Friday, November 18, 2016

60 Tahun Berdedikasi dan Menginspirasi, Satu Astra untuk Satu Indonesia




Sebagai perusahan multinasional yang telah lama bergerak di bidang otomotif dan telah memiliki banyak divisi usaha juga anak perusahaan, Astra telah lama hadir mewarnai dunia Industri dan Jasa tanah air dengan berbagai macam inovasi produknya. Tak terasa, kini telah 6 dasawarsa usianya. Berkaca dari usianya yang akan menginjak tahun ke 60 di 2017 nanti, Astra dengan konstan telah menyumbangkan berbagai dedikasi dalam bentuk inovasi dan prestasi guna menciptakan eksistensi yang menginspirasi bangsa ini. Dedikasi yang diwujudkan secara konkrit tersebut telah dilakukan oleh Astra untuk dapat membangun bangsa dan besar bersama bangsa.

Tahun 1957 menjadi awal hadirnya Astra dan sekaligus menjadi awal dari perjuangannya bersama bangsa ini. Dengan nama perusahaan PT Astra International Incorporated pada awalnya, perseroan Astra pada tahun 1990 resmi mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk dan tercatat di bursa efek Jakarta setelah itu pada 4 April 1990. Enam dekade tentunya merupakan waktu yang sangat lama, tak ayal pil manis maupun pil pahit senantiasa ditelan oleh Astra dalam kiprahnya untuk dapat berjuang dan besar bersama bangsa.  

Menandai (S)emangat (A)stra (T)erpadu (U)ntuk Indonesia dengan melaksanakan SATU Indonesia Awards menunjukkan rupa dedikasi astra dalam wujud konstribusi sosial. Selain menunjukkan rupa dedikasi dalam wujud konstribusi sosial, selalu menjaga kualitas Sumber Daya Manusianya sebagai aset penting serta selalu meningkatkan produk dan layanannya merupakan bentuk keseriusan Astra dalam menginspirasi Indonesia. Filosofi Catur Dharma pun menjadi landasan Astra selama puluhan tahun ini untuk mewujudkan keseriusannya itu. 

Tak bisa dipungkiri lagi memang, jika kredibilitas Astra di dunia jasa dan industri tanah air selama hampir 60 tahun belakangan ini sudah sangat baik imbasnya bagi bangsa Indonesia dalam banyak sektor. Mulai dari otomotif, argo industri, pelayanan finansial, alat-alat berat, teknologi informasi, sampai sektor infrastrukturpun tak luput dari dedikasi nyata Astra bagi Indonesia. Bahkan Astra juga ikut ambil andil dalam pengaruhnya terhadap aspek pendidikan sampai dengan aspek lingkungan Indonesia demi cita-citanya untuk sejahtera bersama bangsa. 

Jika saya ilustrasikan, mungkin akan seperti ini jadinya perjalanan Astra selama 6 dekade, dimulai dari abad ke 20 terlebih dahulu:



Empat puluh dua tahun pertama dibuka Astra dengan begitu meyakinkan. Meski senantiasa jatuh bangun, Astra juga selalu senantiasa untuk memberikan inovasi-inovasinya untuk kembali bangkit dan berjuang bersama bangsa. Dimulai dari tahun 1959, dimana Astra mengawali kiprahnya sebagai perusahaan dagang. Kala itu, perusahaan yang menaunginya masih bernama  PT Astra International Incorporated.  Baru  10 tahun berdiri, kala itu Astra telah dipercaya sebagai distributor kendaraan Toyota di Indonesia. Kecemerlangan Astra pun kian terlihat di tahun-tahun selanjutnya dengan suksesnya Astra menjadi distributor tunggal sepeda motor Honda sekaligus distributor tunggal mesin kantor sekaliber Xerox, sampai dengan distributor tunggal Daihatsu di Indonesia.

Tak hanya berperan sebagai distributor, berbagai anak perusahaan dengan divisi yang bervariasi dan juga yayasan mulai dibangun oleh Astra di 42 tahun pertamanya. Mulai dari PT Federal Motor, PT TAM, PT United Tractors, PT Multiargo Corporation,  Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Toyota &  Astra, PT Daihatsu Indonesia, PT Raharja Sedaya, PT Astra Argo Niaga, PT Astra Dian Lestari, Astra Microtonics Technology, Astra Mitra Ventura, sampa politeknik seperti Politeknik Manufaktur Astra pun dibangunnya demi sejahtera bersama bangsa. Perjuangan Astra kala itu tentunya tak lepas dari jatuh bangun. Sempat menyepakati restrukturisasi hutang sebesar sekitar US$ 1,1 Miliar pada 1999, Astra kembali berjuang untuk menjadi raksasa yang perkasa di kemudian harinya.

