Wednesday, November 9, 2016

Antara Musim Penghujan dan English Ost dari Jealously Incarnate


Entah kenapa, akhir-akhir ini gue selalu ngerasa kalo bulan November tahun ini datang dengan begitu cepat. Perasaan baru kemarin tahun baruan di atap rumah temen sambil joget-joget india, eh sekarang udah mau tahun baru lagi aja. Perasaan baru kemarin ikut ujian nasional kelas 12, sekarang udah mau ikut ujian tengah semester sebagai seorang mahasiswa semester satu. Perasaan baru kemarin punya gebetan, eh sekarang udah jadian aja si gebetannya.. sama sahabat sendiri.  

Buat orang-orang yang tinggal di Indonesia, bulan November selalu erat kaitannya dengan hujan karena emang lagi musim penghujan. Siang ujan, pagi ujan, malem ujan, sore ujan, setiap saat ujan. OH HUJAN.. kata orang bijak, hujan itu ambigu. Hujannya diluar rumah, tapi malah pipi-pipinya yang banjir. Nangis gitu loh, maksudnya. 


Biasanya, hujan di siang menjelang sore hari itu adalah hujan yang paling menyakitkan. Karena biasanya, rintik hujan yang turun di saat-saat seperti itu bukan cuma membawa air hasil evaporasi yang jatuh dari langit, tapi siklus hidrologi yang terjadi saat itu juga membawa sejuta kenangan bersamanya. Makanya, nggak jarang flashback-flashback tercipta disaat-saat seperti itu. Biasanya kalo udah gitu, nyalain ac terus duduk di depan jendela sambil ngopi atau ngeteh merupakan aktivitas terbaik untuk menciptakan sebuah kilas balik yang memutar kenangan demi kenangan yang dulu pernah terjadi. Biasanya kalo udah gini, filter disekitar kita tiba-tiba bakal berubah jadi grayscale dan udara sekitar tiba-tiba menjadi dingin. 

Tapi udara yang dingin tadi akan menjadi nggak dingin-dingin amat, ketika kita kembali mengingat kalau dulu sikap dia ke kita jauh lebih dingin ketimbang udara dingin itu sendiri. OH HUJAN...

Selain duduk di depan jendela sambil ngopi atau ngeteh, salah satu aktivitas terbaik yang bisa dilakukan saat hujan adalah.. mendengarkan lagu. Ada banyak lagu yang sebenernya emang asik buat didengerin waktu hujan, apalagi lagu-lagu mellow, tergantung selera masing-masing sih. Gue sendiri akhir-akhir ini lagi hobi banget buat dengerin lagu keane yang judulnya everybody's change, ya kurang lebih lagunya 11-12 sama lagu the reason nya hoobastank. Ya lumayan cocok sih, buat dijadiin lagu hujan. Tapi nggak cuma itu, lagu hujan lain yang gue denger akhir-akhir ini datang dari soundtrack salah satu drama Korea yang berjudul 'Jealously Incarnate'.



Gue sendiri nggak nonton dramanya. Tapi, berhubung tv di rumah sering dimonopoli oleh nyokap dan kakak ciwi gue, maka channel KBS merupakan channel yang paling sering terputar. Iklan-iklan dari drama yang tayang di KBS pun berkali-kali muncul. Gue pun hanya dapat termenung, melihat senyum nyokap yang mengembang setelah berhasil memonopoli televisi untuk menyaksikan KBS. Salah satu iklan drama Korea yang sering nongol akhir-akhir ini adalah Jealously Incarnate. Gue sendiri nggak terlalu tertarik buat nontonin dramanya, gue nggak gitu tau ceritanya tentang apa, yang gue tau.. soundtracknya bagus. Cocok banget buat didengerin waktu ujan di siang menjelang sore hari. 

Kebetulan, soundtrack dari Jealously Incarnate yang gue suka ini adalah lagu english. Judulnya Step-step dari Suran, sama Bye Autumn dari saltnpaper. Liriknya sama temponya pas banget buat didenger waktu ujan sambil main flashback-flashbackan, apalagi sambil ngopi atau ngeteh di depan jendela yang dibasahi oleh rintik hujan..  filter gue langsung berubah jadi grayscale abu-abu kelabu deh pokoknya, kalau lagi dengerin 2 buah lagu itu waktu ujan di siang menjelang sore. 


