Friday, October 7, 2016

Master's Sun Bagus Luh..



Beberapa hari belakangan ini gue lagi iseng nonton K-drama yang judulnya Master's Sun. Ternyata, Master's Sun bagus luh. Sebagai penggemar film thriller Korea sejati, mengkonsumsi drama Korea itu mungkin bisa dibilang pembunuhan karakter. Ya gimana enggak, film thriller itu kan erat kaitannya dengan tusuk-tusukkan, bunuh-bunuhan, tendang-tendangan, kalau drama korea.. cipok-cipokan. 

Bukannya anti sama drama, tapi yang namanya drama itu kan berarti series yang ceritanya nyambung-nyambung bersambung. Masih mending kalau series nya itu macam series american crime yang ceritanya beda tiap episode kayak CSI atau Homicide Hunter. Kalau seriesnya nyambung-nyambung bersambung kan ngebosenin abis. Belum lagi kalau episodenya ada banyak. Tapi untungnya drama Korea itu rata-rata episodenya nggak banyak. K-Drama terakhir dan pertama yang gue ikutin gara-gara tertarik tanpa intervensi dari pihak manapun itu.. Love Rain. Tapi karena bosen, gue langsung skip dari episode 8 ke 20. Tapi beda dari drama lainnya, Master's Sun itu nggak se-ngebosenin drama Korea yang seharusnya.. 




Ada yang tau K-movie yang judulnya Spellbound? Mungkin bisa dibilang, Master's Sun ini sejenis Spellbound versi drama. Master's sun ini sendiri rilis di 2013 lalu, Aktornya adalah salah satu aktor legenda, So Ji Sub. Iya, So Ji Sub. So Ji Sub idola emak-emak. So Ji Sub pujaan para emak.  

Master's Sun bercerita tentang Joo Joong Won (so ji sub), seorang pemilik dept store yang secara tak sengaja bertemu Tae Gong Shil (Gyong Hyo Jin), seorang wanita sederhana yang dapat melihat hantu tapi takut akan hantu. Tanpa diduga sebelumnya, ternyata Jo Joong Won memiliki kekuatan spesial yang mampu membuat hantu yang dilihat Tae Gong Shil hilang ketika Tae Gong Shil memegang tangannya. Mengetahui jika Joo Jong Woon memiliki kekuatan spesial macam itu, Tae Gong Shil pun berusaha untuk selalu nempel dengan Jo Jong Woon. Kemampuan melihat hantu yang dimiliki Tae Gong Shil pun membuat hubungan Tae Gong Shil dan Joong Won semakin intim. Jong Woon yang awalnya jual mahal pun akhirnya luluh. 

Intrik asmara dari Master's Sun ini bisa dibilang agak sedikit klise. Diawali dengan pertemuan antara si pria kaya dengan si wanita sederhana, dilanjutkan dengan si pria kaya jual mahal, kemudian diakhiri dengan si pria kaya jual mahal yang akhirnya luluh dan cipokan dengan si wanita sederhana dan kemudian hidup bahagia selamanya. Tapi pembeda utama Master's Sun dari drama-drama klise yang lain adalah 'si pemeran wanita yang sederhana' itu bisa melihat hantu. Nah lo. 

Sama kayak di film Spellbound, hantu yang ada meminta bantuan kepada si pemeran wanita yang bisa melihat hantu itu untuk mengabulkan permintaan terakhir mereka biar mereka bisa pergi dengan tenang. Hantunya pun beraneka ragam wujudnya: Ada yang ada yang cantik, ada yang nggak cantik, ada juga yang entah kayak apalah itu.



sama nenek yu cuk..

Sama cucu yu nek..

ini setan pasti matinya waktu lagi operasi transgender


Yang menjadi pembeda Master's Sun dari drama yang nyambung-nyambung bersambung adalah setiap episode dari Master's Sun memiliki cerita baru dari setiap hantunya. Karena setiap episode di Master's Sun ini nyaris selalu memunculkan hantu baru yang memiliki konfilk yang berbeda, maka nyaris setiap episode konfilk baru juga ikut muncul. Jadi ceritanya nggak ngebosenin cuma terpaku atara si pria dan wanita doang, gitu. Walaupun selalu ada hantu-hantunya, drama ini nggak fokus di horrornya melainkan fokusnya tetep di romance-comedy nya. Selain konflik baru dari si hantu yang nyaris selalu muncul di setiap episode, konflik asmara kayak cinta yang bertepuk sepelah tangan ataupun kasih tak sampai juga bermain di drama ini. Setiap konflik pun penyelesaiannya dieksekusi dengan cukup ciamik.