Lalu kemudian abad ke 21 datang bersama dengan pergantian logo  PT Astra International Tbk, Perjalanannya bersama bangsa pun tak kalah mengesankan. Dedikasi dalam bulir-bulir inovasi yang menginspirasi seakan tak pernah berhenti diciptakan oleh Astra demi mewujudkan sejahteranya bersama bangsa, meski jatuh bangun kerap kali menyapa:
Merestrukturisasi bisnis dan menerbitkan panduan dalam etika bisnis juga etika kerja membuka kiprah Astra di abad ke 21. Selanjutnya, Astra seakan tak bisa berhenti untuk dapat terus berkonstribusi secara nyata terhadap perkembangan bangsa baik dari sektor otomotif, pendidikan, bahkan sampai lingkungan pun tak luput dari konstribusi nyata Astra. Astra kini telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan kelas dunia yang pada akhirnya membuat Astra kian kokoh dan perkasa. Berkaca dari catatan tahunan Astra pada tahun 2010 saja, kapitalisasi pasar per 31 Desember dilansir telah menyentuh angka Rp. 221 triliun diman asejak tahun 1990 perseroan telah menjadi perusahaan publik yang kemudian tercatat di bursa efek Indonesia dan terus mengalami peningkatan di tahun berikutnya dimana kapitalisasi pasar telah menyentuh angkat Rp 307, 7 triliun di tahun berikutnya dan menjadi Rp 242,9 triliun per 30 desember tahun 2015. 

Prestasi demi prestasi sebagai bentuk apresiasi akan inovasi yang telah diciptakan oleh Astra seakan menjadi cermin jika Motto, Tujuan, Catu Dharma, dan Visi dari Astra selama 6 dekade belakangan ini memang dilandasi dengan komitmen yang nyata adanya. Adapun Motto, Tujuan, Catu Dharma, dan Visi dari Astra selama 6 dekade belakangan ini adalah sebagai berikut: 


Berkaca dari catatan tahunan Astra tahun 2015 kemarin, kegiatan usaha yang dapat dijalankan astra sesuai Anggaran Dasar terakhir Perusahaan, adalah mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan dan konsultasi. Berbagai aspek kehidupan bangsa pun tak ayal berhasil disentuh dan melalui kontribusi dalam bentuk layanan-layanan dan produk-produk yang diberikan. 

Melalui mottonya, Astra berkomitmen untuk dapat mengalahkan segala hadangan yang senantiasa hadir demi terciptanya tujuan mulia untuk dapat sejahtera bersama bangsa. Visi dari Astra pun menunjukkan betapa seriusnya Astra sebagai perusahaan besar yang ingin berkontribusi membangun negri. Ditambah lagi dengan dilandasi filosofi Catur Dharma selama puluhan tahun belakangan ini, Astra mencoba untuk hadir menginspirasi bangsa melalui 3 strategi jitu yang meliputi produk dan layanan, Sumber Daya Manusia, dan Kontribusi Sosial. Ketiga strategi guna menginspirasi bangsa tersebut tentunya bukan hanya sebuah retorika, melainkan sebuah realita yang telah diperjuangkan oleh Astra:


Menginspirasi dari Produk dan Layanan




Sebagai perusahaan besar yang telah lama berkecimpug di dunia Industri/Jasa, Astra pastinya memiliki standar yang sangat tinggi terhadap produk dan layanannya. Memandang pelanggan sebagai pemangku kepentingan utama, bagi Astra kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Integrasi para pemasok barang dan jasa yang menghasilkan produk berkualitas demi kepuasan pelanggan mencerminkan keseriusan Astra akan Catur Dharma Astra yang kedua, yakni memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. 

