Friday, June 3, 2016

Tentang EURO 2016..



Bonjour. Tous Less Jours. Je'Taime. Penjara Bastille. Karim Benzema. 


Nggak kerasa ya, udah bulan Juni. Akhirnya bulan Juni 2016 dateng juga. Di bulan Juni tahun ini, tentunya fokus jutaan pasang mata penggila bola akan tertuju ke Perancis sebagai tuan rumah piala Eropa 2016. Kota Paris yang katanya kota cinta pun akan disulap menjadi kota sepak bola di Juni-Juli ini. Perancis gokil sis.

Euro 2016 telah tiba. Itu artinya, sebagai orang yang tinggal di benua Asia tenggara, persiapkan diri kalian untuk tidur setelah matahari terbit. Hahahaha. 

Euro 2016 emang kerasa cukup bergengsi buat tim-tim Eropa. Karena selain Euro merupakan ajang 4 tahun sekali, jumlah peserta di Euro 2016 kali ini lebih banyak 8 tim kalau dibandingkan penyelenggaraan Euro sebelumnya. Kalau di Euro-euro sebelumnya, total pesertanya ada 16 negara dari benua biru, maka di Euro 2016 kali ini total pesertanya ada 24 negara. Itu artinya, peluang munculnya juara baru akan semakin terbuka. Tim underdog pun akan semakin merajalela. Di Euro sebelumnya tahun 2012, gue masih duduk di bangku kelas 2 SMP. Sekarang, gue udah jadi calon maba. Peta kekuatan tim-tim Eropa di Euro kali ini kalau dibandingkan dengan Euro sebelumnya juga nggak terlalu berebda. Yang beda, Belanda nggak ikutan di Euro kali ini. huh.




Hup Holland Hup!! 

Belanda udah jadi jagoan gue sejak pertama kali gue nonton Euro di tahun 2008. Gue ingat waktu itu gue masih kelas 4SD, di Euro 2008 itu penampilan tim oranye pada fase group neraka gokil abis. Gue masih ingat, waktu Vanistelrooy CS ngalahin Perancis 4-1, terus ngalahin Italy 3-0. Logika anak kelas 4SD gue pun berkata kalau Belanda yang begitu perkasanya di fase group akan menjadi juara di Euro waktu itu, tapi sayangnya malah kalah sama Russia di perempat final. Di euro 2012 pun gue kembali menjagokan Belanda. Tapi kayak antiklimaks di fase group euro sebelumnya, di Euro 2012 kemarin Belanda nggak lolos fase group. Sigh. Tapi nggak apa-apa, setidaknya di world cup 2014 kemarin Belanda juara 3.

Di Euro 2016 kali ini gue masih jagoin Belanda. Tapi sayangnya, Belanda NGGAK IKUTAN di Euro kali ini. Kenapa nggak ikutan? Karena NGGK LOLOS di kualifikasi. Padahal, waktu di kualifikasi kemarin Belanda segrup sama tim-tim yang nggak jago-jago amat. Ketika teman-teman satu persilatan gue yang lain membeli jersey negara Euro 2016 kesayangannya, gue nggak beli jersey negara apa-apa. Belanda nggak lolos, mereka nggak launching jersey baru. Padahal gue udah sangat yakin kalau Belanda bakalan setidaknya lolos ke semi final Euro kali ini. Tapi ternyata, lolos ke pembagian grup aja enggak. Ini pembunuhan karakter men.

Kalau ditanya jagoan gue, gue tetap menjagokan Belanda. Loyalitas itu penting, persetan dengan tidak lolos kualifikasi. I'm the man who can't be moved, fellas. Tapi kalau ditanya siapa yang akan menjuarai Euro 2016, maka jawaban gue adalah... jeng-jeng...

Jeng-jeng....


