Sunday, September 25, 2016

Daftar Film Thriller Spanish Terbaik!

Hola, buenos dias. Que pasa. Brunette. Kue sus.. kue sus..

Akhir-akhir ini gue lagi hobi nonton film thriller-spanish a.k.a film thriller dengan bahasa Spanyol. Film thriller dengan spanish lenguage itu bukan melulu film thriller dari negara Spanyol doang. Karena sejatinya, bahasa Spanyol itu jangkauannya luas karena juga digunakan oleh beberapa negara lain. Mulai dari negara Spanyol itu sendiri sampe negara-negara latin macam Argentina, Kolombia, Venezuela, etc.

Walaupun nggak sepopuler Korean thriller atau English thriller, ternyata ada banyak film Spanish thriller yang keren-keren dan dapat menghidupkan suasana suspense. Mulai dari genre yang pure thriller, sampe genre campuran kayak thriller-mystery. Penasaran? Berikut adalah daftar film thriller spanish terbaik!

Sinopsis ada yang diambil dari blog tetangga yak, ada yang dibuat sendiri. Disclaimer dulu biar afdol..


1. The Body - El Cuerpo (2012)





Sebuah bumbu misteri sudah ditabur diawal dari film ini. Film The Body ini dibuka dengan scene tertabraknya seorang penjaga kamar mayat yang lari terbirit-birit seperti sedang dikejar sesuatu. Selanjutnya misteri dibuat semakin kompleks setelah terkuaknya kasus hilngnya mayat seorang wanita kaya dari kamar mayat tersebut. Sebenarnya, apa yang membuat si penjaga mayat itu lari terbirit-birit? Kenapa mayat itu hilang? Siapa yang mengambil maya tersebut? Berbagai macam teori konspirasi pun mulai bermunculan baik dari pihak kepolisian dibawah pimpinan kapten Jamie, atau pihak suami dari wanita kaya yang mayatnya telah menghilang itu.


Setelah mayat Mayka menghilang, Alex Ulloa (sang suami) pun menjadi tersangka utama dari kasus pencurian mayat itu. Disini, akan terkuak sebuah fakta kalau sebenarnya Mayka meninggal bukan karena serangan jantung, melainkan karena diracun oleh suaminya sendiri. Dengan segala cara, Ulloa dan kelicikannya berusaha untuk menutupi fakta bahwa istrinya mati karena diracun. Tapi menghilangnya mayat sang istri tentunya membuat bingung Ulloa. Karena yang ia tahu, sang istri telah meninggal 8 jam setelah ia racuni dan Ia tidak tahu sama sekali kenapa mayat Mayka bisa tiba-tiba menghilang, dan siapa yang mengambil mayatnya.

My Review: The Body ini merupakan salah satu film thriller yang suspense abis. Konflik yang ada dibuat penuh dengan misteri, dan endingnya dieksekusi secara twist oleh sang sutradara, Oriol Paulo. Oriol membuat penonton seakan-akan dihadapkan dengan sebuah permainan puzzle, dimana kepingan-kepingan puzzle yang ada telah diracik secara rapi dan akan menjawab rasa penasaran para penonton pada akhirnya. Sadis.

2. The House At The End Of Time - La Casa Del Fin Delos Tiempos (2013)



Pada tahun 1981, seorang ibu 2 anak yang bernama Ducle terpaksa mendekam di penjara selama 30 tahun karena dituduh membunuh suaminya yang bernama Juan Jose. Anaknya yang bernama Leopoldo pun tiba-tiba menghilang di malam saat kejadian itu. Padahal, di malam pada saat Juan Jose terbunuh, Ducle sedang terbaring pingsan dan tak sadarkan diri. Namun sayangnya, polisi menemukan sidik jarinya di pisau yang membunuh suaminya itu. 30 tahun kemudian setelah masa tahanannya habis, Ducle kembali ke rumah tempat terbunuhnya Juan Jose dan sekaligus tempat menghilangnya Leopoldo. Sebuah rahasia tak terduga yang ada di dalam rumah itu pun perlahan terungkap. Sebenarnya, siapa yang membunuh Juan Jose? Kemana kah perginya Leopoldo? Dan, apa yang salah dengan rumah itu? 

