Sunday, July 17, 2016

TUNTUTAN PROFESI..


Banyak yang bilang kalau social media itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Kalau terlalu lama dimainin nggak bagus lah, katanya. Ya mungkin emang ada benernya juga, sih. Tapi masalahnya adalah, apa jadinya ketika 'social media' itu sendiri merupakan tuntutan dari profesi kita? 

Jeng-jeng... Crot.. Crot.. #DilemaAdminSocmed





Demi mengisi waktu kosong berbulan-bulan menanti aktivitas universitas sebagai calon maba, sebulan belakangan ini gue lagi asik kerja kantoran. Jadi admin socmed, lebih tepatnya.  Kantornya bukan di gedung puluhan lantai gitu sih, lebih tepatnya di ruko 3 lantai. Atau lebih tepatnya lagi, ruko 3 lantai yang ada lift dan beberapa mobil MPV, SUV, dan Mercy didalamnya. Berhubung kurang keren kalau disebut 'kerja ruko-an', maka gue menyebutnya kerja kantoran. Lagian, rukonya itu sendiri juga bagian dari cabang perusahaan cybertainment.

Jangan pernah ngira kalau jadi admin socmed itu enak. Buat yang ngira jadi admin socmed itu enak, maka kalian... kalian... kalian..... ada benernya juga sih. Walaupun nggak sepenuhnya bener. Buat orang-orang yang nggak tertarik dengan dunia blog atau dunia website-website-an, maka pekerjaan ini akan sangat memusingkan dan membuat kalian stress, demam tinggi, muntah-muntah, nafsu makan berkurang, dan bahkan hamil diluar nikah. Socmed yang gue urusin bukan cuma socmed-socmed kayak facebook atau twitter, tapi socmed-socmed semacam website perusahaan cybertainment dan website e-commerce, plus blog yang bertemakan religi dan vihara. Total ada 6 website 2 blog pokoknya. Admin socmed gokil, sis..

Yang namanya kerja sama orang, pasti gue punya atasan a.k.a Boss. Kalau dilihat dari struktur fisiknya sendiri, si om boss ini adalah pria berkepala 4. Bukan, bukan makhluk yang kepalanya ada 4 kayak blue eyes ultimate dragon atau semacamnya, tapi kepala 4 dalam artian umurnya sekitar 40 tahunan. Kabarnya, beliau adalah lulusan S2 yang pernah tinggal di LA. Bukan Lenteng Agung, tapi Los Angeles. Jadi, kalau ada hal kampret yang terjadi antara gue sebagai karyawan dengan si om boss, gue nggak bakalan mungkin bisa menulis tulisan berjudul My Stupid Boss. Because, actually he's smart. And pretty arrogant. Mungkin gue akan menulis tulisan berjudul "Boss Ku Harimau Ku", atau "My Boss My Tiger". Itu pun kalau ada hal kampret yang terjadi, tapi semoga nggak ada..

Sejauh ini, suasana antara boss dan karyawan yang gue alami masih cukup harmonis. Masih nggak perlu bantuan dokter boyke untuk diperharmonis. Hal-hal kurang mengenakkan yang terjadi palingan cuma.. gue pernah disuruh pasangin domain di blog vihara-religi yang udah gue buat, dan karena deadline, si om boss ini maunya domainnya langsung kepasang. Padahl kan, yang namanya domain itu harus nunggu 6-8 jam buat bisa kepasang. Paling cepet juga 4 jam-an, itu semua tergantung google nya sendiri. Tapi si om boss waktu itu tak mau tau. Huh..Terakhir sih, gue disodorin 2 buah buku budaya China buat dijadiin tulisan di blog. Nggak apa-apa lah belajar lebih banyak tentang nenek moyang dari buku-buku itu, namanya juga tuntutan profesi..


buku panduan..
Satu hal yang gue lupa adalah, yang namanya admin socmed berarti pekerjaannya tergantung internet. Kalau internet mati, maka admin socmed akan menjadi pengangguran yang tak tau harus berbuat apa. Pernah sekali internet di kantor itu mati karena emang layanannya lagi error dan harus berjam-jam buat bisa kembali normal. Dan waktu itu, gue nganggur hampir 5 jam nggak tau harus ngapain. Akhirnya waktu itu gue pulang, sekalian ngambil sepatu futsal karena ada janji buat main futsal bareng temen sepulang kerja. Dan satu setengah jam kemudian gue kembali ke kantor tersebut. Nggak lama setelah gue sampe lagi di kantor itu, gue diomelin dan diceritakan pengalaman hidup si om boss. Saat itu gue tau, kalau emang gue yang salah. Ini gue curiga malah si om boss yang bakalan nulis tulisan, judulnya "My Stupd Employee." Ceritanya tentang admin socmed yang pulang ke rumah buat ngambil sepatu futsal karena internet di kantornya mati. 

Selain pernah diomelin karena pulang seenak bilik kiri (karena seenak jidat sudah terlalu mainstream), gue juga pernah diomelin karena main game waktu lagi kerja. Jadi waktu itu tugas gue udah selesai, tinggal nunggu tugas baru dari si om boss. Karena bosen, keesokan harinya gue memutuskan buat membawa tab dari rumah. Dan saat itu, gue main NBA mobile sama FIFA 15 sembari menunggu tugas dari om boss. Waktu itu ruangan masih sepi, karena beberapa karyawan lain masih belum pulang mudik lebaran dan si om boss belum turun dari lantai atas. Dan tanpa gue sangka, dia tau kalau gue main game. Gue pun diomelin. Gue semakin curiga, fantasi tentang tulisan yang berjudul "My Stupd Employee" akan menjadi nyata.   