       


Sebagai football fan, nalar gue mengatakan kalau Belgia mempunyai peluang yang cukup besar untuk menjuarai Euro kali ini. Karena kalau dilihat dari pemain-pemain Belgia yang main di liga-liga top Eropa, rasanya peta kekuatan Belgia dari waktu ke waktu itu cukup meyakinkan. Nggak heran, kalau akhir-akhir ini Belgia hobi nongkrong di posisi pertama ranking fifa. Selain itu, faktor pemain Chelsea dan eks pemain Chelsea pun menjadi segi yang membuat gue cukup melirik negri yang cokelatnya biasanya gue makan di es krim magnum ini. Ada Eden Hazard, Thiabut Courtois, Lukaku sama Kevin De Bruyne untuk kategori pemain dan eks pemain Chelsea yang main di Belgia.

Sebagai history fan, Belgia adalah negara yang pernah dikuasai oleh Belanda. Stay still, gue nggak bisa move on dari Belanda. Ini world history loh ya, bukan history browser. History browser mah di delete aja, biar nggak ketahuan. That's why, ketika kita belajar pelajaran sejarah saat penjajahan Belanda tentang komisi tiga negara, Belanda memilih Belgia disaat Indonesia memilih Australia. Wajar, orang Belgia waktu itu masih dipengaruhi sama Belanda. Secara geografis pun, Belgia terletak dekat dengan Belanda. I got this, I'm still the man who can't be moved. 

Jadi alasan gue untuk mendukung Blegia di Euro 2016 kali ini cukup masuk akal. Pertama, karena ada beberapa pemain dan eks pemain Chelsea. Kedua, karena bagaimana pun juga Belgia dan Belanda itu conncected. 

Sebagai mantan majikannya paul si gurita, menurut prediksi gue final Euro 2016 kali ini akan menjadi panggung untuk:
Belgia vs Inggris, atau Belgia vs Perancis.  
Hup Belgium Hup!!



Kalau boleh tau, kalian jagoin siapa di Euro kali ini teman-teman?

69 comments:

  1. Kirain, karena suka Chelsea, Bung Jeff, jagoin Inggris, eh ternyata Belanda, hmn... Belanda nggak lolos, waktu lawan Turki juga kalah ya tiga kosong di babak kualifikasi... Waduh.. Padahal di Belanda ada Strootman dong ya, pemain AS Roma.. Dan kayaknya, Belgia, justru karena ada bintang Chelsea Bung sehingga bikin Belgia jadi akan nggak bisa ngapa-ngapain di Grup E, yang lolos di grup E curiga Italy dan Sweden.. Gue dukung Italia Jeffff.... hehehehehehe :D (((pemain chelsea seperti eden hazard dan courtois akan bikin belgia lemah syahwat di di Grup E, wkwkwkwkwkw,,, soalnya akan keciptratan mental chelsea yang musim kemarin yang bikin Mourinho dipecat,,, hehe BECANDA JEV)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu world cup 2012, pas gue kelas 6sd gue sempet dukung inggris. dan saat itu gue menyesal karena telah menyelingkuhi belanda. hahaha... tapi inggris taun ini gokil sih, pemain mudanya kalau di fifa speed/pace nya gokil-gokil. italy? runner up grup aja itu mah..

      Delete
  2. Kalo masalah olahraga no comment, apalagi bola gini, Jef. Hehe.
    Tapi ku salut, u loyalitas tetep dukung Belanda. Semoga Euro yang akan datang, Belanda masuk :) aamiin
    Waaawww, perkiraannya... Kita lihat saja nanti siapa yang akan menjuarai x))

    ReplyDelete
  3. Pas juga sih buat yang suka bola, eventnya barengan sama bulan puasa. Puas-puasin tuh molor sampai pagi.

    Jagoin siapa kali ini? Jagoin yang menang aja deh, aku gak paham sama beginian. Aku pikir Euronya bakal dibatalkan atau dimundurin gara-gara ada teror bom Paris kemarin, ternyata tetap berlangsung ya. Semoga aman dan lancar deh disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak bro, euro tetap berlangsung dan berharap aja nggak bakal terulang aksis sejenis teror paris nanti..

      Delete
    2. Btw itu alasan kenapa milih Belgia dijelasin detil banget ya. Iya deh yang calon mahasiswa HI.

      Mungkin Belanda gak jodoh sama kejuaraan Euro, tapi jodohnya sama Piala Dunia.