Mengayomi 6 Industri/jasa yang meliputi Otomotif, jasa keuangan, alat berat, agribisnis, teknologi informasi, dan infrastruktur dengan banyak anak perusahaan dan masing-masing divisi usaha tentunya bukanlah perkara mudah. Namun pretasi-prestasi yang diraih Astra setiap tahunnya seakan menjadi bukti besarnya apresiasi publik terhadap produk dan pelayanan Astra. 

Bicara soal prestasi, beragam prestasi membanggakan berhasil diraih oleh Astra setiap tahunnya, prestasi-prestasi yang  kian mencerminkan betapa seriusnya Astra dalam mengedepankan aspek produk dan layanannya. Dengan tema berbeda-beda setiap tahunnya seperti On The Move di laporan akhir tahun 2010, Widening Prespectives di 2011, Turning Challenges into Growth Opportunities di tahun 2012 dan seterusnya, laporan akhir tahun Astra selalu mencatat banjir penghargaan yang diraih oleh PT Astra Internastional Tbk setiap tahunnya. Berikut, beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh Astra:

Most Admired Companies in Indonesia 2012,2013,2014
Asia's  Best Managed Company 2001, 2003, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012.2013

www.ijeverson.com



Total puluhan penghargaan bergengsi telah diterima oleh Astra beberapa tahun belakangan ini. Penghargaan, penghargaan, dan penghargaan itu jelas menunjukkan jika dedikasi yang telah disumbang oleh Astra mendapat respon positif dalam bentuk apresiasi yang mencerminkan jika produk dan layanan Astra tetap diutamakan kualitasnya. Dedikasi yang menuai apresiasi ini sendiri tak ayal menunjukkan rupa inspirasi bagi bangsa. 


Menginspirasi dari Sumber Daya Manusia



Bagi Astra, Sumber Daya Manusia merupakan aset utama bagi perusahaan. Maka dari itu, faktor SDM menggendong peran yang sangat penting bagi kemajuan dan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Keseriusan Astra tentunya buka hanya ucapan semata, Laporan akhir tahun 2010 menunjukkan jika Astra telah merekrut sebanyak 145.154 orang karyawan, dan 168.703 karyawan juga 185.580 karyawan di 2011 dan 2012. Jumlah karyawan Astra terus bertambah setiap tahunnya, dan hampir menginjak angka 200.000 karyawan di tahun 2013 atau lebih tepatnya 197.434 orang. Untuk menunjukkan keseriusannya akan SDM baik di internal maupun eksternal perusahaan, di tahun 2014 Astra telah memberikan bantuan kepada lebih dari 13.262 sekolah, dengan menyalurkan 159.245 beasiswa dan membina 28.199 guru. Di tahun 2014 ini juga Astra telah mempekerjakan total 225.580 karyawan dan jumlah tersebut tetap bertahan diatas 220.000 pada tahun berikutnya. 

Mengayomi ratusan ribu karyawan tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah.  Memacu motivasi para karyawannya agar dapat mengoptimalkan talenta masing-masing pribadi sehingga berdampak pada kontribusi positif yang diberikan merupakan hal yang penting. Salah satu cara Astra untuk menghargai karyawan-karyawannya guna memotivasi adalah dengan mengadakan Innovastra. 


Innovastra sendiri merupakan ajang tahunan yang telah berjalan selama 32 tahun, dimana Astra memberikan penghargaan kepada inovasi dari seluruh insan Astra di tanah air. Innovastra dinilai Astra mampu memacu semangat karyawan dalam menciptakan sebuah inovasi untuk  dapat berkontribusi bagui perusahaan dan juga bangsa. Di tahun 2015 sendiri, Astra telah dapat menjaring semangat kreatifitas para insan Astra dengan InnovAstra ini, yang tercermin dari besarnya jumlah proyek yang diikutsertakan:
  1. Sugestion system: 734.479 proyek
  2. Quality Control Circle: 8.112 proyek
  3. Quality Control Project: 1.123 proyek
  4. Business Performance Improvement: 83 proyek 
  5. Value Chain Improvement: 22 proyek

Astra juga semakin menunjukkan keseriusan dalam membina SDM dengan dibentuknya Corporate Human Capital Development untuk me-manajemen strategi SDM di tingkat korporasi. SDM yang  unggul kemudian didesain melalui 3 aspek, diantaranya: 1. Education, 2. Enrichment, 3. Empowerment. Karyawan Astra tentunya juga telah difasilitasi oleh banyak fasilitas yang membuat hidup mereka lebih makmur dan sejahtera, tanpa terlepas dari imbalan moneter yang mereka dapatkan tentunya. 