Satu hal yang paling gue benci dari drama-drama romance adalah.. 'scene kebetulan yang kesannya seakan dipaksakan'. Adegan yang seakan-akan dipaksakan itu nggak jarang membuat cerita yang ada menjadi sedikit nonsense. Di drama ini scene-scene kayak gitu mulai keliatan menjelang episode-episode akhir. Satu hal yang membuat gue gagal paham adalah di episode ke 13 atau 14 kalau nggak salah, si So Ji Sub mati ditusuk obeng. Jadi ceritanya si Tae Gong Shil dalam bahaya, terus si So Ji Sub gaya-gayaan mau nyelamatin si Tae Gong Shil terus si So Ji Sub ini punggungnya ditusuk sama penjahatnya pake obeng. Terus So Ji Sub Mati. Iya mak, So Ji Sub idola lu mati ditusuk obeng. So Ji Sub Idola emak-emak mati ketusuk obeng woe. Gue nggak paham. INI MATINYA BISA KERENAN DIKIT NGGAK?

setan senyum pepsodnt

uhuy

Demi rok mininya Suzy Miss A, mati ditusuk obeng itu nggak ada keren-kerennya. Nonsense. Kalau matinya ketusuk pisau, atau kepotong gergaji, atau kecincang-cincang kan masih make sense, walaupun agak sadis yak. Tapi, ketusuk obeng? Mati ketusuk obeng di abad ke 21 kayak gini? Helaw... Anyonghaseo.. Samyang.... Gue bahkan ngerasa di abad ke 21 ini mati keselek Samyang gara-gara ikutan samyang challenge masih lebih relevan dan make sense ketimbang mati ditusuk obeng.



Dari total 17 episode yang ada, gue cuma nyimak sampe di episode ke 15 terus gue loncat-loncatin karena lumayan bosen. Bukannya bermaksud untuk melakukan intervensi terhadap karya orang, tapi menurut paradigma ini, drama Master's Sun bakalan lebih asik kalau endingnya dieksekusi di episode ke 15. Episode 16-17 ini entah kenapa kayaknya nggak ada greget-gregetnya lagi. Tapi tetep, kalau ditanya bagus atau nggak bagus, bisa dibilang Master's Sun ini bagus luh..




                       



When you're not being honest with your heart, the pain you feel is your answer. - (Master's Sun, 2013)


20 comments:

  1. suka nonton movie yg horror gini emng cwok bgt yaa..
    belakangan ini aku lg demam korea drama sih, cuma untuk jdul yg ini kegnya aku nonton belakangan deh jev..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nggak horror-horror amat sih, ini lebih romance kok....

      Delete
  2. masuk list, eh nga ding takut gue sama hantu. ccemen banget yha.
    lagian lagi otw namatin 'W' dulu eheh lebih cemen

    ReplyDelete
  3. Yuhuu, ijev bahasnyaa kdramaa~~ asekk.
    Seru sih krna ada horror2nya yak, meskipun setannya kagak serem2 amat, tp lumayan gue nntn tgh malem sndirian:( *gue aja yg pnakut*

    Abang sojisuubb..... Ganteng.. Tp udh agak tua sih.. Agak tua tp msh ttep ganteng. Gue demen, tp syang bgt udh agak tua. Yauda deh yg muda ngalah aja sama emak2 kali yee.

    Konflik si setan yg paling sedih mnurut gue pas yg anjing tntara itu tau... :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, itu yang tentara anjing mah absurd abis. Anjing nya gaul, suka wonder girls..

      Delete
  4. Drama korea ya ??
    Duh gue kok agak belum terlalu minat ya nonton yang korea, apalagi drama. Kalo film korea yang satu episode tamat sering, kalo drama, mungkin alesannya sama kayak lo. Bosen.

    Njiang, itu mati ketusuk obeng nggak banget. Bener. Hahahaa

    Btw, baca post ini pas malem. Kok agak parno ya gue. hmmmm~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, abad ke 21 mati ketusuk obeng, hellaww..

      Delete
  5. aku belum pernah nonton cuma pernah liat aja di TV. Kalo ku tangkep drama master sun ini sebenernya punya tema yang bagus tapi endingnya yang mengecewakan ya, jadi gak greget gitu.
    Coba tonton its okay its love, pemerannya sama ik dan bagus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. it's okay it's love? hmm.. belum pernah denger, okelah..

      Delete
  6. Udah nontonn dan emang saeru bangettt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi episode2 akhirnya nggak seru...

      Delete
  7. haha, master's sun emang lucu. eh, tapi banyak kok drama-drama bergenre thriller juga. :)) *sebarvirusdrama*

    ReplyDelete
  8. Aku sukak adegan yg hantu tong sampah. Ternyata di balik itu ceritanya sediiiih banget. Huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bah, emang hantu tong sampah ada ceritanya juga yak? kurang nyimak gue..

      Delete
    2. Adaaaa.. Kan anaknya si hantu tong sampah kepengen nikah, makanya sama CEO mallnya itu dikasih hadiah milih gaun pengantin ._.

      Delete
    3. emang iya yak? ini kayaknya episodenya gue ke skip -___-

      Delete
  9. Drakor telah mengubah mindset tentang film thriller, what the....!! Nggak beda jauh sama film India dong ya, di film horror atau thriller, nanti ada joget-jogetnya dong, hahahahahahahahaahaha hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sih nggak ada joget-jogetnya sih yakk

      Delete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>