Tuesday, December 6, 2016

At Cafe 6 (2016), Sebuah Romance Taiwan dengan Rasa Nyesek Sek Sek..



Ketika berbicara soal romance Taiwan, banyak orang yang nggak bisa lepas dari film You Are The Apple Of My Eye (2011), atau our times (2015)  yang sering dijadikan tolak ukur dalam film bergenre Romance-Comedy Taiwan. Sama kayak kebanyakan orang, gue juga begitu. Sampe akhirnya kemarin gue menemukan film Romance Taiwan lain yang lebih konfliktual dan nyesek sek sek, judulnya At Cafe 6

Film Romance-Comedy Taiwan berkualitas memang bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut dimulai dari flashback yang dilakukan ke masa-masa saat sekolah, lalu menjelang ending alur waktu akan dikembalikan ke masa depan dan kemudian ditabur beberapa konflik yang bisa membuat ending yang ada menjadi twist.  Dan tentunya, nyesek. Sama kayak You Are The Apple of My Eye, ataupun Our Times, cerita dari At Cafe 6 dimulai dengan adanya adegan di sebuah masa yang kemudian di flashback lalu dikembalikan lagi ke masa depan di endingnya. 

Cek Juga Daftar film romance Taiwan Terbaik disini.




Sinopsis At Cafe 6,

Cerita dimulai pada suatu malam, ketika miss Liang, seorang wanita yang mobilnya rusak diundang masuk ke cafe oleh pemilik cafe. Cafe tersebut  biasanya dikenal dengan nama cafe 6.  Pemilik cafe yang tau kalau miss Liang sedang memiliki permasalahan dengan pasangannya kemudian berbagi ceritanya di tahun 1996 tentang masalah percintaan dan persahabatannya. Cerita dari pemilik cafe ini pun menjadi cikal bakal dari konflik-konflik nyesek sek sek yang kemudian terjadi.

Pada tahun 1996, Guan Mi Lu dan Xiao Bao Zhi merupakan 2 orang sahabat yang sering melakukan hal konyol bersama. Kala itu, mereka sama-sama duduk di bangku kelas 12 di sekolah dan kelas yang sama. Guan Mi Lu secara diam-diam menyukai seorang wanita yang bernama Li Xin Rui, sementara Xiao Bao Zhi menyukai seorang wanita yang bernama Cai Xin Yi, yang tak lain adalah sahabat dari Xin Rui. Mereka berempat kemudian menjadi sangat dekat, terutama Mi Lu dan Xin Rui. 


Konflik antara mereka dimulai ketika lulus sekolah, Mi Lu dan Xin Rui masuk ke universitas yang berbeda. Hubungan jarak jauh pun harus dilakukan keduanya. Awalnya mereka dapat mengatasi konflik tersebut dengan penuh romansa, namun ketika konflik-konflik baru mulai hadir, kepercayaan mereka akan komitmen dan perbedaan pemikiran perlahan mulai mengguncang hubungan mereka sendiri.

Konflik semakin diperparah dengan masalah keluarga yang tiba-tiba melanda Mi Lu, ataupun masalah batin yang melanda Xin Rui. Permasalahan kemudian menjalar ke mulai retaknya hubungan Mi Lu dan Xin Rui, dan kemudian merembet menjadi konflik persahabatan antara Mi Lu dan Bao Zhi. Ending dari film ini yang cukup "menipu" dengan twistnya pun membuat cerita dari Mi Lu dan Bao Zhi semakin nyesek sek sek sek.


Mi Lu - Xin Rui

Mi Lu - Xin Rui
Review 



Film keluaran tahun 2016 ini adalah film yang sangat konfliktual. Konflik-konflik yang mewarnai film ini walaupun berhasil menciptakan perasaan nyesek kepada penonton, namun alur dan cerita yang ditawarkan tetap enak untuk diikuti. Konflik-konflik yang tercipta sebenarnya tidak terlalu sulit ditebak, tapi ending yang cukup ngetwist dari film ini adalah bagian yang membuat film ini begitu terasa nyesek sek sek. Kalau lo ngerti endingnya, lo tau nyeseknya

Berkaca dari konflik-konflik yang ditawarkan dan eksekusi ending yang twist, bisa gue bilang kalau film romance Taiwan yang satu ini merupakan film romance Taiwan dengan ending paling nyesek. You Are The Apple Of My Eye sama Our Times mungkin endingnya nggak ada apa-apanya, kalau dibandingin sama ending At Cafe 6 ini. Mungkin salah satu kekurangan dari film ini bisa dibilang adalah film ini nggak ditopang dengan "soundtrack" yang mantap seperti halnya soundtrack dari Our Times dan You Are The Apple of My Eye. 


Dengan konflik yang ditawarkan dan rasa nyesek yang diberikan di ending, mungkin film ini terbilang cukup underrated di IMDB. Somehow, film dengan durasi 103 menit ini seharusnya layak untuk memiliki rating yang lebih tinggi dari You Are The Apple of My Eye ataupun Our Times. 


                 

7,9 out of 10. Mungkin.