              



"Look in my eyes
Can you see my heartbeat?
Swirling everywhere I go
Look in my eyes
I will be next to you
You let me be on the line"

"I know it’s all or nothing
But we’ll make it all right
Oh yeah, so live your life
shining like a star
And I’ll be your moonlight"

"If you just remember this
Oh tell me that we can get it over
Even if it’s gonna hurt me
in the end
I’ll always be yours"


Lirik diatas menggambarkan suasana hati seseorang ketika sedang jatuh hati dan mengibaratkan dirinya sebagai sinar bulan dikala orang yang disukainya adalah bintang. Ketika hati seseorang berdegup dengan kencang saat melihat mata orang yang disukainya, ketika rasa sakit tak mampu mengalahkan besarnya rasa suka itu sendiri, ketika itulah rasa tak bisa memiliki datang menghampiri. Gue yakin, dalam hidup kita ini kita pernah seenggaknya minimal sekali aja menyimpan rasa kepada seseorang namun pada akhirnya kita sadar kalau orang tersebut tidak bisa kita memiliki. Perasaan kita pun hanya dapat terpendam dan kita pada akhirnya hanya dapat jatuh cinta diam-diam, jatuh cinta sendirian. 

Tapi bukan itu masalahnya, masalahnya adalah... ingat kah kita, ketika 'rasa tak bisa memiliki' itu datang menyapa kita saat siang menjelang sore hari dalam bentuk hujan di penghujung tahun yang menayangkan kilas balik? Ingat kah kita.. ingath kah.... ingat.. kah...


                             
              



"Slowly fall a thousand stars
And everything all goes by
Wasting all I loved
Quietly
all the dreams are gone away
In a good night
Never ever say goodbye
Always I wonder why
Wasting all the time"

"If I cry if I smile
Will my life still go on
If I try if I chase
Will my love still go on
Somehow I can’t get out of here
Sometimes I need you near me"

"Keep me right
keep my breathe
Till the end of story
Let me wait
if you’re late
Till my words find your ears
Someday you colour me anew
Somewhere underneath the sky"



Nggak jauh beda dari lagu pertama, lirik lagu "Bye, Autumn" ini juga menggambarkan rasa tak bisa memiliki. Tapi perbedaannya, lagu Bye Autumn ini lebih dalam dan menggambarkan perasaan susah move on. 

Tapi bukan itu masalahnya, masalahnya adalah... ingat kah kita ketika sedang berada dalam sebuah hubungan yang serius, hari-hari kita diwarnai dengan penuh suka. Tapi ketika masalah datang dan hubungan tersebut mulai goyah sampai akhirnya sukar untuk dipertahankan akan menimbulkan perasaan dimana tiba-tiba ribuan bintang jatuh dan merenggut semua yang kita cintai, perasaan dimana kita selalu merasa hidup akan terus berjalan dikala kita menangis maupun tersenyum, perasaan dimana kita tidak bisa keluar dari apa yang sudah membuat kita nyaman, perasaan dimana kita ingin dia untuk selalu ada di dekat kita. Selalu.. 

Kalo gue nggak salah tangkep, seharusnya lagu ini diputernya waktu scene si pemeran utama wanita sama pemeran utama pria lagi ribut, atau ada yang nangis, gitu.


Ehem... uhuk-uhuk, ya begitu lah lagu hujan gue akhir-akhir ini. Kalau ngana, ngana punya lagu hujan juga kah?

35 comments:

  1. kok gua jadi ikutan sedih gini sih bacanya...
    kalo udah ujan sore2 aja keikutan flashback..
    memang sakit banget kalo kita udah sayang sama seseorang dan pada suatu waktu, semuanya harus berakhir gitu aja..
    rasanya makin baper aja liat ujan..

