Wednesday, June 1, 2016

The Body (2012), a Must Watch Spanish Thriller-Mystery Movie!




Hola Señorita~


Karena berbagai macam alasan, akhir-akhir ini gue lagi hobi nonton film thriller berbahasa spanyol. Ternyata ada cukup banyak thriller spanish yang gokil-gokil, salah satunya film keluaran tahun 2012 yang berjudul The Body atau yang bahasa latinnya El Cuerpo. Beleive me, the goddamn twist at the ending of the movie is a masterpiece. 


Berikut Sinopsis sekaligus review dari film The body / El cuerpo 2012 ini,

****

Cast: 
Belén Rueda - Mayka
Hugo Silva - Alex ulloa
José Coronado - jamie  


Sebuah bumbu misteri sudah ditabur diawal dari film ini. Film The Body ini dibuka dengan scene tertabraknya seorang penjaga kamar mayat yang lari terbirit-birit seperti sedang dikejar sesuatu. Selanjutnya misteri dibuat semakin kompleks setelah terkuaknya kasus hilngnya mayat seorang wanita kaya dari kamar mayat tersebut. Sebenarnya, apa yang membuat si penjaga mayat itu lari terbirit-birit? Kenapa mayat itu hilang? Siapa yang mengambil maya tersebut? Berbagai macam teori konspirasi pun mulai bermunculan baik dari pihak kepolisian dibawah pimpinan kapten Jamie, atau pihak suami dari wanita kaya yang mayatnya telah menghilang itu.


Mayat Mayka
where is the body?!

Setelah mayat Mayka menghilang, Alex Ulloa (sang suami) pun menjadi tersangka utama dari kasus pencurian mayat itu. Disini, akan terkuak sebuah fakta kalau sebenarnya Mayka meninggal bukan karena serangan jantung, melainkan karena diracun oleh suaminya sendiri. Dengan segala cara, Ulloa dan kelicikannya berusaha untuk menutupi fakta bahwa istrinya mati karena diracun. Tapi menghilangnya mayat sang istri tentunya membuat bingung Ulloa. Karena yang ia tahu, sang istri telah meninggal 8 jam setelah ia racuni dan Ia tidak tahu sama sekali kenapa mayat Mayka bisa tiba-tiba menghilang, dan siapa yang mengambil mayatnya.

Konflik kemudian menjadi semakin rumit ketika intrik perselingkuhan Ulloa dengan salah seorang gadis bernama Carla muncul dan bermain di sepanjang film. Perselingkuhannya dengan seorang gadis bernama Carla itu lah yang akhirnya membuat Ulloa tega meracuni istrinya sendiri. Saat itu, Ulloa berada di situasi tersulit dalam hidupnya dimana ia tertahan berjam-jam di rumah mayat dan tidak bisa pergi kemana-mana karena menjadi tersangka utama dari kasus hilangnya mayat sang istri yang sebenarnya meninggal karena memang dibunuh. Selain itu, beberapa teror yang menghantui Ulloa di tempat mayat tersebut semakin membuat Ulloa yakin kalau mayat sang istri tidak dicuri, melainkan hidup kembali. 

Menjelang akhir film, sebuah misteri kembali disajikan ketika polisi menyatakan bahwa ternyata Carla yang menjadi selingkuhan Ulloa selama ini adalah seseorang yang tidak pernah ada. Carla tidak pernah terdaftar di universtias dimana mereka pertama kali bertemu, alamat rumah Carla pun dinyatakan tak berpenghuni. Menjelang ending, Oriol Paulo selaku sang sutradara dari film The Body ini kembali menyiksa penonton dengan berbagai macam misteri yang pada akhirnya akan terkuak di bagian paling ujung dari film ini sendiri. Siapa sebenarnya Carla? Siapa yang mencuri mayat Mayka? Apakah Mayka memang belum mati?  Atau, ini semua hanya mimpi?

Sudah mulai penasaran sama puzzle-puzzle misteri yang ada di film ini? Oke cukup, spoiler sampe disini aja. 

Ih jijik toiletnya kotor..
Semua pecinta thriller tau, kalau sebuah film thriller tentunya akan menjadi semakin suspense dengan bumbu misteri didalamnya. Misteri-misteri yang ada baik dari teror yang dialami oleh Ulloa atau flashback demi flashback yang terjadi membuat film The Body ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka mengkonsumsi thriller-mystery barat. Selain penuh akan konflik yang penuh dengan misteri, ending dari film ini pun semakin memperkuat keapikan film yang satu ini. 

Demi rambutnya pep guardiola, twist ending yang disajikan di akhir film El Cuerpo ini gokil abis. Salah satu twist ending tergokil yang pernah gue lihat dari sebuah film thriller non psychological, mungkin. Lain halnya dengan film-film thriller psychological seperti Fight Club atau Black Swan atau Secret window, ataupun A Tale Of Two Sisters yang lebih memainkan psikologi sang karakter utama untuk membuat sebuah ending menjadi twist, Oriol Paulo lebih memainkan sebuah konspirasi antara dendam dan masa lalu yang membuat ending dari film The Body ini menjadi tak terduga. Sebuah dendam dan perencanaan yang sangat matang kemudian dikonversikan menjadi sebuah konspirasi membuat twist ending dari film ini terlihat lebih hidup dan make sense. Ya, katakan saja ending dendam dan konspirasi ini sejenis dengan ending film thriller korea keluaran 2013 yang berjudul montage.


