Friday, September 16, 2016

From Batam With Love part 1


Hari jumat kemarin, gue terdampar dengan selamat di bandara Hang Nadim, Batam. Gue berkelana ke sana bareng kakak dan nyokap. Agenda kami di Batam waktu itu adalah untuk menghadiri perkawinan kakak sepupu gue. Pernikahan, maksudnya. Sepupu gue sendiri bukan asli orang Batam, tapi emang udah cukup lama tinggal di Batam karena urusan kerja. Kerjanya di Batam, rumahnya di Batam, dan nikahnya pun juga di Batam. Sebagai adik sepupu yang baik dan rajin menabung, gue pastinya akan hadir langsung untuk menyaksikan momen bahagianya.

Batam itu ternyata... begitulah. Nggak macet, masih banyak tanah kosong, dan konon katanya Batam itu salah satu kota yang asik buat dijadiin tempat wisata kuliner. 

Nikah dulu cuy
Selalu ada kesedihan dibalik sebuah kegembiraan. Namanya juga hidup, nggak selamanya happy. Gue terbang ke Batam membawa kesedihan berupa tugas kuliah yang harus diselesaikan. Di hari jumat itu, gue dapet tugas GSLC di BINUS. GSLC itu semacem tugas virtual, yang harus dikerjakan via virtual. Deadline yang dikasih sama dosennya waktu itu adalah di sabtu pagi. Oleh karena itu, gue sengaja bawa laptop ke Batam.... berat-beratin aja. 

Ekspektasi awal, gue bakal baca-baca dulu tugasnya terus ngerjain tugasnya di hotel. Lalu tugasnya akan selesai tepat di malam harinya, dan gue akan hidup bahagia selamanya.  Ekspektasi awalnya sih begitu...



crown vista hotel
Gue sampe di batam sekitar jam 11 pagi, dan langsung ngacir ke rumah sepupu gue sampe sekitar jam 5 sore baru sampe di hotel yang namanya Crown Vista, hotel ini sendiri adalah hotel yang bakalan menjadi tempat berlangsungnya pernikahan sepupu gue di keesokan malamnya. Jadi besok malemnya waktu acara pernikahan berlangsung, gue cuma perlu naik beberapa lantai buat sampe ke tempat berlangsungnya pesta pernikahan. asik. 

Satu-satunya masalah gue di hari itu adalah tugas kuliah yang belum terselesaikan. Waktu itu gue dapet tugas kuliah ms. word sama power point tentang globalisasi. Awalnya gue berniat nyicil sebagian tugas di rumah sepupu gue, terus sebagiannya lagi dilanjutin di hotel, terus semuanya selesai tepat ditengah malam sebelum kereta kuda cinderella kembali berubah menjadi labu dan tikus. Tapi sayangnya, gue lupa kalau yang namanya singgah ke base nya sodara itu pasti  diajakin keluar makan terus.. 

Entah itu wisata kuliner di Batam, atau singgah ke mall-mall di Batam kayak Nagoya ataupun BCS. Yang jelas, tugas kuliah semakin susah buat dikelarin..


Golden Prawn dulu cuy..

Setelah keluar makan, gue sampe lagi di hotel sekitar jam 10 malam. Dan 2 buah tugas itu harus dikumpulkan jam 10 pagi dikeesokan harinya, dan kedua tugas itu baru kelar sekitar seperempatnya doang waktu itu. Kedua tugas itu membuat gue melek sampe tengah malam. Kereta kuda Cinderella telah berubah kembali menjadi labu, dan gue masih belum menyelesaikan tugas-tugas kuliah ini. Tolong aku ibu peri...

Gue agak bingung, bukunya pake bahasa Inggris tapi soal yang dikasih dosen pake bahasa Indonesia. Akhirnya gue harus mencari dan berusaha mengartikan semuanya. Bahasa Inggrisnya bahasa-bahasa tentang politik pula, kan kamfret. Akhirnya sampe sekitar jam 1 gue tumbang, dan tugasnya masih belum selesai. Sebagai mahasiswa baru yang baik, gue berinisiatif buat masang alaram di Jam 4 pagi dan berusaha menyelesaikan tugasnya sebelum jam 10 pagi. Keesokan paginya, gue berhasil menyelesaikan tugas kuliah itu...


nugas dulu cuy..
Pagi itu juga merupakan pagi dimana beberapa acara akan dijalani sepupu gue sebelum akhirnya masuk ke pesta pernikahan sesungguhnya. Yoi, HARI H CUY! 

