Friday, June 10, 2016

Kamu Korban Friendzone? 9 Film Bertema Friendzone Ini Mungkin Cocok Buat Kamu!


Selamat malam, perasaan yang tak terbalaskan. 


Anda sedang terjebak friendzone? Anda sedang dekat dengan seseorang dan menginginkan kejelasan status tapi orang yang anda suka hanya menganggap anda sebagai teman? Kasihan, mungkin 9 film bertema friendzone berikuti ini akan menjadi asupan yang cocok untuk anda agar esensi-esensi kepedihan ketidakjelasan status yang anda alami lebih terasa.


1. 500 Days Of Summer (2009)



Tom(joseph Gordon-levitt) adalah seorang pria yang memiliki keyakinan bahwa setiap manusia mempunyai pasangan nya sendiri depat atau lambat, keyakinan ini dipegangnya hingga dewasa.

Tetapi disisi lain, summer(zooey deschanel), memiliki keyakinan adanya cinta sejati. Summer tidak mempercayai pria atau hubungan asmara. Namun nasib mempertemukan mereka berdua yang memiliki beda keyakinan ini. Maka terjadilah sebuah kisah romantic.

Awal nya mereka bertemu di tempat kerja mereka, memang awal nya yang memulai semua ini adalah summer dia selalu melihat tom tetapi tom awal nya tidak mempedulikannya. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya tom menyukai summer, mereka jadi sering jalan berdua dan bercanda. Bahkan mereka sudah berciuman dan berhubungan intim, namun status hubungan mereka masih belom jelas. Ini yang membuat tom bingung. Tetapi hal ini tidak dipusingi oleh summer karena summer memiliki pemikiran yang berbeda kenapa harus ada status kalo dia senang dan nyaman dengan semua ini.

Namun hubungan mereka semakin jauh ketika summer berubah dan tiba-tiba menghilang dari kantor hidup tom yang awal nya bersemangat kemudian tak bersemangat lagi bahkan dia pun sampai keluar dari kantor nya pula.

(Sinopsis dari citraayur.blogspot)

My Review:  Mungkin hampir semua orang yang pernah nonton film 500 Days Of Summer setuju, kalau film ini adalah the father of the friendzone movies. Film ini memperlihatkan konflik zona pertemanan yang sangat kental. Ketika ada sepasang insan yang lagi deket, lalu si cowok menginginkan status yang jelas, tapi si cewek sudah cukup puas dengan status teman diantara mereka. Lalu akhirnya mereka tetap dekat, tanpa ada kejelasan status. Hingga pada akhirnya kedekatan mereka berakhir dengan si cewek yang menikah dengan pria lain. sadis. 

2. Friends With Benefits (2011)





Mengisahkan tentang seorang pencari tenaga kerja yang merekrut seorang editor majalah. Karena keduanya sama-sama sulit menemukan pasangan maka mereka setuju untuk tidur bersama tanpa melibatkan perasaan. Hubungan mereka kemudian menjadi rumit setelah sang lelaki (Justin Timberlake) jatuh cinta dengan sang wanita. 


(Sinopsis dari wowkeren)

My Review:  Nggak jauh beda kayak 500 Days Of Summer, Friends With Benefits ini menceritakan tentang pria dan wanita yang dipertemukan oleh pekerjaan. Mereka dekat, sangat dekat, sangat-sangat dekat, tapi status mereka cuma teman. Zona teman diantara mereka tercipta bukan karena si cewek/cowok merasa udah nyaman dan nggak mau memperjelas status, tapi kerena merek sama-sama gengsi untuk memperjelas status mereka dari teman "sex" menjadi sepasang kekasih. Gokil. 

3. Love Forecast (2015)



Joon Soo (Lee Seung Gi) adalah seorang guru SD yang selalu gagal dalam menjalin hubungan dan sialnya Joon Soo lah yang selalu dicampakkan oleh kekasihnya. Sedangkan Hyun Woo (Moon Chae Won) adalah seorang peramal cuaca yang cantik dan jatuh cinta dengan seorang sutradara bernama Dong Jin (Lee Seo Jin) yang telah beristri.. Joon Soo dan Hyun Woo adalah teman sejak kecil yang kemudian tinggal bersama dalam satu rumah bersama saudara mereka.. Joon Soo adalah sahabat yang selalu mengerti Hyun Woo, Joon Soo selalu ada untuk Hyun Woo karena sebenarnya Joon Soo sudah menyukai Hyun Woo sejak mereka masih kecil, akan tetapi Hyun Woo tidak pernah menganggap Joon Soo sebagai seorang lelaki..


