Saturday, July 23, 2016

Our Times (2015) - a Must Watch Taiwanese Romance Movie!




Ada yang tau salah satu film romance Taiwan terlaris yang judulnya You Are The Apple Of My Eye? Ada yang suka sama film itu? Kalau kalian suka sama film You Are The Apple Of My Eye dan lagi nyari film yang sejenis, maka film romance Tiawan keluaran tahun 2015 yang berjudul "Our Times" akan menjadi refrensi yang cukup tepat. Percayalah. 

Setelah me-rewatching dan akhirnya tau kalau film You Are The Apple Of My Eye diadaptasi dari novel yang based on true story karya Giddens Ko, akhir-akhir ini gue jadi hobi dengerin ost nya You Are The Apple Of My Eye yang judulnya na xie nian a.k.a 那些年 a.k.a those bygone years. Gue kaget, waktu nyadar kalau film ini based on true story. Nggak semua bagian kisah nyata sih, pasti ada bagian yang didramatisir kayak ending "like a boss" yang dateng ke nikahan mantan terus nyium mempelai prianya biar dapet akses buat nyium mempelai wanitanya. Gue kemudian mulai iseng-iseng nyari film yang sejenis kayak film You Are The Apple Of My Eye, dan muncul lah film romance Taiwan yang berjudul "Our Times".  Ternyata, film Our Times ini bukan cuma sejenis dengan film You Are The Apple Of My Eye, tapi juga sejenis dengan film kayak Koizora (Sky Of Love) ataupun film pupus. Gokil.


****



Sama kayak film You Are The Apple Of My Eye, film Our Times ini dibuka dengan adegan di masa depan lalu adegan tersebut di flashback kembali ke masa lalu tepatnya saat masa SMA. Selanjutnya kisah romansa dibuat menjadi penuh dengan konflik dan paradoks. Untuk masalah konflik sendiri, film Our Times ini bisa dibilang jauh lebih berkonflik daripada film You Are The Apple Of My Eye.

QuYang - Truly
Sudut pandang yang bermain di film ini adalah sudut pandang dari seorang Truly Lin, seorang gadis SMA polos yang sangat mengidolakan sosok Andy Lau. Selain mengidolakan seorang Andy Lau, Truly Lin juga mengidolakan seorang Qu Yang Fei Fan, seorang pria tampan berprestasi yang menjadi idola sekolah. Sayangnya, Qu Yang saat itu sudah memiliki seorang Tao Min Min, gadis yang juga menjadi idola para pria di sekolah. Suatu hari, Truly Lin terlibat masalah serius dengan seorang brandalan sekolah yang bernama Hsu Taiyu yang menyebabkan mereka berdua menjadi dekat. Mengetahui kalau Hsu Taiyu juga menyimpan rasa pada Tao Min Min, mereka berdua bekerjasama agar Qu Yang dan Tao MinMin bisa putus. Akan tetapi, situasi menjadi lebih kompleks daripada yang dibayangkan. Rencana mereka untuk membuat 2 idola sekolah tersebut untuk putus pun berhasil mereka lakukan. Di satu sisi, karena terlalu sering bersama Truly dan Taiyu malah menjadi saling suka. Tapi di sisi lain, mereka telah berhasil membuat  Qu Yang dan Tao MinMin putus dan pada akhirnya mulai menyukai mereka berdua. Pusing dah lo...

Truly - Taiyu
Nggak cuma berkonflik tentang cewek dan cowok yang berusaha memisahkan 2 sijoli tapi malahan jadi saling suka, konflik yang ada di film Our Times nyatanya lebih dari itu. Bukan hanya konflik romansa, masalah antara guru murid dan masalah pertemanan pun menjadi bumbu pelengkap untuk hidangan konflik yang ada. Ingat dengan scene di film You Are The Apple Of My Eye dimana para murid sekelas mulai bersatu melawan guru dengan cara melemparkan tas mereka masing-masing ke tubuh si guru gara-gara guru mereka menuduh salah satu muridnya mencuri? Yap, di film Our Times juga ada adegan semacam itu. Tentunya, adegan dikemas secara berbeda, bukan lempar-lemparan tas lagi. Seperti apa kah adegan murid-murid yang bersatu untuk melawan ke-antagonisan guru mereka sendiri? Cari tau sendiri.. 