      Delete
    3. piala dunia pun sejatinya belanda nggak pernah menang. pffttt

      Delete
  4. wah saya sudah lama jarang nonton bola benua eropa krn gak kuat pas paginya hrs jd romusa, gak tahan ngantuknya. paling kalo pas besoknya off atau siaran tunda. sy tetap jagoin Inggris 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. romusa? masa pendudukan jepang bro...

      Delete
    2. haha kerja rodi bray...

      Delete
    3. tanam paksa sekalian bray..

      Delete
  5. saya nih pecinta bola tapi kurang tahu informasi seputar bola untung saja kang jeverson ini memberikan informasi seputar euro2016 membuat saya penasaran ingin membaca. Mana foto maskot nya masss ?

    ReplyDelete
  6. ini jd udh mulai blm? soalnya suamiku kok ga prnh kliatan begadang ;p. hihihi, aku ga suka bola sbnrnya, tapi kdg2 sukaaja ngeliat suami heboh jejeritan kalo lg nonton :D.. dan sebagai istri setia, milih jagoannya harus sama ama suami, yaitu Jerman. eh tapi jerman masuk ga ya..jgn2 sama kyk si belanda ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mbak, tanggal 10 nanti baru mulai. hohoho.
      jerman masuk kok, masuk..

      Delete
  7. Wew euro 2016 kapan nih bakal tayang di tv? btw indonesia main juga gak? sebagai orang yang kudet banget soal bola, jagoan gue indonesia aja ah karena yang gue tau ya tim indonesia doang cuy hehehe (itupun kalo indonesia ikut maen di euro)

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. main kok, indonesia main. euro kan.. ajang buat tim-tim asia.. ini nanti gue wakilin indonesia di euro. gue jadi yang angkat2 aqua buat pemain.

      Delete
    2. Ahi hi hi saya baru tahu lo kang kalau indonesia ikutan di euro kalaupun ikutan pasti saya akan dukung 1000%.

      Delete
    3. Wahh kayanya kang jeverson jadi seksi konsumsi nihh :D

      Delete
  8. Aku mah berharap semangat Jamie Vardy di Leicester City mampu mempengaruhi rekan setimnas. Semoga Rashford juga gemilang penampilannya. Go..go..go...Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inggris mantap sih squadnya, pemain mudanya kalau di pes atau fifa itu speednya gokil-gokil. apalagi, ada si rashford yang masih 18 tahun...

      Delete
  9. Woaaaah EURO 2016 France. Gue sebagai fans tim tiga singa akan selalu support Inggris di Euro 2016 ini apapun hasilnya. Mengapa gue dukung Inggris? Lain dan tak bukan karena ada Wayne Rooney disana, itu dulu, tapi sekarang gue dukung inggris karena telah mengetahui seluk beluk skuad tiga singa. Gak sabaran nih liat rushford membobol gawangnya de gea haha, tetapi gue tak terlalu berekspektasi sih.

    Belgia? cukup menyeramkaaaan, semoga nantinya seru

    #SupportEnglandforEuro2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, hooligan. go save ur queen.

      Delete
  10. Gue baru tau, kalo belanda nggak masuk euro... yah bye bye van persie... pelatihnya masih van gaal bukan sih?
    belgia? Hmm... tapi kmren gue liat table fifa, yang paling puncak itu argentina deh. Itu brrti tim paling dahsyat argentina kan? Ooh, lu suka belgia karena bnyak pemain chelsea, tpi malah ga dkung inggris? Gue megang apa ya, inggris ada si supardi, mau jagoin prancis si benzem kaga masuk skuat, mau milih jerman, kmren smpet kalah d frendlie match, bingung gue. Belgia sih, ya ga tau jg lah. Gue malah dukung tim anderdog sih. Ya paling prancis atau jerman lah. eh itu mah bkan tim underdog ya? Hahahah

    Kita lihat nanti lah ya... belgia bnyak sih emg yg dkung, tapi bisakah melawan tim yg memang udh mental juara?
    Eh, btw... belanda blom prnah juara world cup kan ya? Sebutannya raja tanpa mahkota bukan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. van gaal udah resign sejak wc 2014 keleus.. hmm, akhir2 ini argentina memang lagi perkasa sih ranknya. tapi sebelumnya belgia cukup konsisten di puncak rank fifa bro. oh, anderdog.. gue kira lo bakal dukung mesir. ini maksudnya lo emang nggak tau julukan belanda, atau emang udah tau tapi berniat nyindir ya...