Karena acara pernikahan itu dilakukan sesuai adat Chinese, jadi ya... begitulah. Karena si pengantin wanita (sepupu gue) ini menetap di hotel juga, acara pertama itu teman-teman pengantin wanita dateng ke hotel, terus  si pengantin pria datang bersama dengan teman-teman prianya.  Sesi pertama, pengantin pria dan teman-temannya dikerjain abis-abisan dulu sama temen-temen pengantin si wanita biar si pengantin pria ini bisa dapet akses buat ketemu sama pengantin wanitanya. Semacam gokil-gokilan, gitu. Sebenernya seru juga ngeliat pengantin cowok dan teman-temannya dikerjain sama temen-temen dari pengantin wanita itu, ngeliat itu semua kan gue jadi ikutan pingin kawin. Nikah, maksudnya. 

Untuk mengabadikan momen dari awal, Wedding videographer dan photographer juga ikut dateng dari pagi sampe acara pesta pernikahan di malam harinya. Setelah acara dikerja-kerjain itu, acara selanjutnya adalah acara tea pai. Sejenis adat pernikahan tionghoa dimana si pengantin akan meminum teh di hadapan kedua orangtua mempelai. Gue nggak tau sih, teh yang digunain buat tea pai itu teh apaan. Apa teh manis, atau teh biasa, atau teh hangat. Pokoknya teh, deh. 

Abis tea pai-tea paian, selanjutnya pengantin berjalan menuju gereja buat diberkati. Gue selaku sodara dari pengantin wanita juga ikut ke gereja, dan perlu diketahui dengerin pastor ngomong tentang pemberkatan pengantin itu.... sangat mengundang rasa kantuk. Padahal intinya cuma mau diberkati, tapi kotbahnya pake filosofi-filosofi tentang rumah tangga segala. Untung acara pemberkatannya nggak lama-lama amat, kalau acaranya lama bisa-bisa gue ke bioskop dulu beli popcorn sama coca cola medium buat dijadiin cemilan sambil dengerin si om pastor ngomong. 

halleluya..
halleluya.. part 2

Setelah acara di gereja, Sekitar jam 1 siang, semuanya udah pada tiba di hotel. Acara pernikahan sendiri akan dilaksanakan pada jam 6 sore, itu artinya.. kami punya free 5 jam. Gue yang merasa hak untuk tidurnya dirampas karena cuma tidur sekitar 3 jam gara-gara tugas kuliah dan harus dengerin pastor ceramah lagi memilih untuk mengisi waktu free 5 jam itu buat tidur siang. Siapa tau, abis tidur siang bangun-bangun gue langsung dapet pendamping hidup. 

dimana pengantinku...

38 comments:

  1. wah kirain kamu yang mau nikahan jev hahaha
    Pas liat kamu pake tuxedo, saya pikir kau jadi mempelai prianya haha

    Maklum jev, namanya juga mahasiswa baru, ya masih roaming kalau berhubungan soal tugas kuliah, nanti juga terbiasa kok X)

    btw, itu makanannya banyak bener dah B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali gue nikah... :")
      nikah sama tugas iyee

      Delete
  2. Bangun bangun dapet pendamping hidup? Mangnya Puteri Tidur? Wkwkwk :p

    Ah itu makanan.. Amsyong deh siang siang ngeliatnya.. Laper! :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan siapa tau.. tidak ada yang tahu..

      Delete
  3. Hey Jev, kamu ke Batam? kok gak mampir ke Pekanbaru?
    aduh ngerepotin bgt jev datang ke Pesta nikahan sepupu bawa tugas. :D
    tpi akhirnya kelar jg yaa, meski mata ngantuk dan MAU TUMBANG :D hahaha

    Bangun Jev. Bidadari kamu belum turun ke BUMI :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan nikahnya my sepupu di batam.. masa iya sepupu gue nikah di batam guenya terbang ke pekan baru -__-

      Delete
  4. Mantap ya, sempet-sempetnya bawa tugas kuliah. MABA mah gitu ya~ Ehehehe

    Kalo Batam jadi wisata kuliner, ngeri sih ngebayangin makanan yang ada di situ. Banyak bener, pasti banyak yang enak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. batam itu seafoodnya bro, beuhhh

      Delete
  5. Hahaha ngomong2 soal kawinan, ini gw lagi jadi wedding planner buat perkawinan temen gw di solo. Jadi pengen kawin juga

    ReplyDelete
  6. Wihh anak rajin betul lo jev, bawa bawa tugas negara segala di acara nikahan sodara. Kalo itu gue sih gak bakal kepegang deh hehe, keren deh acara nikahan sodara lo, kayak di film film gitu. Gue trlalu terbiasa ngelihat nikahan pake adat jawa, lampung, sunda dan semendo. Jadi kalo adat lain gue selalu terkesima. Apalagi kalo sodara gue yg katolik nikahan, gue seneng disuruh jadi pengiring pengantin. Megangin buket bunga, jalan di altar. Sekali lagi kayak difilm film. Seru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, tugas negara itu harus diselesaikan secara jantan.
      wih, mantap...

