Tuesday, November 1, 2016

Balada Kursus Website


Nggak kerasa ya, udah November. Perasaan baru kemarin Oktober..

Entah dirasuki insting sok ide kayak apa, di pertengahan bulan oktober kemarin gue mendaftarkan diri buat ikut kursus menjahit. Maaf, kursus website maksudnya. Ketika temen-temen gue mahasiswa dan mahasiswi jurusan Hubungan internasional lainnya mulai sibuk daftar kursus bahasa Perancis, Spanyol, Arab, dan bahasa-bahasa internasional lainnya, ada seorang mahasiswa HI semester 1 yang malah terdampar di kursus website. 

masih sepi, masih pagi..

Satu hal yang gue sadar betul di zaman sekarang ini adalah.. digital itu kenyataan. Serius men, di zaman sekarang ini apapun bisa dikomersialkan secara digital. Nyari jodoh, nyari kerja, nonton film, sampe belanja yang menghasilkan transaksi komersial semuanya menjadi terbiasa dilakukan secara digital. Ketertarikan terhadap ilmu untuk membuat E-commerce menjadi alasan utama gue mendaftarkan diri di kursus website itu. Lumayan kan, kalau bisa biki E-commerce yang bisa diatur-atur sendiri, kedepannya tinggal ditentuin barang apa yang pingin dijual. Gue yakin E-commerce itu sesuatu yang cukup menjanjikan selama yang diperdagangkan bukan organ tubuh manusia atau prostitusi online. 

Untuk itulah, di pertengahan bulan oktober lalu gue mendaftar les web di sekolah website yang letaknya deket dari rumah gue. Nama les webnya itu Dumet School, cabang Grogol. Gue tau tempat les website ini udah lumayan lama, dan udah lumayan lama juga tertarik buat daftar. Udah semenjak kelulusan kelas 12 dulu malah gue berniat daftar, tapi ketertarikan gue masih belum cukup kuat. Sampe akhirnya gue mulai kuliah kemarin, gejolak di dalam dada semakin menggebu-gebu. Gimana enggak, setiap mau pulang dari BINUS, gue selalu ngelewatin Dumet School ini sebelum akhirnya nyampe ke rumah. Alhasil gue semakin dibuat penasaran dan akhirnya luluh. 

Sebelum daftar, gue memastikan keamanan dari les website yang satu ini terlebih dahulu. Beberapa kali gue googling dengan kata kunci "Dumet School penipuan", tapi nggak ada artikel negatif yang keluar, malah artikel positif tentang Dumet School semua yang bertebaran. Alhasil, gue nggak begitu ragu buat ngedaftar.. selama harganya masih masuk akal, sih. 

Ternyata, di Dumet School pembelajarannya dibagi lagi ke beberapa bagian. Ada Web Master, Programming, Web Design, dan ada Digital Marketing. Masing-masing bagian harganya beda, tapi masih masuk akal. Untuk bisa bikin E-commerce, gue harus ngambil pembelajaran yang namanya Web Master dulu, baru nanti lanjut lagi ke programming. Web Master itu pembelajaran yang paling awal dan dasar dari pembuatan web itu sendiri. Hal-hal yang dipelajari di Web Master itu kurang lebih kayak HTML + CSS, PHP, Bootstrap, Photoshop. Karena HTML gue udah ada gambaran dan photoshop udah lumayan sedikit ngerti, gue awalnya nggak terlalu ambil stress tentang pembelajaran Web Master ini. 


css cuy

salah satu hasil dari latihan bikin form facebook..

Buat sekarang ini, gue masih berkutat dengan bab-bab di HTML CSS. Aplikasi-aplikasi yang dipake pun aplikasi pembuat web pada umumnya kayak Dreamweaver ataupun Sublime. Meskipun belajarnya dari awal, tapi pembelajaran HTML nya lumayan bikin otak cidera. Bikin website multiple kolom lah, bikin form table lah, bikin website yang kerangkanya ribet lah, pokoknya nggak gampang lah. Gimana nggak pusing, anak HI yang di tempat kuliahnya belajar politik internasional, sejarah internasional, filsafat, harus dicekokin bahasa-bahasa HTML CSS dan rumus-rumus dasarnya. Web Master ini sendiri nantinya kalau nggak gue lanjutin ke Web Prgoramming tetep bisa dikomersialkan skill nya dalam hal pembuatan website company profile. 