(Sinopsis dari evinurulhidayati)

My Review:  Gimana jadinya kalau ada sepasang sahabat pira-wanita yang sudah bersama selama 18 tahun, dan selama 18 tahun itu si pria memendam rasa kepada si wanita tapi si wanita tidak pernah menanggapi perasaan pria itu dengan serius? ya, habis gelap terbit lah friendzone. 

4. What If (2014)
'



Menceritakan kisah seorang mantan siswa sekolah medis, Wallace (Daniel Radcliffe), dia seorang pemuda romantis namun selalu memiliki kisah percintaan yang buruk. Suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis animator cantik bernama Chantry (Zoe Kazan) yang kini telah tinggal dengan pacarnya Ben (Rafe Spall). Wallace dan Chantry yang memiliki banyak kesamaan dengan mudah menjadi sahabat, namun apakah ikatan diantara mereka dapat menjadi lebih dari itu?

(Sinopsis dari Wowkeren)

My Review:  Beda dari 500 Days Of Summer atau Friend With Benefits, What If ini menceritakan hubungan friendzone antara pira single dengan wanita yang udah punya kecengan. Kalau 500 DOS atau FWB menceritakan hubungan friendzone antara sesama single, maka konflik yang ada di film what if ini terkesan lebih pedih bagi pihak prianya. Dekat sama cewek orang lain, suka sama cewek orang lain, tapi nggak bisa ngapa-ngapain. 

5. Pupus (2011)



Adalah Cindy (Donita) mahasiswa baru di Universitas Trisakti Jakarta yang harus menerima tradisi umum anak baru di setiap perguruan tinggi di Indonesia. Tugas berat dari seniornya ternyata membawanya bertemu Panji (Marcel Chandrawinata) sosok yang misterius dan menarik baginya.

Pertemuan keduanya berawal ketika Cindy yang sedang berulang tahun diharuskan membawa seorang senior di kampusnya yang juga berulang tahun untuk merayakan bersama. Perayaan bersama itulah yang memulai kisah cinta mereka. 

Tapi ada yang menjadi halangan bagi Cindy, Panji selalu jadi misteri untuk dirinya. Di saat Cindy berada di puncak kebahagiannya, Panji menghilang dan menghapus cintanya. Namun di saat yang tak terduga Panji kembali hadir dan membuat Cindy tak berdaya, walau saat itu dirinya telah memiliki Hugo (Arthur Brotolaras) sebagai kekasihnya. 

Mengapa sosok Panji begitu misteri dan selalu memupus perasaan cinta Cindy yang tinggi? Di saat bersamaan, Cindy merasa yakin Panji juga memiliki perasaan yang sama dengan dirinya. Akankah kisah mereka berakhir bahagia? Apa yang membuat Panji begitu misteri bagi Cindy?


(Sinopsis dari 21cineplex)


My Review:  Ada yang nggak tau film ini? Mungkin film yang satu ini adalah salah satu film romance dalam negri yang cukup sering menghiasi layar kaca. Konflik friendzone yang terjadi di film ini bukan karena rasa nyaman, rasa gengsi, ataupun semacamnya, tapi karena.. penyakit. Ada yang tau film Koizora/Sky Of Love? Mungkin bisa dibilang ending film pupus cukup mirip dengan ending film Koizora. Terjadi pembunuhan karakter dimana cowoknya pura-pura jadi brengsek demi menyembunyikan penyakitnya. 



6. Best Of Times (2009)




Seorang dokter hewan bernama keng, tidak pernah bisa melupakan cinta masa Sma nya yaitu si fei. suatu hari keng dan mantan suaminya fai mabuk dan mlanggar peraturan lalu lintas. oleh karenanya, keng yang merupakan seorang dokter hewan dihukum harus mengajarkan teknologi kepada lansia-lansia disana. di kelas ini, keng bertemu seorang kakek dan nenek yang berpacaran. dan berbagai kejadian pun terjadi. Konflik kemudian bermain antara hubungan kakek-nenek tersebut yang tidak direstui oleh anak si nenek, dan kemudian konflik juga bermain antara fei dan keng yang perasaannya tak terbalaskan.


