Thursday, July 28, 2016

ABIS FEP-FEP..


Dari tanggal 18 Juli sampe 23 Juli kemarin, gue dan budak-budak universitas yang lain lagi sibuk ngikutin kegiatan FEP di BINUS. FEP bagian General Orientation, lebih tepatnya. Tiap hari dateng pagi, pulang siang. Pake kemeja putih, sama celana bahan. Kenalan sana, kenalan sini. Makan siang bareng, ketawa bareng, makan siang sambil ketawa bareng, semuanya bareng. Semuanya demi universitas, demi masa depan yang cerah adanya.




Sebenernya, kegiatan macam apakah FEP itu? 


emm..

FEP (EF-E-PE) adalah singkatan dari Freshmen Enrichment Program, sejenis program pengenalan dari kampus untuk para calon mahasiswa baru. Bukan, FEP bukan semacam ospek atau pelonco, FEP itu.. lebih halus daripada ospek dan semacamnya. Kalau pelonco a.k.a ospek itu kan, para mahasiswa baru dikenalkan ke kampus oleh para senior dengan cara yang 'Ngerjain'. Tapi kalau di FEP, mahasiswa baru dikenalin ke lingkungan kampus dan dunia perkuliahan dengan diberi pendidikan yang informatif secara wajar. Nggak ada disuruh bawa ini itu, nggak ada disuruh pake atribut yang aneh-aneh, dan pastinya nggak ada intimidasi. Pokoknya tugas kita cuma disuruh jadi asuransi buat kakak koordinatornya, yang always listening always understanding. Dan tugas para koordinatornya adalah menjadi softex, yang bisa membuat para peserta FEP selalu nyaman di setiap saat. Hahahaha!

Kalau waktu sekolah dulu, kita di mos sama senior yang tergabung kedalam grup OSIS, maka di FEP ini kita dibina sama para senior yang tergabung ke dalam grup BC a.k.a Buddy Coordinator. Sejujurnya, gue juga baru tau kalau BC itu kepanjangan dari Buddy Coordinator. We are the buddies, and they are the coordinators. Setiap jurusan atau setiap angkatan pasti memiliki kakak-kakak BC nya masing-masing. Biasanya, setiap grup BN itu punya sekitar 6 kakak BC. Apa itu grup BN? BN itu singkatan dari Bina Nusantara. Biasanya, FEP itu dilakukan bertahap sesuai gelombang. Ada yang gelombang pertama, gelombang kedua, sampe seterusnya. Dan setiap gelombang diwakili oleh alfabet awal didepannya. Ada ABN, BBN, CBN, DBN, dan seterusnya. Gue sendiri terdampar di ABN 13, jurusan Hubungan Internasional angkatan BINUSIAN 2020.

First day from my side..
 

FEP itu sendiri dibagi jadi 3 bagian, ada General Orientation (GO), ada Academic Orientation (AO), dan terakhir ada Campus Life Orientation (CLO). Tanggal 18-23 Juli kemarin gue mengikuti kegiatan FEP di bagian GO. Hari pertama FEP, para calon maba masih dibebaskan dalam hal berpakaian. Nggak pake dress code, yang penting sopan. Di hari selanjutnya, barulah kami dikasih dress code black and white. Atasannya kemeja warna putih, bawahannya celana bahan warna hitam. Kenapa harus kemeja putih sama celana bahan warna hitam? Entah lah, seenggaknya gue bersyukur karena dress codenya bukan Legging macan tutul khas emak-emak. 

Konflik utama yang terlintas di pikiran gue adalah,  

"Ini gimana penampakan temen-temennya?"  
"Gimana cara ajak kenalannya?" 
"Kalau nggak ada yang mau temenan sama gue terus gue jadi anti social terus bunuh diri gimana?"  

