Jadi, jangan lupa ya, Desember 2016 di JCC.


adiós señorita.

45 comments:

  1. Yang paling gokil buat dijadiin toy fotograpi tetap si woody apalagi buat muka-mukanya yang agak ngeselin gitu. Tapi soal keren-keren gaya saya pilih captai america aja. Bro ini action figurenya gak ada yang dari anime yah, padahal keren juga loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, woody emang rupawan :)

      Delete
  2. Kalo gue ngoleksi action figurenya pas masih kecil sih, satria baja hitam, ultramen, gundam ngono-ngono lah. tapi cuma dipajang doang gak di poto-poto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga pernah punya ultraman. waktu kelas 7 gue bawa ke sekolah buat tugas, tapi disita guru inggris gue dan nggak dikembalikan.

      Delete
  3. Aku malah lebih suka ke filmnya aja kalau ngoleksi kurang suka, boneka barbie aja waktu kecil ga pernah koleksi hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru karena film, para kolektor af ini terobsesi :)

      Delete
  4. Temanku malah goleksi miniatur mobil pemadam kebakaran :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, hal semacam itu memang sering terjadi~

      Delete
  5. sebagai cewek, naluri ku ke action kurang. mgkn pilihan bisa yg nomor 4.. hehe
    btw, filmnya jg romantis. :) UP

    ReplyDelete
    Replies
    1. kharisma si tuan fredicksen emang nggak bisa boong..

      Delete
  6. saya suka JOKER jep....
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka chelsea islan mas..

      Delete
  7. Yang paling keren menurut saya si Captain

    ReplyDelete
  8. daripada joket mending woody aja ah karena kalau woody tuh kesannya lucu :)

    ReplyDelete
  9. favorit gue, iron man sama joker. Kalo gue sih yang penting tangan ama kaki bisa digerakin bebas. jadi gampang kalo mau style apa aja. kan ada tuh action figure yang kaku gitu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, artikulasi dari sebuah action figure itu nomor satu.

      Delete
  10. Gak punya action figure.. yang suka koleksi gitu biasanya cowok kan ya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainan pria dewasa cuy. pria dewasa sejati nggam main cewek, mainnya action figure... hohoho

      Delete
  11. yang paling keren menurut gue orang tua dari film up itu sih... gue punya di rumah cuma action piguraa kyuubi doang

    ReplyDelete
  12. bukan pecinta action figures sih jev ;p.. temen di kantor ada tuh, koleksi beginian.. ga peduli harga dia... kalo suamiku beda.. dia lbh suka koleksi miniatur mobil.. nah kalo itu banyak bgt di rumah.. walo sejak nikah aku lgs batasin lah. wong harganya bisa sampe 500rb 1 mobil -__-.. Tapi memang bgs krn detiil bgt.. yg action figures temenku itu juga beda dari action figures yg biasa.. lebih berat, rapi bgt aplikasi warnanya, dan halus.. sbnrnya gampang bgt bisa bikin kalap mata mainan2 gini ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak heran kalau minatur mobil segitu mahal, pasti yang bagus punya tuh. hohoho. kalau yang emang udah hobi mah, harga berapa juga disikat..

      Delete
  13. Ah lucuuu. Pengen moto-moto in mereka-mereka. Btw tanggal berapa tuh eventnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal berapa ya? gue nggak tau, hahahah. ini postingan juga disuruh kakak gue buat promosiin eventnya... tapi gue lupa nanya tanggal berapa..

      Delete
  14. Ga punya action pigur
    Gimana y caRanya dari g punya jadi punya? Tw engga?

    ReplyDelete
  15. Kalo transformer termasuk action figure nggak??? Saya sukanya robot

    ReplyDelete
  16. Setuju! Woody ama Buzz emang keceh abis kalo dijadiin objek foto! Biar woody gak keliatan jones2 amat, kan bisa disandingkan dengan Jessie, atau kuda2annya, atau si Woody, Buzz, sama Jessie digabungin gtu biar macem orang ketiga gtu. Wakakakk.
    Seru kali ye. Tapi gue gapunya sih.

    Action figure gue adanya transformers, minions, smurfs, Mario maurer (Eh salah, Mario bross maksudnya)ama shaun. Tp blm pernah gue coba foto sih. Prsaan asal gue foto hsilnya malah gak bagus sama sekali. Wakaka (diriku memang tak berbakat fotografi)

    Wuih, keren jg tuh acara. Lama bener desember tp yak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, woody jessie sama buzz itu udah satu paket. biasanya suh mahal itu sepaket terakhir gue lita harganya 1,8 juta kalau nggak salah.