My Review: Salah satu film romance Thailand ini ceritanya terbilang cukup asik buat diikutin. Beda dari comedy romance thailand lain yang ceritanya tentang sepasang ABG single, konflik karakter dari film ini adalah antara pria single dengan wanita bersuami yang dicampakkan suaminya. Si pria udah memendam rasa dengan si wanita dari remaja, tapi si wanita nggak pernah sadar padahal sampai si wanita itu kawin pun si pria tetap setia menunggu. Gokil. Ini gue curiga "other man's wife zone" lebih tepat untuk menggambarkan film yang satu ini dibandingkan friendzone.   




7. You Are The Apple Of My Eye


Berkisah tentang si pemeran utama laki-laki yaitu Ko Ji-Teng (diperankan oleh Ko Chen-Tung) atau panggilannya Ko-Teng yang merupakan anak paling nakal di sekolah. Kisah bermula ketika Ko-Teng dan dua sahabatnya Lao-Tsao dan Hsu Bo-Chun melakukan hal menjijikan di kelas hingga guru memindahkan tempat duduknya ke depan Shen Chia-Yi (diperankan oleh Michelle Chen), murid teladan dan paling pintar di sekolah itu, ia memiliki sahabat bernama Hua Chia-Wei yang pada akhir cerita sukses menjadi pembuat komik. Shen Chia-Yi yang tidak suka pada laki-laki malas berusaha membantu Ko-Teng agar mau belajar, susah payah ia memaksanya mengerjakan soal-soal Matematika dan Bahasa Inggris. Singkat cerita di akhir tahun ajaran mereka menduduki ranking berurutan. Kejadian demi kejadian perlahan membuat mereka saling menyukai dan terus dekat meskipun berbeda universitas. Sayangnya, Ko-Teng tak kunjung dewasa seperti yang diharapkan Chia-Yi, hingga pada suatu ketika mereka bertengkar karena sebuah hal konyol dan keduanya lantas berpisah. Lama tak berkomunikasi, membuat mereka sulit untuk kembali seperti dulu, sampai menjelang ujian tingkat akhir lalu lulus dari universitas masing-masing (meskipun Ko-Teng memutuskan keluar kuliah dan berprofesi menjadi penulis).

(Sinopsis dari ismahanifa)


My Review: Apa jadinya kalau ada sepasang insan yang saling jatuh cinta tapi keduanya saling tidak berani mengungkapkan perasaannya ke satu sama lain hingga akhirnya salah satu diantara mereka menikah dengan orang lain? Ya, You Are The Apple Of My Eye Jadinya. 

8. More Than Blue (2009)



Menceritakan Kay yang sejak berumur 15 tahun divonis mengidap penyakit kanker, diturunkan secara genetik oleh ayahnya yang telah lebih dahulu meninggal karena penyakit tersebut. Ibunya yang tak tahan dengan kondisi itu, meninggalkan Kay dan tak pernah terlihat lagi. Di sekolah, Kay bertemu Cream, seorang perempuan yang kehilangan keluarganya karena kecelakaan lalu lintas. Mereka berteman dan menjadi dekat hingga memutuskan hidup bersama. Tapi hanya sebagai sahabat, tidak lebih. Kay sebenarnya mencintai Cream, tapi tak pernah mengungkapkan, bahkan sampai mereka lulus dan bekerja di tempat yang sama. Cream menganggap Kay sudah seperti ibu ketika di rumah, ayah ketika di tempat kerja, dan kakak ketika dirinya sedang sedih. Ketika Cream bercerita bahwa dia menyukai seorang lelaki, dokter giginya, Kay malah ikut membantu bagaimana caranya Cream bersama lelaki yang disukainya walaupun lelaki itu sudah mempunyai tunangan. Kay melakukan berbagai cara agar Cream menikah dengan dokter gigi tersebut. Kay berpikir inilah satu-satunya cara agar Cream bahagia.

(Sinopsis dari mal251)

My Review: Bisa dibilang konflik friendzone yang ada di film ini adalah mix dari konflik friendzone di film Pupus dengan You Are The Apple Of My Eye, ketika penyakit membuat sepasang insan tidak berani menyatakan perasaannya satu sama lain. Perih. 