Untungnya, di jurusan HI BINUS ini gue punya 1 orang temen yang emang dulunya satu sekolah sama gue. Jadi seenggaknya, gue udah berhasil investasi 1 orang temen. Jumlah orang di kelas ABN 13 kemarin itu sendiri lumayan banyak, total ada lebih dari 60 orang dan jurusannya HI semua. Ternyata, di HI itu jumlah ceweknya lebih banyak daripada jumlah cowoknya. Mungkin, hampir 3x lipat. Penampilan cewek-ceweknya pun juga beraneka ragam. Ada yang pake kacamata, ada yang rambutnya dicat pirang, ada juga yang pake kacamata terus rambutnya di cat pirang, ada juga yang rambutnya di cat pirang terus pakai kacamata. Apapun itu, gue berharap pirang yang ada pada warna rambut mereka bukan gara-gara mereka ketumpahan cat waktu lagi bantuin bapaknya renovasi rumah. Atau, gara-gara mereka terinspirasi sama warna boxernya justin bieber. 

Kenalan sama banyak orang yang belum kita kenal itu bukan hal yang mudah. Dari segi jokes, terutama. Karena apa yang mereka anggap lucu dan asik, belum tentu bakalan kita anggap lucu dan asik juga. Mungkin apa yang mereka anggap lucu, bisa jadi kita anggap freak. Apalagi, kalau kenalannya sama lawan jenis. Salah dikit, hidup 4 tahun di universitas kita dipertaruhkan..    

Percaya nggak percaya, kenalan sama cewek waktu lagi FEP itu nggak segampang kenalan sama cewek kayak di film-film hollywood. Kalau kenalan sama cewek di film hollywood, kita cuma perlu dateng ke bar terus tanya ke cewek yang lagi duduk sendirian, "Can I buy you a drink?" Dan kalau kita beruntung, si cewek ini akan merespon dengan senyuman dan keesokan paginya terbangunlah kita disamping cewek itu di atas ranjang. Kalau di FEP, sembarangan ngajak kenal cewek kan kita bisa dikira sok asik. Belum lagi nanti ada yang ngerasa dimodusin. Belum lagi yang ngerasa dimodusin itu ternyata udah punya pacar, dan ternyata pacarnya itu atlet angkat besi. Bisa remuk badan gue dibanting pacarnya. 

In the class yo..


In the auditorium yo..
Jadi peserta FEP itu nggak ribet. Cuma baris, duduk, terus dengerin penjelasan dari kakak BC. Kadang duduknya di kelas, kadang juga duduknya di ruang auditorium. Salah satu cobaan terberat yang mungkin dirasakan oleh para peserta FEP adalah berusaha buat nggak ngantuk di ruang auditorium. Ruang auditorium itu adanya di Binus Anggrek, tempatnya luas, dipenuhi dengan ratusan bangku warna merah, dan pastinya dingin. Sekilas, ruang auditoriumnya itu keliatan kayak ruang opera. Kemarin waktu lagi sesi bunga rampai buat pengenalan UKM-UKM yang ada di BINUS, rasa kantuk merasuk kedalam diri ini bersama dengan dinginnya hawa auditorium kala itu. Asli, waktu lagi pengenalan UKM itu ruang auditoriumnya dingin, lampunya dimatiin, bangkunya lumayan empuk, asik banget lah itu buat dijadiin tempat tidur.  Buat masalah UKM sendiri, gue milih Binus TV. Semenjak pertama kali tau kalau Binus TV itu UKM, gue langsung membulatkan tekad buat ambil Binus TV divisi news.

FEP itu sendiri adalah program yang wajib buat diikuti, karena pengaruhnya ke jumlah point mahasiswa itu sendiri. Ada banyak hal tentang dunia perkuliahan yang dikasih tau oleh para kakak BC di FEP ini. Mulai dari cerita tentang dosen-dosennya, ulangannya, suasana belajarnya, pokoknya banyak lah. Kabarnya, HI di angkatan gue nanti bahasa PBB yang harus dipilih cukup 1 aja selain Inggris. Padahal, di angkatan-angkatan sebelumnya bahasa PBB a.k.a Perserikatan Bangsa-Bangsa yang wajib dipilih itu totalnya ada 2, selain inggris. Gue yang awalnya berniat milih bahasa Inggris, Mandarin sama Spanyol pun cuma perlu milih bahasa Inggris sama Mandarin. Untung, gue belum les bahasa Spanyol. Yeah... hidup Mandarin! Ni hao ma! You Are The Apple Of My Eye! 



Bukan idol group..