      Delete
  11. Kayanya Piala dunia tahun ini sepi yah, apa krn sy yg tidak hobi bola yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA IYALAH SEPI....
      orang tahun ini nggak ada piala dunia, adanya euro sama copa america..

      Delete
  12. Belgia? Setuju juga sih, bisa dibilang belgia saat ini generasi emasnya. Hazard, lukaku, de bruyne dll.

    Tapi gue itu orangnya anti mainstream, gue suka dukung tim yg jarang di dukung. Gue pegang slovenia. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. solivenia? gokil... hahaha, setau gue slovenia itu salah satu tim yang bikin italy nggak lolos di wc 2010.

      Delete
  13. Gua jagoin semua Tim yang ikut piala Europe yang bakal menjurain piala Europe dan nggak jagoin Tim yang ikut copa amerika untuk juara piala Europe, tapi tetap Spain gua jagoin karena gua suka sama spayol ckck

    ReplyDelete
  14. Ketinggalan banyak dah berita bola *Dilema hidup di hutan

    ReplyDelete
  15. Wah, saya suka bola klo Timnas Indonesia tanding aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus, nasionalisme yang tinggi.

      Delete
  16. Wahh, ini nih yang ditunggu para pecinta sepak bola! Apalagi pas sama bulan ramadhan, bisa jadi begadang nonton bolanya dirangkap sama sahur.

    Yang paling disayangkan emang timnas Belanda ya yang nggak lolos di euro tahun ini. Kalo jagianku sendiri sih masih tetap Germany dong.

    Siapapun juaranya nanti, tahun ini kelihatannya bakalan meriah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. jerman emang konsisten sih dalam ajang-ajang bergengsi, nggak kayak belanda :")

      Delete
  17. Wahh, ini nih yang ditunggu para pecinta sepak bola! Apalagi pas sama bulan ramadhan, bisa jadi begadang nonton bolanya dirangkap sama sahur.

    Yang paling disayangkan emang timnas Belanda ya yang nggak lolos di euro tahun ini. Kalo jagianku sendiri sih masih tetap Germany dong.

    Siapapun juaranya nanti, tahun ini kelihatannya bakalan meriah sekali

    ReplyDelete
  18. Udah mau musim bola ya :))

    ReplyDelete
  19. Udah mau musim bola ya :))

    ReplyDelete
  20. pokoknya gue pegang italy, pasti bakal juara. taroan yok

    ReplyDelete
  21. sorry jeff, bukannya apa apa tapi kalau soal bola membola gue beneran nggak tahu menahu..gue bukan salah satu cewek anti-mainstream yang suka mantengin bola. heheheh..siapa aja yang lo pegang semoga menang deh yak..*apaanmainpegangpegang

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua cewek sama saja..

      Delete
    2. ahahaha..enak aja..tapi emang betul. -.-

      Delete
  22. sorry jeff, bukannya apa apa tapi kalau soal bola membola gue beneran nggak tahu menahu..gue bukan salah satu cewek anti-mainstream yang suka mantengin bola. heheheh..siapa aja yang lo pegang semoga menang deh yak..*apaanmainpegangpegang

    ReplyDelete
  23. sumpah, saya ngak tau menau sekali tentang bola.. hahaha
    saya pikir bola semua sama aja, eh tenyata..
    yang kemarin baru selesai itu COPA ya? bener ngak sih?
    baru nanti yang akan mulai itu EURO ya?
    bener-bener ngak ngerti saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. copa belum selesai, lagi main. besok baru euro..