    ReplyDelete
  2. Memang sih bulan November musim hujan, pagi, sore, siang, malem, ditambah di Desaku sering mati listrik.
    Coba deh bayangin betapa betenya.

    Aku udah pernah denger lagu everybody canging sama the reason, emang liriknya menyentuh banget. Meskipun liriknya tak translate dulu biar bisa tahu apa artinya. Maklum aku gak jago bahasa inggris.

    Btw, kalo sedang ujan jangan kebanyakan nglamun dan inget kenangan dengan si Dia, jadi lemes lhoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lemes? emang tangan lo ngapain..

      Delete
  3. Aduuhhh Baper Gini...

    Ada Kenangan Tersendiri Klo Denger Kata Hujan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gile, baru denger kata hujan aja udah ada kenangannya. gimana kalau diguyur.. tenggalm dalam lautan masa lalu dah anda.

      Delete
  4. ya ampun, kamu K-Drama fans?! aaaakkk kita sama *preett*
    gak usah baper bang sama hujan, biasa ajalagi, jadilah orang normal... Baper itu hanya untuk ORANG LEMAH!! Apalagi baper karena ada lirik lagu yang menyentuh dan pada saat itu juga hujan. ISH! LEMAH BANGET!!

    JUJUR aku gak tau lagu everybody changing changing apalah itu, tapi pas aku baca baca liriknya, kayaknya menyentuh banget nih, apalgi gue bacanya pas lagi hujan, jadi baper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue bukan k-drama fans bro, my mom and my sis are. tiap hari nonton kbs..
      kalo gue mah, k-movie aja sih. Apalahi kalau k-thriller, thriller-mystery korea itu.. master piece!

      Delete
  5. Haha, siklus hidrologinya keren juga. Bisa membawa kenangan bersamanya juga.

    Hujan emg sering bikin baper dah, tp kalau bapernya kelebihan juga gak baik buat kesehatan. MOVE ON! MOVE ON! Yang lalu biarlah berlalu, buka lembaran baru

    ReplyDelete
  6. Kalau kebanyakan orang, hujan bikin galau kalau aku hujan bikin ngantuk. Tiap hujan bawaannya pengen guling-guling di kasur yang berending ketiduran. Hahahaa...

    Tapi kalau pas gak bisa tidur, dengerin musik pas hujan sambil ngeteh itu asik banget!

    Kalau aku.... lagu hujanku *apa yaaaa..... liat list lagu* mungkin You are My Everything-nya Gummy sama This Love-nya Davichi. Dua-duanya dari OST drama Korea Descendants of The Sun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hujan emang kadang bikin ngantuk.. kadang bikin galau... hujan itu nggak jelas, kayak sikap dia.

      Delete
  7. Lirik Inggrisnya mengingatkan gua sama lagunya Bryan McKnight yg "Everything I Do"
    Kalo ga salah itu OST nya film Robin Hood, Prince of Thieves tahun 1990an
    Kalo ada waktu, coba dengerin deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ost nya robin hood gue nggak tau, kalau rob-b-hood nya jackie chan gue tau.

      Delete
  8. Waduh, lagi menikmati weekend begini malah jadi baper saya...
    lagunya terlalu merdu i cant resist that feeling, terlanjur baper :(

    btw, bulan november di jakarta malah hujan badai.. serem jadinya, semoga jakarta ga baper sehingga ga hujan dan banjir mulu.. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai, sebenernya jakarta badai-badai begini nggak akan banjir, selama... coblos nomor 2! ke2ja nyata! #PolitikTerselubung

      Delete
  9. Suka banget sama lagu Bye Autumn. Baru pertama dengar dan langsung naksir. Ngedengerinnya di kantor sambil bersandar sendirian menunggu jam pulang, di hari sabtu yang memdung. Lagunya bikin mellow, tapi juga bikin semangat. Makasih udah sharing lagu hujanmu ya Jev.