      Delete
  7. jiahhh, yaudah deh gua doa'in moga2 pas bangun ada bidadari jatuh dari atap wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan gue tidurnya di ranjang, gimana ceritanya jatuhnya dari atap?

      Delete
  8. Pas pertama gue liat , gue kira lo yang mau nikah ? HA HA HA #piece .Sampe bela belain bawa laptop segala . Acara nya meriah banget ya sepertinya ? wah wah wah ( prok prok prok ) . Itu hotel nya gue baru denger namanya ( ya iyalah gue belum pernah ke Batam ) , tapi bagus juga tuh kalo bisa nyicil nyicil tugas.By the way , laptop kita sama :D HA HA HA .

    ReplyDelete
    Replies
    1. #piece? peace kalee... piece mah 'bagian' bukan 'damai'. minta jatah lu yaa

      Delete
  9. Foto yang diawal bikin gue mikir lo yang nikah Jef. Pake bawa bunga juga :D keren dah masih sempet kerjain tugas. Terusan habis bangungbsiang beneran dapet pendamping hidup nggaj jef? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dapet... gue cuma mendapati kenyataan kalau gue ga dapet pendamping hidup

      Delete
  10. Keren banget tempat pernikahannya. itu pernikahan idaman banget. hotel mewah. hahaha. perlu kocek yang dalem no bang.

    gue bawa laptop, sama keadaannya kaya lu, tapi malah nggak ngerjain. rasanya malas amat.

    ReplyDelete
  11. wehhh kok view hotelnya bagus yaaaa itu lo di bayarin hotelnya sama sepupu lo? *weh salah fokus whehe...

    ReplyDelete
  12. Aduh Jef, itu fotomu yang bawa bunga... Bunganya buat siapaaaaaaa? hahahaha
    Sedih lah kalau ada kegiatan ternyata ada tugas yang deadline-nya kampret gitu. Bawaannya pengen...... Ah udahlah. Kamu ini yang punya tugasnya :((((
    Aku baru tau lho upacara adatnya khas cina ada minum teh-nya. *padahal nggak pernah liat* *ikutbengongdengantehnya*

    ReplyDelete
  13. Duh baca endingnya bikin ngakak aja bang jev, dimana pengantinku :v

    Nah gini nih behavior mahasiswa baru yang harus ditiru, selalu memprioritaskan tugas kuliah daripada yang lain. Eh tapi kalo gue diajakin makan terus namun tugas ada yang belum dikerjakan, ahh gue lebih milih buat makan. Prioritasin perut dulu laah haha..

    HWD Sepupunya bang jev, bahagia selalu

    ReplyDelete
  14. Itu nyesek banget pasti dengan hadirnya tugas kuliah di saat lo harusnya seneng dan enjoy di Batam. Tapi gpplah... sekarang udah dapet pendamping hidup, kan? Itu buktinya lagi duduk sendirian. #Ehgimana :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih loh, pendamping hidup saya ranjang..

      Delete
  15. Wuiiii seru banget acara nikahannya dimulai dengan saling ngerjain gitu. Ga kebayang gimana perasaan jadi pengantinnya ya.

    Btw, kalo aku yang jadi kamu dan harus ngerjain tugas kuliah seabreg di antara acara keluarga begitu, biasanya aku galau lho. Kamu hebat, bisa selesai gitu tugasnya. Kalo aku ... bakalan galau duluan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tugas negara itu ada untuk diselesaikan, sis.

      Delete
  16. Sepupu nya tajir amat ya nikahan di hotel. Di Batam banyak tanah kosong ya. Enak tuh bisa bikin kontrakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. batam panas bro, harus sabar-sabar tinggal disana

      Delete
  17. terkadang kita emang harus merelakan waktu tugas kuliah kita untuk kegiatan kayak gini son.
    tapi tau ga son.
    sebenernya ini cuma awal son,.
    kedepanya masih banyak banget kegiatan yang bahkan lo sampe bener-bener ga ngerjain tugas kuliah lu son.
    e sory gue sotoy

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih suhu atas bimbingannya..

      Delete
  18. tugas memang tetap tugas ya.. dimanapun berada harus diselesaikan.. He

    ReplyDelete
  19. Haaaa.....gue belom pernah ke batam. Mama gue dah pernah, katanya sih di sana panasnya ngalahin jakarta. Eh itu balkon hotelnya asik banget dah...lebaaaarrr...

    ReplyDelete
  20. ntr kamu nikah, jgn sampe ketiduran pas pastornya cermah loh ;p

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>