Monday, May 2, 2016

The Phone (2015), an Outstanding Korean Thriller Movie!





Pada tahun 2014, terjadi badai matahari di korea yang mengakibatkan terganggunya jaringan komunikasi di negara tersebut. tak selamanya berdampak negatif, gangguan komunikasi itu justru membuat  dong-ho dapat berkomunikasi dengan istrinya yang telah meninggal karena dibunuh. dong ho sendiri adalah pengacara sukses di sebuah firma hukum yang sangat bergengsi, suatu pagi di jam 03.30, ia mendapati istrinya dibunuh oleh pria misterius  di rumahnya setelah ia kembali dari suatu pesta. 



Tepat satu tahun kemudian (di tahun 2015), Dong-ho menerima panggilan telepon dari istrinya yang sudah meninggal. antara percaya dan tidak percaya, dia merasa dirinya ditelepon oleh istrinya pada hari dimana pembunuhan itu terjadi. dong ho pun berkomunikasi dengan istrinya dan berusaha mencegah agar pembunuhan itu tidak terjadi. 

Cast:
Son Hyun-joo
Uhm Ji-won
Bae Seong-woo



****


Setelah cukup lama nggak merasakan sensasi suspense dari film thriller korea, akhirnya kemarin sebuah sensasi suspense yang cukup khas tercipta ketika gue iseng-iseng nonton the phone, salah satu film thriller korea yang rilis tahun 2015 lalu. in my opinion, dari sekian banyak film thriller korea yang udah gue tonton, sensasi suspense dari film thriller korea yang benar-benar dapat dirasakan baru ada di beberapa film thriller/thriller-mystery korea kayak montage, five, officer of the year, ataupun cold eyes. dan kemarin, i feel that again mennn, the feeling of suspense di film the phone (2015).

Awalnya gue sempet ragu apakah film ini sejenis film remake atau bukan, karena setau gue ada beberapa film korea juga yang memiliki judul "phone". tahun 2002 ada film horror korea yang judulnya phone, tahun 2009 juga ada film thriller korea yang judulnya  phone.



Apa jadinya ketika kita dapat terhubung dengan masa lalu dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang seharusnya sudah meninggal? apakah kita akan memandu orang yang "Seharusnya" sudah meninggal itu untuk dapat menghindari kematiannya? konflik seperti itulah yang dialami dong-ho. di tahun 2015, tepat setahun setelah kematian sang istri, dong-ho dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai istrinya. walaupun pada awalnya ia tidak percaya, tapi pada akhirnya ia percaya kalau panggilan telepon itu berasal dari istrinya setelah sang istri mengatakan kalau ia berada di tahun 2014. mengetahui istrinya akan terbunuh pada malam harinya, ia pun berusaha keras untuk memandu sang istri agar dapat terhindar dari kasus pembunuhan itu. tapi diluar dugaan, hal itu malah menambah konflik yang dialami oleh dong-ho dan membawanya ke masalah yang lebih besar.

Praktis konflik utama dari cerita The Phone ini adalah tentang bagaimana dong-ho memandu istrinya untuk menghindari kematian beberapa jam sebelum kematiannya. tapi, nyatanya "panduan" yang diberikan Dong ho malah membawanya ke konflik yang jauh lebih besar. beberapa panduannya tak hanya mengubah masa lalu, tetapi juga mengubah masa depan. puncaknya adalah ketika kondisi di masa depan berubah setelah dong ho malah menjadi tersangka pembunuh istrinya. dong ho pun berusaha habis-habisan untuk menyelamatkan istri tercinta dan membersihkan namanya sendiri. 







The phone (2015) ini memang merupakan salah satu film thriller korea yang memiliki cerita cukup unik dan berbeda dari film thriller ataupun thriller-mystery korea lainnya. kalau di film-film thriller korea biasa yang disuguhkan adalah misteri dari kasus pembunuhan atau kejar-kejaran antara polisi dan pelaku pembunuhan, maka the phone ini menggabungkan keduanya dan menambahkan sedikit unsur sci-fi didalamnya. awalnya gue kira cerita dari film ini cuman sekedar murder-mystery biasa, tapi ternyata... jauh lebih keren.

