Kind of Writer's Personality..


"Travelling" for Happiness
"Mahasiswing" for A Better Education

"Web Developing" For Digital Intellectual

"Searching" For His Missing Rib

Lomba Web yang Terlewatkan, Hiks..


Dengan insting sok ide dan demi mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di kursus website, di akhir Oktober kemarin gue mendaftar lomba website making di event HEXION 2016 di BINUS. Dan baru di pertengahan bulan Desember ini, lomba itu dimulai. Kata panitia, lomba dimulai dari tanggal 7 sampe 11 Desember, terus presentasi 10 besar di tanggal 15. 

Awalnya semua berjalan baik-baik saja, hingga pada akhirnya, jadwal gue buat presentasi di tanggal 15 kalau lolos 10 besar itu  ternyata bentrok sama jadwal (L)atihan (D)asar (K)epemimpinan UKM TV kampus. TIDAKK....  

***

website yang gue bikin loh ini loh..

Dreamweavernya cuy..


Sebagai anak jurusan HI yang baik, gue mengimplementasikan 2 elemen yakni jurusan HI itu sendiri dengan tema "website event" yang diberikan juri. Dan maka dari itu, terciptalah website event dengan tema jurusan Hubungan Internasional. Semua source code sama css nya sendiri dirancang dengan Dreamweaver. Pembuatan web ini sendiri memakan waktu beberapa hari, dan cukup menguras logika juga logistik. Percayalah, proses pembuatan web itu nggak akan maksimal kalau belum ada persediaan logistik kayak... kopi.

Dengan kuota maksimal 3 orang buat 1 tim, ternyata ada 14 tim yang ikut lomba web making ini. Setelah mengetahui kenyataan tersebut, gue cuma bisa menghela nafas. Gue curiga, gue nggak bakal masuk 10 besar. Pasalnya, dari 14 tim itu mayoritas anggotanya berisi 3 orang atau 2 orang dengan jurusannya yang kebanyakan di school of sience. Lah gue udah sendirian doang... jurusannya melenceng jauh dari school of sience.. masih semester satu.. baru ngerti dikit-dikit tentang source code web pulak. Saat itu juga, rasanya gue pingin ngomong kotor pake bahasa hokkien. 

Tapi perjuangan belum berakhir pemirsa, setelah digempur pikiran-pikiran negatif selama 7 hari 7 malam, panitia menyatakan gue lolos ke 10 besar. Mengalahkan beberapa tim yang berisikan tiga orang. Gokil. Dan saat itu juga, rasanya gue pingin ngomong kotor pake bahasa hokkien lagi. Nomor peserta gue terpampang," 006" terpampang di daftar peserta yang lolos buat presentasi di tanggal 15. Tapi sayangnya, petaka itu hadir. Jadwal presentasi itu bentrok sama jadwal LDK UKM gue di kampus. Otak gue tiba-tiba kram, berada di situasi harus memilih antara UKM atau lomba kampus. 

Kalau gue milih lomba yang belum pasti bakalan menang itu, gue mengorbankan UKM yang dimana artinya gue nggak bakal dilantik dan jadi anggota UKM itu. Kalau gue milih UKM yang udah pasti itu, gue mengorbankan sesuatu yang harus dan pingin banget gue perjuangkan. Final AFF 2016 leg 1 antara Indonesia vs Thailand juga terancam nggak bisa ditonton kalau gu elebih milih LDK. Gue bimbang, gue gundah, gue gulana. Saat itu juga, rasanya gue pingin ngomong kotor pake bahasa hokkien. 

Pada akhirnya, gue lebih memilih ikut LDK UKM. Tapi karena nggak mau ngerelain begitu aja, gue tetep membuat materi power point buat  presentasi lomba.. 


materi presentasi cuy




 

LDK UKM nya sendiri cuma 1 hari, dari tanggal 14 sampe tanggal 15, di Bogor. Cuma, di tanggal 15 itu nggak jelas pulangnya jam berapa sementara batas maksimal presentasi lomba web nya itu jam 5 sore. Dengan harapan gue bisa kembali ke Jakarta jam 3, gue tetep berniat untuk memperjuangkan lomba web tersebut.