My Review: La Casa Del Fin De Los Tiempos adalah sebuah film thriller-horror dari venezuela yang menawarkan sebuah cerita thriller yang berbeda dari cerita lainnya. Ketika dimensi waktu berkonspirasi dengan sebuah rumah tua, disanalah misteri demi misteri tercipta. Kabarnya, film ini sendiri merupakan film horror pertamanya Venezuela. Gokil...

3. Timecrimes - Los Cronocrímenes (2007)


Hector tanpa sengaja menemukan jasad wanita di dekat rumahnya, tiba-tiba dia diserang oleh orang yang kepalanya ditutupi perban, hingga akhirnya dia mengejarnya. Pengejaran yang dilakukan Hector membuat dia menemukan sebuah mesin di sebuah gudang dekat hutan. Seorang penjaga memeberitahukan kepada Hector jika itu adalah mesin waktu, tanpa menghiraukan apa-apa Hector menggunakan mesin waktu tersebut dan memundurkan waktu kurang lebih 1 jam, dari dalam gudang Hector melihat orang yang menyerangnya adalah dirinya yang sebelumnya telah tanpa disengaja membunuh seorang gadis. Hal in membuat Hector semakin tertekan dan kembali menggunakan mesin waktu. Tak bisa dibayangkan akan ada berapa banyak diplikat dirinya jika dia menggunakan mesin itu berulang kali.

My Review: Timecrimes adalah film thriller yang berkisah tentang perjalanan waktu dan takdir. Bagaimana takdir merupakan destinasi terakhir dari perjalanan waktu yang telah dilakukan. Ya kurang lebih rasa-rasanya kayak film semacam predestination. 

4. Sleep Tight (2011)


César, seorang penjaga apartemen yang percaya bahwa dirinya dilahirkan tanpa rasa bahagia. Tiap harinya dia berusaha agar membuat kehidupan orang lain layaknya neraka, salah satu korbannya adalah Carla.


My Review: Sleep tight adalah film thriller spanis pertama yang gue tonton, Sleep tight ini sendiri lebih cenderung ke genre thriller-psycho tapi enggak begitu hard. Drama-thriller yang ada lebih ditonjolkan ketimbang scene psychonya sendiri. 


5. The Orphange (2007)





Laura, seorang perempuan yang kembali ke sebuah panti asuhan, sebuah tempat di mana dirinya pernah tinggal di sana semasa kecil. Kini setelah dewasa, dirinya punya keinginan untuk membeli rumah, yang akan dijadikannya menjadi sebuah panti asuhan bagi anak cacat.

Semuannya pun berjalan dengan lancar, bahkan dukungan mengalir dari suaminya Carlos (Fernando Cayo), yang juga seorang doktor ilmu science serta dari anak angkatnya, Simón (Roger Princep). Namun belakangan, Laura dan Carlos menghadapi masalah, mereka tersadar bahwa anak angkat mereka itu memiliki teman khayalan, selain memang mengidap HIV-positif. Segera setelah kepindahan mereka ke rumah baru yang besar dan indah itu, hal-hal menakutkan mulai terjadi.

My Review: The orphange merupakan film thriller-horror spanyol keluaran tahun 2007 yang cukup memiliki nama. Konflik diawali dengan cerita seorang ibu yang kehilangan anak laki-lakinya, lalu kemudian konflik dibuat semakin kompleks ketika sang ibu percaya beberapa hal dari masa lalu yang datang menghantuinya memiliki koneksi dengan kasus hilangnya sang anak. 