      Delete
  17. Gua belom pernah nyoba toy photography Jev. Pertama, emang gua kurang suka fotografi. Kedua, gua ga ngoleksi action figure :p

    Wah, Woody mah bisa dibilang pemeran signifikan banget di Toy Story ya. Sosoknya udah dibikin sedemikian khas, jadi icon Toy Story salah satunya ya si Woody ini. Itu foto dia lagi megang earphone keren banget, gayanya pun dipas-pasin sama properti yang ada. Cool :D Gua jadi penasaran cari hasil toy photography yang laen nih. Si buzz lightyear juga tokoh yang penting, dan pastinya fans dia di luar sana juga banyak.

    Ah, yang Mr. Fredrickson juga oke tuh, bener-bener ngegambarin sosok pak tua yang setia dan baik hati. Kalo dia dijadiin toy photography, mestinya harus dipas-pasin sama background yang nampilin suasana warm and gloomy, am i right? Kayaknya sosok dia ga bisa disandingin sama background yang cheerful :p
    Btw, kok gua jadi kepikiran boneka Jigsaw yang ada di film Saw itu ya, yang mukanya nyeremin, ada lingkaran merah di pipi, dan kalo dateng pake sepeda haha. Kayaknya keren juga tuh dijadiin toy photography untuk tema horor :D

    Gua ga suka main action figure Jev, tapi kayaknya seru juga tuh acara Colony.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaak itu kok keren ya action figure yang Joker. AAAAAAAAKK!!! Joker yang diperanin sama Heath Ledger memang keren:D

      Alasan Iron Man kamu favoritin sederhana ya. Apalagi alasan yang ketiga, Jev. Hahaha.

      Delete
    2. Yawlaaa Icha, kamu salah lapak. Hahahahaaa
      Cinta udah minum aqua? :D

      Delete
    3. Oh iya! HUAHAHAHA. Bego banget sih aku, Lan. Gini nih. Kalau nggak salah aku komen ini sambil nonton TV! Nggak bisa multitasking! :D Cinta butuh aqua. Beliin dong, Lan. H7ahahaha.

      Delete
    4. oke bro bayu, penilaian yang prima seperti biasanya :)
      hahaha, ini ciwik-ciwik kenapa jadi aqua-aquaan :")

      Delete
  18. Iron Man gue punya tuh, tapi sekarang udah jarang banget foto-foto. :/
    Joker emang keren, tapi harganya nggak kalah keren. Buahaha.

    ReplyDelete
  19. Gue lebih kearah Wayang kulit Photography aja deh Jev. Bukan colector action figures nih jadi nggak bisa ikut.
    Gue kolektor wayang kulit, jadi biasanya gue jadiin wayang kulit sebagai objek fotografi, dan gue kasih caption gitu sesuai dengan percakapan mereka. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Aku nggak punya action figure. huhuu
    Tapi naksir banget. Apalagi kalo liat woody dan Buzz.

    ReplyDelete
  21. Huahaha. Aku komen lagi ya, Jev. Di sini. Hahaha.

    Aaaaak itu kok keren ya action figure yang Joker. AAAAAAAAKK!!! Joker yang diperanin sama Heath Ledger memang keren:D

    Alasan Iron Man kamu favoritin sederhana ya. Apalagi alasan yang ketiga, Jev. Hahaha.

    ReplyDelete
  22. Tetep kalo disuruh memilih, aku tetep milih dia eh maksudnya milih si woody buat foto..
    Bagus dan bisa ditempatkan dimana saja, karakter dan pakaiannya sesuai dengan berbagai latar.
    Tapi sayangnya gak punya action figure :l

    ReplyDelete
  23. Wah... saya belum pernah nyobain buat toy photograpy. Saya suka hasil jepretan yang ada Woody dan Mr. Fredricksen-nya. Baguus..

    ReplyDelete
  24. Kalau ane kayaknya lebih suka ke ironman ya..
    tapi nggak tau juga sih soalnya belum pernah nyoba toy fotograf.. Hehehe

    ReplyDelete
  25. Waaahhhh partner aku doyan action figure banget nih. Makasih ya Jev infonya.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>