Sci-fi yang disuguhkan terkesan cukup make sense, penjelasan kenapa dong ho (di tahun 2015) dapat berkomunikasi dengan istrinya (di tahun 2014) sudah dijelaskan secara implisit melalui scene acara berita yang ada diawal film. yap, semuanya dikarenakan badai matahari di tahun 2014 yang mengganggu saluran komunikasi korea kala itu. tapi.. siapa sangka kalau badai matahari itu bisa membuat seseorang yang ada di tahun 2014 berkomunikasi dengan seseorang yang berada di tahun 2015? jujur aja gue jadi keinget salah satu film jepang yang judulnya tokyo shoujo setelah menonton film ini. sama seperti the phone, tokyo shoujo juga bercerita tentang seseorang dari masa lalu yang dapat berkomunikasi dengan seseorang di masa depan. 

Selain tercipta dari sebuah misteri kenapa sang istri dibunuh, unsur suspense selanjutnya tercipta dari aksi kucing-tikus antara istri dong ho dengan sang pembunuh terjadi. kayaknya scene kejar-kejaran antara pembunuh dengan pelaku di film thriller memang masih menjadi senjata jitu sebagai bumbu penambah suspense. di bagian menuju akhir dari film ini, pertanyaan yang muncul dibenak penonton pun dibuat menjadi ganda. tidak hanya sekedar kenapa sang istri dibunuh, tetapi juga... akan kah sang istri dapat menghindari kematiannya? 

Buat orang-orang yang ngakunya pecinta film thriller ataupun thriller-mystery korea, film the phone (2015) ini highly recomended. cerita yang unik dan unsur suspense yang ditawarkan oleh film berdurasi 115 menit ini benar-benar membuat film ini terasa worth it bagi pecinta film thriller korea. seriously.

8.5/10


                     


44 comments:

  1. waaahhh... pengen nonton.. udah lama jua gue gak nonton thriller nya korea...

    tapi kayak udah pernah denger deh phone ini. tapi pas nonton apa gue baca riview nya ya..

    ini kalo di tebak film nya mengarah kayak ada hantunya. padahal bukan. nanti di ending baru deh di jelasin semuanya kalau itu bukan hantu.

    gitu bukan?


    son hyun joo kalo main film emang kereeenn abissss

    donlot dimana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. chill,
      enggak kok mbak.. nggak mengarah ke horror sama sekali sih. pure thriller..

      Delete
  2. Ini film berarti sepanjang cerita teleponan melulu yah. Sepertinya ada film lama yang serupa dengan ini. Tapi aku lupa judulnya Jev. Tapi. Reviewnya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya enggak teleponan melulu juga sih, walaupun mostly. adegan teleponan nya itu adegan krusial banget soalnya bro

      Delete
  3. koreaan ya? jujur aku kudet soal film korea, soalnya suka dorama jejepangan terus :v , reviewnya bikin aku pengen nonton itu, bisa gak kasi bluraynya ke aku :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. streaming aja cuy, udah bluray dan bersubtittle kok.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. weeeeh... harus cobain ini hahahah :D refrensi film korea :D hahahah

    ReplyDelete
  6. Orang rumah kmrn lagi nonton The last women standing trus gw ikutan nonton lucu2 ngak jelas bikin ngakak

    ReplyDelete
  7. thirller dicampur sci-fi, wow. Awesome banget ni! keren nih, walaupun gue gak suka kpop-kpop-an, tapi yang satu ni boleh deh di tonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue jug anggak suka K-pop, tapi Nggak semua K-movie itu connected wih k-pop kaleeeee

      Delete
  8. keren nih kayaknya..
    pas awal2 liat posternya jujur aja aku nggak tertarik sih.. ya pemainnya udah tua soalnya :|
    tapi setelah baca reviewnya, keliatannya keren tuh filmnya..emang thriller biasanya lenih ke bunuh-bunuhan, tapi ini kayak ada aksinya, ada mikirnya, ada tegangnya..jadi kayaknya worth buat ditonton..
    tengkyu reviewnya :D

    ReplyDelete
  9. Halo Jeff, makin ke sini tulisanmu makin bagus, tapi ada beberapa hal yang harus dikoreksi, setelah tanda titik itu seharusnya pakai huruf kapital, nama orang juga pakai kapital ihihhii
    Aku gak suka film thriller, sukanya yg cinta2an aja, tapi keren juga sih bisa komunikasi sama orang yang sudah meninggal. Ngeri-ngeri sadap hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh oke mbak.. kalau lomba blog sih biasanya saya perhatiin huruf kapital setelah tanda titik. tapi untuk postingan biasa kayak tulisan daily life ataupun review film, saya lebih milih santai aja... toh postingan kayak gini kan bukan karya sastra yang harus dikumpul ke guru atau juri lomba blog, hehehe. makasih mbak :))

      Delete
  10. Aku nggak tahu kenapa belum ada rasa suka sama film-film korea nggak kaya yang lain yang mengidolakan banget film dari korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. you must try one, sis. tergantung selera sih actually..