Setelah beberapa hari ikut kegiatan FEP, gue jadi keinget sama kegiatan MOS yang pernah gue ikuti dulu sebelum resmi jadi anak SMP ataupun SMA.

Waktu MOS SMP, guru pembimbing MOS gue pernah bilang, 

"Kalian udah SMP, udah bukan anak SD lagi..."

Dan waktu MOS SMA, guru pembimbing MOS SMA gue pun pernah bilang..

"Kalian udah SMA, udah bukan anak SMP lagi.."

Ya begitulah, semakin senior kita maka harus semakin tau diri juga kita. Meskipun di FEP ini nggak ada kakak BC yang bilang "Kalian udah jadi mahasiswa, udah bukan anak SMA lagi", tapi seenggaknya gue harus sadar kalau kuliah itu beda sama sekolah. Setelah 6 hari mengikuti kegiatan FEP tahap awal buat binusian 2020, ada cukup banyak hal yang gue dapatkan. Terutama, gambaran tentang dunia perkuliahan. Banyak yang bilang kalau dunia kuliah itu nggak seramah dunia sekolah. Tugasnya, organisasinya, ekskulnya, ulangannya, dosennya, bahkan lingkungan pertemananya bisa dibilang cukup ganas. Ya, mungkin memang benar. Semakin senior kita, semakin harus tau diri juga kita. Welcome to the jungle, kuliah itu udah bukan waktunya buat main-main lagi. Tapi kalau main-mainnya sekali-kali nggak apa-apa, sih. 


FEP BINA NUSANTARA
Ini bukan gue yang nggak tinggi, tapi temen gue yang nggak pendek. percaya lah..

42 comments:

  1. keren jurusan mu jev.. sukses ya FEP dan kuliahnya :)
    yoo ayo jd anak tinggi - minum susu hilo school..wwkww :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggi gue 168 loh.. normal untuk orang asia..
      temen gue yang kurang normal.. kelebihan..

      Delete
  2. Lha perasaan kemaren udah kerja, kok sekarang ternyata baru masuk binus ya? Bingung gue jep. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren kan kerja buat mengisi waktu luang beberapa bulan sebelum kuliah...

      Delete
  3. wooh iya perasaaan gue terakhir baca potingan lo lo kerja gitu, di bagian IT bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngarang kan.. gue nggak kerja di bagian IT keleus

      Delete
  4. Wess binus, sama dong kayak yang heboh di Ig. Aw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang yang heboh di IG apaan?

      Delete
  5. Kerjaan elu gemana jep? keluarkah?
    atau masih setia nungguin bosmu macanmu?
    xixixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tau aja boss macan. kontrak gue abis agustus akhir nanti...

      Delete
  6. wohoo hidup mahasiswa!!
    ini FEP nya 6 hari lama amaat.
    gue baru OPAK (istilah halus untuk OSPEK juga) ntar akhir agustus, dan alhamdulillah cuma 3 hari si, semoga cukup untuk mengenal lingkungan kuliah dan ganasnya kehidupan disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi.. FEP itu kan emang keren.. cuma BINUS yang punya, hahahaha

      Delete
  7. Oh masuk jurusan hubungan internasional
    Berarti bisa pacaran ama orang luar negeri dong

    ReplyDelete
  8. Aciee Jef udah fep-fepan. Sebenarnya sepanjang aku baca tuh ngangguk-ngangguk kurang paham gitu. Tapi mayan lah masuk.
    But, demi apa itu anak ceweknya lebih banyak daripada laki-laki? Waah... Kalo aku jadi dirimu, serasa kayak di sekolah SMK lagi. Banyaknya cewek. 571 cewe dan 6 cowo :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset... kejam amat 6 cowok harus melayani 571 cewek begitu....

      Delete
  9. Mandarin Recommended banget son ..
    Gue juga lagi belajar mandarin ini ..
    nanti sering-sering ngeblog pake bahasa mandarin ya son ..
    Xie Xei son ..

    ReplyDelete
  10. Welcome to the jungle! Selamat jadi mahasiswa yang keras di tengah perkuliahan yang keras ya. Bukan keras karena lihat mahasiswi, tapi keras karena menuntut ilmu~

    Btw aku ngakak sama perumpaan asuransi dan softex. Hahahahahaha. Pas banget gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sudah lah, hidup ini memang keras. keras dan keras.

