Wednesday, July 13, 2016

NOBAR FINAL EURO 2016!


Minggu malam kemarin gue dan ratusan bahkan ribuan orang lainnya terdampar di SMS a.k.a Summarecon Mall Serpong. Agenda nonton bareng final EURO 2016 menjadi alasan terdamparnya para penikmat bola itu di mall yang terletak di selatan tanggerang ini. Nggak semuanya penikmat bola sih, kayaknya. Ada yang nobar buat nemenin pacarnya, ada yang nobar buat nemenin suaminya, ada juga yang nobar buat nemenin pacar suaminya. Dan disamping itu semua, ternyata ada sosok pak SBY alias pak Beye alias mantan (mantan presiden maksudnya) yang ikutan nonton di SMS. Gokil.

menra eiffel  yang tertunda

Bukannya nggak ada tempat nobar yang lain, sebenernya ada beberapa tempat di Jakarta yang nggak kalah asik buat dijadiin tempat nobar. Tapi, SMS itu bisa dibilang basisnya tempat nobar EURO 2016. Karena selama EURO 2016 berlangsung, nobar di mall SMS itu adalah nobar yang diliput sama RCTI sebelum giliran komentatornya yang bicara. Jadi tau dong, atmospherenya kayak apa. Euforianya pasti gokil, apalagi waktu itu partainya partai final antara Belanda vs Prancis. Maap, Protugal vs Prancis maksudnya. Belum bisa move on, cuy. 



Sama kayak partai-partai setelah penyisihan sebelumnya, partai final Portugal vs Prancis itu kick off jam 2 pagi. Gue dan beberapa temen gue yang lain pun nyampe di SMS dengan waktu berbeda-beda. Kelompok yang baik dari jam 9 udah nyampe buat booking kursi, sementara gue dan beberapa orang lainnya sekitar jam setengah 1 pagi baru nyampe situ. Ternyata, meskipun udah di booking dari jam 9, kursi yang ada masih nggak cukup buat kita semua. Saking besarnya antusias penikmat bola buat nobar sih, ya. Summarecon Mall Serpong malam itu seakan disulap menjadi Stade De France yang tertunda. Summarecon De France mungkin.. 



tempat futsalnya cuy
rame cuy

Sebenernya gue nggak terlalu antusias sama match Portugal vs France ini. Karena sejatinya, gue adalah pendukung setia Belanda yang "timnya" nggak lolos ke EURO 2016. Karena Belanda nggak main, di EURO 2016 ini gue megang Belgia buat jadi juara. Karena selain ada beberapa pemain dan eks pemain Chelsea, secara sejarah internasional pun Belgia pernah dikuasai oleh Belanda. Tapi sayangnya, Blegia malah kalah 3-1 dari Wales di perempat final. Wales sendiri pun akhirnya kalah sama Portugal yang akhirnya melaju ke final. Gue masih nggak rela sebenernya, mungkin kalau waktu itu Belgia yang menang maka Belgia lah yang melaju ke final. Coba kalau waktu itu Kompany sama Vermaelen main.. 

Gue sendiri ikut ngacir ke SMS buat nobar karena tertarik sama euforia nonton barengnya. Ngumpul sesama penikmat bola, nonton final EURO bareng, teriak bareng. Minggu malam kemarin itu SMS emang lagi rame banget. Tempat parkir mobil atau motornya juga penuh. Padahal, mall nya sendiri udah tutup dari beberapa jam yang lalu. 

Sebagai bentuk dukungan buat Prancis, malam itu gue memakai baju biru navi lengan panjang. Biar kayak warna jerseynya Prancis gitu. Padahal, malam itu gue lebih condong buat dukung Portugal. Sebenernya gue nggak peduli siapa yang bakalan juara sih. Kalau Prancis yang juara, ya wajar karena mereka tuan rumah. Kalau Portugal juara, mungkin bakalan seru juga sih karena itu berarti mereka berhasil mengalahkan tuan rumah padahal.. mereka sendiri hampir nggak lolos grup. Tapi bodo amat, siapa pun yang juara gue nggak peduli..