Satu kutipan utama dari film ini adalah kutipan tentang paradoks asmara yang terjadi pada dialog Truly dan Taiyu, 

"我們說沒事,就是有事. 沒關係,就是有關係 "
"Wǒmen shuō méishì, jiùshì yǒushì, méiguānxì, jiùshì yǒu guānxì"

Pusing dengan huruf dewa diatas? pokoknya, artinya adalah...

"When girl says nothing's wrong, it means something's wrong. When girl says it doesn't matter, it means it's  matter. "


Truly nya udah perawatan kecantikan..  




.

Bukan cuma memiliki kesamaan dengan film You Are The Apple Of My Eye, film Our Times ini juga memiliki beberapa kesamaan dengan film semacam Pupus ataupun Koizora (Sky Of Love). Adegan dimana Taiyu yang berusaha menjauh dari Truly di hari ulang tahunnya membuat film ini terasa seperti film Pupus. Sementara adegan selanjutnya dimana Taiyu pura-pura pergi menjauh demi kebaikan Truly dengan alasan palsu membuat film ini terasa seperti Koizora. Adegan dimana Truly yang berkarakter agak nerd dan tiba-tiba berubah menjadi cantik pun membuat film ini terasa seperti film Crazy Little Thing Called Love. Meskipun terkesan seakan-akan memiliki rasa dari beberapa film romance yang cukup legend, Our Times tetap memiliki gayanya sendiri. Pada akhirnya, setelah di flashback cukup lama, kisah akan dikembalikan ke masa depan.

Film berdurasi 134 menit ini pun akhirnya diwarnai dengan berbagai macam konflik dan penyelesaiannya yang bisa dibilang cukup 'twist'. Ini gue bukannya mau spoiler, gue cuma mau bikin para kaum hawa yang belum nonton semakin penasaran. Ada beberapa hal tak terduga yang muncul di ending dari film ini.  Seperti, aktor sekaligus penyanyi legendaris kayak Andy Lau yang muncul di ending dari film ini. Bukan cuma Andy Lau, aktor legendaris kayak Jerry Yan alias Tao Ming Tse pun juga muncul di film ini. Question is, dengan siapakah Truly Lin bakal jadian?  Twist-twist seperti apa kah yang mewarnai film ini? Dan, Apa yang dilakukan Tao Ming Tse  di ending dari film ini?! 

Jeng-jeng..

scene of Jerry Yan a.k.a Tao Ming Tse


My Star: 8/10

                   

34 comments:

  1. You're the Apple of My Eye emang keren. Udah pernah baca novel nya? Bagus juga loh. Di Gramedia juga masih ada deh kayanya.

    Durasinya panjang amat, 134 menit. Well, saya jadi penasaran pengen nonton film ini. Thanks infonya, ceesku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue tau ada novelnya.. giddens ko emang gokil.

      Delete
  2. Jahaaaaa jerry yan, uda lama bgt ga maen sejak meteor garden
    Itu cewenya walo blom perawatan aslinyapun sebenere dah cantik
    Kasi spoilernya aja jef, gue suka spoiler wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngasih tau ada jerry yan di ending dari film ini aja udah termasuk spoiler sebenernya mbak :")

      Delete
  3. Belum liat. Dan sampe saat ini saya masih belum bisa memilih film taiwan dan mandarin. Alasannya satu, film mereka tampak sekali dramanya sehingga membuat saya susah menerima jalan ceritannya. Atau sebenarnya saya hanya belum menemukan film yang menarik ya?

    ReplyDelete
  4. film taiwan, tiongkok, thailand emng sepaket soal tingkah kekonyolannya jev. ngeliat trailernya seru lgsg chus download filmnya. nonton weekend dirumah :) makasih jev

    ReplyDelete
  5. Kalo gw kok lebih suka film thailand yaaa kalp genre nya macam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. thailand untuk genre romance mah lebih diaduk sama comedy2 nya.