Alhasil, selama kegiatan LDK itu gue selalu memikirkan lomba web tersebut. Waktu lagi diatas tronton, gue mikirin lomba web. Waktu lagi dimarahin dan dicaci maki sama senior, gue mikirin lomba web. Waktu lagi makan bareng, gue mikirin lomba web. Sampe akhirnya lomba tersebut hadir dalam mimpi gue.. 

"Oke juri-juri yang saya muliakan, menurut saya website event yang baik adalah website event yang mampu mengimplementasi halaman-halaman website yang lainnya tanpa adanya intervensi dari isi halaman-halaman website itu sendiri. Bingung ya juri ya? Yuk, sini, om jelasin."

Gue sudah siap untuk presentasi. Gue pingin presentasi. Tapi sayang, semesta tak merestui hal tersebut. Ternyata perjalanan pulang gue di LDK ngaret karena hujan dan macet. Ekspektasi awal gue bisa kembali ke Jakarta di bawah jam 5, tapi realita yang ada adalah gue nyampe di Jakarta jam 10 malam. Presentasi lombanya nggak bisa diundur, perjuangan hangus begitu saja. Padahal gue udah ngebayangin situasi ketika gue bisa masuk 3 besar, terus gue difoto bareng penghargaan sertifikat beserta piala, terus fotonya gue masukin ke Instagram buat nge-cengin anak-anak school of sience. 

Tapi begitulah,  hidup memang kejam. Ketika realita beraksi, semesta yang menghakimi. Presentasi, hanya tinggal imajinasi. Lomba ini pun akhirnya menjadi lomba web yang terlewatkan, hiks. Saat itu juga, rasanya gue pingin ngomong kotor pake bahasa hokkien. 


                                                                                                                                                                                                                       ibay.

16 comments:

  1. Bikin nyesek kalau yang kaya gini. Apalagi sebagai IRT, kelewatan lomba web udah biasa. :'D

    ReplyDelete
  2. Hiks aku kok sedih ya Jeff bacanya hiks
    Emang kadang begitu, hal2 penting tidak sesuai rencana. Meskipun kita kekeuh banget tapi Tuhan berkehendak lain. Moga2 next time ada kesempatan lagi dan km bisa foto2 di ig dapat piala ya

    ReplyDelete
  3. Gue melihat ini antara memilih kenyataan dan mimpi.

    Mimpi yang udah memasuki setengah jalan dan menemukan titik terang, harus dihadang kenyataan ikut LDK UKM. Gue yakin lo masih menyimpan mimpi itu baik-baik kan, berharap suatu saat nanti dapat mewujudkannya.

    Tetap semangat dan jalani dulu kenyataannya. :D

    ReplyDelete
  4. Wadaw kalo gue di posisi lo juga bakal dilema banget. Tapi menurut gue pilihan lo ikut LDK bener kok, lomba kan masih bisa muncul lagi mungkin taun depan, lah LDK? Kalo gak ikut bisa2 gak dilantik jadi anggota, taun depan ikut, seniornya temen seangkatan. Gak enak euy. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye, seniornya temen seangkatan itu rasanya..

      pret

      pret


      pret

      Delete
  5. Masih banyak kesempatan lainnya bro, jangan mudah berputus asa yoo

    btw, tu bahasa hokkien bahasa yang gimana ya? jadi kepo!

    ReplyDelete
  6. nice info gan
    trims.
    http://www.dutarentalmedan.com/

    ReplyDelete
  7. Kok sedih yah bacanya
    Kesel
    Nyesek
    Sedih
    Mau marah juga ga tau mau marah ke siapa..
    Gua sebagai seorang yang baca pengalaman lo cuma bisa bilang..
    "Yang sabar yaah..."

    ReplyDelete
  8. Sedih sekali bang, "hidup ini memang kejam", tapi ternyata kursus website itu keren juga yah, gue jadi kepengen bikin-bikin web gitu bang. Tapi sayangnya semesta tak mendukung.

    ReplyDelete
  9. nyesek banget ya jev -__-.. tapi pasti ada maksud lain Tuhan mungkin blm izinin kamu ikut lomba itu :).. mungkin bakal ada lomba lain yg lbh besar yg bisa kamu ikutin ;).. semangat Jev ^o^

    ReplyDelete

BELI SEPATU KUY!

@bokangco_id