Jika kita menengok bagaimana seriusnya Astra dalam mengayomi ratusan ribu karyawannya, tentunya hal yang inspiratif adalah hal yang kita lihat. Inspirasi dapat dirasakan dari bagaimana Astra mengayomi karyawan dengan jumlah yang sangat besar, bagaimana Astra selalu berusaha memberikan kontribusi terbaik bagi negri dengan SDM nya, semua hal itu tentunya dilakukan Astra demi dapat sejahtera bersama bangsa. 

Menginspirasi dari Kontribusi Sosial


Menjalankan banyak divisi usaha dengan ratusan anak perusahaan selama puluhan tahun tak ayal membuat kontribusi sosial yang diberikan Astra sudah terbukti nyata. Astra berusaha untuk menjaga keseimbangan antara bisnis, sosial, dan llingkungan dengan pendekatannya yang terintergrasi dengan 4 pilar CSR Astra, yakni: pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. 

Astra menyadari jika kontribusi sosial dapat hadi dari internal maupun eksternal perusahaan, maka dari itu Astra dengan keseriusanny amengadakan SATU Indoneisa Award. SATU Indonesia Award merupakan kompetisi berupa penghargaan untuk 5 pemuda yang dinilai telah memberi kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. (S)emangat (A)stra (T)erpadu (U)ntuk Indonesia dalam balutan SATU Indonesia awards itu diadakan untuk mencari pemuda maupun pemudi bangsa yang memiliki cita-cita yang sejalan untuk senantiasa menghasilkan karya demi bangsa guna menciptakan manfaat bagi orang banyak. Antusias masyarakat akan prgoram Astra ini terbukti cukup positif, dan hasilnya pun juga dirasa sangat positif bagi masyarakat banyak dan juga tentunya  bagi bangsa Indonesia sendiri. 

Beragam kontribusi sosial telah diberikan oleh Astra di berbagai sektor. Sektor Ekonomi, Pnedidikan, Sosial, sampai kepedulian akan lingkungan pun tak lepas dari kontribusi sosial Astra selama 6 dekade belakangan ini. Kepedulian Astra ini jelas menegaskan keseriusannya dalam merealisasikan Motto, Chatur Dharma, Visi, dan tentu saja tujuannya untuk sejahtera bersama bangsa. 

Setelah sekian lama berjuang bersama bangsa untuk menggapai mimpi-mimpinya, Astra tentunya tidak pernah berhenti untuk memberikan insiparsi bagi bangsa. Semakin bertambahnya umur berarti semakin bertambahnya inspirasi yang dapat diberikan oleh Astra. Dedikasi, kontribusi, inovasi, dan juga prestasi, semuanya terimplementasi dan bersemayam dalam label inspirasi yang telah disumbangkan Astra selama 60 tahun bagi bangsa Indonesia.  Satu motto nyata, satu visi nyata, satu catur dharma nyata, dan satu tujuan nyata, perlahan menyatu dan membentuk inspirasi bagi Indonesia tercinta. Satu Astra, untuk satu Indonesia. 

11 comments:

  1. Sudah setengah abad lebih Astra berkontribusi di berbagai sektor ya, keren banget, sampai karyawannya pun diapresiasi dan diayomi, pasti jadi loyal kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi! inspiratif sekali, memang.

      Delete
  2. Berkat Astra, saya bisa merasakan jok motor Honda.

    ReplyDelete
  3. Wah udah 60 tahun ya,
    Selamat lah buat astra atas pencapaiannya, semoga terus berinovasi dan berguna bagi banyak orang.

    ReplyDelete
  4. Human resourchnya astra emang dicetak buat low profile banget sih, soalnya gue sering nemu sdm astra pas ketemu di jalan orangnya pada humble2

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul,maka dari itu Astra itu salah satu MNC yang inspiratif banget.

      Delete
  5. 60 tahun? berarti Astra juga ikut mengiringi perjalanan negeri ini sejak dulu. hmmm

    ReplyDelete
  6. Corolla itu berarti dah lama yaaa, dari 1974 ternyata dan itu aku blm lahir hehehe

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>