      Delete
  11. Istilah MOS nya di ganti apa yah!

    ReplyDelete
  12. Wohooo! Anak BINUS sekarang. Kerjaannya masih lanjut atau gimana, Jev? Udah keren sekarang mah, nggak ada perploncoan. Gue juga seneng dengernya, bikin tenang kalo tahun depan gue masuk universitas.

    ReplyDelete
  13. wohooo selamat jadi mahasiswa Jev. caption foto paling bawah jadi kesimpulannya apa dong kalau bukan lu yang nggak tinggi tapi temen lu yang nggak pendek hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya, gue cukup tinggi. ideal aja lah.

      Delete
  14. kereeen binus, ga ake acara2 plonco2an lagi... gitu dooong ;).. di tempat kuliahku dulu, pas di penang anak baru juga disambut ama acara pesta dansa di hotel gitu.. makanya aku g prnh ngalamin plonco ampe skr :D..

    jurusannya yg dulu sempet aku pengenin nih jev ;p.. dulu pgn msk HI supaya bisa jd diplomat ;p.. apa daya terdampar di akuntansi dan bisnis ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gokil.. pesta dansa.
      yeahh, hidup HI....

      Delete
  15. Cie..cie.. yang udah jadi mahasiswa... :D
    Hubungan internasional itu hapalannya banyak, tapi seru!
    awal-awal kuliah biasanya masih semangat belajar nih.
    Mudah2an semangatnya ada terus sampe lulus kuliah yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, anak HI juga ya? mantappp

      Delete
  16. Baru tahu tentang FEP. Maklum dulu gak pernah ngerasain kuliah. Kayaknya kegiatannya asyik ya?

    ReplyDelete
  17. Selamat jadi mahasiswa bro. Dinikmati aja kuliahnya. Nggak usah terlalu serius tapi juga jangan terlalu nyantai. Semester pertama buat adaptasi, jadi gunain aja semester itu buat adaptasi sebaik mungkin. Ingat juga sih kuliah nggak sekedar soal ipk. Bukan sok bijak tapi cuma curhat aja.. Hehehe. Btw, salut sama kampusmu yg nggak ada perploncoan. Tjakep dah. Salam olah raga (lho?). Oh ya tanya dong, d blogmu kalo komen cuma bisa pake google akun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih saran dan masukannya, mitra olahraga. hmm.. bisa pake yang lain kok..

      Delete
  18. yayy udah masuk kuliah, semangat yak! kegiatannya seru bgt, dan aku jg selalu awkward kalo kenalan pertama kalinya. selesaikan perjuanganmu sampe habis, oke? :) good luck di hubungan internasional!

    ReplyDelete
  19. Ciee tahun ini masuk jenjang kuliah nih haha, selamat datang di duni barumu ya.
    aku rasa FEP ini lebih keren lah sistemnya kalau dibandingkan dengan MOS atau ospek. lebih tertata, lebih teratur, nggak saling merendahkan, asik banget. cuman ya harus terpaksa make baju putih celana kain aja ya.
    udah bukan anak SMA lagi, jadi siapkan mental baru yang lebih strong.

    ReplyDelete
  20. Yoii meenn binusian 2020!! Ntaps dah! Haha.

    Binus itu emg cakep sih ya? :'D haha #iyelah.
    Ruang auditoriumnya itulohh... Gue smpet nyobain dduk d stu kok, dgrin kakak2 keceh yg lg pda ngejelasin sesuatu di dpn. Tp bkannya dgrin. Gue malah jd brusaha nahan ngantuk. Emg bner bkin ngantuk sih, adem, lampu dimatiin, bangkunya nyaman pula. Bioskop aja sih kalah ama auditorium binus anggrek yah :'D

    Enak yak skrg ga pake plonco2an. Lebih seru dan bsa lebih akrab ke smuanya dri lingkungan smpe org2nya:) hehe

    ReplyDelete
  21. Woee, Jep, Gue juga Binusian 2020! Dari gelombang DBN! Yuk, kapan-kapan kita meetup! :)

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>