Alex Ulloa

Buat pecinta film thriller-mystery barat yang mulai kehabisan list film untuk dicicipi, maka menghabiskan waktu 1 jam 51 menit untuk mencicipi misteri yang disajikan oleh Oriol Paulo di film The Body a.k.a El Cuerpo ini akan menjadi hal yang cukup menarik. Percayalah.

8.2/10,
Maybe.

                      


28 comments:

  1. Kek gimana itu ya ahahhah. Aku bayangin aja dialognya :-D

    ReplyDelete
  2. duuh, entah kenapa film luar aku gak terlalu suka. tpi klo movienya ad komedia atau lucu gitu aku suka, film yg sensasinya menegangkan aku suka shock. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehem, kalau begitu.. film ini jauh dari kata komedi.

      Delete
  3. Kuraang suka thriller ._. ampun deh ngeri wkwkw

    Sukanyaa komedi sama perempuan yang sholehah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah wah, kalau suka perempuan soleh mah.. susah deh nyari di thriller barat. tau sendiri kan :")

      Delete
  4. Gue juga kurang suka film thriller Jev, baca spoiler mu aja udah ngeri duluan. Huhu :(
    Gue nebaknya kalo Mayka emang belum mati aja, jadi mayatnya nggak dicuri. Tapi emang hidup dan ingin bales dendam ke suaminya.

    Cieee bentar lagi jadi maba HI cieee. semoga tercapai Jev. aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap! tebakan anda... salah :(

      Delete
  5. ini thrillernya kejam ga? kayak murdernya gitu yang parah? agak takut kalau bunuh-bunuhannya terlalu sadis huhu.
    tapi saya tertarik buat nonton...
    pengen denger orang spanyol kalau berdialog gimana huhihihi
    terus ceritanya interesting gitu. apalagi agak complicated gini, biasanya seruuuuuuuu!!!!!!!!

    waaah Maba HI nih? selamaaaat ya!
    semoga suksesss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak, ini bukan tipe thriller yang mengekspos murder-murderan kayak thriller psycho gitu. ini fokusnya lebih ke... ceritanya :)

      Delete
  6. ini endingnya gimana jev? endingnya ternyata mayka itu hidup kembali begitu kah ?

    ReplyDelete
  7. kok berasanya gue sedang dipanggil panggil kemari ya, e bener ni anak lagi bikin postingan film thriller

    merapaaaatttt :D
    jef yang gue tanya kan jarang ni thriller spanish ada di jajaran tukang dvd
    jadi intinya ulloa pacaran dengan makluk imajiner?
    lu menontonnya lewat apah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gokil, berarti hawa-hawa thriller blog ini sudah tercium dari kejauhan ya.
      nonton online aja mbak, banyak websitenya. kalau nggak ketemu yang sub indonesia, yang sub inggris jug amasih banyak kok. bukan, bukan imajiner... twist nya jauh dari dugaan.

      Delete
  8. Nonton film genre thriller-mystery aku malah suka kesel sendiri dan sedikit takut apalagi kalau ada acara-acara pertumpahan darah duh ga kuat liatnya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. chill, film ini lebih ke cerita mystery daripada bunuh-bunuhan..

      Delete
  9. Keren. Gue dibuat jadi penasaran. Bakal tayang di bioskop gak nih? apa ini filem lama? Duh kasih gue dong filemnya, pengen buru-buru nonton :')

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. mayan nih buat olah jantung. Link donlodnya dunk, gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton streaming aja dunk gan..

      Delete
  11. Penasaran sih, tapi kan namanya thriller pasti serem tuh ya, malah lebih serem dari film horor yg ada hantunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dipikir secara realistik, yap.. thriller lebih serem seharusnya karena sejatinya manusia sama hantu lebih sereman manusia. hantu yang suka membunuh mungkin hanya ada di film horror, kalau di dunia nyata mungkin kasusnya cuma 1 banding sekian juta kasus. kalau manusia di dunia nyata? hampir tiap hari ada kasus pembunuhan..

      Delete
  12. Rekomendasi yang cihuy nih :) list donlotan film gue minggu ini dipenuhi sama romance dan action, dapet satu thriler ya bolehlah biar ada deg-degannya dikit hhehe :D thank you Jep :D

    ReplyDelete
  13. Jev, ini postingan cocok banget buat referensi gua nyari film thriller di luar Hollywood. Ah, keren bro. Gua baca review lo aja udah bikin penasaran :D

    "Believe me, the goddamn twist at the ending of the movie is a masterpiece" ni kalimat yang bikin gua penasaran abis. Trailernya pun kelihatan menjanjikan, kalo pake subtitle yang bahasa Inggris pun semestinya ngga ada kalimat-kalimat yang ngejelimet kan? Hehe :p

    Jadi alur ceritanya lebih mengikat penonton untuk terus nonton ya, justru film-film semacem ini bener-bener bisa "menyiksa" penonton, dan kalo twist-nya oke, bisa bikin merinding seru nih haha. Tahu kalo di awal cerita udah ada sosok mayat menghilang aja udah bikin gua penasaran, nah ini ditambahin faktor kalo si Carla ternyata adalah seseorang yang tidak pernah ada. What happened??

    Selain Spanyol, film thriller dari negara Eropa mana lagi yang udah lo coba tonton, Jev?

    ReplyDelete
  14. Menarik nih! Blm pernah liat thriller Spanyol :-)

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>