      Delete
  11. Aneh juga yak karena badai matahari seseorang bisa berkomunikasi pd masa lampau..
    Kasian juga si suami yg pada masa depannya malah jd tersangka pembunuhan istrinya..Dari review yg ditulis, kayaknya film ini beda dr biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang keliatannya aneh, tapi sebenernya sih make sense kalau dipikir-pikir. karena badai matahari, komunikasi terganggu, karena terganggu komunikasinya jadi loncat dimensi.

      yap, beda dri yang biasa. recomended!

      Delete
  12. Kayaknya bakalan rame nih ya Jev,,, memandu istri yang di masa lalu supaya dapat terhindar dari kematiannya di masa kini, eh tapi ada masalah berikutnya... Curiga bakalan tegang nih kalau nonton the phone (2015)... :)

    Forza Roma! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, tegang. ingat! suasananya yang tegang... bukan bagian tubuh.
      HMM, PERASAAN LO JUVENTINIII

      Delete
  13. kelihatannya keren tuh film, tapi gak tau knpa saya pribadi kurang suka sama dengan film korea :)

    ReplyDelete
  14. Bagus ni film patut di tonton sih. Kebetulan gue penggema drama korea heheheheh

    ReplyDelete
  15. Belum pernah nonton thriller korea, karena kebanyakan drama.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mbak. kalau basicnya hobi sama industri perfilman korea sih kayaknya bakal klop-klop aja..

      Delete
  16. waktu tau dong ho telpon istrinya yang telah meninggal satu tahun yg lalu. gue penasaran jev. KOK BISA?? terus di ceritakan dong ho mau menyelamatkan istrinya dari pembunuhan. wah ini bakalan merusak masa depan aja nih, karna istrinya udh meninggal. Ternyata bener! haha Dong ho nya yg dituduh membunuh istrinya hhe.

    seru banget nih kayaknya thriller nya. alur nya bikin penasaran.

    ReplyDelete
  17. konon kelanjutan film ini sedang dibuat, judulnya 'The Laptop'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, bisa aja lu tukang colong..

      Delete
  18. waahhh asik nih ada rekomendasian korean movie, soalnya memang sih korean movie kebanyakan ceritanya ga terlalu bagus makanya selalu butuh rekomendasi untuk meonton korean movie, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, entahlah.. gue bimbang mau balas apa.

      Delete
  19. Hmm kalau masalah film korea saya tidak begitu suka tapi kalau teman saya suka banget sama artis korea, hmm sepertinya bisa dikasih tau nih ada film bagus.

    ReplyDelete
  20. Aigooo

    Thriller bikin stress gue gasuka haha
    Lebih suka fantasi atau romance

    ReplyDelete
  21. jev lu korean addict ?? hehe

    gue sukanya genre romance kyk oh my venus, bikin melting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak korean addict juga sih.
      gue pecinta kmovie doang. INGAT! kmovie, bukan drama ataupun music. ingat baik-baik itu. gue adalah pecinta thriller-mystery korea

      Delete
    2. Gue samak seperti jev, suka kmovie tapi khusus thriller....

      Delete
  22. Aaaaazzzzzzz
    Gue langsung pencet yutubnya
    Trus ngubek ngubek di kang dividi ini jefff
    Ih, gue harus cariikkk

    ReplyDelete
  23. WAAAAAHHHHH karena blog ini, baca artikel ini... mendadak pengen nyarii link download film ini deh.
    duh baru tahuuuu, padahal penggemar korea,, tapi emang ga terlalu suka cerita thriller (khusus yang cerita murder kejam aja)..
    dan dari ringkasan yang kamu kasih tahu, saya malah pengen nonton... kayaknya bakal rame bangeet (apalagi ratingnya di atas 8), semoga ga akan ada adengan pembunuhan kejam .... kalau nonton yag terlalu sadis saya suka ga bisa tidur >.<



    salam kenal ya!

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>