6. Marshland (2014)



Serangkaian pembunuhan brutal gadis remaja di sebuah kota terpencil dan dilupakan mempertemukan dua karakter yang berbeda – baik detektif di divisi pembunuhan – untuk menyelidiki kasus. Dengan perpecahan dalam ideologi mereka, detektif Juan dan Pedro harus mengesampingkan perbedaan mereka jika mereka berhasil memburu pembunuh yang selama bertahun-tahun telah diteror sebuah komunitas dalam bayangan mengabaikan umum untuk perempuan berakar pada masa lalu misoginis.

My Review: Ada yang tau memories of murder? Ya, mungkin film ini bisa dibilang semacam memories of murder versi spanyol. 

7. Julia's Eyes (2010)




Julia dan saudara kembarnya, Sara memiliki penyakit degeneratif dimana kemampuan penglihatannya semakin lama semakin berkurang hingga menjadi buta. Ketika Sara ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri, Julia bersikeras bahwa tindakan kembarannya tersebut bukanlah tindakan bunuh diri seperti apa yang menjadi hasil investigasi polisi. Dikelilingi oleh orang-orang yang skeptis dan tidak percaya kepadanya, Julia harus berpacu dengan waktu untuk menyelidiki apa yang ada di balik kematian Sara sebelum penglihatannya benar-benar hilang.

My Review: Film julia's eyes merupakan film thriller-mystery keluaran tahun 2010 yang menceritakan tentang seorang wanita yang berusaha mengungkapkan misteri kematian saudara kembarnya. Tapi naas, situasi menjadi semakin sulit setelah misteri demi misteri terkuak. Kabarnya, Oriol paulo juga mengambil andil dalam pembuatan film ini, tapi bukan sebagai pure director. 

8. The Skin I Live In (2011)


bercerita tentang seorang obsesi dokter sekaligus peneliti Robert Ledgard (Antonio Banderas) menciptakan sebuah kulit sintetis. Hal ini dipicu almarhum istrinya yang dulu mengalami kecelakaan mobil dan menyebabkan luka bakar hebat di sekujur tubuhnya. Agak sulit menceritakan lebih jauh sinopsis film ini karena memang kunci cerita ada di wanita misterius yang hidup di kediaman Robert. Wanita yang berpakaian tertutup ini merupakan kelinci percobaan Robert dalam penelitiannya. Mengapa dan kenapa ia bisa sampai di tangan Robert, adalah sesuatu yang mesti disaksikan sendiri.


My Review: Kalau boleh dibilang, cerita di film The Skin I Live In ini merupakan salah satu cerita thriller paling 'sick' yang pernah gue liat. Thriller, Drama, Porn, Psycho, beberapa unsur itu membangun The Skin I Live In menjadi sebuah film yang cukup antagonis. 

9. The Hidden Face (2012)


Terbebani oleh kemelut hidup yang menimpah kehidupan pribadinya, Adrian (Quim Qutierres) menjalani hidup penuh ketergantungan pada Alkohol. Dia mengunjungi kedai yang dijaga Fabiana (Martina Garcia), seorang gadis cantik yang kemudian terpikat oleh kehebatan Adrian. Dalam keadaan mabuk, Adrian terlibat perkelahian dengan seorang pengunjung dan berdarah. Dia diselamatkan oleh Fabiana (Martina Garcia) yang datang untuk menolongnya dan rela menghantar sang Maestro itu ke rumah tinggal yang disewa oleh Adrian (dan Belen). Fabiana kemudian jatuh cinta kepada Adrian dan selanjutnya terlibat hubungan percintaan yang layak sensor. Namun, dari dalam ruangan kedap suara yang terkunci rapat, Belen, pacar resmi dari Adrian bisa mengamati adegan layak sensor dan memohon agar Fabiana bisa menemukan kunci rahasia kamar untuk menemukan Belen.


My Review: Apa jadinya ketika kita melihat sang kekasih selingkuh di depan mata kita, tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa karena kita sedang terkunci di ruang rahasia yang membuat kita dapat melihat dia tapi dia tak dapat melihat kita? Konflik seperti itulah yang bermain di karakter utama wanita di film ini. Drama yang ada lebih mendominasi ketimbang thrillernya. Trailer dari film ini sendiri adalah salah satu trailer terspoiler yang pernah gue lihat. 