26 comments:

  1. Wahhh... kayaknya keren tuh filmnya.

    Aku sih ng pernah nonton film Taiwan. Tahunya, Drama Korea aja. Hahahaa... :D

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
  2. Iiihh itu ceweknya yang main namanya cherry ngan bukan jef (yang maen di tales from the dark 1), gue suka tu kalo cherry ngan, artiz taiwan tapi mukanya japan banget hahhaha
    Leh uga ni klo yang main dese, gue suka gingsulnya

    ReplyDelete
  3. Film taiwan yang gue tau cuma you're the apple of my eye doang. Hahaha. tapi emang sih film yang endingnya nyesek justru bikin gak lupa. Well, noted!

    ReplyDelete
  4. Ini filmnya masih baru banget yak. 2016. Kayaknya emang harus nonton nih, You Are The Apple Of My Eye ternyata nyeseknya belum apa-apa ketimbang film ini. Hwaaa, jadi penasaran.

    ReplyDelete
  5. asik koreakkkk :D , cakep banget sih tuh ceweee aaaaaa

    ReplyDelete
  6. Senyesek apa sih kira-kira film at cafe 6 ini, mungkin akan berasa kalau nonton langsung kali ya?

    Berhubung aku belum pernah nonton film drama-dramaan, mungkin kalo nonton juga baru bisa ngrasain suasana filmnya.

    ReplyDelete
  7. Pas liat covernya ak pikir film Thailand, ternyata Taiwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan liat dari covernya aja ziz ahaha

      Delete
  8. film yang kayak gini ini yang biasanya disukain cewek gue
    entar gue suruh baca ini
    ujung ujungnya cewek gue merengek ngajakin nonton film ini

    ini film downloadan nya udah ada kagak ?
    hahah persiapan kalo kalo cewek gue mau nonton

    ReplyDelete
  9. Gue kagak tau sama film ini jev, kayaknya bisa jadi referensi lagi nih hehe. dan dari sinopsis yang gue baca. kayaknya banyak banget konflik yg terjadi. dan alasan pengen gue nonton film ttg persahabatan yg makin dewasa dan akhirnya punya kehidupan masing-masing #baper

    ReplyDelete
  10. Kayaknya gue harus siap siap move on dari You're The Apple of My Eye setelah ada film Taiwan ini, gue juga suka pelem pelem yang kayak ginian, cerita di sekolah, percintaan dan sedikit taburan komedi ^^

    Cari bluray nya ah

    ReplyDelete
  11. aku taunya cuma you are the apple of my eye. Out times belum, yang ini juga belum
    Thank u yaaa reviewnyaa aku jadi ada bahan film yang mau di download lagi :D

    Dan. emang lagi nyari film yang nyesek karena rindu nangis.

    ReplyDelete
  12. Cusssss nonton ah tertarik nih. Tapi tidak bisa memungkiri kalau comedy romance thailand juga nggak kalah bagus juga jev hahaha

    ReplyDelete
  13. Lagi nyari film sejenis Apple of my Eyes, nyasarnya malah ke sini. Trims infonya Bro. Sorry ga baca semuanya karena ga mau baca spoilernya, hahaha :D.

    ReplyDelete
  14. nyesk sih cuman masih belum ngerti banget endingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. *YANG NGGAK SUKA SPOILER JANGAN BACA*

      jadi begini, sis. di endingnya itu kan ada adegan mi lu sama xin rui duduk berduaan di pantai waktu malam hari. di malam itu, Xin Rui secara resmi meninggalkan Mi Lu, terus si Mi Lu itu bunuh diri jalan ke pantai.

      Di ending2 nya si Bao Zhi nari-nari di pantai, itu buat mengenang temennya si mi lu yang mati bunuh diri disitu. Terus.. Bao Zhi itu ceritanya udah kawin sama cewek yang dia taksir dulu, dan memiliki sebuah cafe. Begitu..

      Delete
    2. ane juga rada bingung sebenarnya, entar coba nonton sekali lagi 😬

      Delete
    3. dan setelah nonton jd penasaran sm kehidupan Xin Rui selanjutnya...

      Delete
    4. Ohhhhhhh... Pantesan w nonton sampe berkali2 di endingnya , mpe gagal paham saya, hahahah , soalnya ga ada adegan bunuh dirinya,

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Bener kalo dibandingin sama you are the apple of my eye, kayanya film ini harusnya dapet rating lebih tinggi di IDMB. twistnya di ending bener2 gak disangka, dari persahabatan, cinta, perjuangan, dan putus asa semua jadi satu. salut sama film2 romance taiwan, selalu dapet feelnya.

    ReplyDelete
  16. penasaran sama tulisan di cangkir yg dipegang xin rui di ending filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan nya at cafe 6 (?) cafe punya si zhi. mungkin si xin rui udh tau kalo si zhi buka cafe karena wasiat si Lu. cangkir nya pemberian si zhi.

      Delete
  17. Ending nya msh gangertiii. Help

    ReplyDelete
  18. Sempet bingung sama endingnya, begitu ane tela'ah lebih dalem ternyata nyesek banget. gak sengaja smp meneteskan air mata. Ternyata yg punya cafe dan cerita sama Ms Liang di cafe itu Bao Zhi. Awal cerita nya cukup berhasil menipu yg nonton.

    ReplyDelete
  19. ada yang tau instrument pas si Zhi baca surat wasiatnya gak?

    ReplyDelete

b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>