Yang namanya kerja pasti ada enak nggak enaknya. Yang nggak enak dari pekerjaan ini adalah, hari sabtu gue tetep disuruh masuk! Gue yang biasanya selalu bangun telat di sabtu pagi harus terpaksa bangun pagi. Huh, namanya juga tuntutan profesi. Tapi yang enak adalah, gue dibolehin cuti 2 minggu buat urusan universitas. Dan gue diperbolehkan buat kerja part time waktu kuliah nanti. Baik juga kan, si om boss. Kontrak kerja gue yang awalnya 3 bulan pun diganti jadi 2 bulan. Tapi untuk masalah part time, gue rasa gue bakal menolaknya karena fokus kuliah itu sesuatu yang sangat penting, fellas. Entah lah, gue masih bimbang sebenarnya antara part time atau enggak. Sekarang ini gue lagi cuti 2 minggu buat urusan kuliah... sekalian cuti buat jalan-jalan juga sih.  Yasudah lah, gue harap nggak akan ada tulisan yang berjudul My Boss My Tiger atau pun My Stupid Employee kedepannya. Amin. Halleluya. Mujizat itu nyata. 


33 comments:

  1. Hahaha, iya banget jep my stupid employee

    ReplyDelete
  2. Hahha, boleh juga tuh jev buat tulisan yg judulnya My Stupid Employee. =))
    wah selamat yg lg cuti 2 minggu. puas bgt tuh bisa sekaligus jalan-jalan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nggak ada tulisan semacam itu mbak :")

      Delete
  3. Hahahaha selamat berjuang jev, semoga betah. Hidup itu kejam, tapi jadi pengangguran jauh lebih kejam. Apalagi jadi jomblo, lebih kejam :l

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi jadi jomblo yang pengangguran.

      Delete
  4. whahaha seru juga ya kayaknya kerja gitu. aku pengen, coba applay sana-sini untuk part time, jadi pelayan rumah makan juga okelah, itung-itung cari pengalaman aja sembari kuliah. tapi gak pernah diterima hihi. di kotaku susah nyari part time job untuk cewek. rawan soalnya, kalo cowok mah banyak, sebab mereka enggak sungkan untuk lebur dan minep kantor. beda cerita dengan cewek

    ReplyDelete
  5. Kayaknya jadi admin socmed keren juga tuh, internet gratis bro. hehe...
    selamat nunggu masuk kampus sob dan selamat berjuang untuk waktunya bersama bos

    ReplyDelete
  6. Wakakakak ngapa jadi my stupid employee haha ada-ada aja si bang jeff. Btw mau jadi maba dikampus ya? Asik semangat terus ya.

    Kalau bisa sih saran dari gue jangan kuliah sambil kerja, pasti gak akan fokus karena dunia pekerjaan udah bikin lu enak karena dapet duit. Dunia kuliah lebih berat, tugas, tuntutan, skripsi nanti hadeuh bisa gila gue kalo dibayangin wkwk.

    Semangat terus intinya yah :D

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai, gue berniat aktif di ukm sih... hohohoho

      Delete
  7. jadi penasaran ama blog viharanya..eh blog apa web?
    jadi kerja di perusahaan keluarga sampek masa kuliah masuk ya ahahahah
    semoga buku stupid employee nya ga bakalan terbit egegeg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau vihara web, kalau yang e-commerce blog mbak.. hohohoho..

      Delete
  8. Wah.... ngurusin blog 3 ajah gue kalang kabut dan kalang asap jev... apalagi ini... 6 website dan 2 blog pokoknya... wkwkkwkwkwkwk...
    Moga aja elu kagak hamil di luar nikah jep...
    wkwkwkkwwk...

    Eh, sebenarnya hampir sama sih dg kerjaan gue jep... hanya saja kalau gue tergantung sama facebook... gue juag admin jep... admin toko online milik sendiri... hihihiy....

    Good Luck bro :)

    ReplyDelete
  9. Berat banget, Jev, jadi admin socmed. Gue, walaupun cuma jadi admin socmed ekskul, udah ngerasain diteken sama temen-temen. Itu cuma megang Twitter dan blog, apalagi elu yang lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seenggaknya pengalaman lo udah dari SMA... kan asik tuh..

      Delete
  10. Asik jep kerjaan lo bisa bikin lo makin berkembang ,.,.
    asik jep asik banget asli ..

    ReplyDelete
  11. haha kenapa bagi orang yang kurang tertarik dengan dunia blog dan website bbisa hamil di luar nikah sob ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kalau mereka tidak tertarik dan bukan passion, maka mereka akan merasa stress tertekan pekerjaan yang berat. kalau mereka stress, mereka akan pergi cari kesenangan. salah satu tempat untuk mencarinya adalah di kelab malam. di kelab malam, nanti ketemu pria hidung belang... kalau ketemu pria hidung belang, nanti kemakan rayuan.. lalu hamil begitu saja

      Delete
  12. Ur boss like silet goal -_-
    Seru sih bang tapi ya gitu.

    ReplyDelete
  13. Wadaw kalau saya mah mungkin langsung pingsan pas melihatnya karena saking pusingnya mungkin, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  14. wah, hampir sama jobnya, tapi saya cenderung ke admin web

    ReplyDelete
  15. Hahaha itu serius tuh? Masa kok main game dioelin ya? Heran gue... *minta digebuk*

    ReplyDelete
  16. terusin aja nih kerjaannya enak gitu, tinggal di depan komputer aja, ya walaupun pusing sih ngurusin begitu banyak...
    ya lihat sisi positifnya aja: si bos perhatian sama kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, the boss is kind hearted person, actually..

      Delete
  17. bossku harimauku.. yap ada benarnya juga.. dipecat gara-gara bikin status, terus buka usaha dan jadi bes, terus mecat karyawan karena bikin status.. udah kaya rantai makanan

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>