10. Wild Tales (2014)



Seorang model cantik mendapatkan tiket pesawat yang dikirimkan oleh seseorang yang sebelumnya tidak ia ketahui. Begitu ia di pesawat, ia mengobrol dengan seorang kritikus musik yang mengenal mantan pacarnya, Gabriel Pasternak. Mereka berdua sebenarnya memiliki pengalaman yang kurang baik dengan Gabriel Pasternak. Siapa sangka, semua orang yang ada di pesawat tersebut ternyata mengenal sosok Gabriel Pasternak. Ingat, semuanya mengenal. Chapter pertama ini sendiri diberi judul Pasternak, sesuai nama orang yang menjadi perbincangan paling ‘hangat’ saat itu. Lalu, mengapa semua orang di pesawat tadi bisa mengenal Gabriel Pasternak ?

Di tempat lain, seorang pelayan wanita memiliki dendam kesumat dengan seorang politikus korup yang telah menghancurkan keluarganya. Malam itu, sang politikus korup mampir ke restoran tempat ia bekerja. Temannya menyarankan ia untuk membunuhnya dengan racun tikus, daripada harus mengomelinya saja. Pelayan tadi tidak berani mengambil risiko lebih. Justru temannya lah yang telah memasukkan racun tikus ke makanan politikus korup tadi tanpa ia ketahui. The Rats, itulah judul untuk chapter kedua ini yang mengambil nama dari racun tikus untuk membunuh seorang koruptor yang bagai ‘tikus’ pula. Masih tersisa 4 chapter seru lainnya yang menghadirkan ketegangan dan keliaran dari manusia yang dilatari oleh dendam.


My Review: Wild tales merupakan film thriller omnibus Argentina yang terdiri dari 6 cerita thriller yang berbeda. Masing-masing cerita dikemas dengan begitu dinamis dengan esensi thriller yang cukup kental. Kacau.. 


11 comments:

  1. Wah keren2 mas filnya :)
    penasaran sama yg Sleep Tight ..

    banyak juga yang baru tahu..
    follback my blog ya bang :)

    ReplyDelete
  2. Jef... Aku nger baca review-nya. Maklum, suka parnoan nonton kalo udah menyangkut "kayak gitu".
    Boleh dah kalo butuh "tantangan", ditengok-tengok lagi untuk tontonan. Heu.

    ReplyDelete
  3. wih keren nonton film luar maksain sub negara itu jg. aku bahkan gak ngerti jev, mending cri film yg udh ad sub indo nya. :D
    sama jev aku mnggu" ini jg lg doyann nonton, tpi drakor jev. lebih seru kegnya jev ketimbang genre thriller :D
    cover filmnya nyeremin semuaa jev.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar bisa belajar bahasanya sekalian gituh.. :")

      Delete
  4. nah ini... aku mau nyari ah... mau nonton beberapa. siapa tahu ada yang bagus buat dijadiin referensi. mantep euy

    ReplyDelete
  5. dulu, gue suka nonton film semacam ini tapi sejak beberapa waktu lalu gue jadi kruang berqani nih :( tapi yg di nomer 2 kayanay menarik deh hehe kayanay gue masukin list dulu buat di streaing in, wlaaupun bm tau nonton nya kpan, nyari temen barengan dulu buat nonton deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. la casa del fin de los tiempos emang ciamik kok..

      Delete
  6. Baca reviewnya bikin penasaran, tapi gue selalu agak parno kalo nonton genre thriller. Takut ngeganggu aktivitas tidur. :(

    Asik2 nih, ada yang pembunuh pake mesin waktu, ada yang ala2 misteri detektif gitu, ada yang jadi kelinci percobaan.
    Lu kuat ya jef nonton itu semua ?? :(

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>