    ReplyDelete
  10. Kalo saya sih kalo lagi ujan lebih enak selimutan + ngemil + nonton film! Matiin lampu lalu berasa bioskop sendiri wkwkwk

    Btw ujan terus bikin aktifitas sedikit terganggu sih. Mau pergi kerja ujan. Mau pergi main, hujan. Apa-aja hujan. Kalo soal lagu, lebih enak dengerin Westlife atau lagu barat yg jadul-jadul gitu atau jazz, lebih pas suasananya kalo hujan :D

    ReplyDelete
  11. Kalau lagi hujan itu cocoknya nulis blog deng *modus

    Iya, serius. Kadang perasaan dan logika gue lebih sering ngalir kalau sambil denger rintik hujan. Mungkin lagu-lagu yang lo rekomendasikan itu bisa gue download, dan gue puter saat gue lagi ngeblog nanti. Liriknya lagu english, dan penyanyinya korea. Ah komplit deh, berhubung gue ini agak K-Drama lovers, hehe.

    Saking sukanya gue sama hujan, gue sampai download aplikasi pemutar suara hujan di Play Store. Biar ngalir gitu inspirasinya. Mungkin lo bisa cobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata, rintik hujan itu sumber inspirasi. gokil

      Delete
  12. wah hujan
    inget mantan *nangis

    haha yang bikin sebel banget tuh hujan saat jam pulang kantor :v
    memaksa kita berlama lama dikantor :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hujan waktu jam pulang kantor itu emang... derita tiada tara. pertama, jam pulang kantor itu pasti manyet. kedua, hujan akan menyebabkan kemacetan. sehingga terciptalah kemacetan dari kemacetan, the mother of traffic jam.

      Delete
  13. Hadehhh, KBS adalah channel yang gw BLOK dari siapapun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. andaikan aku bisa melakukan itu..

      Delete
  14. Sammaaa ajaaa ternyata ya cowow n ciwiw... Kadang baper kala hujan. Hmmm... Dipi lagu hujannya thinking out loud - ed sheeran dan megan trainor yg i love you like im gonna loose you itu loh jef. Gegara punya hikayat, sayang sama orang tpi tak bs dimiliki, malah kyknya bertepuk sbelah tgn deh. Bahkan mgkin dianggap rendah sama yg bersangkutan, sedang aku nya ngehormati dia abis abisan... Hahaha.
    Tpi meski sedih, tetep berusaha diingat dri sudut pandang positif. Itu aja sih. #sruput teh manis aja sambil mnatap air hujan

    ReplyDelete
  15. tau nih, ok ya tau2 udh nov ya jev.. cepet bgt loh tahun ini :D.. tp ga papa, aku malah seneng krn bntr lagi mw traveling :D..

    lagu hujan yaa... cuma 1 lah lagu kesayangan ku pas hujan.. lagunya Indecent obsession yg judulnya Lady rain :D.. agak sedih sih memang, tapi itu lagu punya kesan banget soalnya :D.. Ga tau deh kamu tau lagu yg dimaksud ato ga.. lagu jaman aku SMP lah hahaha.. tapi bagus jev ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ngikut boleh kali mbak travelling nya :")

      Delete
  16. jev jev....lagu gue banget atuh hoobastank
    hujan=lagu=mellow (kayaknya emang uda jadi satu paket sih)
    ehm iya nih november tau-tau uda pertengahan aja, mana semakin ke sini semakin bokek lagi
    wah uda lama ni aku ga maen ke sini, uda ketinggalan banyak banget cerita

    jadi gimana rasanya jadi anak kuliah sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo halo~

      gimana ya mbak? baik sih baik, hohohoh :)

      Delete
  17. hahahaha abis baca ini saya langsung denger lagunya dari youtube. Lagunya asik tp gmn ya..em feelnya gak dapat gara2 blm nonton drama koreanya, tp yah, bsk-bsk kalo hujan turun mau dengar lagu ini juga ah...

    ReplyDelete
  18. tapi sayang kalo saaqt ujan dan lw jomblo sendirian hahaha

    ReplyDelete
  19. bulan kelahiran, bulan kesukaan, bulan-bulannya hujan. :D

    inget drakor, jadi inget udah lama ga nonton dan sedang menahan hawa nafsu buat nonton drakor. biar proposal kelar dulu :"D

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>