Dumet School ini sendiri ternyata asik banget. Fasilitas dan cara pengajarannya cukup memuaskan. Instrukturnya pun baik-baik dan emang udah pro dibidangnya. Apalagi, nggak ada jangka waktu tertentu buat belajar di Dumet School ini. Kalau di tempat kursus lain kan biasanya, bayar segini buat jangka waktu 3 bulan atau berapa bulan, kalau di Dumet School 'bayar segini' sampe bisa. Mau 3 bulan kek, 4 bulan kek, mau 9 bulan kek dari awal hamil sampe anaknya lahiran, kalau emang belum bisa ya nggak apa-apa dateng. Cara pengajarannya pun simple tapi edukatif. Kita cuma perlu dateng, dengerin materi terakhir yang kita pelajari via video di komputer Dumet, terus praktekin sendiri apa yang udah kita pelajari dan kalau nggak ngerti tinggal nanya sama instruktur-instrukturnya. Karena gue ngambil Web Master, waktu datengnya pun fleksibel. Dari senin sampe minggu, dari jam 9 pagi sampe jam 9 malem mau dateng kapan aja bebas, nggak terikat apa-apa. Jadi bisa dikatakan, les di Dumet itu sebenernya worth it abis... abis.. abis. bis...

Meskipun banyak yang bilang kalau yang namanya bikin website itu bisa dipelajari secara otodidak, tapi pastinya ada banyak juga hal yang bisa didapatkan di kursus website yang mungkin nggak bisa didapatkan atau butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya kalau kita belajar sendiri secara otodidak. Bahasa komputer itu kompleks, sobat. Nggak sesederhana bahasa kalbu. Semoga kursus website gue ini kalau dipadukan dengan background jurusan Hubungan Internasional gue akan menghasilkan website internasional yang berguna bagi dunia. Website video dewasa yang bisa diakses secara internasional guna menjalin hubungan baik antar negara, contohnya. 


Les dulu gan..

  

41 comments:

  1. Jadi gampangan bahasa kalbu daripada bahasa komputer nih? Haha..

    Mantap ya tempat kursusnya, ga aada batasan waktu. keren!

    Saya nuggu websitenya Jeff go internasional deh! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. website internasional gue cenderung hanya retorika.. hahaha

      Delete
  2. Wahhh anak komputer banget ya nih? Jujur gue yang anak bahasa kalbu sedikit susah ngerti tentang segala cakap bahasa komputer seperti gimana cara ngotak-ngatik photoshop, dan kawan-kawannya. Padahal aplikasi photoshop gitu ada loh di laptop gue hahaha.

    Sukses deh buat jeff, mba nana juga nunggu website internasionalnya keluar, ditunggu ya mas jeff! ;D

    willynana.blogpspot.com

    ReplyDelete
  3. Kalo ngeliat kode-kode di template, gue pusing. Nggak ngerti. Nggak minat juga sih ke programming. Huhuhu.

    Semoga idenya bisa terwujud, Jev!

    ReplyDelete
  4. Keren nih, sukses bang kursusnya.. Good Luck..

    ReplyDelete
  5. jadi pengen juga ikutan les website beginian
    bener sih, kaya sekarang banyak banget apa apa internet apa apa web wkwk

    dumet ada cabang gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok cabangnya di jakarta sekitarnya..

      Delete
  6. Idenya keren itu kalo nantinya udah mahir, trus bikin website untuk menjalin hubungan baik antar negara. Semoga mimpi itu akan terwujud suatu saat nanti.

    Kalo yang nggak passion di bidang ini, mungkin nggak bakal ambil les yang kayak gini. Kamu mahasiswa HI yang beda dari lainnya, nggak ngikut yang mayoritas mahasiswa HI lakuin. Keren juga di Dumet bisa fleksibel gitu jamnya. Memudahkan banget kalo yang mau belajar website mulai bener-bener dasar banget.

    ReplyDelete
  7. Idenya keren itu kalo nantinya udah mahir, trus bikin website untuk menjalin hubungan baik antar negara. Semoga mimpi itu akan terwujud suatu saat nanti.

    Kalo yang nggak passion di bidang ini, mungkin nggak bakal ambil les yang kayak gini. Kamu mahasiswa HI yang beda dari lainnya, nggak ngikut yang mayoritas mahasiswa HI lakuin. Keren juga di Dumet bisa fleksibel gitu jamnya. Memudahkan banget kalo yang mau belajar website mulai bener-bener dasar banget.

    ReplyDelete
  8. Hai Jev, rasanya udah lama banget gak mampir blogmu hehehhee
    Hebat banget sih km Jev ditengah kesibukan masih ada waktu kursus website, padahal yg lain kursusnya bahasa
    moga2 nanti cita2mu bikin website internasional tercapai yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal web internasionalnya maksud saya hiperbola loh -__-

      Delete
  9. Selalu salut sama kalian-kalian yg menguasai bahasa pemrograman, hahaha. Gua matematika nya dulu jelek waktu di sekolah, jadi ya liat bahasa-bahasa coding gitu rasanya mata jadi berkunang-kunang. Buat gua sih lebih mudah belajar Bahasa Mandarin yg tulisannya kayak cacing daripada bahasa pemrograman hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masih belum pake matematika sih bro, belum masuk web programmingnya

      Delete
  10. Nanti bisa kali son tiap abis dapet ilmu baru langsung di posting di blog haha .