9. That Awkward Moment (2014)



"That Awkward Moment" bercerita tentang tiga sahabat yang membuat perjanjian untuk tetap single. Namun, bertolak belakang dengan janji mereka, ketiga sahabat ini malah mulai jatuh cinta dengan seseorang.

(Sinopsis dari Wowkeren)


My Review: Friendzone karena janji antara sahabat? Sama-sama suka tapi nggak berani mengungkapkannya ke publik karena takut dibilang melanggar janji? Ya ini, ini.

****

Sahabat-sahabatku yang baik hatinya, 


Friendzone itu lucu, kayak minyak sama air yang ada di dalam satu botol. Deket sih, deket banget, tapi nggak bisa nyatu gitu. Kasihan. Pada akhirnya, ketika kita menjalain sebuah hubungan maka kita harus berani memutuskan kalau kita layak untuk masuk ke tahap yang lebih serius. Tahap yang lebih jelas, bukan cuma sekedar dekat tanpa status, bukan cuma sekedar teman yang terlihat mesra. Ini kenapa jadi kayak Mario Teguh begini? ah, sudahlah.


adiós Señorita

39 comments:

  1. Huaaaa ada film favorit sepanjang masa! Memang identik banget yak, 500 Days of Summer itu sama tema friendzone, Jev :D Trus yang You Are The Apple of My Eye... aaarrrgh. Endingnya ending yang paling nyesek deh perasaan. Selalu nangis tiap nonton endingnya.

    Selain 500 Days of Summer, You Are The Apple, sama Friends With Benefit, aku belum nonton. Huhuhu. Yang What If banyak yang ngerekomendasiin sih tapi belum sempat-sempat didonlot. Btw kalau film Love, Rosie itu masuk kategori nggak? Itu mirip-mirip Love Forecast deh kayaknya. Temenan selama bertahun-tahun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuhuy...
      what if bagus tuh, nggak kalah naas.
      love mana tuh? yang film omnibus buatannya joko anwar bukan?

      Delete
    2. love forecast, film korea gan

      Delete
  2. Sumpah ya aku suka bat sama Backsoundya lagunya 500 days of summer.
    ga bosen diputer berulang-ulang ..
    jev lu punya Link Downlotan film-film itu ga ?
    aku mau dong, terutama yang thai movie "best of time"

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500dos yang mantep lagu sugar-sugar apa lah itu..
      streaming bruh..

      Delete
  3. Saya nonton tuh 500 Days of Summer, malahan udah ditonton berapa kali saking asyiknya liatin tingkah Zooey Deschannelnya yang cantik dan belajar ngeliatin orang jatuh cinta dan jadi gila karenanya. Bener kata Icha termasuk film favorit sepanjang masa apalagi buat remaja, karena keresahannya dapet banget.

    Kebanyakan dari list di atas, saya cuma pernah nonton yang pertama sama yang terakhir, dan tertarik untuk nonton Youre the Apple of My Eye deh kayaknya karena judulnya mengggugah (apalagi saya komen pas puasa).

    Overall, saya suka, penjelasannya keren, terus sinopsisnya referensinya beda-beda, ini menunjukkan kamu orangnya suka browsing kemana-mana dan kuotanya banyak. Atau mungkin, kamu rajin ke cafe-cafe nyari wi-fi gratis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, ngapain ke cafe-cafe. biar cafe yang ke gue..

      Delete
  4. Baru nonton 1, 6 & 7 sih. Tapi dari semuanya yang paling bikin gregetan ya cuma you're the apple of my eye endingnya gak karuan hahahahaha

    ReplyDelete
  5. Dari semua pilem yang disebutin gaada yang udah Dedek tonton. Huahaha. #Ketawainajagapapa

    Friendzone ini jenis hubungan yang sensitif kayak test pack aja gimana. Abangnya sering nonton film begini, sering terjebak friendzone emang? :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sensitif. kayak air seni sama test pack, bisa bikin sedih bisa jug abikin seneng.
      gue belum pernah jadi korban friendzone, kalem. kalau pun gue jadi korban friendzone suatu saat, gue udah puny apanduan untuk menghadapiny akarena film diatas :)

      Delete
  6. Jadi kangen film2 thailand


    langsung cuss nontonmovie.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah diblokir kale itu web..