      Delete
  24. btw kalo euro cup gak updet biasaya mala worldcup itu, dan itupun suka pembukaan sama penutupan, dulu sering banget papa ngajain nobar itu worldcup

    kalo eurocup, sory gak update :v

    ReplyDelete
  25. pas taun kemaren bakal jagoin belgia gara2 sekarang ini generasi emasnya mereka, tapi pas musim berakhir kayaknya belgia agak berat nih. Hazard + courtois melempem cuy di chelsea. Benteke gagal di Liverpool, Mignolet... ah sudahlah. Berharap Lukaku + de bruyne aja nih yang lumayan cihuy musim kemaren, eh origi juga bisa jadi supersub.

    gue jagoin inggris sih walaupun mereka selalu PHP. Tim spesialis turnamen macam jerman atau spanyol nih bahaya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya yang jagoin inggris..

      Delete
  26. Gue juga alami nasib yang sama seperti lo, sob. Jagoan gue Denmark, malah gak lolos tahap kualifikasi. Sempat ada harapan untuk lolos lewat fase play-off, eh malah kalah juga sama Swedia. Karena Ibrahimovic kmfrt itu haha. Tapi gue harus bisa moveon. Sekarang gue dukung The Three Lions, alias Inggris buat juara Euro 2016 ini.

    Kenapa harus Inggris? Klub favorit gue saat ini, Tottenham Hotspur menyumbang lima pemainnya ke timnas Inggris. Itu yang membuat gue sekarang dukung Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gokil. antimainstream abis, totenham sama denmark.

      Delete
  27. mantap ni sambli sahur, akhirnya jomblo ada yang nemenin :'D btw gue jagoin italy sama prancis

    ReplyDelete
  28. Haha, aku gatau harus dukung siapa dan ini event sepak bola besar apa. Aku gak paham bola sih wkwkwk... Tapi mayan lah... jad tau-tau dikit. Tapi asli aku gak paham apa yg kamu jelasin xixixixi maapkeun...

    ReplyDelete
  29. Uhuy euro sebentar lagi mulai! Jadi gak sabar, buat tidur abis matahari terbit hahaha.
    Mantap! Bener sih, loyalitas itu mungkin hal yang sepele, tapi itu penting. Kalau sama tim kesayangan aja gak loyal, gimana sama doi. (loh?)

    Aku sendiri jagoin jerman sih. But, Belgia juga akhir akhir ini sangat layak sekali untuk disebut sebagai salah satu lawan tangguh di euro esok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, loyalitas itu penting bruh..

      Delete
  30. Gue merasa. ga ngerti apa apa soal bolah hahaa

    Gue ga jago in siapa siapa. Netral haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa-apa, indonesia waktu perang dingin juga non block. netral.

      Delete
  31. Loyalitas itu penting. Bener Jeff. Dan dari dulu aku tetep dukung Inggris. Semoga Inggris tahun ini bisa sampe final, paling nggak semi final lah. Dari segi pemainnya juga menurutku udah lumayan bagus. Optimis bisa sampe semi final.

    Kalau Belgia emang bagus tuh. Piala dunia kemaren aku sama temenku memprediksi Belgia masuk final. Sayangnya prediksinya salah. Padahal dari segi pemain, Belgia ini udah ntep banget. Mungkin di Euro kali ini permainan Belgia lebih ntep lagi.

    ReplyDelete
  32. Ajang judi taruhan akan segera di buka lagi hehehe

    ReplyDelete
  33. wih suara cowok byk dsini, pecinta bola keluar smua..haha :D
    etddah, pada demam bola di bulan juni.

    ReplyDelete
  34. Njir, jagoin belgia cuma karena belgia punya hubungan sejarah sama belanda, alasan yang masuk akal vro. Btw, gue juga jagoin belanda pas world cup kemaren walaupun ga menang tapi gue ga kapok buat jagoin negara yang udah menjajah indonesia 350 tahun itu hehehe...

    Di euro kali ini gue jagoin inggris, karena gue pengen naek double-decker muahaha...

    ReplyDelete
  35. Kalau jagoan saya spanyol kang, karena mainnya keren kang dan juga tidak ngasih banyak peluang buat lawan untuk mencetak gol.

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>