    Btw aku tunggu loh website internasional versi lo...

    ReplyDelete
  11. Baru mampir kesini lagi uy... Terakhir kesini kayaknya pas lu SMA deh... Kira2 pas lu jalan2 ke Bangkok.. Eg Sekarang udah mahasiswa aja... Udah punya ide lagi buat bikin website video dewasa international... Ckckck... Keep it up, bro...
    Digital itu kenyataan.. Lanjutkan belajarmu... Buat kami bangga...
    Gue cuma bisa berharap di kota gue ada tempat kursus web master kaya gitu.. Huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih gile, lama juga ye waktu postingan thailand :")

      Delete
  12. Jadi cekikikan (senyum nyengir sendiri) pas lo cerita kalo bisa bikin otak cidera. Hahahaha. Emang gitu sih, harus niat kalo belajar bahasa pemograman. Kalo nggak niat ato udah nggak suka duluan. Lihat HTML sedikit aja udah puyeng. Kram otak deh. Haha.

    Semangat Jev, kalo udah puyeng pijitin aja kepalanye. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai, kode html sebenernya masih sederhana, nggak serumit kode wanita

      Delete
  13. Ini sih rencana gue juga bang, tapi bukan lesnya. Tapi kuliah dijurusan itu, keknya seru sih, walopun banyak temen yang bilang ribetnya gak ketolong.

    Tapi keknya seru.

    ReplyDelete
  14. gue sejak masih sma pengen banget sebenarnya belajar bahasa pemrograman tapi nggak pernah ada media buat ngelatih belajarnya. dumet scholl buka cabang nggak di gresik jev kalo iya and ada duit gue maulah daftar biar gak terlalu gaptek hhhhh

    ReplyDelete
  15. Hehe.. mainanku masa kuliah. :D Ribet tapi bikin ketagihan ya kaan. haha.... apalagi kalau sudah bikin website yang bisa dipakai orang banyak alias berguna buat orang. Rasanya seneng banget....

    ReplyDelete
  16. Coding dipadukan dengan ilmu HI, wah gue tunggu terobosan terbaru lo bang..

    Enak banget ya, gak ada batasan waktu buat belajar. Gue udah pernah nyoba latihan-latihan kode kode beginian di internet, awak-awalnya sih ngerti, tapi siap itu gak gue terusin, terbengkalai dan akhirnya gak buka buka itu website lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. web bokep yang bisa diakses dunia internasional jadinya kalau dipadukan..

      Delete
  17. Boleh juga, nih, udah kelar aja buat Landing Pagenya Facebook. Keren.... Tapi, lebih keren tempat kursusnya, sih, nggak ada batasan. Jadi, kapan aja lu mau belajar, tetep bisa gitu, ya jev?

    Ditunggulah, karya website Internationalnya. Biar tau ada karya anak bangsa yang mendunia. Gue juga belajar coding dai Dreamwever. Keren soalnya App itu. Cuman, ya kalo komputernya nggak kuat jadi lelet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, somehow dreamwever kerasa lebih asik ketimbang sublime..

      Delete
  18. Hehe, happy coding. Programer web penuh dengan code dan logika. Selamat buat bg Jeff, semoga mahir buat imbangin Mark Zuckenberg. Hehe,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali yak les web doang bisa ngalahin si bang mark, tapi semoga aja ya -____-

      Delete
  19. EKSTRA belajar ya jdnya jev dri HI ke Web Master.
    salut aku jev..
    enak dong ya dumet nya dket dri rumah. nginep aja dong skalian jev biar cpet dpt ilmu web programmernya..
    trus, buat web dewasa?haahh????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak lah, web dewasa itu.. hanya lelucon semata..

      Delete
  20. Huaaaaa.. . Emak emak macem dipi nih udah g kuat ikutan kursus kyk gini... Mending cooking class .. huhuhu. Salut iihh masih rajin belajar meski otak cidera :D. Jev pasti bisa lah, yakiiinn dipi mah.

    Mumpung muda bnyakin skill yak, jdi punya value, aplg era digital mmg udah kita masuki saat ini. Meski dipi ga bs yg namanya dreamwaver, html, dsb dsb... Tpi turut support kgiatanmu yg positif ini. Lanjutkannn jef!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, nanti kita koloborasi mak, perpaduan antara web class dengan cooking class

      Delete
  21. yang semangat yah..
    memang belajar web master itu ga gampang
    tapi bisa kok kalo di pelajarin..
    intinya, perlu usaha bro!

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>