      Delete
  7. Dari semua film yang disebutkan diatas film pupus aja yang pernah di tonton itu pun pas tayang di tv hahaha sedih sih :((

    ReplyDelete
  8. baru nonton yang pertama sama yang terakhir. Dan baru tau ada film judulnya Pupus hahhahahha

    ReplyDelete
  9. 500 Days of Summer baru seperempat baru ketonton, waktu itu lagi ada urusan dan harus paused filmnya. Kalo You're The Apple of My Eye, bener-bener membuat gue terharu pas nontonnya. Sayang banget pas mereka berdua nulis di balon udara, dua duanya sama samasuka. Tapi gak mampu buat ngungkapin. Perih

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah realita. sama-sama suka, sama-sama memendam rasan, sama-sama pingin lebih, tapi takut dan rasa gengsi menjadi penghalang. perih.

      Delete
  10. Yang 500 days summerd
    Keknya film lama ya
    Pengen nontonn
    yg ini deh
    Zoe ini ada kembarannya loh ketty perry hahai

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, doi memang terlihat cukup mirip katy perry.

      Delete
  11. You are my apple keren filmnya, friend zone banget hehe

    ReplyDelete
  12. lgsg cari ah pupus movie. ih donita ya actornya..
    blum pernh nengok nih, pdhal 2011 yaak :D
    thanks jev reviewnyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal cukup sering nongol di tv tuh mbak..

      Delete
  13. You're the apple of my eye. Film favorit aku banget. Hahahaaha
    Udah nonton berkali-kali dengan ending yang sukses bikin aku mewek.

    Btw, aku penasaran sama film what if. Deket sama cewek yg jelas-jelas udah punya pacar. Endingnya sedih apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. endingnya nggak sepedih you are the apple of my eye ataupun 500 days of summer kok, sis.

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Love Forecast kayanya seru tuh. Dilihat dari Cover dan Sinopsisnya. Thanks infonya cees.

    ReplyDelete
  16. Hwaah, Mario Teguh bisa bahasa Spanyol. :))

    Lagi-lagi gue nggak pernah denger film-film itu. Tapi, ya, lumayanlah buat nambah-nambahin wawasan tentang film. Harusnya mah nonton biar afdol. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, judul post-nya mantep ya. Ala-ala Hipwee~

      Delete
    2. hohohoho :)
      ah, bukan pembaca setia hipwee

      Delete
  17. Friends with benefits, 500 days of summer, sama pupus.. menurutku film yang sangat mencirikan friendzone haha dan juga the awkward moment bisa dimasukan dalam kategorinya.

    dan cuma 4 film itu doang yang baru aku tonton jev :D
    Jarang ngikutin film korea

    ReplyDelete
  18. dari daftar film di atas, yang pernah gue tonton baru You are the apple of my eye. Itu aja udah nyesek gue nontonnya :')
    kayaknya yang lain perlu di masukin ke list downloadtan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih menjadi salah satu romance asia ternyesek memang, you are the apple of my eye.

      Delete
  19. Wuaaa. Film bertema friendzone... Gue lebih suka film yg akhirnya bahagia trs mrka bner2 pcran ato nikah drpda ujung2nya pda nikah dgn org lain. rasanya ikutan nyesek :'D

    500 day of summer gue udh nnton, tp ujung2nya si cowo dpt cewe pngganti yg dlu. gapapalah~ msh ada sisa2 kbhgiaan dkit di endingnya. Haha
    The apple of my eye... Nyesek jg yah, yg lebih gokilnya lg itu smua tmennya ko teng naksir smua sama chia yi masa :'D di ending jg pas lg kondangan, gue kira ko teng bneran ciuman sm shia yi. Namun trnyataa.....

    ReplyDelete
  20. Waduuuhhhh banyak sebagian yang udah ditonton dan yang belum juga. apalagi ada rencana mau nonton what if nih tapi belum sempet download juga haha.

    PALING DALEM TUH YANG YOU'RE THE APPLE IN MY EYES. 4x nonton=4x nangis sedu sedan kayak abis ditinggal nikah huhuhuhu.
    paling suka banget juga sama movie itu.
    lalu itu Best of Times kayaknya rame... mau cari deh ah filmnya hihihi.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>