      Delete
  6. Waa.. keren emang tuh You're the Apple of My Eye. Sedih. Jadi pengen nonton juga yang ini. Btw film cewek jadi cantik banyak banget. Hemm... seperti juga film orang yang saling musuhan jadi saling suka.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. you are the apple of my eye emang yahud :")

      Delete
  7. gw jadi penasaran dengan filmnya, btw film ini sudah ada link donlotnya ga sih? kalau ada bagi dong :D hehehe

    ReplyDelete
  8. You Are The Apple of My Eye itu serakah! Filmnya bagus, novelnya bagus, soundtracknya pake ikut-ikutan bagus. Huhuhuhu. Aku sampe sekarang suka dengerin Na Xie Nian, btw. Lagunya bagus ya, Jev :D

    Wah, ini filmnya kompleks gitu ya. Jadi nebak-nebak gitu deh si Lin bakal jadian sama siapa. Jangan bilang dia milih jadian sama Andy Lau atau Jerry Yan... Btw film Taiwan keren-keren juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA! DIA MEMANG SERAKAH! TITIK.

      Delete
  9. waduh jadi penasaran nonton filmnya nih, film taiwan ini kayaknya rame banget. padahal cuman liat trailernya doang :)

    ReplyDelete
  10. gak mau nonton film romance ah, takut baper

    ReplyDelete
  11. Aaaa lama nggak main ke sini trus dikasih referensi film itu rasanya~ Thanks, ya! Haha.. Film comedy romance itu genre favorit saat masih jadi mahasiswa. Liat trailernya aja menarik. Oke,besok aku googling :D

    ReplyDelete
  12. Wahhhh film thailand, gua suka adegannya baper-baper lucu gimana gitu :)

    Film ini kayanya seru deh, apalagi banyak adegan film-film yang terlebih dahulu ada yang mirip. Gua sambil baca sambil ngebayangin hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TAIWAN, TAIWAN! bukan thailand.

      Delete
  13. lah, aku juga baru tahu nih kalau film sekeren you're the apple of my eye itu diangkat dari kisah nyata. ah, pasti keren banget tuh. dan ternyata juga ada film dengan genre yang sama juga ya, yaitu our times ini.

    kayaknya film romansa masa SMA gini emang nikmat banget buat ditonton sambil nyantai. apalagi setelah aku baca review di postingan ini malah bikin aku penasaran. konflik-konfliknya beragam banget dan itu pasti bikin tambah seru pas nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, gue juga baru tau itu film dari kisah nyata setelah merewatch filmnya. gokill

      Delete
  14. youare the apple of my eyes pernah lihat jaman kuliah dulu.. emang keren... tapi masih kerenan yang anu nam itu loh pemeran utamanya saya lupa.

    wah masah sih bisa nyaingin youre the apple of my eyes ini film ? ntar deh saya download :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu.. crazy little thing called love..

      Delete
  15. Apple of my eyes pernah nonton. Pertama kali sih nonton drama gituan. Awalnya biasa aja eh akhir2 malah baper

    Untuk yg filem diatas blom nonton. Kurang suka genre drama ;D

    ReplyDelete
  16. jev, pas saya tau kalau kamu ngereview our times, berasa kayak takdirkah ini?
    kenapa takdir? soalnya beberapa hari ini, temen-temen pada bilang, ayolah Pit nonton our times, bagus lho. dan tiba-tiba kamu buat postingan our times, berasa takdir dan mengharuskan buat nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. takdir sudah berbicara, sobat!

      Delete
  17. Gue jadi penasaran sama tomingse n andi lau. Itu legend banget deh... hehe

    Kenapa gue jadi pengen liat meteor garden lagi ya. Cuma itu yang gue inget klo film2 kayak begituan. Hehe

    ReplyDelete
  18. Jd di film ini mmiliki bbrp rasa gabungan dri film romance legend? Boleh jg laah, gue simpen buat watchlist. Hihi. Untung tu film2 romance yg lu sebutin udh gue tonton smua. Hmm, Kcuali Pupus..
    Eh, btw, malah mnurut gue itu krjasama antara truly sama taiyu buat mutusin Quyan kok hmpir sm kek cerita May Who yak? Dari yg awalnya bantu2in, comblangin, malah jd saling suka? Haha. Crta romance mah emg ga jauh2 dr situ yaa? Tp ttep aja gabosen2 sih..

    Itu Jerry yan ngapain ada di situ? Pas liat mukanya gue lgsg refleks nyanyi ost meteor garden masa. Wkwk. Sgala andy lau jg ada, jgn2 si andy lau nyasar tuh pas mau mencari bibi Lung. Haha *apa bgt dah*

    ReplyDelete
  19. Ad yg tau jdul lagu closing film ni ? Yg nadany ceria2 gtu..

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>