nobar di lapangan

The Wine Place
Waktu match dimulai, gue dan beberapa buah teman yang lain nonton dari dalem The Wine Place sedangkan beberapa temen sisanya nonton dari dalem lapangan futsal. Tapi karena ngerasa kalau euforia dari Wine Place nya kurang, gue ngacir ke lapangan futsal buat bergabung dengan beberapa teman yang lain. Tapi ternyata, jarak dari layar buat nobar sama lapangannya jauh! Huh, gue jadi ngerasa kayak lagi LDR-an sama layarnya... waktu babak kedua dimulai pun akhirnya gue kembali ke Wine Place. Satu hal yang kurang gue suka dari nobar rame-rame gini adalah asap rokok. Banyak perokok yang ngerokok, yang nggak nyadar kalau asapnya itu mengganggu banget buat orang-orang disekitarnya. Gue rasa, lain kali panitia harus membuat ruang tanpa ventilasi khusus smoking sambil nobar buat para perokok... biar kalau mereka pada asik ngisep, mereka juga pada asik menghirup asapnya masing-masing. Terus kena TBC, terus paru-paru membusuk, terus... ya begitulah. 

Tapi, euforia nobar malam itu emang kerasa banget. Seru lah pokoknya, nonton bareng orang-orang yang senasib sepenanggungan dalam hal olahraga favorit. Waktu ada peluang, disorakin rame-rame. Waktu bolanya out karena kesalahan pemain, disorakin rame-rame. Waktu kameranya ngeliput suporter cewek yang sexy-sexy, juga disorakin rame-rame. Waktu Ronaldo cidera padahal baru main beberapa menit pun jadi bahan perhatian waktu itu. Telenovela final euro 2016 waktu itu memang dibuka dengan cideranya seorang Christiano Ronaldo gara-gara disuntik sama Payet.. Ah, dasar iga payet. Suasana nobar pun menjadi sangat bergemuruh waktu itu..  bergemuruh dan dipenuhi dengan kata-kata yang agak kasar. Ada yang teriak "Syit men.." ada yang teriak "Waduhhhh" ada yang teriak "woyyy!" Ada juga yang teriak "Yamentee senpai.. crot". Ternyata itu Mesut Ozil, yang lagi mau dipeperin upil sama Joachim Low.

Ronaldo yang awalnya masih bisa berdiri dan kembali bermain, ternyata harus kembali terkapar di lapangan dan nggak bisa melanjutkan permainan. Ronaldo pun kembali nangis, duduk di bangku cadangan, dan pada akhirnya menjadi pelatih dadakan. Taktik Prancis di awal ternyata licik juga, cuy. Mungkin taktik Prancis di final bukan 4-4-2 atau 3-5-2 atau semacamnya, tapi taktik sakiti Ronaldo aja dulu.. kedepannya kita liat nanti.

Awalnya emang keliatan gampang buat Prancis waktu Ronaldo udah cidera di awal-awal pertandingan. Keliatannya sih gitu, tapi ternyata...hal itu cuma sekedar keliatannya. Prancis yang awalnya udah tuan rumah, main pake squad yang bisa dikatakan full team, ngelawan Portugal tanpa Ronaldo, cuma bisa main 0-0 dan dilanjutkan ke babak Extra time. Ini tentunya tragis. Bukan cuma buat Prancis, tapi buat gue. Karena saat itu, gue masih harus tetep kerja ngantor di jam setengah 9 paginya. Extra time buat Prancis ketika seharusnya mereka bisa menang tentunya merenggut hak untuk tidur para manusia yang waktu itu kerja di senin paginya. 

Kembalikan waktu tidur ku..
Waktu extra time, Prancis masih terus menekan Portugal. Tapi entah kenapa, hati kecil gue mengatakan kayaknya bakal seru kalau Portugal yang diserang terus malah ngegolin lewat counter attack. Dan benar saja pemirsa-pemirsa, waktu di second extra time ketika pertandingan hampir masuk ke babak adu pinalti, gue melihat sesosok pria yang berkulit gelap berbaju merah dan rambutnya dikepang-kepang sedang berlari-lari membawa bola. Sesaat kemudian, pria tersebut menendang bola dari luar kotak pinalti dan boom! Gol! Akhirnya pertandingan final ini pecah telur! 1-0 buat Portugal. Mayoritas orang-orang yang nobar waktu itu pun langsung heboh. Ternyata pria yang berkulit gelap berbaju merah dan rambutnya dikepang-kepang itu adalah Eder, penyerang Portugal yang waktu itu diduetin sama Nani di depan. Skor 1-0 bertahan sampe second extra time, dan Portugal juara. Akhir cerita, waktu itu gue tiba di rumah jam 6 pagi dan harus bekerja jam setengah 9 pagi. 

Meskipun final EURO 2016 ini kerasa lebih membosankan daripada final EURO 2012, tapi sejatinya banyak pesan moril yang bisa didapat. Satu hal yang dengan jelas bisa dipelajari dari kemenangan Portugal adalah: ketika kita kehilangan seseorang yang sangat berarti dan sangat kita harapkan kehadirannya, hal itu bukan berarti akhir dari segalanya. Karena ketika kita kehilangan orang tersebut, bukan berarti kita juga kehilangan perjuangan kita. Dan satu lagi, Portugal yang awalnya hampir nggak lolos grup, cuma lolos karena juara 3 terbaik dan keseringan main seri, tiba-tiba bisa jadi juara di final. Gokil.   Tapi tenang, hati gue masih buat Belanda. Seenggaknya, pelajaran yang bisa diambil oleh supporter Belanda adalah: Tim yang hampir nggak lolos grup aja bisa juara, apa lagi tim yang nggak lolos kualifikasi. Bakal juara piala dunia mungkin...


mamak... Ronaldo menang mamak..
Woi payet, liat ni nyettttt

43 comments:

  1. Jadi pak SBY tuh nobar di SMS ya sob ? pantes aja saya lihat di TV tapi gak tahu nobar dimana ehh ternyata di SMS tohh.. coba kalau tahu mungkin saya langsung kesana. hhee

    ReplyDelete
  2. Waks situ belanda ya? Sedih dong? Ciat ciat ciat. Hahaha bercanda bro. Eh seriusan ding. Ha. Nggak papa bro, pas piala dunia pasti juara kok (baca: ngimpi lo!) Ha bercanda bro. Eh serius ding. Hehehe. Sebenarnya taon ini tim yang aku jagoin jg nggak juara, malah cenderung tim "sakit2an". Tim yg kumaksud Inggris. Tp nggak papa seenggaknya bisa ikut euro. Dari pada....ehm, oke skip. Salam olahraga ahaaaaay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ini niatnya mencela terus bercanda terus mencela..

      Delete
  3. Nonton bola bareng itu mmg bikin semangat, teriakan dan gregetannya berasa, suamiku yg gak suka bola aja mendadak jadi begadang gara2 bola kemarin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya yang kemarin itu agak ngebosenin..

      Delete
  4. Ternyata sama y portugak yg juara
    Kirain pas nobar prancis yg
    juara

    Lebih baik belanda ikur aff j tahun ini
    KSian dy g megang piala selepas jamannya basten

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diungkit lagi, jaman van basten itu masa lalu..

      Delete
  5. hmm, akhirnya keseruan euro 2016 usai sudah yaa. aku kemarin sih jgoin jerman yaa, tapi karena jerman dikalakan oleh prancis, yasudah aku dukung portugal pas di final.

    nobarnya seru banget ya bro, padahal itu kondisinya senin udah mau pada kerja semua kan orang-orang. kalau aku sih mending nonton di lapangan futsal kayaknya, lebih seru aja gitu.

    yaa, meskipun ronaldo kemarin cedera tapi semangat beliau emang luar biasa yaa, salut deh sama portugal. dan semoga belanda besok bisa jadi juara dunia sesuai harapanmu ya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya gue dukung belgia kalau di euro ini. dan semenjak belgia kalah, gue memilih untuk memegang tangan sendiri..

      Delete
  6. Yah... keseruan euro telah usai. Tapi masih banyak menyisakan kenangan yg begitu indah.

    Jujur gue dukung timnas inggris. Apa daya, gue selalu di PHPin sama inggris. Huft!

    Tapi tak apalah, minimal cr7 bisa jadi juara. Lumayanlah, dia kan eks pemain uNited... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. inggris mainnya individu sih ah...

      Delete
  7. anjir nobarnya bareng Pak SBY, nga tanggung2 kalau sangar lo, Jev.

    ena banget ya nobarnya keren gitu fasilitasnya, atmosfir, sampe rutin disiarin RCTI. ku yang di desa mah nobarnya di angkringan.

    bangke partai final ter-wah anjir kok malah portugal yang menang-

    ReplyDelete
  8. Oh iya tragis banget yaaa belanda ngak lolos ke euro 2016

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu dipertegas juga sih...

      Delete
  9. keren bener nonbar di SMS ya. gila banyak banget ternyata yang nonton juga hhe. Antusias banget sih masyarakat sama Final Euro ini. Sebelumnya gue jagoin Portugal dari awal. karna menurut gue dari tahun ke tahun prestasi portugal selalu meningkat di Euro. dan puncaknya di Euro 2016 mereka bisa ngangkat piala . Boom..

    Selamat deh buat abang Ronaldo

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal hampir nggak lolos tuh ya... uh

      Delete
  10. Wadaw seru dong kang bisa nobar langsung dipusatnya nobar di indonesia, jadi pengen juga nih nobar di tempat yang jadi pusatnya nobar, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  11. Wah seru banget ya gan..
    euro tahun ini ane nggak ngikutin :D

    ReplyDelete
  12. Iya situasi tampak kayak Stade de France yang tertunda jef, hehehehehe, sama jef gue juga rada kurang antusias nontonnya soalnya gue juga sejatinya pendukung setia Italia.... hehehehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan italy, kalah di semifinal. walaupun lebih kasihan belanda sih..

      Delete
  13. Sebenarnya final Euro itu ngga bisa dibilang seru sih. Cocoknya sih Jerman Itali yang maunya jadi laga final. Selain seru, juga menegangkan.

    Keren juga, Nobar2 gitu, gue kayaknya terakhir kali nobar pas masih Asean Games deh. Sumpah bapuk abis sih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerman Italy cenderung bosen juga malah. yang gue bilang seru sih pertandingan euro itu belgia - wales atau portugal - hungaria.

      Delete
  14. Seru bgt nih final kemarin, apalagi nontonnya nobar
    tapi entah knapa kl aku nonotn bola rasanya biasa aja ga bisa dapet atmosfirnya kkayak yang lain, beda kl aku nonton badminton

    ReplyDelete
    Replies
    1. badminton sih kalau langsung ke istora emang seru. apalagi eventnya sekelas open atau thomas uber

      Delete
  15. Itu malang banget gak temen yg mesti booking kursi dari jam 9 .. padahal Kick offnya aja jam 2 lagi. Kalo gue sih gak suka nobar, enakan di rumah nonton sambil tiduran, pertandingan selesai tinggal tidur~

    Belanda gak ikutan euro ya Jev.. :D
    Ya moga2 piala dunia Nanti ikutan deh.. haha

    Btw, cakep juga ada pesan moral dari pertandingan final Kali ini... walopun gue juga bodo amat sapa yang bakal juara, keduanya bukan timnas paporit gue~

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen gue memang multi fungsi..

      Delete
  16. nobar sekarang menjadi trend baru ya mas..apa lagi nobar final euro pasti makin seru

    ReplyDelete
  17. Waktu final gue lagi di kampung. Nungguinnya setengah mati susah, jadinya pas kick-off, gue tidur. Perjuangan yang sia-sia.

    ReplyDelete
  18. saya ga sempet nobar, cuma nonton di dalam kamar aja :(

    ReplyDelete
  19. Waahh.. seru banget ya.. untung ga sampai adu penalty lagi ya jev.. kalau nggak waktu tidur bakalan lebih banyak tersita.. Portugal emang udah lucky from the start pokoknya.. Saya sih selalunya dukung Jerman.

    ReplyDelete
  20. eh seru ada menara eiffelnya. mau lah pasang gembok cinta disono =)) haha
    rame full ya, duh aku jd pengen nemenin mantan pcar ke sms :D :D

    ReplyDelete
  21. Nggak ngerti UERO. Nggak ngerti dunia sepakbola yang kalo kata orang sih, dunia yang cowok banget. Tapi dengan baca postingan kamu ini Jev, aku jadi rada eungeuh kalo lagi nobar bola itu gimana. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  22. Sejujurnya aku gatau rasanya nobar. Kalau lihat seru ya.. nonton konser aja aku belum pernah huhu... Nobar paling mentok nonton bareng2 sama kluarga di tivi :( Pengen nobar tapi layar tancep